Program Kerja Kkm Karmba Fpik Periode 2014-2015

31
KELOMPOK KEGIATAN MAHASISWA KOMUNITAS MAHASISWA BUDIDAYA FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN (KKM-KARAMBA-FPIK UNPAD) Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor Sumedang 45363 E-mail : [email protected] KATA PENGANTAR Bismillahirrohmanirrohiim, Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya ”Walau seluruh kayu dijadikan kertas dan seluruh air dijadikan tinta, takkan cukup untuk menulis semua karunia yang telah engkau limpahkan kepada kami”. Senantiasa hanya atas limpahan karunia-Nya lah Profil dan Rancangan Program Kerja Kelompok Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Budidaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (KKM-KARAMBA- FPIKUNPAD) dapat terselesaikan dengan baik. Shalawat beserta salam selalu tercurah kepada manusia yang paling bersyukur kepada Rabb-nya serta qudwah hasanah, Rasulullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabatnya dan kepada kaum muslim yang istiqomah memegang teguh ajarannya sampai akhir zaman. Kelompok Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (KKM-KARAMBA-FPIK UNPAD) merupakan Kelompok keprofesian yang pertama diajukan setelah kehadirannya dinantikan oleh mahasiswa Perikanan sebagai wujud kerinduan akan lahirnya Kelompok Kegiatan Mahasiswa yang dapat mengakomodasi pengembangan kreativitas dan inovasi khususnya dibidang perikanan budidaya. Cita-cita luhur dan arah kerja dari kelompok kegiatan ini adalah penguasaan disiplin ilmu perikanan yang seimbang antara teori dan praktik, sehingga

description

KARAMBA FPIK UNPAD

Transcript of Program Kerja Kkm Karmba Fpik Periode 2014-2015

KELOMPOK KEGIATAN MAHASISWAKOMUNITAS MAHASISWA BUDIDAYAFAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTANUNIVERSITAS PADJADJARAN(KKM-KARAMBA-FPIK UNPAD)Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor Sumedang 45363E-mail : [email protected]

KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohiim,Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya Walau seluruh kayu dijadikan kertas dan seluruh air dijadikan tinta, takkan cukup untuk menulis semua karunia yang telah engkau limpahkan kepada kami. Senantiasa hanya atas limpahan karunia-Nya lah Profil dan Rancangan Program Kerja Kelompok Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Budidaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (KKM-KARAMBA-FPIKUNPAD) dapat terselesaikan dengan baik. Shalawat beserta salam selalu tercurah kepada manusia yang paling bersyukur kepada Rabb-nya serta qudwah hasanah, Rasulullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabatnya dan kepada kaum muslim yang istiqomah memegang teguh ajarannya sampai akhir zaman.Kelompok Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (KKM-KARAMBA-FPIK UNPAD) merupakan Kelompok keprofesian yang pertama diajukan setelah kehadirannya dinantikan oleh mahasiswa Perikanan sebagai wujud kerinduan akan lahirnya Kelompok Kegiatan Mahasiswa yang dapat mengakomodasi pengembangan kreativitas dan inovasi khususnya dibidang perikanan budidaya.Cita-cita luhur dan arah kerja dari kelompok kegiatan ini adalah penguasaan disiplin ilmu perikanan yang seimbang antara teori dan praktik, sehingga mahasiswa yang terlibat di dalamnya diharapkan mampu mensinergikan, mengaplikasikan dan mengembangkan kemampuan teoritis dan praktis, sehingga lebih jauhnya harapan yang ingin dicapai adalah munculnya sosok intelektual dan entrepreneur muda yang kompeten dibidangnya.Akhir kata, semoga keberadaan Kelompok Kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua selaku keluarga Besar Civitas Akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan Universitas Padjadjaran dan akhirnya hanya kepada Allahlah segala urusan bermuara, manusia hanya wajib mengusahakan yang terbaik sebagai wujud tanggung jawab atas perannya sebagai kholifah dimuka bumi.

