Panduan Migrasi Aplikasi GPP Satker 2013

download Panduan Migrasi Aplikasi GPP Satker 2013

of 60

  • date post

    19-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    283
  • download

    12

Embed Size (px)

description

Panduan Migrasi Aplikasi GPP Satker 2013

Transcript of Panduan Migrasi Aplikasi GPP Satker 2013

MIGRASI APLIKASI GPP SATKER 2013PENJELASANAplikasi GPP 2013 telah mengalami perubahan database, yaitu menggunakan database MySQL seperti halnya aplikasi SPM dan SIMAK BMN. Aplikasi baru inilah yang digunakan untuk membuat gaji Januari 2013. Aplikasi gaji yang lama tidak digunakan lagi untuk proses gaji selanjutnya. Oleh karena itu diperlukan proses migrasi data. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Migrasi database dari Aplikasi GPP 2011 ke dalam Aplikasi GPP 2013 yang sudah menggunakan database MySQL.2. Perekaman Pejabat baru yaitu PPSPM di menu Setting > Setting Pejabat.3. Perekaman User baru aplikasi yaitu user PPSPM di menu Setting > Setting Password.4. Mengisikan Kode Bank SPAN pada setiap pegawai5. Melakukan perekaman SK perubahan jika ada pegawai yang berubah.6. Melakukan Setting > Status Kawin Awal Tahun 20137. Memproses Gaji Januari 2013.8. Menghasilkan adk rekap dan daftar lampiran rekening yang akan sebagai data input Aplikasi SPM.9. Pembuatan pengiriman gaji ke PPSPM : akan menghasilkan ADK gaji Sementara dan ADK Perubahan Sementara (2 ADK Sementara ini akan dibawa ke PPSPM).10. Proses pengujian gaji oleh PPSM dan menghasilkan ADK Perubahan dan ADK Gaji Final yang akan dikirimkan ke KPPN untuk proses pengujian gaji di KPPN.

A. GAJI JANUARI 2013

Perlu diperhatikan bahwa pembuatan gaji Januari 2013 harus menggunakan aplikasi GPP 2013 yang baru ini, sebab Aplikasi baru sudah menggunakan tarif PTKP yang baru. Dan juga ADK yang bisa diterima oleh KPPN adalah ADK gaji yang berasal dari Aplikasi GPP 2013 ini. Jadi jika satker ada yang sudah terlanjur membuat gaji Januari 2013, hendaknya dihapus dan dibuat ulang.

B. USER APLIKASI GPP 2013Aplikasi GPP 2013 ini sekarang digunakan oleh dua user yaitu :1. PPABP untuk memproses gaji > mengakses menu proses gaji2. PPSPM yang akan melakukan pengujian gaji > mengakses menu pengujian gajiSifat aplikasi ini adalah single database, dengan dibedakan user dan password antara PPABP dan PPSPM.

PPSPMPPABP

DB GPP

Bagaimana jika antara komputer PPABP dan komputer PPSPM tidak dalam 1 jaringan komputer?Solusinya Pertama melakukan backup dan restore, langkahnya adalah sebagai berikut :1. Komputer PPABP dan PPSPM diinstall Aplikasi dan Databae GPP2. PPABP melakukan proses gaji, mencetak, membuat ADK gaji dan ADK Perubahan sementara.3. PPABP melakukan backup data menggunakan menu Utilitas > Backup Data4. File Backup tersebut kemudian dibawa ke PPSPM beserta ADK Perubahan dan Gaji sementara ke PPSPM5. File backup tersebut kemudian direstore ke dalam komputer PPSPM, kemudian PPSPM melakukan pengujian gaji, dan terciptalah ADK GPP dan ADK Perubahan Final.6. PPSPM kemudian melakukan backup data yang nantinya akan dibawa kembali oleh PPSPM dan direstore di komputer PPSPMSolusinya Kedua melakukan copy folder MyGPP dan dibawa ke PPSPM1. PPABP mengcopy folder MyGPP (jangan lupa untuk mematikan service terlebih dahulu) ke PPSPM, beserta ADK Perubahan dan Gaji sementara ke PPSPM.2. Folder MyGPP dicopy ke dalam komputer PPSPM dan dinyalakan service nya.3. PPSPM melakukan pengujian gaji dan menghasilkan ADK GPP dan ADK Gaji Final.4. Folder MyGPP kemudian dicopy lagi oleh PPSPM dan diserahkan kepada PPABP.Solusinya Ketiga adalah menggunakan 1 komputer yang dipakai bersama oleh PPABP dan PPSPM. 1. Misal menggunakan laptop yang sama antara PPABP dan PPSPM sehingga kita tidak perlu mengcopy folder atau backup dan restore.

