Panduan Skripsi TI 2012

32
1 BAB I PENGAJUAN PROPOSAL DAN PENYUSUNAN SKRIPSI A. Persyaratan Mahasiswa yang ingin menyusun skripsi wajib memenuhi persyaratan-persyaratan akademik dan administratif sebagai berikut: 1. telah menyelesaikan 128 sks dengan IPK minimal 2,00 2. telah lulus mata kuliah Riset Teknologi Informasi dan Magang Kerja dengan nilai baku minimal C. 3. telah melakukan pendaftaran mata kuliah skripsi melalui KRS reguler (jika sks yang terkumpul sudah mencapai 128) atau pengisian KRS pada saat klinik (karena sebagian mata kuliah nilainya belum ada saat pengisian KRS reguler). Mahasiswa program studi Teknik Informatika boleh mengajukan proposal skripsi kepada Ketua Program Studi menjelang akhir semester ke-7 perkuliahan meskipun pendaftaran mata kuliah ini secara resmi dilakukan pada semester ke-8 karena menunggu nilai mata kuliah semester ke-7. B. Sistem 1. Pihak-pihak yang terkait dengan penulisan skripsi: a. Program Studi. b. Dosen Pembimbing Skripsi. c. Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK). d. Bagian Administrasi Keuangan (BAK). e. Mahasiswa. 2. Dokumen-dokumen yang terkait dengan penulisan skripsi: a. Proposal Skripsi b. Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi c. Pengumuman Proposal Skripsi d. Surat Penunjukan Dosen Pembimbing e. Permohonan Perubahan Judul Skripsi f. Kartu Proses Bimbingan Skripsi g. Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi h. Surat Pernyataan originalitas skripsi C. Prosedur 1. Mahasiswa meminta formulir Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi di BAAK. BAAK memeriksa persyaratan penulisan skripsi atas nama mahasiswa. Apabila mahasiswa memenuhi persyaratan maka BAAK menyerahkan formulir tersebut kepada mahasiswa. 2. Mahasiswa mengisi Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi. Surat ini beserta proposal skripsi diserahkan kepada BAAK.

Transcript of Panduan Skripsi TI 2012

1

BAB IPENGAJUAN PROPOSAL DAN PENYUSUNAN SKRIPSI

A. Persyaratan

Mahasiswa yang ingin menyusun skripsi wajib memenuhi persyaratan-persyaratan akademikdan administratif sebagai berikut:

1. telah menyelesaikan 128 sks dengan IPK minimal 2,002. telah lulus mata kuliah Riset Teknologi Informasi dan Magang Kerja dengan nilai baku

minimal C.3. telah melakukan pendaftaran mata kuliah skripsi melalui KRS reguler (jika sks yang

terkumpul sudah mencapai 128) atau pengisian KRS pada saat klinik (karena sebagianmata kuliah nilainya belum ada saat pengisian KRS reguler).

Mahasiswa program studi Teknik Informatika boleh mengajukan proposal skripsi kepada Ketua Program Studi menjelang akhir semester ke-7 perkuliahan meskipun pendaftaran mata kuliah ini secara resmi dilakukan pada semester ke-8 karena menunggu nilai mata kuliah semester ke-7.

B. Sistem

1. Pihak-pihak yang terkait dengan penulisan skripsi:a. Program Studi.b. Dosen Pembimbing Skripsi.c. Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK).d. Bagian Administrasi Keuangan (BAK).e. Mahasiswa.

2. Dokumen-dokumen yang terkait dengan penulisan skripsi:a. Proposal Skripsib. Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi c. Pengumuman Proposal Skripsi d. Surat Penunjukan Dosen Pembimbinge. Permohonan Perubahan Judul Skripsif. Kartu Proses Bimbingan Skripsi g. Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi h. Surat Pernyataan originalitas skripsi

C. Prosedur

1. Mahasiswa meminta formulir Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi di BAAK. BAAK memeriksa persyaratan penulisan skripsi atas nama mahasiswa. Apabila mahasiswa memenuhi persyaratan maka BAAK menyerahkan formulir tersebut kepada mahasiswa.

2. Mahasiswa mengisi Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi. Surat ini beserta proposal skripsi diserahkan kepada BAAK.

2

3. BAAK menerima proposal skripsi. BAAK mencetakkan Transkrip Nilai atas nama mahasiswa yang bersangkutan. Surat Permohonan Ijin Penulisan Skripsi yang telah diisi mahasiswa, Transkrip Nilai, dan proposal skripsi dikirim BAAK kepada ketua program studi.

4. Program studi mempelajari proposal skripsi. Hasil penelaahan proposal skripsi dican-tumkan di dalam Pengumuman Proposal Skripsi. Terhadap proposal skripsi yang diterima,oleh program studi dikeluarkan Surat Penunjukan Dosen Pembimbing dan Kartu Proses Bimbingan Skripsi. Dokumen ini beserta proposal skripsi diserahkan program studi kepada BAAK untuk disampaikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

5. Mahasiswa membaca Pengumuman Proposal Skripsi. Proposal yang ditolak harus diajukan kembali dengan perubahan isi atau perubahan judul. Mahasiswa yang diminta menghadap harus segera datang ke program studi untuk memberi klarifikasi.

6. Berdasarkan Surat Penunjukan Dosen Pembimbing mahasiswa menemui dosen pembimbing dengan membawa proposal skripsi yang sudah disetujui (diterima). Apabila dosen pembimbing menolak sebagai dosen pembimbing, maka dosen pembimbing memberikan catatan/alasan pengunduran diri pada Surat Penunjukan Dosen Pembimbing serta membubuhkan tanda tangan pada kolom yang telah disediakan. Mahasiswa membawa Surat Penunjukan Dosen Pembimbing (yang berisi penolakan) kepada ketua program studi untuk dicarikan dosen penggantinya.

Tugas utama Dosen Pembimbing adalah membimbing penulisan skripsi mahasiswa secara konseptual, bab per bab ditinjau dari aspek teoritis, teknis, analisis maupun metodepenelitian dan teknik penulisan dengan mempelajari materi skripsi dan memandu mahasiswa untuk menyelesaikan masalah serta mengarahkan penyusunan skripsi secara runtut.

