MATERI PMR 2012

64
BAB I GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNASIONAL A. SEJARAH LAHIRNYA GERAKAN Pada 24 Juni 1859 terjadi pertempuran antara Prancis dan Austria yang berlangsung di dataran rendah Italia bernama Solverino. Pertempuran tersebut melibatkan 320.000 prajurit, dan 36.000 di antaranya menderita luka-luka bahkan kehilangan nyawa. Pada hari yang sama, seorang pemuda Swiss, Jean Henry Dunant, berada di Solverino dalam rangka menjumpai Kaisar Prancis, Napoleon III. Saat perjalanan menuju kediaman Kaisar, Henry Dunant dan rombongannya terhalang oleh pertempuran tersebut. Banyak prajurit terluka bergelimpangan, tak ada satu pun aksi pertolongan. Tergerak oleh pemandangan perang yang mengerikan, korban berjatuhan di mana- mana, maka dengan segera Henry Dunant beserta penduduk setempat membentuk rumah sakit lapang sederhana, mengumpulkan kain tinen pembalut luka, dan menyediakan obat-obatan. Ia pun membatalkan kunjungannya ke kediaman Kaisar, seusai perang ia segera kembali ke Swiss. Di Swiss, ia pun menuliskan pengalamannya dalam buku berjudul “Un Souvenir de Solverino” ( Memory of Solverino / Kenangan Solverino ). Buku yang menggambarkan betapa kejamnya peperangan dan pengalaman membantu korban tersebut menggemparkan Eropa. Secara garis besar, buku tersebut mengandung dua gagasan penting, yakni: 1. Membentuk organisasi kemanusiaan Internasional yang disiapkan untuk menolong para prajurit, penduduk sipil, korban di medan perang. 2. Mengadakan perjanjian Internasional untuk membentuk hukum melindungi prajurit yang terluka serta relawan organisasi yang tengah memberikan pertolongan di medan perang. Pada 1863 Henry Dunant beserta empat warga Genewa merealisasikan gagasan tersebut. Mereka terkenal sebagai Komite Lima yang bertugas sebagai wadah relawan pemberi pertolongan pada peperangan. Kelima anggota tersebut adalah: 1. Jean Henry Dunant 2. Jendral Guallaume Henry Dufour 3. Dr. Theodore Mounier 4. Dr. Gustave Moynier 5. Dr. Louis Appia Komite tersebut meluas dan berkembang hingga saat ini terkenal sebagai ICRC ( International Committee of the Red Cross ). Dan ditetapkan pula tanggal 8 Mei 1863 sebagai Hari Palang Merah Internasional ( 8 Mei adalah tanggal lahir Henry Dunant ). Beberapa Negara pun turut serta membentuk organisasi Palang Merah di bawah naungan ICRC. Namun tidak hanya lambang Palang Merah yang dipakai. Kerajaan Ottoman ( Turki ) mengusulkan bagi Negara- negara Islam memakai tanda Bulan Sabit Merah. Sementara Negara-negara lain yang enggan memakai lambing Bulan Sabit Merah atau Palang Merah diperbolehkan memakai lambang Kristal Merah. Hal ini dikarenakan dahulu, banyak Negara yang memakai lambang berbeda-beda, misal Persia

description

MATERI PMR Madya dan Wira

Transcript of MATERI PMR 2012

Page 1: MATERI PMR 2012

BAB IGERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNASIONAL

A. SEJARAH LAHIRNYA GERAKANPada 24 Juni 1859 terjadi pertempuran antara Prancis dan Austria yang berlangsung di

dataran rendah Italia bernama Solverino. Pertempuran tersebut melibatkan 320.000 prajurit, dan 36.000 di antaranya menderita luka-luka bahkan kehilangan nyawa.

Pada hari yang sama, seorang pemuda Swiss, Jean Henry Dunant, berada di Solverino dalam rangka menjumpai Kaisar Prancis, Napoleon III. Saat perjalanan menuju kediaman Kaisar, Henry Dunant dan rombongannya terhalang oleh pertempuran tersebut. Banyak prajurit terluka bergelimpangan, tak ada satu pun aksi pertolongan. Tergerak oleh pemandangan perang yang mengerikan, korban berjatuhan di mana-mana, maka dengan segera Henry Dunant beserta penduduk setempat membentuk rumah sakit lapang sederhana, mengumpulkan kain tinen pembalut luka, dan menyediakan obat-obatan. Ia pun membatalkan kunjungannya ke kediaman Kaisar, seusai perang ia segera kembali ke Swiss.

Di Swiss, ia pun menuliskan pengalamannya dalam buku berjudul “Un Souvenir de Solverino” ( Memory of Solverino / Kenangan Solverino ). Buku yang menggambarkan betapa kejamnya peperangan dan pengalaman membantu korban tersebut menggemparkan Eropa. Secara garis besar, buku tersebut mengandung dua gagasan penting, yakni:

1. Membentuk organisasi kemanusiaan Internasional yang disiapkan untuk menolong para prajurit, penduduk sipil, korban di medan perang.

2. Mengadakan perjanjian Internasional untuk membentuk hukum melindungi prajurit yang terluka serta relawan organisasi yang tengah memberikan pertolongan di medan perang.

Pada 1863 Henry Dunant beserta empat warga Genewa merealisasikan gagasan tersebut. Mereka terkenal sebagai Komite Lima yang bertugas sebagai wadah relawan pemberi pertolongan pada peperangan. Kelima anggota tersebut adalah: 1. Jean Henry Dunant 2. Jendral Guallaume Henry Dufour 3. Dr. Theodore Mounier 4. Dr. Gustave Moynier 5. Dr. Louis Appia

Komite tersebut meluas dan berkembang hingga saat ini terkenal sebagai ICRC ( International Committee of the Red Cross ). Dan ditetapkan pula tanggal 8 Mei 1863 sebagai Hari Palang Merah Internasional ( 8 Mei adalah tanggal lahir Henry Dunant ).

Beberapa Negara pun turut serta membentuk organisasi Palang Merah di bawah naungan ICRC. Namun tidak hanya lambang Palang Merah yang dipakai. Kerajaan Ottoman ( Turki ) mengusulkan bagi Negara-negara Islam memakai tanda Bulan Sabit Merah. Sementara Negara-negara lain yang enggan memakai lambing Bulan Sabit Merah atau Palang Merah diperbolehkan memakai lambang Kristal Merah. Hal ini dikarenakan dahulu, banyak Negara yang memakai lambang berbeda-beda, misal Persia ( Iran ) memakai Singa Merah. Jepang mamakai Matahari Merah. Namun saat ini hanya 3 lambang yang disetujui Internasional, yakni Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah.

Untuk mengglobalkan organisasi pertolongan ini, Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah berada satu kesatuan di bawah naungan lembaga IFRC ( Internasional Federation of the Red Cross ). IFRC diprakarsai oleh Henry Davidson ( warga USA ) pada Konferensi Kesehatan Internasional Cannes, Prancis, 5 Mei 1919.

B. LAMBANG PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH

Lambang dipakai sebagai identitas atau tanda pengenal bagi orang-orang disuatu kelompok, daerah, negara atau apapun. Lambang adalah suatu ciri khas, termasuk Lambang Palang Merah. Sebelum Lambang Gerakan diadopsi, setiap pelayanan medis kemiliteran - setidaknya di Eropa, memiliki tanda pengenal tersendiri. Austria misalnya, menggunakan bendera putih, Perancis bendera merah, atau Spanyol bendera kuning. Banyaknya tanda yang digunakan,menimbulkan akibat yang tragis. Walaupun tentara tahu apa tanda pengenal dari personel medisnya, namun biasanya mereka tidak tahu apa tanda pengenal medis lawan mereka dan karena tanda-tanda pengenal yang dipakai itu bukanlah lambang yang universal serta tidak dipandang sebagai suatu hal yang netral.

Page 2: MATERI PMR 2012

1. Lambang Palang MerahTahun 1863, konferensi internasional diselenggarakan di Jenewa danmengadopsi Lambang Palang Merah di atas dasar putih sebagai tanda pengenal Perhimpunan Nasional Palang Merah yang merupakan kebalikan dari bendera nasional Swiss. Tahun 1864, Konvensi Jenewa yang pertama menyatakan bahwa lambang Palang Merah diatas dasar putih secara resmi diakui sebagai tanda pengenal pelayanan medis angkatan bersenjata. Pada Konvensi Jenewa tahun 1906, waktu peninjauan kembali terhadap Konve nsi Jenewa Tahun 1864, barulah ditetapkan lambang PalangMerah tersebut sebagai penghormatan terhadapNegara Swiss.

2. Lambang Bulan Sabit MerahTahun 1876 saat Balkan dilandaperang, sejumlah pekerja sosial yangtertangkap oleh Ottoman dibunuhsemata-mata karena mereka memakaiban lengan dengan gambar palang merah.Ketika pemerintah Turki diminta penjelasan mengenai hal ini,mereka menekankan kepekaan tentara muslim terhadap bentukpalang/salib dan mengajukan agar perhimpunan nasional sertapelayanan medis militer mereka, diperbolehkan untukmenggunakan lambang yang berbeda yaitu Bulan Sabit Merah.Gagasan ini perlahan-pelahan mulai diterima, memperolehsemacam pengesahan dalam bentuk 'reservasi' dan diadopsisebagai lambang yang sederajat dengan lambang palang merahdalam konvensi tahun 1929. Lambang Bulan Sabit Merah di atasdasar putih yang saat itu dipilih oleh Persia (sekarang Iran) diakuisebagai lambang pembeda dengan fungsi dan tujuan yang samadengan lambang palang merah, dan singa dan matahari merahsebagaimana tercantum pada Konvensi-konvensi Jenewa 1949dan protokol tambahan I dan II 1977

3. Lambang Kristal MerahTahun 2005 Kristal Merah diatas dasar putih diadopsimenjadi lambang alternatif apabila di suatu negara terjadikonflik bersenjata/perang atau bencana, maka negara yangmenggunakan Lambang Palang Merah atau Bulan SabitMerah, CRC dan IFRC dapat menggunakannya secara khususuntuk kegiatan kepalangmerahan yang dilaksanakan didaerah tersebut.

Lambang memiliki dua fungsi yaitu sebagai Tanda Pengenal dan Tanda Perlindungan.

Sebagai Tanda Pengenal,Lambang digunakan pada masa damai atau pada saat tidak terjadi konflik, perang atau pada saat tidak terjadi bencana. Gunanya adalah sebagai tanda pengenal: Identitas; bahwa seseorang adalah anggota Gerakan, staff, personel Perhimpunan Nasional,ICRC

dan IFRC. Hak milik; bahwa sesuatu seperti fasilitas, sarana,peralatan dan perlengkapan yang digunakan

dalam kegiatan adalah milik Gerakan (ICRC, Perhimpunan Nasional, IFRC). Dengan seizin Perhimpunan Nasional, tanda pengenal lambang dapat digunakan oleh pihak lain untuk tujuan mendukung kegiatan kepalangmerahan.

Sebagai Tanda Perlindungan,Lambang digunakan ketika konflik, perang atau saat bencana terjadi. Fungsinya, untuk memberitahukan bahwa seseorang adalah anggota Gerakan dan menandai personel medis militer, sehingga harus dilindungi. Tanda perlindungan juga digunakan untuk menandai fasilitas medis militer (bangunan, peralatan, kendaraan termasuk kapal dan rumah sakit). Untuk tujuan ini, dalam pembuatan Lambang, tidak boleh ada sesuatu pun yang ditambahkan padanya, baik terhadap Palang Merah, Bulan Sabit Merah atau Kristal Merah atau pada dasar putihnya. Lambang tersebut harus berukuran besar dan mudah terlihat.

Penyalahgunaan Lambang:

Lambang yang tidak digunakan secara benar, disebut dengan penyalahgunaan lambang. Ada beberapa macam penyalahgunaan yaitu:

1. PeniruanPenggunaan tanda-tanda yang mirip dengan Lambang Palang Merah, namun sebenarnya bukanlah Lambang Gerakan Palang Merah. Tentu saja hal itu dapat disalah mengerti sebagai Lambang untuk Gerakan Palang Merah atau Bulan Sabit Merah.

Page 3: MATERI PMR 2012

2. Penggunaan yang Tidak tepatYaitu Penggunaan Lambang Palang Merah atau Bulan Sabit Merah oleh kelompok atau perorangan terutama untuk tujuan komersial. Penggunaan oleh sesorang atau kelompok yang berhak namun tidak sesuai dengan Prinsip Dasar Gerakan.

3. Pelanggaran BeratPenggunaan lambang Palang Merah atau Bulan Sabit Merah dalam masa perang untuk melindungi personel militer atau perlengkapan militer dianggap sebagai kejahatan perang.

Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

1. KemanusiaanGerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah lahir dari keinginan untuk memberikan pertolongan kepada korban yang terluka dalam pertempuran tanpa membeda-bedakan mereka dan untuk mencegah serta mengatasi penderitaan sesama manusia yang terjadi dimanapun.

2. KesamaanGerakan memberikan bantuan kepada orang yang menderita tanpa membeda-bedakan mereka berdasarkan kebangsaan, ras, agama, tingkat sosial atau pandangan politik.

3. KenetralanGerakan tidak memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, ras, agama, atau ideologi

4. KemandirianGerakan bersifat mandiri. Setiap Perhimpunan Nasional sekalipun merupakan pendukung bagi pemerintah di bidang kemanusiaan dan harus mentaati peraturan hukum yang berlaku dinegara masing-masing, namun Gerakan bersifat otonom dan harus menjaga tindakannya agar sejalan dengan Prinsip dasar Gerakan.

5. KesukarelaanGerakan memberikan bantuan atas dasar sukarela tanpa unsur keinginan untuk mencari keuntungan apapun

6. KesatuanDidalam satu negara hanya boleh ada satu Perhimpunan Nasional dan hanya boleh memilih salah atu lambang yang digunakan : Palang Merah, Bulan Sabit Merah atau Kristal Merah. Gerakan bersifat terbuka dan melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah negara yang bersangkutan.

7. KesemestaanGerakan bersifat semesta. Artinya, Gerakan hadir diseluruh dunia. Setiap Perhimpunan Nasional mempunyai status yang sederajat, serta memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam membantu satu sama lain.

C. SEJARAH PALANG MERAH INDONESIA   (PMI) Peperangan, menimbulkan korban manusia. Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia,

banyaknya korban yang berjatuhan memunculkan usulan untuk mendirikan Perhimpunan Palang Merah Indonesia.

Usulan tersebut diajukan oleh Dr. RCL Senduk dan Dr. Bahder Djohan kepada pemerintah Belanda pada tahun 1932 . Pada masa penjajahan Belanda, kegiatan kepalangmerahan dijalankan oleh Palang Merah Belanda cabang Hindia atau NERKAI (Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie) yang terbentuk tanggal 21 Oktober 1873. Usulan mendirikan palang merah bagi Indonesia oleh dr. RCL Senduk dan dr. Bahder Djohan mendapat sambutan. Saat sidang konferensi NERKAI yang berlangsung tahun 1940 usulan mereka dibahas. Namun sayang usulan itu ditolak oleh pemerintah Belanda karena menganggap rakyat Indonesia belum mampu mengatur organisasi palang merahnya sendiri. Membentuk perhimpunan Palang Merah memerlukan keahlian dan banyak persiapan yang tidak mudah. Meskipun ditolak, cita-cita dr. RCL Senduk dan dr. Bahder Djohan tidak surut. Mereka terus mengadakan sosialisasi dan konsolidasi ke berbagai pihak.

Akhirnya... Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 3 September 1945 Presiden Soekarno memerintahkan Menteri Kesehatan saat itu, Dr Buntaran Martoatmodjo untuk membentuk Perhimpunan Nasional Palang Merah.

Atas perintah Presiden, pada tanggal 5 September 1945 dibentuklah susunan kepanitiaan beranggotakan 5 orang. Selanjutnya disebut dengan Panitia Lima. Mereka mempunyai tugas menyusun rencana pembentukan Palang Merah Nasional yaitu Palang Merah Indonesia.

Page 4: MATERI PMR 2012

Ketua : Dr. R. MochtarPenulis : Dr. Bahder JohanAnggota : Dr. Djoehana

Dr. Marzuki Dr. Sitanala

Satu bulan setelah Indonesia merdeka, tepatnya tanggal 17 September 1945, lahirlah PMI atau Palang Merah Indonesia dengan ketua umum Drs. Moch Hatta yang sekaligus merupakan Wakil Presiden RI pertama.

D. PALANG MERAH REMAJA (PMR)

Terbentuknya Palang Merah Remaja dilatar belakangi oleh terjadinya Perang Dunia I (1914 – 1918) pada waktu itu Australia sedang mengalami peperangan. Karena Palang Merah Australia kekurangan tenaga untuk memberikan bantuan, akhirnya mengerahkan anak-anak sekolah supaya turut membantu sesuai dengan kemampuannya. Mereka diberikan tugas – tugas ringan seperti mengumpulkan pakaian-pakaian bekas dan majalah-majalah serta Koran bekas. Anak-anak tersebut terhimpun dalam suatu badan yang disebut Palang Merah Remaja.

Pada tahun 1919 didalam siding Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional diputuskan bahwa gerakan Palang Merah Remaja menjadi satu bagian dari perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Kemudian usaha tersebut diikuti oleh Negara-negara lain. Dan pada tahun 1960, dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sebagian besar sudah memiliki Palang Merah Remaja.

Di Indonesia pada Kongres PMI ke-IV tepatnya bulan Januari 1950 di Jakarta, PMI membentuk Palang Merah Remaja yang dipimpin oleh Ny. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia. Sebelumnya pada awal pendirian bernama Palang Merah Pemuda (PMP) kemudian menjadi Palang Merah Remaja (PMR).

Keanggotaan PMRPalang Merah Remaja adalah wadah pembinaan dan pengembangan relawan remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR.

