Pemilu prancis

download Pemilu prancis

of 38

  • date post

    08-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    2.890
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of Pemilu prancis

Pemilu Legislatif dan Eksekutif serta Penyusunan Kabinet

Pemilu Legislatif dan Eksekutif serta Penyusunan KabinetHana Maulida, 1106063023Ratu Nurwenda Sari Putri, 1106080276Dyah Krisanti Utami, 1106022370Rizky Resina, 1106022641LegislatifEksekutifPerdana MenteriPresidenAssemble NationaleSenatMenunjuk Terdiri dari Ini gue kasi bagan dulu biar mengingatkan siapa itu badan legislatif dan eksekutif di Prancis2Informasi Dasar Seputar Pemilu3Prinsip Pemilu di PrancisBersifat universal: bersuara merupakan hak bagi warga negara yang telah berusia 18 tahun keatas. PersonalBebasRahasia: tidak seorang pun boleh mencari tahu maupun mempengaruhi pilihan seseorang.Personal ini maksudnya apa ya????4Sistem Pemiluscrutin majoritaireuninominalplurinominal deux toursSingle tourLembaga EksekutifLembaga Eksekutif Terdiri dari Prsident de la Rpublique, Prmier ministre, dan Kabinet. Presiden dipilih langsung oleh rakyat.Prmier ministre dipilih langsung oleh Prsident de la Rpublique.Kabinet dipilih langsung oleh Prmier ministre atas persetujuan Presiden.

Sejarah Singkat PilPres di PrancisDi dalam Republik ke 2 (1848 -1852), Prsident de la Rpublique dipilih langsung secara umum. Di dalam Republik 3 (1870-1940) dan Republik ke 4 (1946-1958), Prsident de la Rpublique dipilih oleh anggota Assemble Nationale dan Snat. Tahun 1958, Charles de Gaulle dipilih pertama kalinya melalui sistem tidak langsung oleh anggota Parlemen, councilors, dan perwakilan municipal dengan jumlah keseluruhan 80.000 suara

Dibawah Republik ke 5, dan sejak amandemen 6 November 1962 diterima dari referendum 28 October 1962, Presiden de la Republique dipilih secara umum. Pemilihan President de la Republique dilaksanakan 5 tahun sekali sejak adanya Undang-undang Konstitusi no. 2000-964 tanggal 2 October 2000 (loi constitutionnelle n 2000-964 du 2 octobre 2000).Informasi Dasar Seputar PilPresPresiden dipilih secara langsung oleh rakyat Prancis. Pemilu presiden diadakan setiap 5 tahun sekali , sejak disahkannya loi constitutionnelle n 2000-964 du 2 octobre 2000. Pemilu presiden diadakan dua putaran jika pada putaran pertama tidak ada seorang kandidat pun yang mendapat suara mutlak (50+1)

Under the Fifth Republic and since the constitutional amendment of 6 November 1962 approved by the referendum of 28 October 1962, the President of the Republic is elected by direct universal suffrage. Presidential elections take place every five years, since the Constitutional Act no. 2000-964 of 2 October 2000 (loi constitutionnelle n 2000-964 du 2 octobre 2000).Mekanisme? Kapan? Syarat kandidat dan pemilih? Masa kampanye dan pendanaan? 10Pemilu baik Presiden maupun legislatif selalu diadakan di hari minggu.Jarak antara pemilu putaran pertama dengan putaran kedua adalah 2 minggu. Pemilu Presiden biasanya diadakan antara bulan april mei.Suasana pemilu Prancis.11Bagaimana Cara untuk Menjadi Calon Presiden?Merupakan Warga Negara Prancis.Berumur setidaknya 23 tahun.Telah terdaftar sebagai pemilih.Mendapat dukungan berupa tanda tangan dari 500 pejabat terpilih (lus locaux, maires, conseillers gnraux, dputs, snateur) dari kurang lebih 30 departements yang tersebar di Prancis dan diserahkan ke Conseil ConstitutionnelMenyerahkan laporan harta kekayaan kepada Dewan Konstitusi (Conseil constitusionnelle).Mempunyai akun untuk kampanye yang telah diaudit oleh CCEP ( National Committee on Campaign Account and Politic Financing)Telah memenuhi kewajiban pada perekrutan militer (sebelum akhir dinas militer, calon hanya perlu telah terdaftar, tanpa harus setelah menyelesaikan dinas militer mereka).Syarat Menjadi PemilihBerusia 18 tahunMerupakan warga negara Prancis atau mengalami proses naturalisasi setelah tinggal 5 tahunMempunyai hak-hak sipil (bukan narapidana atau kelainan jiwa)Tercatat dalam daftar pemilih. Pemilih mendaftarkan dirinya sesuai tempat tinggalnya ke Mairie

