Soal to Regional 2015

33
Soal Latihan Try Out Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Sumedang 2015 1. Hasil survey perawat di masyarakat 86 % penduduknya bermata pencaharian buruh dan peternak sapi. Jenis rumah 78 % semi permanen. Buang air besar di sungai. Sungai tersebut digunakan juga oleh masyarakat untuk aktifitas sehari-hari. Penyakit gatal-gatal dan diare prevalensinya tinggi. Apakah masalah komunitas yang utama pada masyarakat tersebut ? a. Tingginya penyakit infeksi b. Ketidakmampuan masyarakat untuk hidup sehat c. Resiko tingginya angka kematian bayi dan balita d. Ketidakmauan masyarakat untuk merubah kebiasaannya e. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai hidup sehat 2. Perawat berusia 37 tahun sedang bertugas di daerah dengan 106 kepala keluarga, keadaan rumah 77 % semipermanen dengan pencahayaan dan ventilasi kurang baik. Rata-rata usia remaja 60 orang, kebiasaan remaja merokok 60%, penyakit TBC 30%, ISPA 20% dan 1 orang remaja meninggal karena penyakit TBC. Manakah pendidikan kesehatan yang paling tepat dilakukan oleh perawat ? a. Penkes ISPA b. Penkes TBC c. Penkes rumah sehat d. Penkes bahaya merokok e. Penkes kesehatan lingkungan 3. Pada saat melaksanakan pengkajian di desa tentang persepsi ibu-ibu terhadap pemberian ASI eksklusif. Perawat mengundang ibu-ibu yang sedang menyusui ke balai desa untuk mendengarkan pendapat mereka mengenai ASI Eksklusif. Apakah metoda yang tepat dalam pengumpulan data tersebut?

description

Soal to Regional 2015

Transcript of Soal to Regional 2015

Page 1: Soal to Regional 2015

Soal Latihan Try OutAkademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Sumedang2015

1. Hasil survey perawat di masyarakat 86 % penduduknya bermata pencaharian buruh dan peternak sapi. Jenis rumah 78 % semi permanen. Buang air besar di sungai. Sungai tersebut digunakan juga oleh masyarakat untuk aktifitas sehari-hari. Penyakit gatal-gatal dan diare prevalensinya tinggi. Apakah masalah komunitas yang utama pada masyarakat tersebut ?

a. Tingginya penyakit infeksib. Ketidakmampuan masyarakat untuk hidup sehatc. Resiko tingginya angka kematian bayi dan balitad. Ketidakmauan masyarakat untuk merubah kebiasaannyae. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai hidup sehat

2. Perawat berusia 37 tahun sedang bertugas di daerah dengan 106 kepala keluarga, keadaan rumah 77 % semipermanen dengan pencahayaan dan ventilasi kurang baik. Rata-rata usia remaja 60 orang, kebiasaan remaja merokok 60%, penyakit TBC 30%, ISPA 20% dan 1 orang remaja meninggal karena penyakit TBC.Manakah pendidikan kesehatan yang paling tepat dilakukan oleh perawat ?

a. Penkes ISPAb. Penkes TBC c. Penkes rumah sehatd. Penkes bahaya merokoke. Penkes kesehatan lingkungan

3. Pada saat melaksanakan pengkajian di desa tentang persepsi ibu-ibu terhadap pemberian ASI eksklusif. Perawat mengundang ibu-ibu yang sedang menyusui ke balai desa untuk mendengarkan pendapat mereka mengenai ASI Eksklusif. Apakah metoda yang tepat dalam pengumpulan data tersebut?

a. Surveyb. Key informantc. Windshield surveyd. Partisipasi observasie. Focus Group Discussion

4. Pada saat melaksanakan pengumpulan data di daerah padat penduduk, kondisi tempat tinggal berupa rumah kontrakan yang sempit dan gelap, rata-rata penduduk bekerja sebagai buruh pabrik tekstil dan semen, ditemukan peningkatan 10% kasus baru TB , TB BTA positif 30% , penduduk meninggal 2% karena TBApakah tindakan perawat yang paling tepat yang harus dilakukan?

a. Memberikan penyuluhan tentang bahaya TB Parub. Pelatihan kader tentang cara pencegahan penularan TB Paruc. Memberikan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih sehatd. Mengadvokasi lurah wilayah X untuk mengurangi kasus TB Parue. Bekerjasama dengan lurah wilayah X melaksanakan program bebas TB Paru

Page 2: Soal to Regional 2015

5. Perawat sedang melakukan pendidikan kesehatan kepada masyarakat di Posbindu tentang pentingnya kontrol atau pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, asam urat, gula darah secara rutin pada penderita hipertensi .Apakah tahapan intervensi pencegahan yang dilakukan perawat ?

a. Early Diagnosis b. Health Promotion c. Specific Protection d. Promotif Treatment e. Disability Limitation

6. Di wilayah terdapat jumlah penduduk 3000 orang dengan sosial ekonomi menengah, pendidikan 56 % SD, 30 % SLTA , bila menjelang musim kemarau akan tiba selalu terjadi DBD. Menurut kader, penduduknya tidak melaksanakan 3M, padahal sering diberi penyuluhan. Pada bulan ini 7 orang yang sakit BDB, 1 diantaranya meninggal.Apakah masalah keperawatan komunitas yang tepat ?

a. Meluasnya penyakit DBDb. Meningkatnya penyakit DBDc. Resiko peningkatan penyakit DBDd. Resiko terjangkitnya penyakit menulare. Perilaku kesehatan masyarakat tidak baik

7. Hasil pengumpulan data di Kelurahan diperoleh data; 500 jiwa penduduk, 75 orang balita, 20 % KMS balita berada pada garis kuning, 10 % di garis merah, 10 % balita menderita ISPA, 5 % balita menderita scabies, 70 % cakupan imunisasi Polio. Posyandu berjalan rutin dengan angka kunjungan 60 %.Apakah prioritas masalah pada kasus diatas ?

a. Risiko meningkatnya penyakit kelumpuhan pada balitab. Risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang pada balitac. Risiko meningkatnya gangguan penyakit kulit pada balitad. Risiko terjadinya gangguan system kekebalan tubuh pada balitae. Risiko meningkatnya angka kesakitan gangguan pernafasan pada balita

8. Hasil survey di perkotaan yang padat, jarak antar rumah 0,5 meter. 28.8 % masyarakat menderita ISPA, 3.2 % Diare, 3.2 % TBC. 52 % luas ventilasi yang kurang dari luas lantai, 68.8 % halaman dimanfatkan, 84.8 % jarak pembungan air limbah kurang dari 10 meter, 84.8 %tempat sampah terbuka, 50 % menempel dirumah.Apakah diagnosa prioritas utama berdasarkan kasus diatas ?

a. Risiko terjadinya penyakit pernafasan b. Risiko terjadinya penyakit integumenc. Risiko terjadinya penyakit pencernaand. Risiko terjadinya penyakit kardiovaskulere. Risiko terjadinya penyakit demam berdarah

9. Hasil pengkajian di perusahaan las besi dengan kondisi berdebu dan bising oleh kendaraan yang melintas dan benturan besi. Tenaga pekerja 3 orang, setiap hari

Page 3: Soal to Regional 2015

bekerja menggunakan masker yang menutupi mulutnya, tanpa menggunakan kacamata dan spatu boot. Pernah terjadi kecelakaan lalulintas didepan perusahann tersebut. Apakah fokus pendidikan kesehatan yang perlu disampaikan kepada tenaga pekerja tersebut ?