7. Selama proses bimbingan skripsi mahasiswa wajib membawa Kartu Proses Bimbingan Skripsi, dan mengisinya setiap kali menyelesaikan proses bimbingan. Kartu Proses Bimbingan Skripsi adalah alat monitoring proses bimbingan skripsi (bab per bab) bagi dosen pembimbing dan laporan formal bagi program studi sebagai syarat pendaftaran ujian skripsi. Dosen pembimbing memberikan bimbingan minimal sebanyak 6 (enam)kali pertemuan.

8. Apabila pada proses bimbingan ada perubahan judul skripsi, mahasiswa wajib mengisi Formulir Permohonan Perubahan Judul Skripsi, formulirnya dapat diperoleh di BAAK dan setelah diisi lengkap diserahkan kembali kepada BAAK untuk diteruskan kepadaprogram studi.

9. Batas waktu penulisan skripsi dan masa berlakunya Surat Penunjukan Dosen Pembimbingadalah dua semester (ganjil-genap atau genap-ganjil) sejak periode pengisian KRS. Dua semester adalah 12 bulan dengan toleransi 1 bulan untuk ujian skripsi. Apabila sampai dengan batas waktu 13 bulan mahasiswa belum menyelesaikan skripsi (belum lulus), maka mahasiswa diwajibkan mengisi KRS ulang dan menyelesaikan administrasi keuangan di Bagian Administrai Keuangan (BAK).

3

10. Setelah mengisi KRS dan menyelesaikan administrasi di bagian keuangan, mahasiswa diwajibkan juga untuk mengisi Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi (SPPS) yang formulirnya dapat diminta di BAAK. Dengan SPPS ini mahasiswa mengkonfirmasikan kepada program studi apakah akan “melanjutkan skripsi yang lama” atau “mengganti topik baru”, tentunya atas persetujuan dosen pembimbing.

11. Topik skripsi program studi Teknik Informatika dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1Topik Skripsi PS Teknik Informatika

No. Topik Skripsi1. Aplikasi Berbasis Web2. Rekayasa Piranti Lunak3. Sistem Informasi

D. Proposal Skripsi

Susunan Proposal Skripsi terdiri atas:

1. Halaman judul2. Daftar isi (lengkap)3. Latar belakang masalah (secara ringkas)4. Identifikasi masalah5. Batasan masalah6. Metode penelitian7. Tujuan penelitian8. Manfaat penelitian9. Landasan teori 10. Hipotesis penelitian (jika ada)11. Daftar Pustaka

E. Perubahan Judul Skripsi

Perubahan judul skripsi yang dimaksudkan di sini adalah mahasiswa yang sedang/dalam proses penulisan skripsi dengan judul skripsi yang berdasarkan proposal yang telah disetujui oleh ketua program studi, tetapi mengalami perubahan “judul” di dalam proses bimbingan skripsinya. Untuk itu mahasiswa harus melaporkan dengan segera perubahan judul tersebut kepada ketua program studi dengan mengisi form yang sudah ditentukan.Form tersebut bisa didapatkan di BAAK.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Mahasiswa mengambil form Permohonan Perubahan Judul Skripsi di BAAK.2. Mahasiswa mengisi lengkap serta meminta persetujuan dosen pembimbing.3. Form yang sudah diisi lengkap diserahkan ke BAAK untuk diteruskan kepada Ketua

Program Studi.

4

4. Ketua Program Studi memproses (menyetujui/menolak) dan menyerahkan ke BAAK5. Mahasiswa dapat mengambil kembali permohonan perubahan judul skripsi tersebut di

BAAK.

F. Perpanjangan Penulisan Skripsi

Bagi mahasiswa yang masa KRS skripsinya sudah lewat dari dua semester atau satu tahun akademik dan mahasiswa tersebut belum mengikuti ujian skripsi (belum lulus) sampai dengan bulan ke tiga belas, maka mahasiswa tersebut harus memperpanjang penulisan skripsi dengan prosedur sebagai berikut : 1. Mahasiswa menyelesaikan administrasi keuangan di BAK.2. Mahasiswa meminta form Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi ke BAAK dan

mengisinya dengan lengkap.3. Mahasiswa menghubungi dosen pembimbing untuk mengkonfirmasikan topik skripsi,

judul skripsi (melanjutkan skripsi lama atau proposal baru) sebagai rekomendasi perpanjangan penulisan skripsi.

4. Dosen pembimbing memberikan persetujuan untuk ‘melanjutkan skripsi yang lama’ (dengan topik skripsi dan dosen pembimbing yang sama) atau ganti topik/ganti pembimbing.

5. Mahasiswa menyerahkan form Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi ke BAAK yang sudah diisi lengkap dan melampirkan fotocopy Kartu Proses Bimbingan Skripsidan bukti registrasi terbaru/pembayaran perpanjangan skripsi semester berjalan.

6. BAAK menyampaikan Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi ke program studi.7. Program studi memeriksa dan menyetujui Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi

dengan membubuhkan tanda tangan.8. Program studi meng-update topik skripsi, judul, dan dosen pembimbing.9. Program studi menyimpan salinan Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi untuk arsip.10. Program studi menyerahkan Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi yang sudah

ditandatangani ke BAAK untuk diteruskan kepada mahasiswa.11. Mahasiswa me-fotocopy Surat Permohonan Perpanjangan Skripsi, menyampaikan

salinannya kepada dosen pembimbing dan mahasiswa menyimpan surat yang asli.

5

BAB IISTRUKTUR DAN FORMAT SKRIPSI

A. Struktur Skripsi

Skripsi terdiri atas 3 (tiga) bagian yang merupakan satu kesatuan utuh dan terdiri atas:

1. Bagian Awal skripsi terdiri atas:

a. Halaman judul (lihat contoh).b. Halaman pengesahan (lihat contoh).c. Halaman abstrak.d. Halaman kata pengantar.e. Halaman daftar isi.f. Halaman daftar tabel (jika ada).g. Halaman daftar gambar (jika ada).h. Halaman daftar lampiran (jika ada)

2. Bagian UtamaBagian utama secara runtut terdiri atas:

a. Bab I PendahuluanBab ini terdiri atas:

(1) Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah merupakan penjabaran mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan objek yang diteliti. Latar belakang masalah berisi: situasi/kondisi disekitar objek penelitian, teori/konsep utama yang mendukung, kriteria/tolok ukur yang akan digunakan, studi pendahuluan dan asumsi jika ada.

(2) Ruang Lingkup Penelitian

a. Identifikasi Masalah

Apabila penelitian berupa pengembangan sistem dan teknologi informasi untuk satu perusahaan tertentu, bagian ini diisi dengan masalah yang teridentifikasi di perusahaan tersebut, baik masalah yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan sistem dan teknologi informasi.

Apabila penelitian berupa pengembangan sistem dan teknologi informasi untuk satu jenis usaha tertentu, bagian ini diisi dengan masalah yang umumterjadi pada perusahaan-perusahaan jenis usaha tersebut.

Apabila penelitian berupa pegembangan sistem dan teknologi informasi yang bersifat umum dan tidak dikhususkan pada sebuah institusi (perusahaan) tertentu, maka bagian ini diisi dengan masalah yang terjadi

6

pada penggunaan sistem dan teknologi informasi sejenis yang telah ada di pasaran.

b. Batasan Masalah

Bagian ini berisi sebagian atau seluruh masalah yang teridentifikasi untuk dicarikan pemecahannya dalam bentuk pengembangan sistem informasi danjuga prosedur kerja yang berhubungan dengan penerapan sistem informasi tersebut.

(3) Metode Penelitian

Bagian ini menjelaskan cara dan pendekatan penelitian yang akan digunakan serta uraian penjelasan mengapa cara dan pendekatan tersebut digunakan.

(4) Tujuan Penelitian

Bagian ini berisi sesuatu yang ingin dicapai dengan dilakukannya penelitian atau jawaban mengenai mengapa penelitian tersebut dilaksanakan (berdasarkanrumusan masalah di atas).

(5) Manfaat Penelitian

Bagian ini berisi uraian manfaat penelitian bagi berbagai pihak yang terkait dengan penelitian ini: perusahaan yang akan menerapkan hasil penelitian, peneliti, dan pihak ketiga yang akan menikmati penerapan hasil penelitian.

b. Bab II Landasan Teori

Bab ini berisi konsep-konsep atau teori-teori yang relevan untuk mendukung pembahasan dan analisis penelitian (minimal lima buku yang relevan dengan topik yang dibahas, dengan tahun terbit buku minimal lima tahun terakhir). Selain itu, dapat juga digunakan hasil penelitian (jurnal) yang relevan dengan topik yang dibahasdan telah teruji kebenarannya.

c. Bab III Analisis Sistem yang BerjalanBab ini terdiri atas:

1. Gambaran Umum Perusahaan (Obyek Penelitian)

Apabila penelitian berupa pengembangan sistem dan teknologi informasi untuksatu perusahaan tertentu, bagian ini diisi dengan deskripsi sistem yang digunakandi perusahaan tersebut.

Apabila penelitian berupa pengembangan sistem dan teknologi informasi untuksatu jenis usaha tertentu, bagian ini diisi dengan deskripsi sistem yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan jenis usaha tersebut.

7

Apabila penelitian berupa pegembangan sistem dan teknologi informasi yang bersifat umum dan tidak dikhususkan pada sebuah institusi (perusahaan) tertentu, maka bagian ini diisi dengan penjelasan tentang sistem sejenis yang telah ada di pasaran atau sistem yang menyerupai dengan sistem dan teknologi informasi yang akan dikembangkan.

Gambaran sistem yang berjalan disajikan dengan bantuan bagan seperti FlowChart, Data Flow Diagram, Unified Modelling Language, dll dan data storeyang digunakan.

2. Teknik Pengumpulan Data

Merupakan penjabaran usaha bagaimana peneliti mengumpulkan data, menjelaskan data apa saja yang diperlukan dan bagaimana teknik pengumpulan data yang digunakan. Serta, jika ada, teknik memilih anggota populasi menjadi anggota sampel (teknik sampling apa yang digunakan).

3. Usulan Pemecahan Masalah

Berisi usulan-usulan pemecahan masalah yang dihadapi beserta penjelasan.

d. Bab IV Perancangan Sistem yang DiusulkanBab ini terdiri atas:

1. Rancangan Sistem

Subbab ini berisi alur sistem yang diusulkan disajikan dengan bantuan diagramatau bagan seperti Data Flow Diagram (DFD), atau Unified Modelling Language (UML).

2. Rancangan Basis Data

Subbab ini berisi rancangan basis data, normalisasi, kamus data, entity-Relationship Diagram (ERD).

3. Rancangan Antar Muka

Subbab ini berisi rancangan antar muka pengguna (user interface), rancangan struktur kendali program (misalnya menggunakan structure chart), rancangan laporan.

4. Rancangan Alur Program

Subbab ini berisi rancangan program berupa bahasa Inggris terstruktur (pseudocode) dan algoritma yang digunakan.

8

5. Implementasi Sistem

Subbab ini berisi penjelasan tentang program aplikasi komputer yang dihasilkan, panduan instalasi, panduan pemakaian, serta evaluasi program aplikasi.

e. Bab V Simpulan dan SaranBab ini terdiri atas:

1. Simpulan.

Subbab ini merupakan jawaban atas batasan masalah pada bab I dan menyimpulkan hasil rancangan dan implementasi sistem yang diusulkan dengan membandingkannya terhadap masalah sistem saat ini.

2. Saran.

Subbab ini berisi rekomendasi peneliti sesuai dengan kesimpulan yang diperolehatau rekomendasi peneliti atas penelitian lanjutan.

3. Bagian akhir skripsi Terdiri atas:

a. Daftar pustaka.b. Lampiran-lampiran (Contoh laporan, Listing Program).c. Indeks (jika ada).

B. Format Skripsi

1. Pengetikan Skripsi

a. Jenis dan ukuran kertas.

Skripsi diketik pada satu sisi (one-side) kertas HVS 70 gram, ukuran A4 (21 X 29,7cm), kecuali untuk lembar/halaman tertentu (seperti grafik dan gambar) dapatdigunakan kertas yang jenis dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan (misalnyaA3 yang berukuran 29,7 x 42 cm).

b. Sampul depan

Warna sampul depan (hard cover) skripsi versi final disesuaikan konsentrasi skripsi yang diambil, dengan ketentuan:

(1) Konsentrasi Web Technology : cover skripsi berwarna hijau muda dengan tulisan emas.

(2) Konsentrasi Software Engineering: cover skripsi berwarna hijau muda dengan tulisan perak.

9

c. Tipe dan warna huruf

Skripsi dicetak dengan tinta warna hitam (kecuali gambar berwarna) dengan menggu-nakan huruf standar seperti: Times New Roman / Roman / Arial dengan ukuran 12. Untuk judul bab, subbab dan seterusnya dapat menggunakan tipe huruf (fonts) yang sama dan ditebalkan.

d. Batas pengetikan (marjin)

Pengetikan dimulai dengan batas kiri 3 cm, batas kanan 2,5 cm, batas atas 2,5 cm dan batas bawah 2,5 cm.

e. Jarak spasi

Secara umum skripsi diketik dengan jarak 2 (dua) spasi. Jarak 3 (tiga) spasi hanya digunakan untuk bab dan subbab atau antar-sub bab. Untuk kutipan diketik satu spasi.

f. Sela ketuk (Tabulasi dan Indentasi)

Sela ketuk yang digunakan adalah satu tabulasi normal. Indentasi kiri digunakan untuk kutipan. Indentasi gantung (hanging indent) digunakan untuk daftar pustaka.

g. Nomor Halaman

Nomor halaman pada bagian awal skripsi menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, dan seterusnya). Nomor halaman pada bagian tubuh/utama dan bagian akhir skripsi (daftar pustaka dan halaman lampiran) menggunakan angka latin (1, 2, 3, dan seterusnya). Nomor halaman diketik di posisi tengah bawah. Jumlah halaman skripsi dari bab I sampai dengan bab V minimal 60 halaman, dengan komposisi per bab proporsional.

h. Nomor bab dan bagiannya

Sistematika penomoran bab dan bagian-bagiannya adalah sebagai berikut:Bab : I, II, III, dan seterusnya.Subbab : A., B., C., dan seterusnya.Seksi : 1., 2., 3., dan seterusnya.Subseksi : a., b., c., dan seterusnya.Pasal : (1), (2), (3), dan seterusnya.Subpasal : (a), (b), (c), dan seterusnya.Ayat : i), ii), iii), dan seterusnya.

10

Contoh:

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

1.a.

(1)(a)

i)ii)

(b)(2)

b.2.

B. Ruang Lingkup Penelitian

2. Kutipan

Cara pengutipan di dalam penyusunan skripsi disesuaikan dengan panduan penulisan karya ilmiah yang berlaku di IBII yaitu, mengacu pada Gunawan Wiradi dengan menggunakan ‘sesuatu’ (hasil riset, istilah, rumus dan sebagainya) milik orang lain (yang sumbernya dikutip).

Kutipan dibedakan menjadi:

a. Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah kutipan lengkap sama dengan yang dikutip, ditulis diantara tanda kutip. Jika kutipan mencapai lebih dari dua baris, ditulis dalam satu spasi.

Contoh :

Tipe data abstrak (abstract data type, ADT) menurut Robert Sedgewick (1997:128), “Sebuah tipe data abstrak adalah sebuah tipe data (himpunan nilai dan kumpulan proses terhadap nilai-nilai tersebut) yang hanya bisa diakses melalui antarmuka. Kita mengacu program yang menggunakan ADT sebagai client dan program yang menspesifikasi tipe data tersebut sebaga implementation ”.

Ketentuan overriding menurut Michael Blaha dan James Rumbaugh (2005: 40),”Sebuah subclass boleh me-override fitur superclass dengan cara mendefinisikan fitur dengan nama yang sama. Fitur overriding pada subclass memperbaiki fitur yang di-override pada superclass”.

Apabila kutipan yang akan dikutip dirasakan terlalu panjang maka bagian yang dipotong diberi tanda ………

11

Apabila terdapat 2 buku dengan pengarang yang sama dan ditebitkan pada tahun yang sama (misalkan tahun 2009), maka kutipannya dibedakan menjadi 2009a (untuk buku pertama) dan 2009b (untuk buku kedua).

b. Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah mengutip gagasan orang lain dengan cara:(1) Menyajikan kembali gagasan tersebut dengan menggunakan kalimat-kalimat

yang dirumuskan kembali.(2) Memotong gagasan asli, yaitu hanya mengambil butir-butir pokok yang

dianggap penting, dirangkai mengikuti alur yang asli.(3) Menyadur, meringkas dengan sadar memasukkan atau mengintegrasikan

pikiran sendiri.

Contoh :

Pengertian kelayakan ekonomi menurut Kendall & Kendall (2000: 66), adalah waktu yang dipertimbangkan oleh penganalisis sistem, biaya pengerjaan studi sistem secara menyeluruh, biaya waktu pelaku bisnis, biaya perangkat keras dan perangkat lunak.

Pengertian strategi menurut Hamel dan Prahalad dalam Freddy Rangkuti (1997: 4), adalah tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus dan dilakukan perusahaan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan pada masa depan.

Pada contoh di atas Freddy Rangkuti mengutip pengertian strategi dari buku Hamel dan Prahalad.

c. Catatan Kaki

Di dalam tulisan ilmiah dibenarkan adanya catatan kaki jika memang benar-benar diperlukan, karena kalau dituangkan dalam teks akan sangat nengganggu. Tanda catatan kaki diletakkan di ujung kata atau kalimat yang kita kutip dengan menggunakan angka yang diketik naik setengah spasi (superscript). Catatan kaki pada tiap bab diberi nomor urut mulai dari angka 1 sampai habis dan diganti dengan nomor 1 kembali pada bab yang baru. Catatan kaki ditulis dalam satu spasi dan dimulai dari pinggir kiri.Contoh :

Sejak kejadian Y2K 1 ………………..

_________________1

Y2K adalah singkatan Year 2000, tahun perubahan milenium. Karena biaya memori komputer yang relatif mahal pada era sebelum munculnya Personal Computer (PC) maka data tahun hanya disimpan dalam format dua digit, tanpa menyimpan digit ‘19’. Ketika perubahan milenium maka timbul kesulitan menginterpretasikan 85 sebagai 1985 ataukah 2085.