Mekanisme Pemilu PrancisPada hari pemilihan, masyarakat Prancis pergi ke tempat pemungutan suara (biasanya di tempat walikota atau sekolah) dengan kartu identitas dan kartu pendaftaran pemilih nya.

Carte lectorale

mengambil amplop berwarna biru dan menuju ke tempat pengambilan suara yang berisikan nama-nama calonKemudian masuk ke dalam sebuah bilik untuk memilih suara yang ada di dalam amplop

Lalu, amplopnya dimasukkan ke dalam kotak suara yang berada di sebelah tempat penandatanganan pemilih. Kemudian, pemilih menandatangani daftar pemilih yang tersedia di TPS.

Waktu untuk Kampanye Tidak kurang dari 20 hari dan tidak lebih dari 35 hari sebelum berakhirnya jangka waktu Presiden di kantor. Daftar calon presiden diterbitkan dalam Journal Officiel, setidaknya 15 hari sebelum pemilihan pertama, dan berhenti hari Jumat sebelum pemungutan suara pertama pada tengah malam. Kampanye resmi berlangsung total sekitar 30 hari.Dana untuk KampanyeMenggunakan dana publik Dari partai dan individu. Donasi dari seorang individu dibatasi sampai 4,574 dan semua donasi sama dengan atau lebih dari 152.50 harus menggunakan cek.Pada 1995, donasi dari pengusaha dilarang.

20Lembaga LegislatifPemilu LegislatifPemilu legislatif adalah pemilu yang diadakan untuk memilih anggota Assemble Nationale.Anggota Assemble Nationale dipilih secara langsung oleh rakyat Prancis. Pemilu diadakan setiap 5 tahun sekali.Terdapat 577 kursi dalam Assemble Nationale.Masa jabatan para anggota Assemble Nationale adalah 5 tahun.

Diperpanjang brp kali, pembubaran itu gmn, kampanye,kalo 22nya dr kanan/kiri gmn? yg di luar france met, dicoblos atau apa, harta,untuk jd calon daftar kemana,kriteria pemilih & kandidat,22Pemilihan dilakukan dengan metode scrutin uninominal majoritaire deux tours.Untuk dapat memenangkan pemilu langsung di putaran pertama, seorang kandidat harus mendapatkan suara mayoritas (1/4 dari suara yang masuk).Untuk melaju ke putaran kedua, kandidat harus mendapatkan suara setidaknya 12.5% dari jumlah pemilih terdaftar. Pada putaran kedua, yang paling banyak mendapatkan suara maka dia yang menang.

Syarat Menjadi PemilihPria atau wanita berkewarganegaraan Prancis.Telah berumur 18 tahun atau lebih.Memiliki hak-hak sipil.Tercatat dalam daftar pemilih.

Tata cara Menjadi PemilihMendaftarkan diri di kantor walikota.Mengisi formulir pendaftaran yang berisi data diri.Membawa salinan kartu identitas dan justificatif de domicile.Pemilih hanya bisa mendaftar sampai akhir tahun sebelum pemilu diadakan.

Syarat Menjadi KandidatPria atau wanita berkewarganegaraan Prancis.Telah berumur 18 tahun atau lebih.Memenuhi syarat untuk menjadi pemilih.Tidak berada di bawah perwalian.Telah memenuhi kewajiban militer.