a. Penggunaan maskerb. Penggunaan kaca matac. Penggunaan kaca matad. Penggunaan pelindung telingae. Manfaat penggunaan alat pelindung diri

10. Hasil pengkajian di masyarakat terdapat kegiatan Posyandu secara berkala, yang dikelola oleh kader bersama perawat komunitas. Masyarakat tersebut mempunyai keinginan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri. Apakah jenis kegiatan pada kasus diatas?

a. Advocacyb. Kemitraanc. Promosi kesehatand. Pemberdayaan masyarakate. Kerjasama lintas sektor dan lintas program

11. Hasil pengumpulan data di daerah, warga mengatakan ada kebiasaan buruk warganya suka menumpuk barang bekas, 6% membuang sampah sembarang tempat, 48% di bakar, tidak ada tempat sampah, 31% orang dewasa merokok, 58% sinar matahari tidak masuk rumah, penampungan air terbuka, 20% letak kandang ternak <10m, 14% kandang tidak terawat, 3% BAB ke sungai,18% tidak punya WC.Apakah diagnosa komunitas yang paling tepat ?

a. Peningkatan penyakit ISPA berhubungan dengan kurangnya ventilasi lingkungan b. Kurang kesadaran warga berhubungan dengan kurangnya informasi kesehatanc. Resiko penyakit diare berhubungan dengan pembuangan limbah sembarangan d. Resiko malaria berhubungan dengan kondisi tempat penambungan air terbuka e. Resiko terjadinya peningkatan penyakit berbasis lingkungan

12. Hasil pengkajian di daerah ditemukan 75 % ibu melahirkan dibantu dukun (paraji), 2 % kematian ibu. ibu-ibu lebih memilih paraji karena biayanya lebih murah, bantuan berupa pemijatan dan perawatan bayi sampai 40 hari.Apakah intervensi yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut ?

a. Pendampingan kepada paraji b. Melakukan pelatihan pada paraji c. Melakukan konseling pada ibu hamil d. Pendidikan kesehatan pada ibu hamile. Penyuluhan tentang bahaya melahirkan di paraji

13. Hasil pengumpulan data di daerah 35 % berusia remaja, 1.8 % kebiasaan merokok, 1.28 % meminum minuman keras dan main kartu, dan 18% remaja mengisi waktu luang berkumpul dengan teman sebaya .Apakah intervensi komunitas yang perlu dilakukan?

Page 4: Soal to Regional 2015

a. Memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok b. Memberikan penyuluhan tentang tugas perkembangan remajac. Membentuk organisasi sebagai wadah kegiatan remaja oleh remaja sendirid. Memberikan penyuluhan akibat meminum minuman keras dan keamanan e. Membentuk organisasi remaja yang bermanfaat membangun wilayah desanya.

14. Pada saat melaksanakan pengumpulan data di daerah sarang TB Paru, banyak penduduk yang mengalami drof out pengobatan TB Paru. Menurut tokoh masyarakat setempat mereka menganggap TB Paru merupakan penyakit kutukan sehingga tidak akan sembuh dengan berobat. Apakah prioritas intervensi yang dilakukan ?

a. Meningkatkan pendidikanb. Memperbaiki keyakinanc. Mengkaji karakteristik d. Memperbaiki sikape. Merubah budaya

15. Pada saat melaksanakan pengumpulan data di sekolah terdapat 540 siswa, 80 % siswi, ruang UKS tidak berfungsi, 1 guru UKS, tidak memiliki kader kesehatan sekolah. 60 % siswi mengalami anemia ringan, 7 % anemia sedang. 50 % memiliki kebiasaan tidak sarapan dan tidak menyukai sayuran. Setiap hari rata-rata 18 orang sakit tidak sekolah, bila ada yang sakit di bawa ke RS atau pulang. Apakah penyebab terjadinya kasus diatas ?

a. Tidak ada UKSb. Guru UKS hanya seorangc. Tidak menyukai sayurand. Kurang aktivitase. Tidak ada kader kesehatan

16. Seorang perawat komunitas sedang membina satu kelurahan dengan jumlah penduduk 2500 orang. Hasil pengkajian 27 orang ibu hamil, 55 orang ibu menyusui, 135 balita, 500 orang usia remaja, dan 215 orang lanjut usia.Manakah prioritas kelompok yang dapat diintervensi ?

a. Ibu hamilb. Ibu menyusuic. Anak usia balita d. Anak usia remajae. Lanjut usia

17. Di satu desa terdapat 10 RW dengan jumlah kader 10 orang. Kader tersebut sudah dibebani tugas berbagai program sehingga ketika perawat komunitas mengajak kegiatan mereka menolak karena sudah lelah.Apakah tindakan perawat komunitas terhadap kondisi tersebut?

a. menyampaikan kekecewaan terhadap kader kesehatanb. mengumpulkan dan memberikan nasehat tentang tugas kader

Page 5: Soal to Regional 2015

c. memberikan penyuluhan kesehatan tentang kader kesehatand. mencari calon kader kesehatan untuk diberikan pelatihan kadere. mendekati kepala desa agar menugaskan kader melaksanakan tugas

18. Seorang laki-laki berusia 75 tahun sering mengalami lupa, bahkan lupa pada kejadian yang baru berlangsung. Keluhan tersebut sudah dirasakan sejak 6 bulan yang lalu. Apakah pemeriksaan yang harus dilakukan untuk mengkaji masalah tersebut?a. katz indexb. barthel indexc. beck depressiond. geriatric depresion skille. mini mental status exam

19. Seorang perempuan berusia 65 tahun, dibawa anaknya ke klinik penyakit saraf. Anaknya mengeluhkan bahwa ibunya sudah mengalami penurunan ingatan, sering tidak mau makan, mandi, karena merasa sudah melakukannya, bahkan sering meminta ditemani ke kamar kecil karena lupa tempatnya. Apakah masalah keperawatan yang menjadi prioritas?a. defisit perawatan dirib. perubahan proses pikirc. perubahan pola eliminasi:bakd. kurang pengetahuan tentang perawatane. gangguan pemenuhan nutrisi: kurang dari kebutuhan

20. Seorang laki-laki berusia 70 tahun tinggal bersama istri dan anaknya. Ia mengalami stroke sejak 2 tahun yang lalu sehingga segala kebutuhannya harus dibantu oleh keluarganya. Manakah kategori yang tepat bagi lansia tersebut jika dilihat berdasarkan KATZ indeks?a. kategori C b. kategori Dc. kategori Ed. kategori Fe. kategori G

21. Seorang laki-laki berusia 65 tahun ditinggalkan oleh istrinya yang sudah meninggal 2 bulan yang lalu. Pada saat dikaji, klien mengalami depresi dan masih merasakan bahwa istrinya masih ada.Apakah tindakan keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?a. memberikan terapi kognitifb. memberikan terapi mengenang kembalic. meminta klien untuk bersabar menerima kenyataand. meminta klien untuk mengungkapkan perasaaannya saat inie. mengembalikan klien kepada realitas bahwa istrinya sudah meninggal

22. Seorang laki-laki berusia 65 tahun ditinggalkan oleh istrinya yang sudah meninggal 2 bulan yang lalu. Pada saat dikaji, klien mengalami depresi dan masih merasakan bahwa istrinya masih ada.Bagaimanakah cara berkomunikasi dengan lansia tersebut?

Page 6: Soal to Regional 2015

a. beri perhatian terus – menerus.b. lakukan kontak sesering mungkinc. kemukakan kenyataan perlahan lahan.d. libatkan klien dalam menolong dirinya sendiri.e. libatkan staf dan anggota dalam memberikan perhatian

23. Seorang perawat mengkaji MMSQ pada lansia berusia 75 tahun di panti werdha, didapatkan hasil bahwa klien dapat menyebutkan tanggal, hari dan tempat tinggalnya sekarang dengan benar yaitu di panti wredha. Klien tidak mampu menyebutkan alamat asal, nama ibu dan tanggal lahirnya. Klien tidak bisa melakukan perhitungan sederhana.Berdasarkan hasil pengkajian diatas maka status mental klien adalaha. fungsi intelektual utuhb. fungsi intelektual tergangguc. kerusakan intelektual ringand. kerusakan intelektual sedange. kerusakan intelektual berat

24. Seorang perempuan berusia 78 tahun mengeluh sesak nafas, frekuensi nafas 39x/menit, frekuensi nadi 65x/menit, Tekanan darah 140/90 mmHg, suhu 36,70C, terdapat pernafasan cuping hidung, terdapat tarikan intercosta, serta terdapat suara nafas tambahan wheezing, tidak terdapat cyanosis dengan CRT < 2 detik.Apakah masalah keperawatan prioritas untuk kasus diatas adalaha. gangguan pola nafasb. resiko terjadinya injuryc. gangguan perfusi jaringand. gangguan hipervaskularisasie. bersihan jalan nafas tidak efektif

25. Seorang laki-laki berusia 65 tahun mengalami kesulitan berjalan, kaki klien tampak kaku, klien mengeluh nyeri pada saat digerakkan dengan skala nyeri 3 (1-5). Klien menggunakan tongkat untuk berjalan, dari hasil pengkajian barthel indeks didapatkan nilai 80. Klien mempunyai riwayat post stroke pada tahun 2010 dan 2013, dengan parestesia pada kedua ekstremitas bawah. Apakah prioritas masalah keperawatan untuk klien tersebut?a. gangguan interaksib. gangguan immobilisasic. resiko tinggi jatuh/injuryd. kerusakan mobilitas fisike. gangguan rasa nyaman nyeri

26. Seorang laki-laki berusia 70 tahun mengalami bronchopneumonia, keadaan umum klien TD 140/90 mmHg, RR 40 x/menit, suhu 36,50C, nadi 70 x/menit. Hasil pemeriksaan terdapat suara nafas tambahan yaitu ronchi dan rales, terdapat pernafasan cuping hidung, tidak terdapat sianosis. Klien sulit melakukan batuk efektif, klien tampak kesulitan bernafas akibat sekret yang menghalangi jalan nafas,.Apakah intervensi keperawatan utama untuk klien tersebut?a. lakukan suctionb. latih batuk efektifc. lakukan nebulizer

Page 7: Soal to Regional 2015

d. lakukan postural drainagee. berikan O2 nasal canule 2 lt/menit

27. Seorang perawat melakukan pengkajian pada lansia berusia 74 tahun di panti werdha, didapatkan hasil bahwa klien mandiri dalam makan, menggunakan pakaian, berpindah kecuali ke kamar mandi, klien memerlukan bantuan dalam mandi dan bantuan dalam kontenensia (BAK,BAB).Termasuk kedalam katz indeks manakah klien tersebut? 1. katz indeks B2. katz indeks C3. katz indeks D4. katz indeks E5. katz indeks F

28. Seorang laki-laki berumur 50 th datang ke sebuah poliklinik untuk melakukan skrining. Keluhan yang dirasakan adalah konstipasi, tinja terdapat darah hitam, sakit terasa di daerah abdomen kiri atas dan bawah. Hasil pemeriksaan USG menunjukkan terdapat massa di daerah kolon.Apakah yang dapat dijadikan petunjuk faktor risiko kanker kolon?

a. Riwayat kebiasaan makan makanan instanb. Riwayat merokokc. Riwayat keluarga dengan kanker kolond. Riwayat peradangan kolon atau polip saluran pencernaane. Riwayat peradangan lambung

29. Seorang perempuan usia 48 tahun dirawat di rumah sakit. Pasien mengeluh sakit bagian perut kanan atas. Setelah menjalani pemeriksaan Esophagogastrodoudenuscopy, pasien mengeluh rasa tidak nyaman, mual dan ingin muntah.Apakah tindakan keperwatan prioritas pada kasus tersebut?a. Memonitor suhu tubuh b. Memonitor rasa panas di dada c. Menuntun agar dapat bersendawa d. Menuntun agar dapat buang angin (flatus)e. Memberi kumur hangat untuk luka di tenggorokan

30. Seorang laki-laki usia 56 tahun dirawat di rumah sakit. Pasien mengeluh mual dan muntah. Perawat telah memberikan informasi kepada pasien tentang apa yang harus di lakukan saat prosedur Endoscopy. Pasien memberikan pernyataan setelah diberi informasi.

Manakah pernyataan pasien yang paling tepat?a. ”Saya senang tidak perlu mendapat bius umum.”b. “Saya senang tidak perlu berbaring untuk prosedur ini.”c. “Saya senang akan diberi obat penenang melalui infus.”d. “Saya mengerti, saya harus menandatangani surat persetujuan.”e. “Saya berharap mendapat obat semprot untuk menghilangkan rasa muntah

Page 8: Soal to Regional 2015

31. Seorang laki-laki usia 38 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan tidak bisa BAB. Pasien akan dilakukan pemeriksaan Barium Swallow (barium enema) keesokan hari. Perawat memberikan penyuluhan kepada pasien tersebut.Apakah informasi pertama diberikan?a. Memonitor muntahb. Memonitor konstipasi.c. Makan makanan lunak.d. Melanjutkan pengobatan oral.e. Puasa 8 jam sebelum prosedur.

32. Pasien dirawat di Rumah Sakit untuk menjalani Tes Toleransi Glukosa. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menentukan apakah pasien menderita hipoglikemia fungsional.Untuk mengurangi atau menghilangkan gejala yang dialami oleh pasien tersebut maka perawat menganjurkan makan lima sampai enam kali makanan sedikit-sedikit. Kandungan nutrisimanakah yang paling dibutuhkan pasien tersebut?a. Gula sederhana.b. Protein komplit.c. Karbohidrat kompleks.d. Lemak tidak jenuh.e. Vitamin.

33. Pasien dirawat di Rumah Sakit dengan untuk menjalani Tes Toleransi Glukosa. Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan pasien tersebut menderita hipoglikemia fungsional.Untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan manakah dari pernyataan berikut merupakan bukti terbaik bahwa pengobatan diit untuk mengontrol hipoglikemia merupakan terapeutik?a. Pasien mengalami berkurang rasa haus dan mulut kering.b. Pasien mengalami berkurang kejang otot dan kelelahan.c. Pasien mengalamiberkurang rasa lapar dan kejang perut.d. Pasien mengalami berkurang rasa haus dan kecemasan.e. Pasien mengalami berkurang rasa lapar dan kejang-kejang.

