WALIKOTA BANDUNGdispusip.bandung.go.id/v2/wp-content/uploads/2017/08/8... · Jalan Wastukancana No....

65
Jalan Wastukancana No. 2 Bandung Telepon (022) 4232338 4207706 4240127 Fax. (022) 4236150 Bandung – 402117 Provinsi Jawa Barat WALIKOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT PERATURAN WALIKOTA BANDUNG NOMOR 1399 TAHUN 2016 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BANDUNG DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA WALIKOTA BANDUNG, Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 15 ayat (1) Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung, perlu menetapkan Peraturan Walikota Bandung tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung; Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan; 2. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan; 3. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; 4. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; 5. Peraturan …

Transcript of WALIKOTA BANDUNGdispusip.bandung.go.id/v2/wp-content/uploads/2017/08/8... · Jalan Wastukancana No....

Jalan Wastukancana No. 2 Bandung Telepon (022) 4232338 – 4207706 – 4240127 Fax.(022) 4236150 Bandung – 402117 Provinsi Jawa Barat

WALIKOTA BANDUNG

PROVINSI JAWA BARATPERATURAN WALIKOTA BANDUNG

NOMOR 1399 TAHUN 2016TENTANG

KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSISERTA TATA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KOTA BANDUNG

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAWALIKOTA BANDUNG,

Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 15 ayat (1)Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 Tahun 2016tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat DaerahKota Bandung, perlu menetapkan Peraturan WalikotaBandung tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugasdan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan danKearsipan Kota Bandung;

Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentangPerpustakaan;

2. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan;3. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil

Negara;4. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang

Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubahbeberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang PemerintahanDaerah;

5. Peraturan …

2

5. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentangPerangkat Daerah;

6. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 Tahun 2016tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat DaerahKota Bandung;

MEMUTUSKAN:

Menetapkan : PERATURAN WALIKOTA TENTANG KEDUDUKAN,SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTATATA KERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPANKOTA BANDUNG.

BAB I

KETENTUAN UMUMPasal 1

Dalam Peraturan Walikota ini, yang dimaksud dengan:1. Pemerintah Pusat adalah Pemerintah Republik

Indonesia.2. Pemerintah Provinsi adalah Pemerintah Provinsi Jawa

Barat.3. Daerah adalah Kota Bandung.4. Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Kota Bandung.5. Walikota adalah Walikota Bandung.6. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang selanjutnya

disingkat DPRD adalah Dewan Perwakilan RakyatDaerah Kota Bandung.

7. Urusan Pemerintahan adalah kekuasaanpemerintahan yang menjadi kewenangan Presidenyang pelaksanaannya dilakukan oleh kementeriannegara dan penyelenggara Pemerintahan Daerahuntuk melindungi, melayani, memberdayakan, danmenyejahterakan masyarakat.

8. Perangkat Daerah Kota Bandung yang selanjutnyadisebut Perangkat Daerah adalah unsur pembantuWalikota dan DPRD dalam penyelenggaraan urusanpemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah.

9. Sekretariat ...

3

9. Sekretariat Daerah adalah Sekretariat Daerah KotaBandung.

10. Sekretaris Daerah adalah Sekretaris Daerah KotaBandung.

11. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang selanjutnyadisebut Dinas adalah Dinas Perpustakaan danKearsipan Kota Bandung.

12. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yangselanjutnya disebut Kepala Dinas adalah Kepala DinasPerpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung.

13. Sekretaris Dinas adalah Sekretaris DinasPerpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung.

14. Unit Pelaksana Teknis yang selanjutnya disingkat UPTadalah unit pelaksana teknis pada Dinas yangdibentuk sesuai dengan kebutuhan.

15. Kelompok Jabatan Fungsional adalah kelompokPegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, wewenang danhak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untukmelaksanakan kegiatan yang sesuai dengan profesinyadalam rangka mendukung kelancaran tugas danfungsi Dinas.

16. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah yangselanjutnya disingkat RPJPD adalah dokumenperencanaan Daerah untuk periode 20 (dua puluh)tahun.

17. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerahyang selanjutnya disingkat RPJMD adalah dokumenperencanaan Daerah untuk periode 5 (lima) tahun.

18. Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang selanjutnyadisingkat RKPD adalah dokumen perencanaanPembangunan Daerah untuk periode 1 (satu) tahun

19. Rencana Strategis yang selanjutnya disingkat Renstraadalah dokumen perencanaan satuan kerja perangkatdaerah untuk periode 5 (lima) tahun.

20. Rencana ...

4

20. Rencana Kerja yang selanjutnya disebut Renja adalahdokumen perencanaan perangkat daerah untuk untukperiode 1 (satu) tahun.

21. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yangselanjutnya disingkat APBD Anggaran Pendapatan danBelanja Daerah Kota Bandung.

22. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah yang selanjutnyadisingkat LKIP adalah laporan yang berisikanakuntabilitas dan kinerja suatu instransi pemerintah.

23. Laporan Keterangan Pertanggungjawaban yangselanjutnya disingkat LKPJ adalah laporan keteranganpertanggungjawaban adalah laporan yang berupainformasi penyelenggaraan pemerintahan daerahselama 1 (satu) tahun anggaran atau akhir masajabatan yang disampaikan oleh Kepala Daerah kepadaDPRD.

24. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yangselanjutnya disingkat LPPD adalah laporanpenyelenggaraan pemerintahan daerah adalah laporanatas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1(satu) tahun anggaran berdasarkan rencana kerjapembangunan daerah yang disampaikan oleh KepalaDaerah kepada Pemerintah.

25. Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yangselanjutnya disingkat IPPD adalah informasipenyelenggaraan pemerintahan daerah yangdisampaikan oleh Kepala Daerah kepada masyarakat.

26. Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karyatulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secaraprofesional dengan sistem yang baku guna memenuhikebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian,informasi, dan rekreasi para pemustaka.

27. Kearsipan adalah hal-hal yang berkenaan denganarsip.

28. Arsip Dinamis adalah arsip yang digunakan secaralangsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpanselama jangka waktu tertentu.

29. Arsip ...

5

29. Arsip Statis adalah arsip yang dihasilkan oleh penciptaarsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telahhabis retensinya, dan berketerangan dipermanenkanyang telah diverifikasi baik secara langsung maupuntidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesiadan/atau lembaga kearsipan.

30. Arsip Vital adalah arsip yang keberadaanyamerupakan persyaratan dasar bagi kelangsunganoperasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dantidak tergantikan apabila rusak atau hilang.

31. Arsip aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaanyatinggi dan/atau terus menerus.

32. Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensipenggunaannya telah menurun.

33. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yangselanjutnya PPID adalah Pejabat yangbertanggungjawab di bidang penyimpanan,pendokumentasian, penyediaan dan pelayananinformasi di Badan Publik.

34. Barang Milik Daerah yang selanjutnya disingkat BMDadalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atasbeban APBD atau berasal dari perolehan lainnya yangsah.

BAB IIKEDUDUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI

Bagian KesatuKedudukan

Pasal 2

(1) Dinas merupakan unsur pelaksana Urusan

Pemerintahan yang menyelenggarakan urusan

pemerintahan bidang perpustakaan dan kearsipan.

(2) Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin

oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan

bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris

Daerah.Bagian …

6

Bagian KeduaSusunan Organisasi

Pasal 3

Susunan Organisasi Dinas ditetapkan sebagai berikut:a. Kepala Dinas;b. Sekretariat, membawahkan:

1.Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;2.Sub Bagian Keuangan;3.Sub Bagian Program.

c. Bidang Pengelolaan Perpustakaan, membawahkan:1.Seksi Penyediaan dan Pengolahan Bahan Pustaka;2.Seksi Pelayanan Sirkulasi dan Referensi

Perpustakaan;3.Seksi Promosi dan Pembudayaan Minat Baca.

d. Bidang Pengelolaan Kearsipan, membawahkan:1.Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;2.Seksi Pengelolaan Arsip Statis;3.Seksi Pelestarian dan Publikasi Kearsipan.

e. Bidang Sistem Teknologi Informasi PerpustakaanKearsipan, membawahkan:1.Seksi Perencanaan, Pengembangan dan Evaluasi

sistem Teknologi Informasi Perpustakaan Kearsipan;2.Seksi Operasional dan Pemeliharaan Sistem Informasi

Perpustakaan Kearsipan;3.Seksi Akuisisi dan Pengolahan Data Perpustakaan

Kearsipan.f. Bidang Pengembangan Perpustakaan Kearsipan,

membawahkan1.Seksi Advokasi dan Kerjasama Perpustakaan;2.Seksi Kerjasama Kearsipan;3.Seksi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dan

Kearsipan.g. UPT;h. Jabatan Pelaksana dan Kelompok Jabatan Fungsional.

