1 Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna Ai i 2013 1 1 Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna...

download 1 Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna Ai i 2013 1 1 Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna Al¢­Asma Al ¢­Husna

If you can't read please download the document

  • date post

    14-Jan-2020
  • Category

    Documents

  • view

    32
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of 1 Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna Ai i 2013 1 1 Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna...

  • 1Akidah Akhlak Kurikulum 2013

    Nilai-Nilai Mulia Al-Asma Al-Husna1

    Al­Asma Al­Husna berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata Asma dan husna. Asma merupakan bentuk jamak dari kata al­ism yang berarti nama. Ia berakar dari kata al­sumuuwwu yang berarti tinggi atau al­simah yang berarti tanda. Hal ini karena nama memang merupakan tanda bagi segala sesuatu sekaligus eksistensinya harus dijunjung tinggi.

    Sementara al­husna merupakan bentuk mu’anats/ feminim dari kata ahsan yang berarti terbaik. Memberikan sifat kepada Allah dengan bentuk superlative menunjukkan bahwa nama-nama tersebut merupakan realitas yang terbaik. Dengan demikian pengertian Al-Asma Al­Husna adalah nama-nama yang terbaik yang tidak ada kekurangannya sama sekali.

    99 Al­Asma Al­Husna

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • Buku Siswa Kelas XII2

    Sebagai seorang hamba, kita dianjurkan untuk mengetahui dan berdo’a kepada Allah Swt dengan menyebut nama-nama-Nya itu. Dengan mnyebut nama-namaNya yang terangkum dalam Al-Asma Al-Husna, hati akan menjadi tenang dan tentram karena kita senantiasa merasa dekat dengan Allah.

    Kompetensi Inti (KI)

    1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( gotong

    royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

    3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

    4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

    Kompetensi Dasar (KD)

    1.1 Meyakini sifat-sifat Allah yang terkandung dalam tujuh Al­Asma Al­Husna: al­Gaffar, al­Razzaq, al­Malik, al­Hasib, al­Hadi, al­Khaliq dan al­Hakim

    2.1 Terbiasa menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam tujuh Al­Asma Al­ Husna: al­Gaffar, al­Razzaq, al­Malik, al­Hasib, al­Hadi, al­Khaliq dan al­Hakim dalam keseharian

    3.1 Memahami makna tujuh Al­Asma Al­Husna: al­Gaffar, al­Razzaq, al­Malik, al­Hasib, al­Hadi, al­Khaliq dan al­Hakim

    4.1 Melafalkan dan menghafal Asmwul husna dengan baik

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • 3Akidah Akhlak Kurikulum 2013

    Tujuan Pembelajaran

    Setelah melaksanakan proses mengamati, menanyakan, menalar, mencoba dan mengomukasikan diharapkan : 1. Siswa dapat menjelaskan makna Al­Asma Al­Husna 2. Siswa dapat menjelaskan nilai-nilai positif Al­Asma Al­Husna 3. Siswa dapat menerapkan nilai-nilai positif Al­Asma Al­Husna dalam kehidupan sehari-hari 4. Siswa dapat melafalkan dan menghafal Al­Asma Al­Husna dengan baik

    PETA KONSEP

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • Buku Siswa Kelas XII4

    MARI MENGAMATI

    AMATI GAMBAR BERIKUT INI DAN BUATLAH KOMENTAR ATAU PERTANYAAN

    Setelah anda mengamati gambar di samping buat daftar komentar atau pertanyaan yang relevan 1. …………………………………………….…………

    ………………………………….……………………. 2. …………………………………………….…………

    ………………………………………………............. 3. ………………………………………………………

    ………………………….………………………….....Sumber: www.tribun.news.com

    Setelah Anda mengamati gambar di samping buat daftar komentar atau pertanyaan yang relevan 1. …………………………………………….…………

    ………………………….……………………………. 2. …………………………………………….…………

    ………………………………….............................. 3. ………………………………………………………

    …………………………………..............................Sumber: www.tribun.news.com

    MARI MENDALAMI

    Selanjutnya anda pelajari uraian berikut ini dan kembangkan dengan mencari materi tambahan dari sumber belajar lainnya!

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • 5Akidah Akhlak Kurikulum 2013

    A. AL-GAFFA� R ( ( الغفار 1. Pengertian al- Gaffār

    Al­Gaffar berasal dari kata gafara yang berarti menutup. Ada juga yang berpendapat bahwa ia diambil dari kata al­Gafaru yang artinya tumbuhan yang digunakan untuk mengobati luka. Jika diambil pendapat yang pertama Allah Swt melalui asmaNya al­Gaffar menampakkan kebaikanNya dengan menutupi keburukan manusia di dunia dengan anugerahNya. Sementara pendapat yang kedua berarti Allah Swt memberikan anugerah penyesalan atas dosa bagi hambaNya yang akhirnya penyesalan ini sebagai obat yang menyembuhkan dan terhapusnya dosa.

