Kind of Fermented Food 2015

32
Jenis-jenis Fermentasi Makanan Yoghurt atau Yogurt

description

materi mirobiologi pangan

Transcript of Kind of Fermented Food 2015

  • Jenis-jenis Fermentasi MakananYoghurt atau Yogurt

  • Yoghurt atau yogurt adalah produk susu yang dihasilkan oleh bakteri fermentasi susu. Fermentasi laktosa oleh bakteri ini menghasilkan asam laktat. Asam laktat yang dihasilkan dari fermentasi menyebabkan protein dalam susu (kasein) mengental menjadi dadih semipadat. Proses fermentasi ini membuat yoghurt mempunyai tekstur dan bau yang khas. Di seluruh dunia, susu sapi adalah yang paling umum digunakan untuk membuat yoghurt, tapi susu dari kerbau, kambing, domba, unta dan yak juga digunakan di berbagai belahan dunia.

  • Yoghurt diproduksi menggunakan kultur Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. thermophilus. Selain itu, Lactobacillus acidophilus, L. casei dan Bifidobacterium juga kadang-kadang ditambahkan selama atau setelah fermentasi yoghurt untuk meningkatkan cita rasa atau efek kesehatan sebagai probiotik.

  • Cara Membuat YogurtPertama, susu (susu sapi segar + susu skim 10% w/v) dipanaskan sampai sekitar 80C (176F) untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan dan untuk denaturasi protein susu sehingga tercampur rata, dan tidak membentuk gumpalan=curds (seperti pada pembuatan keju)

    Kemudian susu didinginkan sampai sekitar 45C (112F). Kultur bakteri ditambahkan, dan suhu dipertahankan selama 4 sampai 7 jam untuk terjadinya fermentasi.

  • 10 Alasan Yogurt merupakan makanan kesehatan yang bagus:Mudah dicerna dari pada susu murniMemberikan kontribusi untuk kesehatan usus besarMembantu dalam proses penyembuhan setelah infeksi di ususSumber makanan kaya kalsiumMeningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti kalsiumMeningkatkan kekebalanSumber protein yang bagusMenurunkan kolesterolMengurangi infeksi jamur (yeast)Ini adalah grow food yang berarti dapat membantu anak-anak untuk tumbuh

  • Jenis YogurtFrozen Yogurt diinkubasi seperti yoghurt yang diaduk. Pendinginan dicapai dengan memompa melalui freezer seperti es krim. Memiliki tekstur seperti es krim.

  • Directions of how to make frozen yogurt:INGREDIENTS:5 cups of Greek-style yogurt 3/4 cup of white sugar 1 teaspoon of vanilla extract 1 Cup of Pasteurized Milk 1 tablespoon of Water

    DIRECTIONS:- Mix the sugar, vanilla and of course the yogurt all together in a large bowl. Stir all the ingredients until the sugar is entirely dissolved and ensuring that the confection is a smooth mixture.- Freeze.

  • Cheese = KejuSusu diperlakukan dengan bakteri asam laktat dan enzim yang disebut rennin yang menghidrolisis protein dan menyebabkannya mengental, disebut curds=dadih." Bagian cair dari susu ini disebut whey."Whey dipisahkan dari dadih, dan dadih dimatangkan untuk mendapatkan citarasa.Mikroba yang berbeda dalam tahap awal dan akhir pengolahan menimbulkan keju dengan karakteristik yang berbeda

  • Enam Langkah Penting dalam Pembuatan Keju Pengasaman: kultur / starter bakteri asam laktat ditambahkan ke dalam susu untuk mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Proses ini merubah tingkat keasaman susu dan mulai proses untuk mengubah susu dari cair ke padat.

    Koagulasi: Rennet ditambahkan untuk lebih mendorong susu menjadi lebih menggumpal. Curd dan whey: curd (gumpalan susu) dipotong menggunakan pisau atau alat yang menyerupai garpu. Memotong curd membantu menghilangkan cairan atau whey. Umumnya, semakin kecil curd dipotong, semakin keras keju yang akan dihasilkan. Keju lembut seperti Brie atau Camembert hampir tidak dipotong sama sekali. Keju keras seperti keju Cheddar dan Gruyere dipotong menjadi tekstur yang sangat halus.