BAB …

7

BAB IIITUGAS DAN FUNGSI

Bagian KesatuKepala Dinas

Pasal 4(1) Dinas dipimpin oleh seorang Kepala Dinas.(2) Kepala Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1)

mempunyai tugas membantu Walikota, dalammenyelenggarakan Urusan Pemerintahan yangmenjadi kewenangan Daerah di bidang Perpustakaandan Kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi:a. perumusan kebijakan lingkup perpustakaan dan

kearsipan;b. pelaksanaan kebijakan lingkup perpustakaan dan

kearsipan;c. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

perpustakaan dan kearsipan;d. pelaksanaan administrasi Dinas lingkup

perpustakaan dan kearsipan; dane. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh

Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Dinas adalah sebagai berikut:

a. menyelenggarakan penyusunan dan penetapanrencana kerja, program kerja, dan anggaran Dinasberdasarkan kebijakan umum Daerah sebagaipedoman pelaksanaan tugas;

b. mendelegasikan tugas kepada bawahan agarpekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien;

c. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Walikota agar tujuan dansasaran tercapai;

d. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan;

e. melakukan …

8

e. melakukan pembinaan jasmani dan rohani,pemberian tanda penghargaan, pembinaan pra danpasca pensiun pegawai dalam rangkameningkatkan kesejahteraan pegawai;

f. memimpin, mengatur, membina danmengendalikan pelaksanaan program dan kegiatanDinas yang meliputi Sekretariat, Bidang, SubBagian dan Seksi;

g. mengoordinasikan penyelenggaraan tugas yangmeliputi pengoordinasian penyusunan,pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan rencana danprogram kerja lingkup Dinas;

h. melaksanakan fasilitasi, pembinaan danpengendalian tata naskah dinas lingkup Dinas;

i. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaandokumentasi peraturan perundang-undangan,pengelolaan kearsipan, protokol dan hubunganmasyarakat di lingkungan Dinas;

j. melaksanakan dan mengoordinasikan penyusunandata dan informasi penetapan rencana kerjaDaerah yang meliputi RPJPD, RPJMD, RKPD,Renstra dan Renja, serta rencana kerja lainnyasesuai dengan ketetentuan peraturan perundang-undangan;

k. melaksanakan dan mengoordinasikan penyusunandata dan informasi penetapan laporan kinerjaDaerah yang meliputi LKPJ, LPPD, IPPD, LKIP danlaporan lainnya sesuai dengan ketetentuanperaturan perundang-undangan;

l. memeriksa, memaraf dan/atau menandatanganikonsep naskah dinas sesuai dengankewenangannya dalam lingkup Dinas;

m. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan Dinas;

n. melaksanakan …

9

n. melaksanakan pembinaan, pengembangan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppelayanan kesekretariatan, PengelolaanPerpustakaan, Pengelolaan Kearsipan, SistemTeknologi Informasi Perpustakaan Kearsipan,Pengembangan Perpustakaan Kearsipan;

o. menyelenggarakan urusan yang menjadikewenangan Dinas dalam lingkup perpustakaandan kearsipan;

p. mengoordinasikan, mengawasi, mengendalikandan membina pelaksanaan urusan Perpustakaandan Kearsipan yang menjadi kewenangan meliputikebijakan, pembiayaan, kurikulum, sarana danprasarana;

q. mengkaji dan merumuskan bahan kebijakanoperasional Perpustakaan dan Kearsipan sesuaidengan kebijakan nasional dan provinsi;

r. melaksanakan penetapan perencanaanoperasional progam Perpustakaan dan Kearsipansesuai dengan perencanaan strategis tingkatprovinsi dan nasional;

s. mensosialisasikan dan melaksanakan standarnasional Perpustakaan dan Kearsipan;

t. menyelenggarakan pengelolaan danpenyelenggaraan Perpustakaan dan Kearsipansesuai dengan kewenangannya;

u. menyelenggarakan pengawasan dan pengendalianPerpustakaan dan Kearsipan sesuai dengankewenangannya;

v. menyelenggarakan dan/atau mengelolaPerpustakaan dan Kearsipan, memantau danmengevaluasi penyelenggaraan kearsipan padaPerangkat Daerah, Badan Usaha Milik Daerah,Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Politikdan masyarakat;

w. menyelenggarakan …

10

w. menyelenggarakan pemberian dukungan sumberdaya terhadap penyelenggaraan perguruan tinggisesuai dengan kewenangan, menyelenggarakanpemantauan dan evaluasi satuan danpenyelenggaraan masyarakat, pada sekolah danperguruan tinggi;

x. melaksanakan koordinasi dan supervisipengembangan Perpustakaan dan Kearsipan;

y. menyelenggarakan sosialisasi kerangka dasar danstruktur perpustakaan dan kearsipan;

z. menyelenggarakan sosialisasi dan implementasistandar isi dan kompetensi perpustakaan dankearsipan;

aa. menyelenggarakan sosialisasi dan fasilitasiimplementasi perpustakaan dan kearsipan;

bb. menyelenggarakan pengawasan pelaksanaanperpustakaan dan kearsipan;

cc. menyelenggarakan pengawasan terhadappemenuhan standar nasional sarana danprasarana perpustakaan dan kearsipan;

dd. menyelenggarakan pengawasan pendayagunaanbantuan sarana dan prasarana perpustakaan dankearsipan;

ee. menyelenggarakan pengawasan pengunaan bukupada perpustakaan masyarakat, sekolah, danperguruan tinggi;

ff. menyelenggarakan perencanaan kebutuhantenaga perpustakaan dan kearsipan sesuaikewenangannya;

gg. menyelenggarakan usulan pengangkatan danpenempatan tenaga perpustakaan dan kearsipansesuai kewenangannya;

hh.menyelenggarakan pemindahan tenagaperpustakaan dan kearsipan;

ii. menyelenggarakan peningkatan kesejahteraan,penghargaan tenaga perpustakaan dan kearsipansesuai kewenangannya;

jj. menyelenggarakan …

11

jj. menyelenggarakan pembinaan dan pengembangantenaga perpustakaan dan kearsipan sesuaikewenangannya;

kk. menyelenggarakan koordinasi, fasilitasi,monitoring, dan evaluasi pelaksanaanperpustakaan dan kearsipan;

ll. menyelenggarakan pelaksanaan evaluasipencapaian kinerja perpustakaan dan kearsipan;

mm. melakukan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi dan PemerintahPusat, Instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

nn. menyusun laporan pelaksanaan urusan dankebijakan di bidang perpustakaan dan kearsipansebagai bahan pertanggungjawaban kepadaWalikota; dan

oo. melaksanakan tugas lain dari Walikota sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Bagian KeduaSekretariat Dinas

Pasal 5(1) Sekretariat Dinas dipimpin oleh seorang Sekretaris.(2) Sekretaris Dinas mempunyai tugas melaksanakan

sebagian tugas Kepala Dinas lingkup kesekretariatanyang meliputi pengelolaan umum dan kepegawaian,pengelolaan keuangan, pengoordinasian penyusunanprogram, serta pengoordinasian tugas-tugas bidang;

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Sekretaris Dinas menyelenggarakanfungsi:a. pengoordinasian penyusunan rencana dan

program kerja kesekretariatan dan Dinas;b. pengoordinasian bahan perumusan kebijakan

lingkup kesekretariatan dan Dinas;

c. pengoordinasian …

12

c. pengoordinasian pelaksanaan kebijakan lingkupkesekretariatan dan Dinas;

d. pengoordinasian pelaksanaan evaluasi danpelaporan lingkup kesekretariatan dan Dinas;

e. pengoordinasian pelaksanaan administrasilingkup kesekretariatan dan Dinas;

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan olehatasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Sekretaris Dinas adalah sebagai berikut:a. menyusun rencana kerja, program kerja, dan

anggaran Sekretariat dan pengoordinasianpenyusunan rencana kerja, program kerja, dananggaran Dinas berdasarkan kebijakan operasionalDinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahanagar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

c. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

d. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkupSekretariat;

e. melakukan pembinaan jasmani dan rohani,mengusulkan pemberian tanda penghargaan,pembinaan pra dan pasca pensiun pegawai dalamrangka meningkatkan kesejahteraan pegawailingkup Sekretariat dan Dinas;

f. mengoordinasikan pelaksanaan program dankegiatan Dinas lingkup kesekretariatan yangmeliputi pengelolaan umum dan kepegawaian,pengelolaan keuangan, pengoordinasianpenyusunan program, data dan informasi sertapengoordinasian tugas-tugas bidang;

g. pengoordinasian …

13

g. pengoordinasian penyelenggaraan tugas yangmeliputi pengoordinasian penyusunan,pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan rencana danprogram kerja lingkup Sekretariat dan Dinas;

h. melaksanakan fasilitasi, pembinaan danpengendalian tata naskah dinas lingkupSekretariat dan Dinas;

i. melaksanakan pengelolaan dokumentasi peraturanperundang-undangan, pengelolaan kearsipan,protokol dan hubungan masyarakat di lingkunganSekretariat dan Dinas;