C. MIGRASI DATABASEKita akan melakukan migrasi dari dari Aplikasi GPP lama ke dalam Aplikasi yang baru yang sudah menggunakan Database MySQL. Proses migrasi harus menggunakan 1 komputer. Aplikasi baru dan aplikasi lama diinstall dalam 1 komputer.SETTING APLIKASI LAMA1. Copy dan letakkan Aplikasi GPP lama yaitu aplikasi GPP 2011 yang terletak di folder dbgaji8. Copy folder dbgaji8 dan letakkan di drive C:\

2. Masuk ke dalam aplikasi lama dan masuk ke dalam menu Setting > Konfigurasi. Pastikan bahwa Folder tujuan telah benar menunjuk kepada folder DB di dalam C:\dbgaji8\db\

3. Masuk ke dalam menu Setting > Setting Anak satker, pastikan satker yang akan kita migrasikan sudah terdefault. Yang kita default cukup 1 anak satker saja, Walaupun begitu yang kita migrasikan tetap 1 satker.

SETTING APLIKASI BARUInstalasi Paket Aplikasi GPP 2013Paket Instalasi Aplikasi ini terdiri dari beberapa file yaitu :1. AplikasiGajiSatker.exe : File instalasi aplikasi gaji baik untuk PNS (GPP) MyGPP.exe : Database aplikasi gaji sebagai tempat penampungan data.2. Mysql-connector-odbc-3.51.25-win32.msi : software bawaan dari MySQL yang digunakan sebagai jembatan penyambung antara Aplikasi GPP/BPP dan database MyGPP.

Cara Instalasi Database Doble klik file MyGPP.exe maka akan muncul menu instalasi dengan direktori/folder tujuan di C:\ MyGPP (yang akan terbentuk secara otomatis) File database aplikasi ini hanya terinstall di komputer server saja jika user menggunakan secara berjaringan, sedangkan di komputer client tidak diinstal. Komputer client hanya diinstall Aplikasi GPP saja.

Klik tombol Extrack, sehingga file akan terekstrak pada folder C:\MyGPP\ Secara otomatis Service dari datbase akan dinyalakan terlihat dari proses sbb :

Namun untuk memastikan bahwa database apotek ini benar-benar sudah menyala user dapat mengeceknya melalui menu Start > Control Panel > Administrative Tools > Service, pastikan bahwa service GPP dalam keadaan started.

Jika tidak maka user perlu secara manual untuk menyalakannya yaitu dengan membuka folder C:\MyGPP\ lalu cari file mysql-install.bat klik kanan mouse, lalu pilih Run As Administrator.

. Cara Instalasi Aplikasi GPP

Doble klik file AplGajiSatker.exe maka akan muncul menu instalasi dengan direktori/folder tujuan di C:\AplGajiSatker\ (folder tersebut akan terbentuk secara otomatis);

Klik tombol Extract, sehingga file akan terekstrak pada folder C:\ AplGajiSatker\

Cara Instalasi Mysql-Connector-odbc

File ini penting sekali untuk diinstal dalam komputer server maupun komputer client. karena sebagai penghubung/jembatan antara aplikasi GPP/BPP dan database MyGPP.Doble klik file Mysql-connector-odbc-3.51.25-win32.msi dan klik tombol next next sampai finish.

Cara Instalasi Font Barcode

Lakukan instalasi font untuk barcode yaitu : IDAutomationHC39M.ttf yang ada di dalam folder C:\AplGajiSatker dengan cara klik dua kali.

