TUGAS Produk Biotek 6 Jan 2015

1
Cuka Apel Bahan : 1. Apel 1 kg 2. Gula 250 gram 3. Air 3 lt. Peralatan: 1. Pisau 2. Timbangan 3. Kain saring 4. Baskom 5. Panic 6. Gallon atau guci 7. Kompor. Cara Pembuatan: 1. Apel dicuci bersih, kemudian di iris tipis – tipis. 2. Tambahkan air dan direbus hingga mendidih. 3. Kecilkan api kompor, tambahkan gula pasir dan biarkan selama 30-45 menit hingga aroma apel keluar. 4. Kemudian dilakukan penyaringan sehingga diperoleh sari buah apel. 5. Masukkan sari buah apel ke dalam gallon kemudian tutup rapat agar tidak terkontaminasi udara luar. 6. Biarkan sari apel di dalam gallon sampai dingin, kemudian tambahkan yeast dan gallon ditutup rapat kembali 7. Fermentasi sari apel selama 1-2 minggu hingga terbentuk alcohol. 8. Jika alcohol sudah keluar, tutup gallon dibuka dan diganti dengan kain kasa. Fermentasi kembali selama kurang lebih 2 minggu sehingga terbentuk cuka dan pH mencapai 3-4(semakin lama fermentasi maka cuka akan semakin bagus) 9. Setelah cuka siap dipanen, ambil cuka dari gallon dan dipasteurisasi (dipanaskan) untuk mematikan mikroba pembentuk asam. 10. Masukan Cuka hasil panen ke dalam kemasan.

description

biologi

Transcript of TUGAS Produk Biotek 6 Jan 2015

Page 1: TUGAS Produk Biotek 6 Jan 2015

Cuka ApelBahan :

1. Apel 1 kg2. Gula 250 gram3. Air 3 lt.

Peralatan:

1. Pisau2. Timbangan3. Kain saring4. Baskom5. Panic6. Gallon atau guci7. Kompor.

Cara Pembuatan:

1. Apel dicuci bersih, kemudian di iris tipis – tipis.2. Tambahkan air dan direbus hingga mendidih.3. Kecilkan api kompor, tambahkan gula pasir dan biarkan selama 30-45 menit hingga

aroma apel keluar.4. Kemudian dilakukan penyaringan sehingga diperoleh sari buah apel.5. Masukkan sari buah apel ke dalam gallon kemudian tutup rapat agar tidak

terkontaminasi udara luar.6. Biarkan sari apel di dalam gallon sampai dingin, kemudian tambahkan yeast dan

gallon ditutup rapat kembali7. Fermentasi sari apel selama 1-2 minggu hingga terbentuk alcohol.8. Jika alcohol sudah keluar, tutup gallon dibuka dan diganti dengan kain kasa.

Fermentasi kembali selama kurang lebih 2 minggu sehingga terbentuk cuka dan pH mencapai 3-4(semakin lama fermentasi maka cuka akan semakin bagus)

9. Setelah cuka siap dipanen, ambil cuka dari gallon dan dipasteurisasi (dipanaskan) untuk mematikan mikroba pembentuk asam.

10. Masukan Cuka hasil panen ke dalam kemasan.