j. melaksanakan dan mengoordinasikan penyusunandata dan informasi bahan penetapan rencana kerjadaerah yang meliputi RPJPD, RPJMD, RKPD,Renstra dan Renja, serta rencana kerja lainnyasesuai dengan ketetentuan peraturan perundang-undangan;

k. melaksanakan dan mengoordinasikan penyusunandata dan informasi bahan penetapan laporankinerja daerah yang meliputi LKPJ, LPPD, IPPD,LKIP dan laporan lainnya sesuai denganketetentuan peraturan perundang-undangan;

l. memeriksa, memaraf dan/atau menandatanganikonsep naskah dinas sesuai dengankewenangannya dalam lingkup Sekretariat danDinas;

m. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan Sekretariat dan Dinas;

n. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat,dan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

o. menyelenggarakan pembinaan Jabatan Fungsionaldi lingkungan Dinas;

p. menyelenggarakan pembinaan Jabatan Fungsionaldi Lingkungan Dinas;

q. mengkaji …

14

q. mengkaji dan merumuskan data dan informasilingkup kesekretariatan;

r. mengidentifikasi dan mengumpulkan data daninformasi dari unit kerja;

s. mengolah, menata dan menyimpan data dan/atauinformasi yang diperoleh dari unit kerja;

t. melaksanakan pelayanan informasi publik;u. menyeleksi dan pengujian data dan informasi yang

termasuk dalam kategori dikecualikan dariinformasi yang dibuka untuk publik;

v. melaksanakan kerjasama dengan pejabat padaunit kerja untuk melakukan pengujian gunamenentukan aksesibilitas atas suatu informasi;

w. melakukan koordinasi dengan Pejabat PengelolaInformasi dan Dokumentasi jika diperlukan dalampenyelesaian sengketa informasi;

x. melakukan koordinasi dengan Pejabat PengelolaInformasi dan Dokumentasi dalam pengelolaan danpelayanan informasi serta dokumentasi;

y. melaksanakan pengoordinasian perumusan,formulasi dan perencanaan kebijakan lingkupPerpustakaan dan Kearsipan;

z. melaksanakan pengoordinasian implementasi danevaluasi kebijakan lingkup Perpustakaan danKearsipan

aa. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupSekretariat dan Dinas; dan

bb. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

(5) Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimanadimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Sekretaris Dinasmembawahkan:a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;b. Sub Bagian Keuangan;c. Sub Bagian Program.

paragraf …

15

Paragraf 1Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Pasal 6

(1) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin olehseorang Kepala Sub Bagian.

(2) Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaianmempunyai tugas melaksanakan sebagian tugasSekretaris Dinas lingkup pelayanan administrasiumum dan kepegawaian.

(3) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Sub Bagian Umum danKepegawaian menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;b. penyiapan bahan kebijakan operasional lingkup

pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;c. pelaksanaan kebijakan lingkup pelayanan

administrasi umum dan kepegawaian;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;e. pelaksanaan administrasi lingkup pelayanan

administrasi umum dan kepegawaian; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh

atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Sub Bagian Umum dan

Kepegawaian adalah sebagai berikut:a. menyusun rencana kerja dan program Sub Bagian

Umum dan Kepegawaian;b. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

c. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

d. membina …

16

d. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkupadministrasi umum dan kepegawaian;

e. melakukan pembinaan jasmani dan rohani,mengumpulkan dan mengolah data bahan usulanpemberian tanda penghargaan, pembinaan pra danpasca pensiun pegawai dalam rangkameningkatkan kesejahteraan pegawai lingkupadministrasi umum dan kepegawaian;

f. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasipersuratan yang meliputi penerimaan, pencatatan,pendistribusian dan pengiriman naskah dinas;

g. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaankegiatan rapat-rapat kedinasan;

h. melaksanakan pengelolaan kearsipan naskahdinas dan dokumentasi kedinasan;

i. melaksanakan pengelolaan perpustakaan dinas;j. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaan

kehumasan dan keprotokolan;k. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaan

kerumahtanggaan, kebersihan, keindahan,ketertiban lingkungan, dan keamanan sertapelayanan administrasi Dinas dan UPT;

l. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasipengumpulan, pengolahan, penyimpanan danpemeliharaan data serta dokumentasikepegawaian;

m. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasirencana kebutuhan formasi dan mutasi pegawai;

n. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaanadministrasi kenaikan pangkat, gaji berkala,pensiun dan cuti pegawai;

o. melaksanakan …

17

o. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaanadministrasi kartu pegawai, kartu istri/kartusuami, taspen, taperum, asuransi kesehatanpegawai, Surat Keterangan Untuk MendapatkanPembayaran Tunjangan Keluarga (SKUMPTK);

p. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaanadministrasi pendidikan dan pelatihan, ijinbelajar/tugas belajar, ujian dinas/ujianpenyesuaian ijazah;

q. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaanadministrasi pengembangan karier, pemberianpenghargaan dan peningkatan kesejahteraanpegawai;

r. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaanadministrasi presensi kehadiran pegawai, apelpegawai dan hukuman disiplin;

s. melaksanakan dan mengoordinasikan pengelolaanadministrasi ijin perceraian pegawai;

t. melaksanakan dan mengoordinasikan penyusunanpenilaian prestasi kerja pegawai, daftar nominatifuntuk kepangkatan (DUK);

u. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasirencana kebutuhan dan penganggaran BMDlingkup Dinas ;

v. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasipengadaan, penggunaan, pemanfaatan,pengamanan dan pemeliharaan BMD lingkupDinas;

w. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasipenilaian, pemindahtanganan, pemusnahan,penghapusan BMD lingkup Dinas;

x. melaksanakan dan mengoordinasikan administrasipenatausahaan BMD lingkup Dinas;

y. menyiapkan …

18

y. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas lingkup administrasi umumdan kepegawaian;

z. membuat telaahan staf bahan rumusan kebijakanlingkup administrasi umum dan kepegawaian;

aa. melaksanakan pengawasan dan pengendalianmanajemen pengelolaan administrasi umum dankepegawaian;

bb. melaksanakan pembinaan, monitoring, evaluasidan pelaporan lingkup administrasi umum dankepegawaian; dan

cc. melakukan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya; dan

dd. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 2Sub Bagian Keuangan

Pasal 7

(1) Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang KepalaSub Bagian.

(2) Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas Sekretaris Dinaslingkup keuangan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Sub Bagian Keuanganmenyelenggarakan fungsi :a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

keuangan;b. penyiapan bahan kebijakan operasional lingkup

keuangan;c. pelaksanaan kebijakan lingkup keuangan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

keuangan;

e. pelaksanaan …

19

e. pelaksanaan administrasi lingkup keuangan; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh

atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Sub Bagian Keuangan adalah

sebagai berikut :a. menyusun rencana kerja dan program kerja Sub

Bagian Keuangan;b. membagi tugas kepada bawahan agar pekerjaan

dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien;c. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkan

arah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

d. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup keuangan;

e. menyusun petunjuk teknis operasionaladministrasi dan pengelolaan keuangan Dinas;

f. melaksanakan pengumpulan data bahanpenyusunan anggaran pendapatan, belanja danpembiayaan Dinas;

g. melaksanakan penyiapan bahan dan pelaksanaanadministrasi keuangan, anggaran, pendapatan danbelanja;

h. melaksanakan penyusunan bahan dan pembuatandaftar gaji dan tambahan penghasilan bagiAparatur Sipil Negara (ASN) Dinas;

i. menganalisa data untuk bahan penyusunanrancangan anggaran pelaksanaan program dankegiatan Dinas;

j. melaksanakan penatausahaan pengelolaananggaran pendapatan dan belanja Dinas;

k. melaksanakan pengawasan dan pengendalianmanajemen pengelolaan administrasi keuangan;

l. melaksanakan pengoordinasian, penyiapan bahandan penyusunan laporan pertanggungjawabanpengelolaan anggaran pendapatan, belanja danpembiayaan Dinas;

m. melaksanakan penatausahaan keuangan Dinas;

n. melaksanakan …

20

n. melaksanakan pengelolaan kearsipan administrasikeuangan Dinas;

o. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas sesuai tugas, fungsi dankewenangannya; lingkup keuangan;

p. membuat telaahan staf sebagai bahan kajiankebijakan umum pengelolaan dan administrasikeuangan Dinas;

q. melaksanakan pembinaan monitoring, evaluasidan pelaporan lingkup keuangan; dan

r. melakukan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi dan PemerintahPusat, dan instansi terkait sesuai dengan tugasdan fungsinya; dan

s. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 3Sub Bagian Program

Pasal 8

(1) Sub Bagian Program dipimpin oleh seorang KepalaSub Bagian.

