Tips Sukses Seminar Tugas Akhir -...

of 5/5
Cici Suhaeni | Tips Sukses Seminar Tugas Akhir Copyright Cici suhaeni [email protected] http://cici_suhaeni.staff.ipb.ac.id/2016/11/27/tips-sukses-seminar-tugas-akhir/ Tips Sukses Seminar Tugas Akhir Tugas akhir kuliah merupakan salah satu kewajiban yang harus diselesaikan bagi mahasiswa untuk lulus kuliah. Tanpa mengerjakannya, dijamin, Mahasiswa tidak akan dapat menyandang gelar Sarjana/Master/Doktor. Karena, tugas akhir ini merupakan salah satu syarat untuk mendapat gelar tersebut. Laporan tugas akhir kuliah, baik berupa skripsi, tesis, maupun disertasi, merupakan wujud tertulis dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian merupakan kunci kemajuan suatu peradaban. Sedangkan, mahasiswa merupakan aktor perubahan dalam upaya peningkatan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itulah, wajar jika tugas akhir dijadikan sebagai salah satu syarat untuk dapat lulus kuliah. Kegiatan penelitian sangat penting untuk dipublikasikan. Hal ini dilakukan supaya informasi yang terkandung di dalam penelitian berikut kebermanfaatannya dapat diketahui dan dirasakan oleh khalayak. Salah satu sarana publikasi bagi penelitian ilmiah ini adalah seminar. Di sebagian besar Perguruan Tinggi di Indonesia, Seminar Tugas Akhir mahasiswa dilakukan dua kali. Pertama, seminar proposal penelitian (disebut Kolokium), yang dilaksanakan sebelum penelitian dilakukan. Kedua, seminar hasil penelitian (disebut Seminar), dilakukan setelah penelitian selesai (baik sebagian atau keseluruhan). Kolokium merupakan sarana mahasiswa menyampaikan ke khalayak mengenai rencana penelitiannya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para audiens dan dosen penilai. Selain itu, Kolokium ini juga merupakan sarana mensyi’arkan rencana penelitian mahasiswa agar tidak ada peneliti lain yang meneliti hal yang sama persis dengan apa yang diteliti oleh mahasiswa tersebut. Ini salah satu upaya menghindari plagiarisme. Sementara, Seminar dimaksudkan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Hal ini merupakan sarana syi’ar, agar khalayak mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan. Selain itu, juga sebagai bentuk page 1 / 5
  • date post

    09-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    217
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Tips Sukses Seminar Tugas Akhir -...

Cici Suhaeni | Tips Sukses Seminar Tugas AkhirCopyright Cici suhaeni [email protected]://cici_suhaeni.staff.ipb.ac.id/2016/11/27/tips-sukses-seminar-tugas-akhir/

Tips Sukses Seminar Tugas Akhir

Tugas akhir kuliah merupakan salah satu kewajiban yang harus diselesaikan bagimahasiswa untuk lulus kuliah. Tanpa mengerjakannya, dijamin, Mahasiswa tidakakan dapat menyandang gelar Sarjana/Master/Doktor. Karena, tugas akhir inimerupakan salah satu syarat untuk mendapat gelar tersebut.

Laporan tugas akhir kuliah, baik berupa skripsi, tesis, maupun disertasi, merupakanwujud tertulis dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitianmerupakan kunci kemajuan suatu peradaban. Sedangkan, mahasiswa merupakanaktor perubahan dalam upaya peningkatan kemajuan suatu bangsa. Oleh karenaitulah, wajar jika tugas akhir dijadikan sebagai salah satu syarat untuk dapat luluskuliah.

Kegiatan penelitian sangat penting untuk dipublikasikan. Hal ini dilakukan supayainformasi yang terkandung di dalam penelitian berikut kebermanfaatannya dapatdiketahui dan dirasakan oleh khalayak. Salah satu sarana publikasi bagi penelitianilmiah ini adalah seminar.

Di sebagian besar Perguruan Tinggi di Indonesia, Seminar Tugas Akhir mahasiswadilakukan dua kali. Pertama, seminar proposal penelitian (disebut Kolokium), yangdilaksanakan sebelum penelitian dilakukan. Kedua, seminar hasil penelitian (disebutSeminar), dilakukan setelah penelitian selesai (baik sebagian atau keseluruhan).

Kolokium merupakan sarana mahasiswa menyampaikan ke khalayak mengenairencana penelitiannya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari paraaudiens dan dosen penilai. Selain itu, Kolokium ini juga merupakan saranamensyiarkan rencana penelitian mahasiswa agar tidak ada peneliti lain yangmeneliti hal yang sama persis dengan apa yang diteliti oleh mahasiswa tersebut. Inisalah satu upaya menghindari plagiarisme.

Sementara, Seminar dimaksudkan untuk mempublikasikan hasil penelitian yangtelah dilakukan. Hal ini merupakan sarana syiar, agar khalayak mengetahui hasilpenelitian yang telah dilakukan. Selain itu, juga sebagai bentuk

page 1 / 5

Cici Suhaeni | Tips Sukses Seminar Tugas AkhirCopyright Cici suhaeni [email protected]://cici_suhaeni.staff.ipb.ac.id/2016/11/27/tips-sukses-seminar-tugas-akhir/

pertanggungjawaban ilmiah dari peneliti kepada khalayak, bahwa penelitian yangdilakukan telah mengikuti kebenaran kaidah ilmiah sesuai dengan bidangkeilmuannya.

