Tf3 Guidelines Bahasa

download Tf3 Guidelines Bahasa

of 72

  • date post

    06-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    223
  • download

    0

Embed Size (px)

description

k3

Transcript of Tf3 Guidelines Bahasa

Cement Sustainability Initiative (CSI)Kesehatan & Keselamatan Kerja pada industri semen :Contoh Pelaksanaan/Praktekyang baikTranslation courtesy of HolcimDecember 2004

Health and safety

Version 1.0Catatan untuk Pembaca :Study kompilasi dari Praktek Keselamatan yang baik ini diajukan sebagai suatu tool-kit di mana tiap Perusahaan dapat memutuskan apa yang paling cocok untuk dapat diimplementasikan dalam strategi korporasi CSR sesuai konteksnya dengan kewajiban internasional, nasional dan peraturan lokal. Study kompilasi ini bukan merupakan suatu kewajiban untuk diaplikasikan secara keseluruhan di setiap situasi.

Kompilasi ini juga tidak harus diperlakukan secara menyeluruh atau mendetail, program ditawarkan dengan niat tulus sebagai nasihat yang bijaksana dan saran praktek yang baik, dan tidak ada kewajiban secara legal yang dapat dikaitkan jika terjadi kesalahan atau kelalaian.

Dokumen ini merujuk pada issue Kesehatan & Keselamatan, tidak mencakup issue komunitas, masyarakat dan sosialyang lebih luas yang mana hal tersebut akan tercakup dalam dokumen TF5.

Pada keseluruhan dokumen kecuali ditentukan lain, istilah karyawan

harus secara umum dibaca sebagai karyawan langsung dan tidak langsung.

Kita berhutang budi ke BP Plc atas ijinnya menggunakan Golden Rules

Safety mereka dalam dokumen ini.

Daftar isi :1. PENGANTARKUNCIPENTINGDARIKESEHATANDAN KESELAMATAN KERJA (K 3)1.1. Posisi konteks

1.2. Tindakan yang diambil oleh CSI Task Force 3 (TF3)

1.3. Praktek terbaik dalam kesehatan dan keselamatan.

2. SISTEMMANAJEMENKESEHATANDANKESELAMATANKERJA (K 3)2.1. Persyaratan umum untuk Sistem Manajemen K3

2.2. Contoh Sistem Manajemen K3 yang digunakan oleh Perusahaan-perusahaan CSI

2.3. Sistem paspor bagi Kontraktor

2.4. Slogan keselamatan

3. MANAJEMEN KESELAMATAN3.1. Definisi keselamatan CSI dan kriteria pelaporan

3.2. Analisa kejadian fatal di Perusahaan CSI periode tahun 2000-2003

3.3. Kesimpulan: Penyebab kejadian fatal dan pencegahannya

3.4. Analisa Lost Time Injury (LTI)

3.5. Kesimpulan dari penyebab cidera dan pencegahannya.

3.6. Segitiga kecelakaan

3.7. Panduan pencegahan cidera

3.8. Praktek keselamatan yang baik

4. MANAJEMEN KESEHATAN4.1. Issue Kesehatan

4.2. Monitoring dan Pelaporan Kesehatan

4.3. Guideline issue kesehatan kerja yang spesifik

4.4. Hasil produk yang terkait dengan resiko kesehatan

5. KONTAK UNTUK SARAN/NASIHAT LEBIH LANJUT6. DAFTAR REFERENSI DAFTAR DEFINISILAMPIRAN : CONTOH PRAKTEK YANG BAIK

1.PENGANTAR:KUNCIPENTINGDARIKESEHATAN& KESELAMATAN (K3)1.1. PendahuluanPerusahaan-perusahaan CSI telah berkomitment penuh untuk meningkatkan kinerja keselamatan kerja dalam perusahaan mereka dan telah mencapai peningkatan yang berarti.Semen adalah salah satu substansi yang paling banyak digunakan di bumi, membuat semen merupakanproses enerji dan intensif dalam sumber daya yang membawa akibat terhadap lingkungan lokal maupun global serta akibat bagi keselamatan & kesehatan.

Menyadari kenyataan ini, beberapa perusahaan semen memprakarsai Cement Sustainability Initiative (CSI) sebagai program yang disponsori oleh anggota dari World Business Council for Sustainable Development ( WBCSD) dimana saat ini, 16 (enam belas) perusahaan semen secara bersama-sama yang mewakili lebih dari separuh industri kelas dunia di luar China, mensponsori inisiatif ini.

Di mulai pada akhir tahun 1999, Lembaga ini melaksanakan (1) Riset yang bersifat independen terhadap kinerja industri dan issue penting bagi kesinambungan yang dihadapi; (2) Seri dialog yang mendapat fasilitas dari para Stakeholder di 7 kota (Kairo, Kuritiba, Bangkok, Lisbon, Brussels, Washington DC dan Beijing); (3) Seri rekomendasi independen untuk meningkatkan kinerja; (4) Agenda industri dari tindakan-tindakan yang terkait dengan isu-isu yang timbul.

Menjamin kondisi kesehatan dan keselamatan kerja untuk karyawan dan kontraktor merupakan dasar dari tanggung jawab sosial korporasi dan merupakan salah satu dari isu penting di industri semen. Anggota CSI menyadari perlunya diberikan lebih banyak perhatian pada area ini di seluruh industri dan komitmen untuk memainkan peran utama dalam prosesnya.

Sebagai latar belakang kutipan-kutipanberikut ini mengihtisarkan temuan CSI

sebelumnya dalam hal keselamatan & kesehatan kerja.