    Di dalam al Qur’an kata al­Gaffar disebutkan sebanyak lima kali dua ayat disebutkan dengan terpisah yang identik dengan pengampunan dosa seperti di dalam firman Allah Swt:

    اٗرا ١ َفُقۡلُت ٱۡسَتۡغفُِرواْ َربَُّكۡم إِنَُّهۥ َكَن َغفَّ Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun (QS. Al­ Nuh (71)­10)

    Sementara tiga ayat lainnya disandingkan dengan sifat ‘Aziz. Hal yang terakhir ini tidak menunjukkan pengampunan dosa melainkan Allah Swt dengan al­Gaffarnya menutupi dosa serta kesalahan dan banyak hal lainnya dari diri manusia. Hal ini di antaranya terdapat dalam al Quran :

    ُٰر ٦ ۡرِض َوَما بَۡيَنُهَما ٱۡلَعزِيُز ٱۡلَغفَّ َ َمَٰوِٰت َوٱۡل َربُّ ٱلسَّ

    Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.(QS. Shad(38):66)

    2. Meneladani Allah dengan sifat al-Gaffār Imam al-Ghazali mengartikan al­Gaffar Allah sebagai Dzat Yang menampakkan

    keindahan dan menutupi keburukan. Dosa yang dilakukan oleh seseorang adalah bagian keburukan yang ditutupi oleh Allah sehingga tidak terlihat oleh orang lain di dunia dan dikesampingkan kelak di akhirat. Di antara hal yang ditutupi oleh Allah Swt pada manusia:

    Pertama, tubuh bagian dalam manusia dengan dengan bentuk lahiriah yang indah. Kedua, bisikan dan kehendak hati manusia yang buruk. Ketiga, dosa dan kesalahan manusia yang semestinya diketahui oleh khalayak umum.

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • Buku Siswa Kelas XII6

    Dengan demikian makna al­Gaffar demikian luas karena mencakup berbagai hal dan bukan hanya semata-mata tertuju kepada seluruh manusia di muka bumi ini.

    Kita dapat meneladani Allah melalui sifat al­Gaffar ini dengan cara memilki sifat-sifat berikut :

    a. Senantiasa memaafkan kesalahan orang lain Memaafkan atau al ‘afwu dalam bahasa Arab berarti pembebasan dari

    tuntutan, kesalahan atau kekeliruan pada seseorang. Di dalam al Qur’an terdapat tiga puluh tujuh kata al ‘afwu dengan berbagai kata perubahannya. Di dalam al Quran misalnya dinyatakan:

    ۡقَرُب لِلتَّۡقَوٰىۚ َ ن َتۡعُفٓواْ أ

    َ َوأ

    “Dan pema’afan kamu itu lebih dekat kepada takwa”(QS. Al Baqarah(2):237)

    Di dalam hadits dari Abu Hurairah Rasulullah Saw bersabda:

    َطْبَاِن( ْ رَْحُْوا تُرَْحُْوا َواْعُفوا َيْغِفْر لَُكْم)َرَواُه ال

    ْ ا

    “Berilah kasih sayang dan berikan maaf, niscaya Allah Swt mengampuni kalian (HR. Ibnu Majah)

    b. Menutupi kesalahan orang lain dengan tidak membeberkannya

    Menutupi kesalahan orang lain dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Rasulullah Saw menjanjikan bagi orang yang menutupi aib atau kesalahan orang lain, maka kelak Allah Swt akan menutupi aibnya juga di akhirat. Rasulullah Saw bersabda:

    َِخَرِة ْ

    َمْن َسَتَ ُمْسِلًما َسَتَ اهلُل ِف ادُلْنيَا َوال “Siapa saja yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat”(HR. Ibnu Majah)

    c. Menampakkan kelebihan orang lain dengan tidak menampilkan kekurangannya

    Menampakkan kebaikan atau kelebihan orang lain juga merupakan pengamalan dari al­Gaffar. Dengan melakukan hal ini berarti seseorang benar- benar mencintai saudaranya dengan sebenar-benarnya.

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • 7Akidah Akhlak Kurikulum 2013

    B. AL-RAZZA�Q ( الرزاق ) 1. Pengertian al-Razzaq

    Al-Razzaq diambil dari kata razaqa atau rizq, yakni rezeki. Hanya saja makna Rezeki mengalami pengembangan makna sehingga ia juga dapat berarti adanya pangan, terpenuhinya kebutuhan, honor seseorang, ketenangan ataupun hujan serta makna- makna lainnya. Dengan demikian rezeki berarti segala pemberian dari Allah Swt yang dapat dimanfaatkan baik berupa fisik, maupun non fisik.

    Dalam al Quran kata al­Razzaq hanya disebutkan satu kali di