Banjarmasin Post edisi cetak Kamis 16 Agustus 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Kamis 16 Agustus 2012

of 31

  • date post

    31-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    340
  • download

    17

Embed Size (px)

description

Banjarmasin post edisi NO. 14734 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Kamis 16 Agustus 2012

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post16 AGUSTUS 2012/

    27 RAMADAN 1433 H

    KAMIS

    32 HALAMANRP 3.000

    12:28 18:2915:49 19:3905:0904:59

    NO. 14734 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    Hal 18 kol 1-3

    Anang Gayam

    - Paminta-mintanya dirazia imbah Idulfitri,Lak ai

    + Amun badasi biar ditangkap KPK, Nang ai

    Komentar lain di halaman 16

    BANYAK carayang dilakukancalon gubernurdan wakil guber-nur DKI Jakartauntuk berkam-panye.

    Ada caraunik yang dilakukan cagub Joko Widodo (Jokowi),yakni membikin game online.

    Uniknya lagi permainan itu seperti gameyang digandrungi banyak orang: Angry Birds.Pemain harus mengarahkan tembakan berupabom tomat ke sasaran dengan memperhatikanelevasi dan daya pantul.

    Game berjudul Selamatkan Jakarta itu me-miliki 30 level. Setiap levelnya menggambarkankarakter Jokowi, lengkap dengan baju kotak-ko-taknya. Meskipun belum di-launching (masihversi Beta), game itu sudah dimainkan puluhanribu orang. Game bisa diakses melalui dekstopatau aplikasi di Facebook.

    Ingin mencoba game tersebut? Gampang,klik saja www.metric-design.com/game.-swfwww.metric-design.com/game.swf. (tbn/kps)

    MANUSIA adalah tem-patnya salah dan lupa. Ini me-rupakan fitrah manusia. Tidakada manusia yang sempurnabahkan terbebas dari dosa.Bulan Ramadan merupakankesempatan emas yang haruskita manfaatkan dengan se-baik-baiknya. Salah satunyaadalah bertafakur atau intro-speksi diri, seberapa banyakdan apa saja dosa yang telah

    SELEMAH-lemah manusia ialahorang yg tak mau mencari sahabatdan orang yang lebih lemah dari ituialah orang yg telah mensia-sia-kannya - (Sayyidina Ali)

    Kadangkala. Sahabat menjaditempat CURHAT yang paling efek-tif, bahkan kepada sahabat, beranilebih terbuka dan blak-blakandaripada Saudara sendiri bahkanOrang tua sekalipun.. dan kare-

    Hal 18 kol 4-7

    Lubang yang Samakita perbuat selama ini. Rasulullah SAW dengantegas menyatakan, siapa yanghari ini lebih baik dari harikemarin, maka ia termasukorang yang beruntung.

    Kalau sama dengan ke-marin? Ia merugi. Kalau lebihburuk dari kemarin? Maka iaterlaknat. (HR Bukhari). Per-nyataan ini dengan tegas me-ngajarkan kepada umat ma-nusia untuk bisa menapakhari esok yang lebih baik. Sebelum melangkah, ten-tunya kita harus mengintros-peksi atau mengevaluasi diriterlebih dahulu.

    Dapatkan BPost Edisi Khusus Lebaran,Jumat (17/8) besok, yang menampilkan Peta Mudik

    Kalsel 2012. Peta mudik disusun berdasar penga-matan langsung jurnalis BPost yang menyusuri jalur

    mudik Kalsel-Kaltim dan Kalsel-Kalteng. Dari petaitu, Anda bisa mengetahui titik rawan-titik rawan

    yang harus diwaspadai selama perjalanan.Tak hanya itu, peta mudik dilengkapi lokasiPosko Lebaran di seluruh daerah plustempat wisata yang bisa dikunjungi selama

    liburan. Informasi-informasi lain terkait arusmudik dan lebaran, juga tersaji di edisi khusus

    tersebut.Guna ikut merayakan hari nansuci itu, BPost

    dan Metro Banjar tidak terbit selama 4 hari, dariSabtu 18 Agustus 2012 hingga Selasa, 21 Agustus

    2012. Terbit kembali Rabu, 22 Agustus 2012. UntukSerambi UmmaH, tidak terbit pada edisi Jumat 17Agustus 2012 dan terbit kembali pada edisi Jumat 24Agustus 2012.

