Pekerti 2010

3
Upaya peningkatan kompetensi Upaya peningkatan kompetensi profisional dosen perguruan tinggi selalu profisional dosen perguruan tinggi selalu menjadi pokok perhatian Direktorat menjadi pokok perhatian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI). Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI). Hal ini didasarkan pada konsepsi bahwa Hal ini didasarkan pada konsepsi bahwa dosen merupakan salah satu komponen dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung pembelajaran, dan secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. belajar mahasiswa.

Transcript of Pekerti 2010

Page 1: Pekerti 2010

Upaya peningkatan kompetensi Upaya peningkatan kompetensi profisional dosen perguruan tinggi selalu profisional dosen perguruan tinggi selalu menjadi pokok perhatian Direktorat menjadi pokok perhatian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI). Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI). Hal ini didasarkan pada konsepsi bahwa Hal ini didasarkan pada konsepsi bahwa dosen merupakan salah satu komponen dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung pembelajaran, dan secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa.belajar mahasiswa.

Page 2: Pekerti 2010

Agar dapat berfungsi secara professional, Agar dapat berfungsi secara professional, seorang dosen hendaknya memiliki tiga seorang dosen hendaknya memiliki tiga kompetensi yaitu :kompetensi yaitu :

1. Penguasaan Bidang Ilmu

2. Keterampilan Kurikulum

3. Keterampilan Pedagogis (pembelajaran dan pengembangan cara mensikapi pemahaman materi ajar)

Page 3: Pekerti 2010

Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKKERTI) untuk dosen muda dan Instruksional (PEKKERTI) untuk dosen muda dan program program Applied ApproachApplied Approach (AA) untuk dosen (AA) untuk dosen senior merupakan dua buah program pelatihan senior merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi professional dosen dalam peningkatan kompetensi professional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. Program peningkatan keterampilan pedagogis. Program PEKERTI yang dikembangkan sejak tahun 1993 PEKERTI yang dikembangkan sejak tahun 1993 dan program AA sejak tahun 1987 telah menjadi dan program AA sejak tahun 1987 telah menjadi program yang memperoleh banyak tanggapan program yang memperoleh banyak tanggapan positif dari berbagai kalangan pendidikan tinggipositif dari berbagai kalangan pendidikan tinggi