MATERI LCTP GOLONGAN PRAMUKA SIAGA 2009

30
MATERI KEPRAMUKAAN SEJARAH KEPRAMUKAAN DUNIA Riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford, yang meninggal ketika Stephenson masih kecil. Beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika. Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala. Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World). Sejarah Kepramukaan Indonesia Organisasi kepramukaan di Indonesia dimulai oleh adanya cabang "Nederlandse Padvinders Organisatie" (NPO) pada tahun 1912, yang pada saat pecahnya Perang Dunia I memiliki kwartir besar sendiri serta kemudian berganti nama menjadi "Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging" (NIPV) pada tahun 1916. Organisasi Kepramukaan yang diprakarsai oleh bangsa Indonesia adalah "Javaanse Padvinders Organisatie" (JPO); berdiri atas prakarsa S.P. Mangkunegara VII pada tahun 1916. Kelahiran Gerakan Pramuka Kelahiran Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwa yang saling berkaitan yaitu : 1. Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA 2. Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Tanggal 20 Mei adalah; Hari Kebangkitan Nasional, namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Transcript of MATERI LCTP GOLONGAN PRAMUKA SIAGA 2009

MATERI KEPRAMUKAANSEJARAH KEPRAMUKAAN DUNIA

Riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord RobertBaden Powell of Gilwell. Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengannama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seorangProfessor Geometry di Universitas Oxford, yang meninggal ketikaStephenson masih kecil. Beliau mendapat titel Lord dari RajaGeorge pada tahun 1929 Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB(anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan RudyardKipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentangMowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh indukserigala.Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di OlympiaHall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan padasaat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (ChiefScout of The World).

Sejarah Kepramukaan Indonesia Organisasi kepramukaan di Indonesia dimulai oleh adanya cabang"Nederlandse Padvinders Organisatie" (NPO) pada tahun 1912, yangpada saat pecahnya Perang Dunia I memiliki kwartir besar sendiriserta kemudian berganti nama menjadi "Nederlands-IndischePadvinders Vereeniging" (NIPV) pada tahun 1916.Organisasi Kepramukaan yang diprakarsai oleh bangsa Indonesiaadalah "Javaanse Padvinders Organisatie" (JPO); berdiri atasprakarsa S.P. Mangkunegara VII pada tahun 1916.

Kelahiran Gerakan Pramuka Kelahiran Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwayang saling berkaitan yaitu :1. Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh danpimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat diIndonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. Peristiwaini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA

2. Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961,tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkanGerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yangditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anakdan pemuda Indonesia, serta mengesahkan Anggaran Dasar GerakanPramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi parapengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Tanggal20 Mei adalah; Hari Kebangkitan Nasional, namun bagi GerakanPramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudiandisebut sebagai HARI PERMULAAN TAHUN KERJA.

3. Pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yangdengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi GerakanPramuka, dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30Juli 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI IKRARGERAKAN PRAMUKA.

4. Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara,diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakatyang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji GerakanPramuka, dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal pada tanggal14 Agustus 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARIPRAMUKA.

Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyatIndonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di IbukotaJakarta, tapi juga di tempat yang penting di Indonesia. PresidenRI Ir. Soekarno melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari,di Istana negara, dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dankehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia(Keppres No.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua KwartirNasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelumpawai/defile dimulai.

SEMAPHORE

Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan 2 bendera, dimana masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Sedangkan warna yang sering dipergunakan adalah merah dan kuning dengan warna merah selalu berada dekat tangkainya.

Pramuka Siaga

Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Kode kehormatan Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga ada dua,  Dwi Satya (janji Pramuka Siaga), dan  Dwi Darma (ketentuan moral Pramuka Siaga). Adapun isinya adalah:

DWI SATYA Aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara KesatuanRepublik Indonesia dan menurut undang-undang.

Setiap hari berbuat kebaikan.

DWI DARMA Siaga itu menurut ayah dan ibundanya. Siaga itu berani dan tidak putus asa.

Dua Kode Kehormatan yang disebutkan di atas adalah standar moral bagi seorang Pramuka Siaga dalam bertingkah laku di masyarakat. Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan. Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih oleh anggota Barung itu sendiri. Masing-masing Pemimpin Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung. Dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkat, yaitu: 1. Mula 2. Bantu 3. Tata Setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya  yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiridibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh.

Pertemuan Pramuka Siaga

Pesta SiagaKegiatan ini dapat dilaksanakan untuk tingkat Desa, Kecamatan danCabang. Dapat berupa rekreasi, permainan bersama, darmawisata, lomba ketangkasan dan ketrampilan. Hingga sifatnya rekreasi, kreatif, riang, gembira, yang memerlukan banyak gerak seperti lomba ketrampilan dan ketangkasan.

1. Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.

2. Pameran Siaga, adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.

3. Pasar Siaga (Bazar), adalah simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya masyarakat umum.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

4. Darmawisata, adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu yang pada akhir kegiatan Pramuka Siaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk lisan maupun tulisan.

5. Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga.

6. Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga.

7. Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah perkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.

