RPP Bakteri Kurikulum 2013

download RPP Bakteri Kurikulum 2013

of 13

description

Biologi

Transcript of RPP Bakteri Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan: SMA Negeri 86 JakartaMata Pelajaran: BiologiKelas / Semester: X MIPAMateri Pokok: Archaebacteria dan Eubacteria, Ciri, Karakter, dan PeranannyaAlokasi Waktu: 3 Minggu x 4 jam pelajaranPertemuan ke: 9, 10, dan 11

1. Kompetensi IntiKI 1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2:Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

1. Kompetensi Dasar3.4. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.Indikator Menjelaskan ciri-ciri bakteri secara umum. Menjelaskan struktur sel bakteri. Menjelaskan cara hidup bakteri. Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri. Menggolongkan prinsip eubacteria berdasarkan ciri-ciri melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

4.4. Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.Indikator Menyajikan data perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria. Menjelaskan peranan bakteri dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tujuan Pembelajaran Siswa mapu menjelaskan ciri-ciri bakteri secara umum. Siswa mampu menjelaskan struktur sel dan bentuk bakteri. Siswa mampu menjelaskan cara hidup bakteri. Siswa mampu menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri. Siswa mampu menggolongkan prinsip eubacteria berdasarkan ciri-ciri melalui pengamatan secara teliti dan sistematis. Siswa mampu menyajikan data perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria. Siswa mampu menjelaskan peranan bakteri dalam kehidupan sehari-hari.

1. Materi Pembelajaran Struktur Bakteri Bentuk Bakteri Alat Gerak Bakteri Reproduksi Bakteri Peranan Bakteri

1. Metode dan Model Pembelajaran Pendekatan: Scientific approach (pendekatan ilmiah) Metode: Ceramah, diskusi, presentasi, penugasan, dan praktikum Model: Cooperative learning example to example

1. Media, Alat, dan Sumber Belajar Media LKSPower Point (penjelasan, gambar dan video) Alat/BahanLCD, papan tulis, spidol dll Sumber BelajarInternet Buku Biologi BSE SMA/MA kelas X

1. Langkah-langkahPembelajaranPertemuan ke-9 : 4 x 45 menit (180 menit)KegiatanPembelajaranAlokasiWaktu

A. Kegiatan awal Memberikan salam dan berdoa. Pengkondisian kelas. Mengabsen. Apersepsi dan Motivasi :Apakah kalian tau apa yang menyebabkan bau pada ketiak dan kaki? Yang menyebabkab bau pada ketiak dan kaki adalah mikroorganisme yang disebut bakteri. Apakah ada yang pernah mendengar apa itu bakteri? Apa si perbedaan antara virus dan bakteri? Untuk mengetahuinya kita perlu mempelajari bakteri terlebih dahulu. Menyampaikan tujuan pembelajaran. Menjelaskan sedikit pendahuluan mengenai bakteri dan menampilkan sebuah video tentang bakteri.

20 menit

B. Kegiatan Inti: Mengamati Siswa mendengarkan pendahuluan yang disampaikan oleh guru dan mengamati video yang diputar. Menanya Siswa dipersilakhan untuk bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahami dari apa yang disampaikan oleh guru. Mencoba Guru memerintahkan setiap siswa untuk bergabung dengan kelompok yang sudah terbentuk untuk mendiskusikan tentang reproduksi bakteri. Guru menugaskan kepada setiap kelompok untuk mencari literatur tentang reproduksi bakteri di perpustakaan,, masing-masing kelompok mendapat kesempatan 10 menit untuk berkunjung ke perpustakaan. Mengasosiasikan Setiap kelompok mencatat hasil diskusi yang diperolehnya tentang reproduksi bakteri pada buku kelompok yang telah tersedia. Mengkomunikasikan Guru memanggil dua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang reproduksi bakteri secara seksual. Selanjutnya, guru memanggil dua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang reproduksi bakteri secara aseksual.

130 menit

C. Kegiatan Akhir : Guru menjelaskan hal-hal yang kurang dipahami oleh siswa. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang reproduksi bakteri, bentuk dan struktur bakeri, serta alat gerak bakteri. Guru memberikana tugas kepada setiap kelompok untuk membawa kentang busuk dan beberapa alat praktikum yang akan digunakan untuk pertemuan selanjutnya. Membaca doa, pembelajaran selesai.

30 menit

Pertemuan ke-10 : 4 x 45 menit (180 menit)Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

A. Kegiatan Awal : Memberikan salam dan berdoa. Pengkondisian kelas. Mengabsen. Apersepsi dan Motivasi :Pada pertemuan sebelumnya ibu telah menjelaskan bahwa mikroorganisme yang menyebabkan bau ketiak ataupun bau kaki adalah bakteri. Namun apakah mikroorganisme yang menyebabkan kentang busuk adalah bakteri? Untuk mengetahui itu kita harus melakukan pengamatan secara teliti dan sistematis. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru membagikan lembar kerja praktikum pada tiap kelompok.

