Lap BHSP 2013

download Lap BHSP 2013

of 11

description

bhsp

Transcript of Lap BHSP 2013

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA TN P DENGAN DIAGNOSA HIPERTENSI DI DUSUN SINGOSAREN WUKIRSARI IMOGIRI

Di Susun Oleh :Nur HIdayah10101064

AKADEMI KEPERAWATAN KARYA BAKTI HUSADA BANTUL YOGYAKARTA 2013

LAPORAN PENDAHULUANASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn. P DENGAN DIAGNOSA HIPERTENSIDI DUSUN SINGOSAREN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

Nama mahasiswa: Nur HidayahKunjungan: ITanggal: 16 April 2013Materi: BHSP dan Pengkajian

A. LATAR BELAKANGHipertensi merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, oleh karena itu pengetahuan mengenai penyakit hipertensi dan perawatannya di rumah merupakan informasi yang sudah selayaknya diketahui oleh masyarakat. Insiden hipertensi tinggi dan terus meningkat di masyarakat, selain itu komplikasi akibat penyakit hipertensi dapat berakibat fatal bagi penderita jika tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan yang adekuat.

B. PROSES KEPERAWATANa. Diagnosa KeperawatanBelum dapat ditegakkan.b. Tujuan Umum:Terbina hubungan saling percaya dan bersama-sama dapat mengidentifikasi permasalahan kesehatan keluarga pada kegiatan praktek keperawatan keluarga.c. Tujuan Khusus:1. Mahasiswa dan keluarga dapat saling mengenal dan terjalin silaturahmi2. Mahasiswa dan keluarga mendapat informasi tentang permasalahan kesehatan yang terjadi pada keluarga Tn. P3. Mahasiswa dan keluarga dapat bersama-sama menyimpulkan permasalahan kesehatan yang terjadi dan mampu mengatasi permasalahan yang ada.

C. IMPLEMENTASI TINDAKAN KEPERAWATAN 1. MetodeMetode yang digunakan adalah diskusi dan tanya jawab.2. Media:Media yang digunakan adalah format pengkajian keluarga3. Waktu dan TempatHari / Tanggal: 17 April 2013Waktu: 13.00 14.15Tempat: Rumah Tn.P di dusun Singosaren4. Rencana kegiatanMembina hubungan saling percaya dan kontrak waktu untuk dilakukan pengkajian dalam rangka mencari data tentang masalah kesehatan keluarga.D. KRITERIA EVALUASI1. Evaluasi Struktur:Tersedia format pengkajian2. Evaluasi Proses:1) Komunikasi sesuai2) Keluarga kooperatif dengan bersedia mengutarakan semua permasalahan kesehatan yang terjadi pada dirinya.3. Evaluasi hasil:1. Mahasiswa mampu berinteraksi baik dengan keluarga2. Mahasiswa mampu membina hubungan saling percaya dengan keluarga3. Mahasiswa dan keluarga mampu menemukan permasalahan kesehatan yang terjadi pada diri.

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN HIPERTENSI

A. Pengertian Hipertensi Hipertensi adalah terjadinya kenaikan darah sistolik (atas) 140 atau lebih dan tekanan darah diastolik (bawah) 90 atau lebih. Disebut hipertensi apabila seseorang yang terkena:Telah berumur 18 tahun atau lebih.Bila 2 kali kunjungan berbeda tekanan diastolik 90 atau lebih.Beberapa kali pengukuran dengan hasil tekanan sistolik menetap 140 atau lebih.B. PenyebabBerdasarkan penyebab hipertensi dibagi dalam dua golongan yaitu:1. Hipertensi primer atau essensiel. Dimana hipertensi ini tidak diketahui penyebabnya, biasanya dihubungkan dengan faktor keturunan atau lingkungan.2. Hipertensi sekunder, penyebabnya diketahui secara pasti seperti gangguan pembuluh darah dan penyakit ginjal.C. Tanda dan Gejala 1. Sakit kepala dan pusing2. Nyeri kepala berputar3. Rasa berat di tengkuk4. Kadang mimisan5. Marah/emosi tidak stabil6. Mata berkunang kunang 7. Telinga berdengung8. Sukar tidur9. Kesemutan10. Kesulitan bicara11. Rasa mual/muntah

