PROSES PEMISAHAN

PROSES PEMISAHAN
PROSES PEMISAHAN
PROSES PEMISAHAN
PROSES PEMISAHAN
download PROSES PEMISAHAN

of 4

  • date post

    25-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    70
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of PROSES PEMISAHAN

PROSES PEMISAHAN1. DEKANTASI2. FILTRASI3. CYCLONE4. DISTILASI5. EKSTRAKSI6. KRISTALISASIDEKANTASIDekantasi adalah proses pemisahan zat padat yang tidak ikut terlarut di dalam pelarutnya dengan cara dituangkan, sehingga akibatnya cairan tersebut akan terpisah dari zat padat yang tercampur. Dekantasi juga dapat didefinisikan cara pemisahan fluida berdasarkan perbedaan densitasnya, Semakin besar perbedaan densitas antar fluida tersebut maka pemisahan fluida akan semakin mudah.1. FILTRASIFiltrasi adalah metode pemisahan yang digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) berdasarkan perbedaan ukuran partikel.Berdasarkan prinsip kerjanya, filtrasi dapat dibedakan menjadi:1. Pressure filtrationMerupakan filtrasi yang dilakukan dengan prinsip penekanan2. Gravity filtrationMerupakan filtrasi yang menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan cairan.3. Vacuum filtrationMerupakan filtrasi yang dilakukan dengan prinsip hampa udara untuk mengalirkan cairan Pressure filtrationMerupakan filtrasi yang dilakukan dengan prinsip penekanan. Biasanya plate and frame filter press yang paling umum digunakan dapat dilihat pada Gambar 1.1. Plate and frame filter press jenis ini yang diaplikasikan di industri umumnya terdiri atas tujuh bagian medium filter dari logam yang saling menutupi secara renggang dan tempat yang cukup untuk menampung cake sampai filtrasi selesai. Gambar 1.1 Plate And Frame Filter PressFilter ini terdiri dari plat dan bingkai yang terpasang dengan suatu medium filter di atas sisi masing-masing plat itu. Plat tersebut mempunyai saluran yang memotong plat tersebut sehingga iltrate cairan yang bersih dapat mengalir ke bawah pada masing-masing plat tersebut. Slurry dipompakan ke dalam penekan dan mengalir melalui saluran pipa ke dalam bingkai yang terbuka sehingga slurry tersebut mengisi bingkai itu. Aliran iltrate mengalir melalui medium filter dan partikel padat membentuk sebagai cake di bagian atas sisi bingkai kain itu. Filtrat mengalir antara medium filter dan muka plat melalui saluran keluar. Proses filtrasi berlangsung sampai bingkai tersebut diisi sepenuhnya dengan partikel padat. Ketika bingkai itu telah diisi sampai penuh,maka bingkai dan plat tersebut terpisah dan cake tersebut dibuang. Kemudian filter atau saringan itu dipasang kembali dan proses filtrasi diulangi lagi. Gravity filtrationMerupakan filtrasi yang menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan cairan. Penyaringan secara gravitasi merupakan cara yang tertua yang dilakukan untuk memurnikan suatu suspense.Gambar di bawah ini secara luas telah digunakan seperti pemurnian melalui sandfilter.

Vacuum filtrationMerupakan filtrasi yang dilakukan dengan prinsip hampa udara untuk mengalirkan cairan. Alat filtrasi dengan prinsip hampa udara dapat dilihat pada Gambar 1.4. Filter ini dilengkapi drum yang terus berputar. Tekanan di luar drum adalah tekanan atmosferik, tetapi di dalam drum mendekati vakum. Drum ini dimasukkan ke dalam cairan yang mengandung suspensi padatan yang akan difilter, lalu drum diputar dengan kecepatan rendah selama operasi. Cairan tertarik melewati filter cloth karena tekanan vakum, sedangkan padatan akan tertinggal di permukaan luar drum membentuk cake pada proses.

Gambar 1.4 Drum Vacuum Filter Jika cake akan diambil dari drum, putaran drum dihentikan, drum dikeluarkan dari fasa cair, cake dicuci, dikeringkan, dan kemudian diambil. Pengambilan padatan dari drum dilakukan dengan sejenis pisau yang juga bermcam-macam jenis dan disainnya bergantung jenis cake. 1. Bubble cap plate

Tray kesetimbangan yang paling tua dan masih banyak digunakan adalah bubble cap plate. Namun dalam desain dan pengembangan kolom distilasi yang terbaru penggunaan bubble cap plate mulai ditinggalkan dan penggunaannya kebanyakan terbatas pada kilang-kilanggas, terutama pada proses gas sweetening. Kelemahan dari bubble cap plate adalah biayakonstruksi yang mahal, pressure dropyang dihasilkan di dalam kolomtinggi, proses

pembuangan liquid yang masih tersisa pada saat shut down lebih sukar, serta beban plate yang lebih berat akan menambah beban kolom, sehingga membutuhkan supporting yanglebih kuat. Packed TowerSebuah kolom yang dilengkapi packing utk memperluas bidang kontak dan membuat turbulensi shg kontak lebih sempurna. Prinsip kerjanya zat yg berbeda fase mengalir berlawanan arah yg dpt menyebabkan komponen kimia ditransfer dari satu phase ke phase lain. Zat berfase cair mengalir dari atas dan gas dari bawah sehingga terjadi kontak antara keduanya.

