5. Program Diklat Medis 2010

6

Click here to load reader

description

program diklat medis

Transcript of 5. Program Diklat Medis 2010

Page 1: 5. Program Diklat Medis 2010

DETASEMEN KESEHATAN WILAYAH 04.04.02 RUMAH SAKIT TK III DR. SOETARTO

PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN TENAGA MEDIS

RUMAH SAKIT TK III DR. SOETARTO2011

Page 2: 5. Program Diklat Medis 2010

DETASEMEN KESEHATAN WILAYAH 04.04.02RUMAH SAKIT TK III DR. SOETARTO

PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN TENAGA MEDISRUMAH SAKIT TK III DR. SOETARTO

TAHUN 2011

Pendahuluan

1. Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor : 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran yang menyatakan bahwa setiap dokter atau dokter gigi yang berpraktik wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan kedokteran atau kedokteran gigi berkelanjutan yang diselenggarakan oleh organisasi profesi dan lembaga lain yang diakreditasi oleh organisasi profesi dalam rangka penyerapan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran atau kedokteran gigi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu membuat program pendidikan dan latihan bagi Tenaga Medis dalam setiap tahunnya.

2. Program pendidikan dan latihan Tenaga Medis Rumah Sakit Tk III Dr. Dr. Soetarto ini merupakan program pendidikan dan latihan yang berasal dari program kegiatan yang disusun oleh masing-masing Staf Medis Fungsional (SMF), sehingga akan didapat program kegiatan pendidikan dan latihan yang terencana, terarah dan berkesinambungan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan dan latihan Tenaga Medis di Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto Program pendidikan dan latihan Tenaga Medis ini selanjutnya akan dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya dan dilakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi program kegiatan yang sudah dilaksanakan. Dengan demikian akan diketahui kekurangannya sehingga akan tercapai peningkatan mutu Tenaga Medis sesuai yang diharapkan.

Maksud dan Tujuan

3. Maksud pembuatan program pendidikan dan latihan Tenaga Medis ini adalah untuk memberikan gambaran kepada seluruh Staf Medis tentang program-program kegiatan pendidikan dan latihan yang akan dilaksanakan oleh Tenaga Medis sesuai kebutuhan Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto. Sedangan tujuan program pendidikan dan latihan Tenaga Medis ini adalah untuk pengembangan mutu Tenaga Medis sesuai dengan kompetensinya sehingga dapat memberikan pelayanan medis yang professional pada pelanggan maupun pemakai jasa di Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto.

Kondisi Saat ini

4. Dalam kegiatan pelayanan medis khususnya spesialis, pada saat ini masih dibantu oleh tenaga dokter spesialis dari Pegawai Negeri Sipil bantuan Kemenkes dan tenaga dokter spesialis konsulen, karena masih kurangnya tenaga dokter spesialis. Dalam pengembangan pendidikan spesialisasi, Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto tidak melaksanakan pendidikan spesialisasi sendiri, tetapi pelaksanaan pendidikan

Page 3: 5. Program Diklat Medis 2010

spesialisasi dilaksanakan terpusat melalui program pendidikan Direktorat Kesehatan Angkatan Darat. Sedangkan Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto mengusulkan anggotanya agar dapat diikutikan pada pendidikan spesialisasi.

Program Kegiatan

5. Mengusulkan pendidikan spesialis untuk dokter umum dan dokter gigi atau mengusulkan untuk ditempatkan personel yang sudah spesialis untuk ditempatkan di Rumkit Tk. III Dr. Soetarto sesuai kebutuhan pelayanan medis, terdiri dari :

a. Spesialis Anestesi, Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Mata b. Penyakit Dalam, Spesialis Radiologi, Spesialis Anakc. Spesialis Kulit dan Kelamin

6. Mengikutsertakan dokter, dokter gigi, dan dokter spesialis Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto untuk mengikuti pelatihan-pelatihan sesuai bidang profesinya yang diselenggarakan oleh organisasi profesi dan lembaga lain yang diakreditasi untuk pengembangan mutu Tenaga Medis sesuai dengan kompetensinya .

7. Mengikutsertakan dokter, dokter gigi, dan dokter spesialis Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto untuk mengikuti simposium/seminar baik dalam bidang kesehatan maupun non bidang kesehatan yang dilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri untuk peningkatan mutu Tenaga Medis di Rumah Sakit Tk III Dr. Soetarto

Rencana Jadual Kegiatan

8. Jadual program kegiatan pendidikan dan latihan tenaga medis yang direncanakan adalah sebagai berikut :

NO MATERI PENDIDIKAN DAN LATIHAN

WAKTU KEGIATAN

PENANGGUNGJAWAB

1 Penatalaksanaan Pasien Gawat Darurat (PPGD) Januari 2010 Panitia Diklat RS

2 Advance Cardiac Life Suport (ACLS) Juli 2013 Panitia Diklat RS

3 Advance Trauma Life Suport (ATLS) Juli 2015 Panitia Diklat RS

4 Simposium dan seminar Menyesuaikan masing-masing organisasi profesi

Ketua SMF danPanitia Diklat RS

9. Jadual program pendidikan spesialis tenaga medis yang direncanakan adalah sebagai berikut :

Page 4: 5. Program Diklat Medis 2010

NO PENDIDIKAN SPESIALIS WAKTU PENANGGUNGJAWAB

1 Spesialis Anestesi, Penyakit Dalam, Kebidanan & Kandungan Tahun 2012-2013 Panitia Diklat RS

2 Spesialis Kulit dan Kelamin Tahun 2013 Panitia Diklat RS

Penutup

10. Demikianlah Program Pendidikan dan Latihan Tenaga Medis ini disusun berdasarkan kebutuhan pengembangan Tenaga Medis di Rumah Sakit Tk. III Dr. Soetarto dengan harapan dapat menjadi bahan masukan bagi Pimpinan dalam menentukan kebijakan khusunya di bidang pendidikan dan latihan Tenaga Medis.

Yogyakarta, Januari 2010

Koordinator Pendidikan dan Latihan

Dr. MTS. Darmawan, SpANIP 1965 0912 1999 03 1006

Mengetahui Kepala Rumah Sakit

dr. Supriyanto, MMRLetkol CKM (K) NRP 31430