Kebijakan PMI dan Federasi tentang Remaja bahwa : Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan

kepalangmerahan Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan Remaja berperan penting dalam : perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan

keputusan untuk kegiatan PMI Remaja adalah kader relawan Remaja calon pemimpin Palang Merah masa depan

Dasar Hukum Keppres No. 25 Tahun 1950 tentang PMI merupakan satu-satunya organisasi kepalangmerahan

di Indonesia Keppres No. 246 Tahun 1963 tentang Perhimpunan Palang Merah Indonesia AD/ART PMI Pokok-pokok Kebijakan dan Rencana Strategis PMI 2009 – 2014 Perjanjian kerjasama PMI dengan Depdiknas RI tanggal 24 Mei 1995 No. 118/U/95 dan No.

0090-KEP/PP/V/95 tentang Pembinaan dan Pengembangan Kepalangmerahan di Sekolah Perjanjian kerjasama PMI dengan Depag RI tanggal 26 September 1995 No. 459 Tahun 1995

dan No. 0185-KEP/PP/IX/95 tentang Pembinaan dan Pengembangan Kepalangmerahan di Madrasah

       

Syarat Menjadi Anggota PMR

Page 5: MATERI PMR 2012

1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang sedang berdomisili di wilayah Indonesia.2. Berusia 10 tahun sampai dengan 17 tahun dan atau belum menikah atau seusia siswa SD/MI s/d

SMA/SMK/MA atau yang sederajat   3. Mendapatkan persetujuan orang tua/wali   4. Bersedia mengikuti orientasi, pelatihan, dan pelaksanaan kegiatan kepalangmerahan 5. Mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikannya kepada Pembina PMR dokelompok PMR

masing-masing, untuk selanjutnya disampaikan kepada Pengurus Cabang Palang Merah Indonesia setempat.

Anggota PMR terdiri atas :PMR Mula : 10 - 12 tahun/ setingkat SD/MI/sederajatPMR Madya : 12 - 15 tahun/setingkat SMP/MTS/sederajatPMR Wira : 15 - 17 tahun/setingkat SMA/SMK/MA/sederajat        Hak dan Kewajiban Anggota PMR Hak Anggota PMR 1) Mendapatkan pembinaan dan pengembangan oleh PMI2) Menyampaikan pendapat dalam forum/ pertemuan resmi PMI3) Berpartisipasi aktif dalam kegiatan PMR4) Mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA)Kewajiban Anggota PMR 1. Menjalankan dan membantu menyebarluaskan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan

kegiatan PMI2. Mematuhi AD/ART3. Melaksanakan Janji PMR4. Menjaga nama baik PMI5. Membayar uang iuran keanggotaan

Perpindahan Anggota PMRBerhubung karena sesuatu hal, seorang anggota PMR pindah ketempat lain. Bagi mereka yang pindah maka diharapkan:  1. Membawa surat rekomendasi dari Pengurus PMI Kota/Kab. tempat semula mereka bergabung  2. Melaporkan/mendaftarkan kembali melalui kelompok PMR ditempat tinggalnya yang baru

Berakhirnya Keanggotaan1. Keanggotaan PMR dinyatakan berakhirnya juka yang bersangkutan :    

a. Berakhir masa keanggotaan     b. Mohon berhenti     c. Diberhentikan     d. Meningggal dunia          

2. Anggota PMR dapat diberhentikan oleh Pengurus PMI Kota/Kab, apabila yang bersangkutan mencemarkan nama baik PMI dan atau dijatuhi hukuman pidana yang telah berkekuatan hukum tetap.

3. Mekanisme penghentian anggota PMR ditetapkan oleh kelompok PMR yang bersangkutan, yang dikoordinasikan dengan PMI Kota/Kab.

Janji PMRKami Palang Merah Remaja Indonesia berjanji, dengan disertai penuh rasa tanggung jawab dan dengan sepenuh hati :

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa2. Berbakti kepada masyarakat3. Mempertinggi keterampilan, memelihara kebersihan serta memelihara kesehatan4. Mempererat persahabatan Nasional dan Internasional5. Menjunjung tinggi dan memelihara nama baik PMR dan PMI dengan memegang teguh Prinsip-

prinsip Palang Merah.

Page 6: MATERI PMR 2012

BAB IIPERTOLONGAN PERTAMA

A. DASAR – DASAR PERTOLONGAN PERTAMAPertolongan Pertama yaitu pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau

cedera/kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar.Medis Dasar yaitu Tindakan perawatan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh

awam atau awam yang terlatih secara khusus. Batasannya adalah sesuai dengan sertifikat yang dimiliki oleh Pelaku Pertolongan Pertama.

Pelaku Perlongan Pertama yaitu Penolong yang pertama kali tiba di tempat kejadian, yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam penanganan medis dasar.

Tujuan Pertolongan Pertama yaitu :1. Menyelamatkan jiwa penderita2. Mencegah cacat3. Memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan

DASAR HUKUMa. Memberikan Pertolongan :Pasal 531 K U H PBarang Siapa Menyaksikan Sendiri ada orang dalam keadaan bahaya maut, lalai memberikan atau mengadakan pertolongan kepadanya sipenderita sedang pertolongan itu dapat diberikannya atau diadakannya dengan tidak akan menguatirkan, bahwa ia sendiri atau orang lain akan kena bahaya dihukum kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda sebanyakbanyaknya Rp 4.500,- Jika orang yang perlu ditolong itu mati diancam dengan sangsi KUHP 45, 165, 187, 304 s, 478, 525, 566.b. Kerahasiaan :Pasal 322 K U H P1. Barang siapa dengan sengaja membuka suatu rahasia yang wajib menyimpannya oleh karena

jabatan aau pekerjaannya baik yang sekarang maupun yang dahulu dipidana dengan pidana penjara selamalamanya 9 bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp 9.000,-

2. Jika kejahatan itu dilakukan yang tertentu, maka perbuatan itu hanya dapat dituntut atas pengaduan orang lain.

Ada dua bentuk persetujuan atau ijin bagi penolong untuk melakukan tindakan:a. Persetujuan yang dianggap diberikan atau tersiratAdalah persetujuan yang umum diberikan dalam keadaan penderita sadar atau normal.b. Persetujuan yang dinyatakanAdalah persetujuan yang dinyatakan secara lisan atau secara tertulis oleh penderita itu sendiri.Seorang Penolong Pertama mempunyai KEWAJIBAN sebagai berikut:a. Menjaga keselamatan diri, anggota tim, penderita dan orang di sekitarnyab. Menjangkau penderitac. Mengenali dan mengatasi masalah yang mengancam nyawad. Meminta bantuan / rujukane. Memberikan pertolongan dengan cepat dan tepat sesuai keadaan penderitaf. Membantu penolong yang laing. Menjaga kerahasiaan medis penderitah. Melakukan komunikasi dengan petugas lain yang terlibati. Mempersiapkan penderita untuk ditransportasi / dirujuk ke fasilitas kesehatanKualifikasi Penolong Pertama :a. Jujur dan bertanggungjawabb. Profesionalc. Mempunyai kematangan emosid. Mampu bersosialisasie. Kemampuan nyata terukur sesuai sertifikasif. Mempunyai kondisi fisik baikg. Mempunyai rasa banggaAPD adalah alat yang digunakan agar tidak tertular penyakit. Alat perlindungan diri tidak perlu mahal.Contohnya :- Sarung tangan lateks- Masker penolong- Kacamata pelindung

Page 7: MATERI PMR 2012

Selain APD, dalam melakukan PP juga memerlukan beberapa peralatan. Misalnya :- Kasa Steril - Pembalut gulung / perban- Pembalut perekat / plester - Gunting pembalut- Bidai - Senter- Selimut - Alkohol 70%- Pinset - Kapas

B. ANATOMIAnatomi adalah ilmu urai tubuh. Yaitu ilmu yang mempelajari susunan dan bentuk tubuh.

Sedangkan ilmu faal yaitu ilmu yang mempelajari fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh disebut Fisiologi.Adalah posisi dimana tubuh kita berdiri tegak, kedua lengan di samping tubuh, telapak tangan menghadap ke depan.Berdasarkan posisi anatomis ini dikenal ada tiga bidang khayal yang membagi tubuh menjadi dua bagian, yaitu:1. Bidang MedialBidang khayal yang membagi tubuh menjadi dua, yaitu kiri dan kanan2. Bidang FrontalBidang khayal yang membagi tubuh menjadi depan (anterior) dan belakang (posterior)3. Bidang TransversalBidang khayal yang membagi tubuh menjadi dua, yaitu atas (superior) dan bawah (inferior).

BAGIAN-BAGIAN TUBUH MANUSIATubuh manusia dilindungi oleh kulit dan diperkuat oleh rangka. Umumnya tubuh manusia dibagi menjadi 5 bagian, yaitu :1. KepalaTerdiri dari :Tengkorak, wajah dan rahang bawah2. Leher3. Batang TubuhTerdiri dari :Dada, perut, punggung dan panggul4. Anggota Gerak AtasTerdiri dari :Sendi bahu, Lengan atas, Siku, Lengan bawah, Pergelangan tangan dan Tangan5. Anggota Gerak BawahTerdiri dari :Sendi panggul, Tungkai atas (paha), Lutut, Tungkai bawah, Pergelangan kaki dan KakiTENTANG RONGGASelain pembagian tubuh, ternyata tubuh kita terdapat 5 (lima) buah rongga, yaitu :1. Rongga TengkorakRongga ini berisi otak dan melindunginya.2. Rongga Tulang BelakangBerisi bumbung syaraf atau “spinal cord” terbentuk dari rongga-rongga tulang belakang menyatu membentuk suatu kolom.3. Rongga DadaSering juga disebut rongga toraks. Dilindungi oleh tulang-tulang rusuk, berisi jantung, paru-paru, pembuluh darah besar, kerongkongan dan saluran pernapasan.4. Rongga PerutRongga ini terletak diantara rongga dada dan rongga panggul. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah abdomen. Di dalam rongga ini terdapat berbagai organ pencernaan dan kelenjar seperti lambung, usus, limpa, hati, empedu, pancreas dan lainnya.5. Rongga PanggulRongga ini dibentuk oleh tulang – tulang panggul, berisi kandung kemih, sebagian usus besar dan organ reproduksi dalam..

SISTEM TUBUHSistem tubuh adalah susunan dari organ-organ yang mempunyai fungsi tertentu. Ada beberapa sistem pada tubuh manusia :

Page 8: MATERI PMR 2012

1. Sistem Rangka (Kerangka/Skeleton)Fungsi rangka:- Menopang bagian tubuh - Melindungi organ tubuh- Tempat melekat otot dan pergerakan tubuh - Memberi bentuk tubuh2. Sistem Otot (Muskularis)Merupakan suatu organ atau alat yang berfungsi menggerakkan tubuh3. Sistem Pernapasan (Respirasi)Ada dua sistem pernapasan:a. Pernapasan DalamAdalah pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida yang terjadi dalam Jaringan.b. Pernapasan LuarAdalah pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida didalam paru-paru.4. Sistem Peredaran DarahPeredaran darah terdiri :- Peredaran darah kecil :Jantung Paru-paru (terjadi pengambilan oksigen dan pembuangan gas karbon dioksida) Jantung.- Peredaran darah besar :Jantung pembuluh nadi semua bagian tubuh (terjadi pemberian oksigen serta pengambilan zat sampah di kapiler) Pembuluh balik Jantung.5. Sistem Saraf (Nervus)Organ yang berfungsi untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dengan bagian tubuh.6. Sistem Pencernaan (Digestif)Saluran yang menerima makanan dari luar untuk diserap oleh tubuh dengan jalan dicerna ( proses telan, kunyah dan mencampur ) dengan bantuan enzim dan zat cair mulai mulut sampai anus.7. Sistem Kelenjar Buntu (Endokrin)Kelenjar yang mengirimkan hasil sekresinya ( produknya ) kedalam darah dalam jaringan kelenjar tampa melalui saluran dan hasil sekresi ini disebut hormon.8. Sistem Kemih (Urinaria)Proses penyaringan darah untuk menyerap zat yang digunakan tubuh yang membebaskan dari zat yang tidak digunakan.9. KulitAdalah lapisan jaringan pada bagian luar yang menutupi dan melindungi permukaan tubuh dan yang berhubungan dengan selaput lendir yang melapisi rongga-rongga, lubang masuk.10. Panca InderaPancaindera adalah organ untuk menerima jenis rangsangan atau stimulus tertentu. Terdiri dari :- Indera Penglihatan (Mata) - Indera Pendengaran (Telinga)- Indera Penciuman (Hidung) - Indera Pengecap (Lidah)- Indera Perasa/Peraba (Kulit)11. Sistem ReproduksiTerdiri dari Sistem reproduksi Pria dan Sistem reproduksi Wanita

C. PENILAIAN KORBANTindakan penilaian korban terdiri dari :1. Penilaian keadaanPada saat sampai di lokasi kejadian, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menilai keadaan sekitar. Apakah aman atau tidak bagi dirinya. Jika ragu lebih baik minta bantuan kepada orang dewasa.h Dahulu,2. Penilaian diniLangkah ini digunakan untuk menentukan korban karena penyakit ataucedera. Pada penyakit sebaiknya minta bantuan orang lain.Setelah itu langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut.a. Memeriksa Respon

Ada empat tingkatan respon korban, yaitu :1. Awas2. Suara3. Nyeri4. Tidak Responselalu ingat ASNT

Page 9: MATERI PMR 2012

b. Memastikan jalan napas terbuka dengan baikJika korban tidak respon, gunakanlah teknik angkat dagu dan tekan dahi.

c. Untuk menilai pernapasanSetelah jalan napas berjalan dengan baik makapenolong harus menilai pernapasan korban dengan cara : Lihat Dengar Rasakan

d. Menilai denyut nadiSebelum melakukannya, kita lihat dulu kondisi korban apakah sadar atau tidak. Jika sadar, cara yang digunakan adalah dengan meraba nadi pergelangan tangan (radial). Sedangkan bagi korban yang tidak sadar, nadi yang diperiksa adalah di bagian leher (Carotis)

e. Hubungi BantuanUsahakan untuk segera minta bantuan rujukan. Kita bisa meminta bantuan kepada orang lain atau melakukannya sendiri. Misalnya dengan telepon.

3. Pemeriksaan FisikTindakan ini melibatkan penglihatan, perabaan dan pendengaran. Tanda apa saja yang perlu kita temukan saat melakukan pemeriksaan fisik???

1. Apakah ada Perubahan bentuk pada bagian tubuh si korban?2. Apakah ada Luka terbuka (terlihat jelas) pada tubuh korban?3. Apakah korban merasakan Nyeri saat bagian tubuhnya kita raba atau tekan?4. Apakah ada Bengkak pada tubuh korban?

Agar lebih mudah mengingatnya, kita menyebut tanda-tanda tersebut dengan isilah PLNB.Untuk pemeriksaan lebih lanjut kondisi korban, perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih lengkap dari ujung kepala sampai ujung kaki.

1. Kepala Telinga Hidung Mata Mulut

2. Leher

3. Dada4. Perut5. Punggung6. Panggul7.Anggota gerak atas dan bawah

pada pemeriksaan anggota gerak selain PLNB juga lakukan pemeriksaan gerakan, sensasi dan sirkulasi.4. Pemeriksaan Denyut NadiSetiap kali jantung berdenyut maka pembuluh nadi akan melebar dan berkonstraksi saat darah melaluinya . Nadi adalah gelombang tekanan yang dihasilkan oleh denyut jantungDenyut nadi dapat diperiksa di bagian : Leher (Pembuluh nadi leher/ Arteri karotis ) Lengan atas (Pembuluh nadi lengan atas/Arteri brakialis) Pergelangan tangan (Pembuluh nadi pergelangan tangan/A. radialis) Lipat paha (Pembuluh nadi lipat paha/ A.femoralis)Cara memeriksa nadi: Pasien berbaring atau duduk dengan tenang Raba nadi yang akan diperiksa dengan telunjuk dan jari tengah Tekan sedikit sampai nadi teraba , lalu mulai menghitung sambil melihat penunjuk detik pada jam . Bila denyut nadi teratur, nadi diperiksa selama 15 detik dan hasilnya dikalikan 4 untuk

mendapatkan denyut nadi permenit.Bila denyut nadi tidak teratur, harus diukur selama 60 detik Laporkan juga teratur atau tidak, kuat atau lemah denyut nadi penderitaDenyut NadiBayi : 120 – 150 X/menitAnak : 80 – 150 X/menitDewasa : 60 – 90 X/menit

5. Pemeriksaan PernafasanPada penderita sadar jangan sampai penderita mengetahui bahwa frekwensi pernapasannya sedang dihitung. Genggam tangan penderita lalu letakkan diatas diatas dada atau perut penderita, lalu amati gerakkan naik turunnya.