Karena Seminar Tugas Akhir merupakan sarana syiar akan penelitian yangdilakukan, maka penyampaiannya haruslah dilakukan dengan baik. Tak jarangditemui, mahasiswa yang merasa cemas, takut, dan tidak siap untuk seminar,sehingga penyampaiannya tidak maksimal. Padahal, sebagai seorang mahasiswa,kemampuan melakukan presentasi merupakan suatu skill yang harus dimiliki.

Nah, bagaimana agar seminar tugas akhir kuliah ini dapat terlaksana dengansukses? Berikut saya sharing beberapa tips yang barangkali dapat disesuaikandengan keadaan Anda.

Pertama: Pra Seminar.

Tahap Pra Seminar adalah tahap persiapan. Sudah lazim dilakukan bagi setiap kitayang punya hajat hidup, yaitu preparation. Apapun itu, tanpa dipersiapkan denganbaik, hasilnya akan kurang memuaskan. Apa saja yang perlu dilakukan pada tahapini?

- Pastikan, penelitian Anda telah selesai. Khususnya, yang akan diseminarkan.- Tulis makalah seminar dengan baik dan benar, mengikuti kaidah penulisan

ilmiah dan format di masing-masing kampus.- Tulis makalah dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami pembaca,

sistematis, dan menarik. Pastikan, nyambung antara latar belakang, tujuanpenelitian, metodologi, dan kesimpulan.

- Minta teman Anda untuk membaca makalah seminar tersebut, lalu mintakomentar atau koreksi jika ada. Hal ini untuk melihat seberapa baik tulisanAnda dapat dipahami oleh orang lain (calon audien seminar Anda). Terkadang,meskipun sudah dikonsultasikan dengan Dosen pembimbing, makalah seminarAnda masih membutuhkan ulasan dari orang lain.

- Buat slide presentasi yang sederhana, jelas, komunikatif, dan menarik. Takjarang dijumpai, slide presentasi mahasiswa kurang menarik audiens.Misalnya, pewarnaan, font, dan gambar tidak proporsional; atau terlalu banyakkalimat-kalimat yang panjang. Slide presentasi seperti ini terkesanmembosankan. Namun, jangan pula karena ingin menarik, slide presentasinya

page 2 / 5

Cici Suhaeni | Tips Sukses Seminar Tugas AkhirCopyright Cici suhaeni [email protected]://cici_suhaeni.staff.ipb.ac.id/2016/11/27/tips-sukses-seminar-tugas-akhir/

terlalu lebay atau alay. Misal, ada gambar animasi yang berputar-putar terlaluberlebihan, gambar-gambar yang tidak sesuai materi, dan sebagainya.

- Kuasai materi seminar dengan baik. Pada saat seminar, Andalah yangdianggap paling tau tentang penelitian anda. Maka, maksimalkan penguasaanterhadap materi penelitian yang Anda lakukan. Terutama logika-logikamengenai alasan dilakukannya penelitian, metodologi, dan hasil penelitian.Jika merasa pemahamannya belum maksimal, segera konsultasi dengan Dosenpembimbing atau orang lain yang sekiranya dapat membantu Anda.

- Latihan presentasi sendiri di depan cermin atau direkam. Hal ini bertujuanuntuk memperlancar Anda dalam presentasi dan memperkirakan durasi waktuyang Anda butuhkan untuk menyampaikan seluruh materi di slide yang telahanda buat.

- Jika Anda memiliki teman yang bersedia membantu, cobalah berlatihpresentasi di depan mereka. Katakanlah ini sebagai gladiresik atau simulasiseminar. He he he. Lakukan ini jika Anda merasa membutuhkan dan adateman yang bersedia menjadi audien beserta komentator simulasi seminarAnda. Upaya ini perlu Anda lakukan agar seminar Anda di hari H dapat se-perfect mungkin.

- Pelajari cara menjawab pertanyaan dengan baik.- Di malam hari menjelang hari H seminar, usahakan serileks mungkin. Jangan

begadang dan tidak perlu belajar materi seminar yang berat-berat. Bila perlu,stoplah belajar! Karena, asumsinya, sehari sebelum hari H itulah batas akhirupaya belajar Anda. Di malam hari H, isi waktu dengan istirahat danperbanyak doa.

- Berdoalah agar seminar Anda lancar dan diberkahi Allah. Terkadang, meskipunsudah persiapan dengan maksimal masih saja ada yang kurang sukses dalamseminar. Karena gerogi, tiba-tiba ngebleng, atau tidak mampu menjawabpertanyaan. Maka dari itulah, dibutuhkan Doa. Ingat, bahwa menurutstatistika, ada Galat dalam kehidupan ini. Dan langkah untuk memperkecilGalat adalah dengan berdoa.

