Web view DEFINISI SIM MENURUT PARA AHLI Menurut Drs. Soetodjo Moeljodihardjo, SIM adalah suatu...

download Web view DEFINISI SIM MENURUT PARA AHLI Menurut Drs. Soetodjo Moeljodihardjo, SIM adalah suatu metode

of 21

  • date post

    23-Oct-2020
  • Category

    Documents

  • view

    2
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Web view DEFINISI SIM MENURUT PARA AHLI Menurut Drs. Soetodjo Moeljodihardjo, SIM adalah suatu...

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

ELSI FITRIA (1205823)

ILMU ADMINISTRASI NEGARA

Sebelumnya, penulis akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya ELSI FITRIA. Sekarang ini saya sedang menjalani pendidikan S1 di Universitas Negeri Padang, prodi Ilmu Administrasi Negara. Perkenalannya saya rasa cukup segitu saja. Di semester ini yaitu semester lima saya mengambil mata kuliah Sistem Informasi Manajemen sesuai kurikulum yang telah ditetapkan, dengan dosen buk Nora Eka Putri, S.Ip, M.Si.

Pada minggu pertama perkuliahan yaitu pada tanggal 30 agustus 2014, sebelum masuk ke materi perkuliahan kegiatan diawali dengan persetujuan kontrak perkuliahan, yaitu ketentuan atau peraturan perkuliahan yang harus diikuti oleh mahasiswa maupun dosen pembimbing selama satu semester ke depan. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk tugas perkuliahan. Kegiatan selanjutnya yaitu memulai materi perkuliahan yaitu:

KONSEP DASAR SIM

SIM terdiri atas tiga komponen yakni : Sistem, Informasi, dan Manajemen.

· Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen atau sub-sub sistem yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi, serta memiliki kesamaan tujuan.

· Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang penting bagi penerima dalam membuat sebuah keputusan.

· Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Apabila ditinjau dari dua komponen SIM terdiri atas Sistem Informasi dan Manajemen.

· Sistem informasi berkaitan dengan teknologi, komunikasi, informasi, pengolahan.

· Manajemen berkaitan dengan pengelolaan.

Jadi secara umum dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah keseluruhan jalinan hubungan dan jaringan keterangan-keterangan dalam organisasi mulai dari sumber yang melahirkan bahan keterangan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penahanan, sampai penyebarannya untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

DEFINISI SIM MENURUT PARA AHLI

a. Menurut Drs. Soetodjo Moeljodihardjo, SIM adalah suatu metode untuk menghasilkan informasi yang tepat waktu bagi manajemen tentang lingkungan luar organisasi dan kegiatan operasi di dalam organisasi, dengan tujuan untuk menunjang proses pengambilan keputusan serta memperbaiki proses perencanaan dan pengawasan.

b. Menurut Komaruddin, SIM adalah suatu pendekatan yang terorganisir dan terencana untuk memberi eksekutif bantuan informasi yang tepat dan dapat memberikan kemudahan bagi proses manajemen.

c. Menurut Robert G. Murdick dan Joel E. Ross, SIM adalah proses komunikasi dimana informasi masukan (input) direkam, disimpan, dan diproses untuk menghasilkan output berupa keputusan tentang perencanaan, pengoperasian, dan pengawasan.

d. Menurut Joseph F. Kelly, SIM adalah perpaduan sumber daya manusia dan sumber daya yang berbasis komputer yang menghasilkan kumpulan penyimpanan, komunikasi, dan penggunaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien serta perencanaan bisnis.

e. Menurut Gordon B. Davis, SIM adalah sistem manusia/mesin yang terpadu guna menyajikan informasi untuk mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi.

06 SEPTEMBER 2014

Ini adalah minggu kedua perkuliahan tatap muka mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Pada pertemuan ini yaitu melanjutkan materi dari pertemuan sebelumnya. Perkuliahan berjalan seperti bagaimana biasanya dengan kondisi kelas yang cukup tenang mendengarkan uraian materi dari dosen.

Adapun materi yang dibahas pada pertemuan itu adalah :

Sistem Informasi Manajemen mencakup :

· Pengolahan

· Proses

· Komunikasi

· Pengambilan Keputusan

· Perencanaan

· Pengawasan, dan Tujuan

Sistem Informasi Manajemen akan memudahkan pemerintah dalam mencapai tujuan yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sistem Informasi Manajemen dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat dan mempermudah kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan dan yang patut diterima oleh masyarakat.

Namun, dalam penerapan Sistem Informasi Manajemen tentu akan mengalami beberapa kendala atau masalah, antara lain sebagai berikut:

1. Sumber Daya manusia (SDM)

Sistem Informasi yang berkaitan dengan penggunaan teknologi canggih yaitu komputer dan internet dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat sangat membutuhkan sumber daya manusia yang handal.

2. Kevalidan data

Data dan informasi yang disediakan kepada masyarakat harus terjamin kevalidannya agar informasi yang diberikan kepada masyarakat benar-benar akurat.

3. Biaya

4. Birokrasi

5. Faktor teknis

Faktor teknis ini antara lain terjadinya pemadaman listrik, atau pun hilangnya signal yang menyebabkan lambannya atau bahkan terputusnya koneksi ke internet.