Jatinangor, Maret 2015

Dewan PengurusI. SEJARAHKKM-KARAMBA FPIK UNPAD merupakan sebuah Kelompok Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam kegiatan budidaya perikanan. Karamba merupakan jawaban dari harapan akan terbentuknya suatu kelompok Kegiatan Mahasiswa yang dapat mengakomodir ide ide dan kreativitas mahasiswa dalam bidang perikanan khususnya budidaya.Kelompok ini diplopori oleh beberapa kelompok orang mahasiswa perikanan yang secara aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan pengembanga budidaya di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran. Mahasiswa tersebut adalah Supriatna FPIK 2005, adi Dianadi FPIK 2005, Solihin FPIK 2005, M.Asyari Lubis FPIK 2003, M.Nail Ramzy FPIK 2003 dan Ekp Hendri G. FPIK 2004.Perjalanan panjang Jurusan Perikanan menjadi Fakultas berimplikasi pada konsekuensi pembenahan internal fakultas. Penataan rumah tangga FPIK yang memiliki kiprah dan ruang gerak yang lebih luas dibandingkan saat menjadi jurusan harus menjadi prioritas utama agar FPIK dapat menghasilkan lulusan yang mampu memadupadankan dan mensinergikan kemampuan teoritis dan praktis.Kelompok kegiatan ini didarapkan mampu menjadi bejana untuk menggodok mahasiswa perikanan mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan budidaya, mulai tekni-teknik pembenihan ikan baik ikan hias maupun konsumsi, pembesaran, penanggulangan hama dan penyakit, teknik pemanenan, pasca panen dan pemasaran. Selain itu kelompok kegiatan ini akan berusaha secara optimal untuk melakukan penelitian dan pengembangan sebagai upaya memberikan kontribusi dalam memajukan ilmu perikanan serta berusaha mengedepankaneksistensinya untuk memperluas jaringan dan kerjasama eksternal dengan berbagai pihak yang bergerak di bidang budidaya perikanan.

II.NAMA DAN LAMBANG ORGANISASI1. NamaNama Resmi kelompok kegiatan ini adalah KARAMBA yang merupakan akronim dari Kelurga Mahasiwa Budidaya. Stelah melakukan MUBES anggota, kelompok ini berubah nama menjadi Komunitas Mahasiswa Budidaya.

2. Lambang OrganisasiLambang KKM-KARAMBA-FPIK UNPAD diwujudkan dalam bentuk gambar dibawah ini

Arti lambang KKM-KARAMBA FPIK UNPAD adalah sebagai berikut:a. Lingkaran melambangkan kebulatan tekad dan persatuanb. Gambar Ikan menunjukkan Sumber Daya Perikanan yang harus dikelola dan dijaga dengan baik c. Air menunjukkan Lingkungan Perairan sebagai media hidup ikan yang harus dijaga dan dilestarikand. Warna latar hijau biru merupakan simbol warna Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjarane. Bintang melambangkan pencapaian cita-cita luhur yaitu menjadikan sektor perikanan sebagai sektor yang mampu meningkatkan devisa negara dan mensejahterakan rakyat.f. Tulisan dalam lingkaran menunjukkan status kelompok kegiatan Mahasiswa komunitas Mahasiswa Budidaya FPIK UNPAD.

III.VISI dan MISIVisiPenguasaan disiplin ilmu perikanan dan pembentukan jaringan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai jembatan menuju profesionalisme kerja

Misi 1. Pendidikan dan Pelatihan sebagai aspek penunjang akademik dibidang budidaya perikanan2. Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang bergerak dibidang budidaya perikanan3. Mengembangkan penelitian dibidang budidaya perikanan

IV.TUJUANTujuan pembentukan Kelompok Kegiatan ini antara lain adalah sebagai berikut :1. Ikut serta membantu meningkatkan mutu kualitas Sumber Daya manusia khususnya mahasiswa perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran.2. Memperiapkan mahasiswa menjadi aonggota masyarakat yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu dan keterampilannya di masyarakat.

V.SASARANSasaran Kelompok Kegiatan Mahasiswa (KKM) KARAMBA FPIK UNPAD adalah seluruh mahasisiwa/i FPIK UNPAD.

VI. STRUKTUR ORGANISASI

KetuaAhmad Rizqi RUPTM. Numan AEksternalHanan HBendaharaEsti LestianiSekretarisArvilia HumsariWakil KetuaAkhmad HafidzInfokomBagus H PHRDAdinda KRistekDeni PKewirusSiti A

Dalam Kepengurusannya KARAMBA FPIK terdiri dari beberapa Divisi dengan penjabaran sebagai berikut:

1. Divisi HRDAdalah Divisi yang bertugas mengembangkan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

2. Divisi EksternalMerupakan divisi yang bertugas membangun kekuatan dan eksistensi KARAMBA FPIK ke luar agar keberadaan kelompok ini memiliki bargaining position yang kuat baik kedalam maupun keluar.

