PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) · 2019. 5. 21. ·...

15
i PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) (Studi Tentang Partisipasi Perempuan pada Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di Desa Winumuru, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur) Oleh : UMBU ANWAR MARAMBA 352006005 SKRIPSI Disusun dan Diajukan Kepada Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA 2014

Transcript of PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) · 2019. 5. 21. ·...

  • i

    PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

    (PNPM)

    (Studi Tentang Partisipasi Perempuan pada Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di Desa Winumuru, Kecamatan Paberiwai,

    Kabupaten Sumba Timur)

    Oleh :

    UMBU ANWAR MARAMBA352006005

    SKRIPSI

    Disusun dan Diajukan KepadaProgram Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi

    Sebagai Salah Satu Syarat Untuk MemperolehGelar Sarjana

    PROGRAM STUDI SOSIOLOGIFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU KOMUNIKASI

    UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANASALATIGA

    2014

  • iii

    PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS SKRIPSI

    Yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama : UMBU ANWAR MARAMBA

    NIM : 352006005

    Program Studi : SOSIOLOGIFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu KomunikasiUniversitas Kristen Satya Wacana

    Menyatakan bahwa sesungguhnya skripsi,

    Judul Skripsi : Partisipasi Perempuan Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) ; (Studi Tentang Partisipasi Perempuan pada Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di Desa Winumuru, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur)

    Pembimbing : Dr. Ir. Arianti Ina Restiani Hunga, M.Si

    Tanggal Ujian :

    Adalah benar-benar hasil karya saya.

    Di dalam skripsi ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan atau gagasan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang saya akui seolah-olah sebagai tulisan saya sendiri tanpa memberi pengakuan kepada penulis aslinya.

    Apabila kemudian terbukti bahwa saya melakukan tindakan menyalin atau meniru orang lain seolah-olah sebagai tulisan saya sendiri, saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, termasuk pencabutan gelar keserjanaan yang telah saya peroleh.

    Salatiga, Februari 2014

    Yang memberi pernyataan,

    Umbu Anwar Maramba

  • iv

    PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI

    Sebagai sitivas akademika Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), saya yangbertanda tangan dibawah ini:

    Nama : UMBU ANWAR MARAMBANIM : 35200605Program Studi : SosiologiJenis Karya : Skripsi

    Demi pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepadaUKSW hak bebas royalty non eksklusif (non-exclusive royalty free right) ataskarya ilmiah saya yang berjudul:

    Partisipasi Perempuan Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) ; (Studi Tentang Partisipasi Perempuan pada Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di Desa Winumuru, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur)

    Beserta perangkat yang ada (jika perlu).

    Dengan hak bebas royalty non-eksklusif ini, UKSW berhak menyimpan, mengalihmedia/mengalih formatkan, mengelola dalam bentuk pangkalan data, merawat, dan mempublikasikan tugas akhir saya, selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis/pencipta.

    Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

    Mengetahui, Dibuat di : SalatigaPembimbing Utama, Pada Tanggal : Yang Menyatakan :

    Daru Purnomo, M.Si Umbu Anwar Maramba

  • v

    MOTTO

    Kemenangan Yang Seindah-indahnya, Sesukar-sukarnyaYang Boleh Direbut oleh Manusia

    ialah Dengan Menundukan Diri Sendiri

    (R.A. Kartini)

    Skripsi ini kupersembahkan kepada Papa dan Mama Tercinta:

    Umbu Djawa Maramba dan Yuliana Ludji

    Empat adik ku tercinta:

    Rambu Tamu Ina Maramba. S.Si TeolRambu Susanti M, Maramba. SH

    Rambu Maramba HumbaRambu Maramba Hawu. Amd,keb

    Istri dan anak ku tercinta:

    Yonita Laka Bida. SHRambu Tutu Gita Maramba

    Rambu Lolina Aprilia Maramba

    Serta,semua keluarga besar ANAWARU yang saya sangat cintai

  • vi

    KATA PENGANTAR

    Segala puji dan syukur patut disampaikan kepada Tuhan Yesus, atas berkah dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyesaikan skripsi dengan judul PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) (Studi Tentang Partisipasi Perempuan pada Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di Desa Winumuru, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur). Saya menyadari dan mengakui bahwa penulisan skripsi ini masih terdapat berbagai kekurangan, dan jauh dari kesempurnaan, akan tetapi dengan tekad dan keyakinan yang ada saya akan terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

    Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, diantaranya :

    1. Bapak Drs. Daru Purnomo, M.Si, selaku Dosen pengajar dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana, sekaligus selaku Wali Studi, terima kasih atas ilmu yang telah diberikan dan atas kesediaan Bapak mendengar dan memberi solusi ketika saya menemui masalah dalam studi saya selama berada di UKSW. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberi kekuatan dan kesehatan dalam seluruh pelayanan Bapak dan keluarga.

    2. Ibu Dr., Ir., Arianti Ina Restiani Hunga, M.Si, Selaku pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk mengarahkan, membimbing, memotivasi dan mendampingi saya selama proses penulisan sampai terselesainya skripsi ini, kiranya kebaikan Ibu mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

    3. Kepada seluruh staf pengajar khususnya progdi Sosiologi: Ir., John R. Lahade, M.Soc.Si; Ir., Royke R. Siahaenenia, M.Si; Dr. Pamerdi Giri Wiloso; Dr., Ir. Sri Suwartiningsih, M.Si; Dra. Antik Tri Susanti, M.Si;Elly E. Kudubun, S.Sos, M.Si; Dr., Ir. Arianti Ina Restiani Hunga, M.Si; Drs. Daru Purnomo, M.Si, atas semua kebaikan dan ilmu yang telah diberikan bagi saya selama studi di FISIPOL atau FISKOM UKSW. Tuhan memberkati pelayanan Bapak dan Ibu

    4. Seluruh karyawan tata usaha FISKOM: Mbak Yeni, Pak Budi, dan Pak Panto, terimakasih untuk bantuan yang diberikan selama ini, Hanya Tuhan yang dapat membalas budi baik bapak dan ibu.

    5. Kepada Papa dan Mama tercinta, terima kasih telah menjadi papa dan mama yang sabar, telah membesarkan dan mendidik penulis serta dorongan dan doanya, juga untuk adikku tercinta Rambu Tamu Ina Maramba, Rambu Susanti M. Maramba, Rambu Maramba Humba, Rambu Maramba Hawu dan semua keluargaku tersayang terima kasih sudah selalu mendukung saya dalam doa selama berstudi di Salatiga. I LOVE U ALL

  • vii

    6. Kepada Istri tercinta Yonita Laka Bida. SH dan kedua buah hatiku Rambu Tutu Gita Maramba dan Rambu Lolina Aprilia Maramba. yang selama ini mendukung saya dalam doa agar semuanya tercapai dengan baik. Senyum dan tawa kalian bertiga selalu menghiasi hari-hariku ketika kita terpisah jarah dan waktu. Doa papa ada bersama kalian.

    7. Kepada Carry, Burhan, Fendi, Didi, Jefri, Gomer, dan Semua anak FISKOM-Sosiologi yang masih berjuang tetap semangat ya, terima kasih atas dukungannya. Untuk Furi, Suhardika Maramba Awang, Marthin Madjangga, Umbu Rendra, Daniel, Dedy, Isno, terima kasih atas dukungan dan Doanya. Yang tak lupa buat sahabatku Nina, Ariel, Lussua, Desi Bedes, Yulius Ngarbingan, Priwi, Nuel, Dani, Terima kasih untuk dukungan dan doanya.

    8. Sahabat dan Saudaraku semua Anak-anak PERWASUS terima Kasih atas dukungan dan doanya.

    9. Kepada seluruh Staf Pemerintahan Kabupaten Sumba Timur, Bapak Camat Paberiwai bersama stafnya, Kepala Desa Winumuru bersama stafnya, Ketua Kelompok SPP desa Winumuru, Semua Kepala dusun yang ada di Desa Winumuru, dan Masyarakat desa winumuru, terima kasih atas waktu yang telah disediakan untuk bisa diwawancarai dalam penyelesaian skripsi ini.

