03. Bimo Kusumo - Praktikum Blok 22 Farmakologi

download 03. Bimo Kusumo - Praktikum Blok 22 Farmakologi

of 45

  • date post

    28-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    22
  • download

    0

Embed Size (px)

description

fff

Transcript of 03. Bimo Kusumo - Praktikum Blok 22 Farmakologi

  • PRAKTIKUM BLOK 22 FARMAKOLOGIUntuk angkatan fkuki 2010 tercinta

  • PENDAHULUANtemen-temen, gue bikin ini Cuma mau ngebantu aja, kalo ada yang salah mohon maklum karena gue manusia biasaIni dibuat berdasarkan praktikum tadi siang sama si ibu farmakoKalo ada yg salah atau kurang mohon kasih tau gue yak via bbm atau line langsung biar gue bisa langsung update kasih tau angkatan, makasihSemoga fkuki 2010 lulus semua osce lancar koas bareng lulus dokter bareng amin amin!!-Bimo Kusumo-

  • Catatan pentingBiar aman sih pelajarin semua slide ppt nya ROMAULI KULIAH OBAT KBK- yg diupload yesaya di dropbox, jangan berdasarkan ppt ini aja, biar aman aja maksud gue......

  • Faktor ppt ini bisa ada yg salah atau kurangKarena gue manusia biasaSi ibu farmako ngasih pengajaran yang beda antara sesi pagi untuk kelompok kecil dengan sesi siang kelompok besar, Kebetulan ppt ini dibuat dari gue yg ikut sesi pagi praktikumKarena ibu farmako manusia biasa

  • PIL KB Bersalut gulatablet bersalut gula, disalut dengan lapisan terdiri dari campuran gula dan bahan lain yang cocok, dengan atau tanpa menambah zat warna.Contoh : PIL KB

  • CTM kuning kecilTablet pada dasarnya putih, ctm ini kuning gara gara dikasih zat warna

  • SI KUNING KAPLETIni obat katanya jenis kaplet, tablet yang lonjong disebut kaplet

  • Tablet berlapis (ada 2 lapis)Dia 2 lapis gara gara pas pembuatannya memang tidak bisa dicampur, jadi dipisah dan baru pas udah jadi obatnya baru digabung jadi 2 lapis deh. Contohnya : neozep, decolgen

  • Si adalat merah perlahan larutIni obat katanya buat tekanan darah tinggi, obat ini perlahan lahan larutnya. Kenapa adalat? Itu tulisannya ada tulisan adalat 20

  • Obat maagIni termasuk tablet kunyah, obat maag ini

  • Tablet bersalut enteric / Enteric coateddisalut sedemikian rupa sehingga obat tidak hancur dalam lambung tapi hancur dalam usus halus, yang disebut juga Delayed Action. Bahan penyalutnya adalah bahan yang tahan terhadap pengaruh asam lambung yaitu Sehellak, keratin dan salol. Tablet ini dibuat untuk obat obat yang dapat mengiritasi lambung dan obat obat yang dapat rusak bila kena asam lambung (contoh : Voltaren Aropas)

  • Tidak diketahui apaan si ini...Ini katanya tablet tapi bentuk nya doang yang beda, fungsi sama katanya (katanya lho....)

  • Tablet Buih / Effervesenselain mengandung zat aktif, juga mengandung campuran asam dan natrium bicarbonat, yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan CO2, maka tablet harus disimpan dalam wadah tertutup rapat atau pada kemasan tahan lembab

  • Cara nulis resepR/ (nama obat) (bentuk sediaan) No (jumlah yang mau dikasih, ditulis dalam bentuk romawi)Contoh : R/ Decolgen Tablet No XDeskripsi : diberikan decolgen dengan bentuk tablet berjumlah 10 kepada pasien

  • KHUSUS PENULISAN RESEP PIL KBPil KB itu tidak boleh beli satuan, harus beli semua satu paket (1 blester penuh)Contoh : R/ pil KB No I blesterDeskripsi : diberikan pil KB berjumlah 1 blester ke pasien

  • KAPSULKapsul itu ada 2 jenis :Kapsul kerasKapsul lunak

  • Kapsul kerasKapsul keras yang warna oranye, ini biasanya obat racikan dan dibuat di apotek, tidak di pabrik. Yg merah item juga katanya kapsul keras

  • Kapsul lunakKapsul lunak itu tidak bisa dibuka. Contoh nya tuh digambar bawah kanan yg lembek warna ijo (Natur-E). Ada juga kapsul yg isinya cairan (gambar kiri warna kuning lembek)

  • PENTING UNTUK KAPSULWARNA KAPSUL TIDAK MENCERMINKAN ISINYA APA YA....

