KASUS Subjek_objek PPh 2011

5
PT Advertisment Advisory 2011 Bibliografi Kasus : PT Advertisment Advisory Judul Kasus : PT Advertisment Advisory Tanggal : 15 Agustus 2011 Penyusun : Ni Made Ria, SE.Ak., M.S. Ak. Ruang Lingkup Kasus : Mengidentifikasi dan menganalisa pengkategorian subjek pajak dan objek pajak penghasilan dalam suatu perusahaan. Abstrak : PT Advertisment Advisory (PT AA) merupakan perusahaan jasa konsultasi pemasaran dan periklanan. Pada tahun 2012, Anda selaku staf pajak baru PT AA akan melakukan identifikasi dan analisa pengkategorian jenis subjek pajak dan objek pajak penghasilan, dimana pengkategorian tersebut akan membantu pekerjaan atasan Anda. Masalah-masalah yang berkaitan : 1. Subjek pajak penghasilan untuk Orang Pribadi, Badan dan Bentuk Usaha Tetap 2. Subjek pajak dalam negeri dan subjek pajak luar negeri 3. Perbedaan objek pajak dan bukan objek pajak penghasilan Tingkatan Kasus Konsep : 1 (mudah) Analisis : 2 (mudah) Penyajian : 1 (mudah)

description

KASUS PPh

Transcript of KASUS Subjek_objek PPh 2011

Page 1: KASUS Subjek_objek PPh 2011

PT Advertisment Advisory 2011

Bibliografi Kasus : PT Advertisment Advisory

Judul Kasus : PT Advertisment Advisory

Tanggal : 15 Agustus 2011

Penyusun : Ni Made Ria, SE.Ak., M.S. Ak.

Ruang Lingkup Kasus :

Mengidentifikasi dan menganalisa pengkategorian subjek pajak dan objek pajak penghasilan dalam suatu perusahaan.

Abstrak :

PT Advertisment Advisory (PT AA) merupakan perusahaan jasa konsultasi pemasaran dan periklanan. Pada tahun 2012, Anda selaku staf pajak baru PT AA akan melakukan identifikasi dan analisa pengkategorian jenis subjek pajak dan objek pajak penghasilan, dimana pengkategorian tersebut akan membantu pekerjaan atasan Anda.

Masalah-masalah yang berkaitan :

1. Subjek pajak penghasilan untuk Orang Pribadi, Badan dan Bentuk Usaha Tetap2. Subjek pajak dalam negeri dan subjek pajak luar negeri3. Perbedaan objek pajak dan bukan objek pajak penghasilan

Tingkatan Kasus

Konsep : 1 (mudah)

Analisis : 2 (mudah)

Penyajian : 1 (mudah)

Page 2: KASUS Subjek_objek PPh 2011

PT Advertisment Advisory 2011

PT Advertisment Advisory (PT AA) merupakan perusahaan jasa konsultansi pemasaran dan periklanan yang memberikan jasa pembuatan media-media periklanan untuk perusahaan-perusahaan, serta membuat sequel iklan. PT AA bekerja sama dengan perusahaan di Inggris untuk menggunakan sistem Horizon yaitu sistem untuk melakukan survei atas produk-produk yang digemari, sehingga dengan menggunakan sistem tersebut akan mempermudah penentuan target pemasaran.

PT AA yang beralamatkan di Jl. Printing Raya Jakarta Selatan, didirikan pada tanggal 20 Maret 2003 dan terdaftar di KPP PMA VI dengan nomor NPWP: 01.937.654.0-031.000 dan dikukuhkan sebagai PKP pada tanggal 1 Juli 2006.

Berikut ini adalah susunan pemegang saham PT AA:

International Horizon Inc (Perusahaan Inggris) 30% PT Wira Usaha Indonesia 20% M. Nazir (WNI – Direktur Utama) 15% Diana Nur (WNI – Wakil Direktur) 15% Charlie Sugar (WN Inggris) 10% Koperasi Karyawan PT Wira Usaha Indonesia 10%

Selama tahun 2011, Perusahaan melakukan transaksi-transaksi sebagai berikut:

1. Setiap akhir bulan, PT AA membayarkan gaji dan honorarium karyawan. Karyawan perusahaan terdiri dari:

35 orang konsultan tetap 10 orang konsultan kontrak 10 orang karyawan tetap (untuk tenaga administrasi 3 orang, personalia 3 orang dan

keuangan 4 orang) 5 orang karyawan magang 2 orang komisaris dan 2 orang komite audit 2 orang expatriate, dengan keterangan sebagai berikut:

a. PT AA memperkerjakan Mr. Jonathan sebagai tenaga ahli konsultan survei pemasaran yang merupakan warga Negara Inggris, Mr. Jonathan pertama kali datang di Indonesia pada tanggal 1 Januari 2011 dengan kontrak kerja selama 5 bulan (Januari 2011 – Mei 2011). Pada bulan Mei 2011, Perusahaan tidak berniat untuk memperpanjang kontrak kerja dengan Mr. Jonathan karena telah memiliki tenaga ahli Indonesia yang telah mendapat pelatihan di Inggris.

