KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI SEBAGAI SUBSTITUSI /Kajian...آ  i KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI...

download KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI SEBAGAI SUBSTITUSI /Kajian...آ  i KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI SEBAGAI

of 64

  • date post

    25-Jan-2020
  • Category

    Documents

  • view

    10
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI SEBAGAI SUBSTITUSI /Kajian...آ  i KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI...

  • i

    KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI SEBAGAI SUBSTITUSI SUSU

    SAPI TERHADAP SIFAT ES KRIM UBI JALAR (Ipomoea batatas)

    Skripsi

    Untuk memenuhi sebagian persyaratan

    guna memperoleh derajat Sarjana Teknologi Pertanian

    di Fakultas Pertanian

    Universitas Sebelas Maret

    Jurusan/Progam Studi Teknologi Hasil Pertanian

    Oleh

    Dewi Pamungkasari

    H0604014

    FAKULTAS PERTANIAN

    UNIVERSITAS SEBELAS MARET

    SURAKARTA

    2008

  • ii

    KAJIAN PENGGUNAAN SUSU KEDELAI SEBAGAI SUBSTITUSI SUSU

    SAPI TERHADAP SIFAT ES KRIM UBI JALAR (Ipomoea batatas)

    yang dipersiapkan dan disusun oleh

    Dewi Pamungkasari

    H0604014

    telah dipertahankan di depan Dewan Penguji

    pada tanggal : 17 Oktober 2008

    dan dinyatakan telah memenuhi syarat

    Susunan Tim Penguji

    Ketua Anggota I Anggota II

    Prof. Ir. Sri Handajani.MS.PhD Dian Rachmawanti.STP.MP. Ir. Choirul Anam.MP NIP. 130 604 192 NIP 132 317 850 NIP 132 316 57

    Surakarta, Oktober 2008

    Mengetahui

    Universitas Sebelas Maret

    Fakultas Pertanian

    Dekan

    Prof. Dr. Ir. H. Suntoro, MS NIP 131 124 609

  • iii

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala limpahan

    rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan

    skripsi yang berjudul “ Kajian Penggunaan Susu Kedelai Sebagai Substitusi Susu

    Sapi terhadap Sifat Es Krim Ubi Jalar (Ipomoea batatas)”.

    Skripsi ini disusun dalam rangka untuk melengkapi persyaratan guna

    memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian pada Program Studi Teknologi

    Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Dalam penyusunan skripsi ini penulis telah banyak mendapat bantuan,

    bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak. Sehubungan dengan hal tersebut,

    maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

    1. Bapak Prof. Dr. Ir. H. Suntoro, MS. selaku Dekan Fakultas Pertanian

    Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    2. Bapak Ir. Kawiji, MP. selaku Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian

    3. Ibu Prof. Ir. Sri Handajani, MS. PhD. selaku Pembimbing Utama sekaligus

    Penguji yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk memberikan

    bimbingan, petunjuk, serta dorongan yang sangat berarti bagi penyusunan

    skripsi ini.

    4. Ibu Dian Rachmawanti A. STP. MP. selaku Pembimbing Pendamping

    sekaligus Penguji yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk

    memberikan bimbingan, petunjuk, serta dorongan yang sangat berarti bagi

    penyusunan skripsi ini.

    5. Bapak Ir. Choirul Anam, MP. selaku Penguji yang telah memberikan

    bimbingan dan masukan yang sangat berarti bagi penyusunan skripsi ini.

    6. Bapak/Ibu Dosen di Program Studi Teknologi Hasil Pertanian yang telah

    mendidik dan membimbing penulis selama menempuh kuliah di Program

    Studi Teknologi Hasil Pertanian.

    7. Semua Teknisi Laboratorium dan Staf Administrasi Program Studi Teknologi

    Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

  • iv

    8. Keluarga tercinta, Bapak, Ibu, Mas Bima yang merupakan sumber inspirasi

    sekaligus pemberi dorongan dan motivasi atas terselesainya skripsi ini.

    9. Mas Sandi....untuk semua bantuan, pengorbanan dan motivasinya selama ini

    dan untuk selamanya.

    10. Temen senasib dan seperjuanganku dalam melakukan penelitian hingga

    menulis skripsi ‛Oneng’ atas kesetiakawanan, bantuan dan kerjasamanya

    selama ini.

    11. Rian, Luki, Mila atas kesetiakawanan bantuan dan kerja samanya selama di

    bangku kuliah.

    12. Teman-temanku semua di Teknologi Hasil Pertanian 2004 atas waktu,

    kerjasama selama di bangku kuliah serta semua kenangan bersama kalian

    semoga akan selalu abadi.

    13. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu atas bantuannya baik

    moril maupun materiil sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

    Dalam penulisan skripsi ini, penulis menyadari masih banyak kekurangan.

    Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun

    dari semua pihak untuk lebih menyempurnakan isi dari skripsi ini sehingga dapat

    lebih berguna dan membantu bagi pihak-pihak yang memerlukannya.

    Surakarta, Oktober 2008

    Penulis

  • v

    ALLoh SWT

    akan meninggikan orang2 yang beriman diantara kamu dan

    orang2 yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat

    (QS. Al Mujadilah 11)

    Lots of thanks to.....

    Alloh SWT... Segala Puji bagi Alloh SWT, yang telah memberikanQ kehidupan yang indah bersama orang2 yang aQ sayangi & menyayangiQ. Kesempatan dan wakTu yang Begitu beRharga, kesabaran serta kemudahan dalam

    menyeLesaiKan MasalaH. Puji Syukur aQ panjatkan PadaMu ya Alloh......

    ALHAMDULILLAH….

  • vi

    akhirnya skripsi-Qu celecai juga, DEWI mo ngucapin banyak terima kasih nich buat cemua

    orang….

    My Lovely Family... SKRIPSI ini kupersembahkan buat keluarga-Qu, Mom…akhirnya aqu bisa

    menyelesaikannya juga. Trimakasih karna slalu dukung dan support aq. Buat

    kakak-Qu mas Bima ayo kapan nyusul buat jadi sarjana???he..he… Aq duluan

    ya mas?ayo semangat!!!

    Dosen2 THP UNS Bu han…. Makasih ya bu dah menjadi dosen pembimbing skripsi

    saya….trimakasih atas masukan dan saran bwat saya… Bu dian… dosen pembimbing keduaQ yang seRu abiz….makacih ya Bu atas

    dukungan dan nasehaTnya slama ini… Pak anam….dosen plus papi-Qu yang paling keren abiz….makacih banget ya pak slama 4 taun lebih udah bimbing Dewi untuk tetep cemangat bikin PKM,

    atas waktu dan bimbingan bapak yang ga’ da habisnya. Makacih juga tlah menjadi dosen penguji skripsi-Qu yang sabarJ

    Pak Baskara….dosen-Qu yang ndut tapi baik hati sekali ma aq, makacih pak atas waktu sharing-nya. n semua dosen THP yg gak bZ saya sebutin satu2, makacih semuanya dah ngasih ilmunya ke saya dan tmen2 smua….jaza kalian

    gak akan tergantikan dengan apapun….

    SOMEONE IN SOMEWHERE, He..he.. buat Honey-Qu makacih buanget yach dah salalu bantuin aq ngelab bikin es krim, nganter ke Jogja buat analisa, nganter ke Semarang Interview kerja, dan masih banyak lagi dech pokoknya. Makacih POPO dah slalu dukung, perhatian dan support aq, makacih atas

    waktunya yang ga bosen-bosennya slalu menemaniku sampai akhirnya SRIPSI ni kelar jugaJ. Ayo Maz kamu pasti juga bisa!!!CEMANGAT YAAJ

    Adek-Qu Rian Kurnia Dwiputra

    makacih banget ya Le dah bantuin aq ngelab, nganter keJogja, slalu jemput kesana dan kesini, he..he… Makacih dah jadi adek-qu yang baek, care,

    perhatian slama 3,5 taun iniJ

    Mila ma Hanung

    sohib-Qu slama 4 taun ini…thanks waktu dan kebersamaannya, akhirnya kita bisa selesai

    juga!!!he..he.. terlalu banyak kenangan jika harus ditulis disiniJ dari kita yang masih culun

    mpe kita sekarang yang dah dewasa, ga nyadar ternyata dah waktunya kita cari kerja!!! Ayo

    cemangat ONENGJ

  • vii

    Ana, Uly, Maz Ico Jeng ana ma mas ico, besok kalo jadi undangannya tak tunggu ya!!!harus mpe langsung lho..

    Uly…ayo kita wisuda bareng bu!

    Refi makacih banget ya buat semuanyaJ Aq ga tau kalo ga da

    kamu gimana jadinyaJ Temen-temen THP angkatan 2004

    makacih ya friend atas bantuan kalian buat ORLEBnya dan makacih atas kebersamaan kalian slama iniJ

    Temen-temen di KOMUNIKASI UNS

    yang udah bantuin aq saat-saat Orleb, menyenangkan sekali kenal dengan kalian semua.

    Special buat Andri & Ricas thanks ya dah bantuin angkat-angkat es krim. He..he..

    TIKA di KOMUNIKASI, thanks prend, karna kamulah aq jadi semangat lagi buat

    ngerjain SKRIPSI, kok bisa kamu yang pendadaran duluan???he..he..

    Temen-teman kos-Qu slama 4 taun ini wah aq akan sangat kesepian kalo dah ga di KOS SUNARJATI lagi,

    hiks33x... ana di teknik, kapan nduk kamu nyusul wisuda??cemangat ya ngerjain TA-nya, Tiko..calon bu guru, Ficka...ayo cepet nyelesein

    skripsinya, jangan pulang mulu dunk,he2; Linda, Indri, Tinie, Refi...adik2 kos-Qu yang masih kecil...jalan kalian masih panjang,He...he... Don’t Give

    Up!!!!!!!OK

    DAFTAR ISI

    HALAMAN JUDUL……………………………………………………......... i

    HALAMAN PERSETUJUAN……………………...………………………... ii

    HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………...... iii

    KATA PENGANTAR….…………………………………………………….. iv

    DAFTAR ISI………..………………………………………………………... v

    DAFTAR TABEL...………………………………………………………….. vii

    DAFTAR GAMBAR.………………………………………………………... viii

    RINGKASAN………………………………………………………………… ix

  • viii

    SUMMARY………………………………………………………………....... x

    BAB I