Teori dan analisis produksi islami

Post on 14-Jul-2015

1.399 views 15 download

Transcript of Teori dan analisis produksi islami

TEORI dan ANALISIS TEORI dan ANALISIS PRODUKSI ISLAMIPRODUKSI ISLAMI

Faris Farid Aulia, Gita Witarsa, Faris Farid Aulia, Gita Witarsa, Sahlan DeskiSahlan Deski

Atribut Fisik dan Nilai dalam ProdukAtribut Fisik dan Nilai dalam Produk Input Produksi dan BerkahInput Produksi dan Berkah Kemuliaan Harkat Kemanusiaan sebagai Kemuliaan Harkat Kemanusiaan sebagai

Karakter ProduksiKarakter Produksi Eksplorasi dan Pembentukan Konsep PEksplorasi dan Pembentukan Konsep Produksiroduksi Produksi dengan Teknologi KonstanProduksi dengan Teknologi Konstan Produksi dengan Modal TetapProduksi dengan Modal Tetap

PEMBAHASAN

Mengingat . . .Mengingat . . . Produsen dalam perspektif Islam bertujuan untuk memperoleh Produsen dalam perspektif Islam bertujuan untuk memperoleh

maslahah maksimum (bukan pemburu laba maksimal) melalui maslahah maksimum (bukan pemburu laba maksimal) melalui aktivitasnya.aktivitasnya.

Ekspresi maslahah dalam kegiatan produksi adalah keuntungan Ekspresi maslahah dalam kegiatan produksi adalah keuntungan dan berkah, sehingga produsen akan menentukan kombinasi dan berkah, sehingga produsen akan menentukan kombinasi antara berkah dan keuntungan yang memberikan maslahah antara berkah dan keuntungan yang memberikan maslahah maksimal.maksimal.

Oleh karena itu, tujuan produsen bukan hanya laba, maka Oleh karena itu, tujuan produsen bukan hanya laba, maka pertimbangan produsen juga bukan hanya semata pada hal yg pertimbangan produsen juga bukan hanya semata pada hal yg bersifat sumberdaya yang memiliki hubungan teknis dengan bersifat sumberdaya yang memiliki hubungan teknis dengan output, namun juga pertimbangan kandungan berkah output, namun juga pertimbangan kandungan berkah (nonteknis) yg ada pada sumber daya maupun output.(nonteknis) yg ada pada sumber daya maupun output.

Produk yang dihasilkan oleh produsen menjadi berharga atau bernilai juga Produk yang dihasilkan oleh produsen menjadi berharga atau bernilai juga karena adanya nilai (value) yg dipadang berharga oleh konsumen. karena adanya nilai (value) yg dipadang berharga oleh konsumen.

- - Atribut FisikAtribut Fisik, misalnya bahan baku pembuatannya, kualiatas barang , misalnya bahan baku pembuatannya, kualiatas barang tersebut, bentuk atau desain barang, dll. Atribut fisik secara menentukan tersebut, bentuk atau desain barang, dll. Atribut fisik secara menentukan peran fungsional dari barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan peran fungsional dari barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen.konsumen.- - Nilai (value) yg terkandung dlm barang Nilai (value) yg terkandung dlm barang akan memberikan kepuasan akan memberikan kepuasan psikis bagi konsumen dalam memanfaatkan barang tsb. Value dapat psikis bagi konsumen dalam memanfaatkan barang tsb. Value dapat bersumber dari citra atau merk dari barang tersebut, sejarah, reputasi, bersumber dari citra atau merk dari barang tersebut, sejarah, reputasi, produsen, dll.produsen, dll.

Dua barang yg memiliki atribut fisik yg sama belum tentu akan berharga sama karena perbedaan value dari barangContoh: raket yg sama dengan harga yg berbeda karena merk. Raket Contoh: raket yg sama dengan harga yg berbeda karena merk. Raket petenis terkenal dunia yg dilelang dg harga yg sangat tinggi (krn nilai petenis terkenal dunia yg dilelang dg harga yg sangat tinggi (krn nilai sejarahnya).sejarahnya).