    Untuk tetap mendapat berbagai informasi terkinibaik lokal, nasional dan internasional secara nonstop,Anda bisa mengakses koran digital BPost, www.banjar-masinpost.co.id dan www.tribunnews.com baik melaluipersonal computer, tablet maupun smartphone. (*)

    Hal 18 kol 1-3

    HENDRAWAN http://dearhendra.blogspot.com

    Sahabat danAngkara Murka...

    Nilai Rata-rata UKG 4,5ALASAN PENGGUGATz Definisi UKG di PermendikbudNomor 57 Tahun 2012 tidak sesuai a-manat UU Nomor 14 Tahun2005 tentangGuru dan Dosen serta Peraturan Pe-merintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008tentang Guru.z Pasal 5 ayat 2 Permendikbud (poin1) bertentangan dengan Pasal 3 ayat 4PP Nomor 74 Tahun 2008z Pasal 5 ayat 3 Permendikbud (poin1) bertentangan dengan Pasal 3 ayat 7PP Nomor 74 Tahun 2008z Penyelenggara seharusnya BadanStandar Nasional Pendidikan (BSNP),bukan Badan Pengembangan SumberDaya Manusia Pendidikan dan Penja-min Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP).z Permendikbud bertentangan denganperaturan perundang-undangan diatasnya

    Guru Ramai-ramai Gugat ke MA

    Rabu (15/8), sejumlah or-ganisasi guru mengajukan ujimateri ke Mahkamah Agung(MA). Melalui kuasa hukumdari Lembaga Bantuan Hu-kum (LBH) Jakarta, Edy Gur-ning, penggugat menilai UKGtidak memiliki kepastian ataupayung hukum yang jelas.

    Oleh karena itu kami me-minta MA segera memberikepastian dan pelaksanaangelombang kedua dibatal-kan, kata Edy di Jakarta.

    Diungkapkan Edy, peratu-ran tentang UKG dalam Per-mendikbud Nomor 57 Tahun2012 bertentangan denganperaturan di atasnya yaituUndang Undang Nomor 14

    JAKARTA, BPOST - Pelaksanaan uji kompe-tensi guru (UKG) untuk guru besertifikasi dibawah naungan Kemendikbud, berujung gu-gatan.

    Hal 18 kol 4-7

    Tahun 2005 tentang Guru danDosen, serta Peraturan Pe-merintah Nomor 74 Tahun2008 tentang Guru.

    Seharusnya Mendikbudmematuhi peratutan di atas-nya. Inilah yang menjadi dalil

    Kita

    Angry Birds ala Jokowi

    Edisi Khusus LebaranANDA mudik Lebaran? Ingin perjalanan mudik

    Anda lancar? Atau ingin berwisata untukmengisi hari libur Idulfitri?

    NILAI UKG gelombangpertama rata-rata na-sional jeblok yakni 4,5.UKG pun digugat ke MA

    ViCi ZhaRifJangan sertamertamenyalahkanGuru.Salahkan

    juga sistem yg membuatnilai Guru jeblok. Samahalnya kl murid bego, jgnserta merta menyalahkanmuridnya...

    BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

    AKSI DAMAI - Puluhan orang yang tergabung dalam Forum Kajian Keislaman (FK2) Kalsel, mengelar aksisolidaritas untuk umat Islam di Palestina dan Rohingya, Myanmar di Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin,Rabu (15/8). Berita di halaman 4.

    BERBEDA denganKemendikbud yang secaraterbuka menyampaikanhasil rata-rata nasional ujikompetensi guru (UKG)gelombang pertama,Lembaga Penjamin MutuPendidikan (LPMP) Kalselenggan mengungkap hasil

    ujian tingkat provinsi.Alasannya, sebagaimana

    dikatakan Kasi programdan Informasi LPMPKalsel, Jumali, hasil UKGgelombang pertama akandigabungkan dengan hasil

    AturStrategi

    Hal 18 kol 4-7

    LIMBAH diakalinang anak, tapaksa Pa-lui bagamat mambarinasehat ka nang anaksupaya balajar balatihmanahan haus wan la-par.

    Puasa tu nak ai kitakada boleh badusta, a-mun badusta batal pu-asa kita, ujar Paluibapapadahan.

    BANJARMASINPOST GROUP/DONNI SOPHANDY

    MENGAWAH - Bupati Batola H Hasanuddin Murad (dua dari kanan) dan Pemimpin Umum BPost GroupPangeran H Rusdi Effendi AR mengawah bersama sebelum menuju Masjid Nurul Mujahidin, Sungai Gampa,Batola, Rabu (15/8)

    Pahala Sunat

    MARABAHAN, BPOST -Melestarikan budaya Banjar.Itulah yang dilakukan BPostGroup dalam gelaran pamung-kas Silaturahmi Ramadan1433 H di Masjid Nurul Mu-jahidin, Sungai Gampa, BaritoKuala (Batola), Rabu (15/8).

    Sebelum dimulainya acarayang merupakan bagian rang-kaian HUT ke-41 BPost itu,Pemimpin Umum BPost G-roup Pangeran H Rusdi EffendiAR dan Bupati Batola H Ha-sanuddin Murad mengikutiprosesi mengawah (memasak)nasi.

    Setelah itu, disertai jajaranpimpinan BPost Group dan

    Silaturahmi Ramadan BPost Group

    Jangan LupakanBudaya Banjar

    Muspida Batola, keduanyamenuju Pasar Sungai Gampa.Di sana, mereka menyem-patkan diri membeli ikan patinbakar untuk lauk berbukapuasa. Tak hanya itu, Hasa-nuddin juga membelikan ku-piah haji untuk sejumlah pe-jabat termasuk Dandim 1005Batola Letkol Rudy Kasimandan Ketua Pengadilan NegeriBatola, Mahyudin

    Foto-fototerkait

    halaman 2 Hal 18 kol 1-3

    1608/B01

  • Baru Ditertibkan Usai Lebaran

    Pemko Biarkan PengemisBANJARMASIN, BPOST - Sudah menjadipemandangan umum di tiap persimpanganjalan di Banjarmasin dipenuhi para pengemis.Jumlahnya makin banyak saat Ramadan1433 Hijriah ini.

    Kami sudahmemiliki data para

    pengemis yang ada diBanjarmasin pada

    Ramadan ini

    ICHWAN NOOR CHALIKKasat Pol PP Banjarmasin Beri Alat Pancing

    Tapi hingga menjelang ak-hir Ramadan, belum terlihattindakan penertiban dari Di-nas Sosial dan Tenaga KerjaKota Banjarmasin.

    Kadinsosnaker, Agus Su-rono, mereka tidak melaku-kan tindakan karena kapa-sitas panti rehabilitasi yangtak bisa menampung lagi.

    Alasan lainnya, lanjutAgus, dikarenakan gepengyang ada merupakan gepengmusiman dari luar Kota Ban-jarmasin. Kalau saat ini diter-tibkan, perlu biaya banyakuntuk mengembalikan me-reka ke daerah asal.

    Kalau dikembalikan kedaerahnya masing-masingperlu dana yang cukup besar

    dan pasti kembali lagi. Ini kanmusiman, ucapnya, Rabu(15/8).

    Padahal, ujarnya, danayang ada lebih diprioritaskanpada kepentingan lain, sepertimengembalikan tahananyang mendapatkan remisipada Hari Kemerdekaan 17Agustus 2012 nanti.

    Rencananya, Agus mene-rangkan akan melakukan ko-ordinasi dengan Satpol PPuntuk melakukan penertibanusai lebaran nanti.

    Diyakini Agus, para penge-mis itu akan kembali meng-hilang pasca-Idulfitri. Kamisudah sepakat habis Lebarannanti mereka akan ditindak,katanya.

    Terpisah, Kasat Pol PPPemko Banjarmasin, Ichwan

    Noor Chalik, mereka me-mang tidak dilakukannya pe-nertiban sesuai dengan per-mintaan dari Dinsosnaker.

    Ia menghormati kebijakanDinsosnaker yang bertang-gung jawab penuh untuk pe-nertiban gepeng. Namun, de-mi keindahan Kota Banjar-masin, penertiban akan di-lakukan usai Lebaran nanti.

    Kami sudah memiliki datapara pengemis yang ada di

    Banjarmasin pada Ramadanini, katanya.

    Sosiolog dari Unlam Ban-jarmasin, Prof Wahyu MS,menilai keberadaan pengemisdi Banjarmasin menjelang Le-baran merupaan fenomenamusiman. Saat Ramadan,muncul pemahaman bahwameminta-minta menjadi suatukesempatan, untuk itulahperlu pembinaan pihak ter-kait, ujarnya.