  • Penggaraman: Garam menambah rasa dan juga bertindak sebagai pengawet sehingga keju tidak rusak selama bulan-bulan atau bertahun-tahun yang panjang selama pematangan.

    Membentuk: Keju ini dimasukkan ke dalam keranjang atau cetakan untuk membentuk menjadi bentuk tertentu. Selama proses ini, keju juga ditekan dengan beban atau mesin untuk menghilangkan cairan yang tersisa.

    Pematangan atau yang disebut affinage, adalah proses pematangan keju sampai mencapai kematangan yang optimal. Selama proses ini, suhu dan kelembaban ruangan dipantau dengan seksama. Untuk beberapa keju, jamur di udara memberi rasa yang berbeda. Untuk beberapa keju yang lain, jamur diberikan dengan menyemprotkan pada keju (brie) atau menyuntikkan Penicillium roqueforti ke dalam keju (keju biru). Beberapa keju harus diaktifkan, beberapa harus disikat dengan minyak, dan beberapa harus dicuci dengan air garam atau alkohol.

  • Macam-macam kejuBrie Blue cheese Gouda Mozzarella Gruyere Cheddar

  • Gruyere is a cow's milk cheese and comes from the Gruyere Valley of Fribourg, Switzerland. It means that only cheese made in this region can be referred to as Gruyere. However, cheeses from other parts of the world are considered Gruyere-type cheeses because of their similarity in flavor and texture to Gruyere.Like most Swiss cheeses, Gruyere is filled with many small holes. The holes are formed by gas bubbles released by the bacteria that are used in making the cheese

  • Bread = RotiMelibatkan pertumbuhan Saccharomyces cerevisiae (ragi roti) dalam kondisi aerobik; memaksimalkan produksi CO2, yang membuat roti mengembang. Mikroba lain digunakan untuk membuat roti khusus (misalnya, roti sourdough). Sourdough adalah adonan yang mengandung kultur Lactobacillus, biasanya dalam kombinasi simbiosis dengan ragi. Dapat rusak oleh spesies Bacillus yang menghasilkan kekentalan Sourdoughadonanroti

  • Kimchi = fermentasi sayuranKimchi awalnya merupakan hidangan yang relatif ringan, dibumbui dengan ikan teri difermentasi, jahe, bawang putih, dan daun bawang. Korea masih menggunakan bahan-bahan ini, tetapi rempah-rempah yang paling erat terkait dengan Kimchi modern adalah bubuk cabe merah. Korea menawarkan lebih dari dua ratus jenis kimchi, semua kaya vitamin, mineral, dan protein yang dibuat oleh fermentasi asam laktat sawi putih, lobak, sayuran dan makanan laut lainnya. Fermentasi terjadi secara spontan dari mikroorganisme yang ada dibahan (garam, sayuran dan bahan laut lainnya)

  • Korean Radish Kimchi

  • Traditional kimchi

  • soy bean pasteThe Korean foods that best represent the tradition of fermentation developed in Korea include doenjang(soybean paste),ganjang(soy sauce),gochujang(chili paste) andjeotgal(fermented fish sauce), whose fermentation can take anywhere from several months to several years.

  • Hoo love kimchi very much

  • Jangdokdae(Soy Jar Terrace). An area outside the kitchen used to store large brown-glazed pottery jars containing soy paste, soy sauce, and chili paste.

  • Sauerkraut Sauerkraut is the most well known German food. Sauerkraut is finely slicedgreen cabbagethat has been fermented by lactic acid bacteria (Leuconostoc, Lactobacillus, and Pediococcus). The fermentation process (also known as pickling) gives the cabbage a distinct sour flavor, which is where it gets the name Sauerkraut (sour cabbage).