34. Seorang perempuan usia 30 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan nyeri saat berkemih, sering tapi sedikit-sedikit terutama di malam hari dan tidak nafsu makan. Pada pemeriksaan fisik ditemukan suhu : 37.6 ° C, Nadi ; 82 x/menit, TD : 110/70 mmHg., urin keruh, berbau tidak enak, ditemukan lekosit dan eritrosit.Apakah masalah keperawatan yang utama pada kasus diatas?a. Hipertermi b. Nyeri akut c. Kurang pengetahuand. Gangguan pola istirahate. Resiko ketidakseimbangan nutrisi : kurang dari kebutuhan

35. Tn. A (46 thn) dirawat untuk mengevaluasi tidak berfungsinya system perkemihan dan dijadwalkan untuk pemeriksaan MRI system perkemihan. Sebelum pemeriksaan MRI dilakukan, yang harus diobservasi dan dikaji oleh perawat adalah :a. Riwayat penyakit masa lalu

Page 9: Soal to Regional 2015

b. Riwayat penyakit keturunanc. Riwayat merokok dan minum beralkohold. Riwayat operasie. Riwayat penyakit sekarang

36. Seorang laki-laki usia 45 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan nyeri saat berkemih, sering tapi sedikit-sedikit terutama di malam hari dan tidak nafsu makan. Pada pemeriksaan fisik ditemukan suhu : 37.6 ° C, Nadi ; 82 x/menit, TD : 110/70 mmHg., urin keruh, berbau tidak enak, ditemukan lekosit dan eritrosit.Intervensi keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri pasien adalaha. Kolaborasi dalam pemberian antibiotikb. Melakukan pemasangan kateter indwellingc. Mengkaji tanda vital dan tingkat kesadarand. Menganjurkan pasien untuk banyak minum (8-10 gelas/hari)e. Mengukur pemasukan dan pengeluaran cairan secar akurat

37. Ny. M (50 thn) dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan lemas, ekstremitas bawah terasa lemas dan telapak kaki rasa terbakar. Pada pengkajian ditemukan : konjungtiva anemia, kulit berwarna lebih gelap, napas berbau ammonia, tampak luka pada bibir, sesekali pasien cegukan, kulit pasien tampak kering, pruritus. Pasien mengeluh tidak selera makan, berat badan turun beberapa bulan terakhir. Tanda vital : suhu, 36.8° C, nadi 90 x/m, pernapasan 28/m, TD 150/90 mmHg. Apakah pemeriksaan diagnostik yang menjadi parameter dalam menilai fungsi ginjal?a. Laju filtrasi glomerulusb. Pemeriksaan urinc. Pemeriksaan BUN d. Pemeriksaan elektrolit darahe. Pemeriksaan MRI

38. Seorang perempuan, berusia 31 tahun, di rawat dirumah sakit diruang muskuloskleletal dengan keluhan nyeri dan bengkak di lutut kanan, disertai krepitasi, mengeluh nyeri sendi panggul kanannya Dari anamnesis didapatkan pasien mengalami kecelakaan kendaraan bermotor, dari pemeriksaanfisikdidapatkan : skalanyeri 5 (dari skalanyei 5), krepitasi +, tidakterdapatluka. Apakah tindakan yang dilakukan pada pasien tersebut?a. Reduksib. Fiksasic. Fasiotomid. Pembidaiane. Traksi

39. Seorang laki-laki berusia 43 tahun di rawat dirumah sakit dengan keluhan sesak nafas. Pada pemeriksaan fisik ditemukan suara nafas wheezing, TD : 140/90 mmHg, frekuensi nadi: 80x/menit, frekuensi nafas 26x/menit, dan suhu : 37.5°C.Apakah tindakan keperawatan prioritas pada kasus tersebut?a. Mengatur posisi Fowlerb. Mengkaji status respirasic. Mengajarkan batuk efektifd. Posisikan pasien semi fowlere. Kolaborasi pemberian bronkodilator

Page 10: Soal to Regional 2015

40. Seorang perempuan berusia 26 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan mudah lelah. Pada pengkajian ditemukan tampak pucat, konjungtiva anemis, takhipnoe, pemeriksaan lab; Hb 8 gr%. Pasien memiliki riwayat gastritis kronis sejak usia 15 tahun. Apakah intervensi keperawatan untuk meningkatkan Hb?a. Anjurkan klien makan teratur dan kandungan gizi yang sesuai b. Kolaborasi dengan pihak medis untuk pemberian transfusi darahc. Kolaborasi dengan tim medis untuk pemberian zat besi (Fe) d. Anjurkan pemberian vitamin B12 per oral e. Anjurkan pemberian vitamin B6

41. Seorang laki-laki berusia 30 tahun dirawat karena mengalami pansitopenia. Saat ini klien dilakukan transfusi trombosit untuk mencegah perdarahan yang mengakibatkan kematian. Riwayat penyakit sebelumnya, klien pernah dirawat di RS karena penyakit typhoid duatahun yang lalu. Data yang dibutuhkan untuk melengkapi pengkajian riwayat sebelumnya yang dapat mendukung terjadinya pansitopenia adalah :a. Lamanya hari perawatan masa lalub. Frekwensikekambuhan sakit typhoidc. Jenisobat yang diminum saat mengalami sakit typhoidd. Jenis makanan yang dikonsumsi saat sakit dahulue. Jenis penyakit lanjutan setelah typhoid

42. Seorang pria berusia 50 tahun dirawat di ruang penyakit dalam karena mengalami anemia disebabkan gagal ginjal. Hasil pemeriksaan lab darah Hb 5 gr%. Rencana akan dilakukan transfuse PRC sebanyak 480 cc saat dilakukan hemodialisis. Berat badan klien adalah 60 Kg. Perkiraan peningkatan Hb setelah mendapat transfuse PRC 480 cc pada pasien tersebut adalah :a. 1 gr%b. 2 gr%c. 3 gr%d. 4 gr%e. 5 gr%

43. Seorang pria berusia 45 tahun mengeluh pusing dan mata terasa berkunang-kunang. Lima belas menit yang lalu klien mendapat terapi furosemide 2 ampul melalui intravena. Tindakan perawat untuk memastikan apakah keluhan klien disebabkan oleh karena efek samping obat adalah :a. Segera hitung frekwensi nadib. Segera hitung frekwensi pernapasanc. Segera ukur suhu tubuhd. Segera ukur tekanan darahe. Segera ukur nilai GCS

Page 11: Soal to Regional 2015

44. Seorang laki-laki usia 40 tahun dirawat dirumah sakit dengan keluhan nyeri abdomen dengan skala 2 (0-5). Pada pengkajian didapatkan: TD 120/80 mmh, frekuensi nadi 94 x/menit, suhu 38,5 oC, dan frekuensi nafas 20x/menit.Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus diatas ?a. Nyeri b. Pusing c. Kecemasand. Hiperpirexia e. Kekurangan volume cairan

45. Ketika perawat Asep sedang berada di nursing station, tiba-tiba datang seorang ibu dan mengatakan bahwa suaminya demam tinggi, kemudian perawat Asep memeriksa suhu pasien tersebut dan didapatkan suhu anak 38,8 oC. Kemudian perawat Asep berencana akan melakukan kompres hangat pada anak tersebut.Apakahtindakantepat yang dilakukanolehperawatAseptersebut ?a. Induksi b. Konveksic. Radiasid. Evaporasie. Durasi

46. Seorang laki-laki usia 55 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan Buang Air Besar encer 10-12 kali.Pada pengkajian ditemukan TD 100/60 mmHg, frekuensi nadi 100 x/menit, suhu 37,8 derajat celcius, turgor menurun dan pasien tampak lemas.Apakah masalah keperawatan utama pada kasus diatas ?a. Hipertermia b. Intoleransi aktivitas c. Gangguan integritas kulit d. Deficiency volume cairan e. Kecemasan pada orang tua

