234875877-Osteosarkoma

23
 PENDAHULUAN  Defnisi Sarkoma adalah tumor yang berasal dari jaringan penyambung (Danielle.1999: 244 ). Kanker adalah neoplasma yang ti da k t er kontr ol da ri sel a na pl asti k y angme n g i n as i j ar i n g an d an !enderung bermetastase sampai ke sisi yang jauh d a l am tub uh. ( "ong . 2##$: %9 % ) &steosarkoma ( sarkoma osteogenik ) adalah tumor y an g mun!u l d ar i mesenki m pemb entu k tu lang . ( "ong. 2##$: '1' ) Sarkoma osteogenik ( &steosarkoma ) merupakan neoplasma tulang primer yang sangat ganas. umor ini tumbuh diba gian met a sis tul ang tem pat yan g pal ing seri ng terserang t umor ini adalah bagian ujung tulang panjang* terutama lutut. ( +ri!e.199,: 121$ )  Epidemiologi Di -merika Serikat insiden pada usia kurang dari 2# tahun adalah 4., kasus per satu juta populasi. nsiden dari osteosark oma konensional paling tinggi pada usia 1#/2# tahun* Setidaknya 0% dari kasus osteosarkoma adalah osteosarkoma konensional. &bserasi ini berhubungan dengan periode maksimal dari pertumbuhan skeletal. amun terdapat juga insiden osteosarkoma sekunder yang rendah pada usia '# tahun* yang biasanya berhubungan dengan penyakit paget.3a name5ntr odu!tion6ortality6or bidity57K ebanyakan osteosark oma arian juga menunjukkan distribusi usia yang sama dengan osteosarkoma konensional* terke!uali osteosarkoma intraosseous low- grade, gnathic* dan parosteal  yang menunjukkan insiden tinggi pada usia dekade ketiga.  &steosarkoma konensional mun!ul pada semua ras dan etnis* tetapi lebih sering pada a8rika amerika daripada kaukasian. &steosarkoma kon ensional lebih sering terjadi pada pria* dengan rasio $:2 terhadap anita. +erbedaaan ini dikarenakan periode pertumbuhan s keletal yang lebih lama pada pria. Data 8rek uensi untuk osteosarkoma arian sangat sulit untuk dikalkulasikan karena kasusnya sangat jarang. abel berikut menunjukkan persentase relati8 dari osteosarkoma arian di -merika Serikat: 1

description

makalah osteosarkoma

Transcript of 234875877-Osteosarkoma

PENDAHULUAN

Definisi

Sarkoma adalah tumor yang berasal dari jaringan penyambung (Danielle.1999: 244 ). Kanker adalah neoplasma yang tidak terkontrol dari sel anaplastik yangmenginvasi jaringan dan cenderung bermetastase sampai ke sisi yang jauh dalamtubuh.( Wong. 2003: 595 )Osteosarkoma ( sarkoma osteogenik ) adalah tumor yang muncul darimesenkim pembentuk tulang. ( Wong. 2003: 616 )Sarkoma osteogenik ( Osteosarkoma ) merupakan neoplasma tulang primeryang sangat ganas. Tumor ini tumbuh dibagian metafisis tulang tempat yang palingsering terserang tumor ini adalah bagian ujung tulang panjang, terutama lutut. ( Price.1998: 1213 )

EpidemiologiDi Amerika Serikat insiden pada usia kurang dari 20 tahun adalah 4.8 kasus per satu juta populasi. Insiden dari osteosarkoma konvensional paling tinggi pada usia 10-20 tahun, Setidaknya 75% dari kasus osteosarkoma adalah osteosarkoma konvensional. Observasi ini berhubungan dengan periode maksimal dari pertumbuhan skeletal. Namun terdapat juga insiden osteosarkoma sekunder yang rendah pada usia 60 tahun, yang biasanya berhubungan dengan penyakit paget.Kebanyakan osteosarkoma varian juga menunjukkan distribusi usia yang sama dengan osteosarkoma konvensional, terkecuali osteosarkoma intraosseouslow-grade, gnathic, danparostealyang menunjukkan insiden tinggi pada usia dekade ketiga. Osteosarkoma konvensional muncul pada semua ras dan etnis, tetapi lebih sering pada afrika amerika daripada kaukasian.Osteosarkoma konvensional lebih sering terjadi pada pria, dengan rasio 3:2 terhadap wanita. Perbedaaan ini dikarenakan periode pertumbuhan skeletal yang lebih lama pada pria. Data frekuensi untuk osteosarkoma varian sangat sulit untuk dikalkulasikan karena kasusnya sangat jarang. Tabel berikut menunjukkan persentase relatif dari osteosarkoma varian di Amerika Serikat:

TumorFrequency%

Telangiectatic3.5-11

Parosteal3-4

Periosteal1-2

Gnathic6-9

Small cell1

Intraosseous, low grade