Keanggotaan dalam gerakan Pramuka dibagi atau dikelompokkan dalamberbagai kategori. Pengelompokan keanggotaaan tersebut didasarkanpada usia peserta didik, dan keterampilan yang dicapai oleh anggota Pramuka. Adapun pengelompokkan yang didasarkan atas umur adalah sebagai berikut:

* Kelompok umur 7-10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga * Kelompok umur 10-15 tahun disebut dengan Pramuka Penggalang * Kelompok umur 16-20 tahun disebut dengan Pramuka Penegak * Kelompok umur 21 - 25 tahun disebut dengan Pramuka Pandega

Sedang pengelompokan anggota Pramuka yang berdasarkan Keterampilan atau kemampuan yang telah dicapai adalah sebagai berikut: * Tingkatan Pramuka Siaga : Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata. * Tingkatan Pramuka Penggalang : Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap * Tingkatan Pramuka Penegak : Penegak Bantara, Penegak Laksana* Tingkatan Pramuka Pandega : Pandega

Ada juga sebuah tingkatan khusus yang disebut dengan Pramuka Garuda, yaitu tingkatan tertinggi dalam setiap kelompok umur dalam kepramukaan.

Pengertian SKU, SKK, SPG1. Pengertian Syarat kecakapan umum (SKU) adalah syarat-syrat minimal yangwajib dimikliki oleh peserta didik untuk mendapatkan TandaKecakapan Umum( TKU) setelah melewati ujian-ujian.

Syarat kecakapan Khusus (SKK) adalah syarat syarat kecakapanpada bidang tekologi yang dimiliki oleh peserta didik yangberminat dalam pengembangan minat dan bakatnya, untukmendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) setelah melalui ujian-ujian.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Syarat Pramuka Garuda (SPG) adalah syarat-syarat kecakapan yangharus dipenuhi oleh seorang Pramuka untuk memperoleh TandaKecakapan Garuda (TPG) sesuai dengan golongan usianya.

2. SKU dan TKUSku sebagai alat pendidikan, merupakan rangsangan dan doronganbagi para Pramuka untuk memperoleh standar kecakapan yang wajibdimiliki oleh anggota Pramuka untuk mencapai tingkat kemampuandan ketarampilan yang optimal

SKU disusun menurut pembagian golongan usia anggota Pramuka,yaitu golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

SKU untuk golongan Siaga terdiri dari 3 tingkat yaitu:- tingkat Siaga Mula- tingkat Siaga Bantuk- tingkat Siaga TataSku untuk golongan Penggalang terdiri ari 3 tingkat juga yaitu:- tingkat Penggalang Ramu- tingkat Penggalang Rakit- tingkat Penggalang TerapSkU untuk golognan penegak terdiri dari 2 tingkat yaitu:- tingkat Penegak Bantara- tingkat Penegak LaksanaSKU untuk golongan Pandega terdiri dari 1 tingkat yaitu- tingkat Pandega

TKU dimiliki oleh anggota Gerakan Pramuka dengan jalan melaluibentuk ujian – ujian yang dilakukan melalui sistem penilaiandengan mengacu pada tercapainya tujuan Gerakan Pramuka yangtercantum dalam poin operasional SKU.

3. SKK dan TKKSKK adalah singkatan dari Syarat Kecakapan Khsusus yang berupaKepandaian, kemahiran, ketangkasan, ketrampilan, dan kemampuandi bidang tertentu selain yang terdapat di dalam SKU. SKK inidiperuntukkan kepada anggota Pramuka sesuai dengan Bakat danMinat masing-masing melalui proses penilaian atau ujian yangobjektif dari pembina.

Setelah melalui proses ujian SKK yang bersangkutan, makaanggota Pramuka berhakk memperoleh TKK. TKK ini difungsikanuntuk memberikan semangat dan dorongan bagi para anggotaPramuka untuk memperoleh kecakapn, dan ketrampilan yang berguanbagi kehidupan sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.Dalam jangka panjang diharapkan melalui semangat memperoleh TKKtersebut akan menumbuhkan kebiasaan untuk terus berusaha

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

memperoleh hasil yang optimal, terutama dalam masalahpekerjaan.

TKK dikelompokkan dalam 5 bidang,1. Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan praibdi,

dan Watak. Warna dasar TKK KUNING2. Bidang Patriotisme dan Seni Budaya, warna dasar TKK MERAH3. Bidang Ketrampilan dan Teknik Pembangunan , warna dasar TKK

HIJAU4. Bidang Ketangkasan dan Kesehatan , warna dasar TKK PUTIH5. Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Roayong, Ketertiban

Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan lingkunagn Hidup, warnadasar TKK BIRU

TKK dalam golongan Siaga hanya ada 1 tingkatan, yaitu berbentuksegitiga (puncaknya di bawah) dengan panjag sisi 3 cm, dantinggi 2 cm

TANDA KECAKAPAN UMUM

TKU (Tanda Kecakapan Umum) adalah bagian dari sistem tandakecakapan dalam Gerakan Pramuka di samping TKK (Tanda KecakapanKhusus).Tanda Kecakapan Umum diberikan setelah seorang anggota GerakanPramuka menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dalamtingkatannya masing-masing.Tanda Kecakapan Umum hanya berlaku bagi anggota Pramuka Siaga,Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. TKUtidak berlaku bagi seperti Pembina, Andalan dan anggota dewasalainnya.

Bentuk, tingkatan dan pemakaian TKUPramuka Siaga

Berbentuk Jajar Genjang miring berwarna dasar hijau dengangambar "bunga kelapa" berwarna putih.

TKU Pramuka Siaga terdiri atas: TKU Siaga mula (satu susun),TKU Siaga bantu (dua susun) dan TKU Siaga tata (tiga susun).

TKU Pramuka Siaga dikenakan di lengan baju sebelah kiri.