    Sauerkraut is made by a process of pickling called lacto-fermentation. The bacteria and yeasts needed for the fermentation process are found on the cabbage leaves. No additional bacteria is added.

    The process of making Sauerkraut begins by washing and finely slicing the white cabbage. The sliced cabbage is put into a large pot, a specific amount of salt is mixed in

  • Fermentasi Daging: Salami

  • Proses ManufakturSalamidifermentasi dalam suhu yang hangat,pada kondisi lembabuntuk mendorong pertumbuhan bakteriyang terlibat dalam prosesfermentasi.Gula(biasanya dekstrosa) ditambahkansebagai sumber makananbagi bakteriselama proses fermentasi.

    Asam laktatyang dihasilkanoleh bakteri, menurunkanpH, membentuk koagulasidan menurunkankapasitasmenyimpan airpada daging.Asam dihasilkan oleh bakterimembuatdagingmenjadi lingkungan yang tidak ramahbagi bakteri yang lain,bakteripatogen danmemberikanrasatajamyang membedakansalami dari daging babi yang dikeringkan dengan mesin.

  • Citarasasalamitergantungpada banyaknya bakteri yang tumbuh tergantung juga padakualitas daging dan berbagaibumbu yang ditambahkan.

    Awalnya,bakteriditambahkan ke dalam dagingtercampur dalam anggur (wine), yang berisijenis-jenisbakteri menguntungkan. Sekarang menggunakan kultur starter.

    Seluruh proses memakan waktusekitar 36minggu, meskipunpematangan perlu dilakukan lebih lama untuk mendapatkan rasatambahan, danbeberapa dapatmempersingkat menjadisekitar 24mingguuntuk mendapatkan rasayang lebih manis.

  • BolognaBolognaadalahsosisAmerika yang agak mirip denganmortadella Italia (yang terlihatsebagai potonganhalussosisdaging babiyang mengandung potongan lemak babiyang berasal darikota Bologna, Italia.

    Peraturanpemerintah AS mensyaratkan Amerikabolognauntuk digilinghalusdan tanpalemak. Bolognaalternatifdapat dibuatdariayam, kalkun, daging sapi,daging babi, daging rusaatau proteinkedelai

  • MortadellaMortadelladi Bolognaharusseluruhnya terbuat daridaging babi. Setelahdaging babidihaluskan kemudian dibumbui dengancampurangaram, merica putih,merica, ketumbar,adas manis,dan anggur.

    Potongan lemakbabiditambahkan. Campuraninidimasukkan kecasingalami dan dipanggang,tidakdiasap.Setelah datangdarioven,mortadella dikering-udarakan untuk membuatnya mengeras.

  • These bacteria can be managed to our advantage to produce fermented sausage. They are naturally occuring in meat and are responsible for:converting nitrate to nitrite: (Micrococcus, Staph.xylosus, Staph.carnosus)improving flavor:(Micrococcus)increasing acidity (lowering pH) by producing lactic acid through sugar metabolism: (PediococcusandLactobactillus)mold growth: (Penicillium nalgiovense) which is highly desired in some Italian salamis.

    Lactic acid producing bacteria widely used in starter cultures are:Lactobacillus: Lb.sakei, Lb.plantarum, Lb.farcimis, Lb.curvatusPediococcus: Pediococcus pentosaceus, Pediococcus acidilactici

  • To produce a quality safe product it is necessary to:prevent the growth ofspoilagebacteriaprevent the growth ofdangerousbacteriacreate favorable conditions for the growth ofbeneficialbacteria

    To eliminate the risk of bacteria growth and to prevent meat spoilage we employ the following steps, using meats with a low bacteria countcuring - adding salt and sodium nitrite/nitratelowering pH of the meat to 5.2lowering Aw (water activity) by drying to 0.89smoking

  • Head cheese, brawn, or souse are not cheeses, but rather jellied loaves or sausages that may or may not be stuffed into the large diameter casing.

    *************************