3. Divisi Riset dan Teknologi (Ristek)Divisi yang melakukan dan mengusahakan pengembangan Riset dan Penerapan Teknologi tepat guna dalam kegiatan budidaya perikanan sehingga efektivitas dan efisiensi.

4. Divisi Unit Pelaksana Teknis (UPT)Merupakan Divisi yang bertugas melaksanakan dan mempersiapkan kegiatan praktikum budidaya di lapangan atau di dalam ruangan. Ruang lingkup kegiatan divisi ini meliputi kegiatan budidaya ikan konsumsi dan ikan hias.

5. Divisi InfokomInfokom merupakan akronim dari Informasi dan Komunikasi yang memiliki ruang lingkup kerja sebagai publikator yaitu mempublikasikan berbagai hal yang telah dilakukan oleh KARAMBA FPIK UNPAD diantaranya adalah pembuatan majalah dinding (mading), buletin kegiatan secara berkala, pembuatan informasi mengenai KARAMBA secara online dan lain-lain.

6. Divisi KewirausahaanMerupakan divisi yang bergerak dalam bidang usaha. Bidang usaha ini meliputi pemasaran produk hasil KARAMBA FPIK UNPAD.

VII. PROGRAM KERJA1. DIVISI HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT (HRD)Nama Program KerjaOpen Recruitment

Project Supervisor Kania M dan Gmelina Asri M

Tujuan KegiatanSebagai langkah awal kaderisasi di KKM Karamba Memfasilitasi mahasiswa FPIK 2014 kemudian untuk mengenal atau belajar mengenai budidaya Memfasilitasi mahasiswa fpik 2014 dan juga meningkatkan minat serta bakat mereka dalam melakukan kegiatan budidaya

Indikator KeberhasilanSebanyak 50 mahasiswa (2014, 2013) mengikuti kegiatan open recruitmen dengan kehadiran minimal 90 % dari semua tahap seleksi / recruitmen

Deskripsi Kegiatan

Merupakan kegiatan rekuitmen atau penerimaan anggota baru KKM Karamba. Penerimaan anggota baru ini berhubungan dengan penyediaan dan peningkatan mutu sumber daya manusia KKM Karamba

BentukFGD, Indoor dan Outdoor activity

Waktu23 februari 4 April

Tempattentatif

PesertaMahasiswa FPIK 2014 dan 2013

Estimasi DanaRp.700.000

Nama Program KerjaDBS ( Diskusi dan Beberes Sekre)

Project Supervisor Adinda Kurnia P

Tujuan Kegiatan1. Meningkatkan keakraban serta kekeluargaan diantara anggota agar kenyamanan dalam melakukan organisasi tercapai. Sehingga kontribusi yang diberikan akan lebih baik.2. Melakukan pembenahan pada kesekretariatan agar pada saat melakukan kegiatan lebih nyaman sehingga kegiatan akan berlangsung lebih baik.3. Menambah pengetahuan mengenai kegiatan / teknologi/ invoasi pada bidang budidaya.

Indikator KeberhasilanSeluruh anggota karamba mengikuti kegiatan DBS, anggota memahami serta dapat mengambil ilmu dari kegiatan diskusi tersebut

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan DBS ini merupakan kegiatan mingguan yang dilakukan oleh seluruh anggota karamba yang dilakukan selama 1 kali dalam seminggu

BentukDiskusi

Waktu1x Satu Minggu

TempatSekretariat KKM Karamba

PesertaAnggota KKM Karamba

Estimasi DanaRp.50.000

Nama Program KerjaUlang Tahun Karamba

Project Supervisor Neni dan Rena

Tujuan Kegiatan1. Untuk meningkatkan kebersamaan dan juga keakraban diantara anggota2. Mengenalkan ruang lingkup KKM karamba lebih jauh3. Berbagi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk pengabdian

Indikator KeberhasilanAlumni, pengurus dan anggota karamba dapat menghadiri dan ikut serta dalam merayakan ulangtahun karamba

Deskripsi Kegiatan

kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari terbentuknya karamba.