    10. Kepada saudaraku tersayang, Andeka Rocky Tana Amah SE,M,Si, Erwin Wanawae, Frids Banonaek, Andriano Ridi, Umbu Daddi, Umbu Kudu, Jack Djara, Ama Glend, Umbu Dhino,Umbu Evan Mbadi, Natan Kila, Suprianto Wila, Rian Haruta, Melfian, Jefry, Rusdy, Om Jitro,Vhen Talo,Fredy Umbu Bewa Guty S,sos, Noldy Sonbait, Ari Kasman, Cantri, Eka Shi, Eka Prawoto, Anggi Marthen, Daniel Pekuwali, Umbu Kiki, Ari Lawa, Umbu Andra Yiwa, Dice Woleka, Ogant Rambadeta, Yefta Woleka, Vecky Rambadeta dan yang tidak dapat saya sebutkan namanya yang selama ini bersedia mendengarkan segala keluhan, baik suka dan duka selama saya berada di salatiga. Waktu yang telah kita lewati bersama di UKSW di Kost maupun kontrakan akan terus menjadi cerita indah dalam hidup saya.

    11. Kepada semua pihak yang tidak sempat penulis sebutkan satu persatu yang telah ikut berperan serta membantu dalam penulisan skripsi ini, penulis mengucapkan terimakasih.

    Akhirnya semoga Tuhan Pemberi Hidup terus menyertai dan melindungi kita dalam dekapan kasihNya.

    Salatiga, Februari 2014

    Penulis

  • viii

    S A R I P A T I

    Implementasi kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang telah dicanangkan sejak tahun 2007 yang bertujuan “mempercepat” pengentasan kemiskinan baik pada aras perkotaan maupun aras perdesaan telah memeberi semacam pencerahan bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa untuk menatap masa depannya yang lebih cerah. Sekalipun demikian, implementasi program tersebut masih menemui kendala pro dan kontra tentang keberhasilan dan ketidak-berhasilannya oleh berbagai pihak. Salah satu program yang difokuskan dalam penelitian ini adalah kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) khususnya di desa Winumuru, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur.

    Penelitian ini bertujuan menjawab dua pertanyaan, yakni: bagaimana partisipasi perempuan dalam kegiatan SPP, dan faktor-faktor yang memperngaruhinya. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, maka metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-eksplanatori digunakan sebagai “pemberi arah” dalam melakukan penelitian.

    Beberapa temuan penting dalam penelitian ini adalah: a). belum ada kesadaran yang cukup bagi perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan SPP di desa Winumur. Hal ini dibuktikan dengan hanaya ada dua kelompok SSP di desa tersebut, yakni kelompok Paluanda Lama Hammu dan Tahamemu Hamu Duang, yang masing-masing hanya berjumlah 10 orang anggota; b). belum adanya kesadaran perempuan untuk ikut berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan SPP khususnya dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan. Alasannya adalah bahwa selalu menunggu persetujuan suami atau orang tua laki-laki; c). dalam proses pelaksaan (pengelolaan anggaran) tingkat partisipasi perempuan cukup berhasil dengan kegiatan membuka kios, berjualan di pasar, beternak, dan lain-lain; dan d). partisipasi perempuan dalam pengembalian modal usaha tidak cukup baik sebab sebaian usaha mereka tidak berhasil. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi adalah: a). peran suami atau orang tua laki laki yang masih cukup kuat dalam memberi “arahan” bagi perempuan; b). tingkat pendidikan anggota yang diduga mempengaruhi cara berpikir mereka, karena rata-rata anggota hanya tamatan Sekolah Dasar; c). kurangnya penyuluhan pengelolaan usaha dari fasilitator PNPM.

    Kata Kunci: PNPM, Simpan Pinjam Perempuan, Partisipasi, Perempuan, Desa Winumuru

  • ix

    ABSTRACT

    This thesis deals with the activities of the group save the Borrowed girl (SPP) in a Program PNPM Mandiri Countryside committed by Old Paluanda Group and Tahamemu Hammu Duang group in the village of Winumuru. This research aims to find out how women's participation in the activities of the SPP, and and the factors that affected it. To address this, the research objectives of the qualitative method with descriptive research-type eksplanatori is used as a "giver of direction" in doing the research. Results of this study suggest that women are more in the give the opportunity to participate in the management of the Fund Save Borrow women and need for supervision of offenders in the PNPM Mandiri Facilitator and other rural Districts in the implementation of mentoring by mentoring in the town and in the villages, the need for special attention from the makers of the program to the process of institutional strengthening, especially to save the Group Borrow and take advantage of Women supporters and minimize factors restricting factor.

    Key Words: Activity Save Loan, Women's Participation, Mentorship.

  • x

    DAFTAR ISI

    HALAMAN JUDUL ……………………………………………………... i

    LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………… ii

    PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS SKRIPSI ……………….. iii

    PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ………………………… iv

    MOTTO …………………………………………………………………... v

    KATA PENGANTAR …………………………………………………… vi

    SARIPATI …………………………………………………………………... viii

    ABSTRACT ………………………………………………………………… ix

    DAFTAR ISI ……………………………………………………………... x

    BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………... 1

    1.1. Latar Belakang Masalah ………………………….……....... 1

    1.2. Rumusan Masalah ……………………………………......... 7

    1.3. Pokok Persoalan Penelitian ……………………………….. 7

    1.4. Tujuan Penelitian ………………………………………...... 7

    1.5. Manfaat Penelitian ……………………………………........ 7

    1.6. Batasan Penelitian ……………….………………………… 8

    BAB II TINJAUAN TEORITIS ………...…………………..…………… 9

    2.1. Kesetaraan Gender ………………………….…………....... 9

    2.2. Konsep Pemberdayaan Perempuan ………………………... 11

    2.2.1. Peran Serta Perempuan Terbatas ..………………… 12

    2.2.2. Keterbatasan Dalam Pengembangan Potensi Diri … 13

    2.2.3. Ketimpangan Gender ……………………………… 13

    2.2.4. Prioritas Program SPP Tidak Merata ……………… 14

    2.3. Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan ........................ 15

  • xi

    2.3.1. Konsep Perempuan Dalam Perspektif Gender …....…… 15

    2.3.2. Aspek Legal Perempuan Dalam Pembangunan ……...... 16

    2.3.3. Partisipasi Perempuan Dalam Ekonomi Keluarga ……... 17

    2.4. PNPM Mandiri Perdesaan …………………………………. 20

    2.4.1. Visi dan Misi PNPM Mandiri Perdesaan ………….. 21

    2.4.2. Tujuan PNPM Mandiri Perdesaan ………………… 22

    2.4.3. Keluaran Program …………………………………. 23

    2.4.4. Prinsip Dasar PNPM Mandiri Perdesaan ………….. 23

    2.4.5. Sasaran PNPM Mandiri Perdesaan ………………... 25

    2.4.6. Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan ………………… 25

    2.5. Kerangka Pikir Penelitian …..............................................… 27

    BAB III METODE PENELITIAN ….………………………………...... 29

    3.1. Jenis Pendekatan ………………………………………....... 29

    3.2. Jenis Penelitian …………………………………………...... 29

    3.3. Metode Penelitian .........…………………………………… 29

    3.4. Unit Amatan Dan Unit Analisa ……………………………. 30

    3.5. Teknik Pengumpulan Data …………........................……… 30

    3.5.1. Wawancara ………………..........………………..... 31

    3.5.2. Observasi ............................………………………. 32

    3.6. Teknik Analisa Data ……………......……………………… 32

    BAB IV PROFIL DESA WINUMURU DAN PNPM MANDIRI ………. 32

    4.1. Sekilas Tentang Sejarah Desa Winumuru …………............. 33

    4.2. Letak dan Batas Desa Winumuru ………………………….. 35

    4.3. Luas Wilayah dan Penggunaan Lahan …………………….. 37

    4.3.1 Potensi Tanaman Pangan ………………………...... 37

    4.3.2 Pertanian Tanaman Perkebunan ……....................... 38

    4.3.3 Potensi Peternakan Dan Perikanan ……................... 39

    4.4. Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Desa Winumuru ........... 40