(2) Kepala Sub Bagian Program mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas Sekretaris Dinaslingkup program.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Sub Bagian Programmenyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

program;b. penyiapan bahan kebijakan operasional lingkup

program;c. pelaksanaan kebijakan lingkup program;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

program;

e. pelaksanaan …

21

e. pelaksanaan administrasi lingkup program; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh

atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Sub Bagian Program adalah

sebagai berikut :a. menyusun rencana kerja, dan program kerja Sub

Bagian Program;b. melaksanakan penyiapan data dan informasi

perumusan rencana dan program kerja lingkupprogram;

c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahanagar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. melaksanakan pengidentifikasian danpengumpulan data dan informasi dari unit kerja dilingkungan Dinas;

f. melaksanakan fasilitasi penyiapan bahan danpengoordinasian penyusunan program danrencana kegiatan Dinas;

g. melaksanakan fasilitasi, pengoordinasian danpenyusunan rencana strategis Dinas;

h. menyusun dan menyiapkan bahan koordinasi dankonsultasi pelaksanaan penyusunan program;

i. melaksanakan penyiapan bahan danpengoordinasian data dan informasi rencana kerjadaerah yang meliputi RPJPD, RPJMD, RKPD,Renstra, dan Renja serta rencana kerja dinaslainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

j. melaksanakan …

22

j. melaksanakan penyiapan penyusunan bahanpenetapan laporan kinerja Daerah yang meliputiLKPJ, LPPD, IPPD, LKIP dan laporan-laporanlainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

k. melaksanakan fasilitasi dan penyiapan bahanpenyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang perpustakaan dan kearsipan;

l. menganalisa data untuk bahan penyusunanrancangan anggaran pelaksanaan program dankegiatan Dinas;

m. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas lingkup administrasi program

n. membuat telaahan staf sebagai bahan kajiankebijakan di bidang administrasi program;

o. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

p. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupprogram;

q. melaksanakan fasilitasi, pengoordinasian danpenyusunan laporan pelaksanaan program,kegiatan, kebijakan dan urusan pemerintahan diprogram; dan

r. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya

Bagian KetigaBidang Pengelolaan Perpustakaan

Pasal 9

(1) Bidang Pengelolaan Perpustakaan dipimpin olehseorang Kepala Bidang.

(2) Kepala …

23

(2) Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan mempunyaitugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinaslingkup penyediaan dan pengelolaan bahan pustaka,pelayanan sirkulasi dan referensi, serta promosi danpembudayaan minat baca.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Bidang PengelolaanPerpustakaan menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan perpustakaan;b. penyiapan bahan perumusan lingkup pengelolaan

perpustakaan;c. pelaksanaan kebijakan lingkup pengelolaan

perpustakaan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pengelolaan perpustakaan;e. pelaksanaan administrasi lingkup pengelolaan

perpustakaan;f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan

adalah sebagai berikut;a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pengelolaan perpustakaan;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan perpustakaan;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkuppengelolaan perpustakaan;

f. menyelenggarakan …

24

f. menyelenggarakan pengadaan bahan pustaka;g. menyelenggarakan proses pengolahan bahan

pustaka;h. melaksanakan pengkajian rekomendasi dan

pemantauan penyelenggaraan PengelolaanPerpustakaan;

i. menyelenggarakan kegiatan promosi danPembudayaan minat baca lingkup pengelolaanperpustakaan;

j. menyelenggarakan teknis operasional pelayananperpustakaan;

k. memeriksa, memaraf dan/atau menandatanganikonsep naskah dinas lingkup pengelolaanperpustakaan;

l. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup pengelolaan perpustakaan;

m. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

n. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppengelolaan perpustakaan; dan

o. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

(5) Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimanadimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Kepala BidangPengelolaan Perpustakaan membawahkan:a. Seksi Penyediaan dan Pengolahan Bahan Pustaka;b. Seksi Pelayanan Sirkulasi dan Referensi

Perpustakaan;c. Seksi Promosi dan Pembudayaan Minat Baca.

Paragraf …

25

Paragraf 1Seksi Penyediaan dan Pengolahan Bahan Pustaka

Pasal 10

(1) Seksi Penyediaan dan Pengolahan Bahan Pustakadipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Penyediaan dan Pengolahan BahanPustaka mempunyai tugas melaksanakan sebagiantugas Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaanlingkup penyediaan dan pengolahan bahan pustaka.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Penyediaan danPengolahan Bahan Pustaka menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

penyediaan dan pengolahan bahan pustaka;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup penyediaan

dan pengolahan bahan pustaka;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

penyediaan dan pengolahan bahan pustaka;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

penyediaan dan pengolahan bahan pustaka;e. pelaksanaan administrasi lingkup penyediaan dan

pengolahan bahan pustaka; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh

atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Seksi Penyediaan dan Pengolahan

Bahan Pustaka adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup penyediaan dan pengolahan bahanpustaka;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkuppenyediaan dan pengolahan bahan pustaka;

c. menjelaskan dan membagi kepada bawahan agarpekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien;

d. mengarahkan …

26

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup penyediaandan pengolahan bahan pustaka;

f. menyusun bahan petunjuk teknis operasionallingkup penyediaan dan pengolahan bahanpustaka;

g. menyiapkan bahan rumusan kebijakan penyediaanbantuan biaya penyelenggaraan penyediaan danpengolahan bahan pustaka;

h. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas lingkup penyediaan danpengolahan bahan pustaka;

i. melaksanakan sosialisasi dan fasilitasi penyediaandan pengolahan bahan pustaka;

j. melaksanakan upaya pemenuhan standar nasionalsarana dan prasarana penyediaan dan pengolahanbahan pustaka;

k. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana penyediaan dan pengolahan bahanpustaka;

l. melaksanakan perencanaan kebutuhanpenyediaan dan pengolahan bahan pustaka;

m. menyiapkan bahan dan melaksanakan fasilitasibantuan penyediaan dan pengolahan bahanpustaka;

n. menyelenggarakan pengadaan bahan pustaka danpengolahan bahan pustaka;

o. menetapkan ruang lingkup penyediaan danpengolahan bahan pustaka meliputi prosedur dansistem pelayanan perpustakaan;

p. menetapkan mekanisme analisis kebutuhan bahanpustaka;

q. melaksanakan …

27

q. melaksanakan pengolahan bahan pustaka;r. melaksanakan pelestarian bahan pustaka, melalui

preservasi, konservasi, restorasi dan reproduksi;s. melaksanakan upaya edukasi mengenai sejarah

dan jenis bahan perpustakaan;t. meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia

dalam pemeliharaan bahan perpustakaan;u. melaksanakan tindakan pencegahan terhadap

kerusakan bahan perpustakaan;v. membuat telaahan staf bahan perumusan

kebijakan lingkup penyediaan dan pengolahanbahan pustaka;

w. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

x. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppenyediaan dan pengolahan bahan pustaka; dan

y. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 2Seksi Pelayanan Sirkulasi dan Referensi Perpustakaan

Pasal 11

(1) Seksi Pelayanan Sirkulasi dan Referensi Perpustakaandipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Pelayanan Sirkulasi dan ReferensiPerpustakaan mempunyai tugas melaksanakansebagian tugas Kepala Bidang PengelolaanPerpustakaan lingkup pelayanan sirkulasi danreferensi perpustakaan.

(3) Dalam …

28

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Pelayanan Sirkulasi danReferensi Perpustakaan menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pelayanan sirkulasi dan referensi perpustakaan;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup pelayanan

sirkulasi dan referensi perpustakaan;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

pelayanan sirkulasi dan referensi perpustakaan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pelayanan sirkulasi dan referensi perpustakaan;e. pelaksanaan administrasi lingkup pelayanan

sirkulasi dan referensi perpustakaan; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh

atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Seksi Pelayanan Sirkulasi dan

Referensi Perpustakaan adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pelayanan sirkulasi dan referensiperpustakaan;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkuppelayanan sirkulasi dan referensi perpustakaan;

c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahanagar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup pelayanansirkulasi dan referensi perpustakaan;

f. menyiapkan bahan rumusan kebijakan penyediaanbantuan biaya penyelenggaraan pelayanansirkulasi dan referensi perpustakaan;

g. mengumpulkan …

29

g. mengumpulkan dan menganalisa data lingkuppelayanan sirkulasi dan referensi perpustakaan;

h. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

i. melaksanakan sosialisasi dan fasilitasi pelayanansirkulasi dan referensi perpustakaan;

j. melaksanakan upaya pemenuhan standar nasionalsarana dan prasarana pelayanan sirkulasi danreferensi perpustakaan;

k. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana pelayanan sirkulasi dan referensiperpustakaan;

l. melaksanakan perencanaan kebutuhan pelayanansirkulasi dan referensi perpustakaan;

m. menyiapkan bahan dan melaksanakan fasilitasibantuan pelayanan sirkulasi dan referensiperpustakaan;

n. menyelenggarakan pengadaan bahan pelayanansirkulasi dan referensi perpustakaan;

o. menetapkan ruang lingkup pelayanan sirkulasidan referensi perpustakaan;

p. menetapkan mekanisme analisis pelayanansirkulasi dan referensi perpustakaan;

q. melaksanakan pelayanan sirkulasi dan referensiperpustakaan;

r. melaksanakan pelestarian bahan pustaka, melaluipreservasi, konservasi, restorasi dan reproduksi;

s. melaksanakan upaya edukasi mengenai sejarahdan jenis bahan perpustakaan;

t. meningkatkan pengetahuan sumber daya manusiadalam pemeliharaan bahan perpustakaan;

u. melaksanakan tindakan pencegahan terhadapkerusakan bahan perpustakaan;

v. melaksanakan pelayanan sirkulasi dan referensiperpustakaan;

w. menyusun ...