Page 10: MATERI PMR 2012

Satu pernapasan adalah satu kali menghirup napas dan satu kali mengeluarkan napas (satu kali gerakan naik dan turun). Pernapasan dihitung selama 30 detik, lalu dikalikan 2 untuk mendapatakan frekuesi pernapasan permenit.Frekwensi PernapasanBayi : 25 – 50 X/menitAnak : 15 – 30 X/menitDewasa : 12 – 20 X/menit

6. Pemeriksaan SuhuPada pemeriksaan suhu tubuh cukup diperoleh data suhu relatif. Apakahada peningkatan atau penurunan suhu yang dilakukan dengan perabaandengan menggunakan punggung tangan pada dahi atau leher.Kelembaban kulit juga harus dinilai (berkeringat/kering)Warna kulit juga perlu dinilaiPucatDapat terjadi akibat gangguan peredaran darahKemerahanTekanan darah tinggi, keracunan alcohol, luka bakar,demam, penyakit infeksiKebiruan (sianossi)Kurangnya oksigen dalamdarah.KekuninganSering merupakan tandagangguan hatiBiru kehitamanTanda perdarahan bawah kulit

7. Riwayat PenderitaUntuk mengetahui penyebab atau pencetus suatu kejadian, mekanisme kejadian atau perjalanan suatu penyakit maka diperlukan wawancara yang dapat dilakukan dengan penderita, keluarganya atau saksi mata. Riwat penderita ini sangat penting pada kasus medis.Untuk memudahkan, dikenal akronim KOMPAK .K = Keluhan utamaSesuatu yang sangat dikeluhkan penderita . Gejala adalah hal-hal yang hanya dapat dirasakan oleh penderita misalnya nyeri, pusing. Tanda adalah hal-hal yang dapat diamati oleh orang lain . Saat melakukan Tanya jawab hindari jawaban YA atau TIDAK. Usahakan memberikan pertanyaan terbuka .O = Obat – obatan yang diminumTanyakan apakah penderita sedang dalam proses pengobatan. Gangguan yang dialami mungkin akibat lupa minum atau menelan obat tertentu contohnya seorang penderita kencing manis mengalami masalah kadar gula derah yang tinggi karena lupa minum obat sebelum makan.M = Makanan / Minuman terakhirHal ini dapat dijadikan dasar terjadinya kehilangan kesadaran pada penderita. Selain itu data ini juga penting untuk diketahui bila ternyata penderita harus menjalai pembedahan di RS.P = Penyakit yang dideritaRiwayat penyakit yang sedang diderita atau pernah diderita yang mungkin berhubungan dengan keadaan yang dialami penderita saat ini. Contoh : asma dan jantung.A = Alergi yang DialamiPerlu dicari apakah penyebab pada penderita ini mungkin merupakan suatu bentuk alergi terhadap bahan-bahan tertentu . umumnya penderita atau keluarga sudah mengetahuinya dan sudah memahami mengatasi keadaan itu.K = KejadianKejadian yang dialami penderita sebelum kecelakaan atau sebelum timbulnya Waspadai Gejala dan Tandanya! penyakit yang diderita saat ini

8. Pemeriksaan BerkalaUsahakan pemeriksaan terus dilanjutkan secara berkelanjutan sebelum mendapat pertolongan medis. Secara umum pada pemeriksaan berkala harus dinilai kembali :- Tingkat kesadaran- Nilai kembali jalan napas dan perbaii bila perlu- Nilai kembali pernapasan, frekuensi dan kualitasnya- Periksa kembali nadi penderita

Page 11: MATERI PMR 2012

- Nilai kembali keadaan kulit : Suhu, kelembaban dan kondisinya- Periksa kembali secara seksama mungkin ada bagian yang belum diperiksa atau sengaja di lewati- Nilai kembali penatalaksanaan penderita (secara keseluruhan)- Pertahankan komunikasi dengan penderita untuk menjaga rasa aman dan nyaman.

9. PelaporanSetelah selesai menangani penderita dan penolong melakukannya dalam tugas maka semua pemeriksaan dan tindakan pertolongan harus dilaporkan secara singkat dan jelas kepada penolong selanjutnya. Dalam laporan sebaiknya dicantumkan :- Umur dan jenis kelamin penderita- Keluhan utama- Tingkat kesadaran- Keadaan jalan napas- Pernapasan- Denyut nadi- Pemeriksaan yang penting- KOMPAK yang penting- Penatalaksanaan- Perkembangan lainnya yang dianggap pentin

D. PERDARAHANKenapa bisa terjadi perdarahan?Perdarahan terjadi akibat rusaknya dinding pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh benturan (trauma/penyakit). Perdarahan yang besar merupakan penyebab syok yaitu suatu kondisi dimana beberapa sel dan alat tubuh tidak cukup mendapat aliran darah yang mengandung oksigen (darah yang adekuat).Perdarahan dibagi menjadi 2 :1. Perdarahan luar (terbuka)Jenis perdarahan ini terjadi akibat kerusakan dinding pembuluh darah disertai dengan kerusakan kulit, yang memungkinkan darah keluar dari tubuh. Berdasarkan pembuluh darah yang mengalami gangguan perdarahan luar dibedakan menjadi :1. Perdarahan ArteriDarah yang keluar dari pembuluh nadi keluar menyembur sesuai dengan denyut nadi dan berwarna merah terang karena masih kaya dengan oksigen.2. Perdarahan VenaDarah yang keluar dari pembuluh vena mengalir, berwarna merah gelap karena mengandung karbon dioksida .3. Perdarahan KapilerBerasal dari pembuluh kapiler , darah yang keluar merembes perdarahan ini sangat kecil sehingga hamper tidak memiliki tekanan warnanya bervariasi antara merah terang dan merah gelap .Pengendalian dan Penanganan Perdarahan Luar1. Tekan luka dengan jari atau telapak tangan (gunakan sarung tangan).2. Tinggikan anggota tubuh yang cedera lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi kehilangan darah.3. Tekan pada titik tekan , yaitu arteri di atas daerah yang mengalami perdarahan. Ada beberapa titik

tekan yaitu :- Arteri Brakialis (arteri di lengan atas)- Arteri Radialis (arteri di pergelangan tangan)- Arteri Femoralis (arteri di lipatan paha)

Penanganan Perdarahan Luar1. Pakai APD agar tidak terkena darah atau cairan tubuh penderita2. Jangan menyentuh mulut,hidung,mata dan makanan sewaktu memberi perawatan3. Cucilah tangan setelah selesai membeikan perawatan4. Buang bahan yang sudah ternoda dengan darah atau cairan tubuh penderita dengan baik .2. Perdarahan dalam (tertutup)Benturan dengan benda tumpul merupakan penyebab utama cedera dalam dan perdarahan dalam. Kehilangan darah pada perdarahan dalam tidak terlihat karena kulitnya masih utuh dan mengingat perdarahan dalam tidak terlihat, kecurigaan adanya perdarahan dalam harus dinilai dari pemeriksaan fisik lengkap termasuk wawancara dan menganalisa mekanisme kejadian .

Page 12: MATERI PMR 2012

Beberapa perdarahan dalam yang dapat dikenali antara lain : Cedera pada bagian luar tubuh yang mungkin merupakan petunjuk bagian dalam juga mengalami

cedera Adanya memar disertai adanya nyeri pada tubuh, pembengkakan terutama diatas alat tubuh penting Nyeri,bengkak dan perubahan bentuk pada alat gerak Nyeri tekan atau kekakuan pada diding perut Muntah darah Buang air besar berdarah, baik darah segar maupun darah hitam Luka tusuk, khususnya pada batang tubuh Darah atau cairan mengalir dari hidung dan telinga Buang air kecil campur darahPenanganan Perdarahan dalam1. Baringkan penderita2. Periksa dan pertahankan Air Breath Circulation (ABC)3. Periksa pernapasan dan nadi secara berkala4. Rawat sebagai syok (lihat syok)5. Jangan berikan makan atau minum6. Segera bawa kefasilitas kesehatan terdekat

Syokadalah suatu kondisi dimana beberapa sel dan organ tubuh vital (terutama otak, jantung dan paru-paru) tidak cukup mendapat aliran darah yang mengandung oksigen dan bahan nutrisi.Kenapa syok terjadi?1. kegagalan jantung memompa darah2. Kehilangan darah dalam jumlah besar3. Pelebaran pembuluh darah yang luas (dilatsi)Tanda dan gejalanyaTanda:1. Nadi cepat dan lemah2. Nafas cepat dan dangkal3. Kulit pucat dingin dan lembab4. Wajah pucat dan kebiruan (sianosis) pada bibir,lidah dan cuping telinga5. Pandangan hampa dan pupil mata melebar6. Perubahan keadaan mental (gelisah,cemas)Gejala:1. Mual, mungkin disertai muntah2. Haus3. Lemah4. Pusing (Vertigo)5. Tidak nyaman dan takutBagaimana menanganinya?1. Bawa penderita ketempat teduh dan aman2. Tidurkan telentang3. Tinggikan tungkai4. Longgarkan pakaian penderita5. Selimuti agar tidak kehilangan panas tubuh6. Jaga agar jalan nafas tetap baik7. Kontrol Perdarahan dan rawat cedera lainnya bila ada8. Jangan beri makan dan minum9. Periksa tanda vital secara berkala10. Rujuk ke fasilitas kesehatan .

E. CEDERA SISTEM OTOT RANGKA1. Patah Tulang adalah Terputusnya jaringan tulang.Gejala dan Tanda telah Terjadi Patah Tulang- Adanya perubahan bentuk. Bagian yang patah terlihat aneh bila dibandingkan saat sehat.- Daerah yang patah sukar digerakkan bahkan mungkin tidak dapat.- Terdengar suara berderik pada daerah yang patah- Bengkak di daerah patah

Page 13: MATERI PMR 2012

- Memar di daerah patah- Ujung tulang mungkin terlihat pada patah tulang terbuka

Jenis Patah Tulang1. Patah tulang terbuka : Bagian tulang yang patah terlihat dari luar2. Patah tulang tertutup : Bagian tulang yang patah tidak terlihat dari luar

PembidaianPembidaian dilakukan dengan tujuan dibawah ini.- Mencegah pergerakan atau pergeseran dari ujung tulang yang patah.- Mengurangi rasa nyeri.- Mengistirahatkan anggota badan yang patah.- Mengurangi cedera yang baru disekitar bagian tulang yang patah.- Mempercepat penyembuhan.

Macam – macam BidaiBidai KerasDibuat dari bahan yang keras dan kaku untuk mencegah pergerakan bagian yang cedera. Bahan yang sering dipakai adalah kayu, alumunium, karton, plastic atau bahan lain yang kuat dan ringan. Contoh : BIdai kayu, bidai tiup, bidai vakumBidai yang dapat dibentukJenis bidai ini dapat diubah menjadi berbagai bentuk dan kombinasi untuk disesuaikan dengan bentuk cedera . Contoh : Bidai vakum, bantal, selimut, karton, bidai kawat.Bidai TraksiBidai bentuk jadi dan bervariasi tergantung dari pembuatannya.Hanya digunakan oleh tenaga yang terlatih khusus, umumnya dipakai pada patah tulang pahaGendongan atau Blat dan BebatPembidaian dengan menggunakan pembalut, umunya dipakai mitela.Prinsipnya adalah memanfaatkan tubuh penderita sebagai sarana untuk menghentikan pergerakan daerah cedera. Contoh : Gendonganlengan.Bidai ImprovisasiBila tidak tersedia bidai jadi, maka penolong dituntut mampu berimprovisasi membuat bidau yang cukup kuat dan ringan untuk menopang bagian tubuh yang cedera.Contoh : majalah, Koran, karton dll.

Pedoman Umum PembidaianPedoman ini sangat penting untuk mengurangi kesalahan dalam pembidaian: Jika korban sadar, sampaikan rencana tindakan kepada korban. Pastikan bagian yang cedera dapat dilihat dan rawatlah perdarahan bila ada. Nilai gerakan, sensasi, sirkulasi (GSS) pada bagian yang menjauhi batang tubuh sebelum melakukan

pembidaian. Siapkan alat seperlunya (misal bidai dan mitella). Upayakan tidak mengubah posisi yang cedera. Jangan memasukkan bagian tulang yang patah. Bidai harus meliputi dua sendi dari tulang yang patah. Ikatan jangan terlalu keras dan jangan longgar. Ikatan harus cukup jumlahnya dimulai dari sendi yang banyak bergerak. Selesai dilakukan pembidaian dilakukan pemeriksaan GSS kembali, bandingkan dengan pemeriksaan

GSS yang pertama

Langkah – langkah Penanganan Patah Tulang1. Lakukan penilaian dini2. Lakukan pemeriksaan fisik3. Stabilkan bagian yang patah secara manual4. Upayakan yang diduga patah dapat dilihat5. Atasi perdarahan dan rawat luka bila ada6. Siapkan alat-alat seperlunya ( bidai dan mitella )7. Lakukan pembidaian…!8. Kurangi rasa sakit korban9. Baringkan korban pada posisi yang sakit

Page 14: MATERI PMR 2012

2. Cerai sendi (Dislokasi) adalah keluarnya kepala sendi dari mangkok sendi.Penyebab :Sendi teregang melebihi batas normal sehingga kedua ujung tulang terpisah dan tidak pada tempatnya. Jaringan ikat sendi bisa tertarik melebihi batas normal dan mungkin sampai robekWaspadai Gejala dan Tandanya! :Secara umum berupa patah tulang yang terbatas pada daerah sendi.

3. Terkilir otot (Strain) adalah robeknya jaringan otot pada ekor otot (Tendon), karena teregang melebihi batas normal.Penyebab : Umumnya terjadi karena pembebanan secara tiba-tiba pada otot tertentu.Hal ini sering terjadi pada

cedera olahraga karena : karena : Latihan peregangan tidah cukup Latihan peregangan tidak benar Teregang melampaui kemampuan Gerakan yang tidak benar

Waspadai Gejala dan Tandanya! : Nyeri yang mendadak pada daerah otot yang tertentu Nyeri menyebar keluar disertai kejang dan kaku otot Bengkak pada daerah cedera

4. Terkilir Sendi (Sprain) adalah robek atau putusnya jaringan ikat sekitar sendi karena sendi teregang melebihi batas normal .Penyebab :Terpeleset, gerakan yang salah. Waspadai Gejala dan Tandanya!- Bengkak- Nyeri Gerak- Nyeri Tekan- Warna kulit merah kebiruanPenanganan Terkilir :- Letakkan penderita dalam posisi yang nyaman, istirahatkan bagian yang cedera- Tinggikan bagian yang cedera- Beri kompres dingin maksimum 3 menit, ulangi setiap jam bila perlu- Balut tekan dan tetap tinggikan- Rawat sebagai patah tulang- Rujuk ke fasilitas kesehatan

Pertolongan cedera pada sistem otot rangka:- Lakukan penilaian dini.- Lakukan pemeriksaan Fisik- Stabilkan bagian yang patah secara manual- Upayakan yang diduga patah dapat dilihat- Atasi perdarahan dan rawat luka bila ada- Siapkan alat-alat seperlunya ( bidai dan mitella )- LAKUKAN PEMBIDAIAN……!!!- Kurangi rasa sakit- Baringkan penderita pada posisi yang nyaman.

F. PENINDAHAN PENDERITA (EVAKUASI)Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemindahan penderita:1. Nilai kesulitan yang mungkin terjadi pada saat pemindahan2. Rencanakan gerakan sebelum mengangkat dan memindahkan penderita3. Jangan memindahkan dan mengangkat penderita jika tidak mampu4. Gunakan otot tungkai, panggul serta otot perut. Hindari mengangkat dengan otot punggung dan

membungkuk.5. Jaga keseimbangan6. Rapatkan tubuh penderita dengan tubuh penolong saat memindahkan dan mengangkat penderita.7. Perbaiki posisi dan angkatlah secara bertahap

Page 15: MATERI PMR 2012

Prinsip dasar pemindahan penderita :1. Jangan dilakukan jika tidak perlu2. Melakukan sesuai dengan cara yang benar3. Kondisi Fisik Penolong harus baik dan terlatih

Tidak ada definisi yang pasti kapan seorang penderita harus dipindahkan. Sebagai pedoman dapat dikatakan bahwa bila tidak ada bahaya berikan pertolongan dulu baru pindahkan penderita. Bila situasi dan kondisi dilapangan relative tidak aman mungkin harus dilakukan pemindahanpenderita terlebih dahulu.

Berdasarkan keselamatan penolong dan penderita, pemindahan penderita digolongkan menjadi 2 bagian :1. Pemindahan DaruratPemindahan darurat dilakukan bila ada bahaya yang mengancam bagi penderita dan penolong. Contoh :- Ancaman Kebakaran- Ancaman Ledakan- Ancaman Bangunan runtuh- Ancaman mobil terguling bensin tumpah- Adanya bahan-bahan berbahaya- Orang sekitar yang berprilaku aneh- Kondisi cuaca yang burukContoh Cara pemindahan Darurat :- Tarikan lengan- Tarikan Bahu- Tarikan Baju- Tarikan selimut2. Pemindahan BiasaPemindahan biasa dilakukan jika keadaan tidak membahayakan penderita maupun penolong.Teknik angkat langsung dengan tiga penolong:a. ke tiga penolong berlutut pada salah satu sisi penderita , jika memungkinkan beradalah pada sisi

yang paling sedikit cedera.b. penolong pertama menyisipkan satu lengan dibawah leher dan bahu, lengan yang satu disisipkan

dibawah punggung penderita.c. penolong kedua menyisipkan tangan dibawah punggung dan bokong penderita.d. penolong ketiga menyisipkan lengan dibawah bokong dan dibawah lutut penderita.e. penderita siap diangkat dengan satu perintah.f. angkat penderita keatas lutut ketiga penolong secara bersamaan.g. sisipkan tandu yang akan digunakan dan atur letaknya oleh penolong yang lain.h. letakkan kembali penderta diatas tandu dengan satu perintah yang tepat.i. jika akan berjalan tampa memakai tandu, dari langkah no f teruskan dengan memiringkan penderita

ke dada penolong.j. berdiri secara bersamaan dengan satu perintah.Teknik mengangkat tandu:Penolong dalam keadaan berjongkok dan akan mengangkat tandua. Tempatkan kaki pada jarak yang tepat.b. Punggung harus tetap lurus.c. Kencangkan otot punggung dan otot perut. Kepala tetap menghadap kedepan dalam posisi netral.d. Genggamlah pegangan tandu dengan baik.e. Pada saat mengangkat punggung harus tetap terkunci sebagai poros dan kekuatan konstraksi otot

seluruhnya pada otot tungkai.f. Saat menurunkan tandu lakukan langkah diatas pada urutan selanjutnya.Teknik angkat anggota geraka. Biasanya diperlukan dua penolong untuk melakukan teknik ini :b. Penolong pertama berada diposisi kepala penderita.c. Lakukan pengangkatan pada lengan penderita.d. Penolong yang lain berdiri diantara dua tungkai penderita, menyelipkan tangan dan mengangkat ke

dua lutut penderita.e. Dengan satu aba- aba kedua penolong dapat memindahkan penderita di lokasi yang diinginkan.

