SIRKULASI

download SIRKULASI

of 30

  • date post

    29-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    35
  • download

    2

Embed Size (px)

description

sirkulasi koroner, supali darah ke jantung

Transcript of SIRKULASI

  • SIRKULASI KORENERAMALIA ATIN FRANTIKAEKA SUSANTIMIA PUTRI NINGRUMWAHYUDI RAHMAN

  • SIRKULASI KORENERSirkulasi koroner meliputi seluruh permukaan jantung membawa oksigen dan nutrisi ke Miokardium melalui cabang-cabang intramiokardial yang kecil-kecil. Aliran darah koroner meningkat pada:1. Aktifitas2. Denyut jantung3. Rangsang sistem syaraf simpatis

  • ARTERI KORONERArteri koroner adalah jaringan pembuluh darah yang membawa oksigen dan darah kaya nutrisi ke jaringan otot jantung.Arteri koroner keluar dari aorta (pembuluh darah utama dari jantung)

  • STRUKTUR ARTERI KORENERSeperti arteri lain dalam tubuh, arteri koroner mempunyai tiga lapisan.Dinding arteri terdiri dari tiga lapis.Tunika adventisia: Lapisan terluar yang terdiri atas jaringan ikat fibrus. Lapisan luar merupakan pelindung.Tunika media: Lapisan tengah yang berotot dan elastis.Tunika intima: Lapisan dalam yang endotelial yang melindungi jaringan di dalamnya.

  • STRUKTUR ARTERI KORENERBerbeda dalam satu hal - darah hanya dapat mengalir melalui pembuluh ini ke dalam otot jantung diantara detakan jantung, ketika jantung istirahat (relax).

  • STRUKTUR ARTERI KORENER

  • Lanjutan...Arteri Korener bercabang menjadi arteri korener kanan dan arteri korener kiri.

    Arteri koroner kiri dan kanan adalah pembuluh yang relative kecil, keduanya mempunyai diameter hanya 3 sampai 4 milimeter.

  • ARTERI KORENER

  • ARTERI KORENER KANANArteria coronaria dextra berasal dari sinus anterior aorta dan berjalan ke depan di antara trunkus pulmonalis dan auricula dextra. Arteri ini berjalan turun hampir ventrikel di dalam sulcus atrio-ventrikulare dextra

  • ARTERI KORENER KANAN

  • ARTERI KORENER KANANCabang cabangnya:Ramus coni arteriosis, mendarahi facies anterior conus pulmonalis (infundibulum ventrikulare dexter) dan bagian atas dinding anterrior ventrikulare dexter.Ramus ventriculare anteriores, mendarahi fasies anterior ventrikulus dexter. Ramus marginalis dexter adalah cabang yang terbesar dan berjalan sepanjang pinggir bawah fasies kostalis untuk mencapai apex cordis.Ramus ventrikulare posterrior mendarahi facies diaphragmatica ventrikulus dexter.

  • LANJUTAN...Ramus Interventrikulare posterior (desendens), berjalan menuju apeks pada sulkus interventrikulare posterior. Memberikan cabang cabang ke ventrikulus dexter dan sinister termasuk dinding inferiornya. Memberikan percabangan untuk bagian posterior septum ventrikulare tetapi tidak untukbagian apeks yang menerima pendarahan dari ramus inventrikulusanterior arterria coronaria sinister. Sebuah cabang yang besar mendarahi nodus atrioventrikularis.Ramus atrialis, beberapa cabang mendarahi permukaan anterior dan lateralatrium dexter. Atria nodus sinuatrialis mendarahi nodus dan atrium dextrum dan sinistra.

  • ARTERI KORENER KANANRCA atrium kanan, 55 % SA node, 90% AV node dan 90% bundle his, RV- conus branch : superior RV- Sinus node art. : SA node,atrium kanan dan atrium kiri- right ventriculer branch : RV wall- right atrial branch : RA- acute marginal branch : inferior RV, posterior apical dari interventrikular septum- av node branch : av node dan bagian bawah interatrial septum- PDA: posterosuperior interventrikular septum.- left ventrikuler branch : RV posterior- left atrial branch : LA

  • ARTERI KORONER KIRIArterria coronaria sinistra, lebih besar dibandingkan dengan arteria coronaria dextera, mendarahi sebagian besar jantung, termasuk sebagian besar atrium kiri,ventrikel kiri dan septum ventrikular. Arteri ini berasal dari posterior kiri sinus aorta ascendens dan berjalan ke depan di antara trunkus pulmonalis dan aurikulasinister. Kemudian pembuluh ini berjalan di sulcus atrioventrikularis dan bercabang dua menjadi ramus interventreikular anterior dan ramus circumflexus.

  • ARTERI KORONER KIRI

  • ARTERI KORONER KIRI

  • ARTERI KORONER KIRIRamus interventrikularis (descendens) anterior, berjalan ke bawah di dalam sulcus interventrikularis anterior menuju apex kordis. Pada kebanyakan orang pembuluh ini kemudian berjalan di sekitar apeks cordis untuk masuk ke sulkus interventrikular posterior dan beranastosis dengan cabang cabang terminal arteria coronaria dextra.Ramus circumflexus, pembuluh ini melingkari pinggir kiri jantung didalam sulkus atrioventrikular. Ramus marginalis merupakan cabang yang terbesar mendarahi batas kiri ventrikuler sinistra dan turun sampai apeks kordis.

  • ARTERI KORONER KIRILAD ant LV, 2/3 septum intervenrtikuler bagian ant, apex, right bundle, left ant bundle- first diagonal branch : hight lateral of LV wall- second diagonal branch : lower lateral dinding apex- right ventrikuler branch : menuju conus branch dan berakhir di apical branch memperdarahi anterior dan diafragmatik LV wall dan apex .

  • ARTERI KORONER KIRILCX LV lateral posterior, 45 % SA node, 10 % av node, bundle of his dan branch bundle(10 %), Left atrium- atrial circumflex branch: LA wall- sa node artery: 45 % sa node-obtuse marginal branch: memperdarahi dinding posterior vent kiri.-Posterior lateral branch: dinding posterior v.kiri

  • VENA KORONERSetelah darah melewati arteri pada sirkulasi koroner dimana nutrisi dan oksygen dikirim ke otot jantung kemudian masuk ke dalam vena, di mana darah banyak mengandung CO2 dan sisa metabolisme. Darah yang di oxsygenisasi dialirkan ke sinus vascular besar pada permukaan posterior dari jantung yang di sebut sinus coronary yang mana mengosongkan atrium kanan.Sinus vascular adalah dinding vena yang tipis tidak mempunyai otot yang halus untuk merubah diameter. Prinsip dari ketiga vena membawa darah masuk ke sinus coronaries yang merupakan vena terbesar jantung yang mengalir ke aspek anterior jantung dan tengah vena jantung mengalirkan aspek posterior jantung.

  • Lanjutan...Distribusi vena koroner sesungguhnya paralel dengan distribusi arteri koroner . Sistem vena jantung mempunya 3 bagian yaitu : Vena tebesian merupakan system yang terkecil, menyalurkan sebagian darah vena dari miokard langsung ke dalam RA, RV dan LV daripada melalui sinus coronaries. Darah vena tertuang langsung ke dalam LV dalam jumlah yang normal.

    Vena kardiaka anterior mempunyai fungsi yang cukup berarti, mengosongkan sebagian besar isi vena ventrikel langsung ke atrium kanan.

    Sinus koronarius dan cabang-cabangnya merupakan system vena yang paling besar dan paling penting, berfungsi menyalurkan pengembalian darah vena miokard ke dalam atrium kanan melalui ostium smus koronarius yang bermuara disamping vena cava inferior.

  • KELAINAN ARTERI KORENERPenyakit Jantung KoronerInfark Miokard Akut

  • PENYAKIT JANTUNG KORONERPenyakit Jantung Koroner adalah penyempitan/penyumbatan (arteriosclerosis) pembuluh arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan dari zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) yang makin lama makin banyak dan menumpuk di bawah lapisan terdalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi. Dengan tersumbatnya Arteri Koroner, maka hal ini akan mengurangi atau menghentikan aliran darah mensupply oksigen ke otot2 jantung, sehingga mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah. Dan bila sampai otot2 jantung kekurangan supply darah maka jantung akan menjadi lemah dan tidak dapat menyediakan darah ke seluruh bagian tubuh.

  • Lanjutan...

  • Lanjutan...Faktor Risiko:Kadar Kolesterol TinggiTekanan Darah Tinggi/Hipertensi.TrombosisKegemukanDiabetes melitusPenuaanKeturunan

    Gejala dan Tanda Tanda :Adanya serangan angina, yaitu jantung terasa sakit, panas dan seperti ada tekanan beban berat, terutama di dada kiri yang dapat meluas kelengan kiri, leher, dagu dan bahu.

    Diikuti juga dengan sesak nafas, pusing, keluar keringat dingin, serta tungkai dan lengan menjadi dingin.

  • INFARK MIOKARD AKUTInfark miokard adalah kematian sel sel miokardium yang terjadi akibat kekurangan oksigen berkepanjangan, hal ini adalah respon letal terakhir terhadap iskemia miokard yang tidak teratasi. Sel sel miokardium mulai mati sekitar 20 menit mengalami kekurangan oksigen. Setelah periode ini, kemampuan sel untuk menghasilkan ATP secara aerobic lenyap, dan sel tidak dapat memenuhi kebutuhan energinya.

  • INFARK MIOKARD AKUTPenyebab Infark MiokardTerlepasnya plak arteriosklerosis dari salah satu arteri koroner dan kemudian tersangkut di bagian hilir sehingga menyumbat aliran darah ke seluruh miokardium yang diperdarahi oleh pembuluh tersebut. Infark miokardium juga dapat terjadi jika lesi trombotik yang melekat di arteri menjadi cukup besar untuk menyumbat total aliran ke bagian hilir, atau jika suatu ruang jantung mengalami hipertrofi berat sehingga kebutuhan oksigen tidak dapat terpenuhi.

  • TERIMAKASIH

    **