- Menurut hemat saya, khususnya bagi Anda yang tidak terbiasa bicara di depanumum atau bukan tipe-tipe public speaker, berikut beberapa list doa yangperlu Anda panjatkan.

- Meminta agar esok hari, pas hari H, Anda diberi kesehatan fisik, mental,dan spiritual agar dapat melaksanakan seminar dengan baik.

- Meminta agar bisa datang ke tempat seminar tepat waktu. Karena,terlambat datang ke tempat seminar bisa memperbesar Galat, misalnyamenjadi cemas, terburu-buru, dan ngebleng.

- Minta agar diberi hati yang lapang, pembawaan yang tenang, kelancaranberbicara, kemampuan menyampaikan materi seminar dengan jelas danmampu dipahami audiens (terlebih moderator/penguji seminar hehe..),kecepatan berfikir saat mendapat pertanyaan audien, mampu menjawabpertanyaan audien dengan lancar dan tenang, dan sebagainya.

- Minta agar Anda dapat tampil dengan tenang, anggun, dan percaya diri.- Minta agar Allah membantu dan membimbing Anda selalu saat Anda

presentasi dan menjawab pertanyaan Audiens.Ini sebagai wujud bahwa

page 3 / 5

Cici Suhaeni | Tips Sukses Seminar Tugas AkhirCopyright Cici suhaeni [email protected]://cici_suhaeni.staff.ipb.ac.id/2016/11/27/tips-sukses-seminar-tugas-akhir/

manusia itu sangatlah tidak ada apa-apanya di hadapan Allah. Sehebatapapun Anda, jika Allah mau meruntuhkan kehebatan Anda dalamseminar, Anda pasti akan gagal. Maka, sangat penting memanjatkan doameminta pertolongan dan bimbingan dari Nya. Jika Allah menyertai Andasaat seminar, semoga semuanya akan lancar.

- Minta agar dijauhkan dari sifat sombong dan minder. Jika Anda sudahmerasa siap, akan berpeluang untuk menyepelekan. Ini merupakan awaldari kesombongan. Sebaliknya, jika Anda merasa belum siap, Andaberpeluang untuk merasa minder atau tidak percaya diri. Ini dapatmembuat acara seminar Anda menjadi kurang berkesan. Maka, berdoalahagar terhindar dari dua hal tersebut.

- Minta agar bagaimanapun keadaannya saat seminar esok hari, Andaikhlas dan tenang dalam menjalaninya, baik saat seminar maupunsetelah seminar.

Kedua : Saat Seminar.

Tahapan ini adalah saat Anda diberi kesempatan untuk menyampaikan penelitianAnda dalam seminar. Apa saja tips suksesnya?

- Sebelum anda dipanggil untuk maju presentasi, berdoalah.- Dahului dengan membaca bismillah saat akan presentasi.- Bawa perasaan Anda sesantai mungkin, dengan hati yang ikhlas dan pasrah

kepada Allah, agar Allah menyertai Anda dalam seminar tersebut.- Percaya diri, namun hindari bulir-bulir kesombongan. Dengan Ikhlas dan

pasrah kepada Allah, Anda akan memiliki sikap percaya diri namun dapatmengontrol diri bahwa tanpa bantuan Allah Anda tak akan dapat melewatiseminar tersebut dengan baik. So, hadirkan Allah dalam seminar Anda.

- Sampaikan presentasi dengan tenang, jelas, menarik, dan mudah dipahami. Adalah tanggungjawab Anda sebagai presenter untuk membuat seisi ruanganseminar antusias memperhatikan Anda. Pahami itu!

- Sinkronkan antara intonasi suara, pandangan mata ke audiens, mimik wajah,dan bahasa tubuh. Perlihatkan kepada Audiens bahwa Anda bersemangatmempresentasikan penelitian Anda, dan apa yang Anda sampaikan itumerupakan hal yang penting. Hal ini dilakukan dengan sinkronisasi keempathal tersebut. Dengan begitu, Audiens akan memperhatikan Anda.

- Saat presentasi, dilarang membaca slide! Kalau Anda hanya sekedar membacaslide, tak perlu presentasi. Bagikan sildenya ke Audiens, suruh merekamembaca sendiri. Selesai.

- Jawablah pertanyaan Audies dengan tenang dan jelas.- Saat ada pertanyaan yang tak mampu dijawab, tetaplah tenang. Karena, wajar

page 4 / 5

Cici Suhaeni | Tips Sukses Seminar Tugas AkhirCopyright Cici suhaeni [email protected]://cici_suhaeni.staff.ipb.ac.id/2016/11/27/tips-sukses-seminar-tugas-akhir/

saja Anda tida bisa menjawab, Anda kan manusia yang punya kekurangan.Jawablah dengan tetap elegan dan santun.

- Terimalah saran-saran dari Audiens untuk penajaman penelitian Anda danbarangkali ada saran terkait penulisan makalah seminar.

- Ucapkan alhamdulillah setelah seminar selesai.

Demikianlah beberapa tips agar Anda sukses dalam Seminar Tugas Akhir Kuliah.Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Bagi yang akan seminar,selamat seminar. Semoga kesuksesan yang berkah selalu menyertai Anda. Aamiin.

page 5 / 5