45929241 Cadangan Energi Dunia Menipis

2
a. cadangan energi dunia menipis b. Kebutuhan energi terus meningkat seiring bertambahnya penduduk Saat ini banyak masalah yang mengancam kehidupan bumi kita salah satunya adalah krisis energi. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya kebutuhan minyak, sedangkan penyediaan minyak semakin terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri, Indonesia harus mengimpor minyak Semakin meningkatnya kebutuhan minyak, sedangkan penyediaan minyak semakin terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri Indonesia harus mengimpor minyak baik dalam bentuk minyak mentah maupun dalam bentuk produk kilang atau bahan bakar minyak (BBM) seperti minyak solar atau ADO (Automotive Diesel Oil), premium atau bensin, minyak bakar atau FO (Fuel Oil), dan minyak tanah. Semakin meningkatnya import minyak dan semakin meningkatnya harga minyak dunia diperkirakan akan semakin berat beban dan biaya yang harus ditanggung pemerintah Indonesia dalam pengadaan minyak dalam negeri. baik dalam bentuk minyak mentah maupun dalam bentuk produk kilang atau bahan bakar minyak (BBM) seperti minyak solar atau ADO (Automotive Diesel Oil), premium atau bensin, minyak bakar atau FO (Fuel Oil), dan minyak tanah. Semakin meningkatnya import minyak dan semakin meningkatnya harga minyak dunia diperkirakan akan semakin berat beban dan biaya yang harus ditanggung pemerintah Indonesia dalam pengadaan minyak dalam negeri. Saat ini Indonesia menghasilkan sekitar 1 juta barel minyak/hari. Sementara konsumsi kita 1,4 juta barel. Kekurangan 0,4 juta barel, kita tutup dengan mengimpor minyak mentah setiap hari. Cadangan minyak bumi

Transcript of 45929241 Cadangan Energi Dunia Menipis

Page 1: 45929241 Cadangan Energi Dunia Menipis

a. cadangan energi dunia menipis

b. Kebutuhan energi terus meningkat seiring bertambahnya penduduk

Saat ini banyak masalah yang mengancam kehidupan bumi kita salah satunya adalah krisis energi. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya kebutuhan minyak, sedangkan penyediaan minyak semakin terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri, Indonesia harus mengimpor minyak Semakin meningkatnya kebutuhan minyak, sedangkan penyediaan minyaksemakin terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeriIndonesia harus mengimpor minyak baik dalam bentuk minyak mentah maupun dalam bentuk produk kilang atau bahan bakar minyak (BBM) seperti minyak solaratau ADO (Automotive Diesel Oil), premium atau bensin, minyak bakar atau FO(Fuel Oil), dan minyak tanah. Semakin meningkatnya import minyak dan semakin meningkatnya harga minyak dunia diperkirakan akan semakin berat beban danbiaya yang harus ditanggung pemerintah Indonesia dalam pengadaan minyakdalam negeri. baik dalam bentuk minyak mentah maupun dalam bentuk produk kilang atau bahan bakar minyak (BBM) seperti minyak solar atau ADO (Automotive Diesel Oil), premium atau bensin, minyak bakar atau FO (Fuel Oil), dan minyak tanah. Semakin meningkatnya import minyak dan semakin meningkatnya harga minyak dunia diperkirakan akan semakin berat beban dan biaya yang harus ditanggung pemerintah Indonesia dalam pengadaan minyak dalam negeri.

Saat ini Indonesia menghasilkan sekitar 1 juta barel minyak/hari. Sementara konsumsi kita 1,4 juta barel. Kekurangan 0,4 juta barel, kita tutup dengan mengimpor minyak mentah setiap hari. Cadangan minyak bumi kita diperkirakan 9 miliar barel. Dengan angka konsumsi 1,4 juta barel per hari (setahun 450 juta barel), cadangan itu akan habis dalam waktu 20 tahun. Berdasarkan data di atas dapat di lihat bahwa kebutuhan energi fosil yang makin meningkat tidak diimbangi dengan makin menipisnya cadangan energi fosil yang masih tersedia di perut bumi. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan penggunaan sumber energi lain selain minyak, untuk mengurangi tekanan besarnya konsumsi minyak.