47. Perawat Asep mengkaji Tn “I” yang berusia 30 tahun. Perawat Asep mendapatkan data: tekanan darah 90/60 mmhg, frekuensi nadi 120x/menit, suhu 38 derajat celcius, turgor menurun, mata cekung, CRT > 2 second, output < 1 ml/kg BB/jam. Data yang manakah yang menunjukan adanya gangguan fungsi ginjal adalaha. Tekanan darah 90/60 mmhgb. Turgor menurunc. Output < 1 ml/kg BB/jamd. Mata Cekunge. CRT > 2 second

48. Perawat Dian sedang mengkaji Tn “N” yang berusia 50 tahun, setelah pemeriksaan fisik didapatkan data tekanan darah 90/60 mmhg, frekuensi nadi 110 x/menit, suhu 38 derajat celcius, frekuensi respirasi 28 x/menit, akral dingin, mata cekung, CRT 2 detik. Apakahrasional yang paling tepatuntukkondisiakraldingin ?a. Tekanan darah 80/60 mmhgb. Frekuensi nadi 120x/menitc. CRT 2 detikd. MAP yang tidak normal

Page 12: Soal to Regional 2015

e. Karena akral adalah area yang jauh dari jantung

49. Seorang perempuan usia 55 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan sesak nafas terutama saat tidur terlentang. Pada pengkajian didapatkan wheezing, berkeringat di wajahnya, cuping hidung bergerak, dan gerakan tulang iga yang berlebihan.Apakah tindakan keperawatan utama pada kasus diatas ? a. Memberikan nebulizer inhalasib. Memberikan oksigen melalui nasal kanulec. Melakukan suction pada saluran nafas pasiend. Memposisikan pasien dengan tidur semi fowlere. Kolaborasi pemberian bronkhodilator melalui IV

50. Seorang laki-laki usia 40 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan nyeri pada area pemasangan WSD. Pada pengkajian ditemukan selang WSD terdapat cairan, pasien mengatakan sesak sudah berkurang.Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus diatas? a. Intoleransi aktifitasb. Bersihan nafas tidak efektifc. Gangguan rasa nyaman nyerid. Infeksi pada lokasi pemasangan CTTe. Resiko tinggi terjadi peluasan infeksi

51. Seorang Pria berumur 45 tahun dirawat di ruang bedah karena mengalami jatuh dari roda dua, mengeluh nyeri pada kedua sisi dada, nyeri bertambah saat inspirasi, ada pembengkakan lokal dan waktu dipalpasi adanya krepitasi, pasien menahan dadanya dan bernafas pendek, nadi 90 X/mnt dan T/D 100/60.Apakah intervensikeperawatan pada prioritas pertama diagnosa keperawatan ? a. Berikan masker oksigen sesuai kebutuhanb. Posisikan pasien miring ke sebelah yang tidak nyeric. Kolaborasi pemberian obat analgetikd. kaji skala nyerie. bimbing pasien untuk relaksasi

52. Seorang laki-laki usia 60 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan demam dan sesak nafas. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suara nafas ngorok, dahak berwarna kehijauan, perkusi pekak, fremitus melemah, ronkhi dan suara nafas melemah. Pasien didiagnosa medis Pneumonia.Apakah diagnosa keperawatan utama pada kasus diatas ? a. Hipertermi berhubungan dengan proses infeksib. Bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan inflamasi jaringan paruc. Resiko penyebaran infeksi berhubungan dengan tidak adequatnya pertahan tubuhd. Resiko kekurangan volume cairan berhubungan dengan intake orar tidak adequate. Intoleransi aktifitas berhubungan dengan ketidak seimbangan supplai dan kebutuhan

53. Seorang laki-laki berusia 29 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan sesak nafas. Pada Pemeriksaan fisik didapatkan pasien terpasang tracheostomy dengan trakea canule banyak sekret sehingga menghambat masuknya oksigen, Pemeriksaan tanda vital : TD 110/70 mmHg, frekuensi nadi 90 X/menit, dan frekuensi nafas 28 X/menit.

Page 13: Soal to Regional 2015

Apakah tindakan keperawatan utama pada pasien tersebut ? a. Mengukur tanda-tanda vitalb. Mengobservasi tanda-tanda sianosisc. Menentukan tingkat kesadaran pasiend. Melakukan suction pada trakheostomye. Mengobsevasi tanda-tanda perdarahan

54. Pasien T datang ke IGD post kecelakaan. Saat dikaji, TD 140/90 mmHg HR 110x/mnt RR 30 x/mnt, SpO2 91%. Tampak luka diarea kepala dan tampak perdarahan. Saat dikaji mata bereaksi terhadap rangsang nyeri, respon motoric dapat menarik diri dari rangsang nyeri, dan pasien hanya mampu mengerang.Berapakah nilai Glasglow Coma Scale pasien berdasarkan kasus diatas ?a. E3 M3 V2 b. E3 M3 V2c. E2 M4 V2d. E2 M4 V3e. E2 M4 V4

55. Tn. A setelah dilakukan pemeriksaan BGA didapatkan hasil:PH=7,30 PCO2=98 PO2=81 HCO3=23 BE= -2 Saturasi O2 94%, .Jenis masker support O2 apakah yang tepat diberikan pada Tn.A?a. Nasal canuleb. Simple maskc. Rebreathing maskd. Non Rebreathing maske. Continuous Positive Airway Preassure (CPAP)

56. Seorang laki-laki berusia 48 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan buang air besar lebih dari 6 kali sehari. Pada pemeriksaan didapatkan turgor kulit menurun, TD : 90/70 mmHg, frekuensi nadi 120 x/menit, frekuensi nafas 20 x/menit. Dokter menginstruksikan untuk memberikan cairan RL dilanjutkan Dextose 5% dalam 24 jam.Berapakah jumlah tetesan infus yang harus diberikan?a. 35 Tpmb. 30 Tpmc. 25 Tpmd. 20 Tpme. 15 Tpm

57. Seorang perawat akan menghitung berat badan ideal dari pasiennya. Diketahui berat badannya 57 kg dan tingginya 155 cm.Berapa berat badan ideal pasien tersebut?a. 47 kgb. 48,5 kgc. 49,5 kgd. 50 kge. 55 kg

58. Tn. W datang ke poliklinik dengan keluhan pada saat buang air kecil berwarna seperti teh yang pekat dan tinjanya berwarna pucat. 5 hari yang lalu, Tn. W mengeluh sakit

Page 14: Soal to Regional 2015

pinggang dan panas. Setelah diperiksa, S: 36° C, N: 50x/ menit, tampak ikterus pada kulit dan sklera. Tn. W didiagnosa Hepatitis.Apakah fase penyakit hepatitis Tn. W?a. Fase pre ikterikb. Fase ikterikc. Fase post ikterikd. Fase penyembuhane. Fase pemulihan

59. Seorang laki-laki usia 45 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan batuk dan sesak napas. Pada pemeriksaann fisik didapatkan TD 115/80 mmHg, frekuensi nafas 24 x/menit, frekuensi nadi 110 x/menit, sputum kental , wheezing dan ronkhi.Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

a. Gangguan pertukaran gasb. Penurunan kardiak outputc. Kerusakan perfusi jaringand. Ketidak efektifan pola pernafasan.e. Bersihan jalan nafas tidak efektif.