25 menit

B. Kegiatan Inti : Mengamati Setiap kelompok membaca lembar kerja praktikum yang diberika oleh guru. Setiap kelompok mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru mengenai langkah kerja praktikum yang harus dilakukan. Menanya Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahami dari langkah kerja ataupun dari lembar kerja praktikum. Mencoba Masing-masing kelompok mencoba mengamati kentang busuk untuk memastikan ada tidaknya bakteri pada kentang tersebut. Masing-masing kelompok diperkenankan mencari literatur tambahan dari internet ataupun buku untuk mengerjakan beberapa pertanyaan yang ada pada lembar kerja praktikum. Mengasosiasikan Setiap kelompok mengkaitkan hasil pengamatannya dengan literatur-literatur yang diperolehnya untuk menjawab pertanyaa pada lembar kerja praktikum. Mengkomunikasikan Setiap kelompok dipanggil untuk mempresentasikan hasil pengamatannya.130 menit

C. Kegiatan Akhir : Guru menjelaskan kembali hal-hal yang kurang dipahami oleh siswa. Guru bersama siswa merangkum seluruh materi yang telah dipelajari hari ini. Setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat portofolio tentang contoh peranan bakteri pada kehidupan, portofolio dikumpulkan paling lambat tiga hari setelah hari ini. Portofolio akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. Membaca doa penutup pelajaran.

25 menit

Pertemuan ke-11 : 4 x 45 menit (180 menit)Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

A. Kegiatan Awal : Memberikan salam dan berdoa. Pengkondisian kelas. Mengabsen. Penyampaian tujuan pembelajaran. Apersepsi dan Motivasi :Pertemuan pada minggu lalu kita telah membahas bakteri penyebab bau tak sedap, tapi sebenarnya ada tidak ya bakteri yang menguntungkan ? untuk mengetahuinya kita simak penjelasan-penjelasan peranan bakteri pada kehidupan. Guru mempersilakhan kelompok satu untuk maju terlebih dahulu mempresentasikan hasil portofolio mengenai peranan bakteri pada kehidupan, selanjutnya akan dilanjutkan oleh kelompok berikutnya hingga kelompok terakhir.

25 menit

B. Kegiatan Inti : Mengamati Setiap kelompok yang tidak presentasi mendengarkan dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh kelompok yang sedang presentasi. Menanya Setiap kelompok yang tidak presentasi diperkenankan untuk bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahami dari penjelasan yang disampaikan oleh kelompok yang presentasi. Mencoba Kelompok yang sedang presentasi diperkenankan untuk mencari jawaban-jawaban pertanyaan yang diajukan oleh setiap kelompok pada buku ataupun internet. Mengasosiasikan Setiap kelompok yang presentasi mengkaitkan apa yang diperoleh dari literatur untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lainnya. Mengkomunikasikan Perwakilan kelompok yang presentasi diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain. Setiap kelompok diberikan waktu 15 menit untuk presentasi.90 menit

C. Kegiatan Akhir : Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh kelompok yang presentasi ataupun menguatkan jawaban. Guru bersama siswa merangkum materi yang baru saja dipelajari. Ulangan Harian 4 yang terdiri dari lima buah soal essay yang harus dikerjakan dalam waktu 45 menit. Guru menginformasikan materi pertemuan berikutnya yaitu Protista. Siswa diberikan tugas untuk membaca dan memahami materi yang akan dipelajari berikutnya. Membaca doa penutup pelajaran.

65 menit

1. Penilaian1. Teknik Penilaian Tes Nontes2. Rubrik Penilaian Rubrik penilaian praktikum Rubrik penilaian presentasi Rubrik penilaian portofolio

Jakarta, 13 Juli 2014

Mengetahui,Guru Pamong Biologi Dosen Pembimbing

Drs. Frederik Siwabessy Drs. Sahami Abdullah, M.PdNIP. 19610202199112100 NIDK/N. 00138007

Kepala SMA Negeri 86 Jakarta

Drs. Janpiktor PasaribuNIP. 195912291988031003

Rubrik Penilaian Presentasi

KelompokAspek yang dinilaiNilai

Pemahaman materiPenjelasan dalam menyampaikan cara reproduksi bakteriPenyampaianKontak mata

123123123123

1

2

3

4

Penjelasan skala pada setiap kriteria adalah sebagai berikut :1. Pemahaman Materi1 : Siswa tidak dapat memahami materi yang dipersentasikan.2 : Siswa kurang memahami materi yang dipersentasikan.3 : Siswa dapat memahami seluruh materi yang dipersentasikan2. Penjelasan dalam menyampaikan cara reproduksi bakteri1 : Siswa tidak dapat menjelaskan cara reproduksi bakteri yang telah didiskusikan oleh kelompoknya.2 : Siswa kurang tepat dalam menjelaskan cara reproduksi bakteri yang telah didiskusikan oleh kelompoknya.3 : Siswa dapat menjelaskan dengan benar cara reproduksi bakteri yang telah didiskusikan oleh kelompoknya.3. Penyampaian1 : Penyampaian materi tidak jelas sehingga sulit untuk dipahami.2 : Penyampaian materi cukup jelas namun intonasi suara kurang jelas.3 : Penyampaian materi dan intonasi suara sudah sangat jelas.4. Kontak Mata1 : Siswa hanya fokus pada media persentasi dan tidak ada kontak mata dengan siswa lain2 : Siswa hanya beberapa kali melakukan kontak mata dengan siswa lain dan masih sering melihat media persentasi3 : Siswa selalu melakukan kontak mata dengan siswa lain.