Posisi penderita

Page 16: MATERI PMR 2012

Secara umum posisi penderita tergantung dari cedera yang dialami dan keadaan pada saat itu. Beberapa pedoman untuk memposisikan penderita :a. Penderita dengan syok. Jika tidak ditemukan tanda-tanda cedera pada tungkai atas dan tulang

belakang tingikka tungkai sekitar 20 – 30 cm.b. Penderita dengan gangguan pernapasan. Posisikan duduk atau setengah duduk.c. Penderita dengan nyeri perut. Posisikan tidur. Posisikan tidur miring dengan tungkai ditekuk.d. Penderita Muntah-muntah. Posisikan nyaman dan awasi jalan napas.e. Penderita Trauma, terutama dicurigai cedera tulang belakang (spinal) harus segera distabilkan dan

imobilisasi dengan papan spinal panjang.f. Penderita tidak sadar dan tidak dicurigai ada cedera spinal atau cedera berat lainnya, posisikan

miring stabil.Posisi terbaik melakukan pemindahan tergantung pada kondisi saat itu.

G. KEDARURATAN MEDISKedaruratan medis adalah cabang ilmu kedokteran yang dipraktekkan di sebuah unit gawat darurat rumah sakit, dan di tempat lainnya dimana pertolongan pertama pada suatu penyakit diperlukan.Gejala: Demam Nyeri Mual, muntah Buang air kecil berlebihan atau tidak sama sekali Pusing, perasaan mau pingsan, merasa akan kiamat Sesak atau merasa sukar bernapas Rasa haus atau rasa lapar berlebihan, rasa aneh pada mulutTanda: Perubahan status mental ( tidak sadar dan bingung ) Nada cepat atau sangat lambat, tidak teratur, lemah atau sangat kuat Pernapasan tidak teratur Perubahan keadaan kulit : suhu , kelembaban , keringat berlebihan, sangat kering termasuk

perubahan warna pada selaput lendir (pucat,kebiruan dan terlalu merah) Perubahan tekanan darah Pupil mata sangat lebar atau sangat kecil Bau khas dari mulut atau hidung Terjadinya kejang atau kelumpuhan Mual, muntah, diare

Beberapa kasus umum yang mungkin ditemukan oleh seorang penolong:1. PingsanPenyebab :- Reaksi terhadap rasa nyeri- Kelelahan- Kekurangan makanan- Emosi yang hebat- Berada dalam ruangan yang penuh orang tanpa udara segar yang cukup.Gejala dan Tanda- Perasaan limbung.- Pandangan berkunang-kunang dan telinga berdenging.- Lemas, keluar keringat dingin, Menguap.- Dapat menjadi tidak ada respon, yang biasanya berlangsung hanya beberapa menit.- Denyut nadi lambatCara menangani- Baringkan penderita dengan tungkai ditinggikan.- Longgarkan pakaian.- Usahakan penderita menghirup udara segar.- Periksa cedera lainnya.- Beri selimut, agar badannya hangat.- Bila pulih, usahakan istirahatkan beberapa menit.- Bila tidak cepat pulih, maka:– Periksa napas dan nadi.

Page 17: MATERI PMR 2012

– Posisikan stabil.2. Paparan PanasKedaruratan medis karena paparan panas dapat berupa kejang panas (kram), kelelahan panas dan sengatan panas.a. Kejang panasGangguan ini berupa kejang disertai nyeri pada otot yang terjadi pada saat melakukan kegiatan fisik, misalnya bermain bola, berlari. Umumnya terjadi pada otot tungkai dan perut. Hal ini terjadi pada akibat kehilangan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang cukup besar melalui keringat. Penderita umumnya sadar dan berkeringat, suhu tubuh normal.Gejala dan Tanda- Kejang pada otot yang disertai nyeri, biasanya pada otot tungkai dan perut.- Kelelahan- Mual- Mungkin pingsanCara menangani- Pindahkan penderita ke tempat teduh /sejuk.- Baringkan sampai kejangnya menghilang.- Beri minum kepada penderita (Oralit atau sejenisnya)- Rujuk ke fasilitas kesehatan terutama bila kejang tidak berhenti.b. Kelelahan PanasKondisi yang tidak fit pada saat melakukan aktivitas di lingkungan yang suhu udaranya relatif tinggi, yang mengakibatkan terganggunya aliran darah gangguan ini juga akibat kehilangan cairan dan elektrolit melalui keringat yang berlebihan sampai sistem sirkulasi terganggu. Bila tidak diatasi kelelahan panas dapat menjadi sengatan panas.Gejala dan Tanda- Pernapasan cepat dan dangkal.- Nadi lemah.- Kulit teraba dingin, keriput, lembab dan selaput lendir pucat- Pucat, keringat berlebihan.- Lemah.- Pusing, kadang penurunan respons- Lidah kering dan hausCara menangani- Baringkan penderita ditempat yang teduh- Kendorkan pakaian yang mengikat- Tinggikan tungkai penderita 20 – 30 cm- Beri minum bila penderita sadar- Rujuk ke fasilitas kesehatanc. Sengatan PanasTerjadi akibat kegagalan sistem pengaturan suhu tubuh penderita sudah tidak lagi mampu untuk mengeluarkan kelebihan panas, sehingga suhu tubuh menjadi terlalu tinggi dan berbahaya bagi keselamatan penderita. Masalah ini menjadi lebih kompleks bila penderita tidak lagi berkeringat. Keadaan ini biasanya terjadi akibat aktivitas fisik berlebihan di tempat bersuhu tinggi atau di tempat yang kelembaban dan ventilasinya kurang baik. Sengatan panas dapat mengancam jiwa.Gejala dan Tanda- Pernapasan cepat dan dalam.- Nadi cepat dan kuat diikuti nadi cepat tetapi lemah.- Kulit teraba kering, panas kadang kemerahan- Pupil mata melebar- Kehilangan kesadaran- Kejang umum atau gemetar pada ototCara menangani− Turunkan suhu tubuh penderita secepat mungkin.− Letakkan kantung es pada ketiak, lipat paha, dibelakang lutut dan sekitar mata kaki serta di samping

leher.− Bila memungkinkan, masukkan penderita ke dalam bak berisi air dingin dan tambahkan es ke

dalamnya.− Rujuk ke fasilitas kesehatan3. Paparan Dingin ( Hipotermia )

Page 18: MATERI PMR 2012

Paparan terhadap dingin dapat menyebabkan suhu tubuh menurun < 35° C. Tubuh akan berusaha menuruninya dengan cara gemetar , suatu respon bawah sadar untuk meningkatkan suhu tubuh melalui aktivitas otot. Hipotermia dapat terjadi akibat penderita berada dialam terbuka dalam waktu yang lama. Ada beberapa hal yang adapt memperburuk hipotermia yaitu :suhu rendah, angin, air, usia penderita, kesehatan penderita, penyakit yang diderita, alcohol, penyalah gunaan obat dan kekurangan makanan.Gejala dan Tanda- Menggigil/gemetar- Terasa melayang- Pernapasan cepat nadi lambat- Gangguan penglihatan- Reaksi mata lambat- Alat gerak kaku- Pupil mata melebar dan tidak bereaksi- Kesadaran menurunCara menangani- Rawat penderita dengan hati hati, berikan rasa nyaman.- Penilaian dini dan pemeriksaan penderita.- Pindahkan penderita dari lingkungan dingin.- Jaga jalan napas dan berikan oksigen bila ada.- Ganti pakaian yang basah, selimuti penderita, upayakan agar tetap kering.- Bila penderita sadar dapat diberikan minuman hangat secara pelan-pelan.- Pantau tanda vital secara berkala.- Rujuk ke fasilitas kesehatan

Page 19: MATERI PMR 2012

BAB IIIPMR RELAWAN MASA DEPAN (KEPEMIMPINAN)

Kepemimpinan adalah : Proses dalam mempengaruhi kegiatan – kegiatan seseorang atau kelompok dalam usahanya untuk mencapai tujuan yang sudah di tentukan bersama.Pemimpin adalah : Seseorang yang dapat mempengaruhi kelompok yang dipimpinnya guna mencapai tujuan yang telah di tetapkan bersamaOrganisasi adalah : Suatu perkumpulan orang –orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama.Menejemen adalah : Proses pengerakkan, pembimbingan dan pemberian pasilitas terhadap pekerjaan – pekerjaan yang terorganisir dalam kelompok untuk mencapai tujuan yang di inginkan.Unsur – unsur Kepemimpinan : a. Orang yang memimpinb. Orang yang di pimpinc. Organisasi yang bersangkutand. Sasaran yang ingin dicapaie. Lingkunganf. Nilai – nilai sosialg. Pertimbangan ekonomi dan politikFungsi Kepemimpinan :a. Fungsi Yang berkaitan dengan tugas dan pemecahan masalahb. Fungsi pemeliharaan kelompok / socialc. Perencanaand. Memandang Kedepane. Pengembangan Loyalitasf. Pengawasang. Mengambil Keputusan h. Pemeliharaani. Menjalankan tugasCiri Seorang Pemimpin Yang Berhasil :a. Mempunyai dorongan yang kuat untuk bertanggung jawabb. Penuh semangat dan tekunc. Berani mengambil resiko dalam mengambil keputusan d. Dipercaya memiliki kepribadiane. Sanggup menerima keputusan dan tindakanf. Sabar dalam menghadapi kegagalan g. Tahan Uji h. Mempunyai kecakapan dalam mempengaruhi orang laini. Mampu menciptakan system hubungan masyarakat Hal – Hal Yang Menyebabkan Orang Menjadi Pemimpin :a. Seorang menjadi pemimpin karena warisanb. Seorang menjadi pemimpin karena kekuatan pribadi, baik kekuatan fisik, kecakapan dan materi.c. Pengangkatan atasan : Seorang menjadi pemimpin karena di angkatd. Pemilihan ; Seorang menjadi pemimpin karena di pilih berdasarkan pada konsep penerimaan

bawahan Hak – Hak Pemimpin :a. Menuntut Kepatuhan orang –orang yang dipimpinnyab. Tanggung jawab besar merupakan pengikat dalam organisasic. Memerintah bawahan dengan tidak melampaui wewenangBatasan –Batasan Seseorang menjadi Pemimpin yang Ideal :a. Baik dalam segala halb. Harus dapat berdiri di tengahc. Harus dapat memerintah bawahannyad. Harus sayang kepada yang kecil

Page 20: MATERI PMR 2012

KomunikasiKomunikasi = Menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain.Sebuah proses diskusi, berbicara, bahkan pada saat saling memandang sebenarnya sedang mencoba menyampaikan sesuatu kepada orang lain.. saat itu kita sedang melakukan suatu proses yang sering disebut komunikasi..Cara komunikasi:1. Verbal -> Menggunakan bahasa lisan atau tulisan.2. Non Verbal -> Melalui gerak bahasa tubuh, bahasa isyarat, sikap, ekspresi wajahBeberapa hal yang mendukung komunikasi:1. Kenali diri sendiri.2. Kenali orang lain3. Mau mendengarkan.4. Memberi pernyataan yang jelas.5. Memberi umpan balik6. Mau membuka diriBeberapa hal yang menghambat komunikasi, antara lain:1. Egois.2. Pemarah.3. Lingkungan yang buruk4. Membeda-bedakan status sosial5. Permusuhan

KerjasamaKerjasama adalah bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersamaManfaat kerja sama..- Kita bisa menyelesaikan tugas dengan waktu yang lebih cepat,- Pekerjaan yang berat jadi ringan, dan- Kita bisa lebih akrab dengan teman-teman.Faktor pendukung kerja sama :- Masing-masing pihak menghargai kekurangan dan kelebihan masingmasing- Sama-sama paham tujuan kerjasama- Terbuka- Ada yang mau jadi coordinatorSelain itu, ada juga faktor penghambat, seperti:1. Tidak bertanggung jawab2. Mau menang sendiri atau egois3. Curiga atau suka mencurigai4. Tidak bisa membedakan antara kerjasama dengan sama-sama kerjaKelompok yaitu kumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi kearah tujuan bersama.Membentuk kelompok juga akan memudahkan kerja sama. Tapi sebelum berkelompok, kita harus sepakati tujuan yang akan kita capai bersama...Setelah masing-masing tau apa tujuan bersama yang akan dicapai, tentu saja perlu seorang yang akan mengkoordinir dan mengarahkan kita ke tujuan yang sudah kita sepakati.. Nah orang itu adalah pemimpin kita..

Tugas Anggota PMRPEER LEADER = Anggota PMR Mula dapat memberikan contoh perilaku hidup sehat kepada teman sebaya.PEER SUPPORT = Anggota PMR Madya diharapkan dapat memberikan dukungan buat teman sebaya untuk melakukan perubahan perilaku hidup sehat.PEER EDUCATOR = Teman-teman PMR Wira dapat menjadi pendidik sebaya perilaku hidup sehat.

Page 21: MATERI PMR 2012

BAB IVREMAJA SEHAT PEDULI SESAMA

A. PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)1. Tujuan PHBS

Secara umum PHBS bertujuan untuk meningkatkan jumlah rumah tangga sehat di Kabupaten/Kota. Secara khusus adalah meningkatnya pengetahuan, kemauan dan kemampuan anggota rumah tangga untuk menerapkan PHBS yaitu dengan berperan aktif dalam gerakan PHBS di masyarakat.2. Manfaat PHBSa. Setiap anggota rumah tangga mampu memelihara kesehatannya sehingga dapat meningkatkan

produktifitas kerja.b. Dengan meningkatnya kesehatan anggota rumah tangga, biaya pengobatan dapat dialokasikan

untuk keperluan lain seperti pendidikan, usaha, dll.c. Anggota rumah tangga dapat mewujudkan secara mandiri cara-cara pencegahan penyakit.d. Dapat menjadi percontohan rumah tangga sehat bagi lingkungannya.e. Membantu pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat.3. Definisi Operasionala. Kebersihan diriKebersihan diri merupakan faktor penting dalam usaha pemeliharaan kesehatan secara umum. Kebersihan diri meliputi : Mandi setiap hari secara teratur dengan menggunakan air bersih dan sabun sesuai kebutuhan. Mencuci rambut secara teratur dengan sampo minimal 1 minggu dua kali dan disisir dengan rapih. Mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan minuman, sebelum makan, sesudah b.a.b dan

b.a.k. Kuku digunting pendek dan bersih. Kaki dirawat dengan baik dan teratur, pakailah sepatu yang cocok ukurannya. Sikat gigi 3X sehari pagi dan sore dan sebelum tidur. Pakaian perlu diganti setiap habis mandi dengan pakaian yang dicuci bersih dan disetrika.Perilaku sehat yang perlu diterapkan : Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Membuang kotoran di WC/jamban. Mengambil, menyimpan dan mengelola air dengan cara yang bersih dan aman. Merebus air sebelum diminum minimal 10 menit setelah mendidih. Mengelola sampah secara sehat. Menjaga kebersihan rumah.b. Kebersihan LingkunganKebersihan lingkungan adalah suatu usaha menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, sehingga dapat mencegah penularan penyakit. Kebersihan lingkungan meliputi :Rumah sehat dan terpelihara: Memiliki jendela dengan cukup ventilasi sehingga memperoleh udara segar dan sinar matahari dan

mempunyai penerangan yang cukup. Tersedianya tempat sampah yang tertutup dan Luang sampah pada tempatnya. Jaga kebersihan sumber air (sumur), jamban dan lingkungannya. Jarak sumber air bersih atau sumur dengan tempat pembuangan kotoran manusia minimal 10 meter. Aliran pembuangan air hujan dan limbah harus lancar. Hewan peliharaan terjaga kesehatannya dan tidak berkeliaran di dalam rumah atau di tempat anak

bermain terutama hewan yang berkutu. Rumah dan kandang hewan peliharaan sebaiknya terpisah.Pembuangan sampah sementara yang aman :Tempat sampah khusus yang dikelola oleh masyarakat di lingkungannya dengan memisahkan sampah organik dan non organik. Sampah berbahaya dapat membawa penyakit seperti malaria, diare, disentri, infeksi yang ditularkan melalui nyamuk, lalat dan tikus. Jika anak-anak bermainsampah, mereka bisa terluka yang mudah menjadi infeksi. Cara membuang sampah: dibakar didalam lubang kemudian ditimbun.

c. Penyediaan Air Bersih

Page 22: MATERI PMR 2012

Air Bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan seharihari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Secara fisik air bersih dapat kita bedakan melalui indera (dengan dilihat, dirasa, dicium dan diraba), yaitu: Tidak berwarna, harus jernih sampai terlihat dasar tempat air tsb. Tidak berasa, harus bebas dari bahan kimia baik rasa asin, asam maupun rasa basa. Tidak berbau, harus bebas dari bau busuk, bau belerang dsb. Harus sesuai dengan suhu sekitarnya atau lebih rendahd. Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) Kamar mandi:

Setiap keluarga harus mempunyai kamar mandi yang terpelihara kebersihannya.Tempat penampungan air/bak mandi harus dibersihkan minimal setiap minggu dengan cara disikat

dan memakai desinfektan.Disediakan tempat sampah dan penerangan yang cukup.

CuciMencuci sebaiknya dengan air bersih yang mengalir terutama untuk mencuci bahan makanan.Contoh:

Sayuran harus bersih, bebas dari insektisidaMencuci peralatan rumah tangga dan pakaian harus mempergunakan air bersih, untuk menghindari

timbulnya penyakit.Peralatan mencuci harus selalu dalam keadaan bersih dan kering.

Kakus/jamban/W.CSetiap keluarga memiliki jamban yang bersih dan terawat (tidak berbau dan memiliki persediaan air yang cukup).

Cara membersihkan:o Jamban dibersihkan memakai desinfektan. Tetapi obat desinfektan tersebut jangan sampai

masuk ke dalam lubang jamban, sebab dapat mematikan bakteri yang ada di dalam yang berfungsi untuk menghancurkan najis/ kotoran.

o Lubang jamban dibersihkan dengan sikat bertangkai panjang yang mudah diputar (sikat WC).Macam-macam jamban:o Jamban Cemplungo Jamban Jongkoko Jamban Duduk

e. Air Limbah dan SampahAir limbah adalah air bekas dari kamar mandi, dapur atau cucian yang dapat mengotori sumur, sungai atau danau dan selanjutnya dapat mengganggu kesehatan. Akibat penanganan air limbah yang tidak baik dapat :

Menimbulkan bau busuk.Mengganggu pemandanganMengurangi luas tanah yang seharusnya dapat digunakanMenjadi sarang nyamuk yang menularkan penyakit

· Membuat saluran pembuangan air limbah yang memenuhi persyaratan kesehatan:o Air limbah tidak mengotori sumur, sungai atau danau.o Saluran pembuangan air limbah harus tertutup supaya tidak menjadi sumber penyakit.

