PROGRAM KERJA MAHASISWA KKN MANDIRI (Repaired).docx

download PROGRAM KERJA MAHASISWA KKN MANDIRI (Repaired).docx

of 38

  • date post

    29-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    546
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of PROGRAM KERJA MAHASISWA KKN MANDIRI (Repaired).docx

PROPOSAL

KULIAH KERJA NYATA (KKN) MANDIRI DI DESA PULAU SEMAMBU KECAMATAN INDERALAYA UTARAKABUPATEN OGAN ILIR

PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGIUNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2012

PROGRAM KERJA MAHASISWA KKN MANDIRIPROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGIUNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2012DI DESA PULAU SEMAMBU KECAMATAN INDERALAYA UTARAKABUPATEN OGAN ILIR

OLEH :DIKE RIZKY AMALIA04081004008DWI SURISTA VERAWATI04081004016MUHAMMAD SEPTIADY04081004024OGIE WIJAYANTO04081004030NURDIANA04081004035R.A. LAILA FITRYANTI04081004037DWI MAYANGSARI04081004039DINOVAN MAROS LUBIS04081004055

PUSAT PROGRAM KULIAH KERJA NYATALEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKATUNIVERSITAS SRIWIJAYATAHUN 2012

PROGRAM KERJA MAHASISWA KKN MANDIRIPROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGIUNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2012DI DESA PULAU SEMAMBU KECAMATAN INDERALAYA UTARAKABUPATEN OGAN ILIR

Nama Program :1. Pembuatan bimbingan belajar 2. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di SD N 08 Indralaya Utara3. Lomba sikat gigi 4. Gotong royong pembersihan masjid5. Pembuatan batas dusun6. Pengadaan fasilitas masjid7. Pembuatan nugget sayuran 8. Pembuatan tempat pembuangan akhir 9. Penanaman toga 10. Pengobatan masal11. Peringatan hari besar islam12. Pengadaan stiker cara menyikat gigi13. Pengadaan buku panduan kesehatan gigi keluarga14. Pelatihan pelopor kesehatan gigi keluarga15. Pengadaan papan poster himbauan pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan16. Lomba olah raga anak-anak dusun II desa pulau semambu

LEMBAR PENGESAHAN

SekretarisNurdianaNIM 04081004035Ketua KKN Mandiri,Ogie WijayantoNIM.04081004030Pulau Semambu, Mei 2012

Mengetahui,

Camat Indralaya UtaraH. Afrizal Hasyim, S,Sos, SH, MMNIP.19740415994021001 Kepada Desa Pulau SemambuSuparmin HS.

I. PENDAHULUAN1. Latar BelakangProgram Studi Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri di Kecamatan Inderalaya Utara Kabuapaten Ogan Ilir Sumatera Selatan pada tahun 2012. Kegiatan KKN adalah suatu kegiatan rutin intrakurikuler yang diadakan oleh perguruan tinggi bagi mahasiswa program pendidikan strata satu. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi ilmu yang telah didapatkan mahasiswa di bangku kuliah kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasa kepedulian sosial. Desa ini berjarak sekitar 26 km dari ibukota Propinsi Sumatera Selatan dan sekitar 7 km dari ibukota Kecamatan Indralaya Utara serta berjarak lebih kurang 14 km dari ibukota Kabupaten Ogan Ilir. Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani, selebihnya adalah pedagang dan sopir. Desa ini masih dalam tahap pembangunan dan persiapan menjadi Desa Model Berbasis Rumah Pangan Lestari.Luas wilayah desa ini cukup luas yang terbagi menjadi lima dusun. Jarak antar kelima dusun ini berjauhan dan pembangunannya tidak merata. Oleh karena itu, kami mahasiswa KKN Mandiri PSKG Universitas Sriwijaya ingin melaksanakan program kegiatan di Desa Pulau Semambu dengan tema Peningkatan Kualitas Masyarakat untuk Mendukung Suksesnya Desa Pulau Semambu sebagai Desa Model Berbasis Rumah Pangan Lestarsi.

2. Observasi DataDesa Pulau mempunyai wilayah seluas sekitar +1200 ha/m2 yang didominasi oleh keadaan tanah kering dan lahan basah bergambut yang memiliki tingkat kelembaban tanah cukup tinggi. Hal ini baik untuk pertanian dan perkebunan. Batas wilayah Desa Pulau Semambu berdasarkan Keputusan Bupati Ogan Ilir Nomor 405 / I / 2010 tentang penetapan Batas wilayah Desa adalah sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara- Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Sri Banding Kecamatan Pemulutan Barat Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Payakabung Kecamatan Indralaya UtaraDesa ini memiliki Penduduk sebanyak 1619 jiwa / 437 Kepala Keluarga dengan tingkat kepadatan penduduk rata rata 194 per km2 (data profil dan potensi desa Desember 2010). Penduduknya merupakan penduduk pendatang yaitu 60 % berasal dari pulau jawa, 5 % suku pegagan, 30 % suku Indralaya-Sakatiga ( penduduk pribumi ), 3 % suku penesak, dan 2 % suku campur ( Padang, Batak, Komering, dll).Sesuai dengan letak geografisnya Desa Pulau Semambu memiliki sumber daya alam yang cukup menunjang dalam keberhasilan masyarakat Desa guna meningkatkan tarap kehidupannya. Sebagian besar masyarakat Desa Pulau Semambu bekerja sebagai Petani. Hasil pertanian yang dihasilkan yaitu karet, sawit, padi, palawija dan sayur mayur serta buah buahan. Selain itu, masyarakat Desa Pulau Semambu ada yang bekerja sebagai buruh harian lepas, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan pegawai swasta.Desa Pulau Semambu saat ini memiliki satu kantor kepala desa yang dibangun secara swadaya ukuran 9 M x 9 M, gedung puskesdes, satu unit gedung TK /PAUD, balai serba guna ukuran 20 M x 12 M, satu unit gedung SD, satu buah masjid di masing masing dusun, satu unit gedung balai benih, dua unit lapangan bola volly beton, satu unit lapangan bandminton secara permanent, dan satu unit lapangan bola kaki.