Atribut Fisik dan Nilai dalam Produk

Atribut fisik bernilai objektifban (dapat diperbandingkan) begitu pula dengan Atribut fisik bernilai objektifban (dapat diperbandingkan) begitu pula dengan nilai valuenyanilai valuenya

Dalam pandangan Ekonomi Islam produk juga merupakan kombinasi atribut Dalam pandangan Ekonomi Islam produk juga merupakan kombinasi atribut fisik dan valuefisik dan value. Dalam konsep Ekonomi Islam atribut produk mungkin tidak . Dalam konsep Ekonomi Islam atribut produk mungkin tidak berbeda dg padangan pada umumnya, tetapi konsep nilai yg harus ada dalam berbeda dg padangan pada umumnya, tetapi konsep nilai yg harus ada dalam setiap barang adalah nilai-nilai keislaman (Islamic value)setiap barang adalah nilai-nilai keislaman (Islamic value)

Adanya nilai-nilai ini pada akhirnya akan memberikan berkah pada suatu Adanya nilai-nilai ini pada akhirnya akan memberikan berkah pada suatu barang. barang. Setiap barang/jasa yg tidak mengandung berkah tidak bisa dianggap Setiap barang/jasa yg tidak mengandung berkah tidak bisa dianggap barang/jasa yg memberikan maslahah sebab berkah merupakan elemen barang/jasa yg memberikan maslahah sebab berkah merupakan elemen penting dalam konsep maslahah.penting dalam konsep maslahah.

Lanjutan . . .

Selanjutnya . . .

Barang/jasa yg mengandung berkah yg banyak tidak bisa disamakan dg barang lain yg mengandung berkah sedikit.

- Contoh: Dua raket tenis sebelumnya. Yg memproduksi perusahaan A dan B. Perusahaan A mengeksploitasi pegawainya, B mensejahteraakan pegawai. Eksploitasi bertentangan dg nilai Islam. Meski atribut raket sama tetapi oleh konsumen Islami akan dihargai berbeda. Raket yg diproduksi perusahaan A tidak mengandung berkah bukan barang berharga dan barang yang tidak (mengandung maslahah) tidak akan dipilih konsumen yg Islami.

Dengan cara pandang ini maka kuantitas produk diekspresikan sbb:QM = qF+ Qbdimana : QM barang yg memiliki mashlahah

qF atribut fisik barangqB berkah barang tersebut

Kegiatan produksi membutuhkan berbagai sumber daya ekonomi Kegiatan produksi membutuhkan berbagai sumber daya ekonomi yg lazim yg lazim disebut (disebut (input atau faktor produksiinput atau faktor produksi) yaitu segala hal yg menjadi masukan ) yaitu segala hal yg menjadi masukan secara langsung maupun tidak langsung dlm proses produksi.secara langsung maupun tidak langsung dlm proses produksi.

ContohContoh: pembuatan mobil: kombinasi bahan baku (besi, karet, dll),tenaga kerja, : pembuatan mobil: kombinasi bahan baku (besi, karet, dll),tenaga kerja, pengusaha (entrepreneur) dan pemilik modal. pengusaha (entrepreneur) dan pemilik modal.

Faktor produksi atau input ini scr garis besar dapat diklasifikasi Faktor produksi atau input ini scr garis besar dapat diklasifikasi input input manusia (human input) dan input nonmanusia (non human input).manusia (human input) dan input nonmanusia (non human input).

– – Input manusia tenaga kerja dan wirausahawanInput manusia tenaga kerja dan wirausahawan – – Input non manusia natural resources, financial capital, mesin, alat-alat, Input non manusia natural resources, financial capital, mesin, alat-alat,

gedung dan physical Input lainnyagedung dan physical Input lainnya

Pengkategorian menjadi dua diatas setidaknya dilandasi oleh 2 alasanPengkategorian menjadi dua diatas setidaknya dilandasi oleh 2 alasan::1. Manusia adalah faktor produksi (FP) yg memiliki peran paling penting 1. Manusia adalah faktor produksi (FP) yg memiliki peran paling penting

dalam keseluruhan FP. Manusia sbg main input, sementara input dalam keseluruhan FP. Manusia sbg main input, sementara input nonmanusia adalah supporting input.nonmanusia adalah supporting input.

. . Contoh: minyak bumi dan emas harus diolah manusia untuk bermanfaat.Contoh: minyak bumi dan emas harus diolah manusia untuk bermanfaat.

Input Produksi dan Berkah

2. 2. Manusia adalah makhluk hidup yg tentu saja memiliki berbagai karakteristik yg berbeda Manusia adalah makhluk hidup yg tentu saja memiliki berbagai karakteristik yg berbeda dg FP yg lain. Manusia ciptaan Allah yg diberi kedudukan istimewa. Scr umum semua dg FP yg lain. Manusia ciptaan Allah yg diberi kedudukan istimewa. Scr umum semua sumber daya nonmanusia dapat diperdagangkan sesuai dg mekanisme pasar, manusia tidak sumber daya nonmanusia dapat diperdagangkan sesuai dg mekanisme pasar, manusia tidak demikian.demikian.

Bagaimanapun klasifikasinya Bagaimanapun klasifikasinya berkah harus dimasukkan dalam input produksi. berkah harus dimasukkan dalam input produksi. Berkah tsb Berkah tsb melekat pada setiap input yg digunakan dalam berproduksi dan juga melekat pada proses melekat pada setiap input yg digunakan dalam berproduksi dan juga melekat pada proses produksi shg output produksinya akan mengandung berkah.produksi shg output produksinya akan mengandung berkah.Memasukkan berkah dalam input adalah rasional sebab berkah meiliki share nyata dalam Memasukkan berkah dalam input adalah rasional sebab berkah meiliki share nyata dalam membentuk outputmembentuk output

Berkah memang terkadang tidak materialized Berkah memang terkadang tidak materialized ia mirip human capital yg juga tidak ia mirip human capital yg juga tidak materialized tetapi telah diterima sbg inputmaterialized tetapi telah diterima sbg input. Produk yg dihasilkan dg human capital yg . Produk yg dihasilkan dg human capital yg rendah akan bisa berniali rendah.rendah akan bisa berniali rendah.

Begitu juga barang yg diproduksi dg input berkah rendah Begitu juga barang yg diproduksi dg input berkah rendah menghasilkan output dg menghasilkan output dg kandungan berkah yg rendah pulakandungan berkah yg rendah pula shg mashlahah dari barang tsb juga rendah shg mashlahah dari barang tsb juga rendah sehingga sehingga akan dianggap sbg barang yg bernilai rendah pula dan sebaliknyaakan dianggap sbg barang yg bernilai rendah pula dan sebaliknya..

Lanjut lagi . . .

Dalam Islam manusia lebih mulia dari FP yang Dalam Islam manusia lebih mulia dari FP yang lain. Hubungan antara tenaga kerja dg kapital :lain. Hubungan antara tenaga kerja dg kapital :

– – Substitusi yg bersifat alamiah Substitusi yg bersifat alamiah manusia dibekali manusia dibekali alat (equipped) alat (equipped) maslahah lebih tinggi diterima maslahah lebih tinggi diterima oleh Islamoleh Islam

– – Substitusi yg dipaksakan Substitusi yg dipaksakan saat tenaga saat saat tenaga saat tenaga kerja banyak diganti dengan mesintenaga kerja banyak diganti dengan mesin pengangguran tidak sesuai.pengangguran tidak sesuai.

Kemuliaan Harkat Kemanusiaan sebagai Karakter Produksi

Eksplorasi dan Pembentukan Konsep Produksi

Eksplorasi Nilai dan Prinsip Islam dalam Produksi. Nilai dan prinsip pokok dlm produksi untuk menghasilkan maslahah maksimum adalah :

1. Amanah untuk Mewujudkan Maslahah Maksimum tugas kekhalifahan untuk manfaatkan Sumber Daya dg sebaik-baiknya.

2. Profesionalisme Ihsan dg skill dan keahlian.

3. Pembelajaran Sepanjang Waktu untuk Efisiensi long life learning efisiensi dan produktifitas.

Berdasarkan pembahasan sebelumnya konsep yg sesuai dg nilai Islam Berdasarkan pembahasan sebelumnya konsep yg sesuai dg nilai Islam konsep yg menganggap teknologi berproduksi sudah ‘given’ atau konstan konsep yg menganggap teknologi berproduksi sudah ‘given’ atau konstan dlm arti teknologi yg digunakn telah memanfaatkan sumber daya dlm arti teknologi yg digunakn telah memanfaatkan sumber daya manusia sedemikian rupa sehinga manusia2 tsb mampu meningkatkan manusia sedemikian rupa sehinga manusia2 tsb mampu meningkatkan harkat kemanusiaan. itu sbg implikasi dari nilai amanah maka kegiatan harkat kemanusiaan. itu sbg implikasi dari nilai amanah maka kegiatan produksi harusmenggunakan input stempat (locality) yg melimpahproduksi harusmenggunakan input stempat (locality) yg melimpah . .

Dengan demikian masalah produksi bukan tentang teknologi untuk Dengan demikian masalah produksi bukan tentang teknologi untuk maksimalkan keuntungan maksimalkan keuntungan tapi mencari jenis output apa dari berbagai tapi mencari jenis output apa dari berbagai kebutuhan manusia yg bisa diproduksi dg teknologi yg sudah ada kebutuhan manusia yg bisa diproduksi dg teknologi yg sudah ada kombinasi output shg dpt memperoleh maslahah maksimum kombinasi output shg dpt memperoleh maslahah maksimum dengan dengan kenadala jumlah input yg jumlahnya sudah tertentu.kenadala jumlah input yg jumlahnya sudah tertentu.