Ketentuan dan tampat pemakaian TKU, TKK, dan TPGa. TKU untuk Pramuka Siaga dan Penggalang ditempatkan pada

lengan baju sebelah kiri , sedang untuk Pramuka Penegak Penegak dan Pandega disematkan di Pundak kiri dan Kanan.

b. TKK baik untuk Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak/Pandega ditempel di lengan baju sebelah kanan maksimal 5 buah, sedang TKU-TKK yang didapat lainnya harus

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

ditempel pada tetampan(sejenis selendang yang digunakan khusus untuk penempelan TKK)

c. TPG dari logam digantung di muka dada dengan pita berwarna merah putih dipakai pada upacara resmi, pada kegiatan sehari-hari TPG dari kain ditempelkan di dada sebelah kanan,di atas saku, di atas bintang tahunan, tigor, tiska,dan lain-lain.

MOTTO GERAKAN PRAMUKAMotto Gerakan Pramuka adalah “ SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN“

Manfaat Motto Gerakan Pramuka terhadap Jiwa anggota Pramuka, antara lain :

   1. Menanamkam rasa percaya diri.   2. Menambah semangat pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara.   3. Siap mengamalkan Satya dan Darma Pramuka.   4. Rasa bangga sebagai Pramuka.   5. Memiliki Buadaya Kerja yang dilandasi pengabdiannya.

Motto Gerakan Pramuka wajib dihayati dan selalu diingat bagi anggota Pramuka dalam merealisasikan pengamalan Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari hari.

Lambang Gerakan Pramuka

Pengertian Lambang

Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yangmengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

setiap anggota Gerakan Pramuka yang dicitacitakan oleh gerakanPramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum BapakSoenardjo Atmodipuro, seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerjasebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang GerakanPramuka ini digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panjiGerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yangdianugerahkan kepada Gerakan Pramuka.

Bentuk dan Arti Kiasan1. Bentuk Lambang Gerakan Pramuka adalah gambar bayangan (silhouelte) tunas kelapa.2. Arti kiasan adalah :

1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilahcikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama,yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yangtumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakaninti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yangbagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiapanggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniahsehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapisegala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujiandan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsaIndonesia.

3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnyadaya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana diaberada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4. Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salahsatu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itumengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yangtinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetaptegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambangitu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yangberpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik,benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakaiolehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6. Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hinggaakarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramukaadalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negaraRepublik Indonesia serta kepada umat manusia.

Upacara sebagai alat pendidikan

Upacara adalah serangkaian perbuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang wajib dilaksanakan dengan khidmat dan tertib, sehingga merupakan kegiatan teratur untuk menciptakan kebiasaan yang mengarah kepada budi pekerti luhur.

Upacara Di Perindukan Pramuka SiagaMacam upacara di Perindukan Siaga meliputi :a. Upacara Pembukaan Latihanb. Upacara Penutupan Latihanc. Upacara Pelantikand. Upacara Kenaikane. Upacara Pemberian Tanda Kecakapan Khusus f. Upacara Pindah ke Golongan Penggalang.

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN

Daftar istilah dalam kepramukaan adalah sebagai berikut:

A

Istilah Pengertian

AdikPanggilan untuk Pramuka yang lebih muda

usia/tingkatannya

Ambalan

Penegak

Satuan Pra-muka Penegak yang terdiri atas 4 – 5 sangga

atau sekitar 40 orang penegak.

Andalan Sebutan untuk pengurus Kwartir.

Andik(sing.) Anak Didik. Sebutan untuk peserta didik

Pramuka.

ApelUpacara singkat. Biasaya untuk mengecek kesiapan anak

buah.

Api unggun

Kegiatan dalam perkemahan dengan berkumpul di sekitar

api untuk bergembira. Biasanya diawali dengan upacara

penyalaan.

B

Istilah Pengertian

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Bahari

Saka Bahari; Pramuka cinta kelautan; Kepramukaan yang

diselenggarakan bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut,

dengan penambahan ketrampilan khusus di bidang maritim

dan kelautan.

Bakti

Husada

Saka Bakti Husada; Pramuka cinta kesehatan. Kepramukaan

yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan

dengan ketrampilan khusus di bidang medis dan kesehatan

Bantara (bhs) Pengawal; Tingkatan Pertama SKU Pramuka Penegak.

Bantu Tingkatan kedua SKU Siaga.

Barung(bhs) Tempat penjaga ramuan bangunan; Satuan terkecil

Pramuka siaga yang terdiri atas 5 – 10 orang.

Bhayangka

ra

Saka Bhayangkara ; Pramuka cinta ketertiban; Kepramukaan

yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kepolisian RI

dengan penambahan ketrampilan khusus bidang ketertiban

masyarakat

Brownie (inggris) Siaga putri.

Bucik Sebutan untuk Pembantu Pembina Siaga Putri

Bunda Sebutan untuk Pembina Siaga Putri

C

Istilah Pengertian

Candradimu

ka

Nama Lembaga Pendidikan Kader Pramuka Tingkat

Nasioanal (Lemdikanas).

Candrabira

waNama Lemdikada Jawa Tengah

Crew (inggris) Ambalan

Cub (inggris) Siaga Putra

Cubmaster (inggris) Pembina Pramuka Siaga Putra.

D

Istilah Pengertian

D Singkatan atau kode untuk Pramuka Pandega.

Dasa Dharma Ketentuan Moral untuk Pramuka Penggalang, Penegak,

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Pandega dan anggota dewasa.

Dewan Ambalan;

Dewan Ambalan

Penegak

Organisasi dalam Ambalan Penegak yang

beranggotakan Pimpinan Sangga dan Wapinsa yang

bertugas mengatur kegiatan dalam Ambalan tersebut.

Dewan Ambalan dipimpin oleh seorang Pratama.

Dewan Kerja

Organisasi/badan otonom kwartir dengan anggota

para Penegak dan Pandega yang bertugas membantu

kwartir terutama dalam mengelola Pramuka Penegak

dan Pandega.

