Ujian Blok 7 Respirasi

download Ujian Blok 7 Respirasi

of 24

  • date post

    08-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    61
  • download

    25

Embed Size (px)

description

fjy

Transcript of Ujian Blok 7 Respirasi

UJIAN BLOK 7 RESPIRASI VESALIUS

UJIAN BLOK 7 RESPIRASI VESALIUS

SOAL KAMPUS

1. Pasien laki-laki 40 th mengeluh pilek, konka hiperemi, nyeri di wajah, banyak mukopus keluar dari meatus superior. Sinus manakah yang mengalami peradangan

a. Sinus maxilaris

b. Sinus etmoidalis anterior

c. Sinus sphenoidalis

d. Sinus sagitalis

2. Kasus Rinitis Vasomotor, pengobatan simptomatis (Jawab, PSEUDOEFEDRIN)3. Anak 1 tahun batuk berbulan bulan diikuti napas tiba-tiba dengan wajah merah dan muntah. Terdapat sianosis dan wooping. Imunisasi tidak lengkap. Factor adhesi bakteri batuk rejan tersebut

a. Dinding sel

b. Flagella

c. Kapsul

d. OMP

e. Pertactin

4. Obat anti histamine generasi 1 adalah. Sedative5. Rinore, encer, tidak berbau, secret berpindah dari hidung kanan ke kiri tergantung posisi dan cuaca. Dx? ( ini aku galau di slide dokter rini masuk vasomotor, tapi pas kuliahnya, beliau bilang kalo dingin terus meler berarti alergi, tapi aku jawabnya vasomotor

a. Rhinitis alergi

b. Rhinitis medikamentosa

c. Rhinitis vasomotor

d. Rhinitis akut

e. Sinusitis

6. Ada anak tersedak rambutan saat menonton tv. Dibawah ini yang benar adalah

a. Pulmo sinistra punya 3 lobus

b. Leura parietalis menempel pada pulmo

c. Bronkus dekstra lebih curam

d. Pada pulmo sinistra ada fiura horizontal

e. Terdapat lingua pada pulmo dekstra

7. Kode yang bermuara ke meatus superior apa? Jawab: Duktus sinus sphenoidalis8. pasien datang ke RS dengan keluhan demam dan nyeri tenggorok pada pemeriksaan bakteriologis ditemukan bakteri gram positif, metachromatic granule, bentuk huruf china. Pewarnaan yang digunakan adalah

a. Zn-TBb. Neisser

c. Toluidine blue-bordetela pertusis9. Reseptor tubuh terhadap bakteri tersebut adalah

a. Makrofag

b. Sel hepatosit

c. Saluran nafas atas

10. daning11. Pasien tonsil nonjol, kripta melebar, tonsil tidak rata, tidak ada pus, suhu 37a. Tonsilfaringitisb. Tosilitis kronikc. Tonsilitis akutd. Tonsilitis difteri eksaserbasi akute. lupa12. .sarah marsa13. Remaja usia 16 tahun mengeluhkan nyeri punggung, diagnosis GNA, disertai nyeri dada (kayaknya). Kemungkinan mikroorganisme yang menjadi penyebab

a. .. capsulatum

b. Influenza A

c. Mycobacterium TB

d. Streptococcus pneumonia ( ini alfa hemolitik

e. Streptococcus pyogenes (Grup A) ( soalnya yang bikin GNA kan SBHGA terus sama dokternya udah di kode juga kalo ini grup A, terus pyogenes ini beta hemolitik (CMIIW)

14. ilham15. satria16. Ada anak sakit pinggang kanan karena kena glomerulonefritis. Untuk membunuh mikroba tersebut dengan imun adaptif ? (kok aku ga ingat ada soal kayak gini ya hehe)

a. Lisis sel bakteri dan opsonisasi ( adaptif humoral

b. Netralisir bakteri ( adaptif humoral

c. Dinding sel ( innate

d. Toksin ?? yang ngeluarin toxin bukannya bakterinya?