· Bergotong royong untuk membuat saluran pembuangan air limbah· Bersihkan saluran pembuangan air limbah secara rutin

4. Indikator PHBS Nasionala. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatanb. Memberi ASI eksklusifc. Menimbang balita setiap buland. Menggunakan air bersihe. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabunf. Menggunakan jamban sehatg. Memberantas jentik nyamuk di rumah seminggu sekalih. Makan buah dan sayur setiap harii. Melakukan aktivitas fisik setiap harij. Tidak merokok di dalam rumah

5. Rumus Penentuan Strata Rumah Tangga

Page 23: MATERI PMR 2012

a. Sehat Pratama (Merah) : Jumlah nilai Keluarga 0 s.d 5b. Sehat Madya (Kuning) : Jumlah Nilai pratama + 6 s.d 10c. Sehat Utama (Hijau) : Jumlah Nilai Madya + 11 s.d 15d. Sehat Paripurna ( Biru) : Jumlah Nilai Utama + 166. Cara Mewujudkan PHBS

Meningkatkan diseminasi informasi PHBS Melakukan pengkajian dan pemetaan PHBS Melakukan berbagai intervensi sesuai keadaan dan sosial budaya setempat Menggalang kemitraan dengan berbagai pihak Melakukan advokasi kepada pemda dan legislatif Meningkatkan kapasitas tenaga pelaksana.

7. Kesehatan Mental (PSIKOLOGIS)Pengertian kesehatan mental:a. Seseorang yang sehat mentalnya tidak cukup hanya terbatas pada pengertian terhindarnya dia dari

gangguan penyakit dan jiwa, melainkan patut pula dilihat sejauh mana seseorang itu mampu menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri dan lingkungannya, mampu mengharmoniskan fungsifungsi

b. jiwanya, sanggup mengatasi masalah hidup termasuk kegelisahan dan konflik batin yang ada, serta sanggup mengekspresikan potensi dirinya untuk mencapai kebahagiaan.

c. Sebagai ilmu pengetahuan cabang dari ilmu psikologi yang bertujuan mengembangkan potensi manusia seoptimal mungkin dan menghindarkannya dari gangguan penyakit dan masalah kejiwaan.

d. Sebagai terapi atau ilmu terapan guna membantu mengatasi gangguan penyakit dan masalah kejiwaan.

Seseorang dapat berusaha memelihara kesehatan mentalnya dengan menegakkan prinsip-prinsipnya dalam kehidupan, yaitu: Mempunyai penilaian diri atau gambaran dan sikap terhadap diri sendiri yang positif. Memiliki integrasi diri atau keseimbangan fungsi-fungsi jiwa dalam mengatasi masalah hidup

termasuk stres. Mampu mengekspresikan dirinya secara optimal guna berproses mencapai kematangan. Mampu bersosialisasi atau menerima kehadiran orang lain. Menemukan minat dan kepuasan atas pekerjaan yang dilakukan. Memiliki falsafah atau agama yang dapat memberikan makna dan tujuan bagi hidupnya. Mawas diri atau memiliki kontrol terhadap segala keinginan yang muncul. Memiliki perasaan benar dan sikap bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatannya.

B. PERAWATAN KELUARGA1. Latar BelakangLatar belakang adanya perawatan keluarga ini diawali dengan adanya kirsus keperawatan tahun 1950 yang diadakan oleh Rumah Sakit PMI Bogor yang kemudian kursus tersebut berkembang sampai kepada kursus Perawatan Keluarga.2. PengertianPerawatan keluarga adalah perawatan yang dilakukan oleh anggota keluarga itu sendiri dengan menggunakan alat-alat yang ada di lingkungan keluarga itu dan sederhana tetapi hasilnya memuaskan.3. Prinsip Kerja Pelaku PKa. Sikap yang baik seorang Pelaku PK penting untuk memberi kesan baik tentang kepribadiannnya:

· Berprikemanusiaan.· Bertanggungjawab.· Selalu mengutamakan kepentingan klien.· Selalu bersikap terbuka.· Peduli terhadap penderitaan orang lain.

b. Menunjukan kemauan kerja dengan bersikap tenang, cepat, tepat dan tanpa ragu-ragu.c. Mempunyai sifat ramah, selalu senyum, bersedia untuk mendengarkan keluhan dan mampu

menenangkan si sakit.d. Berfikirlah sebelum bertindak atau bekerjae. Pengamatan serta informasi yang berwenang sangat bermanfaat dan membantu dalam menjalankan

tugas perawatanf. Jagalah kebersihan lingkungan dan ruangan di sakit dengan tidak mengabaikan kebersihan diri

sendiri.g. Selalu mencatat hasil pengamatan dan perawatan secara singkat jelas

Page 24: MATERI PMR 2012

h. Usahakan agar tidak menambah penderitaan si sakiti. Jangan bertindak menyimpang dari peraturan dan perintah dokter/ petugas kesehatan.j. Jika perlu untuk merujuk si sakit ke puskesmas atau rumah sakit, persiapkan dengan baik, baik

keperluan orang sakit maupun transportasi.k. Selalu menjaga kerahasiaan medis pasien4. Peralatan Perawatan Keluarga :a. Alat Kebersihan :

APD (Celemek, sarung tangan dan Masker)b. Peralatan mencuci tangan

Air mengalir (kran, botol, improvisasi lain)Baskom (wadah penampung air)

Sabun dalam tempatnyaHanduk tangan/serbet

c. Peralatan tempat tidurTempat tidur dan kasur.Bantal dan GulingSelimut

SepreiKain perlak dan alas perlak

d. Perlatan mandi, Buang air besar (BAB), Buang air kecil (BAK)Tempat tidurBantal dan GulingSelimutSepreiKain perlak dan alas perlakEmberGayungBaskom

WashlapHandukPasu najis (pispot)Labu Kemih (urinal)TissueSisirSabunPopok disposible (jika diperlukan

e. Peralatan mencuci rambut: Shampoo Pelembab rambut (conditioner) Alat pengering rambut

Sisir Handuk Perlak

f. Peralatan memelihara mulutSikat gigiPasta gigiTempat penampungan buangan

g. Peralatan makan Baki Piring Sendok Garpu Gelas dengan tatakan dan penutupnya Sedotan

Serbet Selang Sonde (jika pasien

mempergunakannya) Meja kecil, bel/lonceng (khusus untuk

pasien yang tidak dapat makan sendiri)

h. Peralatan MedisTermometer (Manual dan Digital)Tensimeter dan stetoscope (Manual dan Digital)Perlan dan Plester

i. Peralatan kompresWashlapKantong es/kompres dingin

Kantong air panas/ kompres panasBotol

j. Alat habis pakaiBedakMinyak pelumas (Baby Oil)Cream pelembab kulit.

Desinfektan / cairan pensuci hamaAntiseptik ( bethadin, alcohol 70 %, clorin )Plester, verband, tensoplast

k. Peralatan lainnya Pakaian bayi lengkap Bak mandi untuk bayi

5. Persiapan Merawat Kliena. Persiapan LingkunganMenyiapkan ruangan/kamar untuk memberikan rasa nyaman dan aman pada klien (bersih, bebas dari debu, asap rokok, ventilasi dan pencahayaan cukup)

Page 25: MATERI PMR 2012

b. Persiapan AlatPeralatan disesuaikan dengan tindakan yang akan dilakukan Peralatan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing keluargac. Persiapan Klien Persiapan Fisik dan Mental Memberikan penjelasan mengenai tujuan tindakan yang akan dilakukan dan waktu yang dibutuhkan

selama melaksanakan tindakan Persetujuan dari klien dan keluargad. Persiapan Pelaku PK Memakai Alat Pelindung Diri/APD (Penutup Kepala, Kaca Mata, Masker, Celemek, Sarung Tangan

dan Alas Kaki) disesuaikan dengan tindakan yang akan dilakukan Kebersihan diri Pelaku PK : mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan tindakan Persiapan Mental Pelaku PK : percaya diri dan tidak dalam keadaan cemas.6. Pelaksanaan Perawatan Keluargaa. Mencuci tanganMencuci tangan di lakukan : Sebelum dan sesudah merawat klien Sebelum memegang makanan dan minuman Sesudah memegang alat kotor / binatang Setelah buang air kecil dan buang air besar.Tujuan mencuci tangan : Membersihkan tangan dari segala kotoran Menjaga kesehatan Pelaku PK Mengurangi penularan penyakit Melatih suatu kebiasaan yang baikTiga cara mencuci tangan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan: Cuci tangan higienis atau rutin dengan menggunakan sabun/detergen dengan air mengalir Cuci tangan aseptik : sebelum tindakan pada klien dengan menggunakan antiseptik Cuci tangan sebelum melakukan pembedahan : dengan menggunakan antiseptik dan sikat tangan..Peralatan mencuci tangan : Menggunakan air yang mengalir, jika tidak ada washtafel/ledeng, menggunakan botol, ceret, dll,

tetapi diperlukan ember/wadah kosong untuk menampung air kotor Sabun dan tempatnya Sikat tangan bila perlu Tissue, handuk tangan atau serbetProsedur pelaksanaan : Lepaskan semua perhiasan di tangan (arloji, gelang, cincin,dll) Buka keran atau siramkan air dari ceret/botol Gosok putaran keran dengan sabun kemudian di bilas Basahi tangan sampai kesiku dan sabuni hingga berbusa mulai dari telapak tangan, sela jari,

punggung tangan, pergelangan tangan sampai siku. Sabun disiram dengan air terlebih dahulu sebelum diletakkan pada tempatnya.

Bila perlu kuku disikat dengan sikat tangan. Bilas tangan sampai bersih. Tutup kran, ingat jangan mengibaskan air dari tangan. Keringkan tangan dengan menggunakan tissue, handuk tangan atau serbet bersih.b. Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Penutup KepalaTujuan memakai penutup kepala :

o Mencegah jatuhnya mikroorganisme yang ada di rambut dan kulit kepala pelaku PK.o Melindungi kepala atau rambut pelaku PK dari percikan darah atau cairan tubuh klien.

Cara menggunakan penutup kepala :o Cuci tangan sesuai prosedur standaro Rambut Pelaku PK dirapihkano Menggunakan tutup kepala sampai menutupi seluruh rambut kepala.

Pelindung WajahTujuan memakai kaca mata dan masker :

Page 26: MATERI PMR 2012

Melindungi selaput lendir hidung, mulut dan mata selama melakukan tindakan atau perawatan klien yang memungkinkan terjadi percikan darah dan cairan tubuh lainnya.Cara menggunakan pelindung wajah :

o Cuci tangan sesuai prosedur standaro Penggunaan masker dan kaca mata disesuaikan dengan adanya kemungkinan percikan darah

selama tindakan berlangsung.Catatan :Penggunaan masker dan kaca mata jangan sampai membatasi ketajaman penglihatan dan lapang pandang. Penggunaan masker sekali paki Celemek / baju pelindungTujuan Memakai celemek :

o Melindungi pakaian dari kotorano Mengurangi bahaya penularan penyakit

Cara menggunakan celemek :o Setelah mencuci tangan, peganglah tali penggantung celemek dan masukan melalui kepalao Kedua tali pada sisi kiri dan kanan diikat pada bagian belakang tubuh pelaku dengan ikatan

yang mudah dilepas.Cara melepaskan celemek :

o Buka ikatan celemek yang ada dibelakang tubuh pelaku.o Lepaskan celemek melalui kepalao Celemek dapat digantung di dalam ruangan klien dengan posisi bagian luar celemek menghadap

keluar. Bila digantung di luar ruangan klien celemek harus dalam posisi terbalik (bagian luar di dalam).

o Pelaku mencuci tangan kembaliCatatan :Celemek dicuci setiap hari dengan cara merendamnya di dalam larutan klorin/bayclin selama 10 menit,selanjutnya dicuci memakai detergen dan dibilas sampai bersih lalu dikeringkan. Sarung tanganTujuan memakai sarung tangan :Melindungi tangan dari kontak dengan darah, semua jenis cairan tubuh, sekret, ekskreta, kulit yang tidak utuh, selaput lendir klien dan benda yang terpapar oleh mikroorganisme/terkontaminasi.Persiapan :

o Kuku Pelaku PK dijaga selalu pendeko Lepaskan cincin dan perhiasan laino Sarung Tangan

Cara memakai sarung tangan :o Cuci tangan sesuai prosedur standaro Buka pembungkus sarung tangano Ambil salah satu sarung tangan dengan memegang pada sisi sebelah dalam lipatan yaitu bagian

yang akan bersentuhan dengan kulit tangan saat dipakaio Posisikan sarung tangan setinggi pinggang dan menggantung ke lantai, sehingga bagian lubang

jarijari tangannya terbuka. Masukan tangan (jaga sarung tangan supaya tetap tidak menyentuh permukaan).

o Ambil sarung tangan ke dua dengan cara menyelipkan jari-jari tangan yang sudah memakai sarung tangan ke bagian lipatan, yaitu bagian yang tidak akan bersentuhan dengan kulit tangan saat dipakai.

o Pasang sarung tangan yang kedua dengan cara memasukan jari-jari tangan yang belum memakai sarung tangan, kemudian luruskan lipatan, dan atur posisi sarung tangan sehingga terasa pas dan nyaman dipakai.

Cara melepaskan sarung tangan :o Masukkan sarung tangan yang masih dipakai ke dalam larutan klorin/bayclin, gosokkan untuk

mengangkat bercak darah atau cairan tubuh lainnya yang menempel.o Pegang salah satu sarung tangan pada lipatannya lalu tarik ke arah ujung jari-jari tangan

sehingga bagian dalam dari sarung pertama menjadi sisi luar.o Jangan dibuka sampai terlepas sama sekali, biarkan sebagian masih berada pada tangan sebelum

melepas sarung tangan yang kedua.

Page 27: MATERI PMR 2012

o Biarkan sarung tangan yang pertama sampai disekitar jari-jari, lalu pegang sarung tangan yang kedua pada lipatannya lalu tarik ke arah ujung jari hingga bagian dalam sarung tangan menjadi sisi luar, demikian dilakukan secara bergantian.

o Pada akhir setelah hampir diujung jari, maka secara bersamaan dan dengan sangat hati-hati sarung tangan tadi dilepas

o Perhatikan agar tangan yang terbuka hanya boleh menyentuh bagian dalam sarung tangano Cuci tangan setelah sarung tangan dilepas.

· Pelindung KakiTujuan memakai pelindung kaki :Melindungi kaki pelaku PK dari tumpahan atau percikan darah, cairan tubuh lainnya dan mencegah dari kemungkinan tusukan benda tajam atau kejatuhan alat kesehatan.Persiapan :Pelindung kaki (sepatu tertutup)Cara menggunakan pelindung kaki :

o Cuci tangan sesuai prosedur standaro Menggunakan sepatu sampai menutupi seluruh ujung dan telapak kaki.o Mencuci tangan

Catatan :Pelindung kaki digunakan bila perlu sesuai dengan kondisi7. Penempatan Tempat Tidur Kliena. Penataan tempat tidur klienBila seseklien harus dirawat dengan baik dan sedapat mungkin dibaringkan di tempat tidur tersendiri yang diatur rapih dan bersih.b. Maksud dan tujuan Membuat klien merasa nyaman Mempercepat upaya penyembuhan

Mencegah penyakit bertambah parah Memperkecil bahaya penularan

c. Peralatan APD Tempat tidur, kasur dan bantal Alat – alat tenun yang disusun menurut urutan pemakaian, untuk memudahkan bekerja : kain seprei,

perlak, kain alas perlak, selimut dan sarung bantald. Prosedur Penataan tempat tidur klien :Untuk klien yang dapat beranjak dari tempat tidur : Memberi tahu klien dan keluarga Semua peralatan disediakan dalam kamar diatas meja, kecuali keranjang/ember kosong untuk alat

tenun yang kotor Mencuci tangan Memakai APD. Alat tenun yang kotor dilepaskan, dimasukkan ke keranjang / ember kosong. Bantal/guling disingkirkan, ditaruh di atas kursi. Kasur dibalikkan, bagian kaki berada di bagian kepala. Ambil seprei bersih, letakan lipatan pertengahan seprei pada pertengahan kasur, buka seprei dan

perhatikan bahwa pada bagian kepala sisi seprei harus dapat diselipkan dengan baik (+ 25 cm dibawah kasur), barulah bagian kaki (kadang-kadang seprei kurang). Ditarik dengan baik supaya tidak ada lipatan.

Kain perlak dan kain alas diletakkan di atas seprei (untuk menghindarkan seprei mudah kotor) dengan pertengahannya berada di pertengahan kasur.

Pada ke empat sudut seprei dibuat lipatan diagonal, barulah diselipkan sisi alat tenun di bawah kasur, lalu dirapihkan.

Sarung bantal dan guling bersih dipasang dan dikembalikan pada tempat semula. Selimut yang bersih dipasang dengan cara pertengahan selimut diletakkan di atas pertengahan

tempat tidur. Pada bagian kaki dibuat lipatan agar kaki dapat digerakkan, barulah selimut diselipkan di bawah kasur.

Melepaskan APD. Mencuci tangan

Untuk klien yang tidak dapat beranjak dari tempat tidur Memberi tahu klien dan keluarga

Page 28: MATERI PMR 2012

Semua peralatan disediakan dalam kamar diatas meja, termasuk keranjang/ember kosong untuk alat tenun yang kosong (jangan diletakan di atas lantai)

Mencuci tangan Memakai APD. Bantal, guling dan selimut dikeluarkan dan diletakkan di atas kursi Seluruh sisi seprei, kain perlak dan kain alas perlak dilepaskan dari selipan dibawah kasur. Klien dimiringkan membelakangi pelaku Seprei yang kotor, kain perlak dan alas perlak digulung ke arah punggung klien. Seprei yang bersih dipasang, letakkan lipatan pertengahan seprei pada pertengahan kasur dengan

memperhatikan agar di bagian kepala, sisi seprei dapat diselipkan dengan baik. Perlak dan kain alas perlak yang bersih diletakkan diatas seprei bila ada satu perlak, maka perlak

ditarik dari gulungan seprei yang kotor, dibersihkan kembali, dengan memakai air sabun lalu dikeringkan dan diberi talk, pasang kembali diatas seprei.

Ujung dan sisi seprei, perlak dan kain alasnya diselipkan dibawah kasur serta dirapihkan, Klien dibalikkan kembali dan dimiringkan ke arah pelaku. Pelaku pindah posisi ke belakang klien, gulung alat tenun yang kotor, keluarkan dan masukan

kedalam keranjang /ember untuk pakaian kotor (kecuali kain perlak bila tidak ada gantinya dibersihkan).

Seprei, perlak dan kain alas perlak dirapihkan, ujung serta sisi-sisinya diselipkan dibawah kasur. Klien dibaringkan terlentang kembali. Sarung bantal dan guling diganti dengan yang bersih dan diletakkan pada tempatnya semula. Selimut yang bersih dipasang. Melepaskan APD. Mencuci tangan8. Memandikan Klien di Tempat TidurTujuan memandikan. Memberikan perasaan segar dan nyaman kepada klien. Membersihkan kotoran yang melekat pada tubuhnya. Membantu memperlancar peredaran darah. Melatih otot-otot secara aktif dan pasif. Mencegah terjadinya lecet.Peralatan. APD. 2 buah waskom berisi air hangat. Air hangat dalam cerek dan air dingin dalam ember. 2 waslap dan 2 handuk bila ada. 1 buah ember untuk menampung air kotor. Sabun mandi pada tempatnya, bedak, krim pelembab, minyak kayu putih dan alat kosmetik bila

perlu. Pakaian yang bersih. Tempat/keranjang untuk pakaian kotor. Bila perlu sediakan pispot urinal dan botol berisi air untuk membasuh.Prosedur Memandikan Klien di Tempat Tidur Memberi tahu klien dan keluarga. Mendekatkan alat-alat. Menutup pintu dan tirai agar klien tidak malu (menjaga privacy). Mencuci tangan. Memakai APD. Singkirkan bantal dan guling yang tidak dipakai. Membentangkan handuk dibawah kepala dan handuk yang satunya dipasang di dada. Mencuci dengan bersih muka, telinga, dan leher dengan washlap (untuk muka klien ditanyakan

apakah mau memakai sabun atau tidak). Mengeringkan muka, telinga dan leher klien dengan handuk yang ada di bawah kepala. Mengangkat handuk dari bagian kepala, kemudian handuk dan waslap digantungkan pada rak

handuk. Memasang selimut mandi, lipatan bagian atas dipegang oleh klien, lipatan bagian bawah ditarik

bersama-sama dengan selimut ke arah kaki. Melipat selimut. Menanggalkan pakaian atas klien dan memasukkan ke dalam tempat pakaian kotor.

Page 29: MATERI PMR 2012

Membentangkan handuk ukuran besar di bawah lengan klien yang jauh dari pelaku PK lalu dibersihkan mulai dari jari-jari tangan sampai ke bahu.

Mengeringkan dengan handuk lalu memasukkan ke bawah selimut mandi. Lakukan cara yang sama pada lengan yang lain, letakkan kedua tangan yang sudah bersih ke atas

kepala. Menurunkan selimut mandi sampai perut bagian bawah. Membentangkan handuk diatas selimut mandi. Memandikan dengan bersih dada, perut, ketiak kemudian dikeringkan dengan handuk. Menarik selimut mandi sampai menutup dada. Mengganti air di waskom dengan air yang bersih. Memiringkan klien dan membentangkan handuk di belakang punggung. Memandikan bagian punggung sampai ke bokong. Mengeringkan dengan handuk. Melakukan pemijatan di daerah punggung dan daerah yang tertekan. Mengenakan pakaian atas yang bersih kemudian ditelentangkan kembali. Menanggalkan pakaian bawah dan dimasukkan ke dalam pakaian kotor. Mencuci dengan bersih jari-jari kaki, telapak kaki sampai paha lalu dikeringkan, dilakukan terlebih

dahulu pada kaki yang jauh dari pelaku PK, kemudian dilakukan pada kaki yang lain dengan cara yang sama.

Mengganti air di waskom dengan air yang bersih. Membentangkan handuk dibawah bokong, mencuci dengan bersih alat kelamin dan sekitarnya

sampai lipatan paha kemudian dikeringkan dengan handuk (sebelumnya ditawarkan pada klien apakah mau melakukannya sendiri).

Mengenakan pakaian bawah klien. Memasang selimut dan menarik ke arah kepala klien bersama bagian bawah selimut mandi. Angkat selimut mandi, digantungkan pada rak handuk. Merapikan klien dan membereskan tempat tidur Membersihkan dan merapihkan semua alat dan dikembalikan ke tempatnya masing- masing Melepaskan APD Mencuci tangan Membuka kembali pintu dan tiraiCatatan : Bila air sudah kotor, air harus segera diganti Sela- sela jari tangan dan kaki harus dibersihkan dan dikeringkan dengan baik, demikian juga

lipatan paha, ketiak, belakang telinga, bokong dan pusat Sewaktu memandikan klien selalu memperhatikan keadaan umum klien, bila ada luka atau tanda-

tanda merah harus dilaporkan. Hindarkan klien dari rasa kedinginan dan lelah. Jalin komunikasi dengan klien selama tindakan berlangsung.

Page 30: MATERI PMR 2012

BAB VAYO SIAGA BENCANA

Bencana adalah kejadian luar biasa yang menimbulkan kerugian harta benda maupun jiwa.Berdasarkan waktu terjadinya bencana dikelompokan menjadi 2 :1. Bencana yang terjadi secara tiba-tiba, misalnya gempa bumi, tsunami, angin topan atau badai,

gunung meletus, banjir Bandung dan tanah longsor.2. Bencana yang terjadi secara perlahan, biasanya disertai munculnya tanda-tanda sehingga kita

bisa melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah timbulnya banyak korban, misalkan banjir, kekeringan, dan abrasi pantai.

Sedangkan berdasarkan penyebabnya, bencana dikelompokan sebagai berikut :1. Bencana yang disebabkan gejala alam, misalnya pergeseran lapisan bumi menimbulkan ancaman

gempa dan tsunami; letusan gunung api menimbulkan gempa vulkanik, letusan, semburan awan panas, hujan abu, dll; perubahan iklim menimbulkan perubahan pola musim dan angin topan; sedangkan kemarau bisa menimbulkan kebakaran hutan.

2. Bencana yang disebabkan oleh manusia, misalnya yang berhubungan dengan lingkungan seperti penebangan hutan yang menyebabkan erosi, kelalaian seperti kebocoran reaktor nuklir, kebakaran kilang minyak, dll. Pertentangan antar manusia (konflik atau perang).

A. Gempa BumiGempa adalah pergeseran tiba-tiba lapisan tanah dibawah permukaan bumi. Pergeseran ini disebabkan pergerakan lempengan-lempengan tektonik maka disebut Gempa Tektonik, aktifitas gunung api disebut Gempa Vulkanik, atau runtuhan batua disebut Gempa Induksi (Runtuhan).Kesiapsiagaan Gempa Bumi1. Jika berada di dalam rumah: Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuhmu dari jatuhan

benda-benda. Jika kamu tidak memiliki meja, lindungi kepalamu dengan bantal. Jika kamu sedang menyalakan kompor, matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.

2. Jika berada di luar rumah: Lindungi kepalamu dan hindari benda-benda berbahaya. Di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepalamu dengan menggunakan tangan, tas atau apa pun yang kamu bawa.

3. Jika kamu berada di mall, bioskop, atau di lantai dasar gedung: Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam.

4. Jika kamu berada di dalam lift: Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa bumi atau kebakaran. Jika kamu merasakan getaran gempa bumi saat berada di dalam lift, tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika kamu terjebak dalam lift, hubungi petugas gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

5. Jika kamu berada di dalam kereta api: Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga kamu tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

6. Jika kamu berada di dalam mobil: saat terjadi gempa bumi besar, kamu akan merasa seakan-akan roda mobil tersebut gundul. Sopir akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi, keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.

7. Jika kamu berada di gunung/pantai: Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai, bahayanya datang dari tsunami. Jika kamu merasakan getaran dan tandatanda tsunami tampak, cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi.

8. Dengarkan informasi: Saat gempa bumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Kamu dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang, polisi, atau petugas PMK. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.

B. BanjirBanjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.

Page 31: MATERI PMR 2012

Kesiapsiagaan BanjirSebelum Banjir Melanda1. Jika daerah tempat tinggal sering terjadi banjir, perhatikan tanda-tanda akan terjadi banjir,

misalkan hujan lebat, saluran air mulai meluap, dll.2. Dengarkan adakah tanda-tanda peringatan, misalkan pengumuman pengeras suara, sirine atau

kentongan.3. bungkus dengan plastik surat-surat penting seperti sertifikat tanah, ijazah, akte lahir, buku

pelajaran, dll.Saat Banjir Melanda1. Pindahkan barang-barang atau perabotan ke tempat yang tidak terjangkau genangan air. Terutama

barang-barang penting atau berharga.2. Jika genangan air semakin meningkat, segera matikan aliran listrik.3. Jangan bermain air banjir, bisa jadi ada bahaya sengatan binatang, sumber penyakit dan aliran

listrik.4. Tetaplah dirumah bersama keluarga dan tetap pantau situasi dan bersiaplah jika ada kemungkinan

mengungsi.5. Ketahuilah jalur evakuasi, sehingga dapat menuju pengungsian dengan aman.6. Jangan memisahkan diri. Jagalah kebiasaan hidup bersih dan sehat selama dipengungsian. Jangan

sampai terjangkit berbagai penyakit.Setelah Banjir Melanda1. Jangan buru-buru kembali ke rumah, tunggu hingga situasi sudah dinyatakan aman.2. Jangan langsung masuk ke dalam rumah, periksa terlebihdahulu, bisa jadi ada bahaya seperti kabel

beraliran listrik, kebocoran gas, atap, atau dinding yang roboh, binatang dan kotoran. Hati-hatilah karena lantai licin.

3. Bersihkan rumah dan barang-barang dari kotoran lumpur dan sisa genangan air.

C. TsunamiTsunami adalah gelombang laut besar yang terjadi akibat pergeseran lapisan bumi. Pergeseran ini bisa dikarenakan gempa tektonik di bawah laut, gunung meletus, longsor atau meteor yang jatuh ke bumi.Kesiapsiagaan TsunamiSebelum Terjati Tsunami1. Kenalilah tanda-tanda tsunami. Biasanya diawali adanya gempa besar di bawah permukaan laut

yang mengakibatkan lapisan tanah di bawah laut bergerak.2. Sebelum gelombang tsunami datang, air laut akan menyurut dari batas normal. Jangan berdiam di

pantai bergeraklah ke tempat yang lebih tinggi.3. Sebelum gelombang tsunami datang biasanya tercium aroma garam yang menyengat.4. Ketahuilah jalur evakuasi. Jika berada di pantai, kenalilah tempat yang lebih tinggi yang tidak akan

terendam genangan gelombang tsunami.5. Jika tidak ada, pilihlah gedung tinggi (minimal 3 lantai) dengan konstruksi kuat.6. Jangan jadikan gelombang tsunami sebagai tontonan. Jika gelombang tsunami masih bisa dilihat

dengan kasat mata, berarti kita berada di kawasan yang berbahaya.Jika Tsunami Terjadi1. Selamatkan diri ketempat yang lebih tinggi2. Peringatkan semua orang dan ajak menyelamatkan diri3. berlindunglah di tempat yang tinggi atau di lantai gedung yang aman, tunggulah sampai air

tsunami benar-benar surut.4. Jika terbawa hanyut gelombang tsunami, carilah benda-benda terapung yang dapat dijadikan rakit,

misalnya batang pohon. Berpeganglah erat-erat pada benda itu. Usahakan tidak meminum air laut dan tetap di permukaan air untuk dapat bernafas.

5. Jika gelombang membawamu ke tempat yang tinggi, misalnya atap rumah, cobalah bertahan disitu. Tetaplah berdo’a untuk keselamatan. Tunggu sampai air benar-benar surut dan keadaan tenang.

Sesudah Gelombang Tsunami1. Jangan larut dalam kepanikan dan kesedihan, usahakan untuk tenang dan kuatkan hati untuk

menghadapi kenyataan.2. Jika akan kembali kerumah, berhati-hatilah jangan melewati jalan-jalan atau daerah yang rusak.

Ikuti himbauan dari pemerintah atau regu penyelamat.3. Jika sudah sampai di rumah, jangan langsung masuk. Waspadai jika ada bagian rumah yang roboh

atau lantai yang licin.

Page 32: MATERI PMR 2012

4. Untuk mendapatkan bantuan dan informasi, datanglah ke posko bencana PMI atau organisasi bantuan lainnya.

5. Tetaplah gembira dan rajin bekerja. Bersiaplah untuk kembali ke kehidupan yang normal.

D. LongsorTanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Proses terjadinya tanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut. Air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.Jenis Tanah LongsorAda 6 jenis tanah longsor, yakni: longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok,runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan. Jenis longsoran translasi dan rotasipaling banyak terjadi di Indonesia. Sedangkan longsoran yang paling banyak memakan korban jiwa manusia adalah aliran bahan rombakan.1. Longsoran TranslasiLongsoran translasi adalah ber-geraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata ataumenggelombang landai.2. Longsoran RotasiLongsoran rotasi adalah bergerak-nya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung.3. Longsoran Translasi Batu (Pergerakan Blok)Pergerakan blok adalah perpindahan batuan yang bergerakpada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran ini disebutjuga longsoran translasi blok batu4. Longsoran RuntuhanRuntuhan batu terjadi ketika sejum-lah besar batuan atau material lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas.Umumnya terjadi pada lereng yang terjal hingga meng-gantung terutama di daerah pantai. Batu-batu besar yang jatuh dapat menyebabkan kerusakan yang parah.5. Longsoran Rayapan TanahRayapan Tanah adalah jenis tanah longsor yang bergeraklambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Jenistanah longsor ini hampir tidak dapat dikenali. Setelah waktuyang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.6. Longsoran AliranTerjadi jika tanah terdorong oleh air, sehingga material yang ada di atasnya bergerak disepanjang lereng dan meluas pada daerah yang landai.Tanda-tanda Tanah Longsor1. Diawali dengan hujan lebat terus-menerus2. Warna air sungai berubah jadi lebih keruh3. Tiba-tiba muncul rembesan, mata air, atau retakan yang memanjang di tanah4. Terjadi runtuhan tanah, batu atau rantingSiaga Bencana Tanah Longsor1. Tetap tenang dan segeralah bergerak ke tempat yang aman dari jalur longsoran2. Bertahanlah di tempat yang aman dan terlindung sampai situasi benar-benar aman.3. Jika selamat dari longsoran, perhatikan daerah sekitar, jika belum ada bantuan, segera hubungi

pemerintah setempat, PMI Kota/Kab. terdekat, polisi atau organisasi lain yang bisa memberikan pertolongan.

E. KebakaranKebakaran adalah suatu nyala api, baik kecil atau besar pada tempat yang tidak dikehendaki, merugukan dan pada umumnya sulit dikendalikan.Unsur yang bersenyawa pada saat api menyala, yaitu panas, bahan bakar dan udara (oksigen). Jika salah satu unsur itu tidak ada maka api tidak akan menyala.Tindakan Saat Kebakaran : Pahami bangunan diman kita berada setiap saat. Ingat-ingat diman jalan keluar atau pintu darurat.

Perhatikan juga letak alat pemadam api ringan (APAR) atau tombol alarm kebakaran. Jika mendengar yanda bahaya kebakaran seperti asap dan bunyi alarm, segera hubungi petugas

untuk mendapat pertolongan. Jika terjebak di dalam ruangan, tutup celah pintu dengan kain atau handuk basah. Jika terjebak, merangkaklah dibawah asap, bernafaslah pendek-pendek.

Page 33: MATERI PMR 2012

Mintalah pertolongan, beritahukan dimana posisi kita berada, cobalah menarik perhatian regu penyelamat misalnya dengan dengan mengibaskan kain.

Cara Menggunakan APARDisingkat PASS Pull, tarik pin hingga segel putus atau terlepas. Pin terletak di atas tabung APAR. Tanpa menarik

pin, kita tidak akan dapat menekan handle sehingga isi tabung APAR keluat. Aim, arahkan nozzle ke arah pusat api. Squeeze, tekan handle untuk mengeluarkan isi tabung. Pada beberapa merk, letak handle pada ujung

nozzle. Sweep, sapukan nozzle yang di pegang ke kiri dan kanan api. Pastikan media yang digunakan dapat

secara merata mangatasi sumber api.Mencegah Kebakaran Pastikan mematikan kompor dan alat-alat listrik setelah selesai digunakan. Jangan biarkan kabel alat-alat listrik tetap tersambung jika tidak digunakan Periksalah kabel listrik secara teratur, jangan sampai ada yang terkelupas. Sebelum tidur atau meninggalkan rumah, pastikan tidak ada kompor atau alat-alat listrik yang tidak

perlu menyala. Jika menggunakan kompor, minyak jangan mengisinya terlalu penuh dan jangan biarkan minyak

berceceran. Jangan meletakan kompor terlalu dekat ke dinding rumah. Simpanlah bahan-bahan yang mudah terbakar dengan terlindung, jangan di dekat kompor atau

sumber api lainnya. Jika menggunakan kompor gas, letakan kompor di ruangan yang berventilasi bagus, sehingga

terjadi pertukaran udara Jangan memasang stop kontak bertumpuk-tumpuk, kabel yang panas dapat meleleh dan

menimbulkan percikan api. Jangan membakar sampah di tengah terik matahari atau pada saat angin bertiup kencang.