Dewan

Penggalang

Organisasi dalam Pasukan Penggalang yang berang-

gotakan pinru dan wapinru yang bertugas mengatur

kegiatan dalam pasukan itu.

Dewan Saka

Organisasi dalam Saka, beranggotakan pimpinan

krida dan wakilnya, bertugas mengatur kegiatan

saka.

Dianpinru

(sing.) Penggladian Pimpinan Regu; Pemberian

materi kepada Pinru yang diharapkan Pinru tersebut

dapat menularkan kepada teman-temannya.

DKC(singk.) Dewan Kerja Cabang; Dewan Kerja di

tingkat Kwartir Cabang (Kabupaten)

DKD(sing.) Dewan Kerja Daerah; Dewan Kerja di tingkat

Kwartir Daerah (Provinsi).

DKN(sing.) Dewan Kerja Nasional; Dewan Kerja di

tingkat Kwartir Nasional.

DKR(sing.) Dewan Kerja Ranting; Dewan Kerja di

tingkat Kwartir Ranting (Kecamatan).

Dwi Dharma Ketentuan Moral untuk Pramuka Siaga.

Dwi Satya Satya (Janji) untuk Siaga.

E

Isti

lahPengertian

ETK (Sing.) Estafet Tunas Kelapa; Salah satu tradisi Gerakan

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Pramuka guna memperingati HUTnya, melakukan perjalanan kaki

berestafet (bergantian) melalui rute yang telah ditentukan.

G

Istilah Pengertian

G Kode atau singkatan untuk Penggalang

Gang (inggris) Sangga

Gladi

Tangguh

Kegiatan di alam bebas yang bertujuan menguji

ketrampilan peserta didik.

Group (inggris) Gugusdepan / Gudep

Guide (inggris) Penggalang Putri

Guider (inggris) Pembina Pramuka Penggalang Putri

Gudep

(sing.) Gugusdepan; Pangkalan keanggotaan bagi peserta

didik pramuka dan anggota dewasa serta wadah pembinaan

bagi peserta didik.

I

Istilah Pengertian

Instruktu

r

Orang dengan ketrampilan di bidang tertentu yang ikut

membantu di Kepramukaan, biasanya di dalam lingkungan

Satuan karya.

Instruktu

r Muda

Instruktur yang masih berusia muda; Penegak/Pandega

yang ikut membantu membina di golongan bawahnya

(Penegak pada Penggalang)

J

Istila

hPengertian

Jambor

e

Pertemuan Penggalang; Perkemahan Besar Pramuka

Penggalang

Jamcab(sing.) Jambore Cabang. Jambore di tingkat Kwartir

Cabang (Kabupaten)

Jamda(sing.) Jambore Daerah. Jambore di tingkat Kwartir

Daerah (Provinsi)

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Jamnas(sing.) Jambore Nasional. Jambore di tingkat

Kwartir Nasional.

Jamran(sing.) Jambore Ranting) Jambore di tingkat

Kwartir Ranting (Kecamatan)

K

Istilah Pengertian

Kabaret Topi Pramuka Putra;

KakakSebutan / panggilan untuk pembina Penggalang, Penegak,

Pandega dan anggota Pramuka Dewasa lainnya.

Kemah

SafariKemah berpindah tempat.

KeraniSekretaris (biasanya dalam lingkungan Dewan Kerja / Dewan

Ambalan / Dewan Penggalang / Dewan Saka)

KIM Permainan dengan panca indera.

KMD (sing.) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar.

KML (sing) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan.

Kompas Alat untuk menentukan Arah mata angin.

Korsa (sing.) Kordinator Desa, di bawah Kwarran.

KPD (sing.) Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar.

KPL (sing.) Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan.

KridaSatuan terkecil dalam saka yang terdiri atas 5 – 10 orang

yang mengkhususkan diri mempelajari ketrampilan tertentu.

Kurvey Jaga tenda secara bergantian.

Kwarcab(sing.) Kwartir Cabang; Kwartir ditingkat Cabang /

Kabupaten / Kota. Di bawah Kwarda.

Kwarcar

iPengurus harian Kwartir.

Kwarda(sing.) Kwartir Daerah; Kwartir ditingkat Provinsi, di

bawah Kwarnas.

Kwarnas(sing) Kwartir Nasional; Kwartir ditingkat Nasional /

Pusat

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Kwarran(sing.) Kwartir Ranting; Kwartir ditingkat

Ranting/Kecamatan. Di bawah Kwarcab.

Kwartir

Organisasi Eksekutif (pelaksana) yang bertugas mengatur

dan mengelola kegiatan kepramukaan (pusat pengendali

Gerakan Pramuka) yang beranggotakan para Andalan.

L

Istilah Pengertian

Laksana Tingkatan kedua dalam SKU Pramuka Penegak.

Lemdikac

ab

(sing.) Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat

Cabang (Kabupaten)

Lemdikad

a

(sing.) Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat

Daerah (Provinsi)

Lemdikan

as

(sing.) Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat

Nasional.

LT

(Sing.) Lomba Tingkat; Pertemuan Pramuka Penggalang

dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan

tetapi atas nama regu. Terdiri atas LT I, LT II, LT III,

LT IV dan LT V.

M

Istilah Pengertian

Mabi

(sing.) Majlis Pembimbing; Organisasi dari unsur

Pemerintah dan masyarakat guna mengatur bimbingan dan

bantuan pada Gerakan Pramuka.

Mabicab(sing.) Majlis Pembimbing Cabang; Mabi ditingkat

Cabang/Kabupaten.

Mabida(sing.) Majlis Pembimbing Daerah; Mabi ditingkat

Daerah/Provinsi.

