Pengaruh Keragaman Suku Bangsa Terhadap Integritas Bangsa Indonesia

of 15 /15
"PENGARUH KERAGAMAN SUKU BANGSA TERHADAP INTEGRITAS BANGSA INDONESIA”

description

PKn

Transcript of Pengaruh Keragaman Suku Bangsa Terhadap Integritas Bangsa Indonesia

  • "PENGARUH KERAGAMAN SUKU BANGSA TERHADAP INTEGRITAS BANGSA INDONESIA

  • Disusun Oleh :1. Ade Febri2. Dwi Rachmawati3. Herti Nuryana4. Jovi Alang Musthofa5. Irfan Bagus Kurnianto6. Lisa Faradilla7. Muhammad Yusuf Irawan8. Reni Lusia9. Rinta Dian Pratiwi10.Titis Diana Pertiwi11.Waras Non Sari

  • Makna KebudayaanKebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal). Kebudayaan diartikan sebagai hal hal yang berkaitan dengan budi dan akal. Sedang dalam bahasa Inggris, kebudayaan dikenal dengan istilah culture yang berasal dari bahasa Latin colere, yaitu mengolah , mengerjakan tanah , membalik tanah atau diartikan bertani.

  • Karakteristik budayaBudaya memiliki sifat universal, artinya terdapat sifat-sifat umum yang melekat pada setiap budaya, kapan pun dan dimanapun budaya itu berada. Adapun sifat itu adalaha.kebudayaan adalah milik bersama.b. kebudayaan merupakan hasil belajar.c. kebudayaan didasarkan pada lambang.d. kebudayaan terintegrasi.e. kebudayaan dapat disesuaikan.f. kebudayaan selalu berubah.g. kebudayaan bersifat nisbi (relatif).

  • INTEGRASIIntegrasi dilihat dari 2 sudut pandang :1.Secara politis,integrasi berarti proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.2.Secara antropologis,integrasi berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

  • INTEGRASI BANGSA INDONESIAKata integrasi berkaitan erat dengan terbentuknya suatu bangsa, karena suatu bangsa terdiri dari berbagai unsur seperti suku/etnis, ras, tradisi, kepercayaan dan sebagainya,yang beranekaragam. Untuk itu integrasi suatu bangsa terjadi karena adanya perpaduan dari berbagai unsur tersebut, sehingga terwujud kesatuan wilayah, kesatuan politik, ekonomi, sosial maupun budaya yang membentuk jatidiri bangsa tersebut.

  • Kewajiban sebagai Warga NegaraWajib menaati hukum dan pemerintahan.Pasal 27 ayat (1) UUD 1945Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain.Pasal 28J ayat 1 Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang.Pasal 28J ayat 2 Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945.

  • Konsep kewajiban manusia disadari dan diakui sebagai penyeimbang atas pemahaman mengenai kebebasan dan tanggung jawab. Makin bebas kehidupan yang dinikmati oleh seseorang, makin besar pula tuntutan akan tanggung jawab, baik kepada orang lain maupun pada diri sendiri.

  • Kewajiban warga negara terhadap kebudayaan di IndonesiaAdapun sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan persatuan dalam keragaman antara lain:1.Tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain2.Tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik3.Menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya4.Lebih mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing

  • Hak Warga Negara Terhadap Kebudayaan di IndonesiaWarga negara berhak untuk mengetahui budaya yang ada di IndonesiaBerhak untuk belajar budaya pada daerah lain yang bukan daerah aslinya yang ada pada wilayah IndonesiaMendapatkan pengakuan etnis,dan kebudayaan tertentu.Ikut serta dalam pelestarian negara tanpa ada larangan siapapun dibatas kebebasan yang normal dalam berbudaya.

  • Tanggung jawab adalah sesuatu yang mendampingi hak asasi manusia sejak lahir.Berasal dari 2 kata yaitu menangggung dan menjawab .menanggung sendiri yaitu memikul sesuatu baik nyata ataupun tidak sedangkan menjawab adalah sesuatu hasil yang mutlak dari sebuah reaksi manusia dalam merespon sesuatu disekitarnya.dapat diartikan tanggung jawab adalah sesuatu yang ditanggung dan harus dilakukan oleh manusia bauk terlihat maupun tidak terlihat.

  • TANGGUNGJAWAB KITA SEBAGAI WARGA NEGARA YANG MEMILIKI BANYAK BUDAYAMenjaga budaya-budaya negara kita agar tidak punahMelestarikan budaya-budaya yang ada dinegara kita tidak hilang dimakan waktuMenjaga budaya kita agar tidak diambil atau diakui oleh negara lain(negara tetangga)Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan yang ada pada daerah kita masing-masingSaling menghargai antar kebudayaan yang ada di Indonesia agar integrasi bangsa Indonesia semakin kuatMenjunjung tinggi ideologi bangsa "Pancasila"Mengaplikasikan semboyan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kemajemukan bangsa Indonesia yang meliputi bahasa, budaya,suku, agama dan ras, bisa menjadi daya integrasi maupun disintegrasi bangsa kita. Seperti yang kita ketahui, dengan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia kita dapat berkomunikasi antar suku dan ras sehingga hubungan akan terjalin dengan baik dan dapat mempererat persaudaraan sebagai satu bangsa besar yaitu bangsa Indonesia.

  • KESIMPULANIndonesia Baru yang kita citakan itu, hendaknya ditegakkan dengan menggeser masyarakat majemuk menjadi masyarakat multikultural, dengan mengedepankan ke Bhinnekaan sebagai strategi integrasi nasional. Namun, jangan sampai kita salah langkah, yang bisa berakibat yang sebaliknya: sebuah konflik yang berkepanjangan. Harus disadari, bahwa merubah masyarakat majemuk ke multukultural itu merupakan perjuangan panjang yang berkelanjutan.

  • TERIMA KASIH