BentukBakti sosial

WaktuJuli

TempatTentatif

PesertaAnggota karamba dan Pupuhu Karamba

Estimasi DanaRp.200.000

Nama Program KerjaUpgrading Karamba

Project Supervisor Dicky S P dan Fahri F

Tujuan KegiatanTujuan dari diadakannya upgradingnya karamba ini adalah untuk 1. Mengetahui progress dari proker tiap divisi2. Menjadikan rasa kekeluargaan diantar anggota lebih erat sehingga akan mempermudah pencapaian tujuan.

Indikator KeberhasilanTerlaksananya Seluruh program kerja karamba sebagai bentuk dari pencapaian tujuan yang didasarkan pada kekeluargaan

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan upgrading ini merupakan kegiatan yang bersifat berkala yang dilakukan 3 kali dalam 1 tahun kepengurusan. Kegiatan ini dilakukan oleh semua anggota karamba. Pada pelaksanaannya akan dilakukan evaluasi program kerja serta pemberian penghargaan baik terhadap divisi ataupun anggota terbaik selama kepengerusan atau setengah kepengurusan.

BentukGames, outdoor activity

WaktuMei dan September

TempatTentatif

PesertaSeluruh anggota karamba

Estimasi DanaRp.300.000

Nama Program KerjaMusyawarah Besar Karamba

Project Supervisor Adinda Kurnia dan Dina S

Tujuan KegiatanEvaluasi sistem kerja KKM karamba selama satu masa kepengurusan

Indikator KeberhasilanSeluruh Anggota KKM Karamba mengikuti kegiatan ini dan adanya evaluasi dari kepengurusan sebelumnya untuk kepengurusan selanjutnya

Deskripsi Kegiatan

Mubes KKM Karamba adalah Evaluasi kinerja kepengurusan Karamba periode 2013-2014, pembahasan dan peninjauan ulang AD/ART, dan pemilihan ketua baru untuk kepengurusan selanjutnya

BentukMusyawarah

WaktuDesember

TempatGedung Dekanat FPIK Unpad

PesertaSeluruh Anggota Karamba

Estimasi DanaRp.100.000

2. DIVISI RISET DAN TEKNOLOGI (RISTEK)Nama Program KerjaBudidaya Tubifex

Project Supervisor Hasan

Tujuan KegiatanMampu membudidayakan cacing tubifex

Indikator KeberhasilanAnggota karamba mampu mengetahui dan mempraktekkan cara budidaya cacing tubifex

Deskripsi Kegiatan

Mempersiapkan wadah budidaya yang terdiri lumpur/tanah kolam yang telah di beri pupuk berupa kotoran ayam sebagai nutrisi untuk cacing tubifex tumbuh.Mengairi wadah tersebut dengan air dengan system resirkulasi.

BentukProgram Lanjutan

WaktuSenin, 2 Maret 2015

TempatSekre Karamba

PesertaSeluruh anggota karamba

Estimasi DanaRp 196.000,-

Nama Program KerjaPembuatan Kolam Bioflock, red water system, Fermentasi pakan

Project Supervisor Andri Saputra

Tujuan KegiatanMembandingkan efektivitas dan efisiensi dari ketiga perlakuan terhadap laju pertumbuhan dan SR dari benih lele yang akan dibudidayakan

Indikator KeberhasilanAnggota Karamba mampu membuat kolam bioflock & red water system serta mampu mebudidayakan lele dengan system tersebut

Deskripsi Kegiatan

Membuat 4 kolam, dimana 4 kolam tersebut masing-masing diberi perlakuan yang berbeda yaitu, kolam bioflock, RWS, Fermentasi pakan, dan control.

BentukProgram Baru

WaktuMaret minggu ke-3 & oktober minggu ke-1

TempatSekre Karamba

PesertaSeluruh Anggota Karamba

Estimasi DanaRp. 1.060.000,-

Nama Program KerjaAkuaponik

Project Supervisor Aida

Tujuan KegiatanMembuat system Akuaponik

Indikator KeberhasilanAnggota karamba mampu membuat system akuaponik dengan baik dan benar.

Deskripsi Kegiatan

Membuat system akuaponik yaitu dengan memadukan antara pemeliharaan ikan hias dengan tanaman/sayuran air

BentukProgram lanjutan

WaktuMei minggu ke 1

TempatSekre Karamba

PesertaSeluruh anggota Karamba

Estimasi DanaRp 280.000

Nama Program KerjaSeminar Teknologi Budidaya Perikanan

Project Supervisor Deni Prastyo

Tujuan KegiatanMengetahui Teknologi yang up to date di bidang budidaya perikanan

Indikator KeberhasilanSeminar berjalan sesuai rencana dan lancar

Deskripsi Kegiatan

Mengadakan seminar yang berkaitan dengan teknologi kekinian di bidang dengan mengundang para para ahli dibidangnya

BentukProgram tahunan Karamba

WaktuOktober minggu ke-1

TempatBale Santika

PesertaSeluruh stakeholder perikanan

Estimasi DanaRp. 700.000

3. DIVISI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT)Nama Program KerjaPersiapan Kolam

Project Supervisor Numan

Tujuan KegiatanMengetahui proses persiapan wadah budidya

Indikator KeberhasilanAnggota karamba mampu memahami persiapan wadah budidaya dari mulai jenis-jenis kolam hingga cara pemugaran kolam yang sudah dipakai

Deskripsi Kegiatan

Simulasi pemupukan dengan cara mengeringkan kolam, memberi kapur, memberi pupuk dan garam.

BentukProgram tahunan

WaktuMaret minggu ke 2

TempatSekre karamba

PesertaSeluruh Anggota karamba

Estimasi DanaRp 200.000

Nama Program KerjaPemijahan udang lobster air tawar

Project Supervisor Teguh dan Detrik

Tujuan KegiatanMengetahui proses budidaya lobster

Indikator KeberhasilanMampu mengetauhi teknik budidaya lobster

Deskripsi Kegiatan

Teknik budidaya lobster dari pemilihan indukan sampai perawatan larva

BentukProgram baru

WaktuMaret

TempatSekre karamba

PesertaSeluruh anggota karamba

Estimasi DanaRp 500.000

Nama Program KerjaTeknik budidaya ikan lele

Project Supervisor Maryono dan M. Zais

Tujuan KegiatanMengetahui tekning budidaya lele dan simulasi penyuntikan

Indikator KeberhasilanMampu mengetahui teknik budidaya ikan lele

Deskripsi Kegiatan

Persiapam wadah indukan , persiapan wadh larva, pemilihan indukan yang matang gonad, penyuntikan ,persiapan wadah pemijahan.

BentukProgram tahunan semester awal

WaktuMaret-April

TempatSekre karamba - ciparanje - hatchery

PesertaSeluruh anggota karamba

Estimasi DanaRp. 800.000

Nama Program KerjaPembesaran ikan bawal

Project Supervisor Anggi P dan M. Galdio

Tujuan KegiatanMengetahui teknik pembesaran bawal

Indikator KeberhasilanPemberian pakan yang efektif, perawatan ikan bawal hingga ukuran proposional

Deskripsi Kegiatan

Pembesaran ikan bawal meliputi perawatan media pemeliharaan, pemberian pakan secara teratur sehingga ikan bawal dapat tumbuh dengan baik

BentukProgram baru

WaktuMaret-Juni

TempatSekre karamba

PesertaAnggota upt

Estimasi DanaRp 300.000

Nama Program KerjaPemijahan ikan koki

Project Supervisor Waskita, Wildan dan Alfi

Tujuan KegiatanMengetahui teknik pemijahan ikan hias

Indikator KeberhasilanMenghasilkan larva koki yang baik , dapat menjual hasil dari pemijahan

Deskripsi Kegiatan

Pemeliharaan indukan, persiapan wadah budidaya, pembuatan substarat, pemberian pakan, persiapan wadah penetasan, pemeliharan larva dan penjualan hasil

BentukProgram baru

WaktuMaret-Juni

TempatSekre karamba

PesertaAnggota karamba

Estimasi DanaRp 700.000,00

4. DIVISI EKSTERNALNama Program KerjaKunjungan Balai/Pelaku Perikanan

Project Supervisor Firdausi Nurfalah

Tujuan KegiatanUntuk menambah pengetahuan dan keilmuan anggota KARAMBA dalam bidang budidaya

Indikator KeberhasilanJumlah peserta memenuhi kuota dan para peserta memahami apa yang dijelaskan saat kunjungan

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan ini berupa mengunjungi balai yang telah disepakati dan diadakan seminar dan juga pelatihan dnegan narasumber dari pihak balai untuk menambah pengetahuan