30

w. menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)pelayanan sirkulasi;

x. menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)peminjaman dan pengembalian bahan pustaka;

y. melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraanpelayanan sirkulasi dan referensi perpustakaan;

z. membuat laporan pelayanan sirkulasi dan referensiperpustakaan;

aa. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup penyediaan dan pengolahanbahan pustaka;

bb. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

cc. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppengelolaan perpustakaan; dan

dd. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 3Seksi Promosi dan Pembudayaan Minat Baca

Pasal 12

(1) Seksi Promosi dan Pembudayaan Minat Baca dipimpinoleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Promosi dan Pembudayaan Minat Bacamempunyai tugas melaksanakan sebagian tugasKepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan lingkuppromosi dan pembudayaan minat baca.

(3) Dalam …

31

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Promosi dan PembudayaanMinat Baca menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

promosi dan pembudayaan minat baca;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup promosi dan

pembudayaan minat baca;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

promosi dan pembudayaan minat baca;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

promosi dan pembudayaan minat baca;e. pelaksanaan administrasi lingkup promosi dan

pembudayaan minat baca; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Seksi Promosi dan Pembudayaan

Minat Baca adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup promosi dan pembudayaan minat baca;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

promosi dan pembudayaan minat baca;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup promosidan pembudayaan minat baca;

f. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkuppromosi dan pembudayaan minat baca;

g. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

h. menyiapkan …

32

h. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana promosi dan pembudayaan minat baca;

i. melaksanakan perencanaan kebutuhan promosidan pembudayaan minat baca;

j. menetapkan ruang lingkup promosi danpembudayaan minat baca;

k. menetapkan mekanisme analisis promosi danpembudayaan minat baca;

l. melaksanakan kegiatan promosi dan pembudayaanminat baca;

m. meningkatakan daya guna dan hasil gunaperpustakaan binaan;

n. mewujudkan perpustakaan binaan yang sesuaidengan kebutuhan masyarakat;

o. menyusun daftar perpustakaan binaan;p. melaksanakan kegiatan publikasi;q. melaksanakan kegiatan pameran;r. melakukan kegiatan pelaporan;s. melakukan kegiatan evaluasi pasca promosi dan

pembudayaan minat baca;t. membuat telaahan staf bahan perumusan

kebijakan lingkup promosi dan pembudayaanminat baca;

u. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

v. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppromosi dan pembudayaan minat baca; dan

w. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Bagian …

33

Bagian KeempatBidang Pengelolaan Kearsipan

Pasal 13

(1) Bidang Pengelolaan Kearsipan dipimpin oleh seorangKepala Bidang.

(2) Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan mempunyaitugas melaksanakan sebagian tugas Kepala DinasPerpustakaan Dan Kearsipan lingkup bidangpengelolaan kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipanmenyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan kearsipan;b. penyiapan bahan perumusan lingkup pengelolaan

kearsipan;c. pelaksanaan kebijakan lingkup pengelolaan

kearsipan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pengelolaan kearsipan;e. pelaksanaan administrasi lingkup pengelolaan

kearsipan;f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan

adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pengelolaan kearsipan;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan kearsipan;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan …

34

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkuppengelolaan kearsipan;

f. menyusun dan mengimplementasikan sistemmanajemen mutu lingkup pengelolaan kearsipan;

g. mengkaji bahan rumusan penetapan kebijakanpengelolaan dan penyelenggaraan lingkuppengelolaan kearsipan;

h. mengkaji bahan penetapan kebijakanpenyelenggaraan dan pengelolaan lingkuppengelolaan kearsipan

i. mengkaji bahan penetapan kebijakan koordinasilingkup pengelolaan kearsipan;

j. memeriksa, memaraf dan/atau menandatanganikonsep naskah dinas;

k. mengembangkan inovasi lingkup pengelolaankearsipan;

l. meningkatkan aksesibilitas lingkup pengelolaankearsipan;

m. memberdayakan dan memfasilitasi lingkuppengelolaan kearsipan;

n. melaksanakan pemenuhan standar nasionallingkup pengelolaan kearsipan;

o. memfasilitasi pelaksanaan lingkup pengelolaankearsipan;

p. melaksanakan evaluasi lingkup pengelolaankearsipan;

q. membuat telaahan staf sebagai bahan perumusankebijakan di lingkup pengelolaan kearsipan;

r. menyiapkan bahan perumusan kebijakanpengelolaan arsip dinamis dan arsip statis;

s. mengelola …

35

s. mengelola arsip vital dan asset nasional,pengelolaan arsip inaktif yang dikelola oleh daerah;

t. melaksanakan akuisisi, pengolahan, preservasidan konservasi arsip statis;

u. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

v. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppengelolaan kearsipan;

w. melaksanakan fungsi lainnya yang diberikan olehkepala dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

(5) Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimanadimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Kepala BidangPengelolaan Kearsipan membawahkan:a. Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;b. Seksi Pengelolaan Arsip Statis;c. Seksi Pelestarian dan Publikasi Kearsipan.

Paragraf 1Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis

Pasal 14

(1) Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis dipimpin olehseorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis mempunyaitugas melaksanakan sebagian tugas Kepala BidangPengelolaan Kearsipan lingkup pengelolaan arsipdinamis.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Dinamismenyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan arsip dinamis;.

b. penyiapan …

36

b. penyiapan bahan kebijakan lingkup pengelolaanarsip dinamis;

c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkuppengelolaan arsip dinamis;

d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkuppengelolaan arsip dinamis;

e. pelaksanaan administrasi lingkup pengelolaanarsip dinamis; dan

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasanterkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Dinamisadalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pengelolaan arsip dinamis;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan arsip dinamis;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkuppengelolaan arsip dinamis;

f. menyusun rencana teknis operasional dan progamkerja lingkup pengelolaan arsip dinamis;

g. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkuppengelolaan arsip dinamis;

h. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas lingkup pengelolaan arsipdinamis;

i. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana pengelolaan arsip dinamis;

j. melaksanakan …

37

j. melaksanakan perencanaan kebutuhanpengelolaan arsip dinamis;

k. menetapkan mekanisme analisis pengelolaan arsipdinamis;

l. melaksanakan kegiatan pengelolaan arsip dinamis;m. meningkatakan daya guna dan hasil guna

pengelolaan arsip dinamis;n. melaksanakan pemindahan arsip dinamis (aktif,

inaktif,vital);o. melaksanakan penataan dan pendataan arsip

dinamis (aktif, inaktif, vital);p. melaksanakan pemeliharaan arsip dinamis (aktif,

inaktif, vital;q. melaksanakan pemeliharaan dan perawatan arsip;r. menyusun panduan, daftar inventaris arsip

dinamis;s. mengusulkan dan melaksanakan pemusnahan

arsip;t. mengolah fisik dan daftar arsip dinamis;u. melaksanakan layanan arsip dinamis;v. melaksanakan layanan jasa sistem dan penataan

arsip;w. melaksanakan layanan konsultasi pembuatan

sistem manual kearsipan dan otomasi kearsipan;x. membuat telaahan staf sebagai bahan perumusan

kebijakan di lingkup pengelolaan arsip dinamis;y. melaksanakan hubungan kerja dengan Perangkat

Daerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

z. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi, pelaporan, penilaian,verifikasi arsip dan daftar arsip; dan

aa. melaksanakan tugas lainnya dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf …

38

Paragraf 2Seksi Pengelolaan Arsip Statis

Pasal 15(1) Seksi Pengelolaan Arsip Statis dipimpin oleh seorang

Kepala Seksi.(2) Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Statis mempunyai

tugas melaksanakan sebagian tugas kepala BidangPengelolaan Kearsipan lingkup pengelolaan arsipstatis.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Statismenyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan arsip statis;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup pengelolaan

arsip statis;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

pengelolaan arsip statis;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pengelolaan arsip statis;e. pelaksanaan administrasi lingkup pengelolaan

arsip statis; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Statis

adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pengelolaan arsip statis;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

pengelolaan arsip statis;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina …

39

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkuppengelolaan arsip statis;

f. menyusun rencana teknis operasional dan progamkerja lingkup pengelolaan arsip statis;

g. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkuppengelolaan arsip statis;

h. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana pengelolaan arsip statis;

i. melaksanakan perencanaan kebutuhanpengelolaan arsip statis;

j. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

k. menetapkan mekanisme analisis pengelolaan arsipstatis;

l. melaksanakan kegiatan pengelolaan arsip statis;m. meningkatakan daya guna dan hasil guna

pengelolaan arsip statis;n. melaksanakan penganalisaan data untuk bahan

kajian pengembangan kebijakan lingkuppengelolaan arsip statis;

o. melaksanakan identifikasi arsip vital dan arsipstatis;

p. melaksanakan perlindungan dan pengamananarsip vital dan arsip statis;

q. melaksanakan penyelematan, penataan danpendataan arsip statis;

r. memfasilitasi penetapan status arsip statis;s. melaksanakan pengujian autensitas, penelusuran

dan pengumpulan dan reproduksi arsip statis;t. melaksanakan pelayanan jasa system dan

penataan arsip statis;u. melaksanakan layanan konsultasi pembuatan

sistem manual kearsipan dan otomasi kearsipan;v. membuat telaahan staf bahan perumusan

kebijakan lingkup pengelolaan arsip statis;

w. melaksanakan …

40

w. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

x. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppengelolaan arsip statis; dan

y. melaksanakan tugas lainnya dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 3Seksi Pelestarian dan Publikasi Kearsipan

Pasal 16

(1) Seksi Pelestarian dan Publikasi Kearsipan dipimpinoleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Pelestarian dan Publikasi Kearsipanmempunyai tugas melaksanakan sebagian tugasKepala Bidang Pengelolaan Kearsipan lingkuppelestarian dan publikasi kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Pelestarian dan PublikasiKearsipan menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pelestarian dan publikasi kearsipan;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup pelestarian

dan publikasi kearsipan;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

pelestarian dan publikasi kearsipan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pelestarian dan publikasi kearsipan;e. pelaksanaan administrasi lingkup pelestarian dan

publikasi kearsipan; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian …

41

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Pelestarian dan PublikasiKearsipan adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pelestarian dan publikasi kearsipan;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

pelestarian dan publikasi kearsipan;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup pelestariandan publikasi kearsipan;

f. menyusun rencana teknis operasional dan progamkerja lingkup pelestarian dan publikasi kearsipan;

g. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkuppelestarian dan publikasi kearsipan;

h. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana pelestarian dan publikasi kearsipan;

i. melaksanakan perencanaan kebutuhan pelestariandan publikasi kearsipan;

j. menetapkan mekanisme analisis pelestarian danpublikasi kearsipan;

k. melaksanakan kegiatan pelestarian dan publikasikearsipan;

l. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas lingkup pelestarian danpublikasi kearsipan;

m. meningkatakan daya guna dan hasil gunapelestarian dan publikasi kearsipan;

n. melaksanakan penganalisaan data untuk bahankajian pengembangan kebijakan lingkuppelestarian dan publikasi kearsipan;

o. melaksanakan …

42

o. melaksanakan reproduksi arsip vital, arsip assetdan arsip inaktif;

p. melaksanakan penataan, penyimpanan,pemeliharaan dan perlindungan arsip statis;

q. melaksanakan perawatan dan perbaikan arsipstatis serta penyelamatan arsip statis akibatbencana;

r. melaksanakan fogging dan fumigasi arsip;s. melaksanakan pelayanan jasa perawatan dan

reproduksi arsip;t. melaksanakan pameran arsip statis;u. membuat telaahan staf bahan perumusan

kebijakan lingkup pelestarian dan publikasikearsipan;

v. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

w. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppelestarian dan publikasi kearsipan; dan

x. melaksanakan tugas lainnya dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Bagian KelimaBidang Sistem Teknologi Informasi

Perpustakaan KearsipanPasal 17

(1) Bidang Sistem Teknologi Informasi PerpustakaanKearsipan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang.

(2) Kepala Bidang Sistem Teknologi InformasiPerpustakaan Kearsipan mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas kepala DinasPerpustakaan Dan Kearsipan lingkup sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan.

(3) Dalam …

43

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Bidang Sistem TeknologiInformasi Perpustakaan Kearsipan menyelenggarakanfungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

sistem teknologi informasi perpustakaankearsipan;

b. penyiapan bahan perumusan kebijakan lingkupsistem teknologi informasi perpustakaankearsipan;

c. pelaksanaan kebijakan lingkup sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan;

d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkupsistem teknologi informasi perpustakaankearsipan;

e. pelaksanaan administrasi lingkup sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan; dan

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan olehatasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Kepala Bidang Sistem TeknologiInformasi Perpustakaan Kearsipan adalah sebagaiberikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup sistem teknologi informasi perpustakaankearsipan;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkupsistem teknologi informasi perpustakaankearsipan;

c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahanagar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina …

44

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

f. menyusun petunjuk teknis lingkuppengembangan, dan perawatan bidang sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

g. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahansesuai dengan program dan rencana kerja yangtelah ditetapkan agar program dapat dilaksanakansecara efektif dan efisien;

h. melaksanakan perencanaan, pengembangan danevaluasi Sistem informasi perpustakaan kearsipan;

i. melaksanakan perencanaan, pengembangansarana dan prasarana pendukung teknologiinformasi dan atau sistem informasi;

j. menyiapkan bahan perumusan kebijakan layananinformasi, Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)Perpustakaan dan Kearsipan;

k. melaksanakan pengelolaan sistem teknologiinformasi perpustakaan dan kearsipan;

l. mengumpulkan dan mengolah data informasiperpustakaan dan kearsipan;

m. melaksanakan pemeliharaan sistem teknologiinformasi perpustakaan dan kearsipan;

n. membuat telaahan staf sebagai bahan perumusankebijakan lingkup sistem teknologi informasiperpustakaan kearsipan;

o. memeriksa, memaraf dan/atau menandatanganikonsep naskah dinas lingkup sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan;

p. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

q. melaksanakan …

45

q. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan; dan

r. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

(5) Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagaimanadimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) Kepala BidangSistem Teknologi Informasi Perpustakaan Kearsipan,membawahkan:a. Seksi Perencanaan Pengembangan dan Evaluasi

Sistem Teknologi Informasi PerpustakaanKearsipan;

b. Seksi Operasional dan Pemeliharaan SistemInformasi Perpustakaan Kearsipan;

c. Seksi Akuisisi dan Pengolahan Data PerpustakaanKearsipan.

Paragraf 1Seksi Perencanaan Pengembangan dan Evaluasi

Sistem Teknologi Informasi Perpustakaan KearsipanPasal 18

(1) Seksi Perencanaan Pengembangan dan EvaluasiSistem Teknologi Informasi Perpustakaan Kearsipandipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Perencanaan Pengembangan danEvaluasi Sistem Teknologi Informasi PerpustakaanKearsipan mempunyai tugas melaksanakan sebagiantugas Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi PerencanaanPengembangan dan Evaluasi Sistem TeknologiInformasi Perpustakaan Kearsipan menyelenggarakanfungsi:

a. penyusunan …

46

a. penyusunan rencana dan program kerja lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

b. penyiapan bahan kebijakan lingkup perencanaanpengembangan dan evaluasi sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan;

c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

e. pelaksanaan administrasi lingkup perencanaanpengembangan dan evaluasi sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan; dan

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan olehatasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Perencanaan,Pengembangan dan Evaluasi Sistem TeknologiInformasi adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup perencanaan pengembangan dan evaluasisistem teknologi informasi perpustakaankearsipan;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahanagar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina …

47

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan;

f. menyiapkan dan menyusun konsep serta petunjukteknis lingkup perencanaan pengembangan danevaluasi sistem teknologi informasi perpustakaandan kearsipan;

g. melaksanakan penganalisaan data untuk bahankajian pengembangan kebijakan lingkupperencanaan pengembangan dan teknologiinformasi kearsipan perpustakaan kearsipan;

h. melaksanakan dan mengembangkan sarana danprasarana pendukung teknologi informasi dan atausistem informasi;

i. menyiapkan bahan perumusan kebijakan layananinformasi, Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)perpustakaan dan kearsipan;

j. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas lingkup perencanaanpengembangan dan evaluasi sistem teknologiinformasi perpustakaan kearsipan;

k. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup perencanaan pengembangandan evaluasi sistem teknologi informasiperpustakaan kearsipan;

l. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

m. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupperencanaan pengembangan dan evaluasi sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan; dan

n. pelaksanaan …

48

n. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasansesuai dengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 2Seksi Operasional dan Pemeliharaan

Sistem Informasi Perpustakaan KearsipanPasal 19

(1) Seksi Operasional dan Pemeliharaan Sistem InformasiPerpustakaan Kearsipan dipimpin oleh seorang KepalaSeksi.