F. KekeringanKekeringan adalah matinya sumber-sumber air. Bencana kekeringan terjadi ketika ketersediaan air tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari dan dapat berpengaruh pada rumah tangga, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan.Penyebab Kekeringan Faktor alamiah : rendahnya curah hujan dan kemarau panjang. Faktor non-alamiah atau akibat ulah manusia : perusakan kawasan tangkapan air, penebangan

pohon, pengembangan pemukiman, dll.Akibat Kekeringan Berkurangnya persediaan air Menurunnya produksi pertanian Menurunnya derajat kesehatan Berkurangnya ketersediaan pangan yang berakibat bencana kelaparan.Pencegahan Kekeringan Hemat penggunaan air, selalu tutup keran air setelah digunakan Segera perbaiki saluran air yang bocor, jangan biarkan air terbuang percuma Menjaga kelestarian hutan sebagai sumber air.G. TopanAngin Topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis diantara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa.Gejala dan Peringatan DiniAngin topan tropis dapat terjadi secara mendadak, tetapi sebagian besar badai tersebut terbentuk melalui suatu proses selama beberapa jam atau hari yang dapat dipantau melalui satelit cuaca. Monitoring dengan satelit dapat untuk mengetahui arah angin topan sehingga cukup waktu untuk memberikan peringatan dini. Meskipun demikian perubahan sistem cuaca sangat kompleks sehingga sulit dibuat prediksi secara cepat dan akurat.

Kesiapsiagaan Angin Topan

Page 34: MATERI PMR 2012

Pantaulah prakiraan cuaca dari Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) melalui Tv maupun radio.

Pelajari dan kenali tanda-tanda terjadinya topan yaitu : awan gelap yang tebal, petir dan kilat dari kejauhan

Kenali jalur-jalur cepat dan aman, terutama evakuasi ke tempat pengungsian. Perkuat struktur bangunan rumah yang memenuhi syarat-syarat teknis untuk mampu bertahan

terhadap gaya angin. Membangun fasilitas perlindungan atau penampungan sementara jika angin topan terjadi, biasanya

adalah ruang di bawah tanah. Mengamankan benda-benda yang mudah terbang, sehingga tidak membahayakan jika angin topan

terjadi Para nelayan sebaiknya selalu menambatkan perahu erat-erat.Saat Topan Melanda Bergeraklah ketempat yang aman. Jika berdiam di rumah dianggap cukup aman, tutuplah jendela

rapat-rapat, bersiap-siaplah jika ada himbauan mengungsi. Matikan alat-alat listrik dan jangan menyentuh alat-alat listrik. Petir bisa saja mengalir melalui

kabel alat-alat listrik. Jika haruns mengungsi, tetaplah tenang dan tertib, bawalah keperluan yang sudah disiapkan.

Setelah Topan MelandaJangan tinggalkan rumah atau tempat pengungsian sampai keadaan benar-benar aman. Hindari menyalakan korek api, aliran gas atau ;istrik, bisa jadi ada kebocoran gas atau kerusakan kabel listrik. Jangan sampai ada yang tertimpa atap atau dinding yang rusak.

H. Gunung ApiGunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, yakni diperkirakan lebih dari 1.000 °C. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1.200 °C. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih, sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km.Gunung berapi yang akan meletus dapat diketahui melalui beberapa tanda, antara lain Suhu di sekitar gunung naik. Mata air menjadi kering Sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang disertai getaran (gempa) Tumbuhan di sekitar gunung layu Binatang di sekitar gunung bermigrasiBahaya Gunung Api Lahar (Lava) Awan panas atau wedus gembel (pyroclastic

flow) Aliran Lumpur Hujan abu

Kebakaran hutan Gas beracun Gempa bumi Gelombang tsunami

Jika Gunung Api Meletus Ikuti jika ada himbauan mengungsi. Jangan berdiamdi tempat yang berbahaya. Ikuti rute evakuasi

yang sudah ditentukan. Jangan melewati lembah yang dilalui aliran sungai. Sebelum mengungsi, tutuplah pintu dan jendela, matikan alat-alat listrik dan bawalah perbekalan

makanan yang ada di rumah. Jika terjebak di luar lindungi diri dari benda-benda yang disemburkan oleh letusan gunung api,

carilah tempat berlindung. Waspadai aliran lahara jika berada di daerah aliran sungai. Lindungi juga diri dari hujan abu, kenakan baju dan celana panjang, kaca mata, masker atau

penutup wajah dan topi. Jika tidak ada masker gunakan sapu tangan yang dibasahi untuk menutup hidung.Setelah Gunung Api Meletus Jika mengungsi, kembalilah ke rumah ketika keadaan dinyatakan benar-benar aman Bersihkan atap dari timbunan abu, kartena timbunan abu bisa menyebabkan atap runtuh Lindungi tubuh dari abu, trutama mulut dan hidung, abu gunung api bisa menimbulkan iritasi dan

gangguan pernafasan.

Page 35: MATERI PMR 2012

Manfaat Gunung Api Menyuburkan tanah Penangkap hujan (hujan olografis) Memperluas area pertanian Memperbanyak budidaya tanaman Barang tambang (mineral) semakin dekat ke permukaan bumi Pariwisata dan sanatorium (tempat perawatan orang2 yg sakit paru2 karena udara yg sejuk)

I. AbrasiAbrasi adalah proses pengikisan pantai oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Ada yang mengatakan Abrasi sebagai erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipengaruhi oleh gejala alami dan tindakan manusia.Tindakan manusia yang mendorong terjadinya abrasi adalah pengambilan batu dan pasir di pesisir pantai sebagai bahan bangunan. Selain itu penebangan pohon-pohon pada hutan pantai atau hutan mangrove memacu terjadinya abrasi pantai lebih cepat.Hutan Pantai yang tidak terjadi abrasi mempunyai beberapa zonasi yang jelas, yaitu zone Ipomea pescaprae dan zone Barringtonia. Zone Ipomea pescaprae biasanya didominasi oleh Ipomea pescaprae dan Spinifex littoreus (rumput angin). Sedangkan zone Barringtonia sering terdapat jenis-jenis pohon Barringtonia asiatica, Pongamia pinnata Merr, Cordia subcordata L, Calophyllum inophyllum L, Terminalia cattapa L, dll.Untuk mencegah terjadinya abrasi pantai perlu dilakukan penanaman mangrove dan pohon-pohon pada hutan pantai serta memelihara pohon-pohon tersebut dari gangguan manusia. Menjaga kebersihan pantai dari sampah organik maupun non-organik, dan tidak merusak lingkungan pantai, apalagi mengahancurkan terumbu karang.Manusia mengambil kayu dari hutan mangrove dan hutan pantai untuk kehidupan sehari-hari, apabila pengambilan kayu dilakukan secara terus-menerus maka pohon-pohon di pesisir pantai akan berkurang. Kerapatan pohon yang rendah pada pesisir pantai memperbesar peluang terjadinya abrasi.

J. Perubahan IklimPerubahan iklim adalah perubahan variabel iklim, khususnya suhu udara dan curah hujan yang

terjadi secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang panjang antara 50 sampai 100 tahun (inter centenial). Disamping itu harus dipahami bahwa perubahan tersebut disebabkan oleh kegiatan manusia (anthropogenic), khususnya yang berkaitan dengan pemakaian bahan bakar fosil dan alih-guna lahan. Jadi perubahan yang disebabkan oleh faktor-faktor alami, seperti tambahan aerosol dari letusan gunung berapi, tidak diperhitungkan dalam pengertian perubahan iklim. Dengan demikian fenomena alam yang menimbulkan kondisi iklim ekstrem seperti siklon yang dapat terjadi di dalam suatu tahun (inter annual) dan El-Nino serta La-Nina yang dapat terjadi di dalam sepuluh tahun (inter decadal) tidak dapat digolongkan ke dalam perubahan iklim global.

Kegiatan manusia yang dimaksud adalah kegiatan yang telah menyebabkan peningkatan konsentrasi GRK di atmosfer, khususnya dalam bentuk karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrous oksida (N2O). Gas-gas inilah yang selanjutnya menentukan peningkatan suhu udara, karena sifatnya yang seperti kaca, yaitu dapat meneruskan radiasi gelombang-pendek yang tidak bersifat panas, tetapi menahan radiasi gelombang-panjang yang bersifat panas. Akibatnya atmosfer bumi makin memanas dengan laju yang setara dengan laju perubahan konsentrasi GRK.Dampak Perubahan Iklim Permukaan laut meningkat, kira-kira 10 – 25 cm selama 100 tahun terakhir. Banjir terjadi dimana-mana, terutama disebabkan oleh gelombang badai dan hujan deras

berkepanjangan Berdampak buruk pada kesehatan Kerusakan infrastruktur Kebakaran hutan Kegagalan panen Kurangnya persediaan air.Adaptasi Perubahan Iklim Hemat energi Mengelola sampah dengan tidak menimbun sampah tapi lakukan daur ulang Jagalah kebersihan lingkungan.

K. Konflik Sosial

Page 36: MATERI PMR 2012

Konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Konflik sosial dapat terjadi karena berbagai prasangka dan sebab. Seperti, prasangka-prasangka ras, suku, agama, keyakinan politik atau ideologi, dan lain sebagainya, dan sebab adanya ketidak-adilan dalam akses pada sumberdaya ekonomi dan politik. Adanya ketidak-adilan akses pada sumberdaya ekonomi dan politik memperparah berbagai prasangka yang sudah ada di antara kelompok-kelompok sosial.Mengatasi Konflik Patuhi aturan keamanan Jangan ikut serta memperkeruh keadaan Saling memaafkan dan menghargai Tidak memelihara rasa dendam, iri dan cemburu Selalu rela dalam memberikan pertolongan tanpa membeda-bedakan Buatlah kegiatan yang dapat mempererat persahabatan Perbanyaklah teman.

Dapur UmumDapur Umum adalah dapur lapangan dioselenggarakan untuk menyediakan / menyiapkan makanan sederhana dan layak higienis dan cukup bergizi dapat didistribusikan / dibagikan kepada yang memerlukan dalam waktu yang cepat dan tepat.Penyelenggaraan dapur umum untuk melayani kebutuhan makanan pada penderita / korban bencana adalah bukan momopili organisasi PMI . Penyelenggaraan dapu umum tersebut dapat diselenggarakan oleh siapa saja yang datang pertama dan dapat menyelenggarakannya.Berdasarkan pengalaman selama ini yang sering melaksanakan dapur umum dilapangan selain PMI adalah TNI , karang taruna dengan satgasosnya perangkat pemerintah daerah tingkat bawah dibantu ibu-ibu PKK dan warga setempat, hansip dll.Penyelenggaraan Dapur Umum yang diselenggarakan oleh PMI menjadi tanggungan penuh Pengurus Cabang PMI yang dalam pelaksanaannya dilakukan oleh tim SATGANA PMI disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah korban yang harus dilayani.Satu regu Dapur Umum adalah :a. seorang Ketua regub. seorang Wakil Ketua reguc. serang petugas tata usahad. Seorang petugas peralatan dan perlengkapan.e. seorang petugas memasakf. seorang petugas distribusiSatu regu dapur umum dapat menangani satu unit dapur umum dengan kapasitas maksimal 500 orang . penyelenggaraan dapur umum untuk memberikan bantuan makan kepada korban bencana diselenggarakan apabila situasi tidak memungkinkan untuk memberikan bantuan bahan mentah. Sesuai dengan prinsip pemberian bantuan Palang Merah, bantuan dari PMI diberikan pada tahap darurat dan paling lama berlangsung selama 14 hari namun disertai dengan dukungan dana dan sarana lainnya , atas permintaan pemerintah dan sesuai kemampuan PMI, pemberian bantuan dapat dilaksanakan melampaui batas 14 hari.

Page 37: MATERI PMR 2012

BAB VIKESEHATAN REMAJA

A. PERKEMBANGAN REMAJASetiap mahluk hidup tumbuh ( semakin besar ) dan berkembang (semakin matang ), menuju kedewasaan, sejak lahir sampai mati. Selama tumbuh kembang , dari anak-anak menjadi remaja terjadi beberapa perubahan penting. PERUBAHAN BENTUK ( ANATOMI TUBUH )a. Pembesaran alat kelaminb. Pertumbuhan rambut di beberapa tempatc. Peningkatan kelenjar minyak, mudah berjerawatd. Perubahan suara menjadi besar pada laki- laki dan lembut pada anak

perempuan.e. Pembesaran otot pada remaja laki-laki, dan pembesaran pinggul pada remaja

perempuan.PERUBAHAN FAAL ( FUNGSI TUBUH )a. Alat kelamin peka, mudah terangsang dan bila terangsang membesar/ membengkak dan keluar

lendir.b. Keluar seperma pada waktu tidur ( mimpi basah ) pada anak lali-laki dan menstruasi pertama

( karena berfungsinya reproduksi ) pada anak perempuan.PERUBAHAN KEJIWAAN a. Keingintahuan tinggi , juga perihal masalah-masalah reproduksi b. Perhatian terhadap sek meningkatc. Keberanian mencoba-coba, terutama bila didesak lingkungan.d. Anak laki-laki cenderung menyendiri dan melamun, sedangkan anak

perempuan cenderung ngerumpi. KESAMAAN DAN PERBEDAAN TUMBUH KEMBANG REMAJA LAKI- LAKI DAN PEREMPUANa. KESAMAAN

Masing- masing remaja berkembang menuju pencapaian potensinya ( fitrahnya ) manakala lingkungan hidupnya mendukung pencapaian potensi tersebut, sebagai orang dewasa, laki- laki atau perempuan.

b. PERBEDAANRemaja putri lebih cepat matang dari pada remaja laki- laki. Yang banyak terjadi ialah bahwa remaja perempuan memiliki lebih sedikit kesempatan tumbuh dan berkembang secara fitriah karena adanya kepercayaan yang lebih rumit dan penuh masalah tentang tumbuh kembang remaja perempuan.

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHIa. Faktor Internal Pembawaanb. Faktor External, yang mencakup : - Kesehatan- G I z i- Lingkungan keluarga dan teman sebaya serta sekolah

MENYI KAPI TUMBUH KEMBANG REMAJAKarena pembawaan tidak dapat di ubah, maka penyempurnaan tumbuh kembang remaja ( untuk mendekati fitrah masing- masing ) dilakukan dengan mengelola faktor luar dengan sebaik-baiknya ( kesehatan, gizi, lingkungan).RESIKO NEGATIFa. Rasa Rendah Diri berlebihan karena adaanya perasaan bahwa dirinya lebih rendah dari teman

sebaya dalam hal- hal tertentu : kecantikan, kekayaan, kepandaian, dll.b. Kesulitan Percaya Diri terhadap nilai dan pergaulan diantara sebaya, keluarga dan masyarakat

umum, karena ketidak mengertian atau perbedaan kayakinan.c. Pencegahannya adalah :

- Peningkatan Ibadah, mensyukuri nikmat Allah SWT - Melihat segi dan potensi positif pada diri masing- masing- Kebiasaan memetik pelajaran terhadap dampak negatif para remaja yang telah terjerumsus

dalam perillaku berisiko.d. Penaggulangannya adalah :

− Penekanan rasa negatif secara berkelompok

Page 38: MATERI PMR 2012

− Saling menceritakan dan membagi kesulitan bersama sahabat karib− Penyaluran potensi diri dalam hal- hal positif : ibadah, kegiatan sosial, olah raga, kesenian , dll.

PENTINGKAH CITA- CITA DALAM KEHIDUPAN MANUSIAManusia hidup karena suatu tujuan yang jelas. Oleh karenanya, semua orang harus menetapkan dengan jelas tujuan hidupnya. Salah satu yang pasti bagi remaja adalah CITA- CITA. Khususnya cita –cita tentang pekerjaan masa depan seiring dengan tibanya tahap dewasa dalam kehidupan seseorang. Cita-cita bisa apa saja bisa berubah, bisa berganti. Semakin rinci cita-cita seseorang semakain jelas dan mudah untuk mempersiapkan pencapaiannya. Semakin tua usia seseorangf, semakin mendekati kedewasaan, hendaknya semakin rinci cita- citanya.HAK DAN KEWAJIBAN DALAM PENCAPAIAN CITA- CITACita- cita bagi remaja perempuan sama penting dengan cita- cita bagi remaja laki- laki . Di masa depan, semakin banyak profesional perempuan yang diperlukan masyarakat. Tuntuan partisipasi perempuan diberbagai bidang pembangunan dewasa ini, dimana hak dan kewajiban perempuan sebagai warga negara disejajarkan dengan laki- laki, hendaknya memacu para remaja perempuan untuk berprestasi setinggi mungkin. Dalam artian, masih dalam batas- batas yang wajar atas kodrat dan fitrahnya sebagai perempuan. Oleh karenanya, mendorong remaja perempuan untuk memiliki cita- cita setinggi mungkin, dan mendorong pencapainnya, menjadi sangat penting.USAHA DALAM MENCAPAI CITA- CITASebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna, diberi kelebihan acapkali disebut POTENSI DIRI Kadang potensi diri disebut juga FITRAH , nilai yang baik, yang dianugrahkan kepada manusia. Kelebihan ini diperkuat dan dikembangkan untuk mendukung pencapaian cita- cita seseorang.Memahami kelemahan diri sendiri yang apabila dibiarkan akan dapat menggangu potensi dirinya, dan menghalangi tercapainya cita- cita. Yang harus dilakukan adalah mengenal dengan baik dan jujur kelemahan masing- masing. Dua hal dasar yang menghancurkan cita- cita remaja adalah :a. Kegiatan pada diri remaja sendiri dan kegiatan diluar remaja, kegiatan

yang dapat terjadi pada remaja adalah : hamil, cacat karena kecelakaan, penyakit gawat ( AIDS ).b. Dari luar remaja misalkan : perang, bencana alam, bencana keluarga

( perceraian, bangkrut ).

Membuat Keputusan yang Baik adalah ; Tripel T : Tinjau , Telaah , Tindakan a. Tinjau : Mempelajari masalah atau persoalan atau kebutuhan mendesak dengan sebaik –

baiknya , dan kemudian menyusul daftar pilihan – pilihan tersedia.b. Telaah : Menimbang – nimbang untung rugi masing – masing pilihan . bisa dipilih yang paling

berdayaguna ( mudah dilakukan ) , ataupaling berhasilguna ( hasilnya paling myata ) atau resikonya paling kecil.

c. Tindakan : Menentukan pilihan yang akan dipilih dan siap menerima risiko apapun . Mengambil tindakan ini dilakukan setelah analisis selesai dillaksanakan.