60. Seorang laki-laki usia 51 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan sesak nafas. Pada pemeriksaan fisik didapatkan frekuensi nafas 26x/menit dengan posisi semi fowler, ronkhi. Hasil Analisa Gas Darah: pH 7.2, PaO2 70 mmHg, PCO2 60 mmHg, dan H2CO3 22 mEq/L.Apakah pendidikan kesehatan prioritas pada kasus tersebut?

a. Latihan nafas dalamb. Latihan batuk efektifc. Latihan pengembangan parud. Latihan pursed lips breathinge. Latihan pernafasan diafragma

61. Seorang perempuan berusia 28 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan batuk berdahak tidak sembuh-sembuh sudah satu bulan dan sering berkeringat pada malam hari. Pada pemeriksaan didapatkan foto dada dengan sinar X dan hasil laboratorium BTA (+).Apakah pendidikan kesehatan untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit ?

a. Ajarkan pasien untuk berlatih napas dalamb. Anjurkan minum obat setiap hari tanpa terlewatc. Anjurkan keluarga untuk melakukan skrining tesd. Jelaskan jenis makanan tinggi kalori dan tinggi proteine. Ajarkan menutup hidung dan mulut jika batuk, dan bersin.

62. Seorang laki-laki berusia 40 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan sesak nafas. Pada pemeriksaan didapatkan frekuensi nafas 20 x/menit dan suara rales.Apakah tindakan keperawatan prioritas pada pasien tersebut?

a. Melakukan nebulisasib. Mengajarkan batuk efektif

Page 15: Soal to Regional 2015

c. Memberikan posisi semi fowlerd. Mengeluarkan sputum dengan mesin suctione. Memasang oksigen 2 liter/menit melalui binasal canule

63. Pasien laki-laki 47 tahun dirawat di ruang penyakit dalam rumah sakit F dengan gangguan sistem pernapasan. Hasil AGD adalah sebagai berikut pH 7.25, PaO2 75 mmHg, PCO2 55 mmHg, HCO3 24 mEq/L.Apakah masalah yang terjadi pada pasien tersebut?

a. Asidosis respiratorikb. Alkalosis respiratorikc. Asidosis metabolikd. Alkalosis metabolike. Asidosis respiratorik dan metabolik

64. Pasien perempuan usia 35 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan hasil pengkajian pitting edema +4 di ekstremitas bawah, nafsu makan berkurang, terpasang kateter urin dengan jumlah 200 cc dalam 24 jam. Apakah pemeriksaan diagnostik yang diperlukan selanjutnya?

a. Cek PT/APTTb. Cek darah rutinc. Cek albumind. Cek gula darahe. Cek SGOT/SGPT

65. Seorang laki-laki usia 60 tahun dirawat dirumah sakit dengan keluhan kencing tidak lancer. Pada pemeriksaan fisik terpasang kateter urin sejak 7 hari yang lalu setelah dilakukan pembedahan prostat. Pasien tersebut akan dilakukan pencabutan kateter. Apakah tindakan keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

a. Mempersiapkan alat b. Melatih kegel exercisec. Mencabut kateter urin d. Melakukan bladder traininge. Memberikan penjelasan tentang prosedur

66. Seorang laki-laki berusia40 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan sesak nafas. Pada pemeriksaan fisik didapatkan frekuensi nafas 28 x/menit, TD 110/80 mm Hg, frekuensi nadi 85 x/menit. Pasien kemudian diberikan oksigen 3 liter melalui nasal canule dan posisi duduk.Apakah tindakan keperawatan berikutnya pada kasus tersebut ?

a. Lakukan latihan pursed lips breathingb. Mengecek tabung humidifier tiap 15 menitc. Pasang pengikat selang di belakang kepala pasiend. Monitor status pernafasan pasien tiap 15 – 30 menite. Menaikkkan volume oksigen secara bertahap sampai 6 liter/menit

Page 16: Soal to Regional 2015

67. Seorang laki-laki 45 tahun dirawat dengan keluhan nyeri dada. Untuk mengetahui perkembangan pasien, maka dilakukan pemeriksaan EKG secara rutin oleh perawat. Pada saat merekam jantung, terlihat gambaran ST Elevasi di L II, L III dan aVF.Dimanakah lokasi injury yang terjadi pada pasien tersebut adalah?

a. Septalb. Anteriorc. Posteriord. Inferiore. Lateral

68. Seorang laki-laki berusia 35 tahun sedang menjalani hemodialisa. Pada saat ini, frekuensi hemodialisa yang dilakukan menjadi lebih sering karena pasien tidak bisa menjaga pola makannya sehingga kadar ureum kreatinin meningkat lebih cepat.Apakah pendidikan kesehatan nutrisi pada kasus tersebut?

a. tinggi seratb. rendah lemakc. tinggi vitamind. rendah proteine. rendah karbohidrat

69. Seorang laki-laki berusia 60 tahun dirawat di ruang penyakit dalam akibat menderita gagal jantung FC III. Hasil pengkajian diketahui mengeluh sesak nafas, tekanan darah 100/70 mmHg, frekuensi nadi 90 x/menit, suhu 37,1 ° Celcius, frekuensi napas 32 x/menit, Crackles terdengar di kedua lapang paru. Setelah diberi terapi oksigen 3 lpm dan mengatur posisi semi fowler, klien mengatakan sesak berkurang walaupun masih terasa berat saat menarik nafas.Apa tindakan kolaboratif selanjutnya yang harus dilakukan oleh perawat?

a. Ganti terapi oksigen menggunakan simple maskb. Lakukan pemeriksaan gas daraharteric. Lakukan pemeriksaan foto thoraksd. Berikan terapi diuretik intra venae. Berikan terapi inhalasi

70. Seorang laki-laki usia 60 tahun) yang dirawat di ruangan rawat dengan diagnosis gagal jantung FC III, masih terpasang CVC ( central Venous Catether) manual, mengeluh sesak nafas, lalu saat dikaji Tekanan darahnyaD 100/70 mmHg, frekuensi nadinya 90 x/menit, suhu 37,1 ° Celcius, frekuensi pernafasan 32 x/menit, Crackles terdengar di kedua lapang paru, CVP terakhir 11 cmH2O. Saat pergantian dinas, perawat D akan mengukur CVP (central venous pressure) secara manual.Apa yang dimaksud dengan tahap leveling dan zeroing dalam mengukur CVP ?

a. Mensejajarkan letak titik nol dengan vena juguarisb. Mensejajarkan letak titik nol denga natrium kananc. Mensejajarkan letak titik nol dengan titik erbd. Mensejajarkan letak titik nol dengan ventrikel kanane. Mensejajarkan letak titik nol dengan apeks jantung

Page 17: Soal to Regional 2015

71. Seorang laki-laki berusia 30 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan kembung pada abdomen. Pada pemeriksaan didapatkan BB 50 kg, TD 100/60 mmHg, frekuensi nadi 90 x/menit, frekuensi nafas 20 x/menit, suhu 37,8°Celsius, urine output 1200 cc/24 jam, bising usus belum terdengar, dan bibir tampak kering.Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

a. Infeksib. Hipertermic. Gangguan rasa nyaman, nyerid. Nutrisi kurang dari kebutuhane. Gangguan keseimbangan cairan

72. Seorang laki-laki berusia 45 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan dysuria dan terasa panas saat BAK. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu 38 Q C, TD 130/80 mmHg, dan lekosit pada urine (++).Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?a. Nyerib. Infeksic. Kurang volume cairand. Kelebihan volume cairane. Perubahan pola eliminasi urine