12

Perusahaan perangkat keras yang telah menetapkan Green Computing 2 ………

________________2

Studi dan praktik yang menggunakan sumber daya komputasi dengan efisien. Tujuan utama program ini adalah agar memenuhi kriteria sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

Semua kutipan tersebut di atas, baik yang dikutip secara langsung maupun tidak langsung, sumbernya kemudian kita sertakan dalam daftar pustaka.

3. Tabel dan Gambar

Untuk penomoran tabel dan gambar digunakan 2 (dua) angka latin yang dipisahkan dengan tanda titik (.). Angka pertama menunjukan nomor bab di mana tabel/gambar berada dan angka kedua menunjukkan nomor urut tabel pada bab yang bersangkutan. Setiap kata dari nama tabel dimulai dengan huruf besar dan dicetak tebal (bold). Penulisan judul tabel dengan menggunakan ketentuan piramid terbalik, apabila judul tabel terlalu panjang. Di bawah tabel dan gambar, penulis wajib mencantumkan sumber data/gambar. Kalau judul terdiri atas 2 baris diketik 1 spasi.

Contoh:Tabel 4.7

Translation Lookaside Buffer Untuk Mempercepat Paging

Valid Virtual Page Modified Protection Page Frame1 140 1 RW 311 20 0 RX 381 130 1 RW 291 129 1 RW 621 19 0 RX 501 21 0 RX 451 860 1 RW 141 861 1 RW 75

Sumber : Tanembaum (2001 : 211)

Artinya, tabel dengan nama “Translation Lookaside Buffer Untuk Mempercepat Paging“ berada pada Bab IV dan tabel tersebut merupakan tabel yang ke tujuh di dalam Bab IV. Di bawah tabel tersebut, wajib dicantumkan sumber data.

13

Gambar 2.5Prediksi Penjualan Prosesor Itanium

Sumber: cnet news

Artinya, gambar dengan judul 'Prediksi Penjualan Prosesor Itanium' berada di dalam Bab II dan gambar tersebut merupakan gambar kelima di dalam bab tersebut.

4. Daftar Pustaka

Ketentuan penyusunan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

a. Daftar pustaka disusun berdasarkan urut alfabet (tanpa nomor).b. Setiap pustaka diketik dengan satu spasi dengan menggunakan indentasi

gantung (hanging indent).c. Jarak antar pustaka dengan pustaka berikutnya adalah dua spasi.d. Menyebutkan nama pengarang, tahun, judul karangan (artikel atau buku), nama

penyunting (jika ada, diikuti dengan '(ed.)'), judul buku (khusus untuk artikel), tempat penerbitan, dan nama penerbit.

e. Nama pengarang asing pertama ditulis dengan mendahulukan nama keluarga, contoh 'Melvin, Michael' atau 'Melvin, M.'.

f. Artikel atau buku dari penulis dan tahun yang sama dapat dibedakan dengan menambahkan huruf kecil (a, b, c, dan seterusnya) di belakang tahun. Contoh: Bilson Simamora (2003a) dan Bilson Simamora (2003b).

g. Judul buku dan judul artikel diketik dengan menggunakan huruf miring (italics).h. Judul artikel diketik di antara dua tanda petik ("….").i. Pustaka dapat diambil dari internet (situs web).j. Pustaka selain dari buku/artikel / situs web juga dapat diambil dari skripsi /

thesis / disertasi.

14

Contoh:

(1) Buku teks

(a) Satu pengarang

O. Brien, James A. (2004), Management Information System, Edisi ke-6, New York: Mc Graw-Hill Irwin.

Thompson Susabda Ngoen (2005), Pengantar Algoritma dengan Bahasa C, Edisi ke-1, Jakarta: Salemba Teknika.

(b) Dua pengarang

Blaha, M., James Rumbaugh (2005), Object-Oriented Modeling and Design with UML, Edisi ke-2, New Jersey: Pearson Education

Deitel, H.M. dan P.J. Deitel (2005), C++ How to Program, Edisi ke-6, PRC: Pearson Education International

Keterangan : Pengarang kedua dituliskan namanya tanpa dibalik.

(c) Lebih dari dua pengarang

Cormen, T., Charles Leiserson., Ronald Rivest, dan Clifford Stein (2003), Introduction to Algorithm, Edisi ke-2, New York : McGraw-Hill

atau

Cormen, T. et al (2003), Introduction to Algorithm, Edisi ke-2, New York: McGraw-Hill

(2) Artikel

Brogi, A., Sara Corfini, dan Ravzan Popescu (2008), “Semantic-Based Composition-Oriented Discovery of Web Services”, ACM Transaction on Internet Technology, Vol. 8, No. 4.

Jimmy H. Pinontoan (2009), “Mengukur IT Service Availability”, majalah PC Media, Maret 2009.

Robillard, M.P. (2008), “Topology Analysis of Software Dependencies”,ACM Transaction on Software Engineering and Methodology, Vol. 17, No. 4.

Tratt, L. (2008), “Domain Specific Language Implementation via Compile-Time Meta-Programming“, ACM Transaction on Programming Languages and Systems, Vol. 30, No. 6.

15

(3) WEB Site

Spolsky, Joel (1998), The Perils of JavaSchools, sumber:http://www.joelonsoftware.com/articles/ThePerilsofJavaSchools.html (diakses 2 Maret 2009).

(4) Skripsi/tesis/desertasi

Darwin Tirta Kayuwangsa (2008), Skripsi: Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada CV Zheng An Indonesia, IBII, Jakarta (tidak dipublikasikan).

Thompson Susabda Ngoen (1995), Tesis: A Denotational Semantic of Smalltalk, Asian Institute of Technology (AIT), Bangkok (tidak dipublikasikan)

Viany Utami Tjhin (2000), Tesis: An Analysis of Customer Satisfaction with the Services Quality of Software Laboratory, Binus, Jakarta (tidak dipublikasikan)

5. Abstrak

Standar abstrak adalah bilingual/dwi-bahasa (Indonesia dan Inggris) yang diketik dalam 1 (satu) halaman A4 1 spasi dengan format sebagai berikut:

a. Indonesia (kotak = halaman)

ABSTRAK

(nama lengkap) / (NIM) / (tahun) / (judul lengkap) / (nama lengkap pembimbing)

abstrak, berisi 5 paragraf, dengan jarak antar-paragraf adalah 1 baris.