    4.4.1. Demografi ………………………............................. 40

  • xii

    4.4.2. Pendidikan ………………………………………… 41

    4.4.3. Mata Pencaharian Penduduk ………………………. 42

    4.4.4. Agama dan Lembaga Adat ………………………... 42

    4.5. Kondisi Pemerintahan Desa …………………….................. 43

    4.5.1. Lembaga Pemerintahan ………………………........ 43

    4.5.2. Lembaga Ekonomi ………………………………… 44

    BAB V PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN

    MASYARAKAT DI DESA WINUMURU ….............................. 45

    5.1. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ...................... 45

    5.1.1. Proses Pengambilan Keputusan ………………….... 47

    5.1.2. Hambatan ………………………………………….. 50

    5.2.

    PNPM Mandiri Perdesaan Di Desa Winumuru, Kecamatan

    Paberiwai ...............................................................................

    51

    BAB VI PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROGRAM SIMPAN

    PINJAM PEREMPUAN DI DESA WINUMURU …………… 58

    6.1. Profil Kelompok SPP di Desa Winumuru Jejak Yang Tidak

    Ditemukan …………………………………………………58

    6.1.1. Kelompok Paluanda Lamahuma ………………….. 60

    6.1.2. Kelompok Tahamemu Hamuduang ……………….. 62

    6.2. Partisipasi Perempuan Dalam Pengelolaan Dana SPP Pada

    Aras Kelompok ……………………………………………. 66

    6.2.1. Pemetaan Partisipasi dalam Sosialisasi, Akses, dan

    Kontrol Program SPP PNPM ………………………

    66

    6.2.2. Pemetaan Manfaat Program Simpan Pinjam

    Perempuan PNPM …………………………………

    79

    6.2.3. Pemetaan Dampak dari Program Simpan-Pinjam

    PNPM ……………………………………………...

    83

    6.3. Partisipasi Perempuan Dalam Implementasi Program SPP

    PNPM Pada Aras Kelompok ……………………………….

    86

  • xiii

    6.3.1. Pemetaan Partisipasi Perempuan, Penggunaan Dana

    SPP Dalam Keluarga ………………………………

    86

    6.3.2. Pemetaan Partisipasi Perempuan, Penggunaan Dana

    SPP Dalam Keluarga ………………………………

    89

    6.3.3. Pemetaan Kontrol Dalam Program Simpan-Pinjam

    PNPM ……………………………………………...

    90

    6.4. Pemetaan Manfaat Sosio-Ekonomi dan Budaya Program

    SPP- PNPM ………………………………………………...

    91

    6.5. Pemetaan Dampak Program SPP – PNPM ………………... 92

    BAB

    VII

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN

    PEREMPUAN DALAM MEMANFAATKAN DANA PINJAMAN

    PADA PNPM MANDIRI PEDESAAN DI DESA WINUMURU …. 94

    7.1. Pendidikan Dan Ketrampilan ……………………………… 94

    7.2. Ekonomi …………………………………………………… 95

    7.3. Budaya Patriarkhi ………………………………………….. 98

    7.4. Faktor Lainnya …………………………………………….. 98

    BAB VI PENUTUP 100

    8.1. Kesimpulan ………………………………………………… 100

    8.2. Saran ……………………………………………………….. 101

    DAFTAR PUSTAKA ……………………………………….………………. 104

    LAMPIRAN …………………………………………………………………