Milestone - May 2012

100

description

On this Second Edition, we provide you all information on Food Business. Check the 5 Hot Food Business from our Editorial Team version. Also, We provide our special reports on this edition. Seek the uncover stories from our guest at Milestone Grand Launching. Last but least, we also give you all the interesting info about food, from chocolate to tea time.

Transcript of Milestone - May 2012

Page 1: Milestone - May 2012
Page 2: Milestone - May 2012
Page 3: Milestone - May 2012
Page 4: Milestone - May 2012
Page 5: Milestone - May 2012

T A H U N 1 9 5 5, Ray Croc mendirikan McDonald’s Corporation, lewat visi yang diutarakannya kepada Rich-ard McDonald dan Maurice McDonald, pendiri restoran McDonald’s. Berkatnya, McDonald’s telah menjadi restoran fast-food terbesar di dunia dan hingga kini melayani lebih dari 68 juta pelanggan setiap harinya di 119 negara. Sosok Kroc kemudian dijuluki sebagai Raja Hamburger (Hamburger King), selalu berusaha untuk mendahulukan customer-nya, terbukti lewat sebuah kutipannya, “If you work just for money, you’ll never make it, but if you love what you’re doing and always put the customer first, success will be yours.” Yang me-narik dan patut dicontoh adalah ide Croc untuk membangun sebuah jaringan restoran identik dengan kuali-tas tinggi, konsistensi serta keseragaman dalam proses produksi. Buktinya, ide tersebut berhasil dibuktikan lebih dari 33,000 restoran McDonald’s di seluruh dunia. Edisi bulan ini, Milestone mengangkat food issue. Semua hal yang cukup berhubungan dengan ma-kanan, juga tentang beberapa hal tentang bagaimana memulai bisnis makanan dibahas dalam edisi ini. Juga, sebagai pelengkap, edisi kali ini akan diwarnai dengan special reports kami, merupakan hasil wawancara ek-slusif kami dengan kelima entrepreneur sukses yang menjadi narasumber dalam Grand Launching Milestone 20 Februari 2012 lalu. Juga, kami tetap menghadirkan Snippet, yang akan membahas info terbaru tentang film, musik, fash-ion, gadget, hingga buku. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah liputan kami tentang konser Earth, Wind, and Fire yang sempat diadakan di Jakarta. Jadi, Selamat membaca!

BAVNER DONALDO, Editor-in-Chief

Page 6: Milestone - May 2012
Page 7: Milestone - May 2012
Page 8: Milestone - May 2012

Kebab Turki Baba Rafi, itulah yang menjadi merek pal-ing tersebar luas sebagai penguasa pasar jenis makanan timur tengah ini. Lebih dari 800 outlet tersebar di Indone-sia guna memenuhi permintaan pasar dan sekian banyakn-ya franchisee yang ingin menjadi bagian dari Baba Rafi.

• Apa yang melatarbelakangi bisnis ini?

Berawal dari kunjungannya ke negara timur tengah, sepasang suami istri terinspirasi untuk membangun bisnis di bidang kuliner yaitu ke-bab. Makanan yang terkenal sebagai makanan timur tengah ini dirasa dapat berkembang di pasar kuliner Indonesia. Hendy Setiono sebagai Presiden Direktur dari PT Baba Rafi didampingi istrinya Nilam Sari sebagai Direktur Marketing

memulai bisnis ini sejak sekitar sembilan tahun lalu. Berani mengambil resiko, mereka memu-lai bisnisnya dengan menyesuaikan rasa agar dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.Pada awalnya memang butuh penyesuaian, karena kebab pada saat itu belum menjadi makanan yang dekat dengan masyarakat Indo-nesia. Secara bertahap Baba Rafi memperke-nalkannya dengan strategi promosi yang baik. Diawali dengan sebuah gerobak di daerah Surabaya mereka memulai bisnisnya. Saat itu

Page 9: Milestone - May 2012

belum banyak orang yang mengetahui seper-ti apa rasa dari kebab tersebut. Namun lama kelamaan dengan pendekatan yang cermat, mulai dari design gerobak hingga akhirnya mereka diliput oleh media, membuat Baba Rafi melesat di dunia bisnis kuliner Indonesia.

• Apa yang membuat mereka unik?

Kebab Turki Baba Rafi adalah merk yang terkenal di pasar. Apakah yang membuat mereka tetap bertahan hingga saat ini? Kebanyakan bisnis berhenti di tengah jalan dikarenakan yang pemilik tidak melakukan inovasi. Berbeda dengan Baba Rafi yang saat ini memiliki 3 menu berbeda di dalam kiosnya.Awalnya adalah Kebab Turki. Kebab menjadi makanan yang ‘pasaran’ di negara Timur Ten-gah. Namun menurut Baba Rafi, kebab turki lah yang paling enak dibanding negara lain. Oleh karena itu untuk menarik minat pasar, maka nama negara “Turki” ditambahkan. Kebab pada dasarnya adalah daging, sayuran, may-ones dan bahan lain yang dibungkus di dalam tortilla. Kebab Turki Baba Rafi telah melakukan trial and error yang pada akhirnya menemu-kan rasa yang pas untuk lidah orang Indonesia.Kemudian untuk inovasi selanjutnya, di beberapa daerah kiosnya juga menawarkan menu Roti Maryam atau sering dikenal dengan roti Canai. Roti ini mudah sekali untuk diva-riasikan. Hanya dengan menambahkan susu, coklat maupun keju dapat membuat roti ini sangat nikmat untuk dijadikan makanan ringan.

Menu yang satu lagi adalah burger dan hotdog. Menu ini memang tampak seperti burger dan hotdog biasa. Namun jika dilihat apa yang ada di dalamnya, dagingnya bisa diisi dengan daging ayam atau daging sapi. Porsi yang cukup besar sesuai dengan harganya yang berkisar Rp 8.000,- sampai Rp 10.000,- dapat cukup mengenyangkan.PT Baba Rafi memperbesar pasarnya dengan memproduksi pizza dalam bentuk cone den-gan merk Piramizza. Pizza unik yang satu ini juga menjadi favorit konsumen. Topping yang dapat dipilih sesuai selera, kemudian disajikan dalam bentuk ocne seperti eskrim, menarik rasa penasaran konsumen yang melihatnya.Setiap produk Baba Rafi dihargai tidak lebih dari Rp 20.000,- untuk setiap porsinya. Harga terse-but sangat bersaing dengan pengusaha ma-kanan lain, terutama yang menawarkan produk sejenis. Ini juga yang menjadi alasan Baba Rafi berbeda dengan kebab lainnya. Namun den-gan harga tersebut sudah dapat menghasilkan profit yang besar untuk sebuah bisnis kuliner.

• Seperti apa Baba Rafi berkembang hingga

Page 10: Milestone - May 2012

saat ini?

Saat sudah memiliki nama yang kuat di pasar kuliner Indonesia, Baba Rafi mulai mem-franchise kan merknya. Awalnya me-mang hanya beberapa orang yang tertarik untuk menjadi franchisee. Lama kelamaan karena dengan cepatnya Bab Rafi berkem-bang, semakin banyak pula orang yang ber-minat untuk menjadi franchisee Baba Rafi.Sebagai pioneer franchisor kebab di Indo-

nesia, Baba Rafi terus melebarkan sayapnya hingga ke negara di Asia Tenggarra. Malaysia dan Thailand sudah menjadi negara tempat beredarnya franchise Baba Rafi. Saat ini su-dah lebih dari 800 outlet beredar di seluruh Indonesia. Ratusan outlet di Malaysia dan Thailand lain juga terus berkembang. Tidak heran PT Baba Rafi meraih gelar The Best and The Largest Local Fast Food Franchise.

Karena kurang dari 10 tahun, Baba Rafi juga telah berhasil mendapatkan penghar-gaan dari Business Week sebagai nomi-nator Asia’s Best Entrepreneur Under 25.Selain berbisnis, founder Baba Rafi, Hendy Setiono juga mengadakan seminar tentang entrepreneurship pada tahun 2007 bersa-ma Saptuari Sugiharto. Beberapa seminar telah dilakukan dengan tujuan membagi ilmu kepada sekian banyak pebisnis muda di Indonesia. Melalui seminar yang diadakan, koneksi dengan pihak lain terbentuk dengan baik. Hal itu memungkinkan untuk berkem-bangnya Baba Rafi juga melakukan tinda-kan peduli sosial seperti khitanan masal. Memang dalam berbisnis, perlu juga men-unjukan sikap kepedulian terhadap ling-kungan agar memberi nilai tambah positif.Berbicara kembali mengenai franchise, proses untuk menjadi franchisee Baba Rafi juga tidak begitu rumit. Proses yang mudah mempercepat berkembangn-ya franchise Baba Rafi. Mengenai lebih lengkap dapat mengunjungi website ini.Sebuah bisnis selalu memiliki resiko. Hanya orang-orang yang berani mengambil resiko lah yang dapat sukses, dengan keteku-nan, ide-ide kreatif dan kesabaran sebagai dasarnya. Baba Rafi adalah contoh untuk memotivasi para entrepreneur muda di In-donesia yang sangat berpotensi di segala bidang. Pesan Baba Rafi kepada seluruh en-trepreneur muda di Indonesia adalah untuk yakin terhadap bidang yang ditekuni, disip-lin dan sabar. Setiap pebisnis harus memi-liki visi dan komitmen. Ciptakan lah produk yang benar-benar berkualitas sehingga diterima dengan baik oleh konsumen.

Page 11: Milestone - May 2012
Page 12: Milestone - May 2012

S E T I A P P R O D U K atau jasa pasti memiliki harga. Bagaimana cara menentukannya? Apakah dalam menentukan harga boleh asal?

Setiap harga untuk sebuah produk atau jasa memiliki nilai di dalamnya. Tidak terlepas dari nilai biaya untuk pembuatan produk atau layanan jasa tersebut, hingga keuntungan yang diperoleh penjualnya. Semua memiliki cara penghitungan yang bertujuan sama: mendapatkan untung. Namun setiap harga tidak dipasang secara ‘asal’, penghitungan atas persentasi cost dan revenue ada di dalamnya. Leb-ih fokus lagi di dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara menentukan pricing harga untuk makanan agar sesuai dengan cost yang Anda keluarkan.

Secara inti, teknik pricing harga makanan berbeda dengan jenis produk lain, mengapa? Karena makanan adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Sehing-ga Anda dapat lebih ‘berani’ dalam menentukan harga melalui persentasi biaya yang Anda keluarkan dengan keuntungan yang Anda peroleh. Namun bukan berarti Anda dapat secara bebas menentukannya, tetap ada perhitungannya. Perbandin-gan antara biaya dan untung yang Anda peroleh untuk sebuah produk makanan dapat mencapai 100%, tergantung dari berapa biaya yang Anda keluarkan dan har-ga jualnya.

Harga makanan sebenarnya relatif berdasarkan jenis makanan dan dimana makanan tersebut akan dijual. Seperti misalnya, Anda memiliki bisnis makanan (contoh: Sandwich) di sebuah sekolah. Di sekolah tempat Anda berjualan, tidak ada orang lain yang menawarkan produk makanan seperti Anda. Anda berada dalam posisi monopoly karena hanya Anda lah yang memiliki produk tersebut. Sebut saja Anda membutuhkan biaya sejumlah Rp 2.500,- untuk sebuah sandwich. Maka Anda dapat menjualnya dengan harga Rp 5.000,- (keuntungan 100% dari biaya) karena harga yang Anda tawarkan masih dapat diterima oleh konsumen yang mer-upakan pelajar. Namun saat ada pesaing yang hadir dan menawarkan jenis produk yang sama dengan Anda maka saat ia dapat memasang harga lebih rendah dari Anda misalnya Rp 4.500,- maka Anda mau tidak mau harus menyesuaikan harga produk Anda kembali agar dapat bersaing. Pada saat itu teknik pricing menjadi semakin kompleks karena Anda harus mempertimbangkan biaya yang Anda keluar-kan dan persentasi keuntungan dari produk yang Anda jual. Jika Anda ingin tetap

Page 13: Milestone - May 2012

mendapatkan keuntungan 100% dari total biaya, maka Anda harus menurunkan biaya produksi.

Untuk mempermudah penjelasan mengenai teknik pemberian harga, akan menggunakan contoh sebuah binsis makanan yaitu sate.

Page 14: Milestone - May 2012

Dapat Anda lihat detail dari harga setiap bahan baku yang digunakan untuk memproduksi satu tusuk sate. Harga bahan-bahan tersebut dihitung secara de-tail, sehingga cost dari bahan-bahan untuk memproduksi satu tusuk sate dapat diketahui dengan jelas.

Kemudian ada biaya penyewaan tempat. Biaya ini juga dimasukan kedalam total cost dari pembuatan satu tusuk sate.

Anda telah mengetahui berapakah biaya untuk satu tusuk sate, baru Anda mem-perkirakan berapakah revenue yang ingin Anda peroleh berdasarkan biaya yang telah Anda keluarkan.

Perlu diingat lagi, siapakah konsumen Anda? Berapa daya beli mereka? Apa selera mereka? Karena penting untuk Anda ketahui setiap pasar tempat Anda berbisnis memiliki kebutuhannya masing-masing dan berbeda-beda seleranya. Tidak semua konsumen memiliki daya beli yang sama ditempat yang berbeda, sehingga Anda harus benar -benar memperhatikan target konsumen Anda. Un-tuk pembelajaran lebih dalam lagi, Anda harus mencari sumber referensi men-genai teknik pricing dan melalui pengalaman Anda sendiri.

Page 15: Milestone - May 2012

T A K J A R A N G restoran menjadi salah satu tempat favorit pilihan remaja, khu-susnya pada hari Sabtu malam, untuk berkumpul bersama teman, pacar, mau-pun saudara atau keluarga. Berbagai macam alasan melatarbelakangi tujuan mereka mengunjungi tempat-tempat tersebut. Berikut adalah beberapa fakta bagi sebagian remaja yang mengunjungi restoran :

1. Mereka yang mencari prestige

Bagi sebagian remaja, untuk dapat ma-kan di tempat-tempat tertentu yang sudah menjadi tren dapat membuat mereka terkesan bergengsi. Lokasi dari restoran ikut menentukan tingkat pres-tige yang ditimbulkan dari pengalaman mengunjungi tempat tersebut. Seba-gai contoh yaitu daerah Senayan, yang

merupakan salah satu tempat terpu-satnya kehidupan metropolitan kelas atas. Selain itu, sisi intern restoran juga dapat mempengaruhi. Suasana yang ditawarkan oleh restoran, sep-erti interior minimalis, gaya retro 70’s, atau formal dining menguatkan positioning dari restoran tersebut. Dari sekian kriteria yang disebutkan diatas, tentunya harga menjadi hal yang paling penting. Bagi sebagian besar orang, restoran yang me-nyediakan soft drink dengan harga berkisar Rp 30.000,-++ memang ber-lebihan. Namun bagi mereka yang mencari gengsi, hal itu menjadi se-buah bukti yang menguatkan bahwa mereka tidak terpengaruh dengan berapapun harga yang ditawarkan. Mereka mungkin akan memesan makanan mulai dari appetizer sam

Page 16: Milestone - May 2012

pai dessert.

2. Mereka yang penasaran

Restoran yang menjadi perbincan-gan di lingkungan sosial dapat mem-bangkitkan keinginan para remaja untuk mencoba restoran tersebut. Berbeda dengan remaja yang men-cari prestige, remaja yang penasaran tersebut beralasan bahwa mereka hanya ingin tahu apa yang me-nyebabkan restoran tersebut begitu terkenal. Mereka masih berpikir pa-tutkah sebuah restoran untuk dida-tangi dengan harga yang ditawarkan. Setiap restoran tentunya memiliki beberapa hidangan andalan. Mis-alnya, hidangan appetizer biasanya terkenal karena keunikannya. Re-maja yang penasaran, saat men-datangi restoran tersebut mungkin hanya memesan hidangan appetizer itu saja. Saat sudah mencicipinya, mereka akhirnya mencapai tujuan dari kunjungan ke restoran tersebut. Tetapi bukan berarti menutup ke-mungkinan untuk mencoba hidan-gan menarik lainnya.

Alasan selanjutnya adalah seberapa menariknya lokasi dari restoran tersebut. Hal ini biasanya dibahas diperbincangan lingkungan sosial remaja. Mereka yang penasaran ke-mudian membayangkan bagaimana bentuk, desain, dan interior restoran yang menarik sesuai dengan berita

yang diterima oleh mereka.

3. Mereka yang ingin hanya sekedar makan

Remaja yang hanya ingin memenuhi kebutuhan primernya yaitu pangan, akan mengnjungi restoran dengan alasan karena mereka ingin makan. Remaja seperti ini tidak terlalu mem-pedulikan mengenai seberapa gengsi mereka jika dapat mencicipi makanan di restoran tertentu. Bahkan sebagian dari mereka juga tidak teralu mement-ingkan harga. Saat mereka mendatangi sebuah restoran, berapapun harga yang ditawarkan jika mereka menganggap itu pantas, mereka akan pesan. Remaja seperti ini bersifat fleksibel. Bagi mere-ka adalah tujuan datang ke restoran adalah untuk makan. Mereka tidak membeda -bedakan mana restoran

Page 17: Milestone - May 2012

yang memiliki ciri khas tertentu maupun restoran yang memiliki inte-rior dan tema unik.

Contoh remaja yang seperti ini, di-manapun mereka berada saat lapar, akan mencari restoran terdekat. Mereka juga hanya akan memesan menu yang memang mencukupi

kebutuhan perutnya. Mereka tidak akan memesan makanan yang me-mang mereka tidak inginkan. Jika ada sebuah menu, maka mereka akan mencari main course-nya terle-bih dahulu. Baru jika mereka merasa itu kurang, baru mereka akan melirik ke bagian menu lainnya.