Paragraf 1 berisi pernyataan masalah (Bab I).

Paragraf 2 berisi konsep/teori/model (Bab II).

Paragraf 3 berisi metode dan disain penelitian (Bab III).

Paragraf 4 berisi hasil-hasil penelitian (temuan utama) Bab IV.

Paragraf 5 berisi kesimpulan (Bab V).

b. Inggris (kotak = halaman, terpisah)

ABSTRACT

(full name) / (NIM) / (year) / (full titel) / (full name of advisors)

1st paragraph

2nd paragraph

……………. etc.

16

Contoh b. Inggris (kotak = halaman)

ABSTRACT

Darwin Tirta Kayuwangsa/ 41030058/2008/An Analysis and Design of Purchasing and Sales Information System at CV Zheng An Indonesia /Advisor: Viany Utami Tjhin, S.Kom, M.M., M.Comm.

………….. etc.

17

6. Cover Skripsi

Judul skripsi diketik pada posisi tengah halaman. Untuk judul gunakan ketentuan piramid terbalik dan menggunakan huruf kapital.

__________________JUDUL__________________

_______________________________________

____________________________________

Oleh:Nama : ___________NIM : ___________

SkripsiDiajukan sebagai salah satu syarat

untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer

Program Studi _____________Konsentrasi ________

iBiiINSTITUT BISNIS dan INFORMATIKA INDONESIA

JAKARTA<bulan dan tahun ujian skripsi>

Ukuran logo 5.5 x 5.5 cm

Ukuran huruf 12 dan bold

Type Univers ukuran 36

Ukuran huruf 14 dan bold

Ukuran huruf 12 dan bold

Ukuran huruf 12

18

7. Lembar PengesahanPenandatanganan lembar pengesahan oleh dosen pembimbing dengan menggunakan ballpoint tinta hitam. Lembar pengesahan dibedakan menjadi dua yaitu:

a. lembar pengesahan untuk soft cover meliputi tanggal, bulan, dan tahun saat soft cover tersebut disetujui oleh dosen pembimbing. Lihat contoh.

PENGESAHAN

_____________________JUDUL ____________________

____________________________________________________________________________________

Diajukan Oleh

Nama : _____________________________NIM : _____________________________

Jakarta, <tgl, bulan, & tahun disahkannya untuk sidang>

Disetujui Oleh : Pembimbing

( )

INSTITUT BISNIS dan INFORMATIKA INDONESIA

JAKARTA <tahun disahkannya untuk sidang>

Ukuran huruf 12 dan bold

Ukuran huruf 12 dan bold

Ukuran huruf 14 dan bold

19

b. lembar pengesahan untuk hard cover meliputi tanggal, bulan, dan tahun ujian skripsi. Lihat contoh.

PENGESAHAN

_____________________JUDUL ____________________

____________________________________________________________________________________

Diajukan Oleh

Nama : _____________________________NIM : _____________________________

Jakarta, <tgl, bulan, & tahun ujian skripsi>

Disetujui Oleh : Pembimbing, Penguji I, Penguji II,

( ) ( ) ( )

INSTITUT BISNIS dan INFORMATIKA INDONESIA

JAKARTA <tahun ujian skripsi>

Ukuran huruf 12 dan bold

Ukuran huruf 12 cpi & bold

Ukuran huruf 14 dan bold

20

<Th. lulus>

iBii

8. Judul Samping

Ukuran font untuk Nama/NIM, Program Studi/Konsentrasi, Judul skripsi, dan Tahun lulus/ ujian skripsi sebesar 10.

<N

im/N

ama>

<Program

Studi/konsentrasi><

JUD

UL

SK

RIP

SI>

21

BAB IIIUJIAN SKRIPSI

A. Persyaratan

Mahasiswa yang akan menempuh ujian skripsi harus memenuhi persyaratan-persyaratan akademik dan administratif sebagai berikut:

1. Telah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang disyaratkan dalam kurikulum tanpa nilai E, kecuali beberapa mata kuliah tertentu (lihat buku Pedoman Akademik sesuai jurusan) nilai minimal boleh D.

2. IPK minimal 2,22.3. TOEFL minimal 500.4. Telah mendapat pengesahan skripsi dari dosen Pembimbing.

B. Sistem

1. Pihak-pihak Terkait

a. Wakil Rektor Bidang Akademik (PUREK I).b. Program Studi.c. Tim Dosen Penguji.d. Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK).e. Bagian Administrasi Keuangan (BAK).f. Bagian Rumah Tangga dan Umum (RTU).g. Mahasiswa.

2. Dokumen-dokumen

a. Pengumuman pendaftaran ujian skripsi.b. Skripsi (soft cover).c. Jadwal Ujian Skripsi.d. Daftar Hadir Ujian Skripsi.e. Formulir Penilaian Ujian Skripsi.f. Formulir Berita Acara Ujian Skripsi.

3. Lain-lain

a. Sidang Ujian skripsi diselenggarakan oleh Program Studi dengan sidang terbuka.

b. Ujian skripsi diusahakan dibuka setiap bulan dan disesuaikan dengan kegiatan akademik.

c. Penilaian pada intinya dilakukan oleh tim dosen penguji yang terdiri dari dosen pembimbing dan penguji independen satu dan dua, di dalam ruang tertutup tanpa kehadiran mahasiswa.

d. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses penilaian ujian skripsi adalah :Tim dosen penguji, yang terdiri dari seorang penguji independen I yang bertindak sebagai Ketua Penguji merangkap anggota penguji, seorang Penguji

22

Independen II sebagai anggota penguji. dan Dosen Pembimbing yang bertindak sebagai anggota penguji. Penentuan tim dosen penguji merupakan kewenangan dari pihak Program Studi Sistim Informasi tanpa intervensi dari pihak manapun.

e. Dosen pembimbing wajib hadir, maka ujian skripsi dapat dilanjutkan dengan tim dosen penguji yang berjumlah 2(dua) orang tanpa mengubah hak suara.

f. Dosen Penguji Independen I menguji mahasiswa selama 20 menit mengenai aspek-aspek teoritis dan materi pokok/dasar (setelah mahasiswa mempresentasikan hasil penelitiannya dan demo program selama 30 menit), dilanjutkan dengan Dosen Penguji Independen II selama 20 menit mengenai aspek-aspek teknis, dan kesempatan selanjutnya diserahkan kepada dosen pembimbing yang bertindak sebagai anggota penguji.

