229824449-otitis-media

28
CASE REPORT SESSION OTITIS MEDIA AKUT Disusun oleh : Oktania Putri K. 12100111037 Ahmad Rifai 12100111007 Sri Mulyati 12100111002 Preseptor : Endang Suherlan, dr., SpTHT-KL.

description

oma

Transcript of 229824449-otitis-media

CASE REPORT SESSIONOTITIS MEDIA AKUTDisusun oleh :

Oktania Putri K.

12100111037

Ahmad Rifai

12100111007

Sri Mulyati

12100111002

Preseptor :

Endang Suherlan, dr., SpTHT-KL.

BAGIAN ILMU KESEHATAN

TELINGA HIDUNG TENGGOROK-KEPALA LEHER

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

RUMAH SAKIT AL-ISLAM BANDUNG

2013IDENTITAS PASIEN

Nama

: An. D

Jenis Kelamin

: Laki-laki

Umur

: 5 tahun

Alamat

: Cibiru

Pendidikan

: TK

Tanggal Pemeriksaan: 5 Maret 2013KELUHAN UTAMA

Nyeri kedua telingaANAMNESA

Pasien datang ke poli THT RSAI dengan keluhan nyeri kedua telinga. Keluhan tersebut dirasakan sejak 2 hari yang lalu. Keluhan ini dirasakan tiba-tiba, hilang timbul dan semakin hari semakin nyeri. Pasien menjadi sulit tidur dan sering rewel.

Menurut orang tua pasien, keluhan disertai dengan perasaan telinga seperti penuh, demam, batuk dan pilek. Pasien mengalami demam, batuk, dan pilek sejak satu hari sebelum keluhan nyeri telinga muncul. Pilek ditandai dengan keluar cairan dari kedua lubang hidung yang berwarna bening, banyak dan tidak berbau serta dahak yang tidak berdahak.Keluhan tidak disertai dengan keluarnya cairan dari telinga, gatal dan penurunan pendengaran, telinga berdengung, sakit kepala maupun trauma di daerah telinga dan kepala.

Untuk keluhan batuk dan pilek, pasien sudah mendapatkan pengobatan dari dokter umum dan diberi 3 macam obat, namun orangtua pasien tidak ingat obat apa saja yang diberikan.Pasien tidak mempunyai riwayat asma, gatal-gatal di kulit, ataupun alergi terhadap makanan dan obat. Di keluarga pasien tidak ada yang mempunyai keluhan yang sama dengan pasien maupun riwayat asma, gatal-gatal di kulit, serta alergi makanan ataupun obat.PEMERIKSAAN FISIK

Keadaan Umum: tampak sakit sedang.

Kesadaran

: komposmentis

Tanda vital

: tidak diperiksa

Status generalis: tidak diperiksa

STATUS LOKALIS TELINGA

BagianKelainanAuris

DextraSinstra

PreaurikulaKelainankongenitalRadangTumorTraumaNyeritekan-----------

-

AurikulaKelainankongenitalRadangTumorTraumaNyeritarik------------

RetroaurikulaEdemaHiperemisNyeri tekan RadangTumorSikatriks------------

BagianKelainanAuris

DextraSinstra

CanalisAcustikusExternaKelainankongenitalKulitSekretSerumenEdemaJaringangranulasiMassa Cholesteatoma-Tenang-------Tenang------

Membrana TimpaniWarnaIntakReflekcahayaGambarHiperemis++

Hiperemis++

Pemeriksaan

DextraSinistra

Rhinoskopi anterior MukosaEdemaHiperemisSekretKrusta Concha inferior

+++(jernih, encer, tidak berbau)-hipertrofi+++(jernih, encer, tidak berbau)-hipertrofi

Septum Polip / tumor

Pasase udara

Tidak ada deviasi

Tidak diperiksa+Tidak diperiksa+

STATUS LOKALIS HIDUNGSTATUS LOKALIS MULUT DAN OROFARING

BagianKelainanKeterangan

MulutMukosamulutLidahPalatummolleGigi geligiUvula Halitosis TenangTidak ada kelainan

Tenang, simetris

Tidak ada kelainan, karies (+)