4. Mereka yang terbawa lingkungan sosial

Lingkungan sosial menjadi hal yang mempengaruhi consumption’s deci-sion making para remaja. Bagi mereka yang tidak begitu mengikuti tren, bi-asanya teman-temannya lah yang menentukan tempat tujuan untuk ‘nongkrong’. Sehingga ketika diajak ke suatu restoran tertentu, mereka yang tidak tahu biasanya baru mencari info tentang dimanakah restoran tersebut, bagaimanakah suasana dan harga yang ditawarkan, dan sebagainya. Mungkin juga mereka sudah tahu info tentang restoran tersebut, namun tidak ada suatu kebutuhan atau keinginan tert-entu. Tujuan yang diutamakan hanya untuk ikut berkumpul bersama teman-temannya.

Dikarenakan hal tersebut diatas, maka harga menjadi suatu hal yang concern bagi mereka. Jika restoran yang dikun-jungi adalah restoran yang termasuk mahal, biasanya mereka memesan ma-kanan atau minuman yang sesuai budg-et saja. Menu dessert khas restoran tersebut bisa menjadi salah satu alter-natif pesanan. Namun untuk kunjun-gan berikutnya, mereka tidak memilih restoran mahal tersebut lagi, melainkan mencari alternatif restoran lain.

Page 18: Milestone - May 2012

B A G A I M A N A M U N G K I N Anda tidak memanfaatkan media potensial ini? Fak-tanya Pada tahun 2010 saja pengguna internet di Indonesia mencapai 45 juta orang yang mengakses internet secara rutin. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dari waktu ke waktu karena orang akan semakin mudah mengakses internet. Lebih dari 43 juta diantaranya pengguna media sosial facebook dan ada lebih dari 19,5 juta akun twitter. Di Indo-nesia media sosial facebook menjadi si-tus nomor satu yang paling sering di kun-jungi serta negara yang masyarakatnya paling aktif mengetweet di twitter den-gan sumbangan 12% dari seluruh tweet dunia yang dikirim per hari. Semua itu adalah bukti betapa masyarakat Indone-sia sangat menyukai hubungan sosial.

Coba bayangkan, mana ada tempat di dunia yang bisa didatangi jutaan orang untuk melihat produk Anda selain mela-lui internet? Pemasaran seperti ini sudah dilakukan oleh beberapa brand terkenal di Indonesia seperti Wafer Chocolatos dengan taglinenya “Chocolatos mama-mia lezatos” yang laman fans page face-

booknya sudah di-like lebih dari 1,8 juta pengguna facebook dan men-empatkan laman ini di posisi kedua terbanyak yang di-like pengguna fa-cebook. Di nomor satunya ada Surfer Girl Online Shop Indonesia dengan like 2,2 juta users. Kemudian ada Yamaha Motor Indonesia dengan like hampir 1,7 juta pengguna dimana lebih dari delapan puluh ribu user diantaranya aktif di laman fans page itu.

Daripada melakukan marketing di media lain yang memerlukan uang, jauh lebih baik menggunakan media sosial bukan? Bisa diakses dimana saja dan kapan saja selama 24 jam penuh. Tinggal update status, jutaan orang langsung mengetahui informa-si yang ingin anda sampaikan. Selain dapat menjangkau segmen pasar yang luas, dengan berjualan online Anda tidak terpaku dengan jam kerja sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bisnis dengan on-line sangat hemat modal, tidak perlu menyewa ruko atau tempat berjua

Page 19: Milestone - May 2012

lan di pusat kota, karena Anda sudah berada di pusat kerumunan orang. Paling Anda hanya perlu membayar domain dan hosting. Tetapi ini pun bisa diminimalisasi dengan menggu-nakan web gratisan. Anda hanya perlu menggaji orang untuk menghandle orderan, mengurus pengiriman, dan mengolah kata-kata untuk update sta-tus. Selain itu Anda juga akan mudah meminta feedback kepada konsumen untuk perkembangan bisnis.

Bukan hanya brand-brand terkenal saja yang sudah melakukan market-ing online. Ada puluhan bahkan ratu-san single entrepreneur yang sudah sukses mencapai omset puluhan juta rupiah per bulan hanya dengan duduk di depan komputer. Bapak Dewanto Purnomo misalnya. Dari yang se-orang pegawai BUMN, memilih fokus menggeluti usaha berjualan boneka lewat online. Di bidang makanan ada Keripik pedas Maicih dan Keripik Sing-kong Karuhun.

Karena sudah mewabahnya jualan on-line, bahkan saat ini sudah ada work-shop, layanan konsultasi, pelatihan marketing online, bahkan ada layanan menjadi sales langsung yang membantu menjual barang dan jasa melalui online. Marketing bisa dilakukan lewat media online mana saja, mulai dari situs jejar-ing sosial facebook, microblog twitter, blog, dan masih banyak lagi. Berminat? Berikut ini adalah contoh tips untuk me-mulai berbisnis makanan melalui sosial media!

Targetkan orang-orang disekitar Anda Disaat Anda baru memulai bisnis, belum ada yang tahu bisnis Anda. Beranikan diri menawarkan produk mulai dari teman-teman Anda atau orang-orang disekitar Anda. Perbanyak jaringan pertemanan Anda dengan aktif di komunitas-komuni-tas yang banyak digandrungi target mar-ket Anda atau yang memberikan brand image yang positif kepada produk Anda.

Page 20: Milestone - May 2012

Atau mungkin Anda bisa meminta kenalan Anda mengenalkan teman-temannya yang hobi makan sehingga dari cara itu, Anda bisa menambah teman baru.

Tentukan menu andalan produk makanan anda

Banyak orang ketika akan membeli makanan, bingung mau memilih produk yang mana karena produknya terlalu banyak. Konsumen tidak suka repot, ingin cepat mendapatkan apa yang mereka inginkan. Selain itu kon-sumen selalu ingin mendapatkan

produk yang terbaik, dan cenderung membeli produk makanan yang disu-kai orang pada umumnya. Oleh ka-rena itu sebaiknya Anda memberikan peringkat pada makanan yang banyak dipesan atau makanan yang paling Anda rekomendasikan. Makanan re-komendasi ini jumlahnya bisa lebih dari satu, agar menarik orang mem-beli lebih banyak produk.

Cantumkan detail produk yang jelas

Kelemahan berjualan makanan di marketing online ini yaitu konsumen tidak bisa mencicipi produk. Oleh karena itu, Anda bisa menambah-kan keterangan produk yang jelas, seperti berapa gram isi makanan-

nya, teksturnya bagaimana, bahan baku utamanya apa, tahan berapa lama sete-lah pengiriman, dan lain lain. Tambahkan pula foto tampilan produk yang jelas, menarik, dan menggugah selera. Buat juga katalog yang berisi barang-barang yang Anda jual, agar pengunjung mudah melihatnya.

Ikuti dan Aktif di komunitas dan forum online

Pastikan juga imej komunitas dan for-umnya tidak bertolak belakang dengan produk yang Anda jual, tetapi cari juga yang banyak peminatnya. Anda bisa mengincar komunitas pecinta keripik misalnya, atau komunitas pecinta ma-kanan pedas atau pecinta makanan asli Indonesia. Dengan berkecimpung di ko-munitas dan forum, Anda bisa mempu-nyai banyak teman sehingga bisa mena-warkan produk kepada mereka.

Buat Brand

Dengan adanya brand, produk Anda jadi mudah diingat. Oleh karena itu cipta-kan nama brand yang menarik, mudah diucapkan (penyebutannya tidak terlalu panjang. Kalau panjang, pastikan ada singkatannya), dan enak didengar. Buat image positif terhadap produk. Kalau perlu, disaat senggang buatlah video demo iklan yang singkat, kreatif, dan me-narik.

Profil yang jelas & terpercaya Disaat konsumen akan membeli produk, mereka akan melihat profile Anda den-gan tujuan ingin mengenal dengan siapa mereka melakukan transaksi. Sebab dewasa ini ada banyak juga kejahatan melalui online. Konsumen sudah me-nyerahkan uang muka, tetapi ternyata penipuan. Ada baiknya Anca cantumkan website resmi (kalau ada), daerah tem-pat Anda tinggal, alamat email, dan no

Page 21: Milestone - May 2012

mor telpon yang bisa dihubungi.

Relationship Marketing

Salah besar menghubungi konsumen disaat hanya akan menawarkan produk. Paling tidak sedikitnya sempatkan men-gucapkan selamat melalui online ke-pada konsumen yang berulang tahun. Atau bisa juga Anda membuat pertan-yaan-pertanyaan dengan jawaban yang singkat mengenai saran dan pendapat mereka. Layani semaksimal mungkin. Kalau ada masalah, misalnya stok ba-rang habis, segera beritahu konsumen. Jangan sampai mereka menunggu lama. Berikan bonus khusus kepada retailer atau konsumen yang paling banyak mengorder produk. Selain itu Anda juga bisa membuat komunitas dengan nama brand Anda.

Tetapi ingat, bisnis tetap bisnis. Jangan sampai karena hubungan teman, Anda membiarkan mereka terus-terusan minta diskon khusus, atau karena te-man, Anda bisa seenaknya delay produk terlalu lama.

Daftarkan produk di Marketplace

Marketplace merupakan salah satu ap-likasi gratis jejaring sosial facebook agar para pebisnis bisa menawarkan produk-produknya. Aplikasi ini didesain supaya pengguna yang mengakses ke facebook tidak perlu meninggalkan facebook bila mau mencari suatu barang. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Tampilan media yang menarik Ada yang bilang, penilaian pada pan-dangan pertama itu sangat penting. Makanya Anda harus menyuguhkan tampilan yang menarik dan meyakin-kan. Dengan tampilan yang menari pun

pengunjung betah melihat-lihat website Anda, sehingga mereka bisa sering balik lagi.

Pikirkan tentang pengiriman dan pembayaran

Yang perlu diperhatikan dari berbis-nis online adalah masalah pengiriman dan pembayaran. Pengiriman bisa mela-lui pos, atau kalau banyak orderan yang searah bisa dikirim langsung. Pembayaran bisa dilakukan secara online melalui Pay-Pal. Untuk mengaktifkannya, Anda harus mendaftar dulu. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai pengiriman uang dan transaksi uang online di BCA.

Update Status

Update status berfungsi untuk keep in touch dengan calon customer. Isi status jangan melulu mempromosikan produk, tambahkan juga informasi-informasi hiburan yang unik, lucu, layak disampai-kan dan menarik perhatian. Berikan juga cerita-cerita atau quotes inspiratif atau yang berhubungan dengan produk. Jika akan mengiklankan produk, sampaikan poin utamanya, jangan terlalu panjang. Tambahkan judul yang menarik, dan buatlah seperti berita, sebab ada kecend-erungan orang-orang menghindari iklan. Buat kata-kata seperti berdialog dan tidak monoton.

Marketing Offline

Untuk produk yang baru dirintis, setelah membuat toko online atau akun media sosial, jangan hanya diam saja di depan komputer. Karena belum ada orang yang mengunjungi toko online atau akun me-dia sosial Anda, teleponlah teman-teman, saudara, dan kenalan Anda, dan ajak mereka mengunjungi toko online yang baru Anda buat.

Page 22: Milestone - May 2012

Super Show 4 – Live in Jakarta

Bagi para pecinta SuJu, ka-lian nggak perlu ke Malaysia atau Singapura untuk nge-liat Suju secara langsung. Akhirnya, Super Junior da-tang ke Jakarta untuk kon-ser Super Show 4. ini akan dilaksanakan di Mata Elang International Stadium, An-col, pada 28-29 April 2012. Konsernya akan dibagi dalam dua kali pertunjukan, dan harga tiketnya mulai 500 ribu Rupiah. Untuk info, hubungi ShowMaxx Ent (021 66674915).

Vertical Horizon – Live Concert in Jakarta

Bagi kalian para pecinta lagu “Best I Ever Had”, jan-gan lewatin kesempatan untuk ketemu Vertical Ho-rizon Live in Jakarta. Band rock alternative ini akan tampil di dua kota, Jakarta dan Bali. Di Jakarta, akan dilaksanakan pada 1 Mei 2012 di Hard Rock Café Jakarta. Serta untuk di Bali akan dilaksanakan pada 3 Mei 2012. Acara ini diada-kan oleh Original Produc-tion, juga dalam rangka 21th Anniversary Vertical Horizon. Untuk tiket da-pat dibeli lewat Original Production Office (021 72790254), serta lewat Ibu Dibjo.

Young Entrepreneur Summit 2012

Bagi para calon entrepreneur, jangan lewatkan kesempatan ini. Seminar ini dibawakan oleh empat orang pengusaha muda yang sukses, dianta-ranya Bong Chandra, Elang Gumilang, Donny Pramono, dan Hendy Setiono. Acara ini akan dilaksanakan di Integrity Convention Center, MGK Ke-mayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu, 12 Mei 2012, pukul 09.00 – 17.00. Untuk info se-lengkapnya, hubungi PT. Bong Chandra Success System (021 2900730).

L’Arc-en-Ciel World Tour 2012

Grup musik dari neg-eri sakura ini akhirnya menggebrak Jakarta. Kon-ser ini akan dilaksanakan di Lapangan D Senayan, Jakarta, pada tanggal 2 Mei 2012. World Tour 2012 ini sebetulnya ada-lah perayaan 20th Anni-versary dari group yang beranggotakan 4 orang: Hyde, Tetsuya, Ken, dan Yukihiro. Untuk informasi selanjutnya dapat meng-hubungi Rajakarcis (021 8282137) atau Tiket.com (021 70206888)

Page 23: Milestone - May 2012
Page 24: Milestone - May 2012
Page 25: Milestone - May 2012
Page 26: Milestone - May 2012

S E J A K M E N J A D I sebagai sebuah de-mam di Amerika Serikat, ternyata de-mam tersebut menjalar hingga di In-donesia. Tampilannya yang menarik, disertai dengan topping yang beragam, dan rasa yang enak, membuat camilan ini sangat dinikmati khalayak ramai.

Cupcake konon disebut pertama kali lewat se-buah buku ber-judul American Cookery karya Amelia Simms

pada tahun 1796. Sejak saat itu, akhirnya tahun 1828, Eliza Leslie mempublikaskan resep cupcake pertama di dalam buku resep karyanya. Hingga kini, kue mungil berdiameter 4 cm dan tinggi 5 cm mam-pu menjadi sebuah fenomena yang luar biasa.

Ada beberapa pihak yang menganggap bisnis cupcake sebagai salah satu pen-dorong pertumbuhan industri bar dan restoran di Amerika pasca krisis 2008. Mengapa? Sebab saat krisis menggun-cang Amerika Serikat, menimbulkan ban-yak pengangguran. Ketika saat itu,

Page 27: Milestone - May 2012

Cupcake sedang menjadi tren disana, dan banyak orang yang beralih un-tuk mendirikan bisnis kue mungil ini. Hasilnya, banyak toko-toko pembuat cupcake yang menuai sukses. Dampa-knya, fenomena cupcake melahirkan kesan “kafe cupcake”, yang akan men-jadi sebuah segmen baru di dalam industri bar dan restoran.

Biasanya, ketika melihat kue mungil ini, yang menjadi pemikiran orang-orang adalah toppingnya yang menjadi pemikat jitu. Lazimnya, tampilan selalu memikat duluan, dan urusan rasa baru belakangan.

Proses pembuatan kue mungil ini hampir sama dengan pembuatan kue. Yang berbeda, adonan kue ini dimas-ukkan ke sebuah paper cup. Untuk adonan dasarnya terdiri dari tepung terigu, mentega, gula. Sedangkan un-tuk tambahannya biasanya ditambah chocolate chips, kismis, keju, ataupun kacang-kacangan.

Untuk pembuatannya dasarnya tidak terlalu sulit. Namun, yang sangat dibu-tuhkan adalah keahlian untuk mende-korasi cupcake yang telah jadi. Bi-asanya cupcake yang telah jadi dihiasi dengan buttercream, yang terdiri dari beragam rasa. Mulai dari strawberry, blueberry, oreo, chocolate, lemon, mint, vanilla, dan lainnya. Ada juga

cupcake yang dihiasi dengan fondant atau icing. Biasanya yang dilapisi fon-dant berguna untuk dibentuk dengan berbagai macam kreasi yang unik.

Bicara tentang harga cupcake di Indo-nesia, harganya cukup beragam. Tentu setiap toko cupcake memiliki differen-siasi harga yang berbeda-beda. Um-umnya, kisaran dari 10 ribu keatas un-tuk per buahnya. Selain itu, beberapa toko cupcake menjual cupcake mereka dalam bentuk paket, baik ulang tahun hingga untuk pernikahan.

Potensi cupcake di Indonesia sendiri masih cukup lebar. Permintaan akan kue mungil ini masih cukup tinggi. Memulai bisnis ini juga tidak terlalu sulit. Anda tidak harus memulai den-gan membuat kafe, toh dengan kecil-kecilan pun bisa. Yang penting cupcake tersebut harus enak dan menarik un-tuk dicicip. Juga, tingkat kreativitasan Anda akan diuji, serta kesabaran dalam membuat kue mungil ini. Untuk urusan promosi, Anda tidak perlu repot lagi. Cukup dengan memanfaatkan social media saat ini dan juga blog, promosi bisnis cupcake Anda semakin efektif. Apalagi bila disertai dengan foto-foto pelengkap. Jadi, tunggu apalagi…

Page 28: Milestone - May 2012

W A R N A M E R A H M A R O O N yang khas, rasa cream cheese frosting-nya yang melting di lidah, ditambah renyahnya taburan kacang yang meramaikan teks-tur kue ini menjadikan Red Velvet Cake pilihan dessert yang sangat digemari saat ini.

Sejak populer di Indonesia tahun 2011, kue ini banyak diburu walaupun harg-

anya terbi-lang lebih tinggi diband-ingkan kue lain-

nya. Berkisar dari Rp 25.000,- sampai Rp 50.000,- untuk satu slice cake, sedangkan untuk cupcakes harganya mulai dari Rp 15.000,- . Kue lezat ini sudah seperti ‘ang-gota’ wajib dari menu dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai restoran dan toko kue. Sebut saja Union, Convivi-um, Cafe Cartel, Parish Cake Shop, bahkan Starbucks yang lekat dengan imej coffee shop-nya juga menghidangkan bolu gulung Red Velvet. Sebenarnya bagaimanakah asal-usul kue ini?

Dimulai dari masa-masa Perang Dunia II pada tahun 1929-1940, perusahaan asal Texas bernama Adam Extract memproduk-si dan mendistribusikan Red Velvet Cake.

Page 29: Milestone - May 2012

Namun akhirnya, keaslian resepnya dikenal dari sebuah hotel ternama yakni The Waldorf Astoria Hotel di New York dan akhirnya menjadi cake khas dari hotel tersebut. Sebelum pewarna makanan, pada awalnya digunakan buah bit sebagai pewarna alami untuk mendapatkan warna maroon ini. Cara pembuatan kue red velvet ini sebenarn-ya mirip dengan cara membuat cake pada dasarnya. Adonan dari tepung terigu, telur, mentega, pewarna ma-kanan dan lain-lainnya dimasukan ke-dalam loyang. Kemudian di sela-selanya dituangkan cheese cream hingga ter-bentuk 4-5 layer. Kemudian dipanggang dengan suhu tertentu. Berbeda dengan bentuk cupcake yang ukurannya lebih kecil, dari cake biasanya.

Saat ini sudah banyak sumber yang memberitahu cara membuat cake des-sert yang sedang ‘hot’ di Indonesia ini. Bentuk variasi dari red velvet cake sudah sangat bermacam-macam. Un-tuk mengganti kacang ada juga dengan butiran-butiran gula warna-warni, ha-zelnut, bahkan crumble sisa dari cake itu sendiri. Cheese cream-nya juga su-dah bervariasi, ada yang memiliki rasa condong ke manis atau asin. Semua variasi tersebut berdasar dari pengala-man dan selera pembuat kue.

Red velvet cake, kue dengan penampi-lan menarik serta rasa yang menjadi idaman para penggemar sweet cake,

saat ini masih menjadi favorit dessert di restoran-restoran atau café. Vari-asi akan bentuk red velvet cake akan semakin beragam sesuai dengan ide-ide si pembuat. Anda mungkin juga ingin bereksperimen mencari bentuk lain dari red velvet cake? Tidak ada salahnya mencoba.

Page 30: Milestone - May 2012

S I A P A S I H yang tidak tahu dengan Frozen Yogurt? Pasti Anda sudah tidak asing lagi yah mendengar produk ola-han susu ini. Secara sekilas, yang ter-lihat hanyalah bentuk es krim biasa.

Tetapi begitu sampai di mulut, kesegaran rasa asam langsung terasa di lidah. Ditambah lagi dengan tekstur yang lembut serta berbagai macam topping mu-lai dari nata de coco, oreo, kacang, hingga

potongan buah segar yang menambah kenikmatan rasa... Wah, jadi ingin ma-kan Frogurt nih!

Frozen Yogurt atau yang sering disingkat Froyo atau Frogurt merupakan produk makanan olahan susu yang sangat terk-enal dengan kandungan proteinnya yang tinggi serta mengandung rendah lemak. Oleh karena itu makanan ini cenderung menjadi pilihan konsumen yang mengu-tamakan healthy lifestyle karena lebih menyehatkan dan tidak membuat ge-muk. Frogurt dengan tekstur yang lem

Page 31: Milestone - May 2012

but mengalami proses pendinginan dan pemanasan yang berulang kali, dengan bahan utama menggunakan susu, gelatin, dan gula tebu. Agar leb-ih mudah membuatnya,telah tersedia mesin pembuat Frozen Yogurt di pasa-ran.

Produk ini pertama kali diperkenal-kan di Amerika pada tahun 1970-an sebagai makanan penutup oleh HP Hood. Pada awalnya diciptakan se-bagai pengganti permen dan es krim yang kala itu masyarakatnya sudah mengalami kejenuhan. Sampai saat ini Frogurt telah menjadi makanan favorit orang-orang di seluruh dunia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Tidak hanya di luar negeri, di Jakarta pun Frozen Yogurt sudah menjadi jajanan favorit banyak orang. Frogurt kini dikonsumsi seperti es krim, meng-gunakan kerucut atau cangkir kertas. Tersedia dalam berbagai rasa dan top-ping yang menarik. Gerai-gerai yang menjual Frogurt telah merambah di kota-kota besar seperti Sour Sally, Red Mango, Orange Berry, Smooch, Yogen Früz, dan masih banyak lagi lainnya. Frogurt di jual dengan harga yang bervariasi bergantung dari banyaknya topping yang diinginkan. Contohnya di Sour Sally, untuk single topping dijual dengan harga 22,500 rupiah, ukuran medium dua topping seharga

33,500 rupiah, dan ukuran besar tiga topping seharga 44,500 rupiah.Harga bisa berbeda antar gerai dan merek.

Page 32: Milestone - May 2012

P E D A S N Y A K E R I P I K yang satu ini bisa membakar lidah si penikmat yang malah ingi lagi dan lagi menyantapn-ya. Apa yang menjadikan makanan ringan yang satu ini sebagai salah satu snack favorit di Indonesia?

Keripik pedas yang satu ini sudah menjadi makanan ringan yang terk-enal di Indone-sia sejak tahun 2010 lalu. Sampai saat ini keripik

yang awalnya hanya berbahan dasar singkong dan bumbu rempah-rempah masih menduduki snack yang dicari oleh penggemarnya. Berbagai macam jenis keripiknya sudah berkembang sekarang. Ada keripik bakso goreng, kentang, talas, tahu, gurilem sampai cireng. Perkem-bangan jenis keripik tersebut didasari atas mempertahankan eksistensinya di Indonesia.

Bumbu yang sangat pedas menjadi ciri khas dari keripik setan ini. Namun setiap bungkusnya memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Hal itu ditujukan

Page 33: Milestone - May 2012

agar orang dapat menikmati keripik ini sesuai dengan selera tingkat ke-pedasannya. Keripiknya yang diolah dengan bumbu rempah-rempah ra-hasia, juga renyah sehingga membuat penikmatnya ingin lagi dan lagi.

Proses pembuatan keripik setan tidak lah rumit. Caranya sama den-gan membuat keripik pada dasarnya. Bahan dasar singkong, dikupas dan dibersihkan. Kemudian diiris tipis-tipis agar renyah saat digoreng. Kemudian singkong yang sudah diiris, di rendam dalam air kapur agar tidak ‘alot’ se-habis digoreng. Kemudian keripik dig-oreng hingga garing dan diberi bumbu sesuai dengan tingkat kepedasannya masing-masing. Keripik pedas ini tidak memerlukan pengawet, karena garam yang tercampur di dalam bumbu-nya sudah menjadi pengawet alami. Dalam sehari sebuah produsen keripik pedas bisa menghasilkan ratusan bungkus keripik setan yang siap di-pasarkan melalui berbagai distributor. Ada yang menjual melalui online, toko ataupun jajakan.

Anda juga dapat menemukan keripik setan ini seperti di mobil jualan yang sering ‘mangkal’ di tepi jalan. Ada waktu untuk mereka berjualan setiap harinya. Harga dari sebungkus keripik setan ini berkisar dari Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,- tergantung den-gan lokasi penjualan. Dalam sehari,

seorang penggemar keripik setan bisa menghabiskan 1-2 bungkus.

Saat ini sudah banyak sekali merk keripik setan di Indonesia. Pelopor dari keripik super pedas ini tidak lain adalah Mai-cih. Kemudian beberapa merk lain sep-erti Bukan Si Emak, Seripik Kingkong, Kribo dan Karuhun contohnya. Pelopor makanan ringan ini berasal dari dae-rah Bandung, Indonesia. Saat ini sang pelopor dan para pengikutnya sudah merambah keluar daerah Bandung hing-ga ke berbagai penjuru Indonesia. Satu lagi makanan yang ‘hot’ di Indonesia sejak 2 tahun lalu masih menjadi minat konsumen Indonesia terhadap makanan ringan.

Page 34: Milestone - May 2012

M A S A K A N K H A S K O R E A memang sudah dikenal berbagai kalangan masyarakat karena hidangannya yang unik, namun sajian yang akan dibahas berbeda dengan kuliner tradisional istana Korea (surasang). Korean fast food mendapat sebutan street snack karena sangat mudah didapat di pinggir jalan. Korean street snack terdiri dari varian seperti matdongsan, peppero, tteokbok-ki, dan lain-lain. Para pebisnis makanan di Indonesia menggarap Korean fast food

dengan cukup unik, berbeda dari Negara asalnya. Bebera-

pa Korean fast food gerai-pun sudah mulai menjamur di Indonesia dan menduduki mal-mal besar untuk menyerap pasar F&B di Indonesia. OMO! Chicken, adalah salah satu restoran dengan konsep Korean fast food yang memiliki bahan dasar ayam dan berkonsep sehat, dimasak dengan canola oil yang baik untuk jantung. Berbeda den-gan restoran Korean fast-food lain seperti Open Rice, Bon Chon Chicken, Lotteria & 4Fingers yang merupakan franchise skala internasional. Beberapa brand di atas san-gat potensial untuk berkembang di Indo-nesia, selain konsumtif, masyarakat Indo-nesia juga sangat mengikutin trend budaya Korea di kalangan anak muda yang saat ini sedang mendunia. Untuk kisaran harga, masakan cepat saji ini didapat dengan har-ga Rp 15,000 – Rp 100,000.

Page 35: Milestone - May 2012
Page 36: Milestone - May 2012

S A A T S A Y A M E N G A J A K seorang teman untuk ‘Afternoon Tea’ di sebuah café, te-man saya langsung mengkoreksi ucapan saya, “Oh, ‘High Tea’ maksud lo?” dan karena kami melakukan perbincangan lewat telepon, saya hanya mengiyakan saja. Lalu saya telepon teman saya yang lainnya, kali ini saya tetap menggunakan term ‘Afternoon Tea’, dan teman saya langsung menjawab “Wah, ‘Tea Party‘ ya? Oke.”

Dari sini saya melihat kesalahpahaman kecil orang-orang terhadap acara minum teh sore-sore ini. Mereka jelas mem-punyai tujuan yang sama, yaitu minum teh. Akan tetapi ada perbedaan di waktu dan makanan yang tersedia sebagai pen-damping minuman ini. Meskipun diluar UK, banyak orang yang memaksudkan afternoon tea sebagai high tea, dengan makanan kecil seperti scones dan finger sandwich sebagai pendamping minum teh, tidak sepenuhnya benar jika ber-dasarkan tradisi dan sejarah. Berikut perbedaannya:

Afternoon TeaAfternoon Tea atau disebut juga dengan ‘Low Tea’ adalah small meal snack yang biasanya dilakukan antara pukul 2 siang hingga pukul 5 sore. Diletakkan di low table (meja kecil, biasanya dikelilingi oleh sofa) karena itu disebut juga dengan ‘Low Tea’. Teh yang diisi ke dalam teko biasanya disertai dengan susu dan gula secara terpisah. Makanan yang disajikan lebih ke makanan berukuran kecil seperti finger sandwich, roti, pas-tries, muffin, scones dan mini cup-cakes. High Tea High Tea sebenarnya adalah ma-kanan para buruh atau pegawai toko – biasanya setelah selesai waktu ker-ja – yang disajikan di high table (meja makan). Dilakukan setelah jam 5 sore atau saat makan malam. Makanan yang disajikan adalah makanan berat

Page 37: Milestone - May 2012

seperti steak, chicken dan fish dishes, yang disertai dengan sayuran, kentang panggang atau goreng. Jaman dahulu, high tea lebih sering dilakukan oleh para buruh daripada bangsawan.

A Brief Story of Afternoon Tea Ungkapan Afternoon Tea diperk-

enalkan oleh Duchess of Bedford pada pertengahan tahun 1800. Pada saat itu, gas atau oil light lebih banyak di-gunakan oleh orang kaya, dan makan malam diatas jam delapan merupakan hal yang jarang dilakukan oleh orang banyak. Mereka hanya makan dua kali sehari – pagi dan sore. Sang Duchess

tidak kuat menahan rasa lapar karena jam makan yang terlampau jauh sehing-ga dirinya selalu merasa pusing dan le-mas, hingga akhirnya ia mempunyai ide untuk mengundang teman-temannya untuk minum teh (minuman yang pal-ing terkenal saat itu) sambil menikmati camilan seperti roti dan biskuit. Ide ini langsung menyebar di kalangan para bangsawan dan menjadi acara favorit para wanita untuk berkumpul bersama teman-temannya. Lama-kelamaan, tradisi ini menyebar hinga keluar Inggris dan mulai dilakukan oleh kalangan me-nengah.

Types of Afternoon TeaMeskipun banyak orang Amerika yang berpikir kalau afternoon tea adalah se-buah set-menu, terdapat banyak vari-asi dari afternoon tea itu sendiri. Yang paling simpel dari afternoon tea adalah light tea, yang terdiri dari cream tea (teh yang dicampur dengan susu atau krim) dan scones. Jika menambah buah atau selai stroberi untuk scones, maka akan menjadi strawberry tea. Dan jika Anda menambah savory foods seperti finger sandwiches sebagai pendamping cream tea Anda, maka itu disebut seba-gai full tea, yang dimana orang Amerika anggap sebagai afternoon tea. Di beberapa hotel dan tea rooms juga menawarkan lebih banyak variasi dari afternoon tea, seperti champagne tea yang terdiri dari teh, sweet and savory foods, dan segelas champagne, juga ada teddy bear tea yang ditujukan untuk anak-anak.

Page 38: Milestone - May 2012

S I A P A Y A N G T I D A K kenal cokelat, ma-kanan ini mempunyai bentuk yang sangat banyak dan eksotis. Cokelat telah menjadi salah satu tipe makanan kaya rasa yang sangat populer di dunia, apalagi bila sudah mendekati hari-hari besar seperti Valen-tine’s day, White day maupun Paskah yang sering kali mengkombinasikan cokelat den-gan produk bernilai tinggi atau mahal se-hingga sering dijadikan sebagai hadiah me-narik. Cokelat juga diolah menjadi minuman hangat dan dingin yang bisa didapatkan dengan mudah.

Asal cokelat

Penjajah berkebangsaan Spanyol, Don Hernán Cortés, menemukan peradaban suku Aztec pada November, 1519. Pada awalnya, ia hanya tertarik pada cangkir emas yang yang diberikan oleh Kaisar Aztec dibandingkan dengan chocolatl (Bahasa Az-tec dari “minuman cokelat”). Namun pada

akhirnya iamenyadari bahwa cokelat tersebut sangat bernilai dan dimininati. Karena itu, para penjajah Spanyol terse-but mendirikan beberapa perkebunan coklat dan hasilnya sungguh memuas-kan, sehingga pada tahun 1528, Cortés membawa biji kakao kembali ke Span-yol dan dalam waktu singkat, minuman cokelat tersebar ke Eropa bagian Timur yang dikhususkan untuk para bang-sawan pada masa itu. Pada tahun 1853, penyebaran cokelat semakin meluas dan berbagai pengolahan serta manu-faktur cokelat juga mulai tersebar di-mana-mana, salah satunya adalah John Cadbury yang pada akhirnya mendirikan salah satu perusahaan cokelat terbesar di dunia.

Kandungan cokelat

Cokelat mengandung antioksidan yang bernama fenol dan flavonoid. Diduga

Page 39: Milestone - May 2012

zat tersebutlah yang membuat para konsumen coklat berumur lebih pan-jang daripada yang tidak mengkonsumsi cokelat. Cokelat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koro-ner dan kanker. Cokelat juga mengand-ung theobromine dan caffeine. Kedua zat ini telah dikenal memberikan efek ter-jaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk dalam sebuah siklus aktifitas yang padat, mengkonsumsi cokelat cukup manjur un-tuk membantu kita menghilangkan kan-tuk. Jenis dark chocolate adalah cokelat dengan kandungan kakao paling sedikit 70% dan maksimal 99% adalah jenis cokelat yang paling sehat serta diklaim mempunyai kandungan antioksidan sam-pai dengan 3 kali lebih banyak daripada semua jenis teh. Selain itu juga terdapat jenis lain seperti white chocolate dan milk chocolate yang mengandung kakao relatif kecil ketimbang dark chocolate, kedua jenis cokelat ini lebih banyak men-gandung susu, gula dan vanilla yang da-pat memberikan efek negatif bila dikon-sumsi berlebihan.

Page 40: Milestone - May 2012
Page 41: Milestone - May 2012

BERBICARA TENTANG PERKEMBANGAN FESYEN di Indonesia yang terus berkembang, adalah sebuah prestasi untuk negeri kita. Pada acara Grand Launching Milestone yang diadakan 20 Maret 2012 lalu di Prasetiya Mulya Busi-ness School BSD, menampilkan sosok entre-preneur dan juga seorang desainer kebaya, Poppy Karim. Di sela-sela acara tersebut, saya mendapat kesempatan untuk berbincang langsung dengan pemilik Poppy Karim Cou-ture. Berikut hasil wawancaranya.

Q : Mengapa Anda terjun menjadi seorang Entrepreneur?A : Saya lebih tertarik untuk membuka lapa-ngan pekerjaan, juga saya ingin lebih dalam mengekspresikan diri saya.

Q : Anda menggambarkan bahwa Anda men-galami hal yang brutal saat masuk terjun ke dunia bisnis. Apa maksudnya?A : Maksud brutal itu oleh karena saya sama sekali tidak memiliki latar background ten-tang bisnis, juga tidak ada latar berbau bisnis di dari keluarga saya. Hal tersebut yang mem-buat saya menghadapi banyaknya trial-and-error saat memulai bisnis ini.

Q : Apa modal utama yang dipegang Anda dalam berbisnis?A : Modal utama saya adalah ketekunan dan kejujuran. Kedua hal ini sangat saya pegang selama saya menjalankan bisnis ini.

