PERUBAHAN PARADIGMA

of 15

  • date post

    17-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    125
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PERUBAHAN PARADIGMA

PERUBAHAN PARADIGMA DAN KERJA OTAKSumarti M ThahirOleh:

Direktur Operasional Pustaka Hati Educenter,Depok Jawa-Barat Telp. 021 77835279, sms 08111779373 Emai: pustakahati@yahoo.co.id

KONTRAK BELAJAR

Matikan Telepon Genggam. Tepat waktu. Menyimak pendapat teman. Berpartisipasi aktif.

MENGAPA PARADIGMA PERLU BERUBAH?Perubahan adalah sunatullah. Setiap zaman memiliki kebutuhan yang berbeda. Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka akan hidup pada zaman yang tidak sama denganmu.

Traksolin

1. 2. 3.

Ada sebuah traksolin di negeri blabla. Traksolin akan diputrarakan di sebuah tamtaman sebel barat banggungun megrah. Siapa yang mau naikai traksolin harus brabrayar sepruluh jutra. Pertanyaan: Di mana Traksolin? Di mana Traksolin akan diputratrakan? Berapa prabrayar Traksolin?

Insan sebagai Tambang

Anggaplah manusia sebagai tambang yang kaya dengan permata yang tidak ternilai harganya. Hanya pendidikanlah yang dapat mengeluarkan hartanya.

Apakah pembelajaran aktif?

Semua otak bekerja

Perhatikan Pernyataan Berikut ini1.

2.

3.

4. 5.

6.

Guru memberi contoh cara mewarnai yang baik kepada anak didik. Guru menghapal doa secara bersama-sama tanpa memperhatikan konteks kegiatan. Guru mengajarkan bahasa dalam bentuk komunikasi aktif. Anak didik menghapal huruf a-z. Guru memberikan pertanyaan berkait pada saat pembelajaran. Anak diberi pekerjaan rumah dalam bentuk LK di rumah.

Otak kita yang menakjubkanA.Otak kecil B.Batang otak C.Amigdala (saklar otak) D.Limbik (pusat emosi) E.Korteks (otak besar)E

C

D

B

A

Bagaimana otak mengolah informasi

Penglihatan Peraba Pengecap Penciuman Pendengaran

I N G A T A N

I N D R A

PENGOLAHAN AWAL

Bila tidak penting tidak akan disimpan dan segera dilupakan

Perhatian

Otak akan membuang info yang tidak bermanfaat. 99% dari seluruh info yang masuk melalui panca indra segera dibuang. Dalam hal perhatian otak akan bertindak sebagai saringan dari pada sebagai spon.

Cara penyimpanan informasiI I N G N A T A N I N D R A I N G A YANG PENTING T A DIKIRIM KE NE

PENGULANGAN/LATIHAN P

EMOSI BERMAKNA

I N G A T A N JANG KA PAN JANG

K E R J A

Pengaruh emosi negatif dalam belajar

Apakah emosi negatif itu? Bagimana rasanya bila kita dalam keadaan takut? Apa yang membuat takut anak didik di kelas? Apa yang harus dilakukan oleh guru?

Beberapa hal yang membuat anak tidak nyaman

Guru tidak bersahabat;galak, kurang senyum. Cenderung mengancam dan memberi hukuman. Bulliying dari teman dan guru. Hiasan terlalu heboh di kelas.