Contoh : Batu Hitam untuk pondasi, koral untuk campuran aspal Contoh : Batu Hitam untuk pondasi, koral untuk campuran aspal atau atau beton cor, pasir giling, aksesoris dinding atau lantai rumah, beton cor, pasir giling, aksesoris dinding atau lantai rumah, dll. Tenaga kerja banyak pertanian, industri dll. dll. Tenaga kerja banyak pertanian, industri dll.

Produksi dengan Teknologi Konstan

Lanjutan…..Lanjutan…..1. Kurva Isoinput • Kurva Isoinput menggambarkan alternatif produk yg bisa dihasilkan (X dan Y)dg input tertentu. • Sifat dan karakter Kurva Isoinput :1. Input yang sama2. Output yg besar memerlukan input yang lebih besar3. Kurva Isoinput yg lebih tinggi menyediakan input yg lebih tinggi4. Transformasi input5. Tingkat marginal transformasi input

Lanjutan…..Lanjutan…..2. Implikasi Konsep Produksi Islam pada Kegiatan Produksia.Penurunan Input MarginalKetika output produksi meningkat, maka input meningkat. Namun, jumlah tmbhan input untuk memproduksi satu unit output ini, yaitu marginal input, semakin lama akan semakin menurun akibat dari adanya efek learning curve

b. Efesiensi dan Tingkat Efesiensi Penggunaan InputDari efek learning curve, maka bisa dikatakan bahwa efisiensi terjadi pada rentang produksi di mana tenaga kerja masih bisa meningkatkan kemampuan mereka. Pada rentang ini tingkat efisiensi bisa ditunjukkan oleh menurunnya tingkat penggunaan input pada masing-masing unit produksi terakhir.

Lanjutan…..Lanjutan…..3. Kombinasi output maksimum•Tujuan dari produsen yg ingin memaksimumkan mashlahah bisa diekspresikan:

M = f (X,Y) • Dalam fungsi diatas ditunjukkan mashlahah yg diperoleh produsen bersumber dari produksi barang X dan Y yg dihasilkan sama dg representasi kurva iso-mashlahah menunjukkan kombinasi brg X & Y yg memberikan tingkat mashlahah yg sama.• Input diasumsikan besarnya sudah tertentu sehingga menjadi kendala direpresentasi oleh kurva isoinput.• Fungsinya dpt diekspresikan sbb :

I = i (X,Y)

Produksi dengan Modal Tetap

Ibnu khaldun tentang produksi dan manusia :

Manusia dibedakan dari makhluk hidup lainnya dari segi upayanya mencari pengidupan dan perhatiannya pada berbagai jalan untuk mencapai dan memperoleh sarana kehidupan( 1:69)

Laba(produksi) nilai utama yang dicapai dari tenaga manusia(2:272)

Manusia mencapai produksi dengan/tanpa upayanya sendiri contohnya,lewat perantara hujan yang menyuburkan ladang dan lain – lain. Namun, demikian hal ini adalah pendukung saja upaya manusia sendiri harus dikombinasikan dengnan hal tersebut(2:273)

Lanjutan…..Lanjutan…..1. Fungsi produksi1. Fungsi produksi

Menunjukan berapa besar output,dengan kandungan berkah Menunjukan berapa besar output,dengan kandungan berkah tertentu, bisa diproduksi dengan input yang disuplai tertentu, bisa diproduksi dengan input yang disuplai kedalamproses produksi dan dengan jumlah modal tertentu. kedalamproses produksi dan dengan jumlah modal tertentu. Seperti:Seperti:

Q = T f(K, HK, L,E,m,B)Q = T f(K, HK, L,E,m,B)

Marginal physical product of input dalam islam.Marginal physical product of input dalam islam. Adalah kenaikan jumlah output fisik sebagai akibat dari adanyaAdalah kenaikan jumlah output fisik sebagai akibat dari adanya kenaikan kenaikan

alah satu input fisik,sedangkan yang lainnya dianggapalah satu input fisik,sedangkan yang lainnya dianggap konstan.konstan.

a.a. Penyebab perubahan MPPPenyebab perubahan MPP

b.b. Penurunan MPPPenurunan MPP

Nilai produk marginal fisik dari suatu input akan mengalamiNilai produk marginal fisik dari suatu input akan mengalami penurunan penurunan sebagai akibat dari penambahan jumlah input tersebutsebagai akibat dari penambahan jumlah input tersebut kedalamproduksi.kedalamproduksi.