(2) Kepala Operasional dan Pemeliharaan SistemInformasi Perpustakaan Kearsipan mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang sistemteknologi informasi perpustakaan kearsipan lingkupoperasional dan pemeliharaan sistem informasiperpustakaan kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Operasional danPemeliharaan Sistem Informasi Perpustakaan danKearsipan menyelenggarakan fungsi :a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

operasional dan pemeliharaan sistem informasiperpustakaan kearsipan;

b. penyiapan bahan kebijakan lingkup operasionaldan pemeliharaan sistem informasi perpustakaankearsipan;

c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkupoperasional dan pemeliharaan sistem informasiperpustakaan kearsipan;

d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkupoperasional dan pemeliharaan sistem informasiperpustakaan kearsipan;

e. pelaksanaan administrasi lingkup fasilitasipembiayaan usaha non formal; dan

f. pelaksanaan …

49

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan olehatasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Operasional danPemeliharaan Sistem Informasi Perpustakaan danKearsipan adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup fasilitasi pembiayaan usaha non formal;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

fasilitasi pembiayaan usaha non formal;c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahan

agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup fasilitasipembiayaan usaha non formal;

f. menyiapkan dan menyusun konsep serta petunjukteknis lingkup operasional dan pemeliharaansistem informasi perpustakaan dan kearsipan;

g. melaksanakan penganalisaan data operasional danpemeliharaan sistem informasi perpustakaan dankearsipan;

h. melaksanakan pengelolaan sistem teknologiinformasi perpustakaan dan kearsipan;

i. melaksanakan Pengelolaan Sistem InformasiKearsipan Dinamis (SIKD) dan Sistem InformasiKearsipan Statis (SIKS);

j. melaksanakan pengolahan dan entry data arsipsecara elektronik;

k. melaksanakan layanan informasi perpustakaandan kearsipan;

l. menyiapkan …

50

l. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

m. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup operasional dan pemeliharaansistem informasi perpustakaan kearsipan;

n. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

o. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupoperasional dan pemeliharaan sistem informasiperpustakaan kearsipan;

p. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 3Seksi Akuisisi dan Pengolahan Data

Perpustakaan KearsipanPasal 20

(1) Seksi Akuisisi dan Pengolahan Data PerpustakaanKearsipan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Akuisisi dan Pengolahan DataPerpustakaan Kearsipan mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang SitemTeknologi Informasi Perpustakaan Kearsipan lingkupakuisisi dan pengolahan data perpustakaan kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Akuisisi dan PengolahanData Perpustakaan Kearsipan menyelenggarakanfungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

akuisisi dan pengolahan data perpustakaankearsipan;

b. penyiapan …

51

b. penyiapan bahan kebijakan lingkup akuisisi danpengolahan data perpustakaan kearsipan;

c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkupfasilitasi pembiayaan usaha non formal;

d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkupakuisisi dan pengolahan data perpustakaankearsipan;

e. pelaksanaan administrasi lingkup akuisisi danpengolahan data perpustakaan kearsipan; dan

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan olehatasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Akuisisi dan PengolahanData Perpustakaan Kearsipan adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup akuisisi dan pengolahan dataperpustakaan kearsipan;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkupakuisisi dan pengolahan data perpustakaankearsipan;

c. menjelaskan dan membagi tugas kepada bawahanagar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup akuisisidan pengolahan data perpustakaan kearsipan;

f. menyiapkan dan menyusun konsep serta petunjukteknis lingkup akuisisi dan pengolahan dataperpustakaan dan kearsipan;

g. melaksanakan penganalisaan data akuisisi danpengolahan data perpustakaan dan kearsipan;

h. melaksanakan …

52

h. melaksanakan entry data dan alih media arsipvital, arsip asset, arsip in aktif dan arsip statis;

i. melaksanakan penghimpunan, pengolahan,penyediaan, dan perawatan data PerpustakaanKearsiapan;

j. melakukan pengolahan arsip dan pengolahaninformasinya untuk dapat didayagunakan bagikepentingan pemerintah dan masyarakat;

k. melaksanakan layanan arsip digital;l. melaksanakan penyajian informasi arsip secara

elektronik;m. mengumpulkan dan mengolah data;n. membuat database perpustakaan dan kearsipan;o. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memaraf

konsep naskah dinas;p. membuat telaahan staf bahan perumusan

kebijakan lingkup akuisisi dan pengolahan dataperpustakaan kearsipan;

q. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

r. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupakuisisi dan pengolahan data perpustakaankearsipan; dan

s. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bagian KeenamBidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan

Pasal 21

(1) Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipandipimpin oleh seorang Kepala Bidang.

(2) Kepala …

53

(2) Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan danKearsipan mempunyai tugas melaksanakan sebagiantugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipanlingkup pengembangan perpustakaan dan kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), kepala bidang pengembanganperpustakaan dan kearsipan menyelengggarakanfungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pengembangan perpustakaan dan kearsipan;b. penyiapan bahan perumusan lingkup

pengembangan perpustakaan dan kearsipan;c. pelaksanaan kebijakan lingkup pengembangan

perpustakaan dan kearsipan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

pengembangan perpustakaan dan kearsipan;e. pelaksanaan administrasi lingkup pengembangan

perpustakaan dan kearsipan; danf. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Bidang Pengembangan

Perpustakaan dan Kearsipan adalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup pengembangan perpustakaan dankearsipan;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkuppengembangan perpustakaan dan kearsipan;

c. menjelaskan dan membagi kepada bawahan agarpekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkuppengembangan perpustakaan dan kearsipan;

f. mengkaji …

54

f. mengkaji bahan rumusan penetapan kebijakanpengelolaan dan penyelenggaraan lingkuppengembangan perpustakaan dan kearsipan;

g. menyelenggarakan gerakan pembudayaan minatbaca;

h. menyelenggarakan advokasi dan kerjasamaperpustakaan;

i. menyelenggarakan peningkatan kapasitas sumberdaya perpustakaan dan kearsipan;

j. melaksanakan koordinasi dan kerja sama denganunit kerja, instansi, lembaga dan para pihak yangberkaitan dengan bidang PengembanganPerpustakaan dan Kearsipan;

k. memeriksa, memaraf dan/atau menandatanganikonsep naskah dinas;

l. membuat telaahan staf sebagai bahan perumusankebijakan lingkup pengembangan perpustakaandan kearsipan;

m. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

n. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaanprogram pengembangan perpustakaan dankearsipan; dan

o. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

(5) Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagaimanadimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) Kepala BidangPengembangan Perpustakaan dan Kearsipan,membawahkan :a. Seksi Advokasi dan Kerjasama Perpustakaan;b. Seksi Kerjasama Kearsipan; danc. Seksi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan

dan Kearsipan.Paragraf …

55

Paragraf 1Seksi Advokasi dan Kerjasama Perpustakaan

Pasal 22

(1) Seksi Advokasi dan Kerjasama Perpustakaan dipimpinoleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Advokasi dan Kerjasama Perpustakaanmempunyai tugas melaksanakan sebagian tugasKepala Bidang Pengembangan Perpustakaan danKearsipan lingkup advokasi dan kerjasamaperpustakaan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Advokasi dan KerjasamaPerpustakaan menyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

advokasi dan kerjasama perpustakaan;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup advokasi dan

kerjasama perpustakaan;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

advokasi dan kerjasama perpustakaan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

advokasi dan kerjasama perpustakaan;e. pelaksanaan administrasi lingkup advokasi dan

kerjasama perpustakaan;f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.(4) Uraian tugas Kepala Seksi Advokasi dan Kerjasama

Perpustakaan adalah sebagai berikut :a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup advokasi dan kerjasama perpustakaan;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

advokasi dan kerjasama perpustakaan;c. menjelaskan dan membagi kepada bawahan agar

pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien;

d. mengarahkan …

56

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan advokasi dankerjasama perpustakaan;

f. menyusun rencana teknis operasional dan progamkerja lingkup advokasi dan kerjasamaperpustakaan;

g. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkupadvokasi dan kerjasama perpustakaan;

h. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana advokasi dan Kerjasama Perpustakaan;

i. melaksanakan perencanaan kebutuhan advokasidan kerjasama perpustakaan;

j. melaksanakan kegiatan advokasi perpustakaanbaik secara lisan dan tertulis atau dalam bentukvisualisasi;

k. menyelenggarakan advokasi dan kerjasamalingkup pengembangan perpustakaan;

l. melaksanakan kegiatan pelaporan advokasi dankerjasama perpustakaan;

m. menyusun rencana operasional, pola kerjasamadan kemitraan dalam rangka penyelenggaraanperpustakaan;

n. melakukan kegiatan evaluasi pasca advokasi dankerjasama perpustakaan;

o. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

p. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup advokasi dan kerjasamaperpustakaan;

q. melaksanakan …

57

q. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

r. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupadvokasi dan kerjasama perpustakaan;

s. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf 2Seksi Kerjasama Kearsipan