Tata cara Menjadi KandidatKandidat Assemble Nationale dapat diusung oleh satu partai maupun menyalonkan diri secara independen.Nama-nama kandidat harus sudah terdaftar di prfecture selambat-lambatnya pada hari Jumat keempat sebelum hari pemilihan pada pukul 18.00.Saat mendaftar, kandidat menandatangani pernyataan berisi nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, tempat tinggal, serta nama kandidat pengganti jika terjadi kekosongan kursi.Prosedur KampanyeKampanye dimulai 20 hari sebelum pemilu putaran pertama dan pada satu minggu yang sama dengan putaran kedua.Pengeluaran untuk kampanye dibatasi oleh UU, yaitu sebesar 38.000.Bantuan dana dari seorang individu paling tinggi sejumlah 4.600.Segala bentuk iklan berbayar yang mengiklankan kandidat baik di media cetak maupun elektronik dilarang.

Sistem Pembagian Kursi 577 kursi dibagi rata ke seluruh circonscription yang terdapat di 96 dpartements yang ada di wilayah France Mtropolitaine serta di wilayah outre-mer. France Mtropolitaine diwakili oleh 555 anggota dan wilayah outre-mer diwakili oleh 22 anggota.Masing-masing circonscription diwakili oleh satu anggota Assemble Nationale.

Pada pemilu legislatif tahun 2012, terdapat satu perbedaan yang tidak ada di pelaksanaan pemilu-pemilu legislatif sebelumnya, yaitu adanya pemilihan anggota Assemble Nationale untuk mewakili masyarakat Prancis yang tinggal di luar wilayah Prancis.Terdapat 11 perwakilan, 6 untuk di benua Eropa, 2 untuk di benua Amerika, 2 untuk di benua Afrika, dan 1 untuk di benua Asia.

Mekanisme PemilihanPemilih terdaftar mendatangi tempat pemungutan suara.Pemilih mengambil kertas suara dari tiap-tiap kandidat serta sebuah amplop.Pemilih masuk ke dalam ruangan kecil untuk memilih.Setelah itu kertas suara beserta amplop yang sudah diberikan dimasukkan ke dalam kotak suara.Pemilih menandatangani daftar pemilih.

Apabila seorang pemilih berhalangan untuk datang ke tempat pemungutan suara, bisa diwakilkan kepada orang lain yang diberi kuasa untuk memilih. Untuk warga negara Prancis yang berada di luar wilayah Prancis bisa memilih di kedutaan atau konsulat Prancis.

Apa Hubungan Dua Pemilu Tersebut?Setelah terpilihnya Presiden baru maka pemilu legislatif pun diadakan (sekitar bulan Juni).Presiden akan menunjuk PM dari partai mendapatkan kursi mayoritas di AN (hasil dari pemilu legislatif)Setelah Presiden menunjuk PM maka PM bersama Presiden membentuk kabinet.Daftar Pustakahttp://www.interieur.gouv.fr/sections/a_votre_service/elections/les_elections_en_france/modalites-d-elections/modalites-election-francehttp://www.diplomatie.gouv.fr/en/france/institutions-and-politics/elections-in-france/article/legislative-electionshttp://www.assemblee-nationale.fr/connaissance/fiches_synthese/septembre2012/fiche_14.asphttp://lajeunepolitique.com/the-basics/the-electoral-system/http://www.lepetitjournal.com/homepage/expat/48389-dtfrans-de-langer.html http://www.diplomatie.gouv.fr/fr/IMG/pdf/Les_11_circonscriptions_electorales_pour_l_election_des_deputes_representant_les_Francais_etablis_hors_de_France.pdf? http://www.service-public.fr/actualites/002243.html

http://aceproject.org/main/francais/es/onePagehttp://www.france-politique.fr/election-politique.htmhttp://www.jesuiscultive.com/spip.php?article28http: