Penulisan Artikel dan Naskah Jurnal

of 4/4
PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN (BTKP) Jalan Kenari No 2 Yogyakarta 55166 Telepon/Fax (0274) 517327 Nomor : 441/0011 Lampiran : - Hal : Penulisan Artikel dan Naskah Jurnal 0 5 JAN 2016 Yth. 1. Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta 2. Kepala Dinas Pendidikam Kab. Kulon Progo 3. Kepala Dinas Dikpora Kab. Gunungkidul 4. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Sleman 5. Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kab. Bantul 6. Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan PNF Kabupaten Bantul Dengan hormat kami informasikan bahwa Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora DIY pada Tahun Anggaran 2016 akan menerbitkan Buletin Warta Guru sebanyak 3 edisi dan Jurnal Ilmiah Adi Karsa sebanyak 2 edisi. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk menyebarluaskan informasi tersebut kepada guru — guru di lingkungan binaan Saudara untuk berpartisipasi dengan mengirimkan naskah berupa artikel dan naskah hasil penelitian yang berkaitan dengan masalah pendidikan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pendidikan pada khususnya serta masalah pendidikan yang bersifat ilmiah. Untuk penerbitan tahun ini, kami informasikan sebagai berikut : a. Buletin Warta Guru Edisi Pertama terbit bulan April 2016 tema tidak ditentukan. b. Buletin Warta Guru Edisi Kedua terbit bulan Juli 2016 c. Buletin Warta Guru Edisi Ketiga terbit bulan Oktober 2016 Untuk tema Buletin Warta Guru Edisi Kedua dan Ketiga akan ditentukan kemudian. d. Jurnal Ilmiah Adi Karsa Edisi Pertama terbit bulan Juli 2016 dan Edisi Kedua terbit bulan Nopember 2016, tema tidak ditentukan. Naskah / artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sistematika standar dan belum pernah diterbitkan di media lain. Ketentuan selengkapnya, Struktur dan Format Artikel Jurnal Ilmiah Adi Karsa sebagaimana terlampir. Naskah hardcopy dan softcopy dikirim ke Sub Bagian Tata Usaha BTKP Dinas Dikpora DIY Jalan Kenari No 2 Yogyakarta atau melalui E-mail : [email protected] . Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami sa an terimakasih. KP BALM TE' MDI Sing Tembusan Yth. : 1. Kepala Dinas Dikpora DIY (sebagai laporan) 2. Ketua MKKS SMP Kab/Kota se DIY 3. Ketua MKKS SMA Kab/Kota se DIY 4. Ketua MKKS SD Kab/Kota se DIY 5. Ketua K3S SMK Kab/Kota se DIY arjo, SH, M.Ed 0514 199203 1 001
  • date post

    26-Jan-2017
  • Category

    Documents

  • view

    232
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Penulisan Artikel dan Naskah Jurnal

PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN (BTKP)

Jalan Kenari No 2 Yogyakarta 55166 Telepon/Fax (0274) 517327

Nomor : 441/0011 Lampiran : -

Hal : Penulisan Artikel dan Naskah Jurnal

0 5 JAN 2016 Yth.

1. Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

2. Kepala Dinas Pendidikam Kab. Kulon Progo

3. Kepala Dinas Dikpora Kab. Gunungkidul

4. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Sleman 5. Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kab. Bantul

6. Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan PNF Kabupaten Bantul

Dengan hormat kami informasikan bahwa Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas

Dikpora DIY pada Tahun Anggaran 2016 akan menerbitkan Buletin Warta Guru sebanyak 3 edisi dan

Jurnal Ilmiah Adi Karsa sebanyak 2 edisi.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk menyebarluaskan informasi tersebut kepada guru guru di lingkungan binaan Saudara untuk berpartisipasi dengan

mengirimkan naskah berupa artikel dan naskah hasil penelitian yang berkaitan dengan masalah

pendidikan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pendidikan pada khususnya serta masalah pendidikan yang bersifat ilmiah.

Untuk penerbitan tahun ini, kami informasikan sebagai berikut : a. Buletin Warta Guru Edisi Pertama terbit bulan April 2016 tema tidak ditentukan. b. Buletin Warta Guru Edisi Kedua terbit bulan Juli 2016 c. Buletin Warta Guru Edisi Ketiga terbit bulan Oktober 2016

Untuk tema Buletin Warta Guru Edisi Kedua dan Ketiga akan ditentukan kemudian. d. Jurnal Ilmiah Adi Karsa Edisi Pertama terbit bulan Juli 2016 dan Edisi Kedua terbit bulan

Nopember 2016, tema tidak ditentukan.

Naskah / artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sistematika

standar dan belum pernah diterbitkan di media lain. Ketentuan selengkapnya, Struktur dan Format

Artikel Jurnal Ilmiah Adi Karsa sebagaimana terlampir. Naskah hardcopy dan softcopy dikirim ke Sub Bagian Tata Usaha BTKP Dinas Dikpora DIY Jalan Kenari No 2 Yogyakarta atau melalui E-mail :

[email protected] .

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami sa an terimakasih.

KP

BALM TE' MDI

Sing Tembusan Yth. :

1. Kepala Dinas Dikpora DIY (sebagai laporan) 2. Ketua MKKS SMP Kab/Kota se DIY

3. Ketua MKKS SMA Kab/Kota se DIY

4. Ketua MKKS SD Kab/Kota se DIY

5. Ketua K3S SMK Kab/Kota se DIY

arjo, SH, M.Ed 0514 199203 1 001

Ketentuan Penulisan Artikel Buletin Warta Guru Media Tekhnologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan :

Naskah yang dikirim ke redaksi Buletin Warta Guru akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

1. Bersifat ilmiah popular, berkaitan dengan permasalahan yang berkaitan dengan dunia kerja bidang pendidikan , sebagai tulisan fakta, atau gagasan penulis.