Q : Apa suka duka Anda dalam menjadi seorang entrepreneur sekaligus desainer kebaya?A : Jika berbicara suka duka, sangat banyak. Awalnya saya berpikir semuanya itu cukup mudah, dalam melihat sebuah peluang bisnis dan membentuk sebuah market dan itu setidak semudah yang saya bayangkan. Tetapi setelah hal tersebut saya capai, saya malah merasa hal tersebut tidak sesulit yang saya alami. Di dunia fesyen, kita akan bertemu dengan berbagai jenis klien. Setiap klien memiliki tingkat emosi, keinginan yang berbeda-beda. Ada yang pengen can-tik dan sebagainya. Nah, saya selalu beru-saha untuk menjadi tempat buat mereka, juga teman untuk mereka. Saya selalu beru-saha untuk memberikan solusi terbaik un-tuk pemecahan masalah mereka.

Page 42: Milestone - May 2012

Q : Berbicara tentang dunia fesyen, apa gam-baran Anda tentang fesyen di Indonesia?A : Fesyen di Indonesia sangat baik saat ini. Li-hat saja, cukup banyak desainer-desainer muda baru yang berbakat. Juga, fesyen Indonesia san-gat di apresiasi baik tidak hanya dari luar negeri saja, tetapi juga sangat di apresiasi dengan baik oleh orang Indonesia. Dan saat ini, cukup ban-yak desainer kita yang berprestasi di luar neg-eri.

Q : Kalau harapan Anda tentang dunia fesyen di Indonesia?A : Menurut saya, fesyen di Indonesia itu san-gat kaya dan beragam. Walaupun sudah cukup baik, tetapi sangat menginginkan agar fesyen di Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Q : Jadi, bagaimana peluang bisnis fesyen di Indonesia buat para pendatang baru?A : Peluang bisnis fesyen di Indonesia yang se-dang berkembang, tentu sangat besar. Indone-sia cukup kaya dalam hal fesyen, terutama di Asia Tenggara.

Q : Apa yang sebetulnya perlu dipertimbangkan saat kita baru mau memulai bisnis di bidang fesyen?A : Yang pertama, anda harus menentukan jenis bisnis anda. Apakah bentuknya customize atau ready-to-wear. Jika customize, maka Anda harus menyesuaikan permintaan setiap klien Anda. Sedangkan bila modelnya ready-to-wear, Anda harus memikirkan pangsa pasarnya, size, war-na, dan sirkulasi produk tersebut nantinya. Yang terpenting, Anda sudah memiliki gambaran aliran barang-barang tersebut.

Q : Bisa dijelaskan maksudnya “aliran barang-barang” yang Anda maksud?A : Misalkan Anda akan membuat sebuah bis-nis fesyen ready-to-wear, dan misalkan anda memproduksi 10 model. Nah, 10 model terse-but akan dibuat misalkan setiap modelnya menjadi 100 produk. Semua produk yang Anda jual, belum tentu akan laku semua. Anda harus memikirkan dimana tempat untuk menyim-pan barang yang tidak laku, misalkan memiliki

warehouse. Setelah itu, Anda harus berpikir, apa yang harus anda lakukan lagi terhadap barang-barang sisa ini. Jalan lainnya, adalah dengan melakukan lelang. Seandainya bila masih ada sisa barang lagi, Anda harus men-cari jalan keluarnya lagi. Misalnya dengan menggunakan konsep recycled.

Q : Konsep Recycled itu seperti apa?A : Jadi, barang sisa tersebut, kita recycled untuk menjadi sebuah produk yang baru. Misalkan, produknya adalah kemeja. Kita harus melihat bagian apa yang sebaiknya di-ganti. Misalkan adalah bagian kerahnya. Ba-gian kerah tersebut kita ganti sesuai design yang kita inginkan. Dengan begitu, barang-barang yang sudah diproduksi namun tidak laku, masih dapat dijual kembali dengan bentuk yang berbeda.

Q : Lalu bagaimana dengan peluang buat para calon pebisnis muda yang ingin memu-lai bisnis fesyen, namun tidak berlatar fash-ion design seperti Anda?A : Sebetulnya, jika seseorang bukan lulusan fashion design, Ia tetap bisa memulai bisnis fesyen. Didalam bisnis fesyen, tidak hanya membutuhkan desainer. Unsur-unsur lain seperti manajemen, dan marketing masih tetap dibutuhkan. Yang penting adanya kolaborasi yang baik antara desainer, mar-keting, dan bagian lainnya.

Q : Lalu apa tips anda bagi para calon pebis-nis?A : Untuk menjadi seorang pebisnis, kita harus sabar, jangan cepat patah. Juga harus ulet, tekun, dan jujur. -BAVNER DONALDO

Page 43: Milestone - May 2012

Q: Apa yang membuat Anda terjun menjadi promotor?

T: Saya adalah seorang music lover. Ling-kungan saya memang kebanyakan musisi, dan setiap hari saya selalu mendengarkan musik. Ayah saya sempat menjadi personil band top pada zamannya, tahun 1960, dan tahun sem-pat booming lagi pada tahun 1980, di Barata band. Ayah saya gitarisnya, dan dulu sempat ada Abadi Soesman. Setiap hari saya dijejelin musik, sehingga saya banyak suka musik leg-end, seperti The Beatles, Queen, Rolling Stone. Oom saya suka genre rock, seperti Iron Maiden, Scorpions, Deep Purple. Saya sekolah di SD Menteng 01, tempat Obama. Saya pernah disetrap oleh guru, kare-na pada saat pelajaran matematika, saya justru gambar-gambar wajah personil band Kiss. Um-umnya, anak-anak umur segitu kan beli lego, atari, main-main yang lain, jadi saya cukup ber-beda. Hobi saya beli kaset Deep Purple, Kiss, Iron Maiden, di aquarius, dan dulu harganya masih Rp 500. Ada anak disebelah saya bilang “Eh lo gambar-gambar gitu disetrap lho ntar”. Saya bilang “Ah cuek aja gue emang maunya

gambar-gambar”. Ternyata saya disetrap. Nah temen saya bilang “Rasain lo disetrap”, saya bilang ke dia “Biarin aja, suatu saat gue mau datengin mereka”. Dan itu ternyata ke-jadian, so be careful with your mouth. Tahun 2002, waktu saya datengin mere-ka 20 tahun kemudian, saya dipeluk temen saya yang duduk di sebelah saya waktu SD, yang adalah Baron gitaris Gigi. Dia bilang “Your dreams come true, man.” Dulu saya juga suka Mickey Mouse, dan saya bilang “Ah gua mau datengin mickey mouse ah”, akh-irnya saya datengin Disney on Ice. Kita perlu sesuatu yang sesuai dengan keinginan. Kalo kita kerja tidak sesuai dengan keinginan kan capek banget ya.

Saya bisa main musik, gitar, piano, dan sempat punya band juga, dan sempat mem-bantu Barata band juga. Tapi saya tidak mau menjadi seperti ini, karena musisi pada akh-irnya akan pensiun. Saya ingin yang bertahan lama, sehingga saya berkata “Ah gua mau jadi penyelenggara aja deh”. Di masa itu, promo-tor disebut dengan kata penyelenggara.

Waktu itu pertama kali saya membawakan

Page 44: Milestone - May 2012

event adalah pada saat malam kesenian saat SMP. Pemain musiknya disuruh bertanding dulu, coba mainin lagunya Rolling Stones mana yang paling bagus, dan mereka bisa tampil di malam kesenian. Jadi passion tersebut me-mang sudah ada dari dulu. Di SMA, saya men-jadi ketua osis. Dulu saya bandel banget, jail deh pokoknya. Saya punya wakil ketua, tetapi saya tetap maunya menjadi ketua penyeleng-gara. Puncaknya adalah saat kuliah di Trisakti, saya mulai mengundang Slank, Gigi, Dewa pada saat awal-awalnya mereka di dunia musik, saat mereka masih dibayar Rp 2 juta /Rp 3 juta. Saat itu vokalis Dewa masih Ari Lasso. Tapi dari situ saya mulai membina bisnis dengan perusahaan rokok. Saat itu Djarum, Gudang Garam, dan Sampoerna masih boleh masuk kampus. Dari situ bisnisnya berkembang. Saya berpikir, wah ini bisnis bagus sekali. Ada penonton yang dibu-tuhkan perusahaan-perusahaan untuk brand awareness mereka. Jadi bukan hanya “Lo jadi promotor, jadi EO tapi cuma seneng-seneng aja.” Tidak. Justru bisnis ini kalo ditekuni sangat menguntungkan. Jadi promotor memang dibu-tuhkan, karena perusahaan butuh promosi, penonton perlu hiburan.

Sekarang dengan banyaknya promotor baru, berarti bagus. Tetapi seleksi alam me-mang berlaku, jika bisnisnya benar, pasti ber-tahan lama. Saya sudah mengalami jatuh ban-gun. Saat tiket sudah sold out, sponsor sudah full, show dibatalkan karena travel warning. Saat itu adalah Limp Bizkit di Bali. Tetapi se-mua konser Limp Bizkit di Asia batal. Bisa bay-angin? Kita sudah pesan hotel buat seminggu, pesan pesawat, tiket sudah sold out, kemudian batal mendadak. Ini yang mas Adrie Soebono, Pieter Gontha, dan saya alami. Rugi uang sih tidak, artis mengembalikan uang, tiket sudah bisa dikembalikan. Ruginya adalah rugi moril ke sponsor dan penonton. Dewasa ini sponsor sudah bisa mengerti bahwa kejadian seperti ini bukan kesalahan promotor. Artisnya memang suka bertingkah seperti itu. Coba lihat aja di konser Guns’ N’ Roses, begitu Axl Rose tidak suka difoto, ah langsung gebuk aja.

There is no business like showbiz. Ini adalah art

business yang di saat elo punya duit banyak, belom tentu bisa sukses maintain bisnis ini. Lo harus punya passion dan dedikasi. Ban-yak investor yang bilang ke saya, “Saya mo-dalin nih, beli sound system, beli lighting”. Ini bukan “kue” saya, bukan jatah saya. Ada yang bilang “Mas coba bikin film”, itu bu-kan kue saya. Kita sebagai promotor harus fokus. Saya jadi produser rekaman aja tidak mau. Saya tidak expert dalam hal itu.

Saya berharap, lima sampai sepuluh tahun ke depan mudah-mudahan teman-teman saya semua yang menjabat di pemerinta-han. Saya tinggal bilang ke mereka “Bangun dong venue, malu sama negara tetangga, Malaysia”. Dulu penduduk Jakarta 8 juta, dan sudah membuat balai sidang yang me-muat 4.000 orang. Sekarang penduduknya 25 juta orang, perlu dong bikin venue yang lebih besar lagi? Malaysia yang lebih ketat saja sudah cukup sukses, bagaimana kita yang lebih fleksibel? Bagusnya Malaysia itu bila dari awal sudah bilang tidak, ya tidak. Seperti kemarin Lady GaGa tidak boleh masuk, dari awal mereka bilang tidak boleh.

Q: Biasanya riders yang diminta artis kan suka aneh-aneh tuh? Riders apa yang pal-ing aneh dan paling berkesan?

T: Kadang-kadang riders-nya gampang, artisnya suka aneh. Kadang-kadang riders-nya susah, artisnya gampang. Makanya seperti yang saya bilang, there is no busi-ness like showbiz. Ada artis yang minta key-board seperti ini, dan kita tidak ada. Mau tidak mau harus kita cari. Mereka biasanya minta equipment seperti ini, lighting seper-ti ini. Makanya saya sarankan mereka bawa sendiri. Kalau band-band besar umumnya mereka bawa sendiri equipment-nya biar tidak pusing. Karena mereka sudah pake cargo dan container sendiri. Bahkan Iron Maiden kemarin, jangankan container, pe-sawat sendiri mereka yang bawa. Waktu Disney On Ice ada 23 container. Coba bay-angkan kalau kita mendatangkan U2, bisa-bisa sampai ada 70 container.

Page 45: Milestone - May 2012

Q: Bagaimana proses bisa mendatangkan Iron Maiden? Banyak yang mengatakan sangat susah mendatangkan mereka.

T: Untuk Iron Maiden, saya butuh waktu lima tahun hanya untuk approach. Tetapi bukan ka-rena mereka mau ke Indonesia di tahun ke lima. Jadwalnya memang baru kita dapatkan di tahun ke lima. Saya awalnya meminta untuk ada di Ja-karta dan Bali. Tetapi mereka mau paling tidak ada tiga show, ya sudah saya tambahkan satu di Singapore. Yang di Singapore mereka main-nya indoor, di Singapore Indoor Stadium. Coba kalau di Jakarta indoor, sudah pasti pecah sep-erti Metallica. Masalah pemilihan venue juga penting.

Q: Apa saja next show dari Original Pro-duction?

T: Earth Wind & Fire, lalu ada juga Vertical Horizon di Hard Rock Cafe, dalam rangka 21 ta-hun Original Production.

Q: Bagaimana bisa mendapatkan contact dari artis-artis internasional? Dan bagaimana cara approach mereka?

T: Kalau jaman sekarang sudah gampang, tinggal lihat di Google cari manajemen artis-artis internasional juga sudah bisa. Awalnya mereka akan bertanya, event apa saja yang su-dah kita buat. Setelah proses cek dan kemungki-nan deal sudah terbuka, mereka akan bertanya, venue di mana, berapa kapasitas pengunjung, berapa jumlah tiket yang kita jual, profit/loss-nya seperti apa. Itu semua menentukan risk dari bisnis ini. Kalau di Indonesia, seperti Dewa 19, mau penonton berapapun, yang datang be-rapapun, kita tetap bayar sesuai harga kesepa-katan. Kalau di luar Indonesia, tidak seperti itu. Mereka lebih menerapkan sistem sharing prof-it, dan itu sangat berat bagi saya. Profit untuk promotor sudah pasti kecil. Tetapi kalau subsidi silang, saya akan pikir panjang. Misalkan saya membuat lima show, dua rugi, tiga untung, saya masih surplus.

Bagusnya dari bisnis saya apa coba? Sekarang saya bisa menjual franchise dari bis-nis saya. Singapore sudah beli. Terakhir Ma-laysia mau mengambil juga. Saya tanya ke-pada promotor baru di Malaysia yang sudah punya duit banyak, kenapa tidak membuat sendiri saja menggunakan nama sendiri? Dia menjawab “Daripada rugi-rugi dulu selama lima tahun dalam proses belajar, lebih baik menggunakan nama Original Production yang sudah ada, investasi sudah pasti”.

Banyak promotor-promotor baru seper-ti Big Daddy, Berlian, dan lain-lain. Adrie Soe-bono saja, sudah 17 tahun dalam bisnis ini. Pieter Gontha bermain di bisnis ini sudah 20 tahun, jadi tidak ada yang instan. Mereka su-dah dari lama, bukan pemain baru. Sekarang kita bisa menikmati Java Jazz, itu karena Pi-eter Gontha bukan hanya orang berduit yang ingin menjadi promotor, tetapi dia juga mem-punyai passion yang besar dalam bisnis ini.

Q: Saya melihat Java Musikindo, Java Festi-val Production, dan Original Production tar-get market beda semua. Original Production lebih fokus ke band-band legenda, tetapi har-ganya tidak fantastis seperti awal bayangan. Bagaimana bisa seperti itu?

T: Kalau band legenda, marketnya sudah pasti ada. Fans dari band-band legenda juga sudah dewasa semua, jadi harga tiket bera-papun hampir pasti mereka beli. -YOHANES PAULUS BIMOSENO

Page 46: Milestone - May 2012

“ W E N E E D Y O U N G ! ” kata Mas Gilang – begitu ia ingin di sapa – mengenai du-nia musik di Indonesia. Teks oleh Hindryo Seto. Fotografer oleh Darwin Danubrata.

Seusai acara Grand Launching Mile-stone Digital Magazine pada tanggal 20 Maret 2012, tim Milestone mendapatkan kesempa-tan untuk mewawancarai para pembicara yang menjadi tokoh dalam acara talk show kali ini. Salah satu dari pembicara tersebut adalah Gi-lang Ramadhan. Ia yang sudah berumur nyaris 50 tahun ini masih ingin dipanggil ‘mas’ saat tim Milestone berkesempatan untuk mewawan-carainya. Gilang Ramadhan saat ini masih aktif dalam dunia musik yang sekarang menjadi ang-gota dari grup musik Kayon. Terdiri dari kawan lamanya Indra Lesmana, Pra Budi Dharma dan Gilang Ramadhan sendiri masih aktif dalam kegiatan bermusik.

Awal mula mengapa Mas Gilang ter-jun dalam bidang musik adalah berkat dukun-gan kedua orang tuanya semenjak kecil. Ia mulai fokus pada dunia musik pada umur 8 tahun. Selain faktor dukungan orang tua, suami dari Shanaz Haque ini juga mengaku “Saya juga sebenarnya ada faktor luck yang bikin saya jadi musisi Gilang Ramadhan yang menjadi icon kuat sebagai drummer handal di Indonesia merasakan bisnis musik di neg-eri ini selalu berkembang. Itulah yang men-jadi alasan mengapa ia fokus di dalam dunia musik dan tidak penah setengah-setengah.

Mas Gilang berkata “musisi Indone-sia pada gak sadar kalo mereka itu berbisnis. Kenapa? Sebenarnya kalo main musik, terus dibayar, itu sudah termasuk bisnis. Karena tujuannya bisnis itu make money.” Selain itu ia juga berpendapat bahwa Indonesia memi-liki potensi yang terus berkembang di dunia

Page 47: Milestone - May 2012

musik. Seperti contohnya artis yang mempunyai kontrak dengan perusahaan tel-ekomunikasi seluler melalui RBT (Ring Back Tone) lalu tur oleh artis-artis Indonesia secara lokal, maupun artis luar negeri yang tampil di Indonesia.

Namun Gilang Ramadhan berkata bahwa Indonesia kurang mendukung perkem-bangan musiknya di sebabkan oleh ketidak pedulian pemerintah mengenai industri yang sebenarnya dapat menjadi sebuah penghasilan negara yang besar. Seperti misalnya, Indonesia tidak memiliki gedung khusus untuk pertun-jukkan musik yang memadai seperti Esplanade Concert Hall di Singapura. Kemudian musisi In-donesia perlu hal-hal yang baru seperti musik dengan aliran yang berbeda dari mainstream, karena apresiasi terhadap musik dapat sangat luas dan lahirnya artis baru dan berbakat. Men-gapa? Menurutnya masyarakat Indonesia sela-lu mencari sesuatu yang fresh. Sehingga ia san-gat ingin musisi muda di Indonesia dapat fokus berkarir dalam bidang musik.

Gilang Ramadhan yang terkenal kare-na kemahirannya dalam bermain drum ini se-dang fokus mempelajari alat musik tradisional Indonesia. Menurutnya alat musik tradisional Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dan se-harusnya menjadi aset negara yang besar. Mas Gilang juga menyayangkan bahwa kepedulian masyarakat Indonesia terhadap alat musik tradisional terlihat kurang. Seharusnya jika dili-hat dari sisi bisnis, alat musik tradisional Indo-nesia dapat sangat menguntungkan.

Secara keseluruhan, Gilang Ramadhan

mengatakan bahwa perkembangan musik di Indonesia terbilang bagus dan pesat. “Musik itu luas. Tinggal bagaimana orang peduli atau nggak sama musik. Dan iya, musik bisa men-yatukan dunia” ujarnya. Passionnya dalam bidang musik membuat Gilang Ramadhan menjadi seorang musisi iconic di Indonesia hingga saat ini. Ia juga berpesan untuk se-mua musisi di Indonesia yang masih muda atau baru terjun dalam dunia musik untuk berkarya dengan sepenuh hati. Seperti saat ditanya “Pesan mas Gilang untuk dunia musik Indonesia saat ini apa?” lalu dengan yakin ia menjawab, “Jangan takut salah, kreatif, dan fokus!”. -HINDRYO SETO

Page 48: Milestone - May 2012

TERTARIK DENGAN B ISNIS I T , tetapi masih minim pengetahuan di bidang ini? Sepertinya itu bukan halangan yang bisa menghentikan Anda. Potensi pasar bisnis online di Indonesia saat ini masih sangat menjanjikan. Banyak bis-nis beromset puluhan hingga ratusan juta ru-piah yang lahir dari bidang ini. Website, blog, jejaring sosial, advertising online, dan lainnya menjamur di dunia internet.

“Pemanfaatan media digital sebagai media pe-masaran di Indonesia seperti baru bangun dari tidur. Orang-orang baru menyadari kekuatan media digital. Peminatnya banyak dan pemban-gunan pasarnya sangat berkembang. Siapa pun pemain baru yang masuk, hampir pasti mem-punyai potensi sukses yang besar.” ucap Dian Martin, Marketing Director sekaligus pelatih di Baba Studio.

“Sebagian besar pemain yang sukses dipegang oleh anak-anak muda. Sebutlah Mark Zuck-

erberg dan Larry Page. Dari Indonesia yang terkenal ada Andrew Darwis, founder Kaskus Indonesia. Tidak seperti membuka bisnis di bidang lain, bisnis IT ini tidak membutuh-kan modal besar, aman, dan compatible bagi anak-anak muda untuk terjun di dalamnya.” lanjut pria yang sebelumnya pernah membu-ka bisnis ternak lele sewaktu kuliah dulu.

Bisnis IT Buat Pemula

“Jika belum percaya diri terjun di bisnis ini, ikut saja pelatihan. Baba Studio bisa mem-fasilitasi pelatihan bagi yang berminat di bis-nis web ini. Setelah belajar 6 bulan sampai setahun secara konsisten pasti bisa jadi ma-hir. Saya juga dulu kuliah di jurusan teknik elektronik, hubungannya dengan listrik. Sem-pat buta dengan dunia IT selama beberapa waktu,” akunya.

Banyak-banyak membaca kisah pengusaha

Page 49: Milestone - May 2012

yang sukses di bidang IT, lalu belajar dari mereka untuk mempersingkat waktu adalah salah satu caranya. Sepertinya, belum ada cara-cara atau formula khusus yang menentukan kesuksesan itu sendiri. “Bisnis di bidang ini seperti bisnis kagetan. Tiba-tiba orang yang tidak disangka-sangka bisa jadi hebat dan yang pintar bisa jadi eksis.” lanjut Dian Martin. “Perkembangan IT itu sangat pesat, dan menurut saya tidak bisa ber-patokan pada kurikulum pelajaran saja. Waktu kuliah sekitar 3-4 tahun. Tetapi umur teknolo-gi hanya 6 bulan. Setelah lulus, ilmu tidak bisa dipakai lagi. Tidak ada jalan lain selain terus mengikuti perkembangan yang ada.” jelas laki-laki penggemar Yoga ini.

“Menciptakan ‘Loyal Company’, bukan ‘Cus-tomer Loyal’” adalah moto bisnis yang selalu dipegang oleh Dian Martin dalam menjalankan bisnis web. Kelihatannya mungkin kecil bagi se-bagian orang, tetapi sangat penting bagi alumni Teknik Elektro ini. “Dengan adanya moto ini, seluruh strategi bisnis bisa berubah. Tidak per-lu kita mengakal-akali konsumen agar mereka setia, melainkan selalu memberikan yang ter-baik kepada konsumen. Dengan sendirinya mereka akan setia pada perusahaan.”

Membuat Betah Pengunjung

Salah satu problem utama para pebisnis online yang sering dikeluhkan adalah setelah beberapa waktu websitenya kurang banyak dikunjungi. Padahal disitulah kekuatan utama bisnis mereka. Sayangnya, kebanyakan pebis-nis online hanya berkonsentrasi pada bagaima-na mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Tetapi mereka lupa membuat website yang bisa membuat pengunjung betah.

“Tambahkan aplikasi-aplikasi yang bisa

membuat mereka keep coming back. Con-tohnya di website babastudio, kami menam-bahkan fungsi hang out dengan mencipta-kan sistem seperti kafe. Selain itu ada forum, online learning, dan free games. Patokannya diri kamu sendiri. Bila kamu tidak tertarik un-tuk berlama-lama di website yang kamu urus sendiri, pasti ada yang salah.” jelas Dian. “Ke-banyakan website juga hanya fokus pada ad-vertising. Di halaman pertama sudah diberi-kan banyak advertising. Istilahnya seperti kamu mau bertamu ke rumah orang, begitu buka pintu langsung ditawari dagangan oleh pemilik rumah. Kecuali kalau memang web-site itu sudah punya brand, tidak masalah. Atau memang website itu khusus untuk tem-pat berjualan seperti Amazon. Intinya kita harus bisa memberikan sesuatu kepada pen-gunjung” ujar pria yang lahir di Tangerang ini.

Jadi, sebenarnya tidak ada yang sulit jika su-dah ada cita-cita dan kemauan. Bukan mus-tahil orang awam bisa sukses di bisnis online. Asalkan mau terus mengikuti perkembangan dan bisa menciptakan konsep-konsep kreatif yang bisa menarik banyak peminat, bisa di-pastikan bahwa usaha Anda akan jauh dari gagal! -CHRISTYANTI

Page 50: Milestone - May 2012

B U I L D A S U C C E S F U L B U S I N E S S . Tidak semua orang bisa melakukannya, lho. Faktanya 96% dari semua bisnis yang ada, tidak bisa meraya-kan ulang tahun ke 10 karena bisnisnya tutup atau bangkrut. Kalau sebuah bisnis memperker-jakan sekitar 10 orang karyawan saja, ditambah istri dan anak-anaknya, coba bayangkan banyak sekali manusia yang terkena dampaknya. Kebanyakan pengusaha tahu apa yang se-harusnya dilakukan dari teori-teori yang telah mereka pelajari, tetapi kurang bisa menerap-kannya ke dalam bisnis nyata. Mereka masih membuang waktu, uang, dan tenaga untuk hal-hal yang kurang tepat. Melalui coaching inilah,

perempuan bernama lengkap Cynthia Utami Wihardja ini ingin menjembatani antara “know-ing what to do” dan “actually doing it”. Dengan strategi dan sistem yang tepat, pencapaian bisa diterima lebih cepat dan mengurangi trial error dalam mengambil keputusan bisnis. Diharapkan pengusaha mampu menganalisis bisnisnya den-gan lebih tajam serta mampu mengelola bisnis-nya dengan lebih profitable dan tahan lama.Pada dasarnya Coach tidak hanya dibutuhkan saat ada masalah saja. Orang-orang yang ingin meraih pencapaian yang lebih baik lagi serta pengusaha yang baru membangun bisnisnya pun sering menggunakan pelatih. Ibarat seorang

Page 51: Milestone - May 2012

atlet, mereka memiliki coach dari saat mereka berniat mempelajari sports-nya hingga masuk ke permainan pemula. Justru dengan adanya coach, mereka bisa masuk ke level olimpiade dengan lebih cepat.Mengapa sulit berkembang? Banyak pengusaha hanya fokus memandang bisnisnya dari segi produk dan servis yang mereka jual, sampai tidak sadar harus membangun fon-dasi yang kuat melalui sistem yang handal serta pola bisnis yang baik. Mereka hanya sibuk men-jadi pekerja dalam bisnis mereka sendiri.

“kalau bisnis yang anda bangun terus tergantung pada anda, maka bisnis anda tidak akan bisa ter-lalu besar dan investor-pun tidak akan yakin un-tuk membeli bisnis anda bila anda tidak terlibat. Kalau begitu bagaimana anda bisa menemukan time and financial freedom?”Selain itu banyak pengusaha yang tidak bisa ke-luar dari mindset mengkomplain, menyalahkan orang lain, serta tidak mau mengakui adanya ke-salahan. Sangat sulit mengubah pengusaha den-gan tipe seperti ini. Ada juga pengusaha yang memilih lingkungan yang salah, bergaul den-gan pengusaha yang mempunyai masalah yang sama, dengan harapan bisa sama-sama keluar dari masalah. Tetapi yang biasanya terjadi malah kehilangan harapan dan keyakinan masalah yang mereka miliki itu bisa terselesaikan. “Kesalahan yang lebih fatal adalah berhenti be-lajar. Orang-orang yang tidak mau belajar, tidak akan bisa meraih pencapaian dengan lebih cepat.

Padahal sebenarnya se-mua solusi permasala-han bisnis sudah tersedia.”Kesan dan Pengalaman yang MenarikPada tahun 2009 ActionCOACH secara global meluncurkan pro-gram CSR bernama Coaching for a Cause (bisa dilihat di http://news.actioncoach.com/news-release-cid-1-id-10314.html), dimana Action-COACH menawarkan jasa pelatihan gratis bagi organisasi-organisasi non-profit. Ada sekitar 100 pelatih yang menyumbangkan waktu. Target Ac-tionCOACH pada program ini yaitu meningkat-kan donasi organisasi-organisasi tersebut hingga U$2.5 juta. Tetapi ternyata setelah 6 bulan mengi-kuti sesi pelatihan, hasil yang diperoleh melebihi target. Organisasi-organisasi non-profit tersebut mendapatkan sekitar U$3.4 juta lebih tinggi dari target yang telah diperkirakan. Dengan pencapaian ini telah terbukti bahwa konsep bisnis pada umumnya bisa diimplemen-tasikan ke bisnis non-profit, dengan tambahan kejujuran dan keterbukaan. Selain itu daripada memberikan uang, kepuasan akan lebih tera-sa dengan menyumbangkan coaching session. Yang lebih membanggakan lagi, konsep ini telah melahirkan sebuah SMA entrepreneurship non-profit untuk anak-anak panti asuhan (bisa dilihat di http://primaunggul.org). Melalui program se-derhana ini, ActionCOACH mampu membangun sesuatu yang berkesinambungan, dan mendidik pelatih-pelatih baru berjiwa non profit untuk membimbing orang lain agar bisa mencari uang dengan lebih mandiri. Youthpreneur“Youthpreneur? Why not?!! Rich people is get-ting younger.”Menurut Cynthia, Mindset entrepreneur se-harusnya dipunyai setiap anak muda agar bisa menghasilkan uang dengan lebih mandiri, bisa lebih menghargai orang tua dan pengusaha-

Page 52: Milestone - May 2012

pengusaha sukses yang telah melalui tantangan hingga mencapai lifestyle seperti saat ini, serta lebih bijaksana dalam menggunakan uang dan bisa berkontribusi untuk orang lain. Entrepre-neur merupakan seorang yang tangguh, bertang-gung jawab, kreatif, optimis, dan selalu berpikir “if it is to be, it’s up to me”. Akan banyak generasi muda yang semakin banyak merangkul mindset seperti itu. Dengan adanya exposure bisnis-bis-nis generasi muda terhadap dunia internasional, bisa lebih membawa nama Indonesia di kancah Internasional. Generasi muda harus mempunyai impian yang besar. Tidak hanya sekedar mencari materi, melainkan bisa memberikan sesuatu kepada masyarakat. “Bangunlah bisnis yang bisa memen-uhi seluruh kebutuhan mereka. Jangan membuat bisnis agar Anda bisa menabung untuk membeli sports car atau rumah yang keren. Lihat negara kita yang masih sangat membutuhkan perkem-bangan. Kalau bukan kita, siapa yang bisa mem-banggakan dan membangun nama Indonesia? Membangun bisnis untuk menjadikan diri kaya raya itu biasa. Ada suatu titik dimana anda akan jenuh. Tapi bila anda bisa membangun sebuah Business with Purpose, saya yakin anda akan se-lalu berkobar dengan passion dan menikmati hasil bukan hanya dari segi keuangan tapi juga sebuah arti hidup yang tak ternilai harganya. “ pesan wanita berzodiak Leo ini.Persiapan Sebelum Berbisnis Sebelum memulai berbisnis, memper-siapkan mental sangat penting. Bagaimana cara Anda mengatur diri dan emosi dalam mengha-dapi kegagalan, serta seberapa besar daya juang Anda, akan teruji nanti dalam membangun bis-nis. Selain mental, memiliki ilmu berbisnis juga penting untuk menentukan perkembangan bis-nis. Bagaimana menjalankan sebuah bisnis dari membentuk fondasi yang kuat, memperhitung-kan keuntungan, sistem kerja perusahaan, dan pengembangan tim harus diperhatikan dengan baik.

Perjalanan membangun bisnis akan semakin ma-hal bila anda tidak siap dengan ilmu dan strategi yang tepat. Jika tidak memiliki ilmu, Anda akan mengalami banyak trial error yang sudah terbuk-ti membuang banyak uang, waktu, dan energi se-orang pengusaha. Meskipun demikian, teori dan praktisi itu merupakan hal yang cukup berbeda. Tetaplah belajar dari pengusaha-pengusaha yang telah lebih dulu mencapai kesuksesan.

Dengan menggeluti bisnis coaching inilah, Cyn-thia Wihardja berharap dapat membantu men-ingkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Tahun 2011 saja melalui perkembangan bisnis-bisnis klien, telah terbuka 943 lapangan kerja baru. “Hidup terasa lebih berarti dan Saya ingin do business with great purpose. Senang melihat pengusaha yang datang dengan muka stres, pu-lang dengan senyum dan melangkah dengan leb-ih ringan. Banyak pengusaha yang biasanya se-lalu sibuk, sekarang bisa liburan 1 bulan dengan keluarganya. Ada juga yang pusing karena tidak punya uang, sekarang bisa ekspansi bisnis dan membeli rumah kedua. Senang sekali bisa mem-bantu orang lain mencapai kesuksesan. It makes life worth living. ”

Page 53: Milestone - May 2012
Page 54: Milestone - May 2012

B E R B I C A R A T E N T A N G M A K A N A N, ternyata hal yang satu ini juga dapat dikaitkan dengan film. Ternyata mengangkat tema makanan ke dalam film, walaupun tidak sepenuhnya, tetap memberikan sebuah sensasi tersendiri di dalam cerita. Berikut di antaranya…

Julie & Julia (2009)Film drama komedi ini berasal dari kisah nyata dua perempuan yang kebetulan namanya hampir mirip. Film ini berkisah tentang awal perjalanan karir Julia Child (Meryl Streep), seorang koki Amerika Serikat ternama yang mulai eksis tahun 1961 dan mencoba memperkenalkan ma-kanan Perancis di Amerika. Selain itu, film ini juga menceritakan tentang Julie Pow-ell, seorang blogger yang mencoba untuk membuat semua resep yang ada di buku Resep Julia Child dalam jangka waktu 1 tahun.

Ratatouille (2007)Siapa yang tidak mengenal Ratatouille (rat-a-too-ee)? Animasi buatan Pixar ini mengangkat peran seekor tikus bernama Remy, yang me-miliki kemampuan cukup baik di dalam masak memasak. Ia menemani sosok manusia utama dalam animasi ini, yaitu Alfredo Linguini. Alfre-do merupakan anak Auguste Gusteau, seorang koki handal di Perancis. Sosok Remy ternyata sangat membantu Alfredo, yang semula hanya menjadi seorang pembersih dapur di restoran, hingga menjadi pendamping Remy. Lewat film ini, sosok tikus yang terkenal sebagai hewan yang jorok berusaha diubah menjadi sosok he-wan yang jago memasak.

Page 55: Milestone - May 2012

Le Grand Chef (2007)Film Korea Selatan yang satu ini cukup banyak meng-hadirkan nuansa makanan. Film ini berkisah tentang perebutan sebuah cooking knife lewat sebuah kontes masak besar-besaran se-Korea. Cooking Knife terse-but dianggap melegenda oleh karena pemiliknya merupakan koki istana terakhir pada jaman Dinasti Joseon. Koki istana tersebut membuktikan kesetiaan-nya dengan memotong lengannya dengan menggu-nakan Cooking Knife tersebut.

Charlie and the Chocolate Factory (2005)Film yang satu ini memang cukup populer. Film yang merupakan remake film 1971 berjudul “Willy Wonka and the Chocolate Factory” ini akan memainkan dunia imajinasi penonton. Memang kesan makanan yang ditampilkan disini, adalah coklat. Film ini bercer-ita tentang perjalanan seorang anak bernama Charlie (Freddie Highmore) bersama 4 orang anak lainnya yang beruntung lewat “Golden Ticket” untuk men-dapatkan tur spesial mengelilingi Pabrik Coklat Willy Wonka yang didampingi Willy Wonka (Johnny Deep). Film ini cukup berkesan ketika para karakter berada di sebuah tempat di dalam pabrik yang menurut cerit-anya terbuat dari coklat.

Chocolat (2000)Kalau film yang ini, berbeda dengan yang sebelumn-ya. Film ini mengangkat tentang coklat, dimana se-orang ibu bernama Vianne Rocher (Juliette Binoche) beserta sang putri, Anouk (Victoire Thivisol) mendi-rikan sebuah toko coklat. Bersetting di sebuah kota kecil di Perancis tahun 60-an, kehadiran toko coklat itu malah menimbulkan sikap sarkastik para pen-duduk kota setempat, termasuk sang mayor. Namun sosok Vianne mampu menyulap para penduduk kota setempat, sebab Ia memiliki sebuah kemampuan yang langka. Vianne ternyata memiliki kemampuan untuk meramal seseorang lewat kadar ukuran coklat, yang membuatnya dapat menolong orang tersebut. Intinya, Vianne berhasil memberikan sepotong coklat yang penuh cinta dan kasih.

The Other Food Movie :Babette’s Feast (1987), Eat Drink and Woman (1994), Tortilla Soup (2001), No Reservations (2007), Big Night (2006), Udon (2006), Waitress (2007), Antique Bakery (2008), Food, Inc. (2008), I am Love (2009), Cloudy with a Chance of

Meatballs (2009), Eat Pray Love (2010), Patisserie Coin de Rue (2011)

Page 56: Milestone - May 2012

S A T U L A G I F I L M I N D O N E S I A yang kembali me-mikat dunia. The Raid: REDEMPTION adalah sebuah film arahan Gareth Evans, dan dibintangi Iko Kuwais sebagai pemeran utama, dan merupakan kolabo-rasi yang kedua setelah Merantau. Film ini berkisah tentang seorang Tim SWAT bernama Rama (Iko Ku-wais) yang ditugaskan untuk menangkap seorang raja bandar narkotik, yaitu Tama (Ray Sahetapy). Pagi-pagi buta Ia tiba di apartemen milik Tama, dan harus berusaha untuk melawan segala perlawanan dari Tama. Tama yang sangat memiliki kekuasaan, menginstruksikan para manusia yang tinggal di gedung tersebut untuk melakukan pengepungan terhadap Tim SWAT. Film ini telah berhasil menjadi Official Selection untuk Sundance 2012, SXSW Film Festival, juga MOMA SD/SF Film Festival serta lain-nya. Hebatnya lagi, pemenang The Cadillac People’s Choice Midnight Madness di Toronto International Film Festival ini akan segera dibuat remake versi Hollywoodnya. Let’s see.. -Bavner Donaldo

Page 57: Milestone - May 2012

B A G I P A R A P E C I N T A film thriller, filmmaker ter-nama Joko Anwar punya film baru yang siap meng-hibur moviegoers tanah air berjudul Modus Anom-ali. Film ini bercerita tentang seorang laki-laki yang sedang berlibur dengan istri dan kedua anak mereka di sebuah kabin di hutan, dikejutkan dengan ke-datangan seorang tamu yang tak mereka undang.Sebelum menyadari apa yang terjadi, laki-laki itu mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Ketika menemukan beberapa jam alarm yang tersebar di hutan itu. Dia harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu dengan keluarganya kembali. Sementara itu, di hutan juga sedang berlibur satu keluarga lain, yang mungkin berkaitan dengan keanehan yang se-dang ia alami. Film yang dibintangi antara lain oleh Rio Dewanto, Hannah Al Rashid, dan Marsha Timo-thy adalah film ke-4 dari Joko Anwar. Diproduksi oleh Lifelike Pictures dan diproduseri oleh Sheila Timothy, film ini telah melakukan world premiere pada bulan Maret lalu di festival film SXSW 2012. Modus Anomali akan tayang secara serentak di bi-oskop tanah air mulai tanggal 26 April 2012.

Page 58: Milestone - May 2012

M E N G H I T U N G H A R I menjelang dimu-lainya rangkaian tur dunia “Born This Way Ball” yang akan kick-off-di Seoul, Lady Gaga telah bekerja ekstra keras untuk memberikan penampilan yang terbaik. “Though my ass is kicked from dancing may I succumb to the heat and focus on conditioning. No pain, no fear.” ujarnya lewat Twitter. Tur “Born This Way Ball” bakal menjadi tur du-nia terbesar yang akan diadakan oleh pemenang 5 Grammy Awards ini. Gaga akan mengunjungi Amerika Latin untuk pertama kalinya serta akan mengunjun-gi Australia dalam 14 pertunjukan yang akan digelar sepanjang bulan Juni dan Juli. Di Asia, sebagian besar tiket per-tunjukan pun sudah habis terjual. An-

tusiasme penggemar Lady Gaga di Jakarta yang besar juga mampu membuat pertun-jukannnya yang akan diadakan pada tang-gal 3 Juni ini laris manis.

Lady Gaga mengungkapkan, tur “Born This Way Ball” terinspirasi dari rangkaian tur sebelumnya, “The Monster Ball Tour” yang menjadi salah satu tur terlaris sepan-jang masa. “It’s hard to explain. It’s very different aesthetics. But the vision of the show tonight is sort of a continuation of this junkyard motorcycle gang mixed with a dark Christmas. I’m excited; we worked really hard on it.” ujarnya. Gaga juga men-gungkapkan konsep tur kali ini sebagai “kelanjutan dari geng motor rongsokan dalam suasana Natal yang kelam.” Ia juga

Page 59: Milestone - May 2012

menggambarkan tur ini sebagai percam-puran musik electro-metal dan ¬opera pop. Konsep panggung pun menjadi pu-sat perhatian para penggemar Lady Gaga, yang dibangun menyerupai istana ber-nuansa gothic, lengkap dengan menara, pahatan-pahatan, serta catwalk yang mengitari area penonton yang disebut Monster Pit.

Memang belum ada track list resmi yang dirilis pihak Interscope, label reka-man Lady Gaga. Namun Mother Mon-ster mengungkapkan dirinya akan tetap menampilkan beberapa lagu dari album The Fame dan The Fame Monster sep-erti “Bad Romance” dan “Poker Face”. Yang pasti, Lady Gaga akan menampilkan sesuatu yang baru, beda, dan spektakuler dalam tur “Born This Way Ball” ini. Apa-kah kalian satu dari 40,000 orang yang akan menggebrak Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 3 Juni nanti? See you there!

Page 60: Milestone - May 2012

S A A T D U N I A M U S I K pop mainstream diinvasi musik elektronik yang kental dengan synthesizer dan hentakan beat yang tipikal, disaat itu pula Miike Snow kembali mempertunjukkan keahlian mereka: menggabungkan nuansa indie pop dan elektronik dalam satu rekaman. Trio yang terdiri dari Christian Karlsson, Pontus Winnberg, dan serta Andrew Wyatt di vokal ini mengeksplorasi jenis musik yang memiliki benang merah dengan album debut mereka, dengan produksi yang lebih kaya dan dipadu dengan orkestrasi yang terdengar har-monis dari track satu ke track lain. Track seperti “Devil’s Work” dan “The Wave” memang tak terasa berbeda dengan sin-gle lawas mereka seperti “Silvia”. Meski usaha mereka menggabungkan indie pop dan elektronik di beberapa track terasa ganjil, namun Happy to You tetap sangat mudah untuk dinikmati.

Page 61: Milestone - May 2012

S E T E L A H A L B U M S E L F - T I T L E D yang dilun-curkan di tahun 2009, Stoalin merupakan album kedua dari band asal Belgia, Isbells. Kesejukan irama manis folkpop dengan lirik yang cenderung melankolis yang terdapat dari album ini sangat memanjakan telinga para pendengarnya.

Album ini wajib dimiliki, karena musiknya yang menenangkan namun tetap catchy ini sangat co-cok untuk didengarkan di sebuah hari yang ce-rah, ditemani sinar matahari serta langit biru dan hembusan angin musim panas. Dengan berisikan 9 lagu, Illusion dipilih sebagai single pertama yang mereka rilis.

Dalam track ini, dapat terdengar kualitas ber-musik mereka yang semakin meningkat dari album-album sebelumnya, dengan paduan suara dan petikan gitar yang menunjukan bahwa Isbells tetap menjaga profesionalitas.

Page 62: Milestone - May 2012
Page 63: Milestone - May 2012
Page 64: Milestone - May 2012
Page 65: Milestone - May 2012
Page 66: Milestone - May 2012
Page 67: Milestone - May 2012

Uniqlo One Piece UT Collection

One Piece memang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya baik di Jepang mau-pun internasional. Terbukti hingga umurn-ya yang mencapai 13 tahun, One Piece tetap menjadi bacaan favorit #1 di Jepang dan sepertinya penggemar Luffy, The Strawhat Pirates, akan terus bertambah setiap tahunnya. Dan pada tanggal 14 Mei nanti, Uniqlo akan meluncurkan koleksi terbarunya untuk Spring/Summer 2012 yang berkolaborasi dengan One Piece. Check their collection at www.UNIQLO.com

Maison Kitsune Cotton Canvas Sneakers

Sepertinya mempunyai sepasang sneakers putih di lemari Anda adalah hal yang esen-sial dan dengan low trainers dari Maison Kitsune ini, you can never go wrong. Ter-buat dari katun kanvas Jepang, sepatu ini cocok untuk padanan kasual Anda sehari-hari dengan plain white t-shirt dan nice selvedge denim yang akan memberikan tampilan simpel dan modern. Available at http://shop.kitsune.fr

Page 68: Milestone - May 2012

SUPER Basic Matte Pack

Back to basic, sepertinya SUPER ingin menunjuk-kan koleksi klasiknya di tahun 2012 ini tapi ten-tunya dengan inovasi baru. Seperti ‘Basic Matte Pack’ yang tidak hanya datang dengan warna hitam saja tapi juga dengan warna baru yaitu matte luxe crème caramel dan matte dark grey. Classical innovation. Check these superb collec-tion through http://store.retrosuperfuture.com

Master-piece Two-way Tote

Untuk koleksi Spring/Summer ’12 ini master-piece datang dengan two-way tote bag dan military inspired yang styl-ish. Dilengkapi dengan banyak kantung tambahan yang fungsional, tas ini dapat digunakan seperti tote bag biasa atau dijadikan sling bag dengan thick padded strapnya. Available at http://oki-ni.com

Visvim Spring/Summer ’12 Collection

Untuk koleksi musim ini brand asal Jepang, Visvim datang dengan iconic shirt-nya, Ju-neau Weld Oxford dan outerwear Noragi Linen yang terinspirasi dari kimono. Untuk celana, Visvim menawarkan dua alternatif dari Fluxus 04 pant, corduroy dan chino. Check http://store.unionlosangeles.com to cop.

Page 69: Milestone - May 2012

Kamera Leica, mengeluarkan edisi terbatas untuk produkn-ya dengan seri M9-P dengan versi berwarna putih. Kamera ini merupakan salah satu produk unggulan Leica saat ini, dan khusus untuk pasar Jepang. Edisi terbatas putih kit dilengkapi dengan lensa Noctilux-M 50mm f/0.95 perak dan tali kulit putih yang cocok dengan tubuh kulit putih diper-barui. Hanya 50 buah kamera akan dirilis, dengan harga diperkirakan akan datang pada sekitar 30.000 USD.

Fenomena berkembangnya Instagram yang se-makin pesat, seperti menyadarkan kita secara halus, bahwa betapa banyak orang menyukai foto-grafi. Alat digital luar biasa yang terinspirasi oleh hobi kuno dan perdagangan ini, telah memicu ke-inginan beberapa orang untuk kembali menikmati gambar bergaya “Polaroid” yang diterjemahkan kedalam format yang nyata. Instaprint adalah di mana digital dipadukan dengan print, yang mem-bawa kita bernostalgia dengan keunikan-keunikan foto-foto kecil persegi yang user friendly. In-staprint ini diciptakan oleh perusahaan asal Brook-lyn bernama BREAKFAST.

Sebuah kejutan manis datang untuk para peng-guna Android, Instagram for Android. Aplikasi yang berdiri sejak tahun 2010 ini menawarkan berbagai filter bagi para penggiat foto. Meski-pun banyak aplikasi olah foto serupa untuk Android, namun kedatangan Instagram untuk pengguna smartphone ini tetap disambut den-gan suka cita. Terbukti dengan angka sign up dalam menit pertama aplikasi ini hadir menca-pai 2.000 orang.

Page 70: Milestone - May 2012

S E B U A H B U K U karya Joseph Gordon-Levitt ini merupa-kan sebuah keindahan yang megah dan berbanding ter-balik dengan ukurannya yang mungil. The Tiny Book of a Tiny Story berisikan tulisan cerdas dengan illustrasi yang menakjubkan. Sebagian besar ceritanya hanya sepanjang 1 atau 2 halaman, tapi makna dibalik cerita-ceritanya sangat-lah mendalam. Ini adalah se-buah buku yang menyenang-kan untuk dibaca sendiri, atau pun dengan orang lain untuk didiskusikan.Buku ini merupakan rekomen-dasi sangat baik untuk semua orang! Belum lagi, buku ini juga bisa menjadi hadiah yang besar jika Anda tidak bisa me-mikirkan apa pun untuk mem-berikan teman dan keluarga.- Anna Aprita

Page 71: Milestone - May 2012

S E L A S A, 28 Maret 2012 lalu meru-pakan hari spektakuler bagi mereka pencinta band ber-genre jazz, funk, R&B, dan soul ini. Yup, it’s Earth, Wind & Fire! Band ini dibentuk pada tahun 1971 oleh Maurice White se-bagai vocal lead, writer, composer, drummer, dan percussionist. Bersama dengan adiknya Verdine White (bass-ist), juga Philip Bailey (vocal & percus-sionist) dan Ralph Johnson (percus-sionist), Earth, Wind & Fire (EWF) terus berkiprah hingga 40 tahun den-gan pergantian personel lain secara terus menerus. Konser di Jakarta ini adalah salah satu bagian dari “40th Anniversary World Tour” mereka. Personel sekaligus former EWF yang turut serta dalam tur ini adalah Ver-dine White, Philip Bailey, dan Ralph Johnson. Sejak tahun 1995 Maurice White memberhentikan dirinya dari konser tur dunia EWF dikarenakan mengidap penyakit Parkinson. Kali ini, Original Production yang dimiliki oleh

Tommy Pratama berhasil memanggil EWF ke Jakarta dan menjawab penan-tian para fans-nya.

Konser yang dilaksanakan pukul 20.30 di Tennis Indoor Jakarta ini dibuka oleh salah satu hits single mereka pada tahun 1979, “Boogie Wonderland”. Serentak seluruh penonton turut menyanyi dan tidak malu menggoyangkan badannya. EWF lengkap dengan semua komposisi instrumen (perkusi, drum, gitar, bass, terompet, saxophone, keyboard) dan musikalitas yang melegenda. Ribuan penonton yang datang berasal dari berbagai kelompok umur, usia 18 – 60 tahun dan begitu menikmati aksi EWF.Sejumlah hits-nya dari tahun 70an dan 80an dimainkan dan berhasil membuat penonton berteriak “We want more!” Pada akhirnya konser ini ditutup dengan “In A Stone”, salah satu lagu terbaik EWF pada tahun 1979. One of the best con-certs in 2012!

Page 72: Milestone - May 2012

M E N C A R I T E M P A T hang out yang unik? Restoran dan lounge yang satu ini me-miliki keunikan dibandingkan dengan restoran lainnya. Apa keunikannya?

Tepat pukul 15.30 restoran yang terletak di Fairground, SCBD (Sudirman Central Business District) ini dibuka untuk mener-ima tamu. Lucy in the Sky, itulah naman-ya. Restoran yang terletak di lantai paling atas Fairground ini, memiliki pintu masuk yang tidak di duga. Saat menaiki tangga, sebuah pintu membatasi restoran out-door ini. Segera Anda dijamu oleh wait-ress saat melangkahkan kaki Anda masuk ke dalam restoran ini. Namun untuk men-dapatkan meja di restoran ini, disarankan untuk reserve terlebih dahulu. Karena saat peak hour dan weekend, tempat ini biasanya ramai dikunjungi, terutama oleh

anak muda.

Design rooftop garden menghiasi restoran yang dulunya merupakan klub dan bar, Bengkel, di SCBD ini. Interiornya mengiku-ti desain seperti yang ada di taman. Tepat di seberang pintu masuk, akan terlihat bar yang menyediakan berbagai macam jenis minuman. Restoran ini memang cocok untuk menjadi tempat hang out yang tidak mengharuskan kita para pengunjung un-tuk makan besar.

Membuka menu di restoran ini Anda tidak akan menemukan banyak pilihan untuk makanan. Untuk menu dari starter sam-pai dessert, hanya terdapat satu halaman besar. Untuk makanan pembuka harganya cukup affordable, potato wedges, onion ring dan sejenisnya dengan harga kisaran

Page 73: Milestone - May 2012

Rp 35.000,-++ sampai Rp 65.000,-++. Ke-mudian di bagian main course terpajang beberapa menu makanan dari pasta sam-pai masakan Indonesia. Salah satu menu masakan Indonesia yaitu Nasi Jeruk, yang disajikan dengan porsi yang besar. Aroma jeruk yang muncul dari nasinya, dilengkapi oleh berbagai macam jenis lauk diseki-tarnya, mulai dari kering tempe, cumi-cumi, tahu dan beragam lauk lain. Untuk menikmati nasi jeruk ini, dibutuhkan Rp 85.000,-++. Kemudian untuk bagian pasta, ada Fettucini Alfredo yang benar-benar nikmat. Porsinya cukup besar untuk se-buah pasta. Bagi yang memiliki nafsu ma-kan tinggi, pasta yang satu ini cocok untuk Anda. Saus pasta yang creamy, dengan tambahan kacang polong benar-benar memanjakan lidah mereka yang menyukai hidangan khas Eropa ini. Pasta lezat porsi besar ini diberi harga Rp 65.000,-.

Beda buku menu, saatnya Anda melirik minuman dengan berbagai macam pilihan. Mulai dari cocktail hingga wine berkelas dapat Anda pesan di sini. Kisaran harga untuk minuman mulai dari Rp 20,000,- ++ hingga di atas satu juta rupiah untuk se-botol wine. Melirik bagian cocktail, Anda akan menemukan Berry Collins. Ini meru-pakan minuman yang sering kali dipesan khususnya para cowok. Campuran liquor, gin, sirup, cranberry juice yang kemu-dian diberi potongan grapefruit memberi kesegaran saat meminumnya. Bulir buah berry mengambang dibagian bawah minu-man dingin dan segar tersebut. Untuk menikmati kesegaran minuman ini, Berry Collins dibandrol dengan harga Rp 90.000,- ++. Memang sebagian besar minuman yang disediakan di sini mengandung alko-hol, namun jangan khawatir, Lucy in the Sky juga memiliki aneka macam jus dan teh. Salah satu tehnya yang unik adalah Cream de Caramel Tea. Teh beraroma kara-mel ini benar-benar lembut dan meng-

hangatkan Anda. Cocok untuk menikmati sore di rooftop garden ini.

Tidak kalah untuk dessert, satu cake yang sering kali dipesan yaitu Hummingbird. Cake yang satu ini memiliki 4 lapis den-gan krim disetiap lapisannya. Rasa dan aroma cinnamon yang lembut disertai krim yang yummy benar-benar memberi-kan kepuasan saat menyantapnya. Ukuran dessert ini bisa dinikmati oleh dua orang, karena porsinya yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki perut kecil, mungkin dengan menikmati dessert ini sendirian dapat memenuhi kebutuhan perut anda. Cake yang besar dan bertekstur kacang di dalamnya ini, dihargai Rp 50.000,- untuk satu slice-nya.

Lucy in the Sky memiliki pelayan yang ramah. Service yang sangat baik ini benar-benar memberikan kenyamanan saat Anda berada di sana. Bahkan pelayan yang melayani Anda, kadang menghampi-ri dan menanyakan bagaimana perasaan Anda saat menikmati santapan di sana. This is another hang out place that worth a visit!

Page 74: Milestone - May 2012

P O P U P M A R K E T dengan tema Carnaby Street yang hadir di Grand Indonesia West Mall 5th floor pada tanggal 9 - 11 Maret 2012 ini, merupakan acara bazaar yang diseleng-garakan oleh S1 Prasetiya Mulya. Acara ini diadakan guna menunjang bisnis mi-lik entrepreneur muda yang baru memulai bisnis ataupun yang bisnisnya sudah berja-

lan, untuk mempromosikan produknya. Acara baazar ini sangat memotivasi mereka untuk mengembangkan bis-nisnya karena banyak me-dia seperti ini. Para tenant terdiri dari beberapa ma-hasiswa S1 Prasetiya Mulya dan entrepreneur muda dengan berbagai bisnisnya.

Acara yang berlangsung se-

Page 75: Milestone - May 2012

lama 3 hari dipisah menjadi 2 bagian. Pada tanggal 9 Ma-ret adalah khusus BCA card holder dan para tamu uang mendapatkan invitation saja yang dapat hadir. Sebagai pembuka acara, produk - produk yang bergerak dalam dunia fashion memperoleh kesempatan untuk mamer-kan koleksinya melalui fash-ion show. Beberapa model

tampan dan cantik dengan brand yang mereka wakil-kan menghiasi catwalk ke-cil yang sekaligus menjadi panggung utama dalam ba-zaar tersebut. Fashion show kecil ini benar – benar me-narik perhatian pengunjung.

Selanjutnya di tanggal 10 dan 11 adalah saatnya bagi pub-lik untuk menghadiri acara

yang didukung oleh lebih dari 40 tenant ini. Bazaar ini mengundang perhatian yang luar biasa besar. Lebih dari 13000 pengunjung datang dalam waktu 3 hari. Lebih dari sekedar bazaar, Pop Up Market juga dimeriah-kan oleh 2 band yang cukup terkenal yaitu Sketsa dan 7th Sway. Mime, street magi-cian dan peramal tarrot juga

menghibur para pengunjung selama bazaar berlangsung.

Jika benar sesuai dengan harapan, maka tahun depan acara Pop Up Market akan digelar kembali melihat animo pengunjung yang cukup baik kemarin. Apa-kah tema yang diangkat untuk acara selanjutnya? Make sure you don’t miss it!

Page 76: Milestone - May 2012

P U N Y A P A S S I O N di bidang pariwisata? Telah dibuka kompetisi beasiswa oleh MIB School of Management yang berpusat di Trieste, Italy untuk International Master di bidang Tourism and Leisure. Beasiswa akan menanggung 70% dari keseluruhan uang sekolah, dengan nilai mencapai 18.150 EUR (sudah termasuk 20% VAT).

Syarat yang diperlukan:1. Telah mendapatkan gelar akademik di jurusan apa pun2. Lancar berbahasa Inggris (Sertifikat TOEFL, IELTS, atau PTE)3. Kandidat yang memiliki pengalaman bekerja lebih diutamakan4. Mengisi Application Form secara online yang bisa diakses di www.mib.edu/imtl

Kandidat yang telah memenuhi kriteria edukasi dan kelengkapan administrasi akan dilihat keterampilan pribadinya, pengetahuan aplikasi dunia profesional, serta motivasi yang di-tunjukkan selama wawancara.

Aplikasi diserahkan sebelum tanggal 24 September 2012.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.scholarshipsgrantsloan.com/international-master-in-tourism-leisure-scholarships-mib-school-of-management-italy/

Page 77: Milestone - May 2012
Page 78: Milestone - May 2012

B E R I T A T E N T A N G K E N A I K A N B B M ber-subsidi di awal bulan April, sontak membuat masyarakat berteriak panik. Tidak hanya raky-at kecil, kalangan menengah pun turut menge-luh atas isu ini, dan banyak tercurahkan di je-jaring sosial seperti twitter dan facebook. Lain halnya dengan kalangan atas yang dengan santai melenggang di jalanan Jakarta dengan mobil mewahnya. Ironis?

Kenaikan BBM bersubsidi yang rencananya akan dimulai pada tanggal 4 April 2012 ini mengundang banyak pro dan kontra. Ada yang setuju, karena beranggapan untuk men-dukung pemerintah dalam pengurangan be-ban Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemer-

intah, serta pemerataan harga BBM di seluruh Indonesia, namun sebagian besar masyarakat tentu tidak setuju. Karena dengan naiknya har-ga BBM, semua harga mulai dari bahan ma-kanan pokok, pakaian, dan lainnya pun akan ikut melonjak.

Indonesia, merupakan sebuah Negara demokrasi. Yang mana kekuasaan terbesarn-ya ada di tangan rakyat, baik secara demokrasi langsung, ataupun demokrasi perwakilan. Di Negara ini, rakyat bebas bersuara dan meny-ampaikan aspirasinya. Sayangnya, tidak semua orang dapat meyuarakannya dengan baik dan bertanggung jawab.

Page 79: Milestone - May 2012

Selasa, 27 Maret 2012 lalu, terjadi demo be-sar-besaran di berbagai daerah, terutama di Jakarta. Seakan sudah menjadi prosedur yang baku, ribuan mahasiswa mengatasnamakan dirinya sebagai “Pembela suara rakyat” turun ke jalanan untuk menentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak. Walaupun hasil dari ra-pat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat ada-lah ditundanya kenaikan harga BBM –yang mana mungkin akan sedikit melegakan hati sebagian besar masyarakat- tapi apa dampak terbesar yang timbul akibat demo yang cend-erung ricuh ini?

Kerusakan fasilitas publik, rusaknya pagar ge-dung DPR, kemacetan yang dikarenakan pem-blokiran jalan, vandalisme, dan korban yang berjatuhan akibat aksi melepar batu dan pe-nyiraman air keras. Kerugian atas aksi ini di-taksir kurang lebih sebesar 110 juta. Di mana kah sisi membela suara rakyat?

“(Berdemonstrasi) itu juga sah-sah saja. Tapi kita perlu apresiasi kepada pemuda yang juga dengan kemampuan dan disiplin ilmunya beru-saha mencari solusi lain selain demo,” ujar Menpora, Andi Mallarangeng, Rabu (28/3).

Page 80: Milestone - May 2012

PT. HK Realtindo dan PT. Colliers Internation-al Indonesia, secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama pengelolaan proyek Kubikahomy, sebuah serviced apartment un-tuk mahasiswa yang terletak di Edutown, BSD City. Penandatanganan yang dilangsungkan di Marketing Gallery Kubikahomy, dilakukan oleh Ir. Putut Ariwibowo, MM. sebagai Direk-tur Utama dari PT. HK Realtindo dan Michael D. Broomell sebagai Managing Director dari Colliers.“Kami memilih Colliers sebagai building man-agement merupakan sebuah keputusan yang strategic, mengingat reputasi Colliers yang sangat baik di dalam melakukan pengelolaan residensial dan gedung-gedung terkemuka, yang tidak hanya di Indonesia dan juga di dunia Internasional. Colliers memberikan se-buah alternatif program seperti saving the energy, cleaning water, dan juga merupakan founder dari Green Building Council in In-donesia. Melihat pengalaman Colliers yang sangat banyak, sehingga kami berharap pen-gelolaan ini berada di tangan yang tepat.”, lansir Ir. Putut Ariwibowo, MM selaku Direk-tur Utama dari PT. HK Realtindo.Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meng-hasilkan sebuah kolaborasi yang baik, se-hingga pihak Kubikahomy dapat menjamin

bahwa customer in the right hand. Dengan manajemen yang professional, kontribusi kognitif seperti efisiensi energy, banyakn-ya pengalaman dan juga kekuatan brand dari Colliers, akan memberikan nilai tam-bah tersendiri buat Kubikahomy. Dengan demikian, mahasiswa yang tinggal di Kubi-kahomy akan berada di lingkungan yang tepat, dimana belajar sendiri untuk berso-sialisasi, dan berinteraksi dalam lingkungan yang tertata baik. Selain itu, lewat program Kubikahomy Youth Entrepreneurship, para mahasiswa akan dibekali dengan kemam-puan untuk berbisnis.

Kubikahomy dilengkapi fasilitas seperti kolam renang, gym center, library, mini mar-ket, barbeque area, roof garden, dan shut-tle bus. Kubikahomy yang telah melakukan grand launching pada 2 Oktober 2011 lalu optimis bahwa unit mereka akan sold out dalam 5 bulan kedepan. Selain lengkapnya fasilitas yang tersedia, ditambah dengan adanya program Kubikahomy Youth En-trepreneurship diharapkan tingkat hunian sewa akan tinggi dan menjamin tingkat pengembalian investasi yang menarik bagi para investor. – B AV N E R D O N A L D O

Page 81: Milestone - May 2012
Page 82: Milestone - May 2012
Page 83: Milestone - May 2012
Page 84: Milestone - May 2012
Page 85: Milestone - May 2012
Page 86: Milestone - May 2012
Page 87: Milestone - May 2012

Ray Kroc membuat sistem restoran yang konsist-en terhadap kualitas dan metode persiapan yang seragam agar menghasilkan rasa dan tampilan makanan yang sama di McDonald seluruh tem-pat di dunia. Anda pun bisa melakukannya den-gan bantuan kartu resep.

M E M B U A T K A R T U R E S E P sebelum memproduk-si makanan sangat penting agar bisa mencip-takan produk dengan rasa, komposisi, tampi-lan, dan porsi makanan yang sama pada setiap produknya karena menentukan kesuksesan sebuah bisnis makanan. Mana ada konsumen yang mau menerima produk yang rasanya berubah-ubah atau porsinya lebih sedikit dari orang lain? Dengan adanya kartu resep, Anda bisa mengontrol inventory agar tidak berle-bih atau kurang, serta memudahkan pengatu-ran apabila ada bahan makanan yang sifatnya seasonal atau harga, kualitas, dan jumlah ba-rangnya berfluktuasi tergantung pada musim. Seberapa efektif pembuatan makanan dapat

dilihat dari kartu resep. Tidak sulit jika Anda ingin menginovasikan makanan atau menam-bah dan mengurangi bahan makanan karena segala sesuatunya terintegrasi dengan baik. Cara kerja yang terintegrasi juga mengurangi terjadinya kesalahan dalam menyiapkan ma-kanan. Pada akhirnya Anda akan bisa melihat seberapa besar keuntungan yang bisa Anda peroleh dari satu porsi makanan yang dijual. Dengan kata lain kartu resep adalah alat yang digunakan manajemen untuk mengontrol produksi makanan. Berdasarkan Modern Food Service Purchas-ing yang ditulis oleh Robert Garlough, berikut merupakan cara-cara membuat kartu resep.

Page 88: Milestone - May 2012

1. Planning the menu untuk memilih menu yang paling menarik bagi konsumen

Sebelum membuat kartu resep, Anda harus menentukan apa saja makanan yang ingin Anda tawarkan. Untuk memilih menu yang akan dijual, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti siapa target market yang dituju, keinginan dan kebutuhan target mar-ket, contribution margins, kemampuan tena-ga kerja dalam mengolah makanan, tren-tren makanan yang berkembang di pasaran, dan tersedia atau tidaknya bahan dan peralatan membuat makanan. Dari faktor-faktor tersebut Anda bisa me-nentukan menu yang sesuai dengan selera tar-get market serta sejalan dengan modal yang Anda miliki. Catat dan susun menu agar bisa diproses lebih lanjut.

2. Do Market Researchuntuk melihat positioning restoran Anda

Melalui riset pasar (market research) Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini

• Menu apa yang sedang menjadi tren di masyarakat?

•Bahan-bahanmakananapayangdisukaicalon-calonpelanggan?

•Siapa kompeti-tor Anda?

•Apa yang palingdiinginkan kon-sumen ketikamerekame-masuki restoran?

•Vendor-vendor

manakah yang punya reputasi yang baik?

•Apakahsemuaalatuntukmembuat makanan sudah tersedia?

Jika hasil dari riset pasar mengisyaratkan menu yang Anda pilih tidak akan populer di masyarakat, atau tidak ada supplier me-nyediakan bahan-bahan, berarti Anda harus memodifikasi atau tidak menggunakan menu itu. Yang paling penting lainnya yaitu Anda harus mencari tahu segala sesuatu tentang kompetitor Anda. Strategi apakah yang Anda unggulkan agar menarik orang mengunjungi restoran Anda? Mengapa orang-orang ter-tarik mengunjungi restoran kompetitor? Dan masih banyak lagi

3. Recipe Development Untuk menyusun resep makanan secara tu-lisan dan sistematis

Setelah memilih menu yang disukai tar-get konsumen, mencari supplier yang availa-ble, dan mengetahui bahan-bahan yang disu-kai konsumen, Anda bisa menyusun resepnya. Sewaktu mengembangkan dan menyusun re-sep, Chef harus berpatokan pada ekspektasi dan selera konsumen, dan juga dengan cara yang menguntungkan bagi perusahaan, se-hingga bukan mustahil bila Chef mengguna-kan bahan yang berbeda dari standar. Resep yang akan Anda buat saat ini, akan menjadi dasar atau panduan dalam proses selanjutnya.

How to write standardized Recipes Informasi-informasi yang tertera pada resep digunakan untuk mempermudah iden-tifikasi dan komunikasi dari bagian pembelian

Page 89: Milestone - May 2012

menu, bahan-bahan, ukuran bahan, cara pem-buatan, seberapa besar porsi yang dihasilkan (berat dan volume), biaya per porsi, dan be-rapa persen modal terhadap harga jual pada umumnya atau yang sesuai standar.

4. IdentifyingProductNeeds:untuk melihat jumlah pembelian dan penyim-panan makanan

Setelah menulis resep, Anda akan mulai membeli bahan makanan. Anda bisa menen-tukan jumlah bahan yang akan dibeli berdasar-kan perhitungan seberapa banyak bahan yang akan Anda simpan (intentory). Dari resep yang telah Anda tulis, Anda bisa menghitung se-berapa banyak bahan yang akan dikonsumsi, dan dikalikan dengan perkiraan jumlah produk

yang terjual. Misalnya untuk membuat patty burger dalam resep menggunakan sapi 0,1kg per porsi. Dengan perkiraan setiap hari ada minimal 50 burger yang terjual, berarti Anda cukup menyediakan 15kg daging sapi yang di-simpan pada lemari beku, untuk kebutuhan selama 3 hari. Sedapat mungkin Anda meminimalisasi jumlah penyimpanan bahan di kulkas atau di rak penyimpanan untuk menjaga kesega-ran bahan. Apalagi sifat bahan yang disimpan sangat beresiko rusak dan tercemar. Hal ini diperlukan untuk menghindari ada biaya yang terbuang percuma. Ditambah lagi ruang pe-nyimpanan dalam restoran sangat terbatas sehingga sedapat mungkin kita menyimpan dengan efektif dan efisien. Salah satu alat yang bisa Anda gunakan yaitu ABC Analysis. ABC Analysis mengkatego-rikan bahan baku menjadi 3 bagian. • A adalah kategori bahan-bahan yang paling

mahal, sekitar 50-60% dari seluruh budget pembelian bahan. Bahan baku utama yang menyusun menu, dimana kalau kehabisan maka produk tidak bisa disediakan. Persedi-aan bahan A lebih sering dicek oleh mana-jer dapur. Selain itu sulit mencari bahan substitusinya, karena harus benar-benar dipentingkan kualitas bahannya. Mengu-rangi persediaan bahan di kategori A mem-beri dampak yang paling signifikan.

dan staf produksi seperti chef. Informasi yang dimuat antara lain nomor kode menu, nama

Page 90: Milestone - May 2012

la yang jarang, serta disimpan dengan jum-lah yang besar.