Proses 3 T ini adalah proses kesinambungan artinya : setelah suatu tindakan diputuskan dan kemudian dilaksanakan, selanjutnya dilakukan evaluasi nuntuk melakukan tinjauan , telaah dan tindakan berikutnya.Demikian seterusnya sampai permasalahan tersebut benar – benar terpecahkan secara tuntas.

Norma Sosial Adalah Serangkaian peraturan yang disepakati bersama untuk dipelihara dijaga dan ditaati oleh semua anggota suatu masyarakat. Dan norma bisa bersumber dari : Agama , Undang – undang atau peraturan negara, Adat dan kebiasaan serta kesepakatan masyarakat.Perilaku Berisiko Adalah Keseluruhan tindakan manusia , yang didasari atas pengetahuan ( atau ketidak tahuan ) , sikap dan tindakan.Suatu Perilaku dikatakan berisiko dalam arti apabila dilakukan akan berpeluang untuk menimbulkan kerugian . Peluang tidak berarti bahwa pasti terjadi.

Kesehatan Reproduksi Fungsi Reproduksi : merupakan kemampuan seseorang untuk berfungsi untuk berketurunan sebagai bagian dari upaya pelestarian kehidupan manusia sesuai dengan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa .Alat Reproduksi Pria adalah : bagian luar - Buah zakar (Penis), Skrotum (Kantung Buah Pelir) bagian dalam : Sepasang buah pelir (testes), Saluran reproduksi (Vas deferens), Kelenjar kelamin,

Saluran kemih penis (Uretra Penis), Kandung kemih (Vesika urinaria), Kandung mani (Vesika seminalis) .

33

Page 39: MATERI PMR 2012

Alat Reproduksi Wanita : Bagian luar : Celah luar (Vulva), Sepasang bibir besar (Labium mayora), Bibir kecil (Labium

Minora), Kelentit (Clitoris), Saluran kemih, Liang senggama (Vagina), selaput dara (Hymen). Bagian dalam : sepasang indung telur (Ovarium), sepasang saluran reproduksi (Tuba Fallopi),

Rahim (uterus) .

Pacaran dan Senggama Pacaran adalah : Persahabatan pria dan wanita yang didasari oleh rasa cinta yang berkelanjutan

sampai ingin menjalin hubungan suami istri. Pacaran yang aman dan sehat adalah dari sisi agama pacaran yang tidak melanggar kaidah agama ,

tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan syahwat atau keinginan melakukan senggama. Dan dari sisi kehidupan remaja adalah pacaran yang tidak menimbulkan akibat merugikan masa kini dan masa depan remaja , termasuk menjadi hamil dan tertular penyakit dan tidak melakukan senggama.

Senggama adalah merupakan perbuatan terpuji yang hanya boleh dilakukan sepasang sumi istri yang sah yang saling mencintai dalam rangka melanjutkan keturunan . tujunannya upaya melestarikan manusia di bumi .

Kehamilan Dini dan AborsiKehamilan dini adalah : kehamilan yang terjadi terlalu dini pada remaja, dimana belum adanya kesiapan fisik, mental, dan sosial untuk mengandung dan melahirkan bayi.Akibat kehamilan Dini adalah mengandung beberapa risiko negatif secara fisik si ibu masih dalam taraf pertumbuhan, perkembangan alat dan fungsi reproduksi masih belum sempurna, organ –organnya masih sangat muda dan belum siap benar untuk hamil dan melahirkan bayi .Aborsi adalah rasa malu atas kehamilan bayi yang dikandungnya ,karena tekanan mental mauun sosial .Resiko melakukan Aborsi : kematian ibu muda , paling tidak kandungan bisa rusak sehingga kemungkinan tidak dapat hamil lagi .

B. PENYAKIT HUBUNGAN SEKSUALJenis – Jenis Penyakit Hubungan Seksual :a. GO ( Gonoroe ) Atau kencing nanah

Penyebab : Kuman gonokokusMasa Tunas : 1 – 5 hariTanda / gejala : Mulai rasa gatal pada penis, Keluar Nanah akhirnya penis bisa hancurPengobatan : Penisilin dan antibiotika lain.

b. Spilis ( Raja Singa ) - Penyebab : Treponema Pallidum- Tanda / Gejala :

Tahap 1 luka di kemaluan Tahap 2 demam sakit kelenjar Tahap 3 beberapa tahun benjolan di kulit, pelunakan tulang kerusakan syaraf dan otot.

- Pengobatan : Penisilin dan antibiotika.c. Penyakit Hubungan Seksual PHS

- Ulkus molledisebabkan kuman hemopelus : banyak benjolan merah dan sakit di sekitar kemaluan.

- Limfogranuloma Venerium disebabkan virus berupa benjolan kecil disekitar kemaluan ,mudah pecah, mudah menyebar kemana – mana.

- Herpes Geneitalis : disebabkan Virus Herpes berupa gelembung berair disekitar kemaluan ,mudah ditulari penyakit lain yang bisa menjadi berbahaya.

- Kondiloma Akuminata : disebabkan virus menimbulkan banyak kutil disekitar kemaluan.- Kandidiatis genetalis disebabkan oleh jamur candida albicans pada alat kelamin- Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis dan menyerang saluran kemih.

d. HIV / AIDSHIV / AIDS Adalah Acquired Immune Deficiency Syndrome kumpulan gejala penurunan kekebalan tubuh ,sehingga tubuh rentan terhadap penyakit lain yang mematikan . AIDS disebabkan oleh Virus yang disebut HIV ( Human Immunodeficiency Virus ).

Page 40: MATERI PMR 2012

HIV Melemahkan sistem Kekebalan Tubuh : sistem kekebalan tubuh terutama adalah sel-sel limfosit T4 selama terinfeksi limfosit menjadi wahana pengembangbiakan virus .

Ciri –ciri seseorang mengidap HIV AIDS b. Stadium Inkubasi c. Stadium awal d. Stadium Tenange. Stadium Aids

Penularan HIV /AIDS a. Penularan lewat senggamab. Penularan lewat transfusi darahc. Penularan lewat jarum suntikd. Penularan lewat kehamilan

Melindungi diri dari Penularan HIV AIDSa. A – Abstinence alias Puasab. B – Be Faithful alias setia pasangan hidupc. C – Condom alias Kondomd. Hindari Transfusie. Hindari suntik menyuntik

Untuk membantu penderita AIDS a. Bankitkan kepercayaan merekadan berilah dukungan kasih sayingb. Berilah pemahaman terhadap masalah yang akan mereka hadapi dan cara mengatasinyac. Jangan merasa tertekan secara berlebihan d. Harus pasrah kehadirat Allah dan tabah menghadapinyae. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan memperbanyak doa dan ibadah agamaf. Tidak perlu merasa kehilangan hak mendapat pelayanan dan perawatan dari orang laing. Jalinlah komunikasi untuk berbagai rasa secara terbuka dan jujur.

Cara Merawat Penderita HIV AIDS a. Penggunaan Prosedur Pertolongan Pertama yang amanb. Gunakan sarung tangan dan celemek untuk tugas perawatanc. Cucilah tangan setiap tugasd. Pakaian kotor dan berdarah harus dicuci dengan air panase. Sikat gigi dan alat cukur jangan digunakan bergantianf. Hindari kontak langsung bila anda punya luka.

Keluarga Berencana (KB)Kelurga Berencana : adalah ihtiar manusia untuk mengatur kelurga agar keluarga masing-masing bahagia dan sejahtera didunia dan akhirat kelak yang diridoi Tuhan Yang Maha esa Macam –macam teknik KB :

a. Pencegahan bersatunya sperma dan sel telurb. Pencegahan pembuahan saat sperma dan sel telur bersatuc. Pencegahan pematangan sel telur pada wanitad. Penutupan saluran pengeluaran sperma / sel telur.

C. NAPZAObat ialah racun yang dibuat dari zat kimia. Racun tersebut masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit (obat luar ), mulut ( per oral ), dubuur ( prer anal ) vagina dan semua lubang tubuh yang ada, serta disuntikan ke dalam otot atau pembuluh darah.Jenis obat bahaya dan cara memperolehnya.Ada 4 golongan obat berdasarkan bahaya dan cara mendapatkannya:a. Obat bebas, yang dapat dibeli dan diminum secara bebasb. Obat bebas terbatas, hanya dapat diperoleh dengan resep dokter c. Obat berbahaya, seperti Obat Anti Depresanisa (penekan kesedihan )d. Stimulansia ( perangsang ), dan Halusinogen ( pembentuk mimpi palsu yang indah ), Pil BK,

ekstasi.e. Narkotika, antara lain: candu, ganja, heroin, kokain, morfin dan turunannya.Alasan Penyalahgunaan Obat:

Page 41: MATERI PMR 2012

a. Adanya sikap individu yang berpotensi coba- coba, misalnya frustasi, tidak

b. Senang diatur, sulit bergaul, ingin dianggap hebat dll.c. Adanya Trend (Kecenderungan ) penggunaan obat tertentu.d. Obat memiliki efek toleransi, makin lama dosis yang berefek makin besare. Mudahnya obat didapat disekitar tempat tinggal remaja.Tahapan Penyelahgunaan Obat Pada Remaja :a. Tahap pemakaian coba- cobab. Tahap pemakaian insidentil ( kadang- kadang )c. Tahap penyalahgunaand. Tahap ketergantunganBahaya Negatipa. Ketergantungan, tanpa obat remaja tersebut sudah tidak mampu lagi berprestasib. Kesanduan, tubuhnya sudah terganggu umumnya remaja kurang peduli terhadap lingkungannyac. Kesehatan, pengaruhnya tergantung pada bahan kimia dalam obat tersebut.Resiko Menyuntik : Nyuntik sama bahaya dengan ngepil dalam tingkatan yang lebih parah, karena :a. Penyuntikan hampir selalu narkotika yang memiliki bahaya paling besarb. Penyuntikan memiliki akibat yang lebih langsung kedalam tubuh manusiac. Penyuntikan pada umumnya lebih disukai bila menggunakan alat suntik dan jarum yang sama.Pengaruh Obat Berbahaya Pada Remaja :a. lesu atau gelisahb. banyak keluar keringatc. kurang konsentrasid. gerakan gemetar, kelihatan ketakutan, banyak minum air.Cara Membantu Remaja Mencegah Diri dari Ngepil dan NyuntikKalau masih coba – coba atau insidental bantulah agar ;a. .Memiliki rasa malu karena ngepil /nyuntik itu perilaku memalukanb. Meninggalkan lingkungan ngepil/nyuntikc. Aktif dalam kegiatan lain d. Meningkatkan ibadahe. Yang terpenting ialah mengembangkan sikap percaya diri dan pengendalian diri yang kuat

Tubercolosis ( TBC )Tubercolosis ( TBC ) Merupakan penyakit menahun dan menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobakterium Tuberculosis yang ditularkan lewat dahak yang menyebar keudara . TBC dapat menyerang setiap orang paling sering pada usia 15 – 35 tahun khususnya yang bertubuh lemah , kurang gizi atau tinggal dengan penderita TBC dan paling banyak menyerang paru – paru pada anak TBC dapat menyebabkan peradangan pada saluran otak dan gangguan kulit.Tanda dan Gejala Pengidap TBC :a. Batuk lebih dari 4 minggu b. Batuk menahun dan berlendirc. Panis ringan pada sore hari dan berkeringat pada malam harid. Terasa nyeri pada dada dan punggung atase. Menjadi kurusf. Kulit pucatg. Suara menjadi parau/serakh. Dalam stadium lanjut berbagai infeksi dapat disebabkan karena kuman TBC termasuk infeksi kulit ,

selaput paru, otak, jantung dan berbagai organ tubuh lainnya.Cara Pencegahan a. Vaksinasi BCG ( Becilus Calmette Guirin ) bagi bayi sedini mungkinb. Makan makanan yang banyak mengandung protein dan vitaminc. Makan dan istirahat yang teraturd. Jaga kebersihan lingkungan e. Pemeriksaan kesehatan secara teraturf. Menghindari berdekatan nafas dengan penderita TBCCara Pengobatan TBC Sebenarnya berbagai obat sudah ditemukan sebagai obat TBC yang manjur termasuk INH, Steptomisin, Etambutol, PAS, dan Ripamfisin,masalahnya obat-obat tersebut harus diminum dalam jangka panjang secara terus menerus tanpa berhenti.

Page 42: MATERI PMR 2012

Pendidikan Remaja sebaya (PRS)Pendidikan Remaja Sebaya adalah Penjabaran dari rasa Kesetiakawanan perasaan senasib sepenanggungan. PRS merupakan bukti bahwa seorang teman adalah teman sejati , dalam kehidupan sehari-hari kita telah melakukan PRS dalam bentuk komunikasi dua arah dengan teman sebaya. PRS yang kita pelajari disini tidak lain adalah melaksanakan segala sesuatu yang sudah biasa dilakukan hanya kali ini menyangkut pada Kesehatan dan Kesejahtraan Remaja demi kecemerlangan masa depan bersama sesuai cita-cita masing-masingTahapan –Tahapan Pendidikan Remaja Sebayaa. Tahap Penerimaanb. Tahap Pemasukan idec. Tahap Pemelihara

Page 43: MATERI PMR 2012

BAB VIIDONOR DARAH

Jenis Golongan DarahAglotinogen/Antigen(terdapat dalam sel

darah merah)

Aglutinin/Antibodi(terdapat dalam

serum)Genotip

Golongan Darah

A Anti - B OA atau AA AB Anti - A OB atau BB BAB - AB ABO O Anti - B dan Anti - A OO O

Fungsi darah antara lain : Mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel tubuh. Mengangkut karbondioksida dari sel-sel tubuh ke paru-paru untuk selanjutnya dikeluarkan. Mengganti sel-sel yang rusak.Jika seseorang mengalami kecelakaan atau sakit yang menyebabkan kekurangan darah, jiwanya bisa terancam dan perlu transfusi darah.

Donor Darah = Menyumbangkan darah untuk tujuan transfusi darah.Transfusi Darah = Proses pemindahan darah dari seseorang yang sehat dan memenuhi persyaratan ke orang yang membutuhkan.Darah yang dipindahkan dapat berupa darah lengkap atau komponen darah.• Darah lengkap = Darah yang mengandung seluruh komponen darah.• Komponen darah terdiri dari plasma darah, sel darah merah, sel darah putih dan keping-keping darah

DONOR DARAH TINDAKAN SUKARELADonor Darah Sukarela (DDS) = Seseorang yang menyumbangkan darahnya secara sukarela tanpa mengetahui untuk siapa.Donor Darah Pengganti (DDP) = Seseorang yang diminta untuk menyumbangkan darahnya kepada seseorang dan dia tahu kepada siapa darah tersebut diberikan.Darah yang telah diambil harus mengalami pengujian untuk memastikan bebas dari penyakit menular seperti HIV/AIDS, Hepatitis, dan Sifilis. Setelah itu, darah disimpan untuk menunggu digunakan.

Syarat Donor Darah Laki-laki/wanita berusia 18-60 tahun Sehat jasmani dan rohani menurut pemeriksaan dokter. Berat badan minimal 45 kg. Kadar Hemoglobin minimal 12,5 g/dl. Tekanan darah sistolik 100 – 180 mm Hg dan Diastolik 50 – 100 mm Hg. Tidak menderita penyakit berisiko tinggi seperti HIV/AIDS, hepatitis, sifilis, jantung, hati, paru,

ginjal, kencing manis, kejang, kanker atau penyakit kulit kronis. Bagi wanita yang sedang haid, hamil atau menyusui tidak diperkenankan mendonorkan darahnya.Manfaat Donor Darah1. Bagi Donor / Penyumbang darah Mendapat kepuasan batin karena darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan jiwa seseorang

yang membutuhkan Kesehatan kita menjadi terpantau karena kondisi kesehatan kita akan diperiksa secara teratur. Membuat tubuh semakin sehat sebab dengan mendonorkan darah tubuh akan memproduksi darah

yang baru. Dapat bergabung dalam organisasi PMI untuk menambah relasi/teman, dan berperan di kegiatan

kemanusiaan lainnya. Meningkatnya jumlah DDS akan meningkatkan nilai-nilai kesetiakawanan dan kepedulian sosial

2. Bagi penerima Darah

Page 44: MATERI PMR 2012

Sangat besar manfaatnya karena sampai sekarang belum ada obat/atau cairan yang dapat mengganti fungsi darah, sedangkan benyak kehilangan darah dapat mengancam kelangsungan hidup.

Sangat besar manfaatnya bagi saudara kita yang mengidap penyakit kelainan darah, sehingga kelangsungan hidupnya sangat tergantung pada penambahan darah.

Bagaimana Menjadi Pedonor Darah? Calon donor datang ke UDD (Unit Donor Darah) PMI. Calon donor mengisi formulir donor darah yang berisi identitas dan riwayat kesehatan. Petugas memeriksa kesehatan calon donor sesuai syarat yang telah ditentukan. Asisten Transfusi Darah (ATD) yang terampil dan berpengalaman akan mengambil darah calon

donor sehingga pengambilan darah dapat berlangsung dengan cepat (±10 menit) dan aman. Calon donor mendapatkan kartu tanda anggota donor darah. Kartu ini sebagai bukti bahwa pemilik

telah mendonorkan darahnya. UDD PMISetelah 2,5 - 3 bulan datang kembali ke UDD untuk donor darah.

Peran PMR MadyaTeman-teman anggota PMR Madya tetap menyiapkan diri untuk menjadi DDS dan mengajak keluarga, guru, dan orang sekitar untuk menjadi DDS. Tapi juga...

Peran PMR WiraAnggota PMR Wira yang sudah memenuhi syarat, segera menjadi DDS. Jangan lupa ajak teman, anggota keluarga, guru, dan orang sekitar.