73. Seorang laki-laki berusia 40 tahun dirawat di rumah sakit dengan kesadaran belum pulih. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien telah menjalani operasi Appendextomie 2 jam, TD 100/80 MmHg, frekuensi nadi 78 x /menit, frekuensi napas 18x/menit, dan suhu 35,2 Q Celcius.Apakah tindakan keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

a. posisikan kepala ekstensib. ambil bengkok dan tissuec. posisikan pasien semi fowlerd. posisikan pasien tanpa bantale. penghisapan muntah sisa makanan

74. Seorang wanita berusia 45 tahun dirawat di ruang bedah dengan Ca Mamae. Pada saat pengkajian pasien mengatakan pernah dilakukan pengangkatan benjolan sekitar 1 tahun yang lalu, namun benjolan terasa kembali. Pasien mengeluh malu karena badannya menjadi kurus, kepala botak dan kulitnya hitam akibat tindakan chemotherapi.Apakah masalah keperawatan prioritas pada pasien tersebut?a. Gangguan integritas kulitb. Gangguan pemenuhan nutrisic. Gangguan konsep diri: Body imaged. Gangguan Gamgguan rasa aman: cemase. Gangguan interaksi sosial

75. Seorang perempuan berusia 20 tahun di rawat di ruang bedah dengan diagnose post operasi appendectomy POD I. Pada saat dikaji tampak pasien masih kesakitan dengan skala nyeri 4 (1-10). Pasien tampak melakukan tarik nafas dalam saat terasa nyeri. Pasien masih berbaring dan takut bergerak karena takut jahitannya lepas.

Page 18: Soal to Regional 2015

Apakah tindakan prioritas pada pasien tersebut?a. Menganjurkan pasien untuk melanjutkan tehnik relaksasib. Membantu pasien untuk latihan mobilisasic. Membantu memberikan makand. Melakukan tehnik distraksie. Mengusap-usap daerah sekitar nyeri

76. Seorang laki-laki berusia 60 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan Decompensatio cordis. Pada saat dikaji pasien mengeluh sesak nafas dan cepat lelah jika beraktifitas. Hasil pengkajian didapatkan respirasi 30 x/mnt, terpasang oksigen 3 lt/mnt, dan posisi tidur semi fowler. Pasien menolak dilakukan pemasangan kateter untuk membantu Buang air kencing, karena takut nyeri dan tidak terbiasa.Bagaimanakah sikap perawat dengan penolakan yang dilakukan oleh pasien tersebut?a. Mengikuti apa yang diminta oleh pasienb. Menjelaskan maksud pemasangan kateterc. Mengganti pemasangan kateter dengan kondom kateterd. Memasang kateter cukup persetujuan dari keluarga pasiene. Pasien membuat surat penolakan dilakukan pemasangan kateter

77. Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke poliklinik penyakit dalam dengan keluhan panas badan terutama sore menjelang malam, lemah dan tidak nafsu makan. Pada saat dikaji kulit wajah tampak kemerahan, S: 390C, Nadi 92 x/mnt, lidah tampak kotor dan hasil pemeriksaan widal positifApakah tindakan keperawatan prioritas pada pasien tersebuta. Memberikan kompres hangatb. Memberikan makanan lunakc. Melakukan oral higiened. Memonitor tanda-tanda vitale. Memasang infus

78. Seorang laki-laki berusia 50 tahun di rawat di ruang bedah dengan keluhan adanya luka di bagian pinggung yang tidak sembuh-sembuh. Awalnya luka tersebut kecil seperti bisul. Pada saat dilakukan ganti balutan tampak luka dengan diameter 10 cm, keadaan luka bernanah dan bau. Apakah yang harus di evaluasi oleh perawat setelah melakukan perawatan ganti balutan?a. Keadaan luka dan nanahb. Skala nyeri pada lukac. Pola makan sehari-harid. Ekpresi muka saat ganti balutane. Aktifitas sehari-hari

79.80. Seorang laki-laki berusia 50 tahun di rawat di ruang ICU denganstroke. Pada saat

dikaji pasien tampak kotor, bau dan mengalami penurunan kesadaran dengan GCS 9.Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan sebelum memandikan pasien tersebut?a. Meminta izin pada pasien untuk memandikanb. Meminta izin kepada keluarga pasien untuk memandikanc. Memandikan tanpa perlu izin karena pasien dengan penurunan kesadarand. Menutup sampiran supaya terjaga privacy pasien

Page 19: Soal to Regional 2015

e. Memakai masker

81. Seorang laki-laki berusia 60 tahun di rawat di ruang CICU dengan CAD-STEMI. Hasil pengkajian pasien mengeluh nyeri dada, frekuensi nafas 25 x/menit, terpasang monitor EKG dengan adanya ST Elevasi. Tiba-tiba pada monitor EKG tampak garis lurus.

82. Apakah langkah awal tindakan yang harus dilakukan pada pasien tersebut?a. Cek kesadaran pasienb. Cek elektrode pasienc. Siapkan pemasangan defibrilatord. Lakukan Resusitasi Jantung parue. Mintatolong pada tenaga kesehatanlain

83. Seorang remaja berusia 19 tahun dibawa ke IGD karena mengalami kecelakaan lalulintas. Pada saat datang kondisi pasien dengan penurunan kesadaran, terdengar suara ngorok, keluar darah dari hidung dan telinga.Apakah tindakan utama yang harus dilakukan pada pasien tersebut?a. Pasang infusb. Pasang oksigenc. Bebaskan jalan nafasd. Lakukan perawatan lukae. Periksa tanda-tanda vital

84. Seorang laki-laki berusia 40 tahun dibawa ke IGD dengan open fraktur femur. Hasil pengkajian pasien compos mentis, tampak perdarahan di daerah fremur, terdapat luka robek di sekitar fraktur, tekanan darah : 120/80 mmHg, frekuensi nadi : 98 x/menit, frekuensi nafas 22 x/menit, skala nyeri 8 (0-10)Apakah tindakan keperawatan prioritas yang harus dilakukan pada pasien tersebut?a. Memberikan oksigenb. Melatih tehnik relaksasic. Melakukan perawatan lukad. Melakukan pemasangan infuse. Menghentikan perdarahan dan immobilisasi

85. Seorang wanita berusia 50 tahun di rawat di ruang bedah syaraf dengan post operasi craniotomy akibat SOL. Pada saat dikaji pasien masih dengan penurunan kesadaran karena DPO, terdapat luka operasi di kepala dan terpasang drain dengan jumlah cairan yang keluar 30 cc berwarna merah.Apakah yang perlu dikaji ulangdari mata pasien untuk melihat resiko adanya perdarahan di daerah kepala?a. Sklerab. Pupilc. Retinad. Irise. Lensa

86. Seorang laki-laki berusia 70 tahun diantar ke IGD dengan penurunan kesadaran akibat nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, sejak 30 menit yang lalu. Pada saat dilakukan pemeriksaan EKG ditemukan gambaran ventrikel tachicardia (VT).Apakah tindakan keperawatan yang tepat pada pasien tersebut?

Page 20: Soal to Regional 2015

a. Lakukan RJP 30 : 2b. Pasang infus dua jalurc. Lakukan DC syok 360 jouled. Berikan adrenalin 1 mg intravenae. Berikan amiodaron 300 mg intravena

87. Seorang laki-laki berusia 27 tahun dibawa ke IGD karena kecelakaan lalu lintas. Pasien melakukan gerakan menarik anggota badan bila diberi rangsang nyeri, suara tidak jelas, dan tidak dapat membuka mata saat diberi rangsang nyeri.Berapa nilai GCS pada pasien di atas?

a. 6b. 7c. 8d. 9e. 10

88. Seorang laki-laki berusia 46 tahun dibawa ke IGD karena mengalami kecelakaan jatuh dari atap rumahnya. Hasil pengkajian pasien tersebut mengalami penurunan kesadaran dan lidah mengalami prolaksus ke belakang.Apakah tindakan selanjutnya yang harus dilakukan pada pasien tersebut?

a. Pasang infusb. Buka jalan napasc. Cek respon pasiend. Berikan napas buatane. Berikan terapi oksigen

89. Seorang perempuan berusia 45 tahun datang ke IGD. Pada saat dilakukan pengkajian, ditemukan frekuensi nafas 34 kali/menit, pernafasan tidak teratur, terlihat penggunaan otot tambahan pernafasan, terdapat sputum dalam jumlah banyak, refleks batuk kurang.Apakah diagnosa keperawatan yang tepat untuk permasalahan diatas?

a. Pola napas tidak efektif b. Penurunan curah jantungc. Gangguan pertukaran gasd. Gangguan perfusi jaringan perifere. Bersihan jalan napas tidak efektif

90. Seorang laki-laki berusia 65 tahun dibawa oleh keluarga ke unit emergensi. Laki-laki tersebut terlihat tidur namun membuka mata saat diberi rangsangan dengan suara keras, melakukan gerak menarik dari sumber rangsang dan suaranya tidak mengandung arti.

Berapakah nilai kesadaran (GCS) pasien di atas?

a. E2M2V2b. E3M2V2

Page 21: Soal to Regional 2015

c. E3M3V3d. E3M4V3e. E4M3V3

91. Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri ulu hati disertai mual dan muntah, cairan yang keluar berwarna merah kecoklatan. Hasil pengkajian adanya distensi abdomen, nyeri tekan abdomen, Tekanan Darah 120/80 mmHg, frekuensi nadi 88 X/menit, Suhu 38 0 C, frekuensi nafas26X/menitApakah tindakan yang tepat pada kasus diatas?a. Pemasangan infusb. Pemasangan oksigenc. Pemberian kompres dingind. Pemberian kompres hangate. Pemasangan Nasogastric tube

92. Seorang laki-laki berusia 35 tahun mengalami luka bakar di muka dan leher dikarenakan terbakar api. Hasil pengkajian didapatkan batuk dengan sputum warna hitam, suara serak, rambut nasal terbakar, data laboratorium P02 80 %, PCO2 50%, Hb : 8 gr/dL.Apakah masalah keperawatan pada pasien diatas?a. Nyeri akut b. Defisit volume cairanc. Kerusakan integritas kulitd. Perubahan perpusi jaringane. Gangguan pertukaran gas

93. Seorang perempuan berusia 30 tahun dibawa ke IGD dengan luka bakar di seluruh ektremitas atas dan bawah akibat tersiram air panas. Hasil pengkajian berat badan pasien 60 Kg, luka tampak kemerahan, terdapat bulae, tekanan darah 90/60 mmHg, frekuensi nafas 28 x/menit, frekuensi nadi 114 x/menit.Apakah tindakan keperawatan mandiri utama yang tepat pada kasus diatas ?a. Pasang infus b. Berikan oksigenc. Monitor tetesan infusd. Pasang kateter jika luka bakar > 30%e. Periksa Hematokrit, BUN, elektrolit setiap 12 jam

94. Seorang wanita berusia 30 tahun jatuh dari motor dan mengalami cedera kepala. Korban tidak sadarkan diri, tidak terdapat muntahan, terdapat luka robek pada area temporal, pupil anisokor, nadi teraba cepat dan lemah, frekuensi nafas 28x/menit.Apakah penanganan awal pada korban kecelakaan diatas?a. Lakukan RJPb. Berikan nafas buatanc. Lakukan perawatan lukad. Lakukan head tilt chin lifte. Proteksi servikal dan patensi jalan napas

95. Seorang perempuan berusia 23 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian didapatkan pasien membuka mata ketika diberi rangsang nyeri, pasien

Page 22: Soal to Regional 2015

terus berbicara kacau tidak dimengerti, dan posisi extremitas cenderung fleksi abnormal.Berapakah nilai GCS pada pasien diatas?a. 8b. 9c. 10d. 11e. 12

96. Seorang laki-laki berusia 35 tahun datang ke unit gawat darurat dengan keluhan nyeri hebat di abdomen. Hasil pengkajian terdapat distensi abdomen, tekanan darah 90/60mmHg, frekuensi nadi 100x/menit, frekuensi nafas 32x/menit, suhu 38 0 C. Pasien mempunyai riwayat appendicitis 2 tahun yang lalu. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut?a. Nyerib. Hipertermic. Resiko tinggi infeksid. Gangguan Istirahat tidure. Gangguan keseimbangan cairan

97. Seorang laki-laki berusia 18 tahun, tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri saat sedang berolahraga. Seorang perawat yang sedang tidak bertugas kebetulan sedang berada di sana, kemudian ia berusaha menolong laki-laki tersebut.Apakah tindakan awal yang tepat dilakukan pada kasus tersebut?a. Lakukan RJP b. Cek kesadaran c. Cek pernafasand. Buka jalan nafase. Pindahkan pasien

98. Seorang laki-laki berusia 17 tahun dibawa ke IGD akibat kecelakaan lalu lintas. Hasil pengkajian terdapat luka terbuka pada area tangan dan kaki, pasien mengalami fraktur 1/3 femur distal, tekanan darah; 100/70mmHg, frekuensi nadi; 120x/menit teraba lemah, frekuensi nafas 30x/menit, suhu 36.5 0C, Apakah tindakan keperawatan utama pada kasus tersebut?a. Pasang infus b. Lakukan perawatan lukac. Observasi tanda-tanda vitald. Ajarkan teknik nafas dalame. Hentikan sumber perdarahan

99. Seorang laki-laki berusia 70 tahun, datang ke unit gawat darurat dengan keluhan sakit dada yang menjalar ke leher dan lengan sebelah kiri yang berlangsung lebih dari 30 menit, nyeri dirasakan kurang lebih sudah sejak 5 jam yang lalu. Pada pemeriksaan menunjukkan adanya ST elevasi pada gambaran EKG,Hipotensi, ronkhi basah basal, keringat dingin. Saat dilakukan TRIASE awal perawat telah memberikan tindakan stabilisasi hemodinamik dan penanganan nyeriApakah tindakan keperawatan selanjutnya yang tepat dilakukan pada kasus tersebut?a. Kolaborasi pemberian Nitratb. Kolaborasi pemberian Aspirin

Page 23: Soal to Regional 2015

c. Kolaborasi pemberian Heparind. Kolaborasi pemberian Trombolytice. Kolaborasi Pemberian Primary PTCA

100. Seorang perempuan berusia 65 tahun dibawa ke IGD dengan keluhan sakit pada paha kaki sebelah kanan akibat terjatuh dikamar mandi. Hasil pengkajian bagian paha pasien tampak bengkak, krepitasi positif , pasien tampak gelisah, tekanan darah 140/80mmHg, frekuensi nadi 100x/menit, frekuensi nafas 26x/menit, suhu 36.5 0C.Apakah tindakan keperawatan awal yang dilakukan pada kasus tersebut?a. Berikan therapy O2b. Kaji persepsi klien tentang nyeric. Kolaborasi pemberian analgetikd. Lakukan latihan rentang gerake. Imobilisasikan area yang terkena