3. Tujuan KKNSecara umum,tujuan pelaksanaan KKN antara lain untuk membentuk dan meningkatkan jiwa pengabdian dalam diri mahasiswa, serta sebagai sarana melatih mahasiswa dalam menghadapi,menghayati, dan menanggulangi permasalahan dan kebutuhan dalam masyarakat. Oleh karena itu, bagi suatu perguuan tinggi kegiatan KKN merupakan salah satu bentuk resultante dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengintegrasian dari kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.Secara rinci, tujuan dari pelaksanaan KKN adalah :1. Meningkatkan empati dan kepedulian sosial bagi mahasiswa.2. Melatih mahasiswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi serta menimba pengalaman langsung dengan masyarakat.3. Mempererat persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan di lingkungan civitas akademika Univertas Sriwijaya.4. Melaksanakan terapan IPTEK secara teamwork dan interdisipliner. 5. Menanamkan nilai kepribadian nasionalisme dan jiwa Pancasila, keuletan, etos kerja, tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan, dan kewirausahaan.6. Menanamkan jiwa peneliti, eksploratif, dan analisis, mendorong proses learning community dan learning society.7. Mewujudkan keterkaitan unsur unsur keterkaitan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan keterkaitan dengan program pemerintah.8. Memberdayakan sumber daya masyarakat Desa Pulau Semambu.9. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat desa pulau semambu terutama dalam bidang Kedokteran Gigi.10. Memperbaiki pola pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

4. Manfaat KKNa. Bagi Mahasiswa1. Memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang : a. Cara berpikir dan bekerja interdisipliner dan intersektoral.b. Kegunaan hasil pendidikan dan penelitian bagi pembangunan pada umumnya dan pembangunan daerah pada khususnya.c. Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan pengembangan daerah.2. Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah.3. Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat. 4. Memberikan keterampilan pada mahasiswa untuk melaksanakan program-program pembangunan dan pengembangan.5. Membina mahasiswa agar menjadi seorang innovator, motivator, dan problem solver.6. Memberikan pengalaman dan keterampilan pada mahasiswa sebagai kader pembangunan.

b. Bagi Masyarakat (dan pemerintah)1. Memperoleh bantuan pikiran dan tenaga untuk merencanakan serta melaksanakan program pembangunan. 2. Meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap, dan bertindak agar sesuai dengan program pembangunan.3. Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan daerah.4. Membentuk kader-kader pembangun di masyarakat sehingga terjadi kesinambungan pembangunan.

c. Bagi Perguruan Tinggi1. Perguruan tinggi lebih terarah dalm mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan.Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan.2. Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau departemen lainnya dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan IPTEK.3. Perguruan tinggi dapat mengembangkan IPTEK yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah pembangunan.4. Perguruan tinggi dapat mewujudkan bentuk keterkaitan antar unsure yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

2. PROGRAM KERJA Program kerja mahasiswa KKN Mandiri Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya angkatan ke-75 tahun 2012 di Desa Pulau Semambu Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

A. Tema KKN :Peningkatan kualitas masyarakat untuk mendukung suksesnya Desa Pulau Semambu sebagai Desa Model Berbasis Rumah Pangan Lestari.

B. Program Kerja :1. Pembuatan bimbingan belajar 2. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di sd 08 indralaya utara3. Lomba sikat gigi 4. Gotong royong pembersihan masjid5. Pembuatan batas dusun6. Pengadaan fasilitas masjid7. Pembuatan nugget sayuran 8. Pembuatan tempat pembuangan akhir 9. Penanaman toga 10. Pengobatan masal11. Peringatan hari besar islam12. Pengadaan stiker cara menyikat gigi13. Pengadaan buku panduan kesehatan gigi keluarga14. Pelatihan pelopor kesehatan gigi keluarga15. Pengadaan papan poster himbauan pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan16. Lomba olah raga anak-anak dusun II desa pulau semambu

PROGRAM KERJA

1. PEMBUATAN BIMBINGAN BELAJAR a. Latar belakang Bimbingan belajar merupakan sarana pendidikan yang dapat mendukung pembelajaran formal. Selain bermanfanfaat untuk mena