2. Naskah diketik dengan huruf Arial ukuran huruf 11, jarak baris 1.5 spasi, ukuran kertas kwarto. Panjang tulisan antara 3 s.d 9 halaman.

3. Naskah diketik dengan huruf Arial ukuran huruf 11, jarak baris 1.5 spasi, ukuran kertas kwarto. Panjang tulisan antara 3 s.d 9 halaman.

4. Naskah yang dikirim merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun dan atau sedang diminta penerbitannya oleh media lain.

5. Naskah ditulis secara berurutan terdiri dari :

a. Judul (ringkas dan lugas / tidak lebih dari 15 kata)

b. Nama penulis tanpa gelar (dicetak miring)

c. Pendahuluan (setidaknya memuat latar belakang dan rumusan masalah penulisan)

d. lnti / Pembahasan (terdiri dari uraian atas sub sub bab)

e. Penutup (setidaknya berisi kesimpulan dan saran)

6. Naskah disertai gambar illustrasi

7. Naskah dikirim ke redaksi dalam bentuk soft copy baik melalui disket, flash disk, cd atau via email dengan menggunakan fasilitas attachment file.

8. Penulis tidak keberatan jika naskah yang dikirim mengalami penyuntingan atau perbaikan tanpa merubah isinya.

9. Isi artikel yang dimuat merupakan tanggungjawab penulis sepenuhnya. 10. Penulis menyertakan biodata singkat dan alamat lengkap termasuk email dan nomor

HP yang bisa dihubungi.

11. Naskah yang masuk redaksi dikategorikan : diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, dan ditolak.

12. Naskah yang tidak dimuat akan diberitahukan kepada penulis via SMS maupun email.

13. Penulis yang naskahnya dimuat akan diberi copy buletin sebanyak 1 eksemplar.

Ketentuan Penulisan Jurnal Adi Karsa :

Naskah yang dikirim ke redaksi Jurnal Ilmiah Adi Karsa akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

1. Bersifat ilmiah yaitu kajian atas masalah-masalah yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi dari penerapan tekhnologi dan komunikasi dalam dunia pendidikan yang berupa artikel gagasan orisinil, artikel kajian teori/konsep dan artikel ringkasan hasil penelitian yang sesuai dengan kompetensi penulis.

2. Naskah diketik dengan huruf Arial ukuran huruf 11, jarak baris 1.5 spasi, ukuran kertas kwarto.

3. Panjang tulisan antara 10 s.d 15 halaman. 4. Naskah yang dikirim merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam

penerbitan apapun dan atau sedang diminta penerbitannya oleh media lain. 5. Naskah ditulis secara berurutan terdiri dari :

a. Judul (ringkas dan lugas / tidak lebih dari 15 kata) b. Nama penulis tanpa gelar (dicetak miring) c. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris (diketik jarak baris 1 spasi dan terdiri dari

100-150 kata). Khusus artikel hasil penelitian setidaknya memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian.

d. Kata kunci ditulis bawah abstrak dalam Bahasa Inggris (dicetak miring maksimal 5 kata)

e. Pendahuluan (setidaknya memuat latar belakang dan rumusan masalah penulisan)

f. Intl / Pembahasan (terdiri dari uraian atas sub-sub bab) g. Metode penelitian (khusus untuk artikel hasil penelitian) h. Penutup (setidaknya berisi kesimpulan dan saran)

6. Penulisan kutipan langsung dari literatur lain diketik masuk 5 spasi ke dalam dengan jarak baris 1. Penulisan daftar pustaka diurutkan sebagai berikut : Nama penulis (Khusus Inggris dibalik dengan pemisah tanda koma [,]. Tahun penerbitan dalam kurung. Judul buku atau tulisan dicetak miring. Kota tempat penerbitan diikuti tanda titik dua [:]. Nama penerbit. Setiap pustaka diketik dengan jarak 1 spasi. Antar pustaka diberi jarak 2 spasi. Setiap pustaka yang lebih dari 2 baris, baris kedua dan seterusnya diketik masuk ke dalam sebanyak 5 ketukan.

Contoh Daftar Pustaka : Borg, Walter, R. & Gall, M., D. (1989), Educational research: an introduction (4th ed)

New York & London: Logman.

Estu Miyarso. (2009), Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Sinematografi. Tesis Yogyakarta: Program Studi Tekhnologi Pembelajaran Pasca Sarjana UNY.

Naskah dikirim ke redaksi dalam bentuk soft copy baik melalui disket, flash disk, cd atau via email dengan menggunakan fasilitas attachment file.

8. Penulis tidak keberatan jika naskah yang dikirim mengalami penyuntingan atau perbaikan tanpa merubah isinya.

9. lsi artikel yang dimuat merupakan tanggungjawab penulis sepenuhnya.

10. Penulis menyertakan biodata singkat, foto dan alamat lengkap termasuk email dan nomor HP yang bisa dihubungi.

11. Naskah yang masuk redaksi dikategorikan : diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, dan ditolak.

12. Naskah yang tidak dimuat akan diberitahukan kepada penulis via SMS maupun email.

13. Penulis yang naskahnya dimuat akan diberi copy jurnal sebanyak 1 eksemplar.

Page 1Page 2Page 3Page 4