D. Pencegahan1. Primera) mengatur diit agar berat badan menjadi idea b) menjaga agar tidak terjadi hiperkholesterolemia, diabetes mellitus dan lain-lain. c) tidak merokok d) perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran e) hindari makanan berlemakf) mengendalikan stress emosi 2. SekunderUntuk pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi tanpa komplikasi dianjurkan untuk : a) sama dengan pencegahan primer diatasb) mengontrol tensi secara teratur sehingga tensi dapat stabil dan senormal mungkin dengan atau tanpa obat-obatan

E. PENGOBATANPengobatan hipertensi meliputi beberapa langkah yang terdiri dari :1. Langkah Pertama : pemberian obat pilihan pertama yang digunakan dalam pengobatan hipertensi ini adalah menggunakan diuretika, beta blocker, Ca antagonis, ACE inhibitor.2. Langkah Kedua : Alternatif yang bisa diberikan dalam langkah ini yaitu dengan dosis obat pertama dinaikan, diganti jenis lain dari obat pilihan pertama dan yang selanjutnya ditambah obat ke 2 jenis lain, dapat berupa obat diuretika , beta blocker, Ca antagonis, Alpa blocker, clonidin, reserphin, vasodilator.3. Langkah Ketiga : Alternatif yang bisa ditempuh yaitu dengan obat ke-2 diganti dan ditambah obat ke-3 jenis lain.4. Langkah Keempat : Alternatif pemberian obatnya ditambah obat ke-3 dan ke-4, mengevaluasi kembali dan konsultasi, follow up yang bertujuan untuk mempertahankan therapi.

F. Alasan Hipertensi harus diobati Jika hipertensi dibiarkan saja dan terjadi lebih jauh maka akan membawa beberapa penyakit komplikasi Karena Hipertensi dapat menyebabkan banyak komplikasi antara lain:1. stroke2. penyakit jantung3. penyakit ginjal 4. kebutaanG. Perawatan Klien dengan hipertensi 1. Cukup Istirahat2. Makanan sebaiknya ditumis, digoreng, atau dipanggang karena akan lebih enak walaupun tanpa garam/sedikit garam3. Rasa tawar dapat diperbaiki dengan bumbu penyedap (vetsin) atau moto, pengawet buah, dan soda kue4. Hindari makanan jadi yang mengandung bahan natrium atau sodium5. Lebih banyak makan makanan yang segar seperti buah-buahan daripada makanan yang diproses seperti: telur asin, ikan asin, pindang, dll.

LAPORAN PENDAHULUANASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn. P DENGAN HIPERTENSI DI DUSUN SINGOSAREN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

Nama mahasiswa: Nur HidayahKunjungan: IITanggal: 17 April 2013Materi: Pendidikan Kesehatan Tentang Hipertensi

A. LATAR BELAKANG Hipertensi merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, oleh karena itu pengetahuan mengenai penyakit hipertensi dan perawatannya di rumah merupakan informasi yang sudah selayaknya diketahui oleh masyarakat. Insiden hipertensi tinggi dan terus meningkat di masyarakat, selain itu komplikasi akibat penyakit hipertensi dapat berakibat fatal bagi penderita jika tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan yang adekuat.

B. PROSES KEPERAWATANa. Diagnosa KeperawatanKurang pengetahuan b.d Ketidakmampuan keluarga mengenal masalah.

b. Tujuan Umum:Setelah dilakukan pendidikan kesehatan di rumah Tn. P RT 05 Dusun Singosaren diharapkan keluarga dapat mengetahui tentang penyakit hipertensi.

c. Tujuan Khusus:1) Memahami dan mengetahui pengertian hipertensi 2) Menjelaskan penyebab hipertensi 3) Menjelaskan tanda dan gejala hipertensi.4) Menjelaskan klasifikasi hipertensi.5) Menjelaskan faktor factor penyebab hipertensi6) Menjelaskan pengobatan bronkitis.

