laporan Prakerin

download laporan Prakerin

of 24

  • date post

    24-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    14
  • download

    2

Embed Size (px)

description

laporan praktek kerja industri, teknik komputer dan jaringan

Transcript of laporan Prakerin

BABI

PENDAHULUAN

.

A. Latar Belakang Pelaksaan Praktik Kerja Industri Sebuah toko komputer melakukan kegiatan rutin setiap harinya, pada umumnya kegiatan yang utama adalah service dan penjualan. Perkembangan teknologi sekarang ini mengharuskan kita selalu untuk memenuhi permintaan pasar.

Perkembangan sebuah toko komputer juga harus mengatahui selera para pemakai nya dan harga pasarannya karena, kalau harga sebuah komputer atau alat-alat komputer lebih mahal dari pada harga pasarannya masyarakat pasti tidak akan mau lagi membeli suatu barang di toko tersebut oleh kerana itu sebuah toko komputer harus tau harga pasaran suatu barang dan kualitas nya ditakut kan kalau harganya murah ternyata kualitasnya tidak bagus maka masyrakat pun tidak mau untuk membilinya lagi. untuk bisa menjaga agar pelanggan itu bisa mempercayai barang dengan cara menjaga kualitas barang dan harganya pun terjangkau.

B. Tujuan Dan Manfaat Praktik Kerja Industri

Tujuan dari penulis laporan prakerin ini adalah agar menghemat waktu, tenaga dan biaya bagi perusahann dan individu yang membacanya, juga untuk memenuhi mata pelajaran praktik kerja industri serta merupakan syarat mengikuti Ujian Nasional di SMKN 1 Sungai TabukManfaat dari penulisan laporan Prakerin ini adalah sebagai bahan masukkan untuk karyawan pada toko Mellon Komputer agar mempercepat kerjanya dan dapa tmenarik lebih banyak pelanggan.C. Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. dan itu juga dapat mengkaji ilmu di luar lingkungan sekolah. tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain:1. Untuk mengetahui perkembangan selama mengikuti prakerin.

2. Menambah ilmu dari pelajaran sekolah selama mengikuti prakerin.

3. Sebagai latihan untuk membuat laporan kegiatan

4. Sebagai bukti telah mengikuti sebuah praktik kerja industri yang dilakukan di sebuah perusahaan.

5. Sebagai syarat mengikuti ujian nasionalBAB II

PELAKASANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

A. Gambaran Umum PerusahaanAwal mula Mellon Komputer hanyalah memasang iklan saja yang kemudian dari tahun ke tahunnya semakin banyak bertambah penghasilannya. Dan akhirnya memutuskan untuk bisa mempunyai sebuah toko komputer yang awalnya bernama Andine Komputer dan sekarang berubah menjadi Mellon Komputer.

B. StrukturOraganisasi

Gambar 2.1 Struktur Organisasi

C. Sistem Pelayanaan PerusahaanRamah tamah kepada setiap pelanggan dan melayani :

Penginstalan komputer

Perbaikan keyboard

Perakitan komputer (pc)

Pengetikan

D. Hari dan Jam Kerja

HariJam kerja

Senin10.00 s/d 17.00 WITA

Selasa10.00 s/d 17.00 WITA

Rabu10.00 s/d 17.00 WITA

Kamis10.00 s/d 17.00 WITA

Jumat10.00 s/d 17.00 WITA

Sabtu10.00 s/d 17.00 WITA

E. TataTertib

Tata tertib yang berlaku di Mellon Komputer :

a. Mematuhi peraturan yang berlaku dalam perusahaan.b. Berada diperusahaan 15 menit sebelum kegiatan di perusahaan di mulai.c. Mengenakan pakaian yang sopan.

d. Menaati peraturan yang ditentukan dalam perusahaan. BAB IIIPEMBAHASANA. Persiapan Sebelum Menginstall

Ada hal yang harus ketahui dan persiapkan sebelum beralih ke Windows 8. Jangan sampai ketika telah selesai menginstal kemudian merasa kecewa dengan Windows 8.

1. Dukungan Driver

perlu memperhatikan dukungan driver jika menggunakan laptop. Karena tanpa adanya driver, laptop tidak akan berfungsi secara maksimal. Sebagai contoh laptop Dell Inspiron 1440, diinstall windows 8 semua hardware telah terdeteksi. Tetapi Wireless pada Dell Inspiron 1440 belum bisa digunakan untuk konek ke suatu jaringan Wi-Fi. Artikel mengenai masalah wireless di Windows 8 bisa kita baca dicaraMengatasi masalah wireless Windows 8.

1. Software compabilityjuga perlu berhati-hati Meskipun pihak Microsoft telah meng-klaim bahwa tidak ada masalah compability terhadap software-software lama jika di install pada Windows 8. Tetapi kenyataannya ada beberapa software yang tidak bisa digunakan pada windows 8. Salah satunya yang pernah dialami yaitu saat menginstall Driver modem Smartfren CE682 tidak dapat berfungsi dengan baik terdapat bug tetapi masih bisa digunakan secara normal.

2. Koneksi internet

Koneksi internet merupakan hal yang sangat penting, karena dengan adanya koneksi internet dapat melakukan update dari Windows 8 yang dimiliki, tentunya jika menggunakan Windows asli, kalau bajakan ya tidak bisa. Disisi lain, untuk memaksimalkan penggunaan Windows 8 anda memang memerlukan koneksi internet, karena memang banyak fasilitas yang disediakan oleh Microsoft yang berbasiskan internet.