C. Prosedur Pendaftaran Ujian Skripsi

Mahasiswa yang akan ujian skripsi perlu mempersiapkan diri sebagai berikut:

1. Memantau pengumuman ujian skripsi perbulan yang dikeluarkan program studi.2. Meminta persetujuan (pengesahan soft cover) kepada dosen pembimbing.3. Melampirkan fotocopy kartu proses bimbingan skripsi dalam soft cover, sebagai bukti

telah melakukan proses bimbingan skripsi.4. Melampirkan surat keterangan penelitian dari perusahaan yang diteliti. (Formal

dengan kop dan cap perusahaan).5. Melampirkan surat pernyataan keabsahan data dan keaslian/originalitas skripsi

(formulir surat pernyataan dapat diambil di BAAK).6. Mengisi form Rekomendasi Ujian Skripsi (RUS) untuk screening BAAK dan BAK.

Formnya dapat diambil di BAAK.7. Mendaftar ujian skripsi ke BAAK dengan menyerahkan:

a. Empat eksemplar soft cover skripsi. Apabila terjadi kesalahan penulisan dalam skripsi dan perlu pembetulan, maka dapat dilakukan dengan cara membuat 1 (satu) halaman errata (halaman pembetulan) dan disampaikan kepada tim penguji sebelum ujian skripsi dimulai, lihat contoh.

Contoh halaman 'Errata'

ERRATA

HalamanBaris ke-…

Tertulis Seharusnya

Hal. 18Baris ke-10

... subclass dari Jual_Kredit ...superclass dari Jual_Kredit

b. Kartu proses bimbingan skripsi yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing minimal 8 (delapan) kali.

c. Pas foto berwarna dengan latar belakang putih dan mengenakan jas almamater lengkap ukuran 3x4 sebanyak satu lembar, foto digital dalam bentuk CD ukuran 3x4 resolusi minimal 300 dpi, serta menyiapkan pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak lima lembar juga dengan mengenakan jas almamater lengkap.

23

d. Satu buah map merek ‘Diamond’ atau sejenisnya, warna hijau tua. Bagimahasiswa yang mengikuti test TOEFL prediction harus menunjukan sertifikat asli dan menyerahkan fotocopy-nya.

8. Mengikuti Ujian Skripsi (sesuai Jadwal Ujian Skripsi).

D. Penilaian Ujian Skripsi

1. Materi ujian skripsi meliputi; materi skripsi dan materi pokok/dasar (komprehensif) sesuai dengan konsentrasi bidang studi.

Konsentrasi Bidang Studi Materi

Web Technology- Algoritma dan Pemrograman- Struktur Data- Sistem Basis Data

Software Engineering- Algoritma dan Pemrograman- Struktur Data- Sistem Basis Data

2. Data yang digunakan dalam skripsi berupa data primer dan sekunder yang harus disiapkan untuk ditunjukkan kepada Tim Penguji (apabila perlu).

3. Penilaian ujian skripsi dilakukan secara objektif dengan memperhatikan bobot dan kriteria (aspek yang dinilai).

4. Setiap penguji menghitung skor dengan mengalikan bobot dengan nilai angka dari masing-masing kriteria (aspek yang dinilai). Skor kemudian dijumlahkan untuk memperoleh total skor (nilai).

5. Penilaian poin C pada form penilaian skripsi dibedakan antara penguji independen dengan pembimbing.

6. Aspek yang dinilai dalam ujian skripsi meliputi:

24

a. Penilaian skripsi oleh Pembimbing

ASPEK YANG DINILAI( 1 )

BOBOT( 2 )

NILAI ANGKA

( 3 )

SKOR( 2 ) x ( 3 )

A. Isi Skripsi:

1. Aktualitas Topik

2. Kesesuaian Format Penulisan dengan

Panduan

3. Kejelasan dan Kesesuaian Kerangka

Pemikiran dengan Teori

4. Ketepatan&SistematikaPembahasan

5. Analisis dan Rancangan

6. Pembuatan dan Implementasi Program

Aplikasi

7. Saran yang Bermanfaat & Dapat

Diaplikasikan

B. Pertanggungjawaban:

1. Penguasaan Teori Komprehensif

2. Penguasaan Teori & Materi Skripsi

3. Kemampuan Presentasi

C. Proses Penyusunan Skripsi:

1. Kedisiplinan

2. Kualitas Kerja

5%

5%

5%

5%

10%

10%

5%

10%

20%

10%

10%

5%

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

_________

_________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

TOTAL SKOR

25

b. Penilaian oleh dosen penguji

ASPEK YANG DINILAI( 1 )

BOBOT( 2 )

NILAI ANGKA

( 3 )

SKOR( 2 ) x ( 3 )

A. Isi Skripsi:

1. Aktualitas Topik

2. Kesesuaian Format Penulisan dengan

Panduan

3. Kejelasan dan Kesesuaian Kerangka

Pemikiran dengan Teori

4. Ketepatan dan Sistematika Pembahasan

5. Analisis dan Rancangan

6. Pembuatan dan Implementasi Program

Aplikasi

7. Saran yang Bermanfaat & Dapat

Diaplikasikan

B. Pertanggungjawaban:

1. Penguasaan Teori Komprehensif

2. Penguasaan Teori dan Materi Skripsi

3. Kemampuan Presentasi

4. Sikap saat Sidang

5%

5%

5%

5%

5%

5%

5%

25%

30%

5%

5%

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

__________

TOTAL SKOR

7. Keputusan sidang diinformasikan oleh Ketua Tim Penguji pada akhir ujian skripsi kepada mahasiswa yang diuji.

26

E. Contoh-contoh Formulir yang Berkenaan Dengan Penulisan Skripsi

SURAT PERMOHONAN IJIN PENULISAN SKRIPSI

Kepada Yth,Bapak/Ibu……………………………..Ketua Program Studi ………………………

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : ………………………………………………………………...

