coal to olefin

download coal to olefin

of 16

  • date post

    02-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    17
  • download

    4

Embed Size (px)

description

energi terbaharukan

Transcript of coal to olefin

Proses Industri Petrokmia

Proses Industri PetrokmiaKelompok 7:Andan RismaHeri PaskiSaepullohSaidahYayan IndrayaniSejak 2008, telah diumumkan bahwa produksi dalam pengolahan pabrik petrokimia telah berubah diseluruh dunia sehingga menjadi bahan baku dan teknologi yang berkembang.

Perubahan supply telah beberapa langkah maju kedepan, dimulai dengan Amerika Utara. Penggunaan teknologi non-konvensional untuk mengembangkan sumber bahan baku dalam peningkatan ketersediaan gas dan mengurangi harga gas secara signifikan. Pergeseran kilang minyak Amerika Utara yang mengarah pada paraffinic crudes menyebabkan aromatik menjadi lebih mahal.

Sementara, Cina mengkomersialkan teknologi Coal-to-Olefins (CTO) dan Methanol-to-Olefins (MTO) sebagai tambahan sumber pasokan olefin yang baru.

SejarahEhylene (IUPAC name: ethene) adalah senyawa hidrokarbon dengan komposisi C2H4 atau H2C=CH2. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang tidak berwarna, mudah terbakar, kental dan manis, mudah larut dalam air, memiliki titik didih relatif tinggi dan titik beku rendah. Senyawa ini sering digunakan sebagaipelarut.EthyleneCTO ( Coal to Olifen) adalah proses pengubahan batubara menjadi olifen. Pengkonversian batubara menjadi (etilen dan propilen) merupakan proses multi-step, multi-industry yang dikembangkan oleh negara Cina.

CTOProses tersebut dikembangkan di Cina dan sudah mulai dikembangkan oleh negara-negara maju lainnya.Proses singktanya, pertama batu bara di konversi menjadi syngas, lalu syngas di konversi menjadi metanol, metanol kemudian di konversi menjadi olefin.

Diagram Alir Konversi Metanol menjadi Olefin

Langkah Umum Proses Coal to Olefins

Dari data tahunan, Cina mengalami kenaikan yang sangat signifikan pada pertumbuhan rata-rata etilen, yaitu 12% pertahun antara 2005 dan 2013 untuk pengembangan produksi domestic seperti polietilen.

Hal ini dapat menekan pertumbuhan rata-rata dunia dalam industri petrokimia. Imbasnya, Cina akan mengalami peningkatan pasokan global yang sangat signifikan.Bahan Baku Etilen Global

Bahan Baku Etilen Cina

Menurut HIS, kapasitas produksi etilen di Cina pada akhir tahun 2013 adalah 17.8 juta ton atau 11.6 % dari total kapasitas dunia.

Dari analisa, permintaan terhadap produk etilen akhir diharapkan akan tumbuh sekitar 2 persen pertahun di Amerika Utara (mungkin lebih) jika trend kedepan mengarah kepada reindustial yang berkelanjutan di Amerika Utara, tapi masih jauh di bawah 64% kenaikan kapasitas regional.Grafik Perbandingan Kapasitas Pengembangan di Timur Tengah vs Kapasitas Pertokimia lainnya

Grafik Perbandingan Batubara Berdasarkan Produksi Tahuan

Defisit Etilen Berdasarkan Penggunaan Etilen Final dan Produksi Pabrik