kemahasiswaan 2016

22
PROGRAM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Transcript of kemahasiswaan 2016

Page 1: kemahasiswaan 2016

PROGRAM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS

MAHASISWA BARUFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Page 2: kemahasiswaan 2016

PIMPINAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS BRAWIJAYA Dekan : Prof.Dr. Unti Ludigdo, Ak

Wakil Dekan Bidang Akademik : Maya Diah Nirwana, S.Sos,M.Si Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan : A. Imron Rozuli,SE,M.Si

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan : A. Muwafik Saleh,S.Sos,M.Si

Page 3: kemahasiswaan 2016

PENDEKATAN DAN METODE KEGIATAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU

• Pendekatan yang dipergunakan dalam pelaksanaan PKK MABA TAHUN 2016 adalah pendekatan Humanistic atau andragogy, yaitu suatu pendekatan yang menempatkan dan memperlakukan setiap orang sebagai orang dewasa.

Page 4: kemahasiswaan 2016

STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN

Visi dan Misi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikVisi Menjadi Fakultas unggul berstandar internasional dan berjiwa enterpreneur di bidang sosial dan politik yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.Misi•Mengembangkan pendidikan di bidang sosiologi, ilmu komunikasi, hubungan internasional, psikologi dan Ilmu Politik dan ilmu pemerintahan serta mengupayakan pemanfaatannya dalam proses pembangunan nasonal. •Mnewujudkan keunggulan Fakultas yang memliki daya saing dan mutu di bidang ilmu ssosial dan ilmu politik berstandar internasional•Mengembangkan sistem perkuliahan yang adaptif dan sesitif terhadap perkembangan teknologi dan ilmu berbasis komitmen moral dan berjiwa ernterpreneur.•Mewujudkan pelayanan prima pada stakeholders melalui pengembangan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Page 5: kemahasiswaan 2016

UPAYA MENGENAL MAHASISWA• MENGINGAT BAHWA MAHASISWA ADALAH MERUPAKAN ASET

NASIONAL DAN SUMBERDAYA INSANI YANG STRATEGIS, MAKA PERLU DIBERI PEUANG SELUAS LUASNYA UNTUK MENGAKTUALISASIKAN DIRINYA SECARA UTUH : YAITU SEBAGAI CIVITAS AKADEMIKA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SERTA SENI YANG SEKALIGUS JUGA SEBAGAI MITRA DOSEN DALAM PROSES PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA SEBAGAI UNSUR TERPELAJAR DARI GENERASI MUDA, MAHASISWA HARUS SENANTIASA PEKA TERHADAP PERKEMBANGAN MASYARAKAT NYA DAN SEBAGAI WARGA NEGARA YANG TELAH DEWASA, MAKA MAHASISWA MEMPUNYAI HAK DAN KEWAJIBAN YANG SAMA SEPERTI WARGA NEGARA LAIN.

Page 6: kemahasiswaan 2016

TUJUAN PEMBINAAN MAHASISWA BARU

• Menjadikan Mahasiswa sebagai insan yang beriman dan bertawa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

• Berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi, memiliki kesehatan jasmani rohani, kepribadian yang mantab dan mandiri serta,

• Bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Page 7: kemahasiswaan 2016

SASARAN PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN

SASARAN UMUM- Mendidik Mahasiswauntuk menjadi warga negara yang berjiwa

Pancasila, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi luhur, berwawasan yang luas, terbuka dan mampu bermusyawarah serta memilikitanggung jawab sosial yang tinggi

- Mendidik mahasiswa menjadi insan yang berjiwa kepemimpinan, yaitu dengan cara memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan organisasi, kegiatan komunikasi dan latihan manajemen yang terarah dalam rangka memantgabkan sikap, wawasan dan kemampuan kepemimpinan kader generasi muda masa depan.

- Mendidik Mahasiswa agar memiliki ketahanan fisik dan mental yang tinggi yaitu dengan cara mendidik dan melatih mahsiswa untuk dapat selalu memiliki ketahanan fisik dan mental.

Page 8: kemahasiswaan 2016

SASARAN KHUSUS

- Mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki sikap ilmiah, yaitu dengan cara melatih mahasiswa untuk senantiasa memiliki hasrat ingi tahu dan belkajar terus menerus, daya analisis yang tajam, kejujuran, rasa tanggung jawab yang tinggi, keterbukaan terhadap pendapat baru, pendapat yang berbeda dan kritik, sikap bebas dari prasangka dan berorientasi masa depan berlandasankan nilai Pancasila.

- Mendidik Mahasiswa untuk memiliki sikap keahlian atau profesional dengan melalui pemberian motivasi agar senantiasa memiliki keinginan untuk mencapai tingkat kecanggihan yang lebih tinggi, kemandirian dan kemahiran sesuai minat ilmu, bakat dan kemampuan serta arah profesinya.