Mabigus(sing.) Majlis Pembimbing Gugusdepan. Mabi ditingkat

Gudep.

Mabinas(sing.) Majlis Pembimbing Nasional; Mabi ditingkat

Nasional/Pusat.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Mabiran(sing.) Majlis Pembimbing Ranting; Mabi ditingkat

Ranting/Kecamatan.

Madya(bhs) Tengah; Tingkatan kedua TKK Penggalang, Penegak dan

Pandega.

MCK (sing.) Mandi Cuci Kakus; Kamar Mandi dan WC.

Mugus(sing.) Musyawarah Gugusdepan. Merupakan kekuasaan

tertinggi dalam Gudep. Dilaksanakan 3 tahun sekali.

Munas

(sing.) Musyawarah Nasional. Merupakan kekuasaan

tertinggi dalam Gerakan Pramuka, dilaksanakan 5 tahun

sekali.

Mula Tingkatan pertama SKU Siaga.

Manggar Bunga Kelapa; Sebutan untuk TKU Penggalang.

MapingPemetaan; terdiri atas Peta Pita, Peta Perjalanan, Peta

Lokasi.

Muscab

(sing.) Musyawarah Cabang. Merupakan kekuasaan tertinggi

di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka. Dilaksanakan 5 tahun

sekali.

Musda(sing.) Musyawarah Daerah. Merupakan kekuasaan tertinggi

di Kwarda Gerakan Pramuka. Dilaksanakan 5 tahun sekali.

Muspanit

ra

(sing.) Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega

Putri Putra. Salah satu agendanya adalah laporan

pertanggungjawaban Dewan Kerja dan pemilihan Dewan Kerja

yang baru. Muspanitra dilaksanakan diKwartir Ranting

hingga Kwartir Nasional.

Musran(sing.) Musyawarah Ranting. Merupakan kekuasaan tertinggi

dalam Kwarran. Dilaksanakan 3 tahun sekali.

MWT

(sing.) Memanfaatkan Waktu Terluang; Istirahat; Biasa

digunakan dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan seperti

kemah, Muspanitra, Raimuna dll.

P

Istilah Pengertian

Pack (inggris) Perindukan Siaga.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Padvinder sebutan untuk Pramuka pada masa penjajahan Belanja.

Pakciksebutan atau panggilan untuk Pembantu Pembina Siaga

Putra.

Pamong

SakaPembina Saka

Pandega Pramuka usia 21-25 tahun.

Pandu

Sebutan untuk Pramuka sebelum tahun 1961, yang

dicetuskan oleh KH. Agus Salim setelah Belanda melarang

kata Padvinder digunakan oleh organisasi kepramukaan

pribumi.

Panorama

Sketsa Pemandangan; salah satu materi kepramukaan yaiti

dengan menggambar suatu kondisi geografis suatu medan

dalam bentuk gambar sketsa.

Pasukan(bhs) Tempat suku berkumpul; Satuan Pramuka Penggalang

yang terdiri atas 40 orang atau 4-5 regu.

Patrol (inggris) Regu.

Penegak Anggota Gerakan Pramuka yang usia 16-20 tahun.

Penggalang Pramuka usia 11-15 tahun.

Pembantu

Pembina

Sebutan untuk para pembantu Pembina dalam mendidik

Kepramukaan.

Pembina Sebutan untuk Pendidik dalam Gerakan Pramuka.

Pembina

Gudep

Pengelola Gugusdepan yang dipilih dalam Musyawarah

gugusdepan.

Pembina

Satuan

Pembina yang mendidik sesuai dengan golongan usia didik

(Siaga / Penggalang dll); Pembina dalam satuan Pramuka

(Perindukan / Pasukan / Ambalan / Racana)

Perindukan

Siaga

(bhs) tempat berkumpul anak cucu; Satuan Pramuka Siaga

yang terdiri atas 40 orang atau 4-5 barung.

Persabhara (sing.) Perkemahan Saka Bhayangkara.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Pesta

Siaga

Pertemuan Pramuka Siaga dalam bentuk perlombaan yang

bersifat mendidik dan menyenangkan.

Pesta

KaryaPertemuan anggota Saka dalam bentuk kegiatan bersama.

Pinsa (sing.) Pimpinan Sangga.

Pinru (sing.) Pimpinan Regu.

Pinrung (sing.) Pimpinan Barung

Pionering (bhs) Keperintisan; Bangunan darurat.

Pita LeherSecarik kain/pita merah putih yang diikatkan

melingkar(leher) di kerah baju Pramuka putri.

Pradana(sing.) Pemimpin Sangga Utama; Ketua Dewan Ambalan

Penegak; Ketua Dewan Saka.

Pramuka(sing.) Praja Muda Karana yang berarti Rakyat Muda yang

suka Bekerja, Sebutan untuk anggota Gerakan Pramuka.

Pramuka

UtamaPramuka tertinggi; di jabat oleh Presiden RI

Pratama(sing.) Pemimpin Regu Utama; Ketua Dewan Pasukan

Penggalang].

PW (sing.) Perkemahan Wirakarya; Kemah Bakti.

Purwa(bhs) rendah; Tingkatan pertama SKK Penggalang, Penegak

dan Pandega.R

Istilah Pengertian

Racana

Penegak

(bhs) Pondasi; Satuan Pramuka Pandega yang

terdiri atas 40 orang.

Raicab (sing.) Raimuna Cabang

Raida (sing.) Raimuna Daerah.

Rainas (sing.) Raimuna Nasional.

RaimunaPertemuan Penegak; Perkemahan Besar Pramuka

Penegak.

Rairan (sing.) Raimuna Ranting.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Rakit Tingkatan Kedua SKU Penggalang.

Ramu Tingkatan pertama SKU Penggalang.

Ranger (inggris) Pramuka Penegak Putri.

Regu(bhs) gardu/tempat ronda; Satuan terkecil

Pramuka Penggalang

Rover (inggris) Pramuka Penegak Putra.

S

Istilah Pengertian

Saka

(sing.) Satuan Karya Pramuka; Kepramukaan yang memberikan

bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang kejuruan

(khusus) yang pelaksanaanya atas kerjasama antara Gerakan

Pramuka dengan Badan / instansi lain.

Sandi

Huruf rahasia. Salah satu materi kepramukaan tentang cara

membaca suatu berita dengan menggunakan kode-kode

penulisan tertentu.

Sangga(bhs) Gubug; Satuan terkecil Pramuka Penegak yang terdiri

atas 5 – 10 orang, dipimpin oleh seorang Pinsa.

Sangga

Kerja

Sangga yang dibentuk atas suatu tugas atau pekerjaan

tertentu; Panitia Kegiatan.

SAR(sing.) Search and Rescue; Cari dan selamatkan; Salah

satu krida dalam Saka Bhayangkara.

Setanga

n Leher

Kacu/Kain berwarna merah putih yang dikenakan di leher

Pramuka putra;

Scout (inggris) Pramuka Penggalang Putra

Scouter (inggris) Pembina Pramuka Penggalang Putra.

Siaga Anggota Gerakan Pramuka yang berusia 7-10 tahun.

Sistem

Among

Metode kepemimpinan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantoro,

menurut metode itu, seorang pemimpin harus berpegang pada

berprinsip; Ing Ngarso sung tuladha (Di depan memberi

contoh), Ing madya mangun karsa (di tengah membangun

kehendak) dan Tut wuri handayani (di belakang memberikan

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

dorongan)

Six (inggris) Barung.

SKK(sing.) Syarat-syarat Kecakapan Khusus; Syarat yang harus

dipenuhi untuk mendapatkan TKK.

SKU(sing.) Syarat-syarat Kecakapan Umum; syarat yang harus

dipenuhi untuk mendapatkan TKU.

Sulung Pemimpin Barung Utama; Pemimpin Perindukan siaga.

SurveyMelihat dari dekat; melihat lokasi sebelum dijadikan

tempat kegiatan.

Surviva

l

Kemampuan untuk bertahan hidup dengan mengatasi berbagai

rintangan dan cobaan.

T

Istilah Pengertian

T Singkatan atau kode untuk Pramuka Penegak.

TAKANAS (sing.) Pesta Karya Nasional.

TAKADA (sing.) Pesta Karya daerah.

TAKACAB (sing.) Pesta Karya Cabang.

TAKARAN (sing.) Pesta Karya Ranting.

Tata Tingkatan ketiga SKU Pramuka siaga

Tekpram(sing.) Teknik Kepramukaan, seperti tali temali,

semaphore, maping dll.

Terap Tingkatan ketiga SKU Penggalang.

TetampanSelendang/selempang yang dipasangi TKK dikenakan pada

seragam Pramuka.

Tigor(sing.) Tanda Ikut gotong royong. Biasanya berbentuk

lencana atau mendali.

Tiska

(sing.) Tanda Ikut Serta Kegiatan. Diberikan setelah

mengikuti suatu kegiatan. Biasanya berbentuk mendali

atau lencana yang dikenakan di baju Pramuka sampai batas

waktu tertentu.

TKK (sing.) Tanda Kecakapan Khusus; Tanda yang didapat

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

setelah menyelesaikan SKK.

TKU(sing.) Tanda Kecakapan Umum; Tanda yang didapat setelah

menyelesaikan SKU.

Topograf

i

Tanda medan pada peta; tanda-tanda pada peta yang

menunjukkan keadaan sebenarnya.

Trisatya

Janji (satya) untuk Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega

dan Pramuka dewasa. Trisatya Penggalang berbeda dengan

Trisatya untuk Pramuka lainnya.

Troop (inggris) Pasukan Penggalang.

Turba(sing.) Turun Bawah; Melihat/ memantau kegiatan

bawahan / anak buah.

U

Istila

hPengertian

Ulang

Janji

Tradisi dalam Gerakan Pramuka dimana setiap malam HUT nya

mengadakan pengucapan kembali Trisatya. Ulang Janji hanya

untuk Pramuka Penegak, Pandega dan anggota dewasa.

Utama Tingkatan ketiga TKK Penggalang, Penegak dan Pandega.W

Istilah Pengertian

WAGGGS(sing.) World Associations of Girl Guides and Girl Scouts; Organisasi

Pramuka Putri se-Dunia.

Wide

Game

Permainan Besar; Kegiatan bersifat permainan edukatif

yang dilaksanakan secara masal.