17. avian influenza termasuk

a. Influenza tipe A

b. Influenza tipe B

c. Influenza tipe C

d. Parainfluenza

e. RSV

18. Karakteristik antigenic shift

a. Lupa

b. Perubahannya kecil dan bertahap

c. Point mutation

d. Membentuk virus influenza subtype baru

e. Yang mutasi adalah H dan N

19. Kode B Mekanisme dari perlekatan bakteri tersebut adalah

a. Membrane

b. Flagella

c. Protein membrane

d. Toxin

e. Pertactin

20. Mekanisme dari perlekatan bakteri tersebut adalah

a. Membrane

b. Flagella

c. Protein membrane

d. Toxin

e. Pertactin21. Mekanisme dari perlekatan bakteri tersebut adalah

f. Membrane

g. Flagella

h. Protein membrane

i. Toxin

j. Pertactin

22. seorang wanita 40 tahun mengeluh mata tidak bisa terbuka pada sisi kanan, paru kanan sesak. Pemeriksaan fisik ditemukan onoftalmus, meiosis, anhidrosis, ptosis. Pada pemerikasaan radiofo terdapat infiltrate kanan atas paru dan terjadi destruksi costa 1 kanan. Dx (lupa jawabanku)

a. Bronkopnemonia

b. Lobar pneumonia

c. Keganasan paru

d. Tbc paru

e. Lupa.

23. Pasien terken avian influenza disebabkan oleh

a. Influenza tipe A

b. Influenza tipe B

c. Influenza tipe C

d. Parainfluenza

24. Pasien sesak, ada benjolan yang disebabkan oleh (penyebab Ca Nasofaring)a. Virus influenza

b. Epstein barr virus

25. Yuni26. Nadia27. Laki2 diam dimobil AC menyala dan mesin mobil hidup. Apakah yang terjadi?a. O2 berikatan dengan Hb b. Terjadi carbokdihemoglobinc. CO2 bersama O2 bersama berikatan dengan Hbd. CO2 meningkat Hbe. O2 mengaktifkan kemoreseptor yang dikenal sbg badan karotis dan aorta28. seorang laki-laki diam di mobil dengan AC menyala dan mesin mobil hidup. Apakah mekanisme fisiologis yang terjadi O2 berikatan dengan HB

a. Terbentuk carboksihemoglobin

b. CO2 bersama O2 bersama sama berikatan dengan Hb

c. CO2 mengikat Hb

d. O2 mengaktifkan kemoreseptor yang dikenal sebgai badan karotis dan aorta

e. -29. Tuan Mukuda makan kepiting tidak matang penyebabnya (Paragonimus westermani)30. Pasien ca paru. Hasil biopsi small cell carcinoma, edema pitting, sesak napas. Interpretasi sel

a. Squasmous sell ca

b. Small cell ca

c. Adeno ca

d. Undifferentiated ca

31. ayak32. resa33. Cerita panjang ntinya tentang mekanisme inspirasi (jawaban di slide dr. Adel reeeeek) Jawaban A. Tek.intralveolar lebih rendah dari tekanan atmosfer (BOYLE)34. Mekanisme inspirasi

a. tekanan intralveolar lebih besar dari tekanan atmosfer sehingga udara luar bisa masuk

b. tekanan intralveolar = tekanan atmosfer

c. tekanan intraalveolar < tekanan atmosfer

d. tekanan intra pleura lebih tinggi dibanding tekanan atmosfer

35. bayi lahir pada minggu ke-25 kehamilan mengalami distress pernapasan neonates. Keadaan apa yg terjadi?