Selanjutnya klik tombol Install pada tampilan yang muncul.

Jika anda menggunakan windows vista, biasanya tombol Install tidak muncul, anda bisa mengcopy langsung file ini ke dalam folder C:\Windows\font\

Pengoperasian Paket Program

Untuk memudahkan pengoperasian, pada masing-masing komputer agar dibuatkan shortcut GPP2013 (copy shortcut file GPP2013.exe)Langkah-langkah untuk mengoperasikan :

1. Klik 2 kali pada shortcut GPP2013.2. Beberapa saat kemudian pada layar monitor akan tampil menu seperti dibawah ini :

3. Isikan User-Id dan Password anda.Untuk User ID dan Pasword akan diberikan sesuai kebutuhan dan dimasukkan didalam menu Setting Password, pembagiannya akan dibedakan antara Administrator dengan Operator berdasarkan tingkat kewenangannya. 4. Untuk pengoperasian pertama kali gunakan User ID dan Password : super (baik untuk komputer server atau client),5. Untuk Server IP diisi dengan Alamat IP komputer Server yang diinstall dengan database MyGPP.exe, jika user menggunakan dikomputer sendiri maka diisi dengan alamat localhost.

MIGRASI DATABASE1. Untuk memulai migrasi database masuk ke dalam menu utilitas > Migrasi Database GPP 2011

2. Maka akan terbuka menu migrasi database

Langkah-langkah untuk memulai migrasi adalah :1. Pilih folder Asal tempat database GPP 2011 itu berada, secara default yang terpilih adalah folder C:\dbgaji8\. Klik tombol kotak kecil jika berada di folder yang lain.2. Setelah itu klik tombol Proses, dan tunggu beberapa saat sampai proses migrasi tersebut selesai.3. Setelah selesai, keluar dari menu tersebut.CATATANProses migrasi ini dilakukan hanya 1 kali saja sebenernya, namun jika aplikasi anda saat ini telah dipisah-pisah ke dalam beberapa folder C:\dbgaji8\, karena operatornya berbeda dibagi per anak satker. Misalkan anda memiliki 2 anak satker, yaitu anak satker 01 dan 02. Dan masing-masing anak satker terletak di komputer yang terpisah, yaitu di komputer A dan komputer B, Maka anda harus memigrasikan 1 persatu.1. Pertama : lakukan migrasi untuk anak satker 012. Kedua : lakukan migrasi untuk anak satker 02Setelah proses migrasi akan muncul hasil perhitungan record data. Dan hasilnya adalah seperti ini data TIDAK SAMA

Hasil seperti ini TIDAK MASALAH / DATA BENAR. Sebab menu migrasi menghitung data yang sudah masuk di database MyGPP, karena anda melakukan migrasi 2 kali, sehingga jumlah record di tabel asal dan tabel tujuan tidak sama. Tabel tujuan telah masuk 2 data anak satker, sedangkan tabel asal hanya berasal dari 1 anak satker saja.D. PENGISIAN KODE BANK SPAN PADA MASING-MASING PEGAWAIUntuk isian data pegawai dalam rangka pelaksanaan SPAN maka perlu penambahan isian kode bank SPAN pada masing-masing data pegawai. Isian ini adalah isian baru, namun di dalam menu pegawai terdapat tombol yang bisa me-replace all untuk semua pegawai, sehingga cukup memilih kode bank span dan mengklik tombol maka semua pegawai akan terisi.

Buka menu Pegawai > Data Pegawai > Tombol Copy Data Rekening.

Klik tombol Tersebut maka akan keluar isian Bank SPAN. Masukkan cursor ke dalam teks tersebut lalu tekan tombol Enter.

Maka maka akan muncul referensi Bank SPAN, pilih nama Bank sesuai dengan tempat rekenign para pegawai, lalu klik tombol Pilih.

Lalu berikan tanda centang kepada kotak cek Bank SPAN, lalu klik tombol Copy.

Maka semua isian kode bank span akan terpasang pada semua pegawai.