201603 Skenario 1 Mhsw

download 201603 Skenario 1 Mhsw

of 4

Transcript of 201603 Skenario 1 Mhsw

  • 8/18/2019 201603 Skenario 1 Mhsw

    1/4

    PETUNJUK TEKNIS TUTORIAL

    Dalam Blok Metopen ini terdapat dua modul yang terdiri dari 3(tiga) skenario yang harus didiskusikan oleh mahasiswa dalam waktu 4minggu. Skenario 1 dan 2 didiskusikan dalam 2 (dua) kali pertemuan.

     Tuuan tutorial pada Blok Metopen untuk mengaarkan telaah kritisterhadap !er!agai enis artikel ilmiah.

    Mahasiswa akan di!agi dalam kelompok"kelompok ke#il$ setiapkelompok terdiri dari sekitar 12 " 1% mahasiswa dan di!im!ing olehseorang tutor se!agai &asilitator. Dalam diskusi tutorial perlu ditunuk satuorang sa!agai ketua diskusi dan satu orang se!agai sekretaris. 'eduanyaakan !ertugas menadi pemimpin diskusi. 'etua dan sekretaris ditunukse#ara !ergiliran untuk setiap skenarionya agar semua mahasiswamempunyai kesempatan !erlatih se!agai pemimpin dalam diskusi. lehkarena itu peran dan tugas masing"masing perlu dipahami dandilaksanakan dengan !aik sehingga tuuan pem!elaaran dalam tutorialdapat ter#apai.

    Se!elum diskusi dimulai tutor akan mem!uka diskusi denganperkenalan antara tutor dengan mahasiswa dan antara sesamamahasiswa. Setelah itu tutor menyampaikan aturan diskusi dan tuuanpem!elaaran se#ara singkat. 'etua diskusi di!antu sekretaris memimpindiskusi dengan menggunakan langkah atau seven jumps untukmendiskusikan masalah yang ada dalam skenario. Seven jumps  inimeliputi *

    1 Mengklari+kasi istilah atau konsep2 Menetapkan permasalahan.

    3 Brainstorming.4 Menganalisis masalah.% Menetapkan tuuan !elaar., Mengumpulkan in&ormasi tam!ahan (!elaar mandiri). Mensintesis atau mengui in&ormasi !aru.

    DEFINISI1 Mengklarifkasi Istilah atau Knse!

    -stilah"istilah dalam skenario yang !elum elas atau menye!a!kantim!ulnya !anyak interpretasi perlu ditulis dan diklari+kasi terle!ihdulu dengan !antuan kamus umum$ kamus kedokteran$ dan tutor.

    " Meneta!kan Per#asalahanMasalah"masalah yang ada dalam skenario diidenti+kasi dandirumuskan dengan elas.Khusus !a$a %lk 1&' #asalah (ang harus $ika)i a$alahtelaah kritis terha$a! evidence *artikel+ (ang $i,utuhkanuntuk #en)a-a, !er#asalahan !a$a tia! skenari. 

    3 BrainstormingMasalah"masalah yang sudah ditetapkan dianalisa menggunakanmetode brainstorming. ada langkah ini setiap anggota kelompokdapat mengemukakan penelasan tentati&$ mekanisme$ hu!ungan

    se!a! aki!at$ dll tentang permasalahan.. Menganalisis #asalah

  • 8/18/2019 201603 Skenario 1 Mhsw

    2/4

    Masalah"masalah yang sudah dianalisa pada langkah 3 diperluaslagi sehingga menadi le!ih elas.Pa$a %lk Met!en ini' langkah ke/0 (Brainstorming) $an ke/. *Menganalisis #asalah+ $i)a$ikan satu langkah

    2 Meneta!kan Tu)uan %ela)ar

    engetahuan atau in&ormasi"in&ormasi yang di!utuhkan untukmenawa! permasalahan dirumuskan dan disusun sistematisse!agai tuuan !elaar atau Tuuan -nstruksional 'husus (T-').

    3 Mengu#!ulkan In4r#asi Ta#,ahan *%ela)ar Man$iri+'e!utuhan pengetahuan yang ditetapkan se!agai tuuan !elaaruntuk meme#ahkan masalah di#ari dalam !entuk !elaar mandirimelalui akses in&ormasi internet$ urnal$ perpustakaan$ kuliah$ dankonsultasi pakar.

    & Mensintesis 5 Mengu)i In4r#asi %aruMensintesis$ menge/aluasi$ dan mengui in&ormasi !aru hasil !elaarmandiri setiap anggota kelompok.

  • 8/18/2019 201603 Skenario 1 Mhsw

    3/4

    SKENARIO 1

     Tuuan Skenario * Tuuan 0mum *

    Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menilai se#ara kritis kesahihan

    dan kemampu"terapan in&ormasi kedokteran !er!asis !ukti (Evidence-Based Medicine) dan menelaskan serta meme#ahkan masalah yang!erhu!ungan dengan masalah kon+rmasi tes penyeringan ataudiagnosis penyakit pasien.

     Tuuan 'husus *1. Mahasiswa mampu menyusun dan mem&ormulasikan pertanyaan

    klinisilmiah yang !erkaitan dengan masalah diagnosis atau tespenyaringan penyakit seorang pasien.

    2. Mahasiswa mampu mem!uat kata kun#i untuk melakukan penelusuranin&ormasi ilmiah (evidence) yang !erkaitan dengan masalah diagnosispenyakit pasien.

    3. Mahasiswa mampu memilih sum!er evidence atau alamat we! untukmenemukan evidence ter!aik.

    4. Mahasiswa mampu memilih evidence ter!aik !er!agai evidence  yangditemukan untuk menawa! pertanyaan klinis.

    %. Mahasiswa mampu melakukan kaian kritis artikel penelitian tentangdiagnosis yang !er!asis !ukti ilmiah dalam hal *

    /aliditas hasil penelitian artikel terse!ut

    mengui !agaimana hasil penelitian artikel terse!ut

    mernyimpulkan dan menerapkan hasil kaian kritis artikel

    terse!ut ke dalam praktek pengam!ilan keputusan untukpengelolaan pasien khususnya dalma penegakan diagnosis suatupenyakit.

  • 8/18/2019 201603 Skenario 1 Mhsw

    4/4

    S'5- 1

    Seorang dokter keluarga mendapat pasien perempuan usia 16th dengankeluhan nyeri perut kanan !awah disertai demam dan muntah$ denganke#urigaan appendisitis akut. Dokter itu mendapat in&ormasi !ahwa ada

    modi+kasi atas skor l/arado yang pernah dia pelaari saat pendidikanpro&esi. Dokter ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan modi+kasiskor l/arado terse!ut dan ingin men#ari artikel original yang melaporkannilai"nilai diagnostik skor l/arado yang dimodi+kasi terse!ut. 0idiagnostik yang diharapkan adalah tentang nilai diagnostik skor l/aradoyang dimodi+kasi di!andingkan !aku emasnya. Dokter menyadari$ !ahwaketerlam!atan diagnosis akan meningkatkan mor!iditas dan mortalitaspasien dan se!aliknya kurang taamnya penilaian klinis dapat !eruungpada !anyaknya appendiktomi yang tidak diperlukan. Diagnosis denganmenggunakan 7T s#an a!domen dianggap terlalu mahal.