Di tengah, tenang, ukuran normal

-

TonsilMukosaBesarKriptaDetritusTenang

T1/T1

-/-

-/-

Faring MukosaGranulaPost nasal drip -

-

-

Maksilofasial

Bentuk

: simetris

Parese N.kranialis: tidak ada kelainanRESUME

Anak laki-laki berusia 5 tahun datang ke poli THT RSAI dengan keluhan otalgia auris dextra sinistra sejak 2 hari SMRS. Otalgia muncul secara tiba-tiba, hilang timbul dan semakin hari semakin nyeri. Keluhan diawali dengan gejala batuk dan pilek sejak 3 hari SMRS. Selama keluhan muncul, pasien menjadi sulit tidur dan sering rewel.

Riwayat asma (-), alergi makanan dan obat (-). Kelurga dengan keluhan yang sama (-), riwayat keluarga asma (-), riwayat keluarga alergi makanan dan obat (-).Pemeriksaan Fisik: Tampak sakit sedang

Kesadaran kompos mentis

Status generalis : tidak dilakukan pemeriksaan

Status lokalis:

a. Telinga: Membran timpani auris dekstra & sinistra hiperemis

b. Hidung: Mukosa edema dan hiperemis pada kedua lubang hidung.

Sekret jernih, encer, tidak berbau pada kedua lubang hidung.

Concha inferior hipertrofi pada kedua sisi hidung.

DIAGNOSIS BANDING

1. Otitis media akut stadium hiperemis auris dekstra dan sinistra

2. Otitis media akut stadium oklusi auris dekstra dan sinistraUSULAN PEMERIKSAAN

Hematologi rutin (hemoglobin, leukosit, trombosit, hematokrit).

Hitung jenis leukosit.DIAGNOSIS KERJA

Otitis media akut stadium hiperemis auris dekstra dan sinistra

PENATALAKSANAAN

A. Umum

Menjaga telinga agar tidak kemasukan air (jangan berenang).

Tidak boleh mengorek telinga.

Bila batuk dan pilek segera berobat.

Hindari konsumsi makanan dan minuman dingin.B. Khusus

Cefadroxil syrup 2x1 cth selama 5 hari.

Paracetamol syrup 3x1 cth selama 3 hari.

Rhinos (loratadine dan pseudoefedrine) syrup 2x1 cth selama 3 hari.

PROGNOSIS

Quo ad vitam

: ad bonam

Quo ad functionam : ad bonamPEMBAHASAN

Otitis Media Akut (peradangan akut telinga tengah)Definisi

Otitis Mediaadalah peradangan pada sebagian atau seluruh dari selaput permukaan telinga tengah, tuba eustachius, antrum mastoid, dan sel-sel mastoid. Otitis media berdasarkan gejalanya dibagi atas otitis media supuratif dan otitis media non supuratif, yang masing-masing memiliki bentuk yang akut dan kronik.Otitis media akut adalah peradangan pada telinga tengah yang bersifat akut atau tiba-tiba. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofariong dan faring, secara alamiah teradapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh enzim pelindung, bulu-bulu halus yang dimiliki oleh tuba eustachii dan antibodi. Otitis media akut ini terjadi akibat tidak berfungsingnya sistem pelindung tadi, sumbatan atau peradangan pada tuba eustachii merupakan faktor utama terjadinya otitis media, pada anak-anak semakin seringnya terserang infeksi saluran pernafasan atas, kemungkinan terjadi otitis media akut juga semakin sering.

EpidemiologiBanyak terdapat pada anak-anakDi Indonesia profesi sebagai buruh pabrik, penerjun, penyelam dan profesi lainnya yang mana pada profesi tersebut tingkat terjadinya trauma pada telinga sangatlah tinggi.Etiologi

Patogen utama pada OMA adalah bakteri piogenik sebagai penyebabnya yang tersering yaitu Streptokokus hemolitikus, Stafilokokus aureus, dan Pneumokokus. Kadang-kadang bakteri penyebabnya yaitu Hemofilus influenza, Escheria coli, Streptokokus anhemolitikus, Proteus vulgaris, Pseudomonas aerugenosa. Hemofilus influenza merupakan bakteri yang paling sering kita temukan pada pasien anak berumur dibawah 5 tahun.Streptococcus pneumoniaHemophilus influenzaeB. catarrhalisStreptococcus pyogenes (Grp. A)Staphylococcus aureusOthersMixed infectionsNo growth25%25%20%2%1%20%5%Remainder