WOSM(sing.) World Organization of Scout Movement; Organisasi

Pramuka Putra se-Dunia.Y

Isti

lahPengertian

Yand

a

Sebutan atau panggilan untuk Pembina

Pramuka Siaga Putra.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

MATERI PENGETAHUAN UMUMIndonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik.Negara Indonesia dipimpin oleh seorang kepala negara yang disebutPresiden.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah pada 17 Agustus 1945.Yang menandatangani teks proklamasi adalah Soekarno dan Moh. Hatta.Nama-nama Presiden Indonesia :

Pertama, Ir. Soekarno.Kedua, SoehartoKetiga, Burhanudin Jusuf HabibieKeempat, Abdurrahman Wahid (Gusdur)Kelima, Megawati Soekarno PutriKeenam, Susilo Bamabang Yudhoyono

Bendera Kebangsaan Indonesia adalah Merah Putih, Merah artinya Berani, Putih artinya Suci.Lagu Kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya, diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.*)Sikap yang harus dilakukan pada saat bendera kebangsaan dikibarkan atau diturunkan adalah dengan mengangkat tangan ( Hormat ).**)Negara Indonesia beribukota di Jakarta.Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Burung Garuda.Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila Lambang dan bunyi sila Pancasia:

1. BINTANG, Ketuhanan Yang Maha Esa;2. RANTAI, Kemanusiaan yang adil dan beradab;3. POHON BERINGIN, Persatuan Indonesia;4. KEPALA BANTENG, Kerakyatan yang dipimipin oleh hikmat

kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan;5. PADI DAN KAPAS, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat

Indonesia.Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah BHINEKA TUNGGAL IKA, yang bermakna Berbeda-beda tapi satu jua.Jumlah bulu pada sayap burung Garuda ada 17, melambangkan tanggalkemerdekaan.Jumlah bulu pada sayap ekor burung Garuda ada 8, melambangkan bulan kemerdekaan.Jumlah bulu pada leher burung Garuda ada 45, melambangkan tahun kemerdekaan.

BEBERAPA HARI PERINGATAN NASIONAL

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

- 21 April .................................................Hari Kartini

- 2 Mei ....................................................Hari Pendidikan Nasional

- 20 Mei ..................................................Hari Kebangkitan Nasional

- 1 Juni ....................................................Hari Lahirnya Pancasila

- 12 Juli ...................................................Hari Koperasi

- 14 Agustus ........................................... Hari Pramuka

- 17 Agustus ........................................... Hari Proklamasi Kemerdekaan RI

- 17 September ...................................... Hari PMI

- 1 Oktober ............................................Hari Kesaktian Pancasila

- 28 Oktober ........................................... Hari Sumpah Pemuda

- 10 Nopember ....................................... Hari Pahlawan

- 9 Desember .......................................... Hari Korupsi Sedunia

BEBERAPA NAMA PAHLAWAN NASIONAL DARI JAWA TENGAH

1. K.H. Samanhudi  15. S u p e n o2. Jenderal Gatot Subroto 16. Laksda.TNI.Anm. Yos

Soedarso3. Sukardjo Wiryopranoto 17. Prof.DR.R. Soeharso4. MGR A.Sugiopranoto, S.J. 18. Nji Ageng Serang5. Ir. H. Djuanda

Kartawidjaja19. KGPAA  Mangkunegoro I

6. Dr. Sahardjo, SH 20. Ny. Hj. Fatimah Siti Hartinah

7. Raden Ajeng Kartini 21. H.O.S. Tjokroaminoto8. Dr. Tjiptomangunkusumo9. Alimin10. Dr. Muwardi11. Sri Susuhunan Pakubuwono

VI12. Jenderal Sudirman13. Jenderal Oerip

Sumohardjo14. Prof. Dr. Soepomo, SH

BEBERAPA NAMA MENTERI KABINET INDONESIA BERSATU (KIB) JILID II

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Presiden : Susilo Bambang YudhoyonoWakil Presiden : Boediono

1. Menko Politik, Hukum, dan Keamanan: Marsekal TNI Purn Djoko Suyanto2. Menko Perekonomian: Hatta Rajasa3. Menko Kesra: Agung Laksono4. Menteri Sekretaris Negara: Sudi Silalahi5. Menteri Dalam Negeri: Gamawan Fauzi6. Menteri Luar Negeri: Marty Natalegawa7. Menteri Pertahanan: Purnomo Yusgiantoro8. Menteri Hukum dan HAM: Patrialis Akbar9. Menteri Keuangan: Sri Mulyani10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Darwin Zahedy Saleh11. Menteri Perindustrian: MS Hidayat12. Menteri Perdagangan: Mari Elka Pangestu13. Menteri Pertanian: Suswono14. Menteri Kehutanan: Zulkifli Hasan15. Menteri Perhubungan: Freddy Numberi16. Menteri Kelautan dan Perikanan: Fadel Muhammad17. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: MuhaiminIskandar18. Menteri Pekerjaan Umum: Djoko Kirmanto19. Menteri Kesehatan: Endang Rahayu Sedyaningsih20. Menteri Pendidikan Nasional: M Nuh21. Menteri Sosial: Salim Assegaf Aljufrie22. Menteri Agama: Suryadharma Ali23. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata: Jero Wacik24. Menteri Komunikasi dan Informatika: Tifatul Sembiring25. Menneg Riset dan Teknologi: Suharna Surapranata26. Menteri Negara Urusan Koperasi dan UKM: Syarifudin Hasan27. Menneg Lingkungan Hidup: Gusti Moh Hatta28. Menneg Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Linda Agum Gumelar29. Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: EE Mangindaan29. Menneg Pembangunan Daerah Tertinggal: Helmy Faisal Zaini31. Menneg PPN/Kepala Bappenas: Armida Alisjahbana32. Menneg BUMN: Mustafa Abubakar

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

33. Menneg Perumahan Rakyat: Suharso Manoarfa34. Menneg Pemuda dan Olahraga: Andi Mallarangeng

Pejabat Negara:1. Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan: Kuntoro Mangkusubroto2. Kepala BIN (Badan Intelijen Negara): Jenderal Pol Purn Sutanto3. Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal): Gita Wirjawan

Daftar provinsi IndonesiaSaat ini, Indonesia terdiri dari 33 provinsi. Dari 33 provinsi tersebut, 5 di antaranya memiliki status khusus sebagai Daerah Khusus atau Daerah Istimewa yaitu: Aceh, Jakarta, Papua, Papua Barat, dan Yogyakarta.