BentukSeminar dan Pelatihan

WaktuOktober 2015 minggu kedua

TempatBBPAT Cijengkol Subang

PesertaAnggota KARAMBA

Estimasi DanaRp. 1.000.000,00

Nama Program KerjaKontes Cupang

Project Supervisor Hanan Hanifah

Tujuan KegiatanMemfasilitasi masyarakat yang mempunyai minat hobi ikan cupang

Indikator KeberhasilanJumlah peserta mencapai 500 ekor ikan cupang

Deskripsi Kegiatan

Kontes cupang merupakan sebuah perlombaan yang terdiri dari beberapa kategori yang memperlihatkan keindahan ikan cupang tersebut.

BentukKontes Perlombaan

WaktuNovember 2015 minggu kedua

TempatBale Santika UNPAD

PesertaMasyarakat Pecinta Ikan Cupang

Estimasi DanaRp. 2.000.000,00

Nama Program KerjaSharing PKL/magang

Project Supervisor Yuni Arisya

Tujuan KegiatanUntuk menginformasikan tempat-tempat yang dapat digunakan mahasiswa semester 4 yang akan PKL sehingga mereka memiliki gambaran dan tidak kebingungan

Indikator KeberhasilanPeserta mendapatkan gambaran mengenai tempat PKL yang ingin dituju

Deskripsi Kegiatan

Kegiata ini merupakan kegiatan untuk menginformasikan tempat PKL dalam suasana diskusi dimana ada pemateri dari beberapa tempat PKL yang menceritakan pengalaman saat PKL kepada peserta. Diadakan dua kali dengan peserta yang berbeda yaitu anggota KARAMBA angkatan 2013 dan seluruh mahasiswa FPIK 2013

BentukDiskusi santai

WaktuMaret 2015 minggu ketiga (Saat DBS) dan April 2015 (Kerjasama dengan KESMA BEM FPIK UNPAD)

TempatSekre KARAMBA dan Aula Dekanat FPIK UNPAD

PesertaMahasiswa angkatan 2013

Estimasi Dana-

Nama Program KerjaKunjungan Universitas

Project Supervisor Yulia Ayuningtyas

Tujuan KegiatanSebagai bahan studi banding suatu kegiatan dan memenuhi undangan

Indikator KeberhasilanAdanya timbal balik informasi antar universitas

Deskripsi Kegiatan

Mendatangi universitas yang mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan perikanan dan saling berbagi informasi mengenai berlangsungnya acara tersebut

BentukKunjungan

Waktu29 Maret 2015 dan Mei 2015

TempatUNSOED dan IPB

PesertaAnggota KARAMBA

Estimasi DanaRp 200.000

Nama Program KerjaStand KKM

Project Supervisor Putri Wulandari

Tujuan KegiatanUntuk mengenalkan KKM KARAMBA kepada Civitas akademika FPIK UNPAD terutama mahasiswa baru

Indikator Keberhasilan Para civitas akademika mengetahui dan menyadari eksistensi KARAMBA Untuk mahasiswa baru, mereka menjadi tertarik untuk menjadi anggota KARAMBA

Deskripsi Kegiatan

Stand didirikan saat Dies Natalies FPIK UNPAD, dan pada saat rangkaian POLBIN. Stand berisikan informasi mengenai kegiatan KARAMBA

BentukStand informasi

WaktuAgustus 2015 dan September 2015

TempatDekanat FPIK UNPAD

PesertaCivitas akademika FPIK UNPAD

Estimasi DanaRp. 100.000,00

5. DIVISI KEWRIRAUSAHAANNama Program KerjaArisan Karamba

Project Supervisor Santi Ryanti

Tujuan KegiatanMenambah kas karamba dengan mengambil 10% dari hasil arisan

Indikator KeberhasilanSeluruh anggota karamba berpartisifasi dalam kegiatan arisan ini

Deskripsi Kegiatan

Seluruh anggota dan pengurus karamba menyisihkan uangnya untuk mengikuti arisan yang dibuka setiap satu minggu satu kali

BentukPembayaran arisan dilakukan perdivisi (Panitia inti, UPT, HRD, Ristek, Wirus, eksternal dan Infokom)

WaktuMaret, April, Oktober dan November

TempatSekre Karamba

PesertaSeluruh Anggota Karamba

Estimasi Dana-

Nama Program KerjaWarung Kejujuran Karamba

Project Supervisor Eva Amalia

Tujuan KegiatanBelajar berwirausaha dan sekaligus menambah penghasilan bagi karamaba

Indikator KeberhasilanUang kas menjadi bertambah

Deskripsi Kegiatan

Diadakannya warung kecil di dalam sekretariat karamba yang ditujukan untuk seluruh anggota dan pengurus karamba

BentukWarung yang pembayarannya tanpa penjaga warung

WaktuFebruari, Maret, April, Mei, September, Oktober, dan November

TempatSekre Karamba

PesertaSeluruh Anggota Karamba

Estimasi DanaRp. 300.000,-

Nama Program KerjaDanus Karamba

Project Supervisor Siti Aminah

Tujuan KegiatanMenambah uang kas Karamba

Indikator KeberhasilanTerkumpul uang yang menambah kas Karamba

Deskripsi Kegiatan

Menjual beberapa jenis produk makanan untuk menghasilkan dana

BentukBerjualan di dalam kelas-kelas

Waktu2 minggu sekali pada bulan Maret, April, Oktober dan November

TempatDi dalam kelas Perikanan

PesertaPerwakilan setiap kelas

Estimasi DanaRp. 150.000,-

Nama Program KerjaCari Link Pemasaran

Project Supervisor Bayu Rizky

Tujuan KegiatanMengetahui harga-harga yang berhubungan dengan budidaya ikan

Indikator KeberhasilanMemiliki data harga-harga pakan, benih, indukan, ikan konsumsi, dan obat-obatan

Deskripsi Kegiatan

Mencari link pemasaran untuk memudahkan proses pemasaran produk karamba maupun untuk program kerjasama

BentukMencari link-link pemasaran pakan, benih, indukan, ikan konsumsi, dan obat-obatan

WaktuTentatif

TempatTentatif

PesertaAnggota Wirus

Estimasi DanaRp 150.000

6. DIVISI INFOKOMNama Program KerjaJarkom Anggota Karamba

Project Supervisor Bagus Hadi Prakoso

Tujuan KegiatanUntuk memberikan informasi kegiatan kepada anggota karamba

Indikator KeberhasilanSeluruh anggota dapat menerima informasi kegiatan yang akan dilaksanakan

Deskripsi Kegiatan

Memberikan informasi setiap kegiatan kepada anggota karamba

BentukKegiatan

WaktuSelama Kepengurusan

Tempat-

PesertaSeluruh anggota Karamba

Estimasi DanaRp 100.000

Nama Program KerjaBuletin/Mading

Project Supervisor Cyntia Kurniawati

Tujuan KegiatanUntuk memberikan informasi kepada mahasiswa FPIK Tentang kegiatan Karamba dan berita terkini tentang bidang budidaya

Indikator KeberhasilanSeluruh mahasiswa dan civitas akademika FPIK UNPAD dapat mengetahui informasi terkini dan kegiatan karamba

Deskripsi Kegiatan

Pembuatan mading yang dilakukan untuk memberikan informasi dan kegiatan terkini tentang dunia budidaya dan kegiatan karamba.

BentukProgam lanjutan

Waktu3 Bulan satu kali

TempatDekanat FPIK UNPAD

PesertaSeluruh Mahasiswa dan Civitas Akademika FPIK UNPAD

Estimasi DanaRp. 250.000

Nama Program KerjaPublikasi Kegiatan

Project Supervisor Muhammad Surya Fajar P

Tujuan KegiatanUntuk mempublikasikan kegiatan karamba di social media

Indikator KeberhasilanKaramba dan seluruh kegiatannya diketahui oleh dunia luar melalui social media

Deskripsi Kegiatan

Publikasi kegiatan karamba agar seluruh kegiatan karamba selama kepengurusan dapat diketahui oleh dunia luar dengan menggunakan social media

BentukProgram Lanjutan

WaktuSelama Kepengurusan

Tempat-

PesertaSeluruh Pengguna social media

Estimasi DanaRp 50.000

Nama Program KerjaAtribut Karamba

Project Supervisor Taufiq Rahman Hakim

Tujuan KegiatanUntuk mengetahui dan mempublikasikan KKM Karamba dengan media Atribut

Indikator KeberhasilanDiharapkan Seluruh pegurus dan Anggota karamba menggunakan atribut di setiap kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Atribut karamba merupakan perlengkapan untuk setiap anggota karamaba seperti jaket, pin dan kartu tanda anggota (KTA)

BentukProgram Lanjutan

WaktuSelama Kepengurusan

Tempat-

PesertaSeluruh anggota dan pengurus Karamba

Estimasi DanaRp 560.000

Nama Program KerjaKotak Aspirasi

Project Supervisor Irfan Ahmad Firdaus

Tujuan KegiatanUntuk memberikan aspirasi tentang tempat,kegiatan selama kepengurusan karamba

Indikator KeberhasilanAspirasi setiap anggota karamba untuk membangun dam mengintrospeksi setia kegiatan karamba

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan ini adalah berupa penyaluran kritik maupun saran (aspirasi) dari dan untuk seluruh anggota karamba guna membangun Karamba lebih baik lagi

BentukProgram lanjutan

WaktuSelama kepengurusan

TempatSekretriat Karamba

PesertaPengurus dan Anggota Karamba

Estimasi DanaRp 50.000

Nama Program KerjaKaramba Fams Pict

Project Supervisor Sarimanah

Tujuan KegiatanUntuk memperetat tali silahturahmi dengan semua anggota dan pengurus karamba

Indikator KeberhasilanSeluruh anggota dan pengurus karamba dapat ikut menghadiri acara tersebut

Deskripsi Kegiatan

Dokumentasi kenang-kenangan dengan anggota dan pengurus karamba

BentukProgram Baru

WaktuAkhir Kepengurusan

TempatStudio Foto

PesertaSeluruh pengurus dan anggota karamba

Estimasi DanaRp 300.000

VIII. TIMELINE PROGRAM KERJA

NoDivisiProgram KerjaBulan

FebruariMaretAprilMeiJuniJuli

1HRD (Human Resources Development)Open Recruitment

DBS (Diskusi Beberes Sekre)

Ulangtahun Karamba

Upgradding

Musyawarah Besar (Mubes)

2Riset dan Teknologi (Ristek)Budidaya Tubifex

Pembuatan Kolam Bioflock, red water system, Fermentasi pakan

Akuaponik

Seminar Teknologi Budidaya Perikanan

3Unit Pelaksana Teknis (UPT)Persiapan Kolam

Pemijahan udang lobster air tawar

Teknik budidaya ikan lele

Pembesaran ikan bawal

Pemijahan ikan koki

4EksternalKunjungan Balai/Pelaku Perikanan

Kontes Cupang

Sharing PKL/magang

Kunjungan Universitas

Stand KKM

5KewirausahaanArisan Karamba

Warung Kejujuran Karamba

Danus Karamba

Cari Link Pemasaran

6InfokomJarkom Anggota Karamba

Buletin/Mading

Publikasi Kegiatan

Atribut Karamba

Kotak Aspirasi

Karamba Fams Pict

NoDivisiProgram KerjaBulan

AgstSepOktNovDes

1HRD (Human Resources Development)Open Recruitment

DBS (Diskusi Beberes Sekre)

Ulangtahun Karamba

Upgradding

Musyawarah Besar (Mubes)

2Riset dan Teknologi (Ristek)Budidaya Tubifex

Pembuatan Kolam Bioflock, red water system, Fermentasi pakan

Akuaponik

Seminar Teknologi Budidaya Perikanan

3Unit Pelaksana Teknis (UPT)Persiapan Kolam

Pemijahan udang lobster air tawar

Teknik budidaya ikan lele

Pembesaran ikan bawal

Pemijahan ikan koki

4EksternalKunjungan Balai/Pelaku Perikanan

Kontes Cupang

Sharing PKL/magang

Kunjungan Universitas

Stand KKM

5KewirausahaanArisan Karamba

Warung Kejujuran Karamba

Danus Karamba

Cari Link Pemasaran

6InfokomJarkom Anggota Karamba

Buletin/Mading

Publikasi Kegiatan

Atribut Karamba

Kotak Aspirasi

Karamba Fams Pict

IX. PENUTUPDemikian rancangan program kegiatan ini kami susun semoga dapat memberikan gambaran tentang kegiatan kami selama satu kepengurusan ke depan. Peran aktif dan dukungan dari berbagai pihak, sangat kami harapkan guna mewujudkan pelaksanaan seluruh kegiatan yang Insya Allah dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Atas bantuan moril maupun materil yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.