Klasifikasi

1. Otitis Media Supuratif

a. Akut

b. Kronis

2. Otitis Media Non Supuratif

a. Otitis Media Serosa Akut dan Kronik

b. Otitis Media Sekretoria

c. Otitis Media Musinosa

d. Otitis Media Efusi

3. Otitis Media Spesifik

a. Otitis Media Tuberkulosa

b. Otitis Media Sifilitika

4. Tipe lain : Otitis Media AdhesivaPatogenesis :

Faktor pencetus terjadinya otitis media supuratif akut (OMA), yaitu :

1. Infeksi saluran napas atas. Otitis media supuratif akut (OMA) dapat didahului oleh infeksi saluran napas atas yang terjadi terutama pada pasien anak-anak.

2. Gangguan faktor pertahanan tubuh. Faktor pertahanan tubuh seperti silia dari mukosa tuba Eustachius, enzim, dan antibodi. Faktor ini akan mencegah masuknya mikroba ke dalam telinga tengah. Tersumbatnya tuba Eustachius merupakan pencetus utama terjadinya otitis media supuratif akut (OMA).

3. Usia pasien. Bayi lebih mudah menderita otitis media supuratif akut (OMA) karena letak tuba Eustachius yang lebih pendek, lebih lebar dan lebih horisontal.Patogenesis

Stadium OMA

Perubahan mukosa telinga tengah seabagai akibat infeksi dapat dibagi atas 5 stadium, yaitu :1. Stadium Oklusi Tuba Eustachius

Stadium oklusi tuba Eustachius terdapat sumbatan tuba Eustachius yang ditandai oleh retraksi membrana timpani akibat tekanan negatif dalam telinga tengah karena terjadinya absorpsi udara. Selain retraksi, membrana timpani kadang-kadang tetap normal atau hanya berwarna keruh pucat atau terjadi efusi.

Stadium oklusi tuba Eustachius dari otitis media supuratif akut (OMA) sulit kita bedakan dengan tanda dari otitis media serosa yang disebabkan virus dan alergi.

2. Stadium Hiperemis (Pre Supurasi)

Stadium hiperemis, akibat pelebaran pembuluh darah di membran timpani yang ditandai olehmembran timpani mengalami hiperemis, edema mukosa dan adanya sekret eksudat serosa yang sulit terlihat.

3. Stadium Supurasi

Stadium supurasi ditandai oleh terbentuknya sekret eksudat purulen (nanah). Selain itu edema pada mukosa telinga tengah makin hebat dan sel epitel superfisial hancur. Ketiganya menyebabkan terjadinya bulging (penonjolan) membrana timpani ke arah liang telinga luar.

Pasien akan tampak sangat sakit, nadi & suhu meningkat dan rasa nyeri di telinga bertambah hebat. Anak selalu gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak.

Stadium supurasi yang berlanjut dan tidak tertangani dengan baik akan menimbulkan ruptur membran timpani akibat timbulnya nekrosis mukosa dan submukosa membran timpani. Daerah nekrosis terasa lebih lembek dan berwarna kekuningan. Nekrosis ini disebabkan oleh terjadinya iskemia akibat tekanan kapiler membran timpani karena penumpukan nanah yang terus berlangsung di kavum timpani serta timbul tromboflebitis pada vena-vena kecil.

Keadaan stadium supurasi dapat ditangani dengan melakukan miringotomi. Bedah kecil dengan membuat luka insisi pada membran timpani sehingga nanah akan keluar dari telinga tengah menuju liang telinga luar. Luka insisi pada membran timpani akan mudah menutup kembali sedangkan ruptur lebih sulit menutup kembali. Bahkan membran timpani bisa tidak menutup kembali jika membran timpani tidak utuh lagi.4. Stadium Perforasi

Stadium perforasi ditandai oleh ruptur membran timpani sehingga sekret berupa nanah yang jumlahnya banyak akan mengalir dari telinga tengah ke liang telinga luar. Stadium ini sering disebabkan oleh terlambatnya pemberian antibiotik dan tingginya virulensi kuman. Setelah nanah keluar, anak berubah menjadi lebih tenang, suhu menurun dan bisa tidur nyenyak.

Jika membran timpani tetap perforasi dan pengeluaran sekret (nanah) tetap berlangsung selama lebih 3 minggu maka keadaan ini disebut otitis media supuratif subakut. Jika kedua keadaan tersebut tetap berlangsung selama lebih 1,5-2 bulan maka keadaan itu disebut otitis media supuratif kronik (OMSK).5. Stadium Resolusi

Stadium resolusi ditandai oleh membran timpani berangsur normal hingga perforasi membran timpani menutup kembali dan sekret purulen tidak ada lagi. Stadium ini berlangsung jika membran timpani masih utuh, daya tahan tubuh baik, dan virulensi kuman rendah. Stadium ini didahului oleh sekret yang berkurang sampai mengering.

Apabila stadium resolusi gagal terjadi maka akan berlanjut menjadi otitis media supuratif kronik (OMSK). Kegagalan stadium ini berupa membran timpani tetap perforasi dan sekret tetap keluar secara terus-menerus atau hilang timbul.

Otitis media supuratif akut (OMA) dapat menimbulkan gejala sisa (sequele) berupa otitis media serosa. Otitis media serosa terjadi jika sekret menetap di kavum timpani tanpa mengalami perforasi membran timpani.

Manifestasi Klinis

Gejala yang timbul bervariasi bergantung pada stadium dan usia pasien, pada usia anakanak umumnya keluhan berupa rasa nyeri di telinga dan demam. Biasanya ada riwayat infeksi saluran pernafasan atas sebelumnya. Pada remaja atau orang dewasa biasanya selain nyeri terdapat gangguan pendengaran dan telinga terasa penuh. Pada bayi gejala khas Otitis Media akut adalah panas yang tinggi samapai 39,50C (pada stadium supurasi), anak gelisah dan sukar tidur, diare, kejang-kejang dan sering memegang telinga yang sakit. Bila terjadi rupture membrane timpani, maka secret mengalair ke liang telinga, suhu tubuh turun dan anak tertidur tenang.Diagnosis

Diagnosis OMA harus memenuhi tiga hal berikut :1. Penyakitnya muncul mendadak (akut)2. Ditemukannya tanda efusi (efusi: pengumpulan cairan di suatu rongga tubuh) di telinga tengah.Efusi dibuktikan dengan adanyasalah satu di antara tanda berikut:a. menggembungnya gendang telinga

b. terbatas/tidak adanya gerakan gendang telingac. adanya bayangan cairan di belakang gendang telingad. cairan yang keluar dari telinga3. Adanya tanda/gejala peradangan telinga tengah, yang dibuktikan dengan adanyasalah satu di antara tanda berikut:a.kemerahan pada gendang telingab.nyeri telinga yang mengganggu tidur dan aktivitas normalDiagnosis Banding

Diagnosis Banding otitis media akut yaitu : Otitis media serosa Otitis eksterna

Pemeriksaan Penunjang

1. Otoskop pneumatik untuk melihat membran timpani yang penuh, bengkak dan tidak tembus cahaya dengan kerusakan mogilitas.2. Kultur cairan melalui mambran timpani yang pecah untuk mengetahui organisme penyebab.PenatalaksanaanPenatalaksanaan Otitis Media Akut sangat bergantung pada stadiumnya : Pada stadium oklusi Pemberian obat tetes hidung berupa dekongestan. Pengobatan bertujuan untuk melebarkan kembali saluran eustachius sehingga tekanan negatif di telinga tengah hilang. Dosis : HCl Ephedrin 0,5% untuk anak < 12 tahun HCl Ephedrin 1% dalam larutan fisiologis untuk > 12 tahun dan dewasa Pemberian selain itu sumber infeksi harus segera diobati. Dapat diberi obat dengan golongan penisilin atau eritromisin bila penyebabnya kuman. Jika infeksi berulang, kombinasi amoksisilin dan asam klavulanat

Dewasa : 3x 625 mg/hari

Anak anak : disesuaikan dengan BB dan usia

Sefalosporin II/III oral (sefuroksim, sefiksim, sefadoksil)

Antibiotik diberikan 7-10 hari, jika pemberian tidak adekuat dapat menyebabkan kekambuhan. Pada stadium hiperemis Pemberian antibiotik, obat tetes hidung dan analgetik (paracetamol atau ibuprofen). Pada stadium supurasi Pemberian antibiotik. Dapat dilakukan miringotomi yakni tindakan perobekan pada sebagian kecil membran timpani sehingga cairan yang kental dapat keluar sedikit-sedikit dan tidak menimbulkan lubang yang besar. Cara kerja :Dilakukan miringotomi (parasintesis) pada kuadran postero inferior membran timpani dengan menggunakan bius lokal (Larutan Xylocain 8%). Pada stadium perforasi Pemberian antibiotik yang adekuat sampai 3 minggu. Pemberian obat cuci telinga H2O2 3% selama 3-5 hariBiasanya sekret akan menghilang dan perforasi akan menutup sendiri dalam 7-10 hari.

Pada stadium resolusi Pemberian antibiotik dapat dilanjutkan sampai 3 minggu.Membran tymphani berangsur normal kembali, tidak ada sekret dan perforasi tertutup.

Jika menetap makan diperkirakan telah terjadi mastoiditis.

Pencegahan Resiko terjadinya perforasi pada membran timpani dapat dicegah dengan menghindari terjadinya infeksi pada telinga tengah. Pada anak anak dapat diberikan imunisasi terhadap 2 bakteriyang sering menimbulkan infeksi pada telinga tengah ( Haemophilus influenzae and Streptococcus pneumoniae).

Jangan mengorek orek liang telinga terlalu kasar karena dapat merobek membran timpani.

Jika ada benda asing yang masuk ke telinga anda, datanglah ke dokter untuk meminimalisasi kerusakan telinga yang dapat terjadi.

Jauhkan telinga dari bunyi yang sangat keras.

Lindungi telinga dari kerusakan yang tidak diinginkan dengan memakai pelindung telinga jika terdapat suara yang amat keras. Menonton televisi dan mendengarkan musik dengan volume yang normal.

Lindungi telinga anda selama penerbangan.

Mengunyah permen ketika pesawat berangkat dan mendarat dapat mencegah terjadinya perforasi membran timpani selama penerbangan

Beberapa hal yang tampaknya dapat mengurangi risiko OMA adalah: 1.Pencegahan ISPA pada bayi dan anak-anak.2.Pemberian ASI minimal selama 6 bulan.3.Penghindaran pemberian susu di botol saat anak berbaring.4.Penghindaran pajanan terhadap asap rokok.KomplikasiKomplikasi yang disebabkan oleh Otitis Media Akut Perforasi antara lain adalah :

Intra cranial Meningitis. Subdural Empyema. Meningitis. Abses Otak. Trombosis Sinus Lateralis. Focal Otitis Encephalitis. Extra cranial Gangguan pendengaran. Otitis Media Suputarif Khronis. Mastoiditis. Cholesteatoma. Facial Paralysis. Tympanosclerosis. Labyrintis.

PrognosisPrognosis penyakit ini biasanya baik. Kebanyakan kasus perforasi membran timpani dapat sembuh dalam 2 bulan tanpa menimbulkan komplikasi. Gangguan pendengaran yang terjadi biasanya hanya bersifat sementara, walaupun pada beberapa orang gangguan pendengaran yang terjadi dapat bersifat permanen. Pada kasus infeksi perforasi yang kronis ( dalam jangka waktu yang lama ) dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan berbagai tingkat dan biasanya gangguan pendengaran tersebut akan menjadi permanen.

DAFTAR PUSTAKA

1. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telingan Hidung Tenggorokan Kepala dan Leher. Edisi ke 6. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.2007. Jakarta.

2. Boies. Buku Ajar Penyakit THT. Edisi 6. Buku Kedokteran EGC.1997. Jakarta.