Pasal 23

(1) Seksi Kerjasama Kearsipan dipimpin oleh seorangKepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Kerjasama Kearsipan mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas Kepala BidangPengembangan Perpustakaan dan Kearsipan lingkupkerjasama kearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Kerjasama Kearsipanmenyelenggarakan fungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

kerjasama kearsipan;b. penyiapan bahan kebijakan lingkup kerjasama

kearsipan;c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkup

kerjasama kearsipan;d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup

kerjasama kearsipan;e. pelaksanaan administrasi lingkup kerjasama

kearsipan;f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

terkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian …

58

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Kerjasama Kearsipanadalah sebagai berikut:a. mengkaji dan merumuskan data dan informasi

lingkup kerjasama kearsipan;b. menyusun rencana dan program kerja lingkup

kerjasama kearsipan;c. menjelaskan dan membagi kepada bawahan agar

pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkup kerjasamakearsipan;

f. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

g. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkupkerjasama kearsipan;

h. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana lingkup kerjasama kearsipan;

i. melaksanakan kerjasama dengan unit kerja,lembaga, instansi, perguruan tinggi, lembagapendidikan, organisasi profesi arsiparis, badanhukum swasta dan para pihak yang berkaitandengan kearsipan;

j. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup kerjasama kearsipan;

k. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

l. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkupkerjasama kearsipan; dan

m. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

Paragraf …

59

Paragraf 3Seksi Pengembangan Sumber Daya

Perpustakaan dan KearsipanPasal 24

(1) Seksi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan danKearsipan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

(2) Kepala Seksi Pengembangan Sumber DayaPerpustakaan dan Kearsipan mempunyai tugasmelaksanakan sebagian tugas Kepala BidangPengembangan Perpustakaan dan Kearsipan lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudpada ayat (2), Kepala Seksi Pengembangan SumberDaya Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakanfungsi:a. penyusunan rencana dan program kerja lingkup

pengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan;

b. penyiapan bahan kebijakan pengembangansumber daya perpustakaan dan kearsipan;

c. pelaksanaan kebijakan operasional lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan;

d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan;

e. pelaksanaan administrasi lingkup pengembangansumber daya perpustakaan dan kearsipan;

f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasanterkait dengan tugas dan fungsinya.

(4) Uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan SumberDaya Perpustakaan dan Kearsipan adalah sebagaiberikut:

a. mengkaji …

60

a. mengkaji dan merumuskan data dan informasilingkup pengembangan sumber daya perpustakaandan kearsipan;

b. menyusun rencana dan program kerja lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan;

c. menjelaskan dan membagi kepada bawahan agarpekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien;

d. mengarahkan tugas kepada bawahan berdasarkanarah kebijakan umum Dinas agar tujuan dansasaran tercapai;

e. membina bawahan dengan cara memotifasi untukmeningkatkan produktivitas kerja danpengembangan karier bawahan lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan;

f. menyusun rencana teknis operasional dan progamkerja lingkup pengembangan sumber dayaperpustakaan dan kearsipan;

g. menyiapkan bahan rencana dan program kerjaoperasional kegiatan lingkup pengembangansumber daya perpustakaan dan kearsipan;

h. menyiapkan bahan rumusan kebijakan lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan;

i. menyiapkan bahan pendayagunaan sarana danprasarana lingkup pengembangan sumber dayaperpustakaan dan kearsipan;

j. melaksanakan penganalisaan bahan kajianpengembangan kebijakan lingkup pembinaan danpengembangan perpustakaan dan kearsipan;

k. pelaksanaan bimbingan, supervisi, stimulasi dankonsultasi pelaksanaan pengembangan sumberdaya perpustakaan dan kearsipan pada lingkupinternal dan eksternal;

l. pelaksanaan …

61

l. pelaksanaan sosialisasi pengembangan sumberdaya perpustakaan dan kearsipan;

m. menyiapkan, mengonsep, memeriksa dan memarafkonsep naskah dinas;

n. membuat telaahan staf bahan perumusankebijakan lingkup pengembangan sumber dayaperpustakaan dan kearsipan;

o. melaksanakan hubungan kerja dengan PerangkatDaerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusatdan instansi terkait sesuai dengan tugas danfungsinya;

p. melaksanakan pembinaan, pengawasan,monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkuppengembangan sumber daya perpustakaan dankearsipan; dan

q. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuaidengan tugas dan fungsinya.

BAB IVUPT

Pasal 25

Ketentuan lebih lanjut mengenai rincian tugas, fungsi dan

uraian tugas serta tata kerja Satuan Organisasi UPT pada

Dinas diatur dalam Peraturan Walikota.

BAB VBagan Struktur Organisasi Dinas

Pasal 26

Bagan Struktur Organisasi Dinas tercantum dalamLampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dariPeraturan Walikota ini.

BAB VI …

62

BAB VIKELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Pasal 27

(1) Kelompok Jabatan Fungsional pada Dinas mempunyaitugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakansebagian tugas Dinas berdasarkan keahlian danspesialisasi yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan.

(2) Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugassesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(3) Kelompok Jabatan Fungsional dipimpin oleh seorangtenaga fungsional senior yang ditunjuk dan ditetapkanberdasarkan Keputusan Kepala Dinas.

BAB VIITATA KERJA

Pasal 28(1) Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Kepala

Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian,Kepala Seksi, Kepala UPT dan Kelompok JabatanFungsional, wajib menerapkan prinsip koordinasi,integrasi dan sinkronisasi, baik dalam lingkunganmasing-masing maupun antar satuan organisasi dilingkungan Dinas, serta instansi lain di luar Dinas,sesuai dengan tugas.

(2) Setiap atasan satuan organisasi wajib mengawasibawahannya masing-masing dan bila terjadipenyimpangan agar mengambil langkah-langkah yangdiperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(3) Setiap ….

63

(3) Setiap atasan satuan organisasi bertanggung jawabmemimpin dan mengkoordinasikan bawahan masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjukbagi pelaksanaan tugas bawahannya.

(4) Setiap atasan satuan organisasi wajib mengikuti danmematuhi petunjuk dan bertanggung jawab kepadaatasan masing-masing dan menyiapkan laporanberkala tepat pada waktunya.

(5) Setiap laporan yang diterima oleh atasan satuanorganisasi dari bawahannya wajib diolah dandipergunakan sebagai bahan untuk penyusunanlaporan lebih lanjut dan untuk memberikan petunjukkepada bawahan.

(6) Dalam penyampaikan laporan masing-masing kepadaatasan, tembusan laporan wajib disampaikan kepadasatuan organisasi lain yang secara fungsionalmempunyai hubungan kerja.

(7) Dalam melaksanakan tugas setiap atasan satuanorganisasi dibawahnya dan dalam rangka pemberianbimbingan kepada bawahan masing-masing, wajibmengadakan rapat berkala.

BAB VIIIKETENTUAN LAIN-LAIN

Pasal 29

(1) Penetapan Rincian Tugas, Fungsi, Uraian Tugas danTata Kerja yang diatur dalam Peraturan Walikota inimerupakan landasan kerja bagi satuan-satuanorganisasi di lingkungan Dinas dan wajib untukdilaksanakan.

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai rincian uraian tugasmasing-masing jabatan bagi satuan-satuan organisasidi lingkungan Dinas diselaraskan dengan aktivitaskerja dan ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas.

BAB IX …

64

BAB IXKETENTUAN PERALIHAN

Pasal 30

(1) Ketentuan mengenai Bagan Struktur Organisasi,

Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja

yang membidangi unsur Perpustakaan dan Kearsipan

yang telah ada sebelum Peraturan Walikota ini

diundangkan dinyatakan masih tetap berlaku sampai

dengan tanggal 31 Desember 2016.

(2) Pada saat mulai berlakunya Peraturan Walikota ini

pejabat yang ada dalam melaksanakan Tugas Pokok,

Fungsi, Uraian Tugas dan serta Tata Kerja

sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tetap menduduki

jabatannya dan melaksanakan tugasnya sampai

dengan ditetapkannya pejabat yang baru berdasarkan

Peraturan Walikota ini.

(3) Pengisian jabatan Kepala Dinas dan Kepala unit kerja

sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota ini

dilaksanakan paling lambat pada akhir bulan

Desember 2016.

BAB XKETENTUAN PENUTUP

Pasal 31

Pada saat Peraturan Walikota ini mulai berlaku, makaPeraturan Walikota Nomor 1343 Tahun 2014 tentangRincian Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata KerjaKantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung,dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 32 …

65

Pasal 32

Peraturan Walikota ini mulai berlaku pada tanggal 1Januari 2017.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkanpengundangan Peraturan Walikota ini, denganpenempatannya dalam Berita Daerah Kota Bandung.

Ditetapkan di Bandungpada tanggal 20 Desember 2016

WALIKOTA BANDUNG,ttd.

MOCHAMAD RIDWAN KAMIL

Diundangkan di Bandungpada tanggal 20 Desember 2016SEKRETARIS DAERAH KOTA BANDUNG,

ttd.

YOSSI IRIANTOBERITA DAERAH KOTA BANDUNG TAHUN 2016 NOMOR 60

Salinan sesuai dengan aslinyaKEPALA BAGIAN HUKUM DAN HAM,

H. BAMBANG SUHARI, SHPembina

NIP. 19650715 198603 1 027