Contohnya bila Anda membuka restoran Burger Kraby Patty. Daging patty masuk ke dalam kategori A. Selada, roti burger, bawang, dan tomat masuk ke dalam kategori B. Bahan-bahan lain seperti saus, garam, dan sedotan minuman masuk ke kategori C.

5. ProductEvaluationandSelectionuntuk mengevaluasi dan memilih bahan ma-kanan yang unggul

Setelah mengetahui seberapa banyak bahan yang akan Anda beli, selanjutnya Anda memilih vendor yang menyediakan kualitas dan harga bahan-bahan yang paling mengun-tungkan untuk restoran Anda. Tentunya dari Market Research, Anda telah mengetahui ven-dor-vendor mana yang available. Nah, berikut ini adalah urutan yang akan Anda analisis.

Quality Analysis

Di bagian ini faktor-faktor yang Anda perhatikan yaitu seberapa besar nutrisi yang terkandung pada suatu makanan, kesegaran makanan yang dikirimkan, warna, aroma, rasa, tekstur, dan yang paling penting kosistensi bahan serta pengiriman. Anda bisa mengetes atau membanding-kan kualitas bahan antara vendor yang satu dengan yang lain menggunakan Blind Test. Setiap bahan diambil sample-nya, diteliti, dan dicatat kondisi masing-masing produk, tanpa mengetahui merek atau vendor bahan terse-but. Tes yang Anda lakukan yaitu:• Tes berat bahan bersih

Berat bersih tanpa packaging, atau berat produk yang siap digunakan. Misalnya daging sapi kornet kalengan. Anda hitung berat bersih dagingnya tanpa mengguna-kan kaleng. Atau menghitung berat ken-tang tanpa kulit, dan lain sebagainya.

• CountandSizeTest Menghitung berapa banyak items atau jumlah barang dalam satu packaging. Misalnya Anda diberi pilihan 2 jenis patty burger. Keduanya sama-sama mempun-yai berat 1kg, tetapi bungkusan A berisi 11 buah, sedangkan bungkusan B berisi 10 buah.

• Taste, Texture, and Appearance Test Yang melakukannya biasanya Chef. Ana-lisis ini harus dilakukan setiap kali ba-rang datang, agar kualitas makanan tidak berubah.

Untuk ke depannya ada baiknya setiap restoran memiliki ruang untuk mengecek

• B adalah kategori bahan dengan harga se-dang, dikeluarkan kurang lebih 30-40% dari seluruh budget pembelian bahan. Disimpan sebanyak 30-40% dari total penyimpanan di rak.

• C adalah kategori dengan harga termurah, bisa disimpan lebih lama, dicek dengan ska-

Page 91: Milestone - May 2012

bahan-bahan yang baru diterima agar kualitas bahan terjamin.

ValueAnalysis Analisis ini berguna untuk melihat hubun-gan harga dengan kualitas produk. Tentunya Anda akan memilih bahan dengan kualitas tertinggi dan harga terendah. Tetapi ada juga bahan yang kualitasnya tinggi tetapi harganya juga tinggi. Untuk itulah kita menganalisis fak-tor apa yang Anda prioritaskan. Apakah Anda lebih memprioritaskan kualitas bahan tidak masalah berapa pun harganya, atau yang pent-ing harganya paling murah, atau harga dan kualitas berada di tengah-tengah. MakeorBuyAnalysis Terkadang untuk mengoptimalkan keleza-tan dan konsistensi kualitas makanan, Chef bisa saja memutuskan membuat sendiri ba-han siap pakainya. Jadi Anda tinggal memesan bahan mentahnya saja.

Yield Cost Analysis Analisis ini digunakan untuk mengetahui harga bahan per porsi atau yang kita sebut Ed-ible Portion Cost (EP cost). Selain itu ada Edible Portion Weight (EP weight) untuk melihat be-rat atau volume akhir bahan yang ada di ma-kanan. Ada AP cost dan AP weight, yaitu harga dan ukuran bahan ketika pertama membeli. Berikut ini contohnya agar dapat dipahami lebih jelas. Gambar dibawah ini merupakan Yield Cost analysis untuk bahan baku daging sapi yang dibersihkan dari tulang, lemak, dan bagian-bagian lain yang tidak dipakai. Percentage of total weight yaitu persen berat yang terbuang dari total berat. Value per pound didapat dari purchased cost dikali percentage of total. Extension merupakan to-

tal harga yang terbuang. Yield of Fabricated Product kita sebut dengan EP weight. AP Cost merupakan Total as Purchased Cost (harga beli pertama), dan Cost of Fabricated Product kita sebut dengan EP cost. Cost factor hanya digunakan apabila AP cost berubah. sehingga kita tidak perlu mencari EP cost dari awal karena akan menghabiskan waktu. Persamaannya yaitu

New AP Cost X Cost Factor Multiplier = New EP Cost

Untuk mendapatkan harga bahan dalam 1 porsi makanan bisa menggunakan hitungan logika dibawah. Jika ingin mengetahui modal keseluruhan ma-kanan per porsi, Anda tinggal men-jumlahkan kes-eluruhan EP Cost bahan-bahan yang menyusun menu.

Page 92: Milestone - May 2012
Page 93: Milestone - May 2012

“Keep the Earth Young“. Inilah tema besar yang diusung oleh civitas akademika Universitas Mul-timedia Nusantara dalam menyambut hari bumi. Melalui tema ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Uni-versitas Multimedia Nusantara ingin membuat terobosan baru dalam rangka menjaga alam dan lingkungan bisa dipertahankan kelestariannya. Melalui acara UMN Green Week 2012, segenap civitas akademika UMN mencoba untuk mem-buat proses pemahaman dan upaya mengem-bangkan kepedulian yang lebih kepada kaum muda yakni dengan memperkenalkan potensi bakau dalam menjaga stabilitas ekosistem dan ramah lingkungan. Oleh sebab itu, UMN Green Week 2012 ini akan berlangsung selama satu minggu, 22 -27 April 2012, yang diawali dengan penanaman bibit bakau di Kawasan Ekowisata Tol Sedyatmo, Komplek Elang, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, dan akan dilanjutkan dengan rangkaian acara menarik selama satu minggu ke depan. Bibit Mangrove yang sudah terkumpul dari para pembeli bibit di kampus UMN dan di Gramedia Summarecon Mall Serpong bahkan telah menca-pai 500 bibit.

Tema kali ini memiliki esensi dasar yang sekali-gus menjadi alasan dari pemilihan konsep acara, yakni, kepedulian, sportifitas, dan keaktifan kaum muda dalam melakukan aksi dan tindakan-tinda-kan yang ramah lingkungan. Dengan demikian, di-ambillah Tagline, Keep the Earth Young, yang dis-ingkat menjadi KEY. Hal ini bertujuan agar dengan pelaksaan UMN Green Week 2012 ini bisa men-jadi kunci untuk membuka kepekaan, kepedulian,

dan keberanian kaum muda menyelamatkan ling-kungan dengan aksi-aksi yang relevan, kreatif, dan menarik. Konsep tersebut mendorong diadakan-nya lomba-lomba menarik yakni lomba majalah dinding, lomba fotografi, lomba poster, dan lomba band. Lomba-lomba tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni 23-25 April 2012.

Pada tanggal 26 April, UMN Green Week akan kedatangan tamu special dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia, yakni organisasi pemuda peduli lingkungan dan alam. KOPHI akan membuka semi-nar gratis yang akan dibawakan oleh ketua-nya langsung Kak Lidwina Marchella, di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara.

Acara UMN Green Week ini tidak akan berakhir tanpa hiburan menarik dari guest star dan peme-nang lomba band pada tanggal 27 April 2012. Puncak acara UMN Green Week akan dimeriah-kan oleh Vicinity Dance UMN, Tokyolite, Paroeh Waktoe, dan Endah N Rhesa. Cukup dengan mem-beli tiket masuk UMN Green Week Music Perfor-mance seharga Rp 20.000 kamu bisa langsung menikmati music-musik seru. Tunggu apalagi, ayo bergabung bersama UMN Green Week 2012, kalau sulit untuk menyelamatkan Bumi, setidakn-ya kita menjadi Bumi untuk tetap stabil. Keep the Earth Young!

Contact Person Pemesanan TiketYaya (0819 1119 0099)

Page 94: Milestone - May 2012
Page 95: Milestone - May 2012
Page 96: Milestone - May 2012

B U S I N E S S L U N C H sering terjadi dalam kehidupan berbisnis. Selain bisa memberi-kan kesan yang baik, pembicaraan yang dilakukan sambil melakukan sesuatu yang sifatnya santai lebih berpotensi memberikan keberhasilan dalam mencapai kesepaka-tan bisnis. Tetapi bisa juga memberikan hasil yang mengerikan apabila tidak dilakukan dengan baik, sebab selama business lunch Anda akan dinilai oleh calon partner bisnis Anda. Meskipun demikian tidak perlu khawatir. Yang paling penting menjaga sikap dan perilaku selama business lunch berlangsung.

Choose the Best Restaurant Sebelum Anda mengajak klien makan, pastikan Anda tahu betul kondisi restoran itu. Jangan sampai sewaktu Anda datang, restoran penuh sehingga tidak mendapat-kan tempat dan akhirnya menghabiskan waktu untuk mencari restoran yang sesuai. Jangan memilih buffet all you can eat karena akan terkesan tidak sopan. Bila Anda bisa mencari tahu makanan yang disukai klien, ajaklah makan di restoran yang mere-ka suka.

Order Something Easy And Practical To Eat Pilihlah makanan yang mudah dan praktis dimakan. Sebisa mungkin hindari menu makanan laut yang tidak bisa langsung dimakan seperti kepiting, kerang, dan udang. Oleh karena itu cukup penting mengecek terlebih dulu menu yang restoran sediakan. Selain itu pilihlah menu sebelum klien Anda datang, agar tidak terlalu lama menentukan makanan apa yang akan ada pesan. Sebaiknya Anda tidak memesan makanan yang susah digigit dan makanan pasta, agar Anda tidak terlihat sibuk sendiri memotong makanan atau sibuk membersihkan sisa-sisa makanan.

Don’t Order More Expensive than Theirs Meskipun terdengar ekslusif dan mewah, sebaiknya Anda hindari. Bila klien Anda hanya memesan salad, sebaiknya Anda tidak memesan makanan berat seperti steak atau nasi. Cobalah menyesuaikan dengan menu yang mereka pilih agar terlihat lebih menghargai mereka.

Put Your Phone Away Lebih baik tangguhkan dulu urusan dengan penelepon jika masih bisa ditunda atau tidak terlalu penting. Jangan sampai klien merasa tidak dihargai. Atau jika Anda mungkin terbiasa mengecek handphone Anda setiap beberapa menit sekali, lebih

Page 97: Milestone - May 2012

baik matikan handphone atau ubah ke silent mode saja agar tidak sebentar-sebentar mengecek pesan masuk. Connie Thanasoulis, co-founder dari perusahaan pelatihan karir SixFigureStart mengatakan, “Mereka akan mengecewakan klien.”

Conversation during the Business Lunch Pembicaraan ringan sebelum masuk ke pembicaraan bisnis sangat diperbole-hkan agar memberikan suasana yang agak santai. Tetapi hindari memulai pembic-araan yang mengomentari pelayanan di restoran tempat Anda makan, seperti pelay-anannya lama, pegawainya tidak ramah, harga makanan mahal, dan lain sebagainya. Tidak hanya menurunkan mood seseorang, melainkan juga memperburuk penilaian terhadap Anda. Lebih baik pilihlah topik seperti prestasi yang perusahaan klien Anda peroleh baru-baru ini atau event-event yang cukup terkenal. Hindari pembicaraan tentang politik, agama, atau yang berhubungan dengan SARA.

Remember Your Table MannerJangan melupakan tata cara makan yang sudah umum seperti:- Jangan biarkan serbet menganggur di atas meja ketika Anda makan. Gunakan dan pakai untuk menghindari ada makanan yang tumpah ke pakaian Anda. Ketika Anda selesai makan, taruh kembali serbet diatas meja, dan jangan makan lagi setelah itu. - Ingatlah “BMW rule”: piring yang berisi roti (Bread) di sebelah kiri, piring berisi dag-ing (Meat) di tengah, dan Gelas berisi Air (Water) di sebelah kanan.- Jangan meletakkan perkakas seperti sendok, pisau, dan garpu di atas meja. Tempat mereka berada di atas piring.- Jangan pernah memakan makanan yang ada di piring klien Anda. Ini sangat tidak sopan.- Jangan mengambil lagi perkakas yang sudah jatuh di lantai. Minta pelayan mengan-tarkan perkakas yang baru. Picking up the Check Anda sebagai pihak yang mengundang business lunch wajib membayari klien

Page 98: Milestone - May 2012

atau partner bisnis anda. Bila Anda merupakan pihak yang diundang business lunch, sebaiknya jangan berharap dibayari, tetapi jangan menolak juga jika Anda akan diba-yari. Umumnya pihak yang merasa paling diuntungkan dari pertemuan bisnis ini harus membayari pihak lainnya.

Small Things, but Important Hal-hal umum seperti ini seharusnya sudah Anda mengerti. Datanglah tepat waktu. Pakailah pakaian yang pantas. Jabatlah tangan klien Anda dan ucapkan salam saat pertama kali bertemu. Jangan makan sambil bersuara karena sangat tidak sopan. Jangan mengambil kembali makanan yang sudah jatuh di atas meja. Ambil makanan yang jatuh tadi dengan tisu, dan bungkus agar tidak mengganggu pandangan. Tidak perlu mengundang orang yang tidak mengerti dan tidak berkepentingan dalam bisnis. Bila rekan atau partner bisnis Anda datang ditengah-tengah acara, perkenalkan nama dan jabatannya serta alasan mengapa mereka datang terlambat. Jangan menjilat jari dengan lidah didepan klien Anda. Bersihkan tangan dengan kain serbet atau tisu yang biasa disediakan di meja. Sebaiknya jangan menyela disaat klien Anda berbicara. Jangan makan dahulu sebelum klien Anda mulai makan atau bahkan makanannya belum datang. Jangan mengeluarkan sesuatu dari mulut terlalu sering, seperti tulang ikan atau membuka mulut lebar-lebar untuk menggunakan tu-suk gigi. Oleh karena itu sebaiknya tidak memesan makanan yang sulit dimakan. Dan setelah acara selesai ucapkan terima kasih.

If Something Undesirable happens... Bukan tidak mungkin terjadi hal-hal yang tidak Anda duga, seperti ada orang yang tidak sengaja menumpahkan air ke baju Anda. Jika hal itu terjadi jagalah emosi Anda. Tertawalah akan kemalangan Anda itu dan tetaplah tenang. Cari jalan keluarn-ya seperti mengganti baju bila Anda membawa baju ganti, atau mengelapnya dengan

Page 99: Milestone - May 2012

kain serbet, atau tutupi noda dengan jas Anda. Jangan memaki-maki atau sengaja membalas perbuatan orang yang menumpahkan air, sebab itu akan menimbulkan situasi yang tidak nyaman. Klien akan melihat bagaimana sifat dan karakteristik peru-sahaan Anda dari bagaimana sikap Anda sebagai pemiliknya.

(SHOULD) NOT TO DO:1. Don’t Sit Down HungryMakan sedikit camilan sebelum bertemu klien, agar tidak terlalu lapar. Jangan sam-pai pikiran Anda hanya terfokus pada makanan, padahal ada banyak hal yang harus didiskusikan.2. Don’t say no if they recommend itMungkin karena klien Anda senang makan di restoran tempat Anda business lunch, mereka akan menawarkan beberapa makanan yang menurut mereka enak. Cobalah satu makanan yang mereka rekomendasikan, jangan semua agar terlihat lebih natu-ral. Tetapi bila Anda benar-benar tidak suka, tidak usah dipaksakan. Misalnya mereka menawarkan makanan pedas, sedangkan Anda tidak suka pedas, tolaklah secara halus. Kalau perlu tanyakan apakah mereka punya rekomendasi makanan lain atau tidak. 3. Don’t have multiple things to talkJangan menyiapkan terlalu banyak topik yang akan dibicarakan, karena makan siang merupakan saat orang bersantai dan beristirahat. Siapkan satu atau dua topik ringan saja yang tidak memerlukan banyak data yang harus diteliti. Isi pembicaraan lebih meyakinkan seseorang bahwa ide atau rencana Anda brilian, atau lebih kepada ingin menjalin hubungan yang lebih baik.4. Don’t eat like a kid Perhatikan cara makan Anda. Tidak perlu memotong semua daging kecil-kecil agar mudah dimakan, sebelum Anda mulai makan. Selalu memotong saat Anda akan me-makannya. 5. Don’t arrange just one hourWaktu satu jam tidak akan cukup untuk menunggu makanan datang, makan, dan mengobrol setelah selesai makan. Biasanya business lunch berlangsung selama 2 jam. 6. Don’t be the lastSewaktu klien Anda dan partnernya sudah menunjukkan tanda-tanda akan keluar dari restoran, sebaiknya Anda juga ikut pergi. Jangan jadi yang terakhir berada di restoran.

Makan siang memberikan suasana yang santai tetapi tetap serius. Orang pun lebih enak diajak bicara bisnis karena masih terbawa suasana bisnis di pagi hari. Tidak seperti saat breakfast dimana waktunya sangat singkat dan orang belum da-pat feel kerja. Atau dinner dimana orang sudah lelah bekerja dan melepas segala hal yang berhubungan dengan bisnis. Meeting after work, sekitar jam 4-5 sore merupa-kan pilihan kedua yang lebih baik. Disaat itu Anda tidak perlu memilih makanan be-rat. Cukup teh atau kopi di coffee house. Apa pun pilihan Anda, keep your manners in mind!

Page 100: Milestone - May 2012