Ina Referat

Post on 16-Sep-2015

220 views 3 download

description

ina

Transcript of Ina Referat

Pemberian Terapi Imipramine dan Buspirone pada Pasien dengan Gangguan Kecemasan Umum yang Mendapatkan Terapi Benzodizepin Jangka Panjang yang Tidak Berkelanjutan

Tujuan : Pasien dengan gangguan kecemasan umum (N=107) yang mendapatkan terapi benzodiazepine dalam jangka waktu yang lama ( rata-rata durasi = 8,5 tahun) dilakukan program penghentian terapi benzodiazepine yang bertujuan untuk menilai keefektifan dari imipramine (180 mg/hari) dan busiprone (38mg/hari) dibandingkan dengan pasien yang mendapatkan placebo setelah dilakukan penghentian terapi benzodiazepine.

Metode : Setelah periode stabilisasi benzodiazepine dengan menggunakan diazepam, lorazepam, atau alprazolam, pasien yang sudah diterapi selama 4 minggu dengan menggunakan imipramine, buspirone,atau placebo secara double-blind sementara penggunaan benzodiazepine telah menjadikan pasien dalam kondisi stabil (fase terapi). Kemudian pasien dilakukan penurunan dosis benzodiazepin selama 4-6 minggu dan pada minggu kelima setelah fase penurunan dosis dilanjutkan dengan penggunaan terapi imipramine, buspirone,dan placebo sampai dengan 3 minggu sampai fase penurunan dosis, pada fase tersebut semua pasien mendapatkan placebo selama 2 minggu. Level Benzodiazepin didalam plasma diukur atau dinilai setiap minggu. Status menghilangnya kadar benzodiazepin telah dinilai yakni pada saat 3 bulan dan 12 bulan setelah penurunan dosis.

Hasil : subjek penelitian adalah pengguna benzodiazepine jangka panjang. Yang tidak berhasil dengan tappering. Rata-rata keberhasilan dari tappering pada penelitian ini, significant lebih tinggi untuk pasiaen yang menerima buspirone (82,6%). Dan tidak significant tinggi pada pasien yang menerima buspirone (67,9) dari pada pasien yang menerima placebo (37,5%). Efek imipramine ternyata sangat significant , setelah dilakukan analisis menggunakan 3 indikator keberhasilan tappering. Yaitu dosis benzodizepine , level dasar anxietas , terapi benzodiazepin.

Kesimpulan: management dari penghentian benzodiazepin dapat diikuti dengan pemberian imipramine sebelum dan selama teppering benzodizepine bagus digunakan untuk gejala anxietas dan depresi, dan lamanya penggunaan benzodizepine merupakan indikator keberhasilan dari tapperingnya.