Trik Membuat Modem Dial

download Trik Membuat Modem Dial

of 20

  • date post

    17-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    25
  • download

    0

Embed Size (px)

description

modem dial

Transcript of Trik Membuat Modem Dial

Trik Membuat Modem Dial-Up OtomatisRedial/Reconnect

10 Mei, 2011 & Komentar

2

0

Rate This

Sambungan putus-putus di tengah jalan dan sering minta disambungkan kembali? Bosan melakukan redial berulang-ulang? Mau modem terus-menerus connect ke internet tanpa henti secara full otomatis? Download sering gagal karena putus tengah jalan? Berikut ini adalah tips dan trik untuk mengatasinya:

Sudah rahasia umum kalau sambungan dial-up (biasanya yang umum sekarang pakai sambungan kartu GSM atau CDMA) sering putus tengah jalan dalam selang waktu setengah hingga satu jam. Maklum, begitulah kalau tidak memakai kabel seperti broadband. Untuk mengatasinya biasanya dilakukan dengan tiga cara berikut:

1. Koneksi memakai software bawaan modem. Biasanya jika memakai software bawaan modem, maka koneksi akan dipaksa untuk terus tersambung tanpa henti hingga kita mematikan koneksinya. Cara ini cukup praktis, tapi mempunyai kekurangan, yaitu:Pertama, dalam jeda waktu tertentu, seperti sudah kebiasaan modem kartu, biasanya koneksi melambat bahkan kecepatannya bisa menurun (drop) hingga nol kbps selama beberapa saat. Koneksi akan hidup kembali setelah ditunggu beberapa waktu yang kadang hingga hitungan menit hingga dapat memutus download. Sebenarnya koneksi lebih mudah hidup kembali jika saja tidak dipaksa terus tersambung, tapi dibiarkan disconnect, lalu disambungkan lagi.Kedua, koneksi memakai software memakan memori yang sebenarnya tidak perlu.

2. Koneksi dengan fitur koneksi internet bawaan windows. Cara ini cukup ringan pada memori, tapi biasanya setelan default didesain tidak mampu konek lagi secara otomatis. Beberapa orang memakai software pihak ketiga yang mampu melakukan redial secara otomatis seperti AutoReconnect. Software seperti ini sebenarnya tidak perlu karena windows sudah menyediakan cara untuk koneksi otomatis. Selain itu tentu membebani memori.

3. Koneksi dengan fitur koneksi internet bawaan windows ditambah setting yang dapat memungkinkan modem untuk disambungkan ulang secara otomatis tatkala koneksi putus tengah jalan. Caranya sebagai berikut:

Di Control Panel, cari dan aktifkan Internet Option.

Buka Tab Connections Pilih koneksi yang Anda pakai lalu di tengah tampilan ada tiga opsi koneksi. Pilih Dial whenever a network connection is not present lalu tekan Set Default.

Kembali ke Control Panel dan aktifkan Administrative Tools. Double klik Service untuk memunculkan opsi berikutnya.

Dalam tampilan berbagai macam service di sebelah kanan, cari item yang berjudul: Remote Access Connection Manager lalu double klik.

Di bagian Startup type pilih Automatic.

Ulangi langkah yang sama terhadap service yang berjudul Remote Access Auto Connection Manager dan Telephony. Keduanya setel pada Automatic.

Setelah semua langkah di atas dilakukan dengan tepat, restart komputer Anda dan secara otomatis modem akan melakukan koneksi ke internet tanpa bantuan dan software apapun dan melakukan sambung ulang (redial) bila koneksi terputus. Saat koneksi, akan ada tampilan proses koneksi sedang dilakukan.

Untuk membuat Anda tidak perlu melihat tampilan proses koneksi, tapi langsung terima beres saja, maka ada trik tambahan yang layak dicoba, yaitu:

Tekan Start menu.

Sorot Connect to (bisa juga diakses melalui Control Panel > Network Connections)

Klik kanan koneksi yang anda pakai lalu klik Properties.

Pilih Tab Options.

Hilangkan centang pada Display Progress While Connecting dan Prompt for phone number. Di bagian lebih bawah, centang Redial if line is dropped.Sekarang semua langkah sudah dilakukan dan Anda tidak perlu khawatir lagi koneksi putus tengah jalan. Kalaupun putus, maka akan tersambung kembali secara otomatis tanpa campur tangan Anda. Dan hebatnya lagi, donwload takkan gagal lagi karena koneksi putus tengah jalan.

Auto Reconnect Pada Koneksi Dial-up

Oct 20, 2010 by Fikri Under Tips & Trik - 95 Comments

Bagi pengguna koneksi internet dial-up, mungkin anda sering mengalami koneksi internet yang anda pakai tiba-tiba putus. Hal ini disebabkan banyak hal diantaranya karena Internet Service Provider (ISP) anda bermasalah, kualitas modem yang tidak bagus, system komputer anda bermasalah dan banyak lagi. Kondisi tersebut pastinya akan membuat anda kesal karena anda harus melakukan dial ulang ke operator ISP tiap koneksi internet yang anda pakai putus.

Jika anda pengguna modem eksternal GSM/CDMA/3G, masalah tersebut sudah bisa diatasi karena kebanyakan software bawaan dari modem menyediakan fasilitas auto-reconnect ke ISP yang anda pakai. Fitur ini secara otomatis akan melakukan dial otomatis ke ISP tanpa menunggu perintah dari anda secara manual.