NIM : ………………………………………………………………...

Kosentrasi Bidang Studi : ………………………………………………………………...

Topik Skripsi : ………………………………………………………………...

Obyek Penelitian : ………………………………………………………………...

Periode Penelitian : ………………………………………………………………...

Pada semester ganjil/genap)* Tahun Akademik……………………… ini telah mengisi KRP/KPRS untuk MK Skripsi dan bersama ini memohon Penulisan Skripsi dengan usulan nama-nama dosen pembimbing sebagai berikut :

Dosen Pembimbing

1..........................................................

2..........................................................

3..........................................................

Pada surat permohonan ini saya lampirkan Proposal Skripsi dengan judul:

......................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................

Atas perhatian Bapak/Ibu Ketua Program Studi…………………………..disampaikan terima kasih.

Jakarta,……………………… Hormat Saya,

(………………………………)Keterangan : *) Coret yang tidak perlu

27

PENGUMUMAN PROPOSAL SKRIPSIMinggu ke ……..

Program Studi …………….

Mahasiswa yang namanya tercantum dibawah ini, proposal skripsinya “diterima” dan proposalnya dapat diambil di BAAK.

No. Nama Mahasiswa NIM Dosen Pembimbing I

.

.

Mahasiwa yang namanya tercantum dibawah ini, harap segera “menghadap” ke Program Studi …………. dan proposalnya diambil terlebih dahulu di BAAK.

No. Nama Mahasiswa NIM Dosen Pembimbing I

.

.

Mahasiswa yang namanya tercantum dibawah ini, proposal skripsinya “ditolak” dan proposalnya dapat diambil di BAAK.

No. Nama Mahasiswa NIM Dosen Pembimbing I

.

.

Jakarta, …………………

_____________________KPS. ……………………

28

SURAT PENUNJUKAN DOSEN PEMBIMBING

Dengan hormat,

Sehubungan dengan permintaan mahasiswa yang akan menulis skripsi :

N a m a : …………………………... N I M : ……………………

Jurusan : …………………………… Topik Skripsi : ……………

Setelah mempertimbangkan berbagai hal, Ketua Program Studi ……………. menunjuk

Saudara ……………...…sebagai Dosen Pembimbing bagi mahasiswa tersebut di atas.

Jika nanti terdapat kekeliruan, surat penunjukkan ini akan segera diperbaiki. Demikian

disampaikan kepada Bapak / Ibu dan terima kasih atas perhatiannya.

Jakarta, ………………………….

Ketua Program Studi

( ……………………………. )

Catatan : Apabila Bapak/Ibu menolak penunjukan ini, Bapak/Ibu berkewajiban

mengembalikan (surat) penunjukan ini dengan memberikan catatan alasan

pengunduran diri pada kolom yang disediakan.

Ttd,

29

PERMOHONAN PERUBAHAN JUDUL SKRIPSI

Bersama ini saya mengajukan permohonan perubahan judul skripsi dari judul proposal semula, atas nama :

Nama : ………………………………………

NIM : ………………………………………

Konsentrasi : ………………………………………

Topik Lama / Baru : ………………………………………

Adapun judul skripsi berdasarkan proposal semula adalah :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

………

Sedangkan judul skripsi baru yang saya ajukan adalah :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

………

Perubahan judul skripsi ini atas rekomendasi dan persetujuan dosen Pembimbing.

Nama Dosen Paraf

Dosen pembimbing : ……………………………………. ……………………..

Jakarta, ……………… Menyetujui,Hormat saya, Ketua Program Studi

……………………… ……………………

30

SURAT PERMOHONAN PERPANJANGAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : …………………………………………

NIM : …………………………………………

Konsentrasi : …………………………………………

mengajukan permohonan perpanjangan penulisan skripsi atas rekomendasi dosen pembimbing:

Nama Paraf

Dosen pembimbing : …………………………….. …………………….

Melanjutkan skripsi yang lama (Dosen Pembimbing tetap)

Topik skripsi : ……………………………………..

Judul skripsi : …………………………………………………………….................

…………………………………………………………….................

…………………………………………………………….................

Ganti topik / ganti pembimbing(melampirkan proposal skripsi)

demikian surat permohonan ini, atas persetujuannya saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, ………………………. Menyetujui,Hormat saya, Ketua Program Studi

………………………………… ……………………………

Catatan : - Lampirkan fotocopy Kartu Proses Bimbingan Skripsi.- Bukti setoran perpanjangan skripsi (semester berjalan).

31

KARTU PROSES BIMBINGAN SKRIPSI

Nama Mahasiswa : _______________________ NIM : ___________________

Konsentrasi : _______________________ Topik : __________________

KRSRegistrasi : Semester Ganjil / Genap * Tahun Akademik : _______________

Dosen Pembimbing : ___________________________

Judul Skripsi : ____________________________________________________________

____________________________________________________________

____________________________________________________________

DOSEN PEMBIMBING

No. Tanggal Pokok Bahasan dan CatatanParaf Mhs.

Paraf Pemb.

Catatan

1

2

3

4

5

6

7

8

Catatan : - * Coret yang tidak perlu - Bimbingan minimal 8 kali pertemuan untuk setiap dosen pembimbing dengan

mencantumkan tanda tangan pada setiap kali bimbingan sebagai bukti telah melakukan proses bimbingan.

32

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ______________________________________________________

NIM : ______________________________________________________

Program Studi : ______________________________________________________

Alamat lengkap : ______________________________________________________

______________________________________________________

Kode Pos : _________________

Telp Kantor : _________________

Telp Rumah : _________________

No. HP : _________________

Menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa :

1. Keabsahan data dan hal-hal lain yang berkenaan dengan keaslian dalam penyusunan

skripsi ini merupakan tanggung jawab pribadi.

2. Apabila dikemudian hari timbul masalah dengan keabsahan data dan

keaslian/originalitas skripsi adalah diluar tanggung jawab IBII dan saya bersedia

menanggung segala resiko sanksi yang dikeluarkan IBII dan gugatan yang diajukan

oleh pihak lain yang merasa dirugikan.

Demikian agar yang berkepentingan maklum.

Jakarta, ______________________

Yang membuat pernyataan

________________________

(Nama Lengkap)