Nilai =

Rubrik Penilain Portofolio

NILAIKelompok:

Aspek yang DinilaiSkorSkala PenilaianSkor yang Diperolah

Waktu Pengumpulan Tugas0

1

2

3Mengumpulkan tugas lebih dari dua hari setelah waktu yang ditentukan atau tidak mengumpulkan tugasMengumpulkan tugas dua hari setelah waktu yang ditentukanMengumpulkan tugas satu hari setelah waktu yang ditentukanMengumpulkan tugas tepat waktu.

Kelengkapan Isi Portofolio dan kerapihan0

1

23Isi tidak sesuai dengan materi dan tidak rapihBeberapa isi sesuai materi dan kurang rapih Isi sesuai materi tetapi kurang rapihIsi sesuai materi dan rapih

Jumlah

Nilai =

Rubrik Penilaian Praktikum

NilaiKelompok:

Aspek yang dinilaiSkor

YATIDAK

PERSIAPAN PRAKTIKUM

1. Membawa alat dan bahan yang ditugaskan

2. Memakai jas lab dan berpenampilan rapi

SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM

1. Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur praktikum

2. Mengambil bahan dengan rapid an tidak tercecer

3. Memfokuskan perhatian pada kegiatan praktikum dan tidak mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan prosedur praktikum

KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM

1. Membersihkan alat yang telah dipakai

2. Membersihkan meja praktikum dari sampah dan bahan yang telah dipaka

3. Mengembalikan alat ke tempat semula dengan keadaan bersih.

JUMLAH

Nilai =

Lembar Kerja Praktikum

Judul :Praktikum Bakteri Pada Kentang Busuk.

Tujuan :Mengenal berbagai macam bentuk bacteri kemudian dapat mengidentisikasi ciri-ciri bacteri.

Alat dan Bahan :1. Mikroskop5. Kuas gambar2. Kaca objek 6. Jarum pentul3. Kaca penutup7. Kentang basi4. Pipet tetes8. Tusuk gigi

Langkah kerja / prosedur :1. Siapkan mikroskop , kaca objek dan kaca penutup yang bersih, kemudian tetesi dengan setetes air bersih.2. Ambilah lendir dari kentang busuk dengan menggunakan kuas gambar. 3. Celupkan ujung kuas tersebut ke dalam setetes air yang berada pada kaca obyek, kemudian tutuplah preparat tersebut dengan menggunakan kaca penutup.4. Amati preparat tersebut di bawah mikroskop. Mula-mula gunakan perbesaran lemah hingga diperoleh gambar ya ng optimal. Lalu gambarlah obyek yang diamati tersebut.5. Sajikan hasil temuan tersebut dalam bentuk gambar dan lengkapi dengan deskripsi mengenai bentuk masing-masing obyek biologi yang anda temukan di mikroskop.

Gambar Bakteri pada mikroskop

Permasalahan :1. Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, apakah ditemukan adanya inti sel ?2. Mengapa aroma bau bahan makanan yang masih segar berbeda dengan bahan makanan yang telah membusuk ?3. Apakah yang akan terjadi dengan dunia kita ini, jika tidak ada bakteri ? jelaskan jawaban anda !4. Lengkapi bagian-bagian tubuh bakteri pada gambar di bawah ini.

g.i.h.f.b.c.d.e.a.

5. Sebutkan bentuk-bentuk bakteri pada gambar dibawah ini. a.b... c. d.

6. Isilah tabel perbedaan antara Archaebacteria dan Eubacteria.PEMBEDAARCHAEBACTERIAEUBACTERIA

1. Dinding sel

2. Habitat

3. Membran lipid

4. Sensitifitas terhadap antibiotik

5. Gen penyandi protein

6. contohMethanobacterium sulfobolusNitrosomonas escherichia coli

ULANGAN HARIAN 4ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA

Mata Pelajaran: BiologiKelas / Program Studi: X / MIAWaktu: 1 x 45 menit

Petunjuk :Isilah seluruh soal secara mandiri, tidak bertanya dengan teman dan tidak diperbolehkan melihat catatan kecil ataupun buku !

1. Sebutkan ciri-ciri bakteri secara umum ! (skor 5)2. Sebutkan dan jelaskan secara singkat struktur sel bakteri ! (skor 10)3. Jelaskan cara reproduksi bakteri baik secara seksual maupun aseksual ! (skor 15)4. Sebutkan 3 contoh bakteri archaebacteria da eubacteria ! (skor 5)5. Sebutkan 2 contoh kerugian dan keuntungan bakteri ! (skor 5)

Semoga Sukses..