Kinerja sebuah packed column sangat bergantung pada kualitas distribusi gas dan liquid yang melewati packed bed,KRISTALISASIA. Pengertian Kristalisasi atau penghabluran (crystallzation) ialah peristiwa pembentukan partikel-partikel zat padat (kristal) di dalam suatu fase yang homogen. Kristalisasi merupakan metode yang praktis untuk mendapatkan bahan-bahan kimia murni dalam kondisi yang memenuhi syarat baik untuk pengemasan ataupun untuk penyimpanan.1. Crystal Vacum CrystallizerFeed dicampur dengan cairan yang direcycle dipompa ke ruang penguap untuk diuapkan secara adiabatic sehingga terjadi larutan lewat jenuh. Larutan tersebut mengalir melalui pipa ke tangki kristalisasi sehingga terbentuk kristal di dalam tangki kristalisasi, kemudian kristal dikeluarkan melalui dischargenya dan cairannya direcycle.Dengan alat ini ukuran kristal yang diinginkan dapat diatur dengan mengatur kecepatan pompa sirkulasi. Kalau sirkulasinya lambat maka kristal yang kecil-kecilpun akan larut mengendap.

Gambar 7. Crystal Vacum Crystallizer

Cara Kerja :Feed dicampur dengan cairan yang direcycle kemudian dipompa ke ruang penguap untuk diuapkan secara adiabatic sehingga terjadi larutan lewat jenuh. Larutan tersebut mengalir melalui pipa tangki kristalisasi sehingga terbentuk kristal, kemudian kristal dikeluarkan melalui discangernya sedangkan cairan direcycle.

2. Continuous CrystallizerPada kristaliser unit tunggal, pada dasarnya menyerupai evaporator efek tunggal tetapi unit ini dapat pula dioperasikan dalam efek berganda. Magma disirkulasikan dari dasar kristaliser yang berbentuk kerucut, melalui pipa turun ke dalalm pompa sirkulasi yang mempunyai tinggi tekan rendah dan kecepatan rendah,mengalir ke atas melalui pemanas tabung vertical yang dipanaskan oleh uap yang kondensasi di dalam selongsongnya dan kemudian ke dalam tubuh alat. Uap panas masuk melalui pemasuk tangensial yang terletak persis di bawah permukaan magma. Uap ini menyebabkan terjadinya gerakan aduk didalam magma yang mempermudah evaporasi kilat dan membuat magma itu seimbang dengan uap karena aksi kilat adiabatic. Keadaaan lewat jenuh yang dibangkitkan akan memberikan potensial pendorong nukleasi dan pertumbuhan. Volume magma dibagi dengan laju aliran volumetric magma melalui pompa bubur memberikan waktu retensi atau waktu ketertahanan.

Gambar 8. Continuous Crystallizer

ALAT ALAT EKSTRAKSIA. EKSTRKSI CAIR-CAIR

1. Sieve traySieve Tray merupakan jenis tray atau perangkat transfer massa yang paling sederhana, lebih murah dan paling banyak digunakan karena kesederhanaan, fleksibilitas, kapasitas dan efektifitas biaya daripada dibandingkan jenis tray yang lain.Prinsip Kerja pada Sieve TraySebuah tower yang memiliki design sederhana seperti yang ditunjukkan dengan gambar 10.44, dimana dengan susunan biasa dari plates tersebut dan titik penurunan adalah sama besar dengan hubungan gas-liquid. Gambar tersebut menunjukkan susunan dari dispersi liquid yang ringan. Liquid yang ringan melewati perforasi atau lubang-lubang kecil, dan gelembung-gelembung akan muncul melalui fase continues yang berat dan menyatu pada sebuah layer, dimana berakumulasi dibawah setiap plate. Aliran liquid yang berat melewati setiap plate melalui penurunan tekanan dan melalui penurunan titik menuju plate dibawahnya.

Figure 10.44 Sieve tray extraction tower, arranged for light liquid dispersed

ALAT ALAT EKSTRAKSIA. EKSTRKSI CAIR-CAIR

1. EKSTRAKTOR HILDEBRANDT