  • Kapsul granulKapsul granul itu sifatnya sedikit demi sedikit larut di pembuluh darah (kerjanya sistemik)

  • Cara penulisan resep obat dengan dosisResep obat yang disertai dosis adalah obat yang mempunyai LEBIH DARI 1 JENIS DOSIS di pasaran. Kalo emang obatnya jenisnya Cuma 1 dosis ya gausah ditulis dosis nya, wong obatnya Cuma itu kok. Contohnya decolgen, emangnya ada decolgen 300 mg? Gaada kan... Decolgen ya Cuma 1 doang di pasaran. Makanya decolgen ga ditulis dosis pas penulisan resep sedangkan obat lain yg emang variatif dosisnya, harus ditulis dosisnya....Contoh : R/ Amoxycillin capsul 500 mg No XVDeskripsi : diberikan amoxycillin berbentuk kapsul dengan dosis 500 mg berjumlah 15 ke pasien

  • Serbuk granulOralit Ini disebut serbuk granul

  • Serbuk taburIni namanya serbuk tabur yg kertas putih ini, dibuatnya di apotik dan serbuk ini dibuat berdasarkan perintah

  • Apotek1. Etiket PutihObat Dalam (per-oral) Obat yang dimasukkan ke mulut dan ditelan

    2. Etiket BiruObat luarObat yang tidak ditelan

  • suppositoriaSuppositoria masuk nya via rectal, dia beda dengan ovula, suppositoria lebih kurus

  • ovulaOvula lebih gendut dari suppositoria, ovula masuk tubuh via vagina

  • BANDINGKAN OVULA DENGAN SUPPOSITORIA!!

  • Contoh penulisan resepR/ dulcolax suppositoria No. IIDeskripsi: diberikan dulcolax bentuk suppositoria berjumlah 2 ke pasien

  • OBAT SETENGAH PADAT

    UnguentaOcculenta / salep mataPastaLinimentaSapones / sabunCremores krimGelones / gel

  • Penulisan resep buat salepR/ hydrocortison cream no.I TubeDi gambar padahal tulisannya celestoderm, gatau tuh dikasih contohnya hydrocortison...

  • POTIni katanya namanya pot, kayak tanaman aja di pot -___-, pokoknya biasanya obat racikan yang dimasukkin ke pot dan di resep harus ditulis berapa gram nya

  • Tetes mataIni yg kecil kuning mungil namanya tetes mata versi MINI DOSE biar sekali pake, soalnya kalo obat mata biasa yg udah kebuka (kepake) lebih dari 1 minggu itu udah ga steril lagi walau udah disimpen di tempat tertutup rapat

  • Cara penulisan resep obat mata mini doseR/ Kemicetin tetes mata mini dose no I strip

  • Penulisan resep botolR/ kemicetin tetes mata no.I laglag itu maksudnya botolR/ amoxicillin sirup 125 mg no I lagR/ decolgen sirup no.I lag

  • suspensiSuspensi itu ada endapannya jadi harus dikocok !!

  • Sirup keringIni namanya sirup kering, sirup kering itu nanti bakal dibuka botolnya oleh apoteker dan akan dilarutkan oleh apoteker dengan bahan tertentu sebelum dikasih ke pasienJadi jangan kaget ya pasien kalo nerima obat ini tapi segel nya udah kebuka karena memang segel nya harus dibuka apoteker biar bisa dilarutkan di apotek oleh bahan tertentuDalam 7 hari sirup ini harus habis diminum pasien!!!

  • ISTILAH PENTING1 C = 1 SENDOK MAKAN1 CP = 1 SENDOK BUBUR setara dengan 8ml1 CTH = 1 SENDOK TEH setara dengan 5 ml

  • MAKASIH