13 SEPTEMBER 2014

Ini adalah minggu ketiga perkuliahan, dimana sebelumnya buk Nora Eka Putri selaku dosen pembimbing mata kuliah ini menugaskan kami untuk membaca materi di rumah untuk persiapan kuliah mingu kedua ini tentang tujuan dan manfaat pengguanaan SIM pada organisasi publik dan organisasi swasta .

TUJUAN PENGGUNAAN SIM PADA ORGANISASI PUBLIK

1. SIM pada organisasi publik

SIM pada organisasi publik merupakan pengelolaan sistem informasi manajemen pada instansi-instansi pemerintah atau publik.

Adapun tujuan penggunaan SIM pada organisasi publik adalah untuk mendapatkan dan menyebarkan data-data yang bersigat angka, peta, ataupun data lain yang dibutuhkan masyarakat dan jika masyarakat memang berhak untuk mendapatkann informasi tersebut.

SIM publik terbagi atas dua :

· SIMNAS

Yaitu penerapan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen pada instansi-instansi pemerintahan pusat.

· SIMDA

Yaitu penerapan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen pada instansi-instansi pemerintahan daerah.

2. SIM pada organisasi privat (swasta)

SIM pada organisasi privat (swasta) merupakan pengelolaan sistem informasi manajemen pada organisasi privat (swasta).

20 SEPTEMBER 2014

Dalam perkuliahan ke empat ini, materi yang dibahas adalah mengenai keterkaitan SIM dengan ilmu lain yaitu e-government, prilaku organisasi, pengambilan keputusan, dan birokrasi.

SIM adalah suatu subsistem informasi yang menyeluruh dan terorganisir yang bersifat rasional untuk mentransformasikan data guna mencapai tujuan yaitu sebagai berikut:

a. Service ( pelayanan)

b. Produktivitas

c. Laba / provit

KAITAN SIM DENGAN E-GOVERNMENT

E-Government yaitu teknologi informasi yang berbasis internet yang dikelola oleh pemerintah untuk keperluan informasi daam hubungan pemerintah dengan pemerintah, hubungan pemerintah dengan masyarakat, maupun hubungan pemerintah dengan sector swasta. Untuk menjalankan E-government diperlukan suatu sistem informasi yang baik dan teratur, dan sinergi dari masing-masing lembaga pemerintahan, sehingga dari kesemuanya itu bisa didapatkan suatu sistem informasi yang demikian akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan fungsinya kepada masyarakat.

Sedangkan untuk mewujudkan sistem informasi yang baik dan teratur antar lembaga pemerintahan, maka sistem informasi dari masing-masing lembaga pemerintah harus memenuhi suatu standar sistem informasi, dimana standar ini meliputi persyaratan minimal untuk faktor-faktor dari sistem informasi tersebut.

KAITAN SIM DENGAN PERILAKU ORGANISASI

Miftah Toha, 1989:21, mengemukakan bahwa perilaku organisasi ialah studi yang menyangkut aspek-aspek perilaku manusia dalam suatu organisasi atau kelompok tertentu. Mengenal lebih jauh tentang perilaku organisasi, berarti kita mencoba untuk membuktikan adanya perubahan-perubahan ilmu organisasi dan manajemen.

Hal ini juga menjelaskan bagaimana seorang atau para birokrat berperilaku dalam organisasi pemerintahan. Para birokrat harus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan pada informasi yang diberikan agar tercapai pelayanan yang baik kepada masyarakat. Orientasi mendasar tentang perilaku manusia makin dirasakan urgensi bagi setiap manajemen ditingkat teoritis maupun dengan tujuan praktis untuk mendeterminasi bagaimana perilaku manusia itu mempengaruhi usaha-usaha pencapaian tujuan organisasi.dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, para pemberi pelayanan harus jujur, adil, dan tidak diskriminatif terhadap penerima pelayanan.

KAITAN SIM DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

SIM harus dirancang untuk menentukan keputusan-keputusan yang tampaknya tidak mendatangkan hasil-hasil yang direncanakan. SIM memberikan seperangkat alat, dengan alat-alat tersebut pengambil keputusan dapat menyusun proses pengambilan keputusan. Sistem informasi yang menyediakan berbagai informasi tersebut dapat menjadi alat bagi pengambil keputusan dalam proses pengambilan keputusan baik dalam hal pemahaman masalah, perancangan, dan pengambilan keputusan.

KAITAN SIM DENGAN BIROKRASI

Birokrasi sebagai pegawai pemerintah, yang menjalankan dan menyelenggarakan tugas yang ditentukan oleh konstitusi, menjalankan program pembangunan, pelayanan publik, dan penerapan kebijakan pemerintah, yang biasanya disebut pegawai sipil. Birokrasi yang melakukan fungsi pelayanan terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Dengan adanya SIMDA ini para birokrat atau aparat pemerintah yang ada di BPMP2T ini akan lebih dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayannya.

27 SEPTEMBER 2014 DAN 4 OKTOBER 2014

Ini seharusnya perkuliahan minggu ke 5 dan 6 untuk mata kuliah Sistem informasi Manajemen. Pada tanggal