Page 9: kemahasiswaan 2016

SASARAN PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN FISIP.UB

• PENGEMBANGAN KUALITAS PENGETAHUAN (KNOWLEDGE)Mahasiswa sebagai insan akademik perlu didorong untuk mampu meningkatkan kemampuan pengetahuannya dengan menciptakan suasana budaya akademik dengan menciptakan pola pikir ilmiah.

• PENGEMBANGAN KETRAMPILAN (SKILL) Mahasiswa diberi peluang untuk mengembangkan potensi dirinya baik secara

keilmuan maupun personal dalam bidang minat dan bakatnya melalui pengembangan keorganisasian dan kepemimpinan dalam berbagai kegiatan pelatihan yang terarah.

• PENGEMBANGAN SIKAP (ATTITUDE) Mahasiswa dididik dan dibina untuk dapat menampilkan sikap positif yang terbaik

yang mampu menjadi teladan dan siap menghadapi berbagai perubahan zaman ke depan dengan mengembangkan pola siakap yang didasarkan pada potensi kecerdasan intelektualnya (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan sekaligus kecerdasan spiritualnya (SQ) secara imbang.

Page 10: kemahasiswaan 2016

JENIS PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN1. PROGRAM PENGEMBANGAN BIDANG PENALARAN

– PKM-Penelitian adalah kreativitas yang inovatif dalam menemukan hasil karya melalui penelitian pada bidang profesi masing-masing atau kombinasi dari berbagai bidang ilmu.

– PKM-Penerapan Teknologi adalah kreativitas yang inovatif dalam menciptakan suatu karya teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

– PKM Kewirausahaan adalah kreativitas mahasiswa yang inovatif dalam membuka peluang usaha yang bersifat profit oriented.

– PKM-Pengabdian Masyarakat adalah kreativitas yang inovatif dalam melaksanakan program membantu masyarakat seperti perbaikan dan penataan lingkungannya, pelatihan, pengembangan kelembagaan, penciptaan karya seni dan olah raga.

– PKM-Artikel Ilmiah merupakan kegiatan penulisan ilmiah suatu karya mahasiswa dalam pendidikan (praktek lapang, KKN, PKM, magang) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berasal dari hasil karya yang telah dilaksanakan.

– PKM-Gagasan Tertulis merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.

Page 11: kemahasiswaan 2016

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES)

• Mawapres adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi akademik tinggi dalam bidang ilmu/teknologi/seni, berjiwa Pancasila dan aktif dalam keTerdaftar sebagai mahasiswa S-1, IPK, transkrip nilai, Pas foto, membuat giatan intra dan ekstra-kurikuler. Persyaratan meliputi : karya ilmiah : a. Tema, topik dan tulisan mengacu pada pedoman PKM tahun 2010 dari DIKTI. b. Karya tulis mandiri yang belum pernah diikutsertakan dalam lomba karya ilmiah. c. Ringkasan maksimal 2 halaman dengan bahasa Inggris dan terpisah. , kepribadian, kegiatan intra dan ekstrakurikuler dan kemampuan bahasa inggris.

• Kesempatan pemilihan mahasiswa berprestasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang duduk di semester VI dan VIII serta belum berusia 24 tahun, sedangkan sistem seleksinya dilakukan berjenjang mulai tingkat Fakultas, Universitas dan juara I Universitas dikirimkan untuk dikompetisikan tingkat nasional.

Page 12: kemahasiswaan 2016

Program Pengembangan Kelembagaan / Organisasi Mahasiswa

Program ini diarahkan untuk menciptakan sikap kepedulian, kepekaan dan rasa tanggung jawab sosial mahasiswa terhadap lingkungan serta sebagai upaya untuk mempraktekkan ilmunya pada masyarakat sehingga lebih aplikatif dan bermanfaat bagi upaya pembangunan masyarakat ke depan

Page 13: kemahasiswaan 2016

Program Pengembangan Kelembagaan / Organisasi Mahasiswa

Program ini diarahkan bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia secara personal dalam diri mahasiswa sebagai dasar bagi upaya pengembangan selanjutnya dalam organisasi kemahasiswaan.

Page 14: kemahasiswaan 2016

Bidang Pengabdian Masyarakat

Program ini diarahkan pada upaya terbentuknya struktur kelembagaan / organisasi kemahasiswaan yang solid dan sehat serta mampu merepresentasikan bidang keilmuan dan minat bakat mahasiswa

Page 15: kemahasiswaan 2016

PROGRAM BEASISWA

• Penerima beasiswa UB diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kategori sebagai berikut:– Beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.– Beasiswa prestasi akademik bagi mahasiswa yang

berprestasi.– Beasiswa prestasi non akademik bagi mahasiswa

yang berprestasi non akademik pada level Nasional /Internasional atau mahasiswa aktif pada LKM-UB (Lembaga Kedaulatan Mahasiswa-UB).