NO NAMA PROVINSI IBUKOTA STATUS KHUSUS PULAU1 Aceh Banda Aceh Daerah Khusus Sumatera2 Sumatera Utara Medan Sumatera3 Sumatera Barat Padang Sumatera4 Riau Pekanbaru Sumatera5 Jambi Jambi Sumatera6 Sumatera

Selatan Palembang Sumatera

7 Bengkulu Bengkulu Sumatera8 Lampung Bandar

Lampung Sumatera

9 Kepulauan Bangka Belitung

Pangkal Pinang Sumatera

10 Kepulauan Riau Tanjung Pinang Sumatera

11 Daerah Khusus Ibukota Jakarta Jakarta Daerah Khusus

Ibukota Jawa

12 Jawa Barat Bandung Jawa13 Jawa Tengah Semarang Jawa14 Daerah Istimewa

Yogyakarta Yogyakarta Daerah Istimewa Jawa

15 Jawa Timur Surabaya Jawa16 Banten Serang Jawa17 Bali Denpasar Nusa

Tenggara18 Nusa Tenggara

Barat Mataram Nusa Tenggara

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

19 Nusa Tenggara Timur Kupang Nusa

Tenggara20 Kalimantan

Barat Pontianak Kalimantan

21 Kalimantan Tengah Palangkaraya Kalimantan

22 Kalimantan Selatan Banjarmasin Kalimantan

23 Kalimantan Timur Samarinda Kalimantan

24 Sulawesi Utara Manado Sulawesi25 Sulawesi Tengah Palu Sulawesi26 Sulawesi

Selatan Makassar Sulawesi

27 Sulawesi Tenggara Kendari Sulawesi

28 Gorontalo Gorontalo Sulawesi29 Sulawesi Barat Mamuju Sulawesi30 Maluku Ambon Maluku31 Maluku Utara Ternate Maluku32 Papua Barat Manokwari Daerah Khusus Papua33 Papua Jayapura Daerah Khusus Papua

Provinsi Jawa Tengah

Semboyan Provinsi Jawa Tengah: Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja (Bahasa Jawa); Bahasa Indonesia: "Berjanji akan berusaha keras dan setia terhadap negara"

Flora Identitas Provinsi Jawa Tengah : Kantil (Michelia alba)

Gubernur Jawa Tengah : H. Bibit WaluyoWakil Gubernur Jawa Tengah: Rustiningsih

Kabupaten Brebes

Kabupaten Brebes terdiri dari 17 Kecamatan.Batas Utara : Pantai Utara JawaBatas Selatan : Kabupaten BanyumasBatas Timur : Kabupaten TegalBatas Barat : Kabupaten Cirebon (Jawa Barat)

Bupati Brebes : H. Indra Kusuma ( jabatan dalam Kepramukaan: MABICAB)

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Wakil Bupati Brebes : H. Agung Widiyantoro (jabatan dalama Kepramukaan : Ka. KWARCAB

Penghasil Utama Kabupaten Brebes : Bawang Merah dan Telur AsinObyek Wisata Kabupaten Brebes : Waduk Malahayu, Pantai RandusangaIndah, Telaga Renjeng Kali Gua, Waduk Penjalin, Cipanas, Kedung Oleng.

TANAMAN OBAT HEWAN PENYEBAR PENYAKIT

Nama Kegunaan Nama HewanPenyakit

Daun Pepaya Obat Nafsu Makan TikusPhes

Daun Jambu Biji Obat Diare Ayam/UnggasFlu Burung (H5N1)

Daun Sereh Obat Rheumatik Nyamuk AnopelesMalaria

Jahe Obat Masuk Angin Nyamuk Aides Demam Berdarah Pace Obat Darah Tinggi Aegepty DenguDaun Sirih Obat Mimisan Lalat

Muntaber/KoleraKecombrang Obat Turun Panas Babi Flu Babi (H1N1)lengkuas Obat Panu Kucing AsmaUMUM

Lembaga yang menangani tindak Pidana Korupsi : KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)Lembaga yang menangani kegiatan PEMILU : KPU (Komisi Pemilihan Umum)Jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura : Jembatan SuramaduPMI singkatan dari Palang Merah IndonesiaNegara Tetangga Indonesia : Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Philipina, Thailand, Australia.

TANDA RAMBU-RAMBU LALULINTAS

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Tanda

Tanda Rumah Makan

Tanda Dilarang Membunyika

Tanda Rumah Sakit

Tanda Dilarang Parkir

Tanda Belok

Tanda

Tanda SPBUTanda Tempat Penyebrang

MABINAS : SUSILO BAMABNG YUDHOYONOKA. KWARNAS : AZRUL AZWARMABIDA : H. BIBIT WLUYOKA. KWARDA : Ir.SLAMET BUDI PRAYITNO, MsiMABICAB : H. INDRA KUSUMAKA. KWARCAB : AGUNG WIDIYANTOROMABIRAN : DA’AN SUSANTOKA. KWARRAN : SUTARDI, S.Pd.

DANDIM BREBES : JAJAT SUDRAJATKAPOLRES BREBES : AKBP BENO LOUHENAPESSY, SIK, MH.

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

Tanda AnakSekolah

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

SEMAR GARENG PETRUK BAGONG

PUNTADEWA WERKUDARA ARJUNA/JANOKO NAKULA SADEWA

GATUTKACA

TOKOH WAYANGPUNOKAWAN

PANDAWALIMA

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06

HANOMAN

GUDEP 08.011.012 SD NEGERI LARANGAN 06