Coal Homework2

download Coal Homework2

of 4

  • date post

    18-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    213
  • download

    0

Embed Size (px)

description

About coal

Transcript of Coal Homework2

  • COAL EXPLORATION PROJECT (HOMEWORK 2)

    *****

    Skenario: Di tahun 2015, anda adalah seorang geoscientist yang baru saja bergabung dengan perusahaan tambang terbesar di America dan memiliki gaji $15K per bulan. Manager anda menempatkan anda dalam tim eksplorasi lapangan LOTUS, sebuah lapangan batubara yang diharapkan berprospek ekonomis. Dari interpretasi survey geofisika (gravitasi dan geolistrik dangkal) sebelumnya, diperkirakan terdapat lapisan batubara yang melampar luas dan struktur geologi kompleks yang disinyalir berperan penting dalam perubahan kematangan batubara. Manager perusahaan meminta anda mengevaluasi lapangan LOTUS dari sisi geologi dengan menggunakan 5 data yang tersedia:

    1. Peta Topografi Lapangan Lotus 2. Peta %Ro (Vitrinite Reflectance) Lapangan Lotus 3. Cross Section Geologi A-A 4. Cross Section Geologi B-B 5. Data asli yang berisi posisi UTM (x,y), nilai ketinggian topografi (m), dan nilai %Ro

    dalam spreadsheet excel (bisa diakses di http://www.mediafire.com/view/?h949kh4a0go9fmt )

    Pertanyaan dari sisi eksplorasi yang harus mampu anda jelaskan adalah:

    1. Geokronologi lapangan LOTUS berdasarkan sayatan geologi A-A dan B-B. 2. Hubungan geomorfologi (topografi) versus %Ro lapangan LOTUS. 3. Derajat kematangan batubara apakah dikontrol oleh kedalaman? Ataukah dikontrol

    kejadian geologi tertentu? Ataukah kombinasi? Ataukah ada faktor eksternal lain? Setelah anda menjawab 3 pertanyaan di atas, seorang geologist senior perusahaan mempertanyakan penjelasan geokronologi anda. Menurutnya, cross section A-A dan B-B tidak logis pada beberapa aspek tertentu. Anda harus mampu menjelaskan:

  • 4.a. Bila anda setuju dengan geologist senior ini, jelaskan mengapa? b. Bila anda tidak setuju dengan geologist senior ini, jelaskan mengapa?

    Kemampuan anda dalam meinterpretasi peta dan data tersebut diatas sangat menentukan keberhasilan tim eksplorasi perusahaan dalam menentukan cadangan volume batubara.

    5. Bila anda diberikan kesempatan untuk meminta tambahan data apapun yang dapat anda gunakan untuk mendukung interpretasi, data tambahan apa saja yang anda inginkan? Jelaskan.

    Tuliskan lima jawaban anda secara komprehensif dalam format essay (tulis tangan). Laporan dijadikan satu dengan laporan homework 1. Warna cover abu-abu. Laporan homework II bernilai 40% dari total nilai acara VIII, jadi mohon dikerjakan dengan detail, teliti, independent, dan sungguh-sungguh. Plagiarism leads to zero point. Referensi yang bisa digunakan (ada di perpus GF/Geologi):

    Thomas, L., 2002, Coal Geology, England: John Wiley & Sons, Ltd

    ****

  • Peta Topografi Lapangan Lotus

    Peta %Ro (Vitrinite Reflectance) Lapangan Lotus

    N

    Fitrul Islam

    N

    Fitrul Islam

  • Cross Section A-A

    Cross Section B-B

    fitrul_islam

    Coal

    fitrul_islam

    Coal