2. Pengaturan BIOS

Sebelum memulai pembahasan yang lebih lanjut, ada baiknya mengenal tombol perintah keyboard untuk masuk ke menu BIOS. Karena setiap produk tentu berbeda, terutama pada laptop ada yang menggunakan ESC, F1, F10, dan tombol yang lain hanya saja yang sangat umum digunakan adalah tombol DEL dan F2.Berikut ini langkah-langkah dalam mengatur BIOS agar booting dari CD/DVD atau flashdisk 1. Hidupkan komputer / laptop

2. Saat komputer / laptop menyala, biasanya muncul pesan / keterangan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS. Contoh ;

3. Press F2 for System Utilities

4. Press DEL to enter BIOS Setup

5. Untuk beberapa laptop lain mungkin tombol perintahnya akan berbeda

6. Masuk ke halaman Bootdengan menekan tombol panah kanan pada keyboard sehingga akan tampil seperti gambar di bawah

Gambar 3.2. masuk ke halaman Boot

7. Tekan tombol panah bawah pada keyboard dan pilih submenu Boot DevicePriority lalu tekan Enter untuk menampilkan menu pada Boot Device Priority

Gambar 3.3. memilih submenu boot device

8. Pada langkah ini, perhatikan gambar di atas Jika akan booting dari CD/DVD, pilih (CDROM) yang menjadi 1st BootDevice Sedangkan jika kawan akan booting dari flashdisk, pilih (removable device) menjadi 1st Boot Device dengan menekan tombol (+).

Gambar 3.4. keluar dari halaman bios 9. Jika telah selesai, tekan F10 kemudian Ok untuk menyimpan settingan maka secara otomatis akan keluar dari halaman BIOS dan Selesai.

3. Langkah-langkah penginstalan windows 8

10. Boot komputer dengan media instalasi Windows 8 Developer.

11. Mungkin butuh beberapa menit untuk memuat file-file, dan kemudian akan membawa ke layar instalasi. Pilihlah pilihan yang sesuai dan klik tombol Next.

12. Sekarang klik pada Install Now untuk melanjutkan.13. Beri tanda pada Accept the terms and conditions dan kemudian klik tombol Next.

Gambar 3.5. masuk kelayar installsi windows 8

14. Disini bisa memilih opsi apakah ingin meng-upgrade windows ke windows 8 Edisi Developer atau ingin melakukan instalasi bersih. Pilih Custom (Advanced) untuk melanjutkan instalasi bersih.

Gambar 3.6. masuk windows 8 edisi developer15. Pada layar ini dapat memilih drive yang ingin kita instal, di sini memiliki kemampuan untuk mengelola disk, format, membuat partisi dll, Jika berencana untuk men-setup Dual boot maka dapat memilih drive yang berbeda. Setelah mengkonfigurasi drive klik tombol Next

Gambar 3.7. masuk drive yang ingin diinstall16. Itu saja sekarang akan dimulai proses instalasi, tunggu sampai selesai yang mengambil waktu 10 menit sampai 1 jam tergantung pada Konfigurasi Hardware.

Gambar 3.8. proses installasi17. Setelah itu menyelesaikan instalasi Komputer akan reboot dan akan mempersiapkan pengaturan2. Jadi silahkan menunggu beberapa saat.

Gambar 3.9. masuk installasi komputer yang akan direboot18. Sekarang akan membawa untuk mempersonalisasi pengaturan desktop . Silahkan pilih Express settings yang pada layarnya tertera keterangan tentang apa saja settingan yang akan dilakukan.

Gambar 3.10. masuk email address

19. Tidak seperti sistem operasi lain, pada Windows 8 dapat login menggunakan account Windows Live. Jadi, dapat memasukkan informasi account Windows Live.

Gambar 3.11. masuk local account11. Jika tidak ingin menggunakan metode login ini, silahkan klik pada I dontwantto log in with a Windows Gambar 3.12. windows akan mengkonfigurasi pengaturan

12. dan dapat memilih Local account untuk membuat Username dan Password untuk login .Gambar 3.13. mengisi akun password

Setelah semua informasi telah dimasukkan, klik tombol Next

20. Sekarang Windows akan mengkonfigurasi pengaturan

Gambar 3.14. windows 8 akan memperbaharui pengaturan

Gambar 3.15. windows 8 akan menampilkan kata selamat datang

21. Setelah semuanya di setup, maka akan disuguhkan tampilan Desktop Windows 8.

Gambar 3.16. tampilan desktop windows 8

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan uraian pada Bab sebelumnya dapat penyusun simpulkan, selama melaksanakan Praktik Kerja Industri di Toko Mellon Komputer adalah masih harus banyak belajar mengenai dunia pekerjaan. Hal ini dikarenakan banyak sekali materi-materi yang ada dalam dunia Komputer yang tidak diajarkan didalam bangku sekolah. Selain itu bahwa bisnis merupakan bisnis yang cukup mempunyai masa depan cerah. Hal ini dapat dibuktikan bahwa selama melaksanakan Praktik Kerja Industri selama tiga bulan, order selalu dan tidak pernah berhenti.

B. Saran

Dari kesimpulan , penulis memberikan saran yang berguna untuk perusahan sekarang maupun nanti akan datang. Diharapkan pada jaman sekarang ini harus pintar-pintar mengunakan cara agar pekerjaan yang kerjakan dapat berjalan dengan cepat tanpa kekurangan. Media internet selalu memberikan pemecahan dari setiap masalah yang hadapi tapi alangka hindahnya apabila bukan hanya saran yang diberikan tapi tetapi juga bias menul