an Usaha Susu Kedelai

download an Usaha Susu Kedelai

of 11

  • date post

    19-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    227
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of an Usaha Susu Kedelai

PENGEMBANGAN USAHA SUSU KEDELAI MENJADI YOGHURT DAN ES KRIM

Nadya Widanty

(090403017)

MATERI BAHASAN1 2 3 4 5 LATAR BELAKANG PERUMUSAN MASALAH TUJUAN PENULISAN GAMBARAN UMUM USAHA SUSU KEDELAI RENCANA PENGEMBANGAN USAHA SUSU KEDELAI PELUANG DAN RESIKO KESIMPULAN

67

LATAR BELAKANGDunia bisnis selalu berubah dan tidak pernah berhenti mengalami pasang surut. Apapun yang dilakukan dalam mengembangkan bisnis kunci utamanya adalah kreativitas. Kreativitas diperlukan untuk mengembangkan usaha yang tidak laku di pasaran menjadi usaha baru yang lebih kreatif. Salah satu produk yang kurang diminati konsumen adalah susu kedelai. Penyebab susu kedelai kurang diminati yaitu bau langu dan rasa pahit yang ada pada susu kedelai. Oleh karena itu diperlukan kreativitas untuk mengembangkan usaha susu kedelai agar lebih diminati. Berdasarkan uraian di atas, penulis mencoba membahas mengenai penyebab susu kedelai kurang diminati masyarakat serta cara pengembangan usaha susu kedelai menjadi lebih menarik dan diminati.

PERUMUSAN MASALAH

1

2

3

Apa yang menjadi penyebab susu kedelai kurang diminati masyarakat.

Bagaimana proses pengembangan usaha susu kedelai menjadi yoghurt dan es krim.

Apa resiko yang harus diantisipasi dalam pengembangan usaha ini.

TUJUAN PENULISAN

1Mampu menganalisis penyebab susu kedelai kurang diminati masyarakat.

2Mampu memahami dan menjalankan pengembangan usaha susu kedelai menjadi yoghurt dan es krim.

3Mampu menganalisis resiko yang harus diantisipasi dalam pengembangan usaha ini.

GAMBARAN UMUM USAHAFaktor Penyebab Susu Kedelai kurang diminati

Rasa Pahit Bau Langu

Tidak adanya variasi rasa

Penyebab

Kemasan kurang menarik

Kurangnya produk olahan

RENCANA PENGEMBANGAN

YOGHURT

ES KRIM

Seperti halnya susu sapi, susu kedelai juga dapat dibuat menjadi susu asam (yoghurt). Proses pembuatan yoghurt susu kedelai dan kultur (biakan murni) starter yang digunakan pada dasarnya sama seperti pada pembuatan yoghurt susu sapi yaitu dengan menggunakan kultur starter bakteri streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus.

Selain menjadi yoghurt, susu kedelai juga dapat diolah menjadi es krim. Peluang usaha es krim cukup menarik di Indonesia dikarenakan: 1. Sebagai Sajian Pendamping 2. Iklim Indonesia yang panas 3. Memulai Usaha Es Krim Sangat Mudah 4. Semua kalangan suka es krim

PELUANG DAN RESIKOYoghurt Susu Kedelai

Kelebihan Usaha Yoghurt memiliki kandungan gizi tidak kalah dengan produk-produk susu lainnya. Hal ini menyebabkan semakin banyak orang yang rutin mengkonsumsi yoghurt dan dapat dijadikan peluang bisnis

Kekurangan Usaha Yoghurt termasuk ke dalam kelompok makanan/minuman yang tidak bisa bertahan lama, sehingga kualitas akan menurun jika tidak habis terjual dan terlalu lama disimpan.

Pemasaran Mayoritas konsumen yoghurt adalah anak anak dan remaja. Sehingga cocok dipasarkan di sekitar sekolah, tempat les dan kursus, serta kampus, tempat rekreasi dan mal.

PELUANG DAN RESIKOEs Krim Susu Kedelai

Kelebihan Usaha Usaha es krim masih diminati konsumen sampai kapan pun, oleh karena itu untuk memulai ini tidak sulit karena minat konsumen masih besar dan peluang pasarnya pun masih luas.

Kekurangan Usaha bisnis ini mengandalkan freezer untuk mengawetkan produknya, jika mati lampu freezer tidak dapat difungsikan maka es krim akan mencair dan merusak bentuk es krim.

Pemasaran Untuk pemasaran bisnis ini tidak terlalu susah, karena es krim banyak dicari para konsumen. Pemasaran dapat dilakukan tempat ramai seperti di taman, sekolah, kampus, tempat bermain dan mal.

KESIMPULAN Penyebab susu kedelai kurang diminati yaitu adanya bau langu, rasa pahit, kemasan kurang menarik dan tidak adanya variasi rasa maupun produk olahan dari susu kedelai. Susu kedelai dapat diolah menjadi berbagai variasi produk yang lebih menarik yaitu yoghurt dan es krim susu kedelai.

12 3

Usaha yoghurt dan es krim ini memiliki peluang bisnis yang menjanjikan namun juga memiliki resiko yaitu usaha ini mengandalkan freezer dalam hal pengawetan produk sehingga apabila freezer tidak berfungsi maka produk ini akan rusak dan tidak segar lagi.

?