Kerajaan buleleng

download Kerajaan buleleng

of 17

  • date post

    07-Aug-2015
  • Category

    Education

  • view

    118
  • download

    23

Embed Size (px)

Transcript of Kerajaan buleleng

  1. 1. Kerajaan Buleleng
  2. 2. Informasi Singkat
  3. 3. Sejarah Awal Menurut berita Cina, di sebelah timur Kerajaan Kaling ada daerah Po-li atau Dwa-pa- tan yang dapat disamakan dengan Bali. Dalam sejarah Bali, nama Buleleng mulai terkenal setelah periode kekuasaan Majapahit. Buleleng merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Dinasti Warmadewa.
  4. 4. Sejarah Awal Ketika di Jawa mulai berkembang kerajaan Islam, di Bali juga berkembang sejumlah kerajaan seperti Kerajaan Gelgel, Klungkung, dan Buleleng yang didirikan oleh I Gusti Ngurak Panji Sakti. Nama Kerajaan Buleleng semakin terkenal setelah zaman penjajahan Belanda di Bali.
  5. 5. Sejarah awal Kerajaan Buleleng adalah suatu kerajaan di Bali bagian utara yang beragama Hindu yang didirikan sekitar pertengahan abad ke-17 dan jatuh ke tangan Belanda pada tahun 1849. Kerajaan ini dibangun oleh I Gusti Anglurah Panji Sakti dari Wangsa Kepakisan dengan cara menyatukan seluruh wilayah wilayah Bali Utara yang sebelumnya dikenal dengan nama Den Bukit. Bukti Sejarah (babad tentang sisilah kerajaan buleleng)
  6. 6. Sejarah Berdirinya Maka
  7. 7. Masa masa kerajaan buleleng ->
  8. 8. b. Dikuasai Mengwi dan Karangasem Kerajaan Buleleng tahun 1732 dikuasai Kerajaan Mengwi namun kembali merdeka pada tahun 1752. Selanjutnya jatuh ke dalam kekuasaan raja Karangasem 1780. Raja Karangasem, I Gusti Gde Karang membangun istana dengan nama Puri Singaraja. Raja berikutnya adalah putranya bernama I Gusti Pahang Canang yang berkuasa sampai 1821. c. Perlawanan terhadap Belanda Pada tahun 1846 Buleleng diserang pasukan Belanda, tetapi mendapat perlawanan sengit pihak rakyat Buleleng yang dipimpin oleh Patih / Panglima Perang I Gusti Ketut Jelantik. Pada tahun 1848 Buleleng kembali mendapat serangan pasukan angkatan laut Belanda di Benteng Jagaraga. Pada serangan ketiga, tahun 1849 Belanda dapat menghancurkan benteng Jagaraga dan akhirnya Buleleng dapat dikalahkan Belanda. Sejak itu Buleleng dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda.
  9. 9. Puputan adalah tradisi masyarakat di Bali, Indonesia yang berupa tindakan perlawanan bersenjata habis-habisan sampai mati demi kehormatan tanah air. Puputan berarti perang sampai mati, dan wajib berlaku untuk seluruh warga yang ada dari semua kasta sebagai bentuk perlawanan, termasuk mengorbankan jiwa dan raga sampai titik darah penghabisan. Puputan yang terkenal di Bali adalah Puputan Jagaraga, dilakukan oleh Kerajaan Buleleng melawan pasukan kolonial Belanda.
  10. 10. Raja Raja
  11. 11. Wangsa Panji Sakti
  12. 12. Wangsa Karangasem
  13. 13. Wangsa Panji Sakti
  14. 14. Aspek Sosial Masyarakat Buleleng biasa menulisi daun lontar. Bila ada yang meninggal, jenazah dihiasi dengan emas dan dimasukkan emas ke dalam mulutnya serta diberi bau-bauan harum. Kemudian jenazah tersebut dibakar.
  15. 15. Aspek Ekonomi Letaknya yang berada di tepi pantai membuat Buleleng berkembang menjadi pusat perdagangan laut. Hasil dagangannya berupa kapas, beras, asam, kemiri, dan bawang. Sistem perdagangannya dilakukan secara barter atau menggunakan uang sebagai alat tukar. Beberapa jenis alat tukar (uang) misalnya ma, su, dan piling.
  16. 16. PraPeninggalan Kerajaan Buleleng sasti yang disimpan di Desa Sembiran yang berangka tahun 1065, bertuliskan: mengkana ya hana banyaga sakeng sabrangjong, bahitra, rumunduk i manasa. Artinya: Andai kata ada saudagar dari seberang yang datang dengan jukung bahitra datang berlabuh di manasa.