C. IMPLEMENTASI TINDAKAN KEPERAWATAN1. Metode:Metode yang digunakan adalah diskusi dan tanya jawab.2. Media :Metode yang digunakan adalah leaflet3. Waktu dan Tempat:Hari / Tanggal: Selasa, 14 April 2013Waktu : 13.00 13.30Tempat : Rumah Tn. P Singosaren RT 054. Rencana kegiatan:Melakukan pendidikan kesehatan kepada keluarga Tn. P

D. KRITERIA EVALUASI1. Evaluasi srtuktur:Tersedianya leaflet hipertensi2. Evaluasi proses:1) Komunikasi sesuai2) Keluarga kooperatif dengan bersedia mengutarakan semua permasalahan kesehatan pada dirinya.3. Evaluasi hasil:a. Keluarga mampu memahami dan mengetahui hipertensi.b. Keluarga mampu menjelaskan kembali penyebab hipertensic. Keluarga mampu menjelaskan tanda dan gejala hipertensi.d. Keluarga mampu menjelaskan klasifikasi hipertensie. Keluarga mampu menjelaskan factor factor penyebab hipertensif. Keluarga mampu menjelaskan perawatan dan pencegahan hipertensi.

LAPORAN PENDAHULUANASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn. P DENGAN HIPERTENSI DI DUSUN SINGOSAREN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

Nama Mahasiswa : Nur HidayahKunjungan ke : IIITanggal : 16 Februari 2012Materi : Evaluasi

A. LATAR BELAKANGHipertensi merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, oleh karena itu pengetahuan mengenai penyakit hipertensi dan perawatannya di rumah merupakan informasi yang sudah selayaknya diketahui oleh masyarakat. Insiden hipertensi tinggi dan terus meningkat di masyarakat, selain itu komplikasi akibat penyakit hipertensi dapat berakibat fatal bagi penderita jika tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan yang adekuat.

B. Proses Keperawatan1. Diagnosa Keperawatan Keluargaa. Kurang pengetahuan b.d Ketidakmampuan keluarga mengenal masalah. 2. Tujuan Umum Setelah dulakukan evaluasi kegiatan penyuluhan di rumah Tn. P RT 05 Dusun Singosaren diharapkan keluarga dapat mengetahui dan mampu menjelaskan kembali tentang hipertensi.

3. Tujuan Khususa. Memahami dan mengetahui pengertian hipertensi.b. Menjelaskan kembali peyebab hipertensi.c. Menjelaskan kembali tanda dan gejala hipertensi..d. Menjelaskan kembali klasifikasi hipertensie. Menjelaskan kembali factor factor yang mneyebabkan hipertensif. Menjelaskan kembali pengobatan bronkitis.

C. IMPLEMENTASI TINDAKAN KEPERAWATAN1. Metode : Metode yang digunakan diskusi dan tanya jawab2. Media : Media yang di gunakan adalah format evaluasi.3. Watu dan TempatHari / Tanggal : Rabu, 17 Aprikl 2013Waktu : 14.00 -14.30Tempat : Rumah Tn P RT 054. Rencana Kegiatan Melakukan evaluasi kegiatan pendidikan kesehatan kepada keluarga Tn. P

D. Kriteria Evaluasi1. Evaluasi strukturTersedianya format evaluasi2. Evaluasi Proses a. Komunikasi baik / sesuaib. Keluarga kooperatif dengan bersedia mengutarakan semua permasalahan kesehatan yang terjadi pada dirinya.3. Evaluasi Hasila. Keluarga mampu memahami dan mengetahui hipertensi.b. Keluarga mampu menjelaskan kembali penyebab hipertensic. Keluarga mampu menjelaskan tanda dan gejala hipertensi.d. Keluarga mampu menjelaskan klasifikasi hipertensie. Keluarga mampu menjelaskan factor factor penyebab hipertensif. Keluarga mampu menjelaskan perawatan dan pencegahan hipertensi.

LEMBAR PENGESAHAN

Asuhan Keperawatan Keluarga Tn. P dengan hipertensi di Dusun Singosaren Wukirsari Imogiri, telah di sahkan pada :

Hari:Tanggal:Tempat:

Mengetahui Pembimbing LapanganPraktikan

Nur Hidayah

Pembimbing Akademik

Dian Kumalasari. S.Kep, Ners