2007-2-00361-MN-Bab 1

download 2007-2-00361-MN-Bab 1

If you can't read please download the document

description

kn

Transcript of 2007-2-00361-MN-Bab 1

Microsoft Word - BAB 1 - 5 SKRIPSI.doc

BAB 1

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Di masa sekarang ini layanan penyediaan informasi sangat dibutuhkan dan selain penyediaan informasi, perusahaan harus juga mempunyai dan menggunakan teknologi informasi yang modern yang dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Di dalam industri seperti ini akan timbul beberapa ancaman meliputi produk, pelanggan dan pesaing. Dimana pelanggan akan selektif dalam memilih harga, kualitas dan pelayanan (baik dari pengiriman barang, ketersediaan barang yang dibutuhkan, dan sebagainya).

PT. INDOMITRA SARANA UTAMA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang

penjualan bahan bakar minyak, yaitu sebagai SPBU atau Pom Bensin di daerah Kali Malang atas sejumlah bahan bakar minyak tertentu. Dan saat ini PT. INDOMITRA SARANA UTAMA melakukan pembelian bahan bakar minyak selain pada produsen di dalam negeri yaitu PERTAMINA.

Oleh karena PT. INDOMITRA SARANA UTAMA merupakan perusahaan penyediaan bahan bakar minyak (bensin) di dalam operasionalnya sering mengalami kendala terhadap persediaan produk (bensin). Kendala terhadap persediaan produk, yaitu perusahaan sering mengalami empty stock atau kehabisan persediaan produk (bensin). Dengan terjadinya empty stock, perusahaan mengalami kerugiaan dari segi pendapatan menurun, dan juga kekecewaan konsumen karena permintaan tidak dapat terpenuhi yang memungkinkan konsumen beralih ke perusahaan pesaing industri sejenis lainnya.

Maka dari itu salah satu solusi terbaik untuk perusahaan adalah dengan mengadopsi kemampuan teknologi informasi yang terbukti mampu mengantisipasi berbagai perubahan baik dari dalam atau luar perusahaan. Dan salah satunya dengan menerapkan e-Supply Chain Management (e-SCM) yang dimana perusahaan dapat mengurangi biaya pemesanan,

perencanaan dan penjadwalan persediaan yang lebih baik, dapat menjaga hubungan baik dengan para supplier dan pelanggan.

2. Indentifikasi Masalah

Melihat pada latar belakang yang disampaikan di atas, maka yang akan diidentifikasikan untuk masalah sebagai berikut :

a. Bagaimanakah kondisi Supply Chain Management yang terdapat pada PT. INDOMITRA

SARANA UTAMA ?

b. Bagaimana memberikan usulan aplikasi e-Supply Chain Management yang baik dan efektif bagi PT. INDOMITRA SARANA UTAMA ?

3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

3.1 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

Untuk mengetahui bagaimana kondisi Supply Chain Managementpada PT.

INDOMITRA SARANA UTAMA.

Untuk merencanakan strategi e-Supply Chain Management yang baik pada PT.

INDOMITRA SARANA UTAMA.

3.2 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah sebagai berikut:

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi PT. INDOMITRA SARANA UTAMA dalam menentukan strategi e-Supply Chain Management yang baik dan sesuai bagi perusahaan.

Hasil penelitian dapat digunakan bagi perusahaan sebagai bahan informasi dan saran bagi perusahaan dalam peningkatan kualitas e-Supply Chain Management.

Memberikan gambaran yang jelas kepada dunia akademis dan masyarakat umum tentang langkah-langkah penerapan e-Supply Chain Management dalam dunia e- business yang sesungguhnya.

4. Sistematika Penulisan

Dalam penulisan skripsi ini, terdapat beberapa penggunaan beberapa terminology e- Business yang sudah umum dalam istilah asing yang tidak dapat dihindari dengan alasan apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia yang baku dapat menyebabkan kesalahan pengertian. Penggunaan istilah asing dalam skripsi ini ditandai dengan huruf yang dicetak miring.

Penulisan skripsi ini akan dibagi ke dalam 5 bab, yang diuraikan sebagi berikut:

Bab 1. Pendahuluan

Membahas mengenai latar belakang penelitian, indentifikasi masalah, tujuan dan manfaat, serta sistematika penulisan skripsi.

Bab 2. Landasan Teori

Membahas teori-teori utama mengenai e-business, e-commerce dan perkembanganya, termasuk sejarah Internet, Website dan World Wide Web (WWW). Selain itu dibahas juga teori-teori dasar mengenai Supply Chain Management (SCM), proses dari sebuah SCM, dan bagaimana teori yang mendasari prinsip dalam langkah-langkah merencanakan electronik- Supply Chain Management (e-SCM) di dalam sebuah perusahaan.

Bab 3. Gambaran Umum Perusahaan

Membahas sejarah berdiri dan berkembangnya perusahaan yang diteliti, memberikan gambaran umum mengenai objek penelitian, kondisi perusahaan saat ini di dalam persaingan pasar, analisis system berjalan, analisis porter, serta struktur organisasi perusahaan dan wewenang masing-masing jabatannya.

Bab 4. Analisis dan Hasil Penelitian

Membahas mengenai hasil analisis pengumpulan data, pembahasan masalah dan perancangan E-SCM yang baik untuk perusahaan.

Bab 5. Kesimpulan dan Saran

Berisi tentang kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian, dan saran-saran yang dapat diberikan dari skripsi yang telah dibuat, yang diharapkan dapat membantu perusahaan.