Makanan Khas Dari 34 Provinsi Di Indonesia

Post on 09-Nov-2015

118 views 7 download

description

Ini makanan tradisional dari berbagai macam daerah di indonesia

Transcript of Makanan Khas Dari 34 Provinsi Di Indonesia

MAKANAN KHAS DARI 34 PROVINSI DI INDONESIAJambi

1.Kue Srikaya.Salah satu makanan unik khas Jambi adalah Kue Srikaya. Mungkin sebelumnya tidak terbayangkan bagaimana buah yang biasanya menjadi bahan minuman dan jus ternyata bisa menjadi olahan kue yang mantap rasanya. Eeiitsss, jangan salah! Kue ini memang dinamai Srikaya, namun dalam bahan olahnya tidak menggunakan buah srikaya, malahan memakai tape sebagai bahan utama.Kue Srikaya berbahan dasar tape yang dicampur dengan santan, kemudian diberi pewarna hijau dalami yang berasal dari daun pandan (sekaligus memiliki wangi khas pandan). Selain itu ditambahkan pula gula dan rempah - rempah pendukungnya. Rasanya sangat nikmat dan memiliki aroma yang khas.2. Cumi Cah Kangkung

Makanan ini tentunya cukup memiliki gizi tinggi, perpaduan sayuran dan daging cumi-cumi membuat makanan ini komplit. Enak dan sehat merupakan dua kata yang menggambarkan karakter masakan ini. Minyak wijen juga turut menambah cita rasa khas, dipadukan dengan kecap dan bumbu rempah, serta dimantapkan oleh sedapnya bawang putih yang sudah dihaluskan.

Berikut bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat kuliner yang satu ini: 500 gr cumi segar 3 siung bawang, haluskan 2 ikat kangkung, siangi 2 sdm margarin 1 sdm kecap ikan 1 sdt minyak wijen 100 ml air 1/2 sdt garam3. Tempoyak Jambi

Tempoyak memiliki jenis yang beragam (sesuai dengan selera), seperti, tempoyak gurame, tempoyak udang, tempoyak gurame, tempoyak patin, dengan bahan dasar yang dicampur durian, namun rasanya begitu memuaskan selera.Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasikan. Rasanya sangat mengundang selera. Tidak ada orang asli Jambi yang tidak pernah mencicipi makanan terbuat dari asam durian itu.Tempoyak asli Jambi biasanya baru bisa ditemukan di Jambi ketika musim durian tiba. Tempoyak bisa digunakan untuk membuat berbagai menu seperti gulaigulai tempoyakyang cukup terkenal dan menjadi menu utama beberapa restoran dan rumah makan yang menjajakan masakan khas Jambi.Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan.

Tempoyak juga bisa kita temui di beberapa daerah dengan rasa yang berbeda-beda. Daerah-daerah tersebut seperti Jambi, Palembang, Lampung, sampai beberapa kota di Kalimantan juga terdapat menu Tempoyak.

Tempoyak bisa dijadikan pepes, dan sambal. Untuk pembuatan tempoyak khas Jambi sendiri berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

4 siung bawang merah 2 siung bawang putih Tempoyak durian, secukupnya 3 buah cabe merah besar Cabe rawit, sesuai selera Gula pasir, secukupnya Minyak goreng secukupnya Ikan

NTTJagung Bose

Jagung bose adalah salah satu makanan khas NTT khususnya daratan Timor, yang di dalamnya banyak mengandung karbohidrat dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Bukan hanya jagung, dalam jagung bose terdapat campuran kacang-kacangan seperti kacang tanah dan juga kacang merah atau biasa disebut dengan kacang nasi oleh masyarakat NTT, sehingga semakin menambah kandungan gizi dalam jagung bose.Jagung bose (kadang-kadang juga disebut katemak) rasanya tawar - seperti halnya nasi. Cocoknya disantap dengan karmanaci, daging se'i - yaitu daging sapi atau babi yang diasap - dan tumis bunga papaya. Tetapi, menurut tradisi Timor, jagung bose pantang (pemali) dimakan dengan daging se'i saja. Untuk menetralkan pemali ini, jagung bose dan daging se'i harus didampingi lawar ikan. Inilah salah satu penyebab mengapa lawar ikan akan selalu hadir dalam kuliner Timor. Lawar ikan dibuat dari teri segar (mentah) yang direndam cuka selama 10 menit, dan dibumbui irisan bawang merah, lombok, garam, serta perasan jeruk nipis.

Sambal teriBanyak diatara kita tidak tahu kalau sambal ikan teri adalah makanan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT). NTT sendiri terletak di bagian tenggara negara Indonesia. Provinsi ini di dominasi oleh beberapa pulau yaitu Flores , Sumba dan juga Timor Barat. Akan tetapi, provinsi ini sangat menyayangkan kalau SDA yang ada di provinsi NTT belum bisa mensejahtarakan rakyatnya. Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo yang bahkan diakui oleh dunia. Tapi keadaan sekitar masih jauh dari kata sejahtera. Oleh karena itu masyarakat harus tahu para pembaca tentang bagaimana kayanya kuliner negeri ini termasuk NTT.Sambal ikan teri sudah banyak di adobsi oleh daerah lain untuk menjadi salah satu hidangan yang cukup menggoda lidah. Akibatnya banyak orang yang memiliki jiwa pebisnis yang bergerak dibidang kuliner mulai menambhkan sambal teri sebagai menunya. Hal ini dapat kita temui di berbagai warung makan yang ada di kota-kota besar.Pembuatan sambal ikan teri sendiri ini sebenarnya sangat mudah. Pertama-tama panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kamudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Sebenarnya resep paten untuk membuat makanan ini tidak ada karena cara membuatnya bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan selera masing masing.Makanan ini biasanya dimakan dengan nasi putih yang akan mendapat paduan yang paling tepat. Sebab sambal teri ini memerlukan penyeimbang dalam lidah biar semakin terasa lezatnya. Maka bagi orang yang belum pernah merasakan sambal teri harus mencoba dulu agar dapat kelezatan yang ada.Kelezatan yang ada dalam makanan ini membuat orang banyak yang ketagihan untuk menikmatinya kembali. Ditambah lagi makanan ini menjadi salah satu aset kekayaan yang berasal dari NTT selain kekayaan alamnya. Sehingga ini bisa menjadikan modal kuat untuk semakin menarik bagi para wisatawan.