Ditangguhkan Atau Phk

download Ditangguhkan Atau Phk

of 68

  • date post

    10-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    296
  • download

    5

Embed Size (px)

description

Kadin Indonesia dan Apindo mendirikan pos pengaduan untuk menampung perusahaan yang akan mengajukan penangguhan upah 2013.Buruh pun bersiap melakukan kembali demo besar-besaran.

Transcript of Ditangguhkan Atau Phk

  • 10-16 DESEMBER 2012 MAJALAH EKONOMI & BISNIS

    15 TAHUN II

    RP 20.000

    BOENJAMIN SETIAWAN : BERMULA DARI OBAT CACING

    MRT: MASIHRAPAT TERUUUSSS

    LIFE STYLE : MEMBURU MOBIL SUPER MAHAL

    1 Cover 15.indd 1 08/12/2012 15:29:14

  • iklan iklan.indd 4 9/29/2012 7:57:32 PM

  • 4 inilahREVIEW 15 Tahun II | 10-16 Desember 2012

    Mailbox

    Cover: fonda lapod

    inilahREViEW

    pEndiRi: Muchlis hasyiM

    pEmimpin UmUm/pEmimpin REdaksi:

    andi suruji

    Wakil pEmimpin REdaksi: BaMBang aji setiady

    REdaktUR EksEkUtif: tri juli sukaryana,

    latihono sujantyo

    REdaktUR sEnioR: Budi kusuMah

    REdaktUR: derek Manangka,

    sigas, setiyadi, Fonda laPod,

    iwan Purwantono, kukuh BhiMo nugroho,

    REpoRtER: MahBuB junaidi, Vinsensius segu

    REdaktUR foto: dahlan reBo Pahing

    fotogRafER: wirasatria, aseP rochyadi

    REdaktUR dEsain: erBhayu Prananta

    dEsain & layoUt: yayan taryana,

    raMawijaya, ade Moh soFyan

    RisEt: Mahario, tri handika, aditya B

    sEkREtaRis REdaksi: dwiyacita listosari

    Unit Usahapjs pEmimpin pERUsahaan: FahMi alaMsyah

    gEnERal managER: sjariFuddin

    managER kEUangan: FahMi alaMsyah

    managER iklan: alVin alVerdian

    accoUnt ExEcUtiVE: selVi (aVi), aida iryani

    siRkUlasi: herry chatiB

    tata Usaha: nonon PriMayani Putri,

    pEnasEhat hUkUm: lucas sh & Partners

    alamat REdaksi dan Usaha: jl. sungai saMBas

    Vi/12, keBayoran Baru-jakarta selatan 12130,

    tel 021 72787313, 72787316, Fax. 021 7210976

    pEnERbit: Pt Media Berita indonesia

    distRibUsi: three Mandiri (3M)

    http://www.inilah.com/ireviewinilah group : n portal news: www.inilah.coMn portal news : www.inilahjabar.coM n surat kabar : inilah koran

    n portal news : www.jakartapress.coM

    majalah ekonomi dan bisnis

    10-16 desember 2012 mAJALAH eKONOmI & bIsNIs

    15 Tahun II

    RP 20.000

    Boenjamin Setiawan : BeRmula daRi oBat CaCing

    MRT: MasIhRapaT TeRuuusss

    life Style : memBuRu moBil SuPeR mahal

    Bubarkan Liga (Berlagak) Profesionalselasa 4 desember lalu publik sepakbola Indonesia dikejutkan dengan meninggalnya pemain sepakbola asal paraguay, diego Mendeita. Mengejutkan karena pemain persis solo yang berlaga di kompetisi bawah pT liga Indonesia itu meninggal tanpa perawatan dan perhatian yang cukup.

    Klub tempat ia bernaung masih me-nunggak gajinya selama empat bulan seki-tar rp 120 juta. Ironisnya, klub seperti lepas tanggung jawab terhadap Mendeita ketika ia menjalani pengobatan di rumah sakit Moewardi, solo.

    peristiwa ini bukan saja memilukan se-cara kemanusiaan, tapi juga menimbulkan tanda tanya besat menyangkut profesiona-lisme klub dan liga. sekalipun di Indonesia sudah digembar-gemborkan adanya liga profesional, namun sejatinya tidak ada liga profesional yang sesungguhnya. Yang ada baru sebatas liga berlagak profesional.

    Ya, baik liga yang digelar pT liga Indo-nesia maupun pT liga prima Indonesia, semuanya baru liga berlagak profesional. Klub-klub yang berkompetisi di bawahnya pun tak ada yang profesional, kalau diukur dengan stardar-standar profesional. Karena

    itu bubarkan saja liga-liga abal-abal itu. se-tidaknya, kalau memang belum profesional, baik penyelenggara liga maupun klub-klub, jangan mendeklarasikan diri sebagai liga profesional dan mendatangkan pemain a-sing.

    ferdI guMIlangCakung, Jakarta Timur

    Meminta KPK Lebih Berani ManTan menteri jadi tersangka kasus ko-rupsi sudah pernah ada sebelumnya, tapi menteri aktif ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi, baru kali ini terjadi. KpK pekan lalu menetapkan Menpora andi Mallarangeng sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan kompleks olahraga Hambalang, Bogor.

    Kita memberi apresiasi kepada kebera-nian KpK. Jika sebelumnya baru lingkaran legislatif yang disentuh, saat ini sudah ma-suk ke lingkaran top eksekutif, yakni ang-gota kabinet. Tentu ini langkah maju karena publik meyakini korupsi kelas berat justru ada di eksekutif, karena mereka lah kuasa pengguna anggaran.

    Masih banyak kasus yang belum dita-ngani secara memuaskan. BlBI, Century, dan banyak kasus lain membutuhkan kebera-nian lebih dari KpK. Karena ini menyangkut eksekutif top level yang tentu saja memiliki power yang lebih hebat. Beranikah KpK ma-suk ke inti utama lingkaran kekuasaan?

    saya sebagai anggota masyarakat tentu ingin KpK lebih berani. KpK harus meng-ambil tanggung jawab atas ekspektasi publik terhadap lembaga ini. ada banyak kejahatan korupsi yang tak tersentuh, dan keberanian KpK melakukannya sangat di-harapkan. Maju terus KpK.

    suJadIonoKemayoran, Jakarta pusat

    Layanan Birokrasi DKI Masih BurukguBernur baru dKI Jakarta Joko Widodo mere-formasi birokrasi di lingkungan pemerintahan provisni layak diacungi jempol. Jokowi pernah me-lakukan sidak langsung hingga ke kelurahan dan kecamatan untuk memastikan layanan dilakukan dengan baik dan bebas pungli.

    Tapi, langkah Jokowi itu tidak serta merta membuat mental korup pejabat birokrasi berubah. Mental korup masih terjadi hingga tingkat pe-merintahan yang paling bawah. Contoh kecil saja pengurusan KTp. pungli sudah dimulai dari tingkat rT hingga ke kelurahan. Itulah yang saya alami saat mengurus pembuatan KTp di Kelurahan Mangga-rai, Tebet, Jakarta selatan.

    saya yakin, praktik ini juga masih terjadi di kelu-rahan-kelurahan lain di Jakarta. Banyak anggota ma-syarakat yang kesulitan, di-pingpong, dibuat tidak terlayani, yang ujung-ujungnya hanyalah soal ang-pao. pungli sulit dihapus karena ini sudah menjadi sumber ekonomi kalangan birokrat.

    sidak Jokowi tidak akan cukup mereformasi biro-krasi yang buruk itu. Butuh langkah yang bukan seka-dar inspeksi yang serba mendadak itu. Yang menda-dak hanya akan melahirkan situasi yang mendadak pula. Mendadak baik, mendadak melayani dan seba-gainya. Tapi, seketika pula kembali mendadak buruk, mendadak pungli dan seterusnya. Kepada gubernur Jokowi tolong dibentuk intel birokrasi untuk membe-reskan ini semua. Terimakasih.

    anJar asTaManManggarai, Jakarta selatan

    SuratMIngguInI

    raLatraLat KeSaLahan Fotopada artikel berjudul KFC Ingin Berdiri Sen-diri yang dimuat di halaman 23 pada maja-lah ini edisi 14 Tahun II, terdapat kesalahan pada pemuatan foto ilustrasi. pada ilustrasi yang menyertai artikel itu termuat foto se-buah gerai CfC. seharusnya, foto ilustrasi yang dimaksud adalah gerai KfC.

    Kami memohon maaf atas kesalahan tersebut.

    redaksi

    seharusnya

    Terpasang

  • 22 | profil Boenjamin Setiawan Bermula dari OBat CaCing Pekerjaan sebagai dokter dan dosen ditinggalkan Boen agar bisa membuat obat murah. Berawal jualan obat cacing, kini kekayaannya rp 22,3 triliun.

    31 | sisipan mRt=maSih Rapat teRuuuSSS Proyek rp 17 triliun, yang sudah direncanakan sejak zaman gubernur Sutiyoso itu, masih maju mundur. Banyak yang harus dihitung ulang agar Pemprov tidak terlalu tekor.

    40 | GaYa HiDUp memBuRu moBil SupeR mahal indonesia diam-diam menjadi pasar yang seksi bagi mobil-mobil super mahal. Sejumlah mobil premium tahun depan disebutkan bakal masuk dan ditawarkan ke orang- orang super kaya di negeri ini.

    CONTENTREVIEW

    16 | nasional GeRtakan tuRki SetenGah hati turki mengancam membawa masalah bea masuk 20% tepung terigu ke WtO. Sementara indonesia bermimpi menjadi produsen terbesar di asia timur.

    24 | Bisnis sepekan licon Perusahaan minyak Kelas dunia linternet Plus Berbonus tV Kabel lramai-ramai tambah Kursi lPenerimaan Pajak Jeblok lagi

    26 | Bisnis Bumi makin panaS Setelah grup Bakrie, akun email milik Chairman Bumi Plc, Samin tan, dirusak dan disadap. Banyak yang curiga, ini permainan nathaniel rothschild.

    4 | mailBox8 | editorial

    manajemen Bola46 | internasional Obral aset Cara Yunani 52 | Hukum Siapa Setelah andi?

    56 | keuangan dan perbankan tak ada dividen dari Bank Buram60 | pasar Modal Saatnya investor uji nyali66 | kolom Petani tua, Warren Buffett,

    dan lo Kheng Hong

    38 | fiGUr Ratu tika BRavani agar taK aSal taYang usia muda prestasi luar biasa. itulah ratu tika Bravani, yang kini baru menginjak usia 22. gelar terbaik di ajang bergengsi penghargaan film nasional sudah dua kali diraihnya. terakhir, dara kelahiran denpasar itu, menyabet Piala Vidia untuk kategori Pameran Pembantu Wanita terbaik. Sebelumnya pada 2010, dia menjadi aktris pemeran utama terbaik Piala Citra.

    DitanGGuhkan atau phkKadin indonesia dan apindo mendirikan pos pengaduan untuk menampung perusahaan yang akan mengajukan penangguhan upah 2013. Buruh pun bersiap melakukan kembali demo besar-besaran.

    LaporanUtama

  • 6 inilahREVIEW 15 Tahun II | 10-16 Desember 2012

    V VV V

    V VV V

    Tersangka Korupsi, Andi Mallarangeng Mundur Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng mengundurkan diri. Alasannya, tidak ingin menjadi beban bagi pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Andi sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus proyek Hambalang.

    Persoalan hukum yang terkait dengan saya adalah tanggung jawab saya pribadi yang akan saya hadapi sebaik-baiknya, kata Andi di kantornya, Jakarta, Jumat (7/12/2012). n

    Ulah Aceng Fikri Menuai KecamanPerniKAHAn kilat Bupati Garut Aceng HM Fikri menuai kecaman dari berbagai kalangan, bahkan dari anggota DPr ri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Aceng dianggap merendahkan martabat perempuan.

    DPrD Garut juga membentuk Pansus untuk mengusut kasus tersebut. Desakan mundur dan pemecatan juga disampaikan warga Garut. Aceng menikahi Fany Oktarina, gadis berusia 18 tahun, dan menceraikannya k