Page 16: kemahasiswaan 2016

• Pemberi/sumber beasiswa diklasifikasikan menjadi 2 kategori yaitu :

- Beasiswa yang bersumbdari dana Pendidikan Tinggi (DIKTI), yaitu Beasiswa Online yang terdiri dari beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP - PPA), serta Beasiswa Bidik Misi.

- Beasiswa yang bersumber dari dana perusahaan/ bank/swasta/yayasan misalnya yaitu Beswan Djarum, Pertamina, BI (Bank Indonesia), BRI, BNI, BTN, BCA Finance, PT. Angkasa Pura, Bank Mandiri, Yayasan Supersemar, dan lain sebagainya.

Page 17: kemahasiswaan 2016

Persyaratan pengajuan beasiswa yaitu :

• Terdaftar sebagai mahasiswa Program S1.• Diutamakan mahasiswa dengan kondisi orang tua/wali

yang kurang mampu.• Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.• Berkelakuan baik.• Aktif dalam organisasi kemahasiswaan Fakultas atau

Universitas (untuk beasiswa prestasi non akademik).• Lulus kegiatan Probinmaba yang terdiri dari PKK-MABA

(Ordik & Ormawa), KRIDA MABA/Student Day (Pelatihan-pelatihan, Mentoring dan Pengabdian Masyarakat).

Page 18: kemahasiswaan 2016

Berkas pengajuan/kelengkapan beasiswa UB umumnya adalah :

• Daftar Riwayat Hidup mahasiswa.• Fotokopi KHS/Transkrip Mahasiswa• Fotokopi KTM dan KTP Mahasiswa• Surat Keterangan Kurang Mampu dari RT/RW wali

mahasiswa.• Slip gaji orang tua atau Surat Keterangan Penghasilan

Orang Tua yang ditandatangani oleh pejabat berwenang.• Fotokopi Kartu keluarga• Surat Keterangan aktif dalam organisasi kemahasiswaan

fakultas/universitas.• Sertifikat kelulusan rangkaian kegiatan PKK MABA.

Page 19: kemahasiswaan 2016

LEMBAGA/ORGANISASI KEMAHASISWAAN TAHUN 2016

A. LEMBAGA KEDAULATAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS BRAWIJAYA• 1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UB • Ketua :Fajar Surya Dewantara (Ilmu Komunikasi)• 2. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIP UB • Ketua :Wismoyo Bayu Prabowo ( Ilmu Komunikasi )• 3. Kongres Mahasiswa FISIP UB• Ketua : Dwi Isa Aqlami ( Sosiologi )

B. HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN / PROGRAM STUDI • Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi (HIMASIGI) • Ketua : Roni Vista Ardi Candra• Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HIMANIKA)• Ketua : Muhammad Jibran Averusy• Himpunan Mahasiswa Program Studi Psikologi (HIMAPSI)• Ketua : Muhammad Ikhsandi Rahman• Himpunan Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HIMAHI)• Ketua : Quraisy Abdurrahman• Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik (HIMAPOLITIK)• Ketua : Muhammad Izzudin Haq• Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan (HIMAP)• Ketua : Muhammad Farhansyah

Page 20: kemahasiswaan 2016

LEMBAGA-LEMBAGA SEMI OTONOM (LSO)

• LSO BARIS (Badan Riset Ilmu Sosial)• LSO ISSC (Islamic Social Science Community)• LSO KOMPAS (Outdoor Activity & Environmental Studies)• LSO MIXTH (Event Organizer)• LSO Media Massa Perspektif ( Lembaga Pers Mahasiswa ) • LSO SEVENLINE Radio• LSO SENI :• BLIDZ (Fotografi)• GENDHIS (Tari)• HOMEBAND (Musik)• SOCIETO SINEKLUB (Sinematografi)• SOCIOMUSICA CHOIR (Paduan Suara)• LSO OLAHRAGA :• DYNAMITE SOCIAL FC (Sepakbola & Futsal)• WOLF FISIP UB (Basket)

Page 21: kemahasiswaan 2016

PRESTASI KEGIATAN MAHASISWA FISIP UB 2016

• Juara 1 Festival Ilmiah Mahasiswa ( FILM ) 2016 di UNS Surakarta (Allan Dwi Pranata & Kholidil Amin)

• Juara 1 Pivot Pitch Winner BMC ASEAN 2016 (Allan Dwi Pranata)

• Lomba Renang Ma Chung Olimpiad 4 di Universitas Ma Chung Malang, Juara 1 Gaya Ganti Putri 100 M (Fibriani Ratna Marita)

• Juara 1 Debat Kandungan Qur'an Bahasa Inggris cabang Mahasiswa Baru MTQ UB KE 7 TAHUN 2016 (Syahreza Maulana )

• UB. Sebagai Juara Umum PIMNAS yang ke 5 kalinya terakhir diraih pada tanggal 8 s/d 12 Agustus 2016 di IPB Bogor, Mahasiswa FISIP. Juga ikut kejuaraan tersebut.

Page 22: kemahasiswaan 2016