b. Mr. Hamid (Warga Negara Australia) bekerja sebagai konsultan lepas di PT AA sejak Januari 2011 – Maret 2011. Ternyata pada awal bulan April 2011, kontrak kerja Mr. Abdullah diperpanjang selama 2 tahun, dan pada bulan Juni 2011.

Page 3: KASUS Subjek_objek PPh 2011

PT Advertisment Advisory 2011

Khusus untuk karyawan tetap, komponen gaji terdiri dari: Gaji pokok Tunjangan transport Tunjangan kesehatan Tunjangan PPh Uang lembur

2. Pada bulan Januari 2011, PT AA membagikan seragam kepada seluruh konsultan dan karyawan tetap. Perusahaan juga memberikan seragam satpam untuk kelima petugas keamanan yang bekerja menjaga perusahaan siang dan malam secara bergantian.

3. Perusahaan peduli terhadap pendidikan anak karyawannya, sehingga memberikan beasiswa kepada seluruh anak karyawan untuk mengikuti pendidikan formal 9 tahun.

4. PT AA juga memberikan fasilitas IPHONE untuk jajaran direksi dan komisaris secara cuma-Cuma, hal ini untuk mempermudah pekerjaan mereka.

5. Selama tahun 2011, PT AA menangani klien-klien dengan rincian sebagai berikut: PT AA memberikan jasa pembuatan sequel iklan untuk perusahaan rokok PT Gudang

Gula di daerah Kudus Jawa Tengah. PT AA memberikan jasa riset survei produk baru PT Univera. PT AA juga memberikan jasa survei kepuasan pelanggan untuk PT Jasa Jalan, PT

Angkasa Puri, PT Barokah Indonesia dan PT Cipta Kemilau PT AA memberikan jasa implementasi sistem Survei Horizon untuk:

- PT Unipale Indonesia (merupakan perusahaan Australia yang berafiliasi di Indonesia)

- BUT Xara Company- PT Bank Mandiri Sejahtera- Kantor Sekretariat ASEAN Jakarta

6. Setiap tahunnya PT AA diwajibkan untuk membayar royalti sebesar 5% atas sistem survei Horizon karena di Indonesia sistem tersebut hanya PT AA yang diperkenankan untuk mengembangkan jaringan pengimplementasian sistem SDM tersebut.

7. Pada bulan Agustus 2011, perusahaan mengadakan acara pulang kampung bersama untuk seluruh konsultan dan karyawan. Dalam mendukung acara ini, perusahaan menyewa 2 Bus Big Bird dari PT Blue Bird. Dalam perjalanan, perusahaan juga memberikan bingkisan serta hadiah door prize untuk beberapa karyawan yang akan diundi pada 1 September 2011, tersedia beragam hadiah seperti sepeda motor, televisi, lemari es, dan sebagainya.

Page 4: KASUS Subjek_objek PPh 2011

PT Advertisment Advisory 2011

8. Pada bulan Mei 2011, Perusahaan mengadakan RUPS dan para pemegang saham menyetujui adanya pembagian dividen kepada seluruh pemegang saham sebesar 40% dari laba tahun 2010 serta membagikan bonus kepada karyawan dan tantiem kepada Dewan Direksi dan Komisaris.

9. Secara tidak diduga, pada bulan Juni 2011, PT AA memperoleh hadiah undian berhadiah berupa uang tunai senilai Rp 1M dari PT Bank ACB. Sebagian hadiah undian tersebut disumbangkan oleh PT AA ke badan amil zakat. Sisanya dimasukkan kedalam deposito PT ACB dan perusahaan mendapatkan bunga deposito setiap bulannya.

10. Pada akhir tahun 2011, perusahaan memperoleh keuntungan selisih kurs dikarenakan nilai Rupiah yang terus menguat terhadap mata uang poundsterling Inggris.

Berdasarkan informasi di atas:

1. Analisalah informasi di atas kemudian identifikasikanlah mana yang dapat dikategorikan sebagai subjek pajak penghasilan dan jelaskan jenisnya.Untuk membantu menjawab, dapat menggunakan tabel berikut ini:

Nama Perusahaan/Individu Jenis Subjek Pajak Keterangan/Alasan

2. Identifikasikan pula mana yang dapat dikategorikan sebagai objek pajak penghasilan dan yang bukan