Kutipan-kutipan berasal dari :

-Ringkasan laporan CSI tahun 2002

-Substudy 10 laporan CSI

-Agenda Tindakan

Laporan bulan July 2002 yang dapat disimpulkan dari kesehatan karyawan bahwa : Prioritas terpenting bagi perusahaan semen yang berhubungan dengan kesehatan karyawan adalah jaminan kesehatan & keselamatan kerja, baik untuk pekerja maupun tenaga kontraktor.

Industri semen belum semaju industri manufaktur berat lainnya dalam hal implementasi sistem K3, di masa mendatang Perusahaan semen perlu memikirkan desain area dan peralatan kerja yang aman dan inheren guna meminimalkan potensi kecelakaan.

Sebagai tambahan, konsiten dengan prinsip pengembangan yang berkelanjutan, diketahui ada sejumlah isu lain mengenai kesehatan pekerja yang dapat dibantu oleh pihak Perusahaan, seperti pelatihan, pengembangan karir, peningkatan profesional; penghargaan terhadap hak pekerja, kebebasan berkomunikasi dan berasosiasi, keseimbangan antara komitmen kerja dan kehidupan pribadi/keluarga; peningkatan dari pelbagai perbedaan, larangan diskriminasi dan pelecehan.

Langkah-langkah di atas akan memberi kontribusi pada produktifitas karyawan dan kesadaran kesehatan, juga loyalitas dan kebanggaan.

Substudy 10 : Peningkatan Kinerja Lingkungan - Kesehatan & Keselamatan, (December 2002) menyimpulkan bahwa, Kinerja kesehatan dan keselamatan di industri semen secara keseluruhan tertinggal dibandingkan dengan yang lain, sektor industri manufaktur terlihat lebih proaktif.

Di sektor ini, terlihat ada variasi hasil kinerja yang sangat luas variasinya. Perusahaan- perusahaan yang lebih baik telah menunjukan bahwa bukan tidak mungkin untuk mencapai tingkat kecelakaan yang sama dengan rata-rata industri manufaktur.

Tetapi , bahkan dari perusahaan terbaik pun masih ada ruang guna peningkatan lebih jauh. Dirasakan adanya kebutuhan khusus dari industri untuk mendorong dan membantu pabrik-pabrik/perusahaan-perusahaan yang secara nyata memiliki kinerja yang rendah untuk meningkatkan standar keselamatan mereka guna menjamin kesinambungan industri yang memenuhi harapan sosial dan harapan ketenagakerjaan.

Agenda Tindakan (July 2002) menyimpulkan bahwa : Menjamin kondisi kerja yang sehat dan aman bagi karyawan dan kontraktor merupakan salah satu isu paling penting bagi industri semen, kita menyadari bahwa perhatian harus diberikan lebih banyak di area ini di keseluruhan industri dan adanya komitmen untuk memainkan peranan utama dalam proses.

Suatu Kelompok kerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah dimulai untuk bertemu dan mendiskusikan topik-topik untuk kegiatan yang akan datang dan akan dipusatkan pada Proyek inisiatif dan kesepakatan.

Sistem pelaporan untuk Tingkat Cidera dan Penyakit Akibat Kerja di tiap perusahaan secara individual telah tersedia untuk berbagai kasus , tetapi hingga saat ini kita belum dapat melaporkan gambaran industri secara luas. Lembaga Riset Battelee yang benar- benar menekankan pada informasi publik untuk area ini kelihatannya sulit untuk dilibatkan.

Dari apa yang diketahui, kecelakaan/cidera dan tingkat cidera pada industri kita lebih tinggi dari industri yang lain seperti petrokimia dan petroleum refining, yakin bahwa ini tidak dapat diterima dan juga percaya bahwa masalah ini akan pula mempengaruhi reputasiindustrisemensecarakeseluruhan,merupakansuatualasanyang menyebabkan mengapa kita meminta kelompok kerja untuk pertama-tama membuat standar dan sistem yang berlaku antar Perusahaan untuk mengukur, mengawasi dan melaporkan kinerja kesehatan dan keselamatan kerja, di mana perusahaan secara mandiri kemudian dapat mengimplementasikannya.

Desain bangunan dan peralatan operasional yang aman, memiliki peranan yang penting untuk mengurangi cidera dan insiden dan perusahaan pemasok peralatan industri secara pasti juga meningkatkan dan memperbaiki produk mereka hingga peralatan tersebut memenuhi standar keselamatan yang tinggi. Namun pada kenyataannya, pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang efektif dan rutin serta budaya selamatmerupakan alat yang paling efektif guna mengurangi cidera dan tingkat kesakitan akibat kerja.

Semua perusahaan yang terlibat dalam proyek ini memiliki program K3 dan kelompok kerja akan mengembangkan adanya pertukaran informasi agar perusahaan-perusahaan membagi pengalaman mereka, mengidentifikasi penyebab cidera yang umum dan membuat rekomendasi untuk peningkatan yang berkesinambungan.

Agenda Tindakan, Apa yang akan kita laksanakan memberikan indikasi hal berikut :Proyek GabunganKitaakan meningkatkan kegiatan

melalui suatu kelompok kerja kesehatan & keselamatan

kerja(telah dilakukan secara paralel dengan Battelle Institutes study), untuk menjamin adanya sistem yang efektif

bagi

pengukuran, pengawasan dan pelaporan atas kinerja

kesehatan

dan keselamatan kerja.

Kelompok kerja akan :

-Melakukan

pertukaran informasiyang

meliputi informasi mengenai keparahan, sumber dan jenis cidera atau insiden yang terjadi

-Membagipengalamanantar

Perus