Lalu bagiamana jika software bawaan yang disediakan tidak menyediakan auto reconnect di modem tersebut? Hal itu bukan menjadi masalah karena anda bisa mengkonfigurasi sendiri fasilitas auto reconnect pada modem anda.

Berikut kami jelaskan bagaimana cara konfigurasi auto reconnect pada modem, baik itu GSM, CDMA, 3G atau eksternal modem yang terhubung dengan kabel telephone :

Buka Control Panel.

Pilih koneksi internet dial-up yang anda pakai. Sebagai contoh, kami menggunakan ISP dari telkom flexi.

Klik kana dan pilih Properties.

Klit bab Options.

Pada bagian Redialing options, beri tanda pada Redial if line is dropped. Masukkan juga angka Redial attempts dengan angka 999 (Pilihan ini akan memerintahkan system untuk melakukan dial secara berulang-ulang sampai 999 kali jika koneksi putus). Pada bagian Time between redial redial attemps, pilih 10 seconds. Jika koneksi drop, system akan menunggu selama 10 detik sebelum melakukan dial ulang. Waktu ini akan digunakan oleh modem untuk me-refresh modem agar bisa digunakan kembali. Pada kondisi normal, 10 detik sudah cukup bagi modem untuk siap digunakan kembali.

Kembali ke Tab General, dan klik tombol Configure.

Pada bagian Hardware features, hilangkan semua tanda pada pilihan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar modem secara langsung terkoneksi dengan provider internet tanpa perlu lagi dicontrol oleh system windows. Pilihan ini akan memperpendek jalur autentikasi dial ke provider yang juga akan mempercepat proses koneksi internet.

Klik tombol OK untuk mengakhiri koneksi.

Sekarang coba anda dial manual ke provider internet yang anda pakai. Jika pada saat surfing web koneksi anda tiba-tiba putus, system akan melakukan dial ulang secara otomatis tanpa harus melakukan dial manual seperti saat pertama kali terhubung ke internet.

Optimalkan juga penonaktifan QOS Packet Scheduler untuk mempercepat koneksi dial-up yang anda gunakan!

Jika anda punya pengalaman seputar koneksi internet dial-up, share pengalaman anda dengan kami dengan cara meninggalkan komentar di bawah ini.

Perbanyak wawasan anda dengan terus mengikuti update artikel FastNCheap Blog!

Read more: http://blog.fastncheap.com/auto-reconnect-pada-koneksi-dial-up/#ixzz2tj5iuXN2Cara Install dan setting modem Huawei E1550Posted in December 6th, 2009

by ssd in SupportInstallasi Driver dan Aplikasi Modem Huawei E1550 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Installasi langsung dari Driver yang sudah terintegrasi di dalam Modem Huawei itu sendiri dengan Software Aplikasi 3Connect.

2. Installasi dengan menggunakan CD driver bawaannya, dengan Aplikasi Mobile Partner.

Untuk istallasi dari kedua media yang berbeda ini ada syarat yang harus dilakukan, yaitu urutan installasi dan Software Aplikasi yang digunakan untuk koneksi, agar Modem mendapatkan koneksi dengan transfer data maksimal.

Urutan installasinya adalah sebagai berikut :

1. Install Software (3connect) yg ada di usb modem terlebih dahulu hingga selesai.

2. Instal software dalam cd (mobile partner) hingga selesai.

3. Gunakan software mobile partner untuk koneksi internet

Memulai installasi driver modem dari usb modem.Masukkan usb modem pada port usb di cpu atau laptop anda dan tunggu hingga muncul jendela installasi seperti berikut.

Klik Next untuk lanjut ke langkah berikutnya

Pilih I accept the term of the license agreement, kemudian klik Next.

Pilih Standard kemudian klik Next dan tunggu hingga proses installasi selesai

Klik Finish jika sudah selesai proses installasi.

Bila muncul jendela 3CONNECT seperti gambar di bawah ini langsung saja tutup (close)

Setelah selesai proses installasi driver dari usb modem, selanjutnya adalah lakukan installasi aplikasi Mobile Partner dari Compact Disk (cd).

Memulai installasi aplikasi Mobile partner melalui CD.Masukan CD aplikasi ke dalam cd-rom drive dan tunggu hingga muncul jendela seperti pada gambar berikut ini.

Klik Next untuk mengikuti langkah berikutnya

Klik I Agree untuk lanjut ke langkah berikutnya

Klik next saja untuk jika aplikasi Mobile Partner disimpan di folder defaultnya, ubah jika anda

menghendaki folder lain dan lanjutkan dengan klik Next.

Langsung saja klik Install untuk installasi aplikasi mobile partner.

Biarkan proses installasi sampai selesai, dan apabila dalam proses installasi tiba-tiba muncul popup seperti gambar berikut ini.

Klik Continue Anyway (jangan diklik STOP Installation)

Klik Finish jika muncul jendela seperti di atas.

Sesudah melakukan installasi driver usb modem dan installasi aplikasi mobile partner, Langkah selanjutnya adalah Setting Aplikasi Mobile Partner.

Cara Setting Aplikasi mobile partner Dengan kartu Simpati (Telkomsel)Masukan CD mobile partner dalam cd-rim drive, karena cd tersebut dilengkapi dengan auto run maka tunggu hingga muncul jendela berikut.

Setelah muncul jendela di atas lanjutkan dengan klik