BUKU Lampiran berupa foto atau dokumentasi penunjang, biodata ketua dan anggota tim, biodata dosen...

download BUKU Lampiran berupa foto atau dokumentasi penunjang, biodata ketua dan anggota tim, biodata dosen pembimbing,

of 15

  • date post

    27-Dec-2019
  • Category

    Documents

  • view

    1
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of BUKU Lampiran berupa foto atau dokumentasi penunjang, biodata ketua dan anggota tim, biodata dosen...

  • BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL 2019 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang

    A. Nama Kegiatan

    Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi Tingkat Nasional Tahun 2019

    B. Tema

    Optimalisasi Peran Mahasiswa Bidikmisi dalam Mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Revolusi Industri 4.0

    C. Sub Tema

    1. Inovasi di bidang Ekonomi

    2. Inovasi di bidang Sosial Budaya

    3. Inovasi di bidang Kesehatan

    4. Inovasi di bidang Teknologi

    5. Inovasi di bidang Pendidikan

    6. Inovasi di bidang Pertanian

    7. Inovasi di bidang Energi

    8. Inovasi di bidang Lingkungan

    D. Sifat Tulisan

    1. Paper dapat menggambarkan gagasan yang kreatif sesuai dengan tema dan memiliki kebermanfaatan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Revolusi Industri 4.0

    2. Paper bersifat asli (orisinil) dan belum pernah dikompetisikan dan dipublikasikan pada gelaran kompetisi yang serupa/sejenis.

    3. Paper bersifat objektif dan inovatif, memiliki landasan teori yang jelas dan realistis, serta didukung oleh fakta yang aktual.

    4. Paper dapat berupa tulisan berdasarkan hasil kajian kepustakaan, hasil pengamatan, interview, dan hasil penelitian.

    5. Paper ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).

    6. Penulisan paper dilakukan secara sistematis dan logis sesuai dengan sistematika kepenulisan yang ditetapkan panitia lomba.

    z

  • BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL 2019 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang

    E. Ketentuan Peserta

    1. Peserta terdaftar sebagai mahasiswa aktif (D3/S1) penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia yang dibuktikan dengan surat keterangan pernyataan sebagai penerima Bidikmisi.

    2. Lomba bersifat kelompok, tim peserta terdiri dari minimal 2 mahasiswa dan maksimal 3 orang mahasiswa dengan 1 orang sebagai ketua tim (wajib mahasiswa Bidikmisi) dan yang lain sebagai anggota kelompok bisa berasal dari program studi/fakultas berbeda tetapi masih dalam satu perguruan tinggi yang sama.

    3. Dalam satu tim peserta lomba diperbolehkan mengajak mahasiswa non penerima Bidikmisi namun dengan ketentuan mahasiswa penerima Bidikmisi sebagai ketua tim pengusul (minimal terdapat satu mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi dan menjadi ketua tim).

    4. Seorang mahasiswa penerima Bidikmisi hanya diperkenankan bergabung dalam dua tim yang berbeda dengan ketentuan hanya boleh menjadi ketua pada salah satu tim atau menjadi anggota pada keduanya.

    5. Setiap tim wajib dibimbing oleh satu orang dosen pembimbing. 6. Tim yang telah mendaftarkan diri tidak diperkenankan untuk mengganti

    anggotanya selama rangkaian kegiatan. 7. Karya tulis yang dibuat berisi pemecahan atas solusi yang konstruktif dari

    permasalahan yang diangkat oleh tim. 8. Karya tulis yang dikirimkan bersifat asli (orisinil) dan belum pernah

    dikompetisikan dan dipublikasikan pada gelaran kompetisi yang serupa/sejenis. 9. Karya tulis yang terbukti plagiasi akan dikenakan sanksi berupa pengurangan nilai

    oleh dewan juri lomba dan akan dipublikasikan di seluruh media sosial Formadiksi UM

    10. Keputusan juri mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat

    F. Ketentuan Lomba

    1. Setiap tim yang dinyatakan lolos seleksi abstrak berhak melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pengiriman dan pengumpulan full paper (9 Juli - 9 Agustus 2019) dan membayar biaya registrasi sebesar Rp. 120.000,00/tim ke No. Rekening

    2. Peserta yang telah mengirimkan full paper dan membayar uang registrasi wajib mengkonfirmasi melalui pesan singkat dengan format “Registrasi LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019/Nama Ketua/Asal Perguruan Tinggi/Universitas/Sub Tema 3 Kata Awal Judul Paper/Waktu Pembayaran ke Ayuneng Indah Moliani (0895369606616)”. Contoh: “Registrasi LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019/Ricky Hidayat/Universitas Negeri Malang/Inovasi di Bidang Energi Pengembangan Energi Biomassa/23 Agustus 2019 Pukul 10.00 WIB"

    3. Peserta yang lolos seleksi abstrak dan telah mengirimkan full paper akan mendapatkan e-sertifikat.

    BRI: 1229-01-005201-53-9 a.n Ayuneng Indah Moliani.

  • BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL 2019 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang

    4. Karya tulis dikirimkan dalam bentuk softcopy dengan ketentuan sebagai berikut:

    a. Full paper yang dikirimkan dalam bentuk PDF siap cetak (cover hingga lampiran dalam satu file).

    b. Untuk melengkapi registrasi peserta LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019, paper yang dikirim juga menyertakan dokumen-dokumen berikut:

    1. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) setiap anggota dalam satu tim, sebanyak satu buah dengan format jpg atau jpeg.

    2. Scan bukti pembayaran dengan format jpg atau jpeg.

    3. Foto masing-masing anggota dalam satu tim dengan ukuran setiap foto maksimal 1 MB dengan format jpg atau jpeg (Nama file foto diberi nama peserta).

    4. Scan surat keterangan Mahasiswa Bidikmisi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi asal peserta.

    5. Semua berkas yang akan dikirim dijadikan satu file dalam bentuk rar dan dikirimkan ke alamat email formadiksi@um.ac.id dengan format subjek dan nama file “Full Paper LKTI Formadiksi UM 2019 Nama Ketua Asal Perguruan Tinggi/Universitas Sub Tema 3 Kata Awal Judul Paper”. Contoh: Full Paper LKTI Formadiksi UM 2019 Ricky Hidayat Universitas Negeri Malang Inovasi di Bidang Energi Pengembangan Energi Biomassa. Peserta yang telah mengirimkan full paper konfirmasi ke Ayuneng Indah Moliani (0895369606616) dengan format sama seperti file yang dikirim via email.

    6. Setiap bentuk kecurangan akan dikenakan sanksi berupa pengurangan nilai ataupun diskualifikasi.

    7. Juara terpilih pada grand final merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi hasil akumulasi dari semua aspek penilaian yang ditetapkan oleh panitia bersama dengan dewan juri LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019

    G. Tahap Seleksi Paper LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019.

    1. Seleksi abstrak Abstrak paper yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopy diseleksi oleh tim penilai dan hasil seleksi abstrak akan diumumkan pada 8 Juli 2019.

    2. Seleksi Full Paper Full paper yang diajukan dalam bentuk softcopy diseleksi oleh dewan juri yang telah ditentukan. Pada tahap ini akan dipilih 10 paper terbaik untuk mengikuti tahap Grand Final yang akan diinformasikan pada tanggal 24 Agustus 2019.

  • BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL 2019 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang

    H. Grand Final.

    1. Peserta yang lolos pada tahap seleksi full paper akan diinformasikan melalui website formadiksi.um.ac.id dan media sosial Formadiksi UM pada tanggal 24 Agustus 2019.

    2. Sepuluh finalis yang lolos sleksi fullpaper wajib membuat poster yang relevan dengan karya yang telah dibuat. Poster dikumpulkan paling lambat tanggal 31 Agustus, pada ukul 23.59 WIB dalam bentuk soft file dengan format jpg atau jpeg ke e-mail formadiksi@um.ac.id

    3. Peserta yang lolos menuju tahap presentasi wajib melakukan registrasi ulang dengan menunjukkan Formulir Pendaftaran, Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), bukti slip pembayaran asli, Foto warna 3x4, dan mengumpulkan slide presentasi pada saat Technical Meeting.

    4. Tahap presentasi akan dilakukan dalam rangkaian acara LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019 di Kampus Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur.

    5. Finalis akan mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri pada tanggal 6 September 2019.

    6. Finalis diperkenankan membawa X-banner, prototype atau media lainnya guna menunjang penampilan pada saat presentasi. Finalis diharapkan menpersiapkan sendiri segala kebutuhan yang akan digunakan sebagai alat penunjang pada saat presentasi.

    7. Finalis berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater universitas masing-masing pada saat acara berlangsung

    8. Peserta yang tidak mengikuti/tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

    9. Pemenang dalam acara LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL Formadiksi UM 2019 dipilih berdasarkan akumulasi nilai tertinggi dari seluruh finalis.

    10. Alokasi waktu presentasi masing-masing peserta adalah 20 menit. (sesi presentasi 10 menit dan sesi tanya jawab 10 menit).

    I. Agenda Kegiatan Lomba

    1. Pendaftaran dan Pengiriman Abstrak 26 Mei - 26 Juni 2019

    2. Seleksi Abstrak 27 Juni - 7 Juli 2019

    3. Pengumuman Lolos Abstrak 8 Juli 2019

    4. Pengiriman Full Paper 9 Juli - 9 Agustus 2019

    5. Seleksi Full Paper 10 - 23 Agustus 2019

    6. Pengumuman Finalis 24 Agustus 2019

  • BUKU PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BIDIKMISI TINGKAT NASIONAL 2019 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas