Screw press zairina rahmi 12644016

17
PERANCANGAN ALAT PROSES I SCREW PRESS TEKNIK KIMIA POLNES Nama: Zairina Rahmi (12 644 016)

description

description about screw press

Transcript of Screw press zairina rahmi 12644016

Page 1: Screw press zairina rahmi 12644016

PERANCANGAN ALAT PROSES I

SCREW PRESSTEKNIK KIMIA POLNES

Nama: Zairina Rahmi (12 644 016)

Page 2: Screw press zairina rahmi 12644016

Prinsip kerja Screw press dan bahan olahannya

Fungsi alat screw press

Bagian-bagian screw press

Tipe-tipe screw press

Tekanan pada alat screw press

Air pengencer

Cara kerja alat

Page 3: Screw press zairina rahmi 12644016

Screw Press

Screw press adalah mesin yang melanjutkan proses pemisahan minyak dari digester yang terdiri dari double screw yang membawa massa press keluar dan diaplikasikan tekanan lawan yang berasal dari hydraulic double cone, dimana bubur buah yang telah diaduk dipress sehingga minyak yang terkandung di dalam bubur buah akan keluar akibat tekanan dari pengepress.

Pada umumnya mengolah bahan baku berupa bubur buah kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit CPO (Crude Palm Oil) dan inti sawit (Kernel).

Page 4: Screw press zairina rahmi 12644016

Fungsi Screw Press

Fungsi dari Screw Press adalah untuk memeras berondolan yang telah dicincang, dilumat dari digester untuk mendapatkan minyak kasar.

Page 5: Screw press zairina rahmi 12644016

Bagian Screw Press

Bagian utama screw press adalah Double screw Press silinder Casing/Body Gear Box Hydraulic double cone

Page 6: Screw press zairina rahmi 12644016

Bagian alat screw press

Page 7: Screw press zairina rahmi 12644016

Bagian Screw Press

Double screw terbuat dari bahan baja tuang  dengan ukuran yang berbeda tergantung kapasitas olah yang dilayani. Satuan kapasitas screw press adalah Ton TBS/Jam.

 

Page 8: Screw press zairina rahmi 12644016

Bagian Screw Press

Press Silinder atau disebut juga press cage yang terbuat dari plat baja yang diperkuat dengan tulangan plat mild steel setebal 8 mm. Pres silinder berbentuk kaca mata yang bagian tengahnya terhubung. Press silinder dapat juga disebut saringan, dimana fibre/serabut daging buah sawit tidak terikut ke cairan minyak yang telah dipress.

Page 9: Screw press zairina rahmi 12644016

Bagian Screw Press

Casing/Body screw press terbuat dari plat mild steel minimal 10 mm berbentuk kotak dengan dilengkapi pintu sebelah kanan, kiri dan atas. Dibagian atas ada 2 pintu yaitu 1 pintu untuk melihat kondisi press silinder & satu pintu/lubang untuk menghubungkan screw press dengan corong umpan dari digester.

Gear box terdapat dibagian belakang body screw press yang didalam nya terdapat primary dan secondary screw yang dihubungkan dengan gear agar putaran double screw saling berlawanan arah. Disisi gearbox umumnya dilengkapi dengan selang sight glass untuk melihat level pelumas dari luar dan dilengkapi dengan lubang intip dibagian atas untuk melihat kondisi bearing.

Page 10: Screw press zairina rahmi 12644016

Bagian Screw Press

Hydraulic Double Cone merupakan alat yang ditambahkan kesistem screw press untuk memberikan tekanan lawan terhadap daya dorong double screw di fibre/ampas kempa, dengan ditekannya ampas kempa oleh hydraulic double cone maka minyak akan keluar dari massa pressed melalui press silinder.

Page 11: Screw press zairina rahmi 12644016

Tipe Screw Press

Terdapat tiga tipe Screw Press yang umum digunakan dalam PKS:

Speichim, Usine de Wecker dan Stork

Page 12: Screw press zairina rahmi 12644016

Alat kempa Speichim memiliki feed screw, sehingga kontinuitas dan jumlah bahan yang masuk konstan dibandingkan dengan adonan yang masuk berdasarkan grafitasi. Kontinuitas adonan yang masuk kedalam screw press mempengaruhi volume ulir yang parallel dengan penekanan ampas, jika kosong maka tekanan akan kurang dan oil losses dalam ampas akan tinggi.

Usine de Wecker tidak dilengkapi dengan feed screw

Type Stork memproduksikan alat press yang terdiri dari alat menggunakan feed screw dan tanpa feed screw

Page 13: Screw press zairina rahmi 12644016

Tekanan Screw Press

Tujuan menstabilkan tekanan Alat Press adalah :a.   Memperkecil kehilangan minyak dalam ampas, dengan

meratanya adonan ex Digester masuk kedalam Screw Press yang diimbangi dengan tekanan stabil maka ekstraksi minyak akan lebih sempurna, dengan demikian kehilangan minyak akan lebih rendah.

b.   Menurunkan jumlah biji pecah. Semakin tinggi variasi tekanan dalam screw press maka jumlah biji pecah semakin tinggi.

c.   Memperpanjang umur teknis. Umur teknis alat seperti Screw, Cylinder Press dan Electromotor lebih tahan lama karena kurangnya goncangan elektrik dan mekanis.

Page 14: Screw press zairina rahmi 12644016

Air Pengencer

Pemberian air pengencer dilakukan dengan cara menyiram cake yang berada dalam alat press dari atas bagian tengah dan atau di chute Screw Press. Jumlah air pengencer yang diberikan tergantung pada suhu air pengencer, semakin tinggi suhu air pengencer maka jumlah air yang diberikan semakin sedikit.

Page 15: Screw press zairina rahmi 12644016

Pemberian air pengencer yang terlalu banyak dapat berakibat terhadap :

a. Kandungan air cake  Kandungan air cake yang tinggi dapat menyebabkan proses : Pemecahan cake yang lebih sulit dalam Cake Breaker Conveyor

(CBC). Hal ini sering menyebabkan beban CBC yang terlalu berat. Semakin tinggi kandungan air ampas maka kalor bakarnya akan

semakin menurun yang dapat memperkecil kapasitas dan efisiensi Boiler.

Pemeraman biji yang berkadar air yang tinggi dalam silo biji akan lebih dan dapat menyebabkan penurunan efisiensi ekstraksi biji yang lebih rendah.

b. Penurunan kapasitas Screw Press akibat bertambahnya kandungan air dan kecepatan gerak Cake dalam formasinya.

Page 16: Screw press zairina rahmi 12644016

Cara Kerja Screw Press

Motor listrik sebagai sumber gerakan yang berfungsi untuk menggerakan mesin double screw press, mesin dihidupkan melalui panel kendali sekaligus sistem hidroliknya, lalu dimasukkan air panas dengan suhu 90C melalui pipa masuk (pipe inlet).

Pulli menggerakkan sabuk menghantarkan putaran ke pulli yang terpasang pada poros yang menghubungi ke gear reducer, dari gear reducer digerakan poros utama yang dihubungkan dengan kopling. Poros utama menggerakan roda gigi perantara yang mengakibatkan kedua poros berulir akan bergerak berlawanan arah dangan putaran yang sama.

Page 17: Screw press zairina rahmi 12644016

Sekian Dan Terima Kasih