a. Po2 100mg/hg

b. Kolaps alveolus yang kecil

c. Frekuensi pernapasan normal

d. Kemampuan peregangan paru

e. L/s ratio > 2:1

36. Khikma 37. Pasien batuk,demam, pilek, muntah. Batuk cepat berkepanjangan inspirasi nada tinggi dan napas dalam pada pemeriksaan muntah ditemukan apa?a. H influenzab. M. TBc. Bordetela Pertusisd. S. Aureuse. Neisseria Meningetidis38. (Soal A)Seorang anak berumur 1,5 tahun datang ke dokter dengan keluhan sesak napas, pilek, dan batuk. Wheezing pertama kali, kakanya juga sakit pilek dan batuk. Dx

a. bronchitis akut

b. bronkiolitis

c. asma

37. (Soal B) Seorang laki2 kecelakaan masuk igd. Ciri2 nya adalah gerak napas tertinggal, deformitas, fraktur costae segmentalis 3-4, diagnosis?

a. Fleil chest

b. Pneumothorax

c. Efusi pleura

d. hematothorax

e. fraktur costae

39. Anak 3 tahun demam pusing, batuk pada malam hari samapai sesak dan muntah. Batukcepat, berkepanjangan, diselingi napas dalamdengan nada yang tinggi. Pemerikasaan muntah ditemukan coccobasil gram negative

a. S. aureus

b. MTB

c. B. pertusis

d. H. influenza

e. Neiseria meningitides

40. cicik41. (Soal A) Seorang perempuan berusia 30 tahun diberikan AMPICILIN intravena. Beberapa saat kemudian, perempuan itu mengeluh sesak napas. BP 80/60 mmHg. Dokter memberikan ADRENALIN subcutan dan keadaan pasien membaik. Bagaimana kerja ADRENALIN dalam meringankan sesak napas?A. Menurunkan ...B. Meningkatkan kerja otot jantungC. Meningkatkan tekanan darahD. Meningkatkan ventilasiE. Relaksasi otot polos broncus40. (Soal B) Ada cerita ttg diagnosis TB, kontak langsung negatif, indurasi 7 mm, foto rontgen negatif. Lesi yg dibentuk mikroorganisme di kelenjar limfe membentuk

a. Ghon focus-alveolus SLIDE dr. EDIb. Kompleks primer

c. d.

e. 42. krisna43. nana44. Pasien perempuan 12 th ke poli rawat jalan. Sesak; saat berbicara tersengal karena sesak. Px suka posisi duduk daripada terlentang. Nadi dan napas meningkat dan wheezing. Termasuk asma apa?

a. Asma serangan ringan

b. Sedang

c. Berat

d. Ancaman mati

e. Episodic sering

45. kuman tersebut (M.TB) membentuk lesi dengan peradangan di kelenjar limfe dan saluran limfe di paru. Nama lesi?

a. Focus gohn

b. Kompleks primer- SLIDE dr, Edic. Tb primer

d. Acute hematogenic spread

e. Infeksi TB alamiah

46. Kontusio paru meluas, komplikasinya apa? (hasil analisa kami, kontusio paru menyebabkan potensial atelektasis , dan hipoxia kemungkinannya?)a. Atelektasisb. Emfisema

c. Bronkitis

d. Pneumothorax

e. Empiema

47. Laki laki 24 th kecelakaan. Sesak, pergerakan dada kiri tertinggal, deformitas, nyeri, krepitasi fraktur costae 3-4. Kipoksia dan mediastinal fluter. Diagnosis

a. Flail chest

b. Hematothorax

c. Fraktur costae

d. Efusi pleura

e. Tension pneumothorax

48. ema48. KODE A. Hematothorax diterapi WSD, utk menangani sesaknya diterapi apa (sebenernya bingung juga, kan sesaknya gara-gara paru tertekan adanya darah di pleura jadi ga bisa difusi maksimal, bukan gara-gara penyempitan saluran napas, harusnya WSD aja udah bisa ngurangi sesak, tapi aku jawab bronkodilator, ga ada alasan khusus)

a. Nebulizer (kombinasi beta 2 agonis dan antikolinergik)

b. Bronkodilator

c. .

d.

e. 49. KODE B. kompilkasi dari scenario diatas adalah (noviyanti)a. Flail chest

b. Emfisema

c. Hematothorax

d. Pneumothorax

e. Pneumonia

50. rovian51. Tujuan dilakukan terapi tiup balon

a. Menguatka