CORELDRAW X5

download CORELDRAW X5

of 16

  • date post

    26-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    50
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of CORELDRAW X5

CORELDRAW X5 - MEMBUAT BARCODE23:33*Ahsan2 commentsBarcode adalah kode yang berisi informasi yang terbaca oleh mesin (machine readable). Barcode pertama kali diperkenalkan oleh dua orang mahasiswa Drexel Institute of Technology Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland di tahun 1948.

Sampai saat ini barcode masih banyak dipakai dan banyak kita temui pada bungkus-bungkus mie instan, makanan kaleng dan lain sebagainya. Muncul sebuah pertanyaan,gimana sihcara membuat kode-kode barcode?

CorelDraw X5 memberikan fasilitas untuk memudahkan kita membuat barcode. Untuk masalah bisa terbaca atau tidaknya di mesin barcode saya masih belum bisa memastikannya. Tapi, minimal kita bisa membuat kode persis dengan barcode yang ada selama ini.

Untuk lebih lanjut, ikuti langkah-langkah berikut:1. KlikEditpada menu bar >Insert Barcode.

2. Pilih type barcode yang Anda inginkan, tuliskan nomor yang ingin Anda buat barcode >Next.

3. Tentukan pengaturan sesuai keinginan Anda >Next.

4. Pilih font yang sesuai >Next.

5. Bisa Anda lihat, barcode sudah muncul di halaman CorelDraw X5 Anda.

CORELDRAW X5 - FOUNTAIN FILL06:25*AhsanNo commentsFountain Fill adalah suatu teknik pewarnaan yang dimiliki oleh CorelDraw X5. Kita bisa memilih teknik pewarnaan sesuai yang kita inginkan. Terdapat berbagai macam type yang dimiliki Fountain Fill, seperti: Linear, Radial, Conical, ataupun Squre.

Mau tau apa lebih lanjut itu Fountain Fill?

1. Sebagai contoh disini saya menggambar sebuah kotak berwarna biru. Klik pada kotak tersebut.

2. Klik iconFill Tool>Fountain Fill. Atau bisa juga dengan menekan shortcut F11.

3. Kemudian tentukan typeFountain Fillyang Anda inginkan. Anda bisa memilih typeLinear, Radial, Conical, ataupun Square. Kemudian klikOK.

4. Ini hasilFountain Filldengan typeLinear.

5. Ini hasilFountain Filldengan typeRadial.

6. Ini hasilFountain Filldengan typeConical.

7. Ini hasilFountain Filldengan typeSquare.

Setelah kita belajarmemasukkandanmengaturbangun di dalam wadah, sekarang kita akan belajarExtract Contents; yaitu mengeluarkan bangun dari dalam wadah.

Caranya hampir sama denganCorelDraw X5 - PowerClip - Edit Contents (Mengatur di dalam wadah), tetapi lebihsimple.

Ikuti langkah-langkah berikut:1. Klik kanan bangun dalam wadah >Extract Contents.

2. Maka Anda sudah melihat bangun tersebut sudah berada di luar wadah.

Mudah sekali kan. Insya Allah dengan trik memasukkan (Place Inside Container), mengatur (Edit Contents) dan mengeluarkan (Extract Contents), Anda sudah menguasai trikPowerClip.

Sekarang tugas Anda hanya berkreasi dengan desain-desain Anda. Selamat mencoba!!!Melanjutkan pembahasan sebelumnyaCorelDraw X5 - PowerClip - Place Inside Container (Memasukkan ke dalam Bangun), sekarang kita akan membahas bagaiman cara mengatur bangun pertama di dalam bangun kedua (wadah).

Terkadang Anda tidak menginginkan bangun yang pertama tepat di tengah, melainkan agak ke kiri, kanan, atas ataupun bawah.

Nah, sekarang kita akan mengedit bangun pertama (bangun di dalam wadah) sesuai dengan keinginan kita.

Berikut langkah-langkahnya:1. Klik kanan pada bangun pertama yang sudah di masukkan ke dalam bangun kedua (wadah) >Edit Contents.

2. Atur bangun tersebut sesuai dengan keinginan Anda >Finish Editing This Level.

3. Anda akan melihat bangun tersebut sudah bertempat sesuai dengan yang Anda inginkan.

Place Inside Container berarti menempatkan sesuatu ke dalam sebuah wadah. Bisa juga dengan kata lain kita mengatakan memasukkan ke dalam suatu bangun, karena pada dasarnya kita ingin memasukkan sebuah bangun / gambar pertama ke dalam bangun kedua (bisa juga disebuh wadah).

Cara ini seringkali dipakai para desainer untuk membuat desainnya pada CorelDraw X5. Selain terlihat lebih rapi, cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

Coba perhatikan dengan seksama langkah-langkah di bawah ini:Sebagai contoh disini saya memiliki dua bangun. Bangun yang pertama berupa lingkaran berwarna merah dan bangun yang kedua berupa persegi tanpa warna (disebut wadah).

Caranya:1. Klik bangun yang pertama (lingkaran berwarna merah).

2.Effects > PowerClip > Place Inside Container. Bisa juga dengan shortcutAlt > C > W > P.

3. Klik bangun persegi (wadah). Pada bagian ketiga ini Anda memasukkan lingkaran merah ke dalam persegi.

4. Anda akan melihat hasilnya, lingkaran berwarna merah sekarang sudah berada di dalam persegi.

Meneruskan pembahasan selanjutnya tentang CorelDraw X5, kali ini kita akan membahas cara membuat garis melengkung pada CorelDraw.

Ikuti langkah-langkahnya:1. Buatlah garis lurus dengan mengklikFreehand tool (F5).

2. Kemudian klikShape Tool (F10) >klik sekali pada garis tersebut > klikConvert to curve tool.

3. Maka pada garis tersebut akan muncul garis titik-titik.

4. Langkah yang terakhir, tarik garis lurus itu ke atas, sehingga garis tersebut menjadi melengkung.

CORELDRAW X5 - EXPORT TO JPEGUntuk membuka file CorelDraw X5 membutuhkan waktu yang lama, oleh karenanya agar cepat membuka desain yang sudah kita buat hendaklah langsung di export ke format JPEG. Karena dengan format JPEG, selain cepat untuk di lihat file tersebut juga mempunyai kapasitas yang lumayan minim dibandingkan dengan CorelDraw X5.

Mau tau caranya?1. Buat desain yang Anda inginkan. Sebagai contoh disini saya membuat kotak berwarna biru. Kotak berwarna biru yang masih di dalam file CorelDraw X5 ini ingin saya export ke format JPEG.

2. Klik pada bangun yang ingin Anda Export. Kalau desain yang Anda buat terdiri dari beberapa bangun hendaklah AndaGroupsemua bangun tersebut atau Anda block semua desain Anda dengan shortcut Ctrl + A.3. KlikFile>Export. Atau bisa dengan shortcutCtrl + E.

4. Maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. IsiFile Name. Sebenarnya Anda tidak hanya bisa mengexport ke format JPEG saja. CorelDraw X5 juga menyediakan export ke format PNG, PDF, AI, CPT dan lain sebainya.

Beri tanda chek padaDo not show filter dialogapabila Anda tidak ingin mengedit kualitas gambar. Sebagai contoh disini saya akan menghilangkan tanda check padaDo not show fileter dialogkarena saya akan mengedit kualitas gambar.

KlikExport.

5. Setelah Anda klikExportmaka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Atur kualitas gambar pada kotakQuality. Anda bisa memilihhighest,high,medium,low,lowest.

Dan juga atur pada kotakResolution. Anda bisa memilih72 dpi,96 dpi,100 dpi,150 dpi,200 dpi, atau300 dpi. Semakin besar angka yang Anda pilih, semakin bagus juga kualitas gambar.

Kemudian klikOK.

CORELDRAW X5 - MEMBUAT BAYANGANUntuk membuat bangun atau gambar semakin hidup, maka kita perlu membuat bayangan di belakang bangun tersebut. Dengan disesuaikan dengan arah bayangan yang datang dan transparency yang sesuai maka bangun tersebut akan terlihat hidup dan enak dipandang.

Baiklah, kali ini kita akan memulai pembahasan kita tentang cara membuat bayangan pada CorelDraw X5. Caranya hampir sama seperti pada CorelDraw versi sebelumnya.

Berikut langkah-langkahnya:1. Buat bangun yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya membuat bangun lingkaran dengan warna hijau

2. Klik pada bangun yang Anda buat > Klik iconDrop Shadow.

3. Pilih style bayangan yang Anda inginkan. Sebagai contoh di sini saya memakai styleFlat Top Rightyaitu membuat bayangan pada kanan atas bangun tersebut.

4. Anda bisa lihat hasilnya. Bayangan pada kanan atas bangun